M4287 – Pengangkatan

DEFINISI

  1. Pada tanggal kedatangan Tuhan Ye-sus II (tahap I)
  2. Dimulai dengan 3 tanda suara dari Allah, maka terjadilah pengang-katan,
  3. Orang2 yang mati di dalam Tuhan akan bangkit lebih dahulu
  4. Kuburannya pecah dan kosong,
  5. Orang2 beriman yang sudah ber-sedia (seperti lima gadis bijak) berubah dalam sekejab menjadi tubuh kemuliaan oleh Roh Kudus,
  6. Ia hilang masuk dalam alam berzah, orang di dunia tidak bisa melihatnya lagi.
  7. Diangkat hidup2an, tanpa pernah mengalami kematian.
  8. Naik ke atas
  9. Bertemu dengan Tuhan Yesus di awan2.
  10. Semua yang dipakai ditinggalkan, baju dll, juga yang di dalam tubuh seperti gigi palsu, plaat dalam tulang dll.
  11. Dengan akibat2 yang khas dan sama, bersamaan di seluruh dunia.
  12. Semua terjadi sekaligus bersamaan di seluruh dunia.

Nama: Diangkat naik (KJ: Caught up).

Peristiwanya disebut pengangkatan.

Orang Inggris sering menyebutnya: Rapture, maksudnya sama.

  1. PROSESNYA

Ini dikerjakan oleh Roh Kudus yang ada dalam kita (dalam orang2 yang selalu penuh dan dipimpin Roh). Diubah oleh Roh Kudus dan naik ke dalam awan2 hadirat Tuhan, tidak tampak oleh orang lain, tiba2 hilang, sebab orang2 ini berubah dalam tubuh kebangkitan atau tubuh kemuliaan Fil 3:21, masuk lang-sung dalam alam roh (tahu2 hilang) lalu naik, masuk dalam hadirat Tuhan, se-mua ber-sama2 bertemu dengan Tuhan dalam hadiratNya.

Ini terjadi dalam satu saat (dalam sekejab) ber-sama2 di seluruh dunia, sebab itu pada saat itu ada yang sedang bekerja di ladang, ada yang sedang tidur, semua diangkat ber-sama2 Luk 17:34-36. Lalu ber-sama2 semua umat Tuhan (baik yang mati, bangkit dan yang hidup berubah dalam sekejab lalu diangkat) ber-sama2 Tuhan masuk dalam Surga untuk kekal. Ini permulaan kekekalan bagi kita.

Prosesnya ini tepat seperti contoh kita yaitu Putra manusia Yesus waktu bangkit dari kubur, seluruh tubuhNya bangkit, hilang, tersisa hanya kain ka-fan yang membungkus tubuhNya dan sapu tangan di mukaNya Yoh 20:3-8. Seluruh tubuh yang masih ada dipakai habis semuanya, sekalipun bercak2 da-rah atau kulit, otot yang di-robek2 dan lepas, kalau masih ada sisanya, semua-nya ikut berubah dan hilang. Begitu juga semua sisa mayat orang beriman yang bangkit, hilang semua, bahkan tulang2 yang berceceran beterbangan kumpul menjadi satu dan bangkit se-perti yang disebut dalam Yez 37:7. Dan ini juga menjadi dasar dari proses pengangkatan, meskipun disini bukan mayat, tetapi orang yang masih utuh dan hidup, seluruh tubuhnya berubah dalam sekejab oleh Roh Kudus (yang membangkitkan orang dari kematian Rom 6:11). Semua proses ini terjadi oleh suara 3 Pribadi Allah 1Tes 4:16. Semua yang dipakai ditinggalkan tanpa kecuali. Juga semua yang sedang diper-buat, apa saja, tiba2 semua tertinggal tergeletak, baik mengendarai kenda-raan kecil atau besar, atau sedang be-kerja apa saja dll. Sebab ini terjadi bersamaan dengan cara yang sama di seluruh dunia. Orang2 beriman yang tertinggal akan shock berat (sebab me-reka hidup dalam dosa dan undur, ti-dak penuh dan dipimpin Roh, sehingga tertinggal), banyak yang bertobat kembali.

Apalagi kalau Mat 27:52,53 terulang waktu ini. Waktu Putra manusia Yesus mati di salib, orang2 sempurna Wasiat Lama ini bangkit dalam tubuh kemu-liaan (mungkin Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Ayub, Daniel dll sebelumnya Abraham sudah ada dalam Surga dalam Roh, kecuali mereka yang sempurna seperti Henokh dll) dan mereka masuk kota Yerusalem, tampak oleh banyak orang dan itu suatu perkara besar. (Bagaimana mereka bisa tahu kalau ini orang2 yang bangkit? Dari kubur yang pecah dan mereka keluar, termasuk Yusuf? Juga mungkin ada tanda2 seperti Putra manusia Yesus sesudah kebangkitan, tiba2 menghilang, tembus tembok, naik ke atas dll). Kalau ini juga terjadi waktu kebangkitan orang mati dalam pengangkatan. Orang2 makin shock dan banyak yang bertobat. Ini semua terjadi hanya satu kali ini saja.

III. BUKTI AKAN ADA PENGANGKATAN

Ada beberapa orang Kristen tidak per-caya (atau tidak mengerti) bahwa ini dijanjikan Tuhan, tetapi ini pasti akan terjadi.

Ada yang menafsirkan bahwa bumi tidak dihukum karena dosa, tetapi orang2 beriman dapat menguasai bu-mi, lalu memerintahkan dalam kebe-naran, sehingga bumi kembali seperti semula, seperti Eden, yaitu Kerajaan 1000 tahun dan tidak ada peng-angkatan, sebab orang2 beriman yang menang dan menguasai bumi. Ini tidak betul dan menyesatkan sebab berla-wanan dengan sangat banyak ayat2 Firman Tuhan.

Bukti2 dari Firman Tuhan begitu banyak, dan semua itu sangat jelas, yaitu sbb:

  1. Kis 1:11. Ada janji Firman Tuhan bahwa satu kali kelak Tuhan Yesus akan kembali, seperti Ia sudah naik ke Surga lebih kurang 2.000 tahun yang lalu.

Putra manusia Yesus sendiri yang menjadi contoh, ukuran dan patokan bagi kita “adik2Nya” Rom 8:29, Ia bang-kit dan naik ke Surga sesudah selesai pelayanan 40 hari, menjadi patokan untuk cara orang2 beriman bangkit dan diangkat Yoh 20:4-8. Kain kafan dan sapu tangan itu posisinya seperti se-mula, tidak berubah, se-olah2 mayat Putra manusia Yesus itu menjadi se-perti angin, hilang dan semua yang tertinggal berada dalam posisi utuh seperti semula.

Begitu juga pada waktu kebangkitan dan pengangkatan semua barang2 yang dipakai lepas dari orang yang terangkat, se-olah2 orangnya menjadi angin, lenyap dan semua barang2 yang terpakai itu terlepas dan tertinggal.

Juga Elia “melepaskan” jubah yang dipakainya dan jatuh dan dipungut oleh Elisa.

  1. 1Tes 4:16-17. Dengan jelas dije-laskan disini, sesudah yang mati bang-kit dan naik, kita yang masih hidup akan naik ke awan bertemu dengan Tuhan lalu ber-sama2 dengan Dia senantiasa. Jadi, ada pengangkatan!
  2. 1Kor 15:51-52. Ini suatu rahasia, tidak semua orang bisa mengerti, se-bab itu ada beberapa ajaran atau taf-siran yang salah yang menyangkali pengangkatan, sebab  mengharapkan orang beriman memerintah bumi se-perti Eden, ini salah! (keadaan seperti Eden, akan ada waktunya nanti dalam Kerajaan 1000 tahun, tetapi itu sesu-dah pengangkatan). Kalau kita bersedia dan lulus ujian akhir global, maka orang2 ini akan ikut dalam peng-angkatan, rahasia yang paling besar, indah dan luar biasa.
  3. Luk 17:34-36.Pada saat itu, orang dalam posisi yang ber-beda2 di seluruh dunia, tiba2 akan hilang, tidak dilihat orang lagi, sebab ikut pengangkatan. Tetapi ada yang terangkat, ada yang tertinggal.
  4. Fil 3:(17-) 20-21. Jelas dikatakan bah-wa kita menunggu Juru selamat kita kembali dari Surga yang akan meng-ubah tubuh kita menjadi tubuh kemu-liaan lalu ikut dalam pengangkatan.
  5. Kej 5:24.Henokh yang berjalan de-ngan Tuhan selama 300 tahun (umur waktu itu rata2 hampir 1000 tahun), juga naik ke Surga, diangkat hidup2an Ibr 11:5.
  6. 2Raj 2:11. Elia juga diangkat naik ke Surga hidup2an dan bajunya jatuh diambil Elisa. Semua ini membuktikan bahwa janji Allah untuk pengangkatan pasti akan jadi Luk 1:37, sebab itu kita harus bersedia, jangan sampai ter-tinggal.
  7. Mat 24:39-41.Ini juga menubuatkan tentang pengangkatan. Sebab zaman Nuh itu juga menceritakan tentang akhir zaman kedatangan Putra manusia Yesus Luk 17:27. Jadi bahtera Nuh juga punya arti rohani (2Kor 3:14) bahwa yang masuk bahtera itu adalah orang2 yang diangkat dan yang di luar adalah orang2 yang tertinggal, itu dijelaskan dalam ayat 40-41.
  8. Mat 24:42-44.Kedatangan Tuhan juga diumpamakan seperti pencuri. Tu-han Yesus datangnya itu diumpamakan seperti pencuri, yaitu tidak diketahui datangnya. Juga barang2 yang dibawa adalah barang2 yang berharga, yaitu orang beriman yang berharga di hadapan Tuhan.

Juga diumpamakan seperti penuai-an buah anggur, ada yang dituai, ada yang masih mentah dan ditinggal untuk penuaian susulan, yaitu orang2 yang tertinggal dituai dalam zaman Antikris. Ini juga disebut dalam Yer 49:9, Obj 1:5, 1Tes 5:2, 2Pet 3:10, Wah 3:3; 16:15, Mik 7:1-2.

  1. Mat 25:6. Hanya lima gadis bijak yang boleh ikut masuk pesta kawin (ini gambaran dari Pesta Kawin Anak Dom-ba di Surga sesudah pengangkatan), tetapi lima gadis bodoh (yang mulai dalam Roh, tapi berakhir dalam daging Gal 3:3-4, mereka terseret dalam ma-cam2 dosa, yang tumbuh dengan cepat pada waktu Polarisasi dosa yang dah-syat itu Wah 22:11), terpisah dari lima gadis bijak pada saat seruan ini dan tertinggal, tidak bisa ikut dalam Pesta Kawin Anak Domba dan ini berarti orang2 yang tertinggal.
  2. Tit 2:15. Pengharapan yang keber-katan, puncak tertinggi dari rencana Allah dalam manusia di bumi, yaitu tan-pa mati, masuk Surga lewat peng-angkatan. Berkat yang luar biasa ini pasti akan digenapi Allah bagi umatNya yang bersedia.
  3. Wah 12:13-16.Perempuan dalam Wah 12:1 (gambaran dari Gereja akhir zaman yang bersedia penuh, di dalam hadirat Allah) yang dikejar ular naga (bayangan dari iblis dan Antikris yang menyerangnya), itu mendapat 2 sayap burung Nazar (inilah pekerjaan Roh Kudus untuk mengubah dan meng-angkat umat Tuhan yang bersedia) lalu terbang ke padang gurun, gambaran dari Surga tingkat II (ini tingkatan rohani dari orang2 yang terangkat). Dimana ia dipelihara Allah 3,5 masa; Inilah pengangkatan masuk Surga se-lama 3,5 masa, sementara di dunia, orang2 beriman yang tertinggal di-aniaya antikris selama 3,5 masa, Wah 11:2. Ini semua adalah nubuatan ten-tang pengangkatan dan Gereja yang sudah bersedia, lolos dari serangan iblis, Antikris dll, ikut dalam peng-angkatan.

BILA INI TERJADI

Tidak ada yang tahu, hanya Bapa yang tahu Mat 24:36. Kedatangan Tuhan itu seperti pencuri, tidak memberitahu. Lihat bagian III/9. Tetapi kita bisa tahu tanda2 zaman, meskipun tidak tahu jamnya Mat 16:3, Mat 24:42; 25:13. Sebab itu kita harus ber-jaga2 seperti lima gadis bijak supaya bisa lulus ujian akhir global dan ikut pengangkatan.

SYARATNYA UNTUK

IKUT PENGANGKATAN

Ada syaratnya, bahkan ada ujiannya yaitu harus bisa lulus ujian akhir global (baptisan api Mat 3:11) yang terjadi di seluruh dunia Wah 3:10, Luk 21:35.

Menjelang Minggu ke-70 Daniel akan ada Polarisasi dosa dan kesucian Wah 22:11 dimana dosa dan kejahatan meningkat sangat tinggi. Tuhan izinkan hal ini terjadi, untuk menjadi ujian bagi umat Tuhan, sebab hidup suci dan taat akan Firman Tuhan dalam sikon dosa dan kejahatan yang melimpah itu sangat berat, sebab ini hukum rimba, tidak ada keadilan, sehingga orang2 benar dan yang tidak bisa berdosa atau tidak bisa pura2 ini menjadi korban, tetapi tetap harus lulus ujian akhir ini.

Keadaan yang jahat mencapai puncak-nya ini menjadi ujian akhir yang berat, tetapi dengan fasilitas ilahi akhir za-man, maka Allah ada di dalam setiap anggota tubuh Kristus, sebab itu orang2 seperti ini bisa lulus dan bisa ikut dalam pengangkatan. Sebab itu kita harus melebihi syarat minimum untuk pengangkatan, itu lebih tinggi daripada syarat minimum yang biasa.

 

Yang biasa: Penjahat yang bertobat di atas salib oleh Putra manusia Yesus, itu baru bertobat, mengakui dosanya dan percaya pada Tuhan Yesus, langsung selamat, hari itu juga masuk dalam Firdaus dalam kerajaan Surga dengan Tuhan Yesus Luk 23:43.

Ini adalah orang yang masuk Pintu Gerbang, terima Tuhan Yesus jalan keselamatan dan Pintunya Yoh 10:9; 14:6, Kis 4:12.

Syarat waktu pengangkatan.

Harus masuk dalam Ruangan Suci, sebab ini yang diangkat, tetapi halaman ditinggalkan dan akan di-injak2 Antikris, yaitu orang2 yang tertinggal Wah 11:2. Sebab itu orang yang bisa ikut pengangkatan adalah orang yang sudah lahir baru, penuh dan selalu hidup dipimpin Roh dalam segala segi hidupnya, baik waktu pelayanan atau kesukaran, juga dalam waktu2 rileks dll, tetap punya persediaan minyak, sekalipun tidak menyala, inilah lima gadis bijak yang punya minyak per-sediaan tetapi lima gadis bodoh tidak punya Mat 25:3-4. Sebab itu kita harus selalu penuh Roh Kudus Ef 5:17 bisa berdoa dalam Roh (pakai bahasa lidah 1Kor 14:14) dan hidup benar Yoh 4:23-24, selalu taat dipimpin Roh dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah (7 KPR). Sebab hanya Roh Kudus yang ada dalam kita, yang bisa meng-ubahkan tubuh kita menjadi tubuh ke-muliaan dan masuk dalam peng-angkatan. Sebab itu minta baptisan Roh Kudus Luk 11:13, sebab inilah Meterai Allah Ef 4:30 yang mutlak diperlukan untuk pengangkatan, kalau tidak, tidak bisa ikut pengangkatan.

Jangan hidup dalam dosa dan lepas dari Allah, pasti jatuh dan hanyut da-lam dosa,  sehingga jadi rusak dan hancur seperti Lot yang condong pada dosa.

DUA TAHAP KEDATANGAN TUHAN YESUS KEMBALI

Ada 18 perbedaan tahap I dan II dalam Mat 24, sebab dua macam kedatangan Tuhan ini berbeda (lihat buku keda-tangan Tuhan Yesus). Pada tahap I, Dia datangsebagai “pencuri” yang meng-ambil barang berharga, yaitu orang2 yang indah di hadapan Tuhan, hilang dibawa dalam hadirat Tuhan masuk dalam Surga untuk kekal. Ini tahap I.

Tahap II semua orang melihat dan lari ketakutan (sebab yang bisa melihat ini adalah orang2 yang tidak ikut peng-angkatan, yaituorang2 yang melawan Allah) Wah 1:7; 6:15-17. Ada banyak perbedaan yang jelas menunjukkan dua peristiwa ini betul2 berbeda, yaitu tahap  II hanya untuk orang dosa yang akan dihukum.

VII. NASEHAT BAGI YANG TERTINGGAL

  1. Jangan ber-sungut2, jangan salahkan Allah, akan makin celaka, Allah tidak pernahsalah! Orang yang tidak ber-tobat akan masuk Neraka kekal.
  2. Ini kesempatan terakhir untuk ber-tobat,kalau tidak akan masuk Neraka kekal, tidak lagi bertemu Tuhan Yesus dan semua orang2nya untuk kekal. Me-nyia2kan kesempatan terakhir akan binasa.

Kalau tidak mau, tempatnya akan diambil orang lain, sebab jumlahnya akan genap, yaitujumlah orang yang dibunuh oleh Antikris Wah 6:11.

  1. Siksaan Antikris dahsyat, ada yang cepat, ada yang lambat, maksimal 3,5 tahun, daripada masuk siksaan yang paling dahsyat di Neraka untuk kekal!Kalau kesempatan ini tidak dipakai, apalagi berbalik pada Antikris, langsung hilang kesempatan itu dan binasa kekal.
  2. Bertobatlah habis2an dan berdoa,pasti bisa tahan. Kalau 2 saksi tidak sempat datang, tetapi yang bertobat sungguh2 tetap bisa tahan. Meskipun “dari jauh” (ini tingkat Halaman) Tuhan tahu, lihat dan kuatkan.

Paling baik bersedia sebagai lima gadis bijak, jangan sampai harus memakai kesempatan terakhir yang celaka ini, meskipun masih bisa selamat.

KESIMPULAN

Pengangkatan bukan fantasi, tetapi janji Allah yang pasti (ditulis dalam banyak ayat, 12 golongan) pasti genap. Orang yang percaya dan bersedia itu untung, justru akan mengalami puncak rencana Allah yang paling besar dan paling mulia dalam sejarah manusia dan dunia, seperti masuk Surga di bumi. Akan muncul 144.000 orang sempurna dengan pelayanannya yang heran dalam pimpinan Allah langsung. Tetapi yang main2 akan terseret dalam dosa dan binasa. Kalau toh masih mau bertobat, sangat mengerikan, tetapi ini kesempatan terakhir dalam aniaya Antikris yang paling jahat dan keji itu.

 

Nyanyian:

– O Saudara, lihat tanda2 yang terjadi di

dunia

– Ada pertemuan di udara.

– Satu kali akan ada, hari senang buat

saya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top