M4274 – Tubuh Kristus Global ( New Normal Rohani )

EFESUS 4:12. TUBUH KRISTUS GLOBAL (NEW NORMAL ROHANI).

PENDAHULUAN.

Jadi hari2 ini dunia penuh dengan new normal untuk menghadapi malapetaka global yaitu pandemi, ini secara jasmani, supaya jangan jadi korban. Secara rohani kita juga melihat celaka2 global rohani muncul di mana2, dosa dan kejahatan ber-tambah2.

 

Amos 3:7. Tuhan berjanji sebelum perkara2 baru terjadi (lebih2 yang dahsyat) Allah akan memberi tahu lebih dahulu, Tuhan akan memberi pembukaan2 baru juga semua persiapan yang diperlukan. Dengan pembukaan2 baru ini juga menjadi seperti new normal untuk kita.

 

 

Sebab itu juga Tuhan memberi new normal rohani, yaitu pembukaan2 rahasia kebenaran Firman Tuhan baru supaya umatNya jangan jadi korban, tetapi jadi kuat, menang dan tumbuh dalam rencana penamatan Allah.

Firman Tuhan dan pekerjaan Roh Kudus makin limpah sebagai new normal untuk umat Tuhan. Yang tidak memakai kebenaran Firman Tuhan, lebih2 pembukaan2 baru yang mulai dibuka (Dan 12:4, Mat 10:26-27) akan mudah menjadi korban dari dosa dan kejahatan yang meningkat, bahkan bisa jatuh dalam dosa, undur dan binasa! Ada perbedaan new normal duniawi dan ilahi. New normal duniawi timbul sesudah dunia terpukul oleh pandemi. Tidak ada cara lain yang lebih baik untuk mencegah penularan pandemi supaya jangan merajalela. Sudah terbukti sampai 9 bulan pandemi ini tidak surut, tetapi makin men-jadi2. Vaksin masih belum selesai dipersiapkan, kecuali Inggris rencana memvaksin rakyatnya Desember 2020 ini. Tetapi Allah sudah tahu lebih dahulu sebelum kesukaran dan pencobaan yang merasuk dalam dunia dan memukul umat Tuhan. Sebelum masa kesulitan rohani dan jasmani datang, semua pencegahan, pengobatan dan jalan keluaruntuk pandemi rohani sudah ada dalam Firman Tuhan dan sudah bisa dipakai, sehingga kita bisa mengatakannya old normal untuk menghadapi hari2 sulit yang akan datang! Orang yang penuh dan dipimpin Roh, limpah dengan Firman Tuhan sudah punya new atau old normal ini untuk menghadapinya. Sebab itu belajar terus Firman Tuhan dalam kesucian yang rutin dan dipimpin Roh, supaya kita mendapatkan kekuatan baru dari Firman Tuhan yang terus akan dibukakan oleh Tuhan secara bertahap semua terbuka sesuai janjiNya.

Kita akan mempelajarinya dari Firman Tuhan dalam banyak judul yang dirangkum dalam JAZ (Jadwal Akhir Zaman).Salah satu dari New normal rohani adalah Gereja = tubuh Kristus, harus dibangun dengan persekutuan Roh dalam kesucian sesuai Firman Tuhan.

  1. Masing2 kita harus bersekutu dengan Tuhan, lekat menjadi satu Roh 1Kor 6:17. Dengan sesama orang percaya menjadi satu tubuh Kristus kita bersekutu di dalam satu Roh.

Ef 4:3

Berusahalah memelihara kesatuan Roh di dalam ikatan sejahtera; (KJI)

Sebab diisi dengan Roh yang sama kita menjadi satu tubuh Kristus.

1Kor 12:13

Karena di dalam satu Roh kita semua sudah dibaptiskan ke dalam satu tubuh, baik orang Yahudi atau orang Yunani, baik budak atau pun merdeka dan semua telah diberi minum ke dalam satu Roh. (KJI)

 

Jangan bersekutu dengan roh yang lain 2Kor 11:4. Hanya ada 2 macam roh, yaitu yang terang dan gelap, dalam kesucian dan dosa, golongan Allah atau golongan iblis dan dunia ini; hanya 2 golongan!Terus bersekutu dan bekerjasama dalam Roh yang sama.

1Kor 12:18, kita bisa berdiri teguh membangun tubuh Kristus Ef 4:12, sehingga menjadi kuat ber-sama2 di dalam Tuhan, sehingga selalu menang dan tumbuh dengan kekuatan yang lebih besar untuk masuk dalam rencana penamatan Allah Rom 9:28.

GARIS BESAR.

Tubuh Kristus adalah Gereja, dari yang kecil sampai yang besar, sendiri dan bersama, dan kepalanya adalah Tuhan Yesus. Pada akhirnya seluruh umat Tuhan di dunia akan menjadi satu tubuh Kristus global pada waktu mau masuk Minggu ke-70 Daniel (M70D). Secara akal manusiawi, sulit menjadikan umat Tuhan dalam satu tubuh Kristus, bahkan mustahil. Tetapi ini bisa terjadi dengan persekutuan Roh, diatur langsung oleh Roh Kudus, itu bisa terjadi waktu orang Israel keluar dari Mesir, jumlahnya lebih kuran 2 juta orang. Tidak ada pemerintah, tidak ada panitia, tidak ada pengurus, hanya Musa dan Harun dan semua berjalan lancar (Memang ada pemimpin lama, tetapi tidak ada hubungan dengan Musa, Harun secara formil, tidak ada anggaran dasar, anggaran rumah tangga, hubungan lepas2an saja, tetapi semua bisa terjadi. Sebab dipimpin langsung oleh Tuhan). Begitu juga tubuh Kristus global akhir zaman (hanya sesaat mendekati “keluar dari dunia”, yaitu pengangkatan). Kalau tubuh Kristus global sudah terbentuk, ini adalah tubuh Kristus global akan terjadi menjelang Minggu ke-70 Daniel dan kalau sudah terjadi, ini adalah tanda pasti datangnya penamatan rencana Allah.

BAGAIMANA PROSES TERJADINYA TUBUH KRISTUS GELISAH?

Kita melihat sekarang sudah banyak Gereja2 bisa bersekutu dan bekerjasama, tetapi baru dalam tingkat denominasinya masing2 dan tingkat kota atau negara seperti contoh2 persekutuan Gereja2 Arasy nasional. Gereja zaman sekarang biasanya masih campuran, yaitu berisi orang percaya yang hidup di jalan sempit dan jalan lebar Mat 7:13-14, Wah 2:3, juga seperti lalang dan gandum dalam ladang yang sama Mat 13:30, seperti sekam dan gandum Mat 13:12, seperti lima gadis bodoh dan lima gadis bijak Mat 25:6, seperti orang2 tingkat Luar Halaman, Halaman, dan Ruangan Maha Suci (dalam skema Kemah Suci) dll. Semua ini diolah dan ditumbuhkan, sehingga timbul Gereja2 yang makin murni dalam kesucian dan yang makin duniawi atau penuh kedagingan. Kalau sudah sampai waktunya, sesudah Polarisasi akan dipotong, dipisahkan oleh pedang Tuhan menjadi 2 golongan yang sangat suci dan sangat najis Mat 10:34. Dan sesudah ini tubuh Kristus global akan cepat terbentuk di dalam Roh, lalu masuk dalam Minggu ke-70 Daniel masa penamatan rencana Allah. Terjadi permusuhan antara Gereja yang tumbuh dalam kesucian dan yang hidup bebas dalam dosa dan puncak terjadi waktu dipotong dengan pedang Tuhan. Tubuh Kristus yang betul seperti Yerusalem yang dikepung oleh Antikris, pengikutnya dan Gereja2 jalan lebar; Tetapi Tuhan memisahkan tubuh Kristus dari kepungan itu.

Menurut ukuran skema Kemah Suci, zaman sekarang ini kita melihat campuran antara Gereja Luar Halaman, Halaman dan Ruangan Suci. Tetapi karena Polarisasi dosa, yang suci makin suci, yang najis makin najis dalam dosa (Wah 22:11), sehingga akhirnya orang2 tingkat Halaman habis, sebab orang yang tetap memilih dosa akan terseret dan hanyut dalam tsunami dosa yang dahsyat, sehingga jadi begitu keji dalam dosa, turun dalam tingkat Halaman. Tetapi yang memilih kesucian, akan bertumbuh masuk dalam tingkat Ruangan Suci, hidup suci dipimpin Roh, maka akhirnya hampir semua Gereja akan menjadi Gereja Luar Halaman, atau Gereja Ruangan Suci yang akan terpisah satu sama lain dengan tegas dan tajam dan hampir2 tidak ada Gereja atau orang beriman tingkat Halaman. Yang pura2 atau main2 akan kena hukuman mati seperti Ananias dan Safira. Akhirnya akan terpisah dengan pedang Tuhan dalam Mat 10:34.

Kita akan melihat bentuk persekutuan dalam Gereja Halaman dan Gereja Ruangan Suci, sbb:

  1. Persekutuan tingkat Halaman, yaitu persekutuan Tiang2 Pagar Halaman. Tiang2 Pagar Halaman ini adalah orang2 benar di hadapan Tuhan, dan ada 60 tiang2 yang bersekutu menjadi satu dengan kuat, membentuk Halaman. Ini adalah persekutuan orang yang percaya Tuhan Yesus, yaitu orang benar yang bersekutu dalam Kristus. Seharusnya orang beriman bersekutu mulai dari permulaan.

Apa yang mengganggu persekutuan ini?

  1. Segala macam dosa dan tabiat yang masih kanak2. Sebab tidak bisa pikul salib, atau masih memakai tabiat yang lama, sehingga mudah geger, benci, iri, marah, emosi dll, sehingga persekutuan ini jadi retak atau pecah. Untuk bisa bersekutu dan bersatu, harus hidup benar, mahir pikul salib dan ini sulit bagi orang Halaman, yang seringkali masih jatuh bangun dalam dosa, sebab belum penuh dan dipimpin Roh (seperti murid2 sebelum baptisan Roh Kudus). Segenap kekuatan harus dikerahkan dengan jujur dan tulus.
  2. Perbedaan2 diantara umat Tuhan itu banyak, misalnya perbedaan2 suku bangsa, daerah, budaya atau kebiasaan, kaya-miskin, tua-muda, pintar-bodoh, perbedaan kedudukan, perbedaan latar belakang dll.

Sebab itu biasanya hasilnya tidak terlalu banyak dan terbatas, sebab kurang kekuatan dari Roh Kudus Wasiat Baru (Kis 1:8, Zak 4:6, Fil 4:13).

Tiang2 ini dibuat dari kayu Penaga yang tidak bersalut (tampak jelas kayunya = tabiat manusiawi). Sebab itu persekutuan Pagar Halaman ini sering tercampur dengan persekutuan manusiawi (hanya kuat antara keluarga, kelompok, atau golongan sendiri, Sinode atau denominasi sendiri dll), dan persekutuan manusiawi ini berat (sebab dengan kekuatan dan cara2 manusiawi), persekutuan manusiawi ini sering lemah dan timbul dosa.

Sebab itu kita harus meningkat kepada persekutuan tingkat Ruangan Suci. Memang untuk menyempurnakan rencana Allah, Allah menyediakan hujan Akhir untuk membangun Gereja, lebih2 untuk menyempurnakan, mutlak perlu penyertaan Roh Kudus! (masuk dalam tingkat Ruangan Suci, yaitu penuh dan dipimpin Roh).  Kalau pertolongan Roh Kudus tidak dipakai, hasilnya terbatas, bisa gagal, apalagi sebab banyak tercampur cara dan ciri2 persekutuan manusiawi,

  1. Persekutuan Ruangan Suci, Papan2.

Semua papan2 disalut dengan emas, sehingga yang berhubungan satu sama lain adalah dengan emasnya, bukan dengankayu. Inilah orang2 beriman, sekalipun manusia, tetapi disalut dengan emas, yaitu sifat ilahi. Jadi persekutuan Ruangan Suci adalah:

2.a. Persekutuan dalam Roh, yaitu persekutuan orang2 yang dipimpin Roh, yang diisikan (minimum) dari Roh yang sama, yaitu Roh Kudus, sehingga menjadi satu tubuh Kristus.

1Kor 12:18

Tetapi sekarang Allah telah menempatkan segala anggota, masing-masing dari padanya di dalam tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. (KJI)

Dipimpin Roh, sehingga timbul persekutuan dalam Roh, dengan pimpinan dan kekuatan Roh Kudus. Sebab itu persekutuan ini kuat, sebab ada kasih dan tetap dalam kesucian, sebab semua selalu dipimpin Roh (limpah 7 KPR), dan bertumbuh dengan kuasa Allah yang limpah. Persekutuan dalam Roh, yaitu limpah dengan kasih dan selalu dalam kesucian (1Yoh 1:7) itu membuat persekutuan Papan2 atau persekutuan tubuh Kristus ini menjadi kuat, lebih2 dalam masa ujian akhir untuk Gereja akhir zaman ini! Kita tidak kuat menghadapi sendirian. Masing2 harus berkenan pada Tuhan,  tetapi juga bersekutu bersama dalam Roh, sehingga saling dikuatkan dan tumbuh makin indah dalam rencana Allah.

Ini perlu kita perhatikan sebab tantangan dan ujian bagi Gereja makin bertambah dosa, tetapi kita harus lulus, sebab itu harus bersedia dan bisa bersekutu dalam Roh!

Perbedaan2 diantara umat Tuhan dalam persekutuan Halaman itu juga ada dalam persekutuan Ruangan Suci. Tetapi

Meskipun ber-beda2 dari segala golongan, tetapi semuanya  bertumbuh menjadi satu tubuh Kristus, seperti Kristus, Kepala tubuh Kristus Rom 12:5, 1Kor 13:12,27.

Semua perbedaan itu harus melebur menjadi satu karena Kristus, sebab Kristus menjadi kepala kita semua Ef 5:23; 4:15.

Menurut istilah Mrk 4:11 ini adalah “orang dalam” (persekutuan Roh dalam Ruangan Suci) dan orang Halaman adalah “orang luar”; sebab itu juga rahasia2 Allah, istimewa tentang kesempurnaan itu tidak ada untuk orang2 Halaman (“di luar”), bahkan sangat terbatas, sebab itu diberikan Allah pada “orang dalam” saja Mat 13:11 (baik rahasia kesucian, pelayanan, karunia2, kuasa, dll, lebih2 tentang rahasia akhir zaman). Sebab itu orang dalam, persekutuan dalam Roh itu dilengkapi dengan perlengkapan ilahi yang heran dan ajaib.

Tidak heran hasilnya persekutuan Pagar Halaman terbatas, tetapi persekutuan dalam Roh bisa meningkat sangat tinggi, bahkan sebagian menjadi sempurna. Ini nyata pada akhirnya, yaitu waktuHalaman dan Ruangan Suci dipisahkan dalam Wah 11:2. Halaman tidak bisa menang, tetapi dikalahkan dan di-injak2 Antikris, tetapi Ruangan Suci (+ Ruangan Maha Suci) tetap menang, bahkan dengan luar biasa sampai diangkat.

2.b. Persekutuan dalam Firman Tuhan. Gereja2 mempunyai ber-macam2 pengajaran dan juga latar belakang dan sejarah, tradisi,  kebiasaan dan hukum2 dalam Gereja, yang bisa sangatberbeda satu sama lain.

Ber-abad2 perbedaan ini menceraikan semua umat Tuhan; seringkali keyakinan ini sulit dijadikan sama.Tetapi di dalam hujan Akhir ini akan terjadi persatuan pengertian dan pengajaran Firman Tuhan.

Ef 4:13

sehingga kita semua mencapai kesatuan iman dan pengenalan tentang Putra Allah, menjadi orang yang sempurna, sampai kepada ukuran yang penuh dari Kristus, (KJI)

Sebab itu Gereja akhir zaman bisa bersekutu menjadi satu dalam tubuh Kristus global dan ini membuat Gereja menjadi matang, seperti gandum dalam bulirnya jadi matang dan siap dituai Ul 11:14, Mrk 4:27-28. Gereja yang tidak mau bersatu dalam pengajaran, istimewa yang tidak dipimpin Roh, akan bertentangan satu sama lain, diombang-ambingkan ke sana-sini, tidak bisa bersatu dan bersekutu.

Ef 4:14

supaya kita jangan lagi menjadi kanak-kanak, yang diombang-ambingkan ke sana ke mari, dan terbawa oleh setiap angin ajaran, dengan tipu daya dan kelicikan manusia dan dengan siasat untuk menyesatkan. (KJI)

Baru sesudah ini semua (persekutuan dalam Roh dan dalam Firman Tuhan) Gereja menjadi matang, siap untuk dituai lalu terjadilah penuaian.

Bersekutu dalam pengertian dan pengajaran yang sama adalah suatu mujizat diantara orang beriman, tetapi sebab sudah ditulis dalam Alkitab, itu pasti terjadi.

Bersekutu dan bersatu itu mudah dimengerti, tetapi bersekutu dengan betul menurut Firman Tuhan yaitu persekutuan dalam Roh, tidak semua bisa Ef 4:3.

Semua ini terjadi karena ada kasih Kristus yang makin matang dalam persekutuan Roh, sehingga bisa bersekutu dalam Kristus Yoh 17:21,23. Tanpa ada persekutuan tidak mungkin tumbuh ke arah dan menjadi sempurna. Sebab itu, hal ini pasti terjadi karena rencana Allah pasti genap dan Tuhan pasti datang kembali membawa GerejaNya yang sudah matang.

 

III. BAGAIMANA KITA BISA TUMBUH KEPADA TUBUH KRISTUS GLOBAL?

Kalau hari2 ini masih ada banyak perbedaan dalam umat Tuhan, maka secara akal tidak mungkin bisa dipersatukan, sebagaimana telah terbukti ber-abad2 bahkan hampir 2.000 tahun. Tetapi nubuatanFirman Tuhan pasti digenapi. Ef 4:13.

Menjelang kedatanganNya, akhirnya Gereja Tuhan akan terbagi dalam 2 golongan yang saling bertentangan, yaitu Gereja jalan lebar yang makin najis dalam dosa dan Gereja jalan sempit yang makin suci dan semuanya akan bertumbuh makin murni sampai puncak2 kesempurnaannya dan ada persatuan seluruh umat Tuhan dalam tubuh Kristus global dalam kasih dan kesucian ilahi.

Tentu Allah akan menyelamatkan dan menolong umatNya. Juga iblis akan bekerja keras dengan tipu daya dan segala kemampuannya. Kita harus mengusahakan persatuan, jangan pengertian ini membuat kita membiarkan perpecahan dan perbedaan makin tajam diantara kita.

Kita harus memilih diolah untuk pembentukan tubuh Kristus global dalam jalan sempit kesucian sesuai Firman Tuhan, atau memilih atau terseret dan hanyut ke arah sebaliknya.Ini tidak dapat dihindari seperti Surga atau Neraka, Allah, atau iblis, sebab

manusia harus memilih dan akan tumbuh sesuai dengan pilihannya Luk 12:57. Memang ada yang memilih benar, tetapi lemah, sebab itu harus saling tolong menolong dan menguatkan, lebih2 minta kegerakan Roh Kudus dan Firman Tuhan yang besar bahkan top di akhir zaman ini Zak 10:1.  Tetapi jangan salah pilih, dari permulaan, dalam permulaan yang kecil, kita sudah harus ada di jalur yang betul dan tetap mempertahankan yang betul dengan segala macam resiko dan pergumulan, dengan pertolongan Roh Kudus, Firman Tuhan dan saudara2 dalam tubuh Kristus.

Dengan adanya perbedaan2 ini, maka orang yang mengerti dan memilih yang betul, ini semua menjadi pengolahan, sehingga per-lahan2 kita tumbuh sesuai pilihan kita. Mereka yang tidak tegas memilih yang betul (atau tidak mengerti), yang plin-plan atau mendua, bercabang hatinya akan terseret, terjerat, dan ikut hanyut sesuai dengan kecenderungan yang ada dalam manusia, yaitu kepada kegelapan.

Sebab itu orang yang plin-plan, ikut arus, tidak mau mengambil keputusan dan menentukan pendirian yang teguh akan hanyut dalam arus dosa dari kegelapan! Kita harus bertumbuh dalam Firman Tuhan dan dipimpin Roh, sehingga mengerti dengan betul, jangan sesat, sebab tidak mengerti kebenaran dari Firman Tuhan.

Mrk 12:24

Maka Yesus menjawab dan berkata kepada mereka: Bukankah sebab itu kamu sesat, karena kamu tidak mengenal Alkitab maupun kuasa Allah. (KJI)

Harus memilih, pikul salib, mengerti kebenaran Firman Tuhan dan mau taat. Sebab itu belajarlah bersekutu dalam Roh dengan kasih dan pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan.

Maz 43:3

Suruhkanlah terang-Mu dan kebenaran-Mu, supaya keduanya itu memimpin aku dan membawa akan daku ke bukit kesucian-Mu dan ke dalam tempat kediaman-Mu; (TL)

Sebab itu untuk jalan dengan betul, jangan membuat perceraian atau memisahkan diri, tetapi juga dengan kasih menyelamatkan saudara2 yang lemah dan bodoh, juga orang berdosa dan bersekutu dengan orang2 beriman yang mau memilih dan disucikan oleh Roh Kudus dan Firman Tuhan. Sebab dengan gairah untuk bersekutu, kita akan tumbuh, bukan dengan gairah perpecahan dan pemisahan.

Kristus datang sebagai Tabib untuk menyembuhkan, bukan sebagai Hakim atau algojo untuk menghukum dan menceraikan.

Mat 9:12-13

  1. Tetapi ketika Yesus mendengarnya, berkatalah Ia kepada mereka: Orang sehat tidak memerlukan tabib, melainkan orang sakit.
  2. Tetapi pergi dan pelajarilah artinya. Aku menghendaki belas kasihan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang-orang berdosa supaya bertobat. (KJI)

 

Dengan kasih Kristus kita saling tolong menolong satu sama lain, sehingga yang mau dan taat dipimpin Roh dan Firman Tuhan, akhirnya akan masuk dalam golongan persekutuan tubuh Kristus, dengan Kristus sebagai kepala, bukan kita atau denominasi atau yang lain. Sebab itu kita disucikan dan dipersatukan dalam Kristus oleh Roh Kudus dalam persekutuan dengan Roh. Kalau masih ada banyak perbedaan, ini justru  adalah masa pengolahan untuk orang yang mau berkenan pada Tuhan, diolah masuk dengan golongan Allah dan terus bertumbuh ber-sama2 dari belum sempurna (dengan beberapa banyak kekurangan) terus ke arah kesempurnaan tubuh Kristus. Sebab itu bersekutulah, meskipun masih ada banyak perbedaan suku bangsa, umur, kekayaan, pendidikan dll, meskipun karena perbedaan2 ini, selalu ada kesukaran, tetapi itu mengolah kita untuk berjalan dalam Roh, dengan kasih dan tetap dalam kesuciankepada jalan kesempurnaan rencana Allah. Orang yang tidak mau bersekutu (memang daging menolak persekutuan yang sulit (yaitu karena perlu salib dan kasih), sebab ada perbedaan umur, suku, kedudukan, kaya-miskin dll. Tetapi ini caranya untuk bisa diolah dan dipersekutukan dalam tubuh Kristus.

Boleh bersekutu dalam kelompok atau golongan yang sama, tetapi jangan menolak dengan kelompok yang lain yang betul, hanya karena perbedaan2 golongan atau manusiawi. Bahkan berusaha masuk dalam kelompok yang lain dalam Gereja Tuhan, yaitu membangun persekutuan tubuh Kristus dalam Roh. Kerjakankarena Kristus dan dengan hikmat kuasa Roh Kudus. Ini membutuhkan banyak penyangkalan diri dalam kasih dan kekuatan dari Firman Tuhan dan Roh Kudus dan pasti bisa kalau mau, sebab rencana Allah tidak pernah batal!

M70D tidak akan mulai (ini masa penamatan rencana Allah secara globalRom 9:28) kalau tubuh Kristus global belum terbentuk. Ini bukan berarti kedatangan Tuhan masih lama datangnya (sebab belum terbentuk tubuh Kristus global). Meskipun kita belum tahu tanggalnya, tetapi kita mutlak perlu bersedia baik2 seperti lima gadis bijak dan memulai persekutuan dalam Roh, sebab semua hal ini bisa terjadi dengan tiba2 dan cepat bagi orang2 yang sudah bersedia.

Orang yang tidak bersedia (Mat 24:42) akan terkejut atau tidak sadar, tahu2 kesempatannya hilang dan ia terhilang, keluar dari rencana Allah! Dahsyat! Sebab itu ber-ulang2 diingatkan Firman Tuhan untuk ber-jaga2! Percayalah akan peringatan Firman Tuhan!

III. MEMBANGUN PERSEKUTUAN DALAM ROH.

  1. Rohani matang, mahir pikul salib.
  2. Dipimpin Roh.
  3. Persekutuan dalam Roh, mulai dari persekutuan yang kecil.

 

  1. Rohani matang. Kalau tidak hidup baru (tidak bisa pikul salib) akan mudah dan selalu geger dan retak sampai pecah. Kita harus sudah lahir baru dan terus bertumbuh. Dasar dari persekutuan tubuh Kristus adalah kasih dan kesucian, yaitu mengampuni (sebab kasih) dan hidup dalam terang (tidak ada dosa) 1Yoh 1:7. Dalam terang berarti:
  2. Tidak ada dosa. MAK DSY

(diMana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang dan Yang akan datang). Ini pasti bisakalau mau, sebab Roh Kudus selalu standby dan pasti menolong yang mau taat untuk hidup baru dalam kesucian dengan tulus).

Harus mau bahkan mahir pikul salib Rom 6:4, Yes 52:3. Tanpa pikul salib tidak bisa hidup suci 1Pet 4:1, Luk 9:23.

  1. Kasih Kristus. Ini perlu kemauan, pengertian dan salib. Sampai dimana kita kasih akan Kristus dan saudara2 kita, itu tergantung dari pengertian Firman Tuhan sebab kasih dan pengertian Firman Tuhan itu sejalan.

Tanpa pengertian Firman Tuhan (oleh pekerjaan Roh Kudus Yoh 16:13, 1Kor 2:10 dll) kita tidak bisa membedakan mana kasih Kristus dan kasih manusiawi. Dengan pengertian Firman Tuhan kita bisa memisahkan Firman Tuhan dan tahu mana kasih dan tidak Ibr 4:12.Lalu dengan Roh Kudus kita bisa taat, itulah kasih Kristus. Yoh 14:21,23. Dan semuanya ini di jalan sempit, di atas Mezbah, yaitu dengan penyangkalan diri, bahkan sampai mahir.

  1. Mahir dipimpin Roh, sejak mulai percaya, kita sudah harus penuh dan terus belajar hidup dipimpin Roh. Rom 8:14, Gal 5:16-17. Orang yang dipimpin Roh itu dari luar tampak hidup rutin dalam kesucian dan di dalamnya limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, bahkan perlu 7 KPR+ untuk akhir zaman ini. Belajar taat dipimpin Roh dalam perkara kecil dan besar dan dalam segala segi mulai sekarang. Sebab ini butuh waktu untuk tumbuh sampai mahir, sebab ada daging yang sangat melawan dan makin lama makin kuat perlawanannya Fil 2:7.
  2. Persekutuan dalam Roh.

PEMISAHAN AKHIR ZAMAN.

Pada satu saat 2 macam persekutuan ini akan diceraikan, sesudah digodok, diolah dan dimurnikan dalam Polarisasi dosa dan kesucian.

Pemisahan ini ada 2 macam, yaitu:

b.1. Mat 13:20.

Tetapi dia yang menerima benih di tanah berbatu-batu, itulah dia yang mendengar perkataan itu dan segera menerimanya dengan sukacita. (KJI)

Antara gandum dan lalang. Mereka ber-sama2, tetapi tidak ada hubungan ilahi, hanya hubungan manusiawi atau jasmani, sebab yang satu tetap anak iblis dan yang lain anak Allah 1Yoh 3:10. Lalang itu Luar Halaman, gandum itu di dalam Halaman dan Ruangan Suci. Dalam Polarisasi pemisahan ini menjadi makin nyata, sebab lalang2 akan dengan mudah terseret dalam arus tsunami dosa yang kuat, sehingga cepat tumbuh dalam dosa sampai puncak2nya, menjadi sangat jahat, sekalipun pernah hidup dan tumbuh ber-sama2 gandum dalam ladang Tuhan, Gereja.

b.2. Mat 3:12

Penampi-Nya ada di tangan-Nya dan Ia akan membersihkan lantai pengirikan-Nya, lalu mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi sekamnya akan dibakar dengan api yang tidak terpadamkan. (KJI)

Pemisahan antara gandum dan sekam yang biasanya lekat menjadi satu, dan tidak bisa dipisahkan. Gandum dan sekam ini sama2 dalam Kemah Suci, sama2 dalam Halaman atau Ruangan Suci, sebab orang2 dengan mudah masih bisa mondar-mandir antara Halaman dan Ruangan Suci. Seharusnya yang baik dan betul adalah terus tumbuh dari Halaman ke Ruangan Suci, bahkan sampai Ruangan Maha Suci, tidak boleh turun atau merosot! Sekam dan gandum ini sudah sama2 percaya.Bahkan sekam atau kulit ini punya andil dalam pertumbuhan gandum, sampai gandumnya makin besar dan matang dalam sekam, tetapi akhirnya dipisahkan, sekam dibakar, gandum masuk gudang Allah. Suatu perceraian yang dahsyat dan sangat menyedihkan!

Kalau “sekam” secara rohani, tidak tumbuh menjadi gandum, sekalipun ada hubungan yang baik dan punya andil (seperti lima gadis bodoh, kalau tetaptidak berubah menjadi lima gadis bijak) akan tertinggal dan terpisah! Perceraian ini seperti lima gadis bijak dan lima gadis bodoh.

Biasanya orang beriman yang tidak tumbuh itu pasti ada sebabnya, yaitu keinginan dosa dan duniawi seperti dalam lima gadis bodoh. Ini tampaknya kecil, biasa, wajar, tetapi waktu terjadi Polarisasi dosa menjelang M70D, sekam yang tidak tumbuh dan meningkat, akan kena dan terseret dalam arus dosa yang kuat, sehinggameningkat tinggi dan berubah menjadi sangat keji dalam dosa.Ini seperti Lot yang mula2 orang benar, tetapi sebab terseret dan hanyut, akhirnya iamenjadi lebih jahat dari orang Sodom dan binasa! 2Pet 2:8, Ul 23:3. Sebab itu sekalipun lima gadis bodoh dekat sekali dengan lima gadis bijak dan punya peran yang penting, sesudah Polarisasi mencapai puncak2nya masing2, mereka akan tetap terpisah dengan tegas oleh pedang Tuhan dan sesudah beberapa lama golongan sekam (lima gadis bodoh) akan ditolak Tuhan Mat 25:13.

PERSEKUTUAN DALAM ROH SEJAK KELOMPOK KECIL SAMPAI BESAR.

Kita perlu bersekutu, jangan sendirian.

  1. Tubuh Kristus, sendirian = mati, contoh ??.
  2. Tidak kuat. Bersama lebih kuat.

Tetap masing2 harus punya:

– memilih

– mau tahan

Belajar hidup dipimpin Roh itu sangat penting pada akhir zaman yang penuh dengan segala macam kesukaran jasmani (nafkah, kesehatan, ancaman, pergolakan politik dan segala macam bahaya) dan kesukaran2 rohani untuk menjerat umat Tuhan dalam dosa, sehingga jatuh dan bisa diseret dalam arus Polarisasi dosa dan kejahatan.

Masing2 harus bisa berjalan dalam Roh.

Kita harus bersedia mulai sekarang seperti lima gadis bijak, belajar terus berjalan dalam Roh sampai mahir, yaitu limpah dengan 7 KPR+.

Bersekutu dalam Roh.

Ini mulai dari:

  1. Persekutuan pribadi dengan Tuhan, berjalan dengan Tuhan, lekat dengan Tuhan sampai menjadi satu Roh 1Kor 6:17. Tetapi ini tidak cukup, kita tidak saja mengasihi Allah dan bersekutu dengan Dia, tetapi juga cinta dan bersekutu dengan sesama kita, mulai dari orang yang paling dekat sampai yang paling jauh.
  2. Persekutuan suami-istri. Suami-istri itu memang mempunyai persekutuan yang khusus dan kuat, yaitu keduanya 1+1=1, bukan 2 Mat 19:5. (Ini akan terjadi kalau mereka menikah di dalam Tuhan dan tetap hidup dalam kesucian dan kasih satu sama lain. Tanpa Roh Kudus dan Firman, sulit mengalami persatuan suami-istri, dimana 1+1=1, bukan 2).

Persekutuan suami-istri ini bisa menjadi satu karena Tuhan, sehingga sebetulnya bukan 2, tetapi 1+1+1 (Tuhan) = 1. Firman Tuhan dan Roh Kudus yang mengikatkan mereka tetap menjadi satu dengan kuat, manis dan harmonis Pkh 4:13. Ini harus terus dipelihara dengan

bersekutu dalam Roh, limpah dengan 7 KPR, sehingga sama2 tumbuh dengan kuat dalam Roh dan bisa menang menghadapi segala pencobaan dan kejahatan yang sangat meningkat (apalagi kalau sudah datang tanda pasti kedatangan Tuhan antara lain Yerusalem dikepung mereka akan tetap kuat, menang, bahkan terus bertumbuh makin seperti Kristus).

  1. Persekutuan keluarga.

Persekutuan dalam Roh ini harus diteruskan dalam keluarga, lalu dalam kelompok kecil Gereja, dalam Gereja lokal terus meningkat sampai akhirnya menjadiGereja global jadi satu dalam Kristus. Ini seringkali tidak dimengerti banyak umat Tuhan. Mereka sudah puas dengan persekutuan manusiawi, persekutuan Halaman yang penuh kelemahan dan mudah jatuh dalam dosa.

Memang dalam Gereja biasanya ada persekutuan jasmani (manusiawi) dan rohani (ilahi, dalam Roh). Persekutuan jasmani tidak dibuang, tetapi harus ditingkatkan menjadi persekutuan dalam Roh, jangan dibiarkan dalam persekutuan manusiawi/ jasmani saja, sebab itu lemah, hanya punya kekuatan manusiawi. Oleh karena itu yang tetap dalam daging, dengan kekuatan sendiri, pada waktu ujian akhir (baptisan api) akan terseret dan hanyut dalam dosa sehingga seperti Lot, akhirnya menjadi makin jahat dalam dosa. Ini sesuatu hal yang sering dan banyak terjadi seperti Mat 12:43-45 akhirnya jatuh, binasa!

Semua persekutuan manusiawi (Halaman) harus ditingkatkan menjadi persekutuan dalam Roh, apalagi kalau bercampur dengan lalang2 yang belum mau bertobat. Anak2 atau anggota keluarga yang tidak mau berubah untuk bertobat sungguh2 dan berjalan dalam Roh, merekatidak tertolong, pada akhirnya, pada waktu akan masuk dalam penamatan rencana Allah, menjelang M70D, 2 golongan ini akan terpecah oleh pedang Tuhan Mat 10:21,34. Ini tampaknya aneh, tetapi ini adalah nubuatan tentang “pintu tertutup” yang ditutup Tuhan sendiri dalam bahtera Nuh Kej 7:16.

Seringkali persekutuan yang campuran ini, selalu ada retak2 perpecahan karena dosa2 (tidak mungkin bisa bersekutu dengan betul sebab memakai kekuatan sendiri, kekuatan manusiawi), kalau ini dibiarkan, berbahaya! Sebab sekarang tampaknya keretakan kecil yang wajar dan diperkirakan masih bisa diatasi. Tetapi pada waktu Polarisasi dosa terjadi menjelang M70D, maka itu berubah menjadi perpecahan yang besar seperti Lot dan Abraham sebelum dan sesudah masuk Sodom. Sebelum Sodom tampaknya retak kecil yang diharapkan sembuh atau tidak bertambah besar Kej 13:8, tetapi ternyata sesudah Lot masuk Sodom,menjadi perpecahan yang dahsyat untuk kekal Mat 10:21,34-36, Luk 12:52-53, Ul 23:3. Sebab itu semua hal ini harus ditangani dari permulaan, jangan sampai terlambat dan kasep, sudah tidak bisa dipulihkan kembali pada saat terakhir, waktu pedang perceraian dari Tuhan bekerja.

Sebab itu kita harus tahu ber-jaga2 dengan betul seperti lima gadis bijak dalam kesucian dan tetap berjalan dalam Roh senantiasa. Kita harus bisa membedakan orang yang berjalan dengan Roh Kudus atau dipimpin roh lain atau daging 2Kor 11:4. (Juga harus bisa bersekutu dalam Firman Tuhan Maz 119:63). Jangan kuatir, asal kita terus berjalan dalam Roh. Sebab kalau kita dipimpin Roh, maka pada saat ia membutuhkan pimpinan Roh Kudus untuk membedakan roh, Roh Kudus akan memberi karunia membedakan Roh sehingga kita bisa merasa bahwa rohnya lain dan jangan bersekutu dengan dia 2Kor 12:8. Tetapi ini bukan dengan benci atau JMPE (Jengkel, Mangkel, Pegel, dan Emosi), sebab ini berarti sudah jatuh dalam dosa dan keluar dari pimpinan Roh Kudus; dan kalau tidak bertobat bisa terseret dan hanyut dalam Polarisasi seperti lima gadis bodoh dan Lot!

Kita tidak bersekutu dengan orang2 yang rohnya lain (roh daging atau iblis!), tetapi kita melayani “saudara2” ini. Dengan hikmat dan kuasa Allah untuk menolongnya, menggarami dan meneranginya Mat 5:14-16. Merebutnya dari api Neraka Jd 23, Yak 5:19-20. Kalau orang itu menolak, orang2 seperti ini akan hanyut dalam Polarisasi dosa dan dosanya akan meningkat sangat tinggi, menjadi jahat, sehingga bukan saja tidak bisa bersekutu, tetapi menjadi musuh, menjelang penamatan Mat 10:21. Ini akan terjadi menjelang M70D, baik dalam keluarga jasmani dan rohani. Sebab itu kita harus mengerti tentang jadwal keadaan2 yang akan datang, supaya jangan ragu2 bertindak dan mengambil langkah2 yangtepat. Sesudah semua dosa dan kesucian meningkat sampai puncaknya, maka hubungan yang semula erat antara keduanya, diputuskan oleh pedang Tuhan Mat 10:34.

UJIAN AKHIR BAGI GEREJA, NILAI AMBANG DOSA NAIK.

Baptisan api. Wah 2:10, Luk 21:35; 12:49, Mat 3:11.

Peristiwa ini terjadi menjelang penamatan rencana Allah, yaitu menjelang M70D, keadaannya sangat dahsyat. Banyak orang tidak mengira hal ini bisa terjadi, tetapi Firman Tuhan sudah menyatakannya. Akibat dariPolarisasi dosa itu amat dahsyat, sebab semua orang (mula2 masih ada 3 golongan dengan yang netral atau yang plin-plan,  ternyata menjadi dua ujung, puncak dalam dosa atau kesucian,yang sangat bertentangan satu sama lain). Biasanya orang yang berbuat dosa dan kejahatan lebih dari batas, langsung dipotongAllah, Hakim yang adil. Seperti Absalom, Achan dll, karena tidak mau bertobat, akhirnya dihukum Allah dan mati. Tetapi menjelang penamatan rencana Allah, nilai ambang dosa dibiarkan naik oleh Tuhan, bahkan sampai pada puncak2nya. Sehingga orang jahat makin meningkat dalam kejahatannya danbertambah banyak jumlahnya (tetapi ini dibiarkan Allah, belum dihukum). Sebab itu perbuatannya makin jahat, makin keji, makin menggila dan merajalela, tetapi ber-tambah2 sukses dan bahkan menguasai setiap negara di seluruh dunia dengan resmi, dan global (seluruh dunia). Ini semua diizinkan Tuhan untuk menjadi ujian akhir (baptisan api) untuk menamatkan GerejaNya. Sebab itu jangan heran, justru pada akhir zaman ini kejahatan tumbuh luar biasa dan mereka sukses, meluas dan menguasai Wah 22:11. Hal2 dosa yang jahat di hadapan Allah (dilarang dalam Alkitab) jadi normal dan legal dalam pemerintahan orang2 jahat ini, dengan segala macam alasan (misalnya menurut akal, HAM, tradisi). Akibatnya dosa2nya yang jahat seperti homo, perceraian, narkoba,benci, bunuh, dusta dll menjadi legal. Dengan demikian dosa tumbuh sangat cepat dan meningkat tinggi. Jadi kalau nilai ambang dosa meningkat, dengan cepat, sehingga segala macam dosa dan kejahatan meningkat dengan dahsyat, itu tanda (ber-sama2 dengan tanda2 pasti kedatangan Tuhan lainnya) bahwa penamatan rencana Allah akan segera terjadi. Sebab itu ber-jaga2lah, karena ini hanya terjadi satu kali pada akhir zaman, pada waktu penamatan rencana Allah menjelang M70D. Ini seringkali tidak bisa dimengerti orang beriman, apalagi orang dunia. Banyak orang berusaha untuk menurunkan nilai ambang dosa dengan ber-macam2 cara dan mendorongpemerintah mengambil tindakan2 yang adil, dengan doa, usaha2 lainnya, supaya kembali aman dan sejahtera (supaya orang2 yang melebihi kejahatannya dan perkara2 yang jahat itu “hilang”); ini tidak salah, bahkan baik,tetapi pada akhir zaman ini akan gagal, sebabjustru dosa akan terus meningkat, sukses, berkuasa, mengglobal dan menggila, sebab diizinkan Allah menjadi ujian global bagi umat Tuhan.

Kalau nilai ambang dinaikkan Allah, Allah tidak pernah salah bertindak, sebab waktupenamatan dunia sudah tiba. Jangan heran, sekalipun sudah dilakukan ber-macam2 usaha dan didoakan supaya kejahatan hilang, tidak kunjungberhasil, sebab Allah yang mengizinkan dosa dan kejahatan itu meningkat, menjadi ujian akhir supaya umatNya lulus dan tamat. Orang2 dunia dan orang berimanheran sebab seluruh dunia gagal menurunkan nilai ambang ini, sebab ini memang dari Tuhan.

Tetapi jangan lupa kesucian dan kuasa Allah juga meningkat, sehingga sekalipun umat Tuhan (Yerusalem) dikepung begitu dahsyat oleh iblis dan kaki tangannya Luk 21:20, tetapi Gereja Tuhan justru jadi ajaib dan berkemenangan atassegala macam arus dosa yang besar dengan segala macam ancaman, tekanan, bahaya dan aniaya atas umat Tuhan. Gereja tumbuh dalam kesucian dan kuasa Allah, makin seperti Kristus, tetapi tetap ada penderitaan dan kesukaran yang hebat, seperti Yerusalem yang dikepung Luk 21:20.

Sebab itu pada masa penamatan, yang penting nomer satu bukan bagaimana menurunkan batas dosa itu, tetapi kita sendiri harus meningkat dengan cepat di atas ambang dosa kejahatan ini. Dengan pertolongan Allah (yang memang sudah menyediakan fasilitas akhir zaman ilahi yang ajaib dan sempurna, misalnya ada kegerakan Roh Kudus yang kuat, penuh dengan hikmat, kuasa, mujizat, karunia2 Roh Kudus, jabatan2 dan segala fasilitas akhir zaman ilahi lainnya). Sebab itu Gereja yang penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijak justru menjadi makin kuat dan tetap menang, sekalipun ada banyak hal2 yang dahsyat mengancam. (Orang yang tidak ber-jaga2 akan jadi korban, dan itu menjadikan kepungan iblis atas Yerusalem makin ngeri dan dahsyat, sehingga orang yang tidak ber-jaga2, mendengar dan melihatnya saja menjadi ngeri, ketakutan dan bahkan ada yang mati sebab gagal jantung.

Luk 21:18

Tetapi selembar rambut di kepalamu tidak akan binasa. (KJI)

Tetapi mereka yang ber-jaga2 seperti lima gadis bijak, akan mengerti dan menjadi kuat dalam perlengkapan ilahi dari Allah, justru Gereja pada saat ini akan menjadi ajaib! Wah 12:1. Sebab itu orang beriman yang sekarang bersedia, dalam waktu2 yang dahsyat dan kritis ini tetap terpelihara dan akan selaluberkemenangan). Jadi orang beriman yang undur akan menjadi korban dan contoh2 yang mengerikan. Sebab itu kita harus sungguh2 ber-jaga2 dengan betul, sebab perkara2 yang dahsyat ini sudah ditulis dalam Firman Tuhan. Yang ber-jaga2 akan menang, masuk dalam golongan 1551, bahkan tidak akan mati, tetapi terpelihara sampai satu rambutpun tidak hilang.

Luk 21:18-19

  1. Tetapi selembar rambut di kepalamu tidak akan binasa.
  2. Dalam ketekunanmu kamu akan mendapatkan jiwamu. (KJI)

Jadi kita harus ber-jaga2, mau tekun dipimpin Roh, dan bersekutu dalam Roh, sehingga tubuh Kristus dalam Roh akan makin kuat, sukacita, ajaib dan indah,tidak akan kalah, tetapi justru tumbuh dengan heran, sampai pengangkatan terjadi (Mereka yang tertinggal kemudian akan di-injak2 sampai mati oleh kepungan dan kuasa Antikris Wah 13:7).

KESIMPULAN.

Rindukanlah persekutuan tubuh Kristus yang manis indah dan betul, yaitu persekutuan dalam Roh. Ini dimulai dari masing2 kita sendiri, ber-jaga2 seperti lima gadis bijak, yang selalu penuh dan dipimpin Roh. Persekutuan dalam Roh itu dimulai dari hubungan pribadi dengan Tuhan(lekat dengan Tuhan 1Kor 6:17) lalu dengan saudara2 lain dalam tubuh Kristus Ef 4:14. Tubuh Kristus itu dimulai dengan persekutuan yang paling kecildalam satu Roh 1Kor 12:13, dan ber-sama2 menghadapi ujian yang dahsyat itu dengan berdiri tetap dalam satu Roh Fil 1:17. Ini dimulai dari hubungan pribadi dengan Tuhan,lalu dalam nikah, keluarga, kelompok kecil dalam Gereja, antar Gereja dst sampai tubuh Kristus global. Ini perlu kita mengerti, supaya kita bisa mengalaminya di dalam Roh waktu untuk hari2 terakhir sudah tampak apinya yang mulai me-nyala2 di seluruh dunia Luk 12:49.Timbul banyak kesukaran, pencobaan, hal2 yang dahsyatsebagai tanda2 zamannya. Kita harus bersedia! Jangan lupa Polarisasi dosa itu sudah mulai  mendekati penamatan (M70D) sehingga banyak perubahan yangjahat dan banyak korban Luk 21:26-28. Ini keadaan zaman ini yang akan makin meningkat dengan nyata. Keadaan akan makin dahsyat, kita harus sungguh2 bersedia rohani dan jasmani. Jangan bereaksi dosa karena menghadapi hal2 yang pahit dan mengecewakan daging, tetap bersyukur seperti Ay 1:21; 2:10, Pkh 7:14. Sebab memang hari2 yang jahat itu akan datang, tetapi tubuh Kristus akan bangkit dan tumbuh sampai akhirnya menjadi tubuh Kristus global yangajaib, indah dan berkemenangan Wah 12:1. Bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel, Gereja Tuhan akan menjadi seperti Surga di bumi, bersamaan dengan dunia yang akan menjadi Neraka di dunia, lebih2 sesudah waktu pengangkatan. Mulailah belajar berjalan dalam Roh sampai mahir dan tumbuhkan persekutuan dalam Roh dari kelompok yang paling kecil sampai global. Bukan dengan kekuatan sendiri Zak 4:6, Luk 24:49. Jangan terlambat. Ingat MAK DSY dan 7 KPR+. Ber-jaga2lah.

Nyanyian:

– Jadikan kami satu, oleh RohMu Tuhan.

– Bukan oleh kuat manusia,

– Berjagalah dan penuh Roh Kudus.