M4282 – Tertawa Atau Meratap Waktu Natal

LUKAS 2:14. TERTAWA ATAU MERATAP WAKTU NATAL.

MENGAPA GEREJA MULA2 TIDAK MERAYAKAN NATAL?

Hari Ulang Tahun (HUT).

Biasanya kelahiran itu penuh sukacita, baik dalam keluarga dan kerabat, semua bersukacita.

Orang2 Wasiat Baru tahu tentang Hari Ulang Tahun, sudah dikenal sejak Firaun yang pada HUT-nya menghukum, menggantung juru makanan (roti) Kej 40:20, apalagi Herodes membunuh Yohanes Pembaptis, nabi yang terbesar! Pestanya pasti rusak, ketika kepala Yohanes Pembaptis dibawa masuk dalam baki Mrk 6:27, Mat 14:7,11. Kalau mereka mau merayakannya, pasti bisa. Tetapi dalam seluruh Alkitab, umat Tuhan tidak satu kalipun merayakan HUT atau Natal, bahkan Ayub mengutuki hari jadinya Ay 3. Kesan dari Alkitab tentang HUT begitu dahsyat, ini salah satu sebab mengapa tidak ada seorangpun dari umat Tuhan yang merayakan HUT. Alkitab tidak melarang untuk mengingat tentang hari lahir Putra manusia Yesus sebab itu ditulis dalam kitab Matius dan Lukas. Tetapi dalam Wasiat Baru tidak ada orang beriman atau Gereja yang merayakan Natal.

Ada 2 kelahiran yaitu lahir biasa dalam dosa dan lahir baru dari Allah dalam kesucian Yoh 3:3,5,6. Jadi ada lahir dari daging dan dari Roh. Dengan kelahiran daging kita masuk dalam dunia, tetapi dengan kelahiran dari Roh, ini yang sangat indah, kita bisa melihat dan masuk Surga.

Yoh 3:3

Yesus menjawab dan berkata kepadanya, Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, Seorang pun tidak dapat melihat Kerajaan Allah kecuali ia dilahirkan kembali. (KJI)

Nyata benar bedanya, sebab itu kita melihat begitu banyak orang2 bersukacita dengan kelahiran baru. Mengapa? Sebab orang yang diperhambakan oleh dosa, mata rohaninya dibutakan oleh iblis 2Kor 4:4. Tetapi waktu lahir matanya menjadi celik, bisa melihat Surga dan ia akan ke-heran2an betapa indah Surga yang diberikan kepadanya. Semua berubah, begitu indah, seperti keledai Isachar dalam Kej 49:14-15 yang mogok, lemah, tidak kuat memikul beban, tetapi waktu ia bisa melihat negeri tujuannya, ia ter-kagum2 dan berubah menjadi begitu bergairah, jadi kuat, bisa pikul beban dan berjalan dengan semangat menuju tujuan.

Seperti perempuan Samaria,

yang tertipu setan, makan umpan perzinaan. Ke sana-sini hanya mencari mangsa yang bisa dilahap, itu jadi prinsip hidupnya sebab didorong keinginan daging dalam nafsu zinanya. Tetapi waktu bertemu Putra manusia Yesus, ia berubah, mata rohaninya celik seperti keledai Isachar. Ia mulai bisa melihat dan mengerti betapa indahnya kerajaan Surga yang dilihatnya, luar biasa, sebab itu ia berubah. Ia meninggalkan umpan iblis yang menjeratnya. Ia mulai bisa melihat keindahan hidup suci dan bertobat dari dosa2nya. Ia langsung menjadi kuat memikul bebannya yaitu salib yang berat dan sakit untuk daging, tetapi ringan dan senang bagi rohnya yang sekarang celik, bisa melihat kerajaan Surga yang suci dan indah. Sebab itu ia meninggalkan semuanya dan bertobat, bahkan jadi saksi di Samaria sampai semua orang datang dan percaya kepada Putra manusia Yesus.

Begitu juga Zakheus yang matanya dibutakan oleh uang. Se-gala2nya hanya dihitung dari uang, betul2 mata duitan. Hanya uang yang memberi kepuasan baginya, bahkan ini jadi ilahnya. Waktu bertemu Tuhan, mata rohaninya celik dan ia melihat betapa indahnya hidup dalam kerajaan Surga dan itu tidak tergantung dari uang. Ia bertobat dan melepaskan diri dari ikatan uang. Segala dosanya, tipu dayanya dibereskan bahkan ia mengembalikannya 4 kali ganda, tidak lagi memikirkan berapa untung ruginya, sebab sudah bisa melihat Surga dan uagn tidak lagi berarti baginya. Dia berubah, sebab bisa melihat Surga, karena dilepaskan oleh Putra manusia Yesus .

Juga sida2 Habsy, ia bisa melihat Surga yang mulia, sehingga semua jadi tidak berarti dibandingkan dengan Surga, semua begitu bersukacita sekalipun dibaptis di dalam kubangan air yang dilihatnya, apakah air itu bersih atau tidak, tidak lagi jadi problem. Dengan sukacita ia mengubur hidup lamanya dan waktu naik dari dalam air, Filipus hilang Kis 8:37-40. Tetapi ia tidak takut, kuatir sebab ada Roh Kudus yagn meyakinkannya. Ia pulang sepanjang jalan dengan sukacita, menjadi orang baru yang celik matanya bisa melihat kerajaan Surga yang indah, bahkan waktu Petrus berkhotbah satu kali dalam pengurapan Roh Kudus sesudah penuh Roh Kudus, ribuan orang matanya sekaligus bisa melihat Surga yang begitu indah, sehingga 3.000 orang dibaptis dan berubah menjadi baru sebab bisa melihat kerajaan Surga, luar biasa hasil lahir baru itu. Kis 2:40. Begitu banyak orang yang lahir baru dan celik matanya bisa melihat kerajaan Surga yang heran.

LAHIR BARU BISA MASUK SURGA!

Yoh 3:5

Yesus menjawab, Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, Seorang pun tidak dapat masuk ke dalam kerajaan Allah, kecuali ia dilahirkan dari air dan Roh. (KJI)

Ini luar biasa. Pada waktu percaya dan lahir baru, maka kita berubah menjadi baru, yaitu roh kita ditebus jadi baru; tetapi tubuh belum ditebus, masih menunggu penebusan tubuh Rom 8:23 (pada kebangkitan orang benar, waktu pengangkatan atau waktu seorang menjadi sempurna seperti Henokh, Elia dll). Waktu kita mengalami penebusan, roh kita ditebus, sehingga roh yang mati jadi hidup Ef 2:1. Tetapi tubuh tetap dalam hukum dosa dan maut sebab belum ditebus, menunggu penebusan tubuh. Roh yang mati tidak bisa berhubungan dengan Allah, putus hubungan Yes 59:2. Roh yang hidup, sesudah lahir baru bisa berhubungan dengan Allah. Inilah roh yang hidup waktu lahir baru, tetapi sebab masih belum ditebus. Juga roh yang hidup bisa masuk Surga sebab langsung dari penguasa lama yaitu setan.

Luk 11:20

Tetapi jika Aku mengusir setan-setan dengan jari-jari Allah, sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang ke atasmu. (KJI)

Sesudah lepas dari kuasa roh jahat oleh kuasa Allah, maka kerajaan Surga datang dan kita bisa percaya pada Tuhan Yesus dan itu berati masuk dalam kerajaan Surga. Tuhan Yesus adalah Pintu.

Yoh 10:9a

Akulah pintu. Jika seseorang masuk melalui Aku, ia akan selamat, (KJI)

Jadi sesudah roh kita ditebus, lepas dari tangan setan, kita bebas dan bisa percaya Tuhan Yesus = masuk pintu kerajaan Surga, luar biasa! Sebab itu kita bisa duduk dengan Kristus dalam kerajaan Surga sebab roh kita sudah ditebus.

Ef 2:6

dan di dalam Kristus Yesus, Ia telah membangkitkan dan mendudukkan kita bersama-sama di tempat-tempat sorgawi, (KJI)

Kita duduk di Surga secara rohani, sebab tubuh kita masih duduk di dunia, sebab tubuh belum ditebus.

Jadi pada waktu kita lahir baru (oleh air dan Roh = lahir kembali) kita sudah pindah dari kerajaan dosa, iblis, dari hukum dosa dan maut dalam kuasa iblis, masuk dalam kerajaan Surga oleh Kristus.

Kol 1:3

Kami mengucap syukur kepada Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus; dan senantiasa berdoa untuk kamu, (KJI)

Luar biasa! Jadi dengan lahir baru, kita sudah melihat dan sudah masuk dalam kerajaan Surga tetapi bertahap. Mula2 roh kita masuk dan duduk dengan Kristus dalam Surga dan nanti sesudah tebus tubuh, tubuh kita berubah menjadi tubuh kemuliaan dan dengan tubuh kebangkitan ini, masuk dalam kerajaan Surga yang kekal.

Fil 3:21

yang akan mengubahkan tubuh kita yang hina menjadi serupa dengan tubuh kemuliaan-Nya, menurut kuasa-Nya, yang oleh-Nya Ia dapat menaklukkan segala perkara kepada diri-Nya. (KJI)

Jadi lahir baru itu luar biasa.

Kita sudah bisa melihat kerajaan Surga (makin lama makin banyak melihat dan mengerti Mat 13:11, Mrk 4:11) dan bisa langsung masuk Surga dalam roh dan satu kali kelak sesudah tebus tubuh, kita masuk Surga dengan seluruh roh dan tubuh kita. Indah, ajaib dan mulia untuk kekal. Inilah hasil lahir baru yang gratis, mudah, asal mau, begitu besar kasih dan kemurahan Allah.

Hasil dari kelahiran dari Allah itu luar biasa sepanjang zaman sampai sekarang.

Kelahiran daging dalam dosa sejak Adam, sebab itu manusia lebih condong menuruti daging dan berdosa. Anak kecilpun sudah bisa berdusta, apalagi makin besar makin tua makin banyak dosanya, sehingga turunan Adam yang rata2 berumur sampai 1.000 tahun jadi begitu jahat dosanya, sampai dihukum Allah dengan air bah, lalu umur manusia dipotong, sampai akhirnya sisa 70-80 tahun. Tua2 keladi tambah tua tambah jadi dosa dengan limpah, kecuali mau percaya Tuhan seperti Habil, Set, Henokh dll. Yoh 3:19.

Jangan mengandalkan kelahiran daging, jangan di-besar2kan, apalagi kalau punya kuasa dan kekuatan, sedikit2 sudah berdosa seperti Herodes yang gara2 merayakan kelahiran dalam dosa, ia membunuh Yohanes dengan sangat kejam, ini gara2 HUT.

Utamakan lahir baru dan pelihara baik2 supaya tetap hidup dan tumbuh dalam kesucian dan tekun melakukan kehendak Tuhan, ini akan membuat kita bisa melihat Surga dan masuk ke dalamnya. Sebab itu utamakan hal rohani lebih dari hal2 jasmani Kol 3:1-5. Misalnya beberapa orang lebih mementingkan sekolah untuk anak2nya daripada Sekolah Minggu, atau ajaran Firman Tuhan atau mendidik hal2 rohani Ul 6:7. Untuk pelajaran sekolah banyak orangtua meng-leskan anak2nya (itu tidak salah), tetapi jarang yang meng-leskan ekstra anak2nya untuk Firman Tuhan. Kita harus mengutamakanyang rohani, yang dipimpin Roh lebih dari yang jasmani. Gereja mula2 mengutamakan Kristus dalam hati dan hidupnya daripada Kristus dalam palungan.Ingat hal jasmani, tetapi kejar yang rohani. Mereka tahu yang jasmani, bayi yang lahir di kandang Betlehem, tetapi mereka lebih mengenal dan mengalami Tuhan Yesus sebagai “Tuan” di dalam hatinya Fil 1:21. Dalam banyak problem dan kesukaran, bahkan dalam banyak aniaya dari Gereja mula2, mereka tetap hidup bagi Kristus, menyembah dan mentaati Kristus yang ada dalam hatinya lebih daripada merayakan Kristus di palungan Betlehem. Ini cara hidup yang paling indah sampai sekarang ini bagi Gereja akhir zaman. Jangan hidup dipimpin daging, sebab hanya lahir dari daging, sehingga banyak dosanya, dan banyak korbannya. Tetapi kalau kita hidup dipimpin Roh, bukan menurut daging, hasilnya akan indah2 dan kekal. Hal2 daging, jasmani jangan jadi tujuan, pakai seperti orang tidak memakai 1Kor 7:31, untuk hidup yang sementara saja, jangan sampai mengorbankan hal2 rohani yang kekal. Tujuan kita perkara2 rohani yang di atas, yang kekal Kol 3:1-5.

AKAN ADA KEDATANGAN PUTRA MANUSIA YESUS YANG KEDUA.

Ada 2 kedatangan Tuhan Yesus:

  1. Pertama sebagai manusia yang lemah, tetapi tidak pernah berdosa.

Kedua sebagai manusia yang sempurna Wah 1:13, sebagai Raja segala raja Wah 14:14; 19:11-16.

  1. Yang pertama sebagai Juru selamat manusia Mat 1:21, dan yang kedua untuk membawa masuk dalam Surga mereka yang sudah ditebus dan setia sampai akhir.

Sebab itu kita harus mengutamakan pertumbuhan dalam Roh, sehingga bisa bersedia dan ikut kedatangan Tuhan Yesus II masuk Surga. Memang hasilnya dalam kekekalan, itu tidak kelihatan di dunia, lain dengan usaha2 jasmani itu tampak hasilnya di dunia, tetapi  hanya sampai di kubur. Tetapi orang yang lahir dalam Roh, bisa melihat kerajaan Surga dan pahalanya yang kekal yang ada di Sana dan satu kali akan masuk dalam Kerajaan Surga! Ini yang lebih meriah dan penuh sukacita, untuk orang yang bisa melihat kerajaan Surga, sebab matanya dicelikkan oleh Roh Kudus seperti keledai Isachar yang mula2 malas dan tidak bergairah untuk perkara2 yang tidak tampak; tetapi sesudah bisa melihat yang tidak tampak (Ibr 11:27) ia menjadi sangat bergairah, jadi kuat dan rajin, bersemangat untuk terus mencari dan menuju yang kekal Kej 49:14-15.

CIRI2 KEDATANGAN TUHAN.

Setiap kali selalu ada yang bersukacita, dan ada yang meratap. Aneh, kedatangan Tuhan dengan kasih dan berkat yang terbesar itu, tidak selalu membawa sukcita, tetapi sebagian jadi susah dan meratap. Ini terjadi pada kedatangan pertama di Betlehem.  Para gembala dengan gembira menyambut berita kelahiranNya, juga Simeon, Hanna dan orang2 Majus, semua bersukacita. Tetapi ada juga yang meratap luar biasa, tidak bisa dihiburkan, yaitu orang2 di Rama yang meratap dan menangis karena anak2nya dibinasakan oleh tentara Herodes. Herodes yang kejam itu berdosa besar dan pasti ada hukumannya dari Tuhan, tetapi itu sampai terjadi. Itu semua tidak kebetulan, ada sebab2 yang adil. Ini seperti zaman bayi Musa, Firaun memerintahkan rakyatnya itu merampas dan membunuh setiap bayi laki2 yang lahir dari orang Israel, disuruh membuang ke sungai Nil! Kel 1:22.Penderitaan dan ratap tangis ini luar biasa. Juga Herodes marah dan tidak bisa menerima kedatanganNya dan melawan habis2an, ber-sama2 dengan orang2nya. Ini keadaan pada kedatanganNya yang pertama dan kedua.

Mengapa? Sebab manusia itu bukan mesin atau robot, tetapi bebas memilih untuk menuruti kehendak hatinya sendiri. Yang menurut Roh akan bersukacita, tetapi yang menurut daging akan meratap, sesuai dengan pilihannya masing2.

Yang menerima kedatanganNya yang pertama, selamat dan bersukacita masuk dalam Surga sesudah mati. Tetapi ada juga yang meratap dan sebagian menolak, melawan dan berontak sebab menuruti dagingnya, sehingga mereka berani melakukan perbuatan2 dosa yang besar, pasti ada hukumannya, istimewa waktu mati, masuk dalam Neraka penuh ratapan dan sengsara kekal.

Begitu juga pada kedatanganNya yang kedua. Umat Tuhan, juga punya 2 macam nasib, yaitu:

  1. Sangat bersukacita dan
  2. Sangat berdukacita, meratap dan menderita aniaya sampai mati.

Hati2, tidak semua orang beriman, umatNya bersukacita pada hari kedatanganNya II. Kita golongan yang mana? Tuhan datang untuk menebus dosa manusia, sehingga bisa dibawa ke Surga. Juga zaman sekarang sampai Dia datang kembali.Sebab itu jangan hanya bersukacita dengan kemeriahan Natal, kedatanganNya pertama ini, yang memang merdu, ramai dan sukacita, meskipun dirayakan sangat sederhana pada zaman pandemi ini. Apakah kita sudah ditebus, mati lepas dari dosa, tetap hidup suci dengan rutin, dan berkenan, bisa melakukan kehendakNya?

KESUKAAN DARI TUHAN ITU ADA 2 MACAM, yaitu yang bersambung sampai kedatanganNya yang kedua dan yang tidak bersambung, justru jadi dukacita dan ratap tangis yang dahsyat. Kemeriahan jasmani bisa membuat semua orang bergembira dan bersukacita, tetapi itu sementara. Sebaliknya kalau Kristus lahir, hidup dan tumbuh dalam umatNya itu, dapat membuat mereka hidup indah dan bahagia sampai Tuhan datang dan selamanya.Istimewa orang beriman yang hidup di akhir zaman sebagai Generasi Akhir Zaman (GAZ), mereka mendapat sukacita top yang luar biasa dalam rencana penamatan Allah. Siapakah orang beriman GAZ ini? Inilah orang2 yang dilahirkan di akhir zaman dan masih hidup waktu M70D, yaitu masa penamatan rencana Allah dan ini tidak kebetulan. Tuhan yang memilih dan menentukan kesempatan yang luar biasa ini. Tuhan tahu lebih dahulu siapa yang akan percaya pada Tuhan Yesus Kristus, dan orang2 ini dipilih di dalam Kristus Ef 1:4 (karena akan percaya pada Kristus, seperti Paulus yang dipilih sejak dari rahim ibunya, bukan karena Allah menentukan lebih dahulu, tetapi sebab Ia tahu lebih dahulu Rom 8:29. Manusia bisa berandai kalau besok anaknya lulus, maka ia akan membuatkan sebuah pabrik baginya. Tetapi Allah tidak ber-andai2, tetapi Ia tahu lebih dahulu.

Allah tidak merencanakan ngawur atau sembarangan. Hidup di akhir zaman ini makin sulit, makin penuh dengan kejahatan, sebab semua akan mencapai puncaknya Wah 22:11, Allah akan memperlengkapi Gereja, sehingga bisamencapai kesempurnaanNya. (Misalnya dalam Ef 4:11-13 Tuhan akan melengkapi Gereja dengan jabatan2 yang lengkap untuk menyempurnakan Gereja, ada hujan Akhir, ada pembukaan Firman Tuhan yang lengkap dll).

Memang kita tidak tahu dengan tepat apakah kita termasuk GAZyang percaya dan ikut dalam pengangkatan. Tuhan tidak memberitahu, dikatakan itu rahasia Bapa Mat 24:36. Andaikata akhir zaman tinggal 4 tahun lagi, itu berarti kita pasti termasuk Generasi Akhir Zaman, sebab setengah tahun lagi penamatan Allah mulai, lalu 3,5 tahun terjadi pengangkatan. Tetapi sebab kita tidak tahu bila saatNya, sebab itu kita tidak tahu apakah kita termasuk GAZ yang indah itu atau tidak, tetapi kita harus selalu ber-jaga2, sehingga tumbuh supaya kalau kita termasuk GAZ, kita isa memakai kesempatan yang luar biasa itu untuk dapat ikut pengangkatan.

Kita tidak tahu apakah kita termasuk generasi akhir zaman yang mendapat kesempatan besar yang luar biasa dan indah ini, tetapi jangan sia2kan kemungkinan ini.  (Kalau toh kita mati sambil bersedia dan tumbuh dalam tingkatan rohani yang tinggi, tidak rugi, tetap sangat untung danindah). Tetapi kalau kita termasuk orang beriman GAZ, itu kesempatan yang paling top. Tuhan tahu satu per satu orang2 tsb, tetapi kita tidak tahu, dan sebab Allah adil, tidak membedakan orang Rom 2:11. Ia minta semua orang bersedia, sebab semua orang sama2 tidak tahu! Sebab itu hiduplah berkenan pada Allah seperti lima gadis bijak Mat 25:12-13. Tidak sulit, semua yang mau percaya dan taat, dapat, sebab Tuhan yang memberi kemampuan Fil 4:13, Zak 4:6, asal kita mau taat dalam jalan salib, maka kita bisa bersedia dengan baik dan masuk dalam golongan 1551 yang akan ikut dalam rencana penamatan Allah untuk semua manusia dan alam semesta. Ini suatu proyek besar dan tertinggi dan termulia sebab Allah tidak pernah gagal, Ia akan menyelesaikan proyekNya dengan sempurna dalam keindahan, kemuliaan yang top. orang2 yang ikut di dalamnya itu mendapat keuntungan yang terbesar! di puncak rencana Allah.

Bayangkan yang jadi sempurna saja ada 144.000, padahal dalam Wasiat Lama hanya disebutkan 3 orang sempurna, satu proyek besar yang paling indah dan mulia dari Allah untuk umatNya. Proyek penamatan akhir zaman ini luar biasa, Gereja akan mengalamizaman keemasan seperti Surga di bumi Wah 12:1, sekalipun di tengah2 ancaman, kesukaran dan aniaya. Ini kesukaan yang istimewa, tidak akanada lagi, bahkan juga di Surga. (Di Surga kita bersukacita dalam keadaan yang ideal dan indah, menikmati hasil pengolahan di dunia).

Jangan lupa, dalam Surga di bumi itu kita alami dalam tubuh manusiawi biasa, bisa menderita, tetapi juga bisa bersukacita dalam Roh sangat indah. Tetapi sukacita dari Surga sesudah pengangkatan, itu kita alami dalam tubuh kemuliaan, sebab memang sudah lulus, tidak lagi ada ujian, tetapi bersukacita dalam penuaian dari semua yang sudah kita buat dan capai di dunia.

Tetapi sukacita, bahagia dan kemeriahan ilahi di tengah2 sengsara, penderitaan dan salib itu hanya bisa dinikmati di dunia, istimewa pada puncak2nya dalam masa penamatan rencana Allah. Mungkin hari2 ini itu sudah mulai terjadi.

Jadi dunia juga akan penuh dengan kejahatan, mara bahaya dan celaka. Tetapi umat Tuhan yang tingkatan rohaninya  sudah naik tinggi, justru bisa menikmati kesukaan Surgawi di tengah2 suasana Neraka yang dahsyat. Ini unik, sebab hanya bisa dirasakan di tengah2 dunia yang mendua ini. Sebab itu timbul macam2 hikmat, mujizat, kuasa, tanda2 ajaib dalam Gereja Tuhan, ditengah2 sengsara dan penderitaan, lebih daripada yang dialami dalam hujan Awal. Semua ini melindungi umat Tuhan seperti dalam janji Tuhan menurut Maz 91:7. Bahkan memang orang2 yang masuk dalam golongan 1551 tidak akan mati sekalipun ada banyak ancaman dan kesukaran yang luar biasa, tetap selamat dan bersukacita. Ini luar biasa, tekanan, penderitaan, tindakan2 yang tidak adil dan kejam, maam2 dibrondong pada umat Tuhan, tetapi begitu banyak tanda ajaib dan mujizat yang dilimpahkan Tuhan, lagipula orangnya tidak akan mati, sebab akan ikut pengangkatan, sebab itu suasananya sangat indah, sukacita, bahkan meriah sekalipun banyak celaka dan hal2 yang dahsyat. Inilah Surga di bumi yang unik, sebab memang umat Tuhan di dalam ujian akhir yang dahsyat, tetapi selalu menang sebab Tuhan ada di dalamnya dengan nyata sekali. Contoh untuk mudah mengerti tentang Surga di bumi, itu seperti kesukaan Paulus dalam penjara, ia bersukacita walaupun dalam penderitaan sebab kuasa dan mujizat Allah berlaku padanya, ia mengalaminya dengan iman.

Kis 16:25

Maka pada tengah malam Paulus dan Silas berdoa serta menyanyikan lagu-lagu pujian kepada Allah; dan orang-orang yang terpenjara itu mendengarkan mereka. (KJI)

Paulus bisa menyanyi sukacita dengan iman dalam penjara dan melihat mujizat Allah yang heran, gempa yang terarah, kuasa Tuhan yang limpah, sekeluarga kepala penjara bertobat, Gereja di Filipi berdiri, luar biasa.

Juga waktu Petrus di penjara dan esoknya akan dibunuh mati, biasanya dengan cara pemenggalan kepala. Tetapi heran Petrus tetap sejahtera dan tidur nyenyak, ia tidak kuatir sebab disertai Tuhan dan Roh Kudus menguatkan dia, bahwa dia tidak akan mati, dan ia betul2 mengalami mujizat Tuhan. Ini juga seperti Surga di bumi, yaitu pengakuan Petrus dalam penjara Kis 12:5. Memang akhirnya Petrus juga mati syahid, tetapi orang2 yang ikut pengangkatan sampai selamanya tidak pernah mati, tetapi bersambung di Surga dalam Surga Bumi Baru untuk kekal.

Lebih2 dalam akhir zaman. Dalam Surga di bumi itu selain disertai dengan mujizat2 dan tanda ajaib, juga ada janji khusus yaitu tidak akan mati, sebab ikut pengangkatan. Juga kita akan mengalami dalam ukuran yang lebih tinggi lagi sebab hujan Akhir dobel daripada hujan Awal danGereja akan disempurnakan!

Ini Surga di bumi (dalam masa penamatan rencana Allah), lain dengan Surga di dalam Surga (sejak pengangkatan, terus sampai Surga Bumi Baru kekal), itu hasil yang indah untuk kekal sesudah selesai pengolahan dalam Surga di bumi. Pada akhir zaman, Gereja yang bersedia akan mengalami suasana Surga dalam pengolahan untuk umat Tuhan yang mau percaya dan taat dipimpin Roh seperti lima gadis bijak. Memang ini sakit bagi daging, kita harus tumbuh sampai biasa (mahir dalam salib Yes 53:3, maka kesukaran dan penderitaan ini tidak membuat kita berdosa, tetapi justru tumbuh dalam rencana kesempurnaan Allah dan mengalami kesukaanSurga di tengah2 dunia. Rencana Allah pasti genap, tidak mungkin gagal, sebab itu pasti indah dan mulia.Roh Kudus dan Firman Tuhan akan mengolah kita, sehingga kita bisa mengalami Surga di bumi untuk sesaat dalam kesukaran dan penderitaan dan satu kali akan disambung dalam Surga di Surga untuk kekal! Kita yang mendapat kesempatan ikut dalam rencana Allah untuk untung besar, sebab rencana Allah itu luar biasa, maha besar dan yang terakhir ini paling indah dan mulia. Kalau kita tidak mau taat memakai kesempatan ini baik2, kesempatan itu akan diambil daripada kita dan diberikan pada orang lain yang mau melakukannya (Mat 21:43, Wah 2:5), sebab itu pakailah kesempatan yang besar itu baik2, mulai sekarang dengan sungguh2 bersedia supaya bisa masuk dalam golongan 1551. Ini akan dialami kalau kita bersedia seperti lima gadis bijak. Sebab itu jangan berhenti hidup di jalan sempit dalam kesucian dipimpin Roh, itu sangat indah.

Sebaliknya orang2 yang ditarik daging, ditipu kemanisan dunia sesaat lalu hidup dengan setengah hati, bercabang dengan dunia ini, akan terseret dalam arus dunia ini. Kalau zaman sekarang orang jatuh bangun, rohaninya naik turun, amplitudo atau naik turun rohaninya tidak banyak. Tetapi kalau ini dilakukan dalam masa polarisasi dosa dan kesucian, arus penyesatan dan godaan sangat besar, juga arus dosa itu hebat seperti tsunami dosa, sehingga orang yang main2 ini akan terseret dan hanyut dalam dosa yang besar2 dan keji bagitu dahsyat dosanya, sehingga seringkali tidak bisa dan tidak mau kembali bertobat kembali, sudah lekat dan terikat dengan kesukaan dosa yang sesaat Pkh 12:1, Luk 5:39, sehingga rohaninya rusak dan binasa.Orang2 seperti akan termasuk golongan 1102 yaitu golongan Halaman yang sering jatuh bangun dalam dosa dan akan masuk golongan orang2 yang menangis dan meratap pada kedatangan Tuhan yang kedua. Dahsyat. Mereka tidak ikut dalam pengangkatan dan itu sungguh2 suatu dukacita yang besar. Orang2 yang tertinggal ini akan kena shock pengangkatan yang dahsyat itu, sebab tiba2 begitu banyak orang rohani yang indah2 itu hilang bersamaan dengan cara yang sama. Puluhan (atau ratusan) orang yang mereka kenal hilang dalam sekejab dalam waktu yang sama, ber-sama2 dengan kira2 700 sampai 1000 juta orang beriman dari seluruh dunia yang ikut pengangkatan. Seluruh dunia kaget, terkejut, apalagi golongan Antikris dan pengikutnya, mereka marah, benci, dendam, melawan dan menfitnahnya, tetapi semuanya sudah tidak ada. Tetapi mereka yang tertinggal dan bertobat kembali menjadi sasaran dari Antikris yang jadi berkuasa danmerajalela. Orang2 yang tertinggal ini, dianiaya sampai mati. Begitu besar penderitaan dan aniaya orang2 ini, tetapi ini kesempatan terakhir bagi mereka untuk mendapatkan keselamatan jiwanya, sekalipun seperti menerusi api 1Kor 3:15, yaitu orang2 yang sebelumnya keras hati dalam dosa2nya, sangat meningkat dosanya dalam polarisasi dosa dan tidak mempan diajar Allah, akhirnya diserahkan pada iblis untuk dihajar, dibinasakan tubuhnya supaya jiwanya selamat 1Kor 5:5. Ini terjadi bersamaan untuk semua orang yang tertinggal (waktu pengangkatan) dalam zaman Antikris. Orang yang undur dari Tuhan, hanyut dalam dosa, menjadi lebih jahat dari sebelumnya 2Pet 2:20, Mat 12:43-45 dan banyak dari antaramereka yang mati dalam dosanya.

Tetapi dari antara mereka, yang kalau diberi kesempatan lagi satu kali, masih ada yang akan mau bertobat, Tuhan tahu lebih dahulu (seperti Nebukadnezar bukan Belsyasar 2Pet 3:9), sebab itu mereka dipertahankan Allah, tidak sampai mati, tertinggal pada waktu pengangkatan, tetapi mendapat kesempatan satu kali lagi dihajar sampai mati (seperti 1Kor 5:5)dalam masa aniaya Antikris Wah 13:17. Inilah orang2 yang tertinggal, tetapi maubertobat kembali dan tidak mau dimeteraikan oleh Antikris, mereka dianiaya Antikris, tetapi selamat jiwanya. Tetapi wai, sangat menderita. Jangan sampai masuk dalam golongan yang meratap dan diteruskan dalam aniaya Antikris yang paling dahsyat dalam sejarah.

Inilah 2 golongan pada waktu Tuhan Yesus datang kedua kalinya:

Golongan I: Yang bersukacita sejak di dunia (sukacita dalam Surga di bumi yang penuh pengolahan untuk sesaat, yang akan diteruskan dalam sukacita Surga di Surga dengan Kristus dan semua orang yang selamat untuk kekal).

Golongan II: Golongan yang menderita, meratap, dan menangis sampai mati.

II.a. Umat Tuhan yang tertinggal dan bertobat kembali, semuanya meratap dalam aniaya Antikris sampai mati. Golongan yang diangkat tidak ada yang mati, hidup2an diangkat, berubah dalam tubuh kemuliaan, tetapi yang tertinggal meratap dan dianiaya sampai mati.

II.b. Pengikut Antikris, yang memakai meterai Antikris meratap dan ketakutan waktu Tuhan datang, Wah 1:7; 6:15-16, mereka ditumpas habis oleh pedang yang keluar dari mulut Tuhan (ini lain dari pedang Tuhan dalam Mat 10:34). Sisa orang yang ada di dunia waktu itu, mungkin lebih dari 2 milyar, mati ber-sama2, belum pernah ada orang begini banyak dibinasakan sekaligus. Ini belum kiamat, tetapi kiamat kecil. (Kiamat yang benar sesudah Tahta Putih yang besar, semua orang dan alam semesta habis dalam sekejab 2Pet 3:10).

Ini 2 golongan yang ada dalam kedatangan Tuhan yang bersukacita dan meratap, seperti 2 golongan dalam kedatanganNya yang pertama.

KESIMPULAN.

Kita bergembira dan bersyukur pada Tuhan untuk hari Natal ini. Orang2 yang mau percaya dan hidupmemperkenankanNya, akan selamat dan masuk dalam Surga yang mulia. Khusus untuk orang berimangenerasi akhir zaman (mungkin kita?) yang mau bersedia dan hidup berkenan, juga akan mengalami Surga di bumi yang ajaib dan indah di tengah2 aniaya dan penderitaan yang dahsyat dari Antikris, tetapi terpelihara dengan banyak mujizat dan tanda2 heran, juga orang2 yang akan ikut pengangkatan ini tidak bisa mati, luar biasa, sehingga ada sukacita yang besar. Kesukaan dalam tubuh daging ini akan diteruskan dalam Surga, yaitu Surga Bumi Baru yang sangat indah, mulia sampai kekal tanpa air mata dan penderitaan. Di sini tidak lagi ada pengolahan dan salib, sebab sudah selesai pengolahan di dunia, sudah lulus dan sekarang tinggal menuai hasilnya. Jangan lupa kedatangan Tuhan yang I dan II selalu ada 2 golongan orang yang bersukcita dan orang yang meratap menangis. Allah adil, tetapi kita bisa memilih yang mana. Orang yang sungguh2 lahir baru dan hidup dipimpin Roh akan mengalamirencana Allah yang indah seperti keledai Isachar dan akan bisa memilih sukacita dan bahagia dalam kedatangan Tuhan yang kedua. Sudah jelas sukacita untuk orang yang percaya dan taat, tidak akansia2. Wai yang memilih untuk main2  dalam dosa, atau membiarkan dirinya diseret dalam tsunami2 dosa, undur dari Tuhan, tanpa MAK DSY (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang, dan Yang akan datang) dan tanpa 7 Kebutuhan Pokok Rohani, maka pada akhir hidup atau kedatangan Tuhan yang kedua kalinya akan mengalami ratapan dan penderitaan dan diteruskan sampai kekal.

Nyanyian:

Tuhan datang di atas awan,

datang kumpulkan anak2Nya.

Hari yang indah, Tuhan datanglah.

Bawa kita semua.