M4273 – Menghadapi Pencobaan dan Bahaya

LUKAS 21:26-28. MENGHADAPI PENCOBAAN DAN BAHAYA.

PENDAHULUAN.

Dalam hidup manusia selalu ada tantangan, ancaman, bahaya DLL; Ini bisa dari macam2 segi. Ini terjadi di seluruh dunia, makin lama makin bergejolak. Sebagian bisa diperkirakan bahayanya, sebagian bisa dicegah, sebagian tidak diketahui sama sekali, tahu2 hancur dan mati.

Rugi yang terbesar, tidak terhingga dan kekal, kalau mati masuk Neraka! Sebab itu kita harus selalu siap Amos 4:12, supaya jangan kehilangan Surga kekal, itu kerugian yang tidak terhingga, apalagi kalau sudah percaya dan mengenal Tuhan Yesus.

PERBEDAAN TINGKAT BAHAYA.

Tingkat bahaya adalah:

  1. Sepanjang zaman itu kurang lebih sama dan naik turun.
  2. Menjelang kedatangan Tuhan, menjelang M70D.

M70D adalah masa penamatan Allah (bukan satu titik waktu, tetapi satu masa yaitu 3,5 tahun). Ini adalah masa yang paling jahat, yaitu masa menjelang penamatan rencanaAllah, Tuhan akan menamatkan Gerejanya dengan ujian akhir; yang lulus, akan masuk dalam penamatan Allah, yaitu golongan 1551 yang akan ikut pengangkatan.Sebab itu harus ada ujian akhir.

Bagaimanakah bentuk ujian akhir menjelang kedatangan Tuhan itu?

Seringkali kita berdoa untuk negara, bangsa, kota kita, juga untuk Gereja, pelayanan, keluarga kita supaya semua aman dan sejahtera, itu betul! Kalau timbul orang2 yang sangat jahat, (dengan segala macam kejahatannya), kita berdoa supaya Tuhan menobatkannya, sehingga kejahatan disingkirkan, dan semua jadi tenang dan sejahtera. Tetapi pada hari2 menjelang kedatangan Tuhan, orang2 jahat seperti ini justru makin sukses, makin jaya, makin berkembang dan berkuasa, akibatnya tentu dahsyat! Banyak orang heran, sebab biasanya orang jahat dan tidak mau bertobat, akhirnya kena hukuman yang adil. Tetapi makin banyaknya orang jahat yang sukses dan meraja lela. Ini semua terjadi sebab Tuhan mengizinkan dosa dan kesucian meningkat Wah 22:11.

Ini khusus menjelang M70D, banyak orang berdosa makin jahat dan keji, tetapi sukses, makin berkuasa, makin jaya dalam segala segi hidup.  Biasanya orang yang sangat jahat tidak mungkin terus sukses dan jaya, tetapi pada penamatan rencana Allah, itu makin men-jadi2, sebagai ujian bagi Gereja (yaitu orang yang ber-jaga2) yang juga meningkat tinggi dalam kesucian dan selalu lulus dalam ujian2 ini dan rohaninya tumbuh makin tinggi, makin seperti Kristus. Kalau ini sudah terjadi berarti kita sudah dekat dengan penamatan dunia. Tuhan menerangkan ini dalam FirmanNya supaya kita mengerti dan ber-jaga2 Mat 24:42. Ber-jaga2 itu hidup suci dan berkenan pada Tuhan seperti lima gadis bijaksana, yang punya cadangan minyak Mat 25:1-3 atau seperti Pelita yang menyala dengan 2 pohon zaitun sebagai sumber minyaknya Zak 4:2-3,14. Ini menceritakan tentang orang2 yang diurapi, yang tidak akankehabisan minyak, tetapi selalu limpah dengan pengurapan Roh Kudus Yoh 3:34, sebab sumbernya bukan drum minyak, tetapi pohon minyak Zaitun, inilah sumber minyak yaitu Roh Kudus. Orang lain dapat memintakan pengurapan bagi kita, tetapi dengan Roh Kudus yang tinggal di dalam kita terus, yang kita taati terus, Roh Kudus jadi sumber minyak tanpa batas bagi kita. Ini sangat penting dalam menghadapi ujian akhir dan segala bahaya dan pencobaan berat yang terus meningkat pada saat penamatan rencana Allah.

MENANG ATAS SEGALA PENCOBAAN DAN MALAPETAKA.

Kita harus bisa menang dengan betul, menang dari Tuhan yang jadi sumber kemenangan bagi kita, sehingga kita lulus, lolos, naik kelas melebihi batas minimum (Pintu Kemah), sehingga bisa ikut dalam penamatan rencana Allah, yaitu rencana palingtop sepanjang segala zaman. Kita harus bisa menang, sbb:

  1. Menang oleh Allah Rom 8:31. Kalau kita menang dari diri kita sendiri itu terbatas dan tidak selalu bisa menang lagi. Tetapi kalau kita menang dari Tuhan, itu tidak ada batasnya dan akan terus menang, sebab Allah itu maha besar dan maha kuasa.
  2. Lebih dari pemenang Rom 8:37. Bukan hanya menang pas2an, tetapi lebih dari pemenang, danlengkap mengalami segala rencana Allah. Menang bukan hanya untuk saat itu dan kapan saja, juga dalam hal apapun dan dimana saja, sebab kalau Allah beserta kita, kita akan menjadi lebih dari pemenang.Setiap ujian dan kalau lulus (menang) itu ada dalam satu seri rencana Allah sampai ke akhir. Kita harus menjaga jangan sampai jatuh dalam dosa dan kalah. 3. Mengalami pawai kemenangan 2Kor 2:14. Ini berarti mengalami kemenangan dalam seluruh rencana Allah. Lebih2 pada pencobaan dan kesukaran menjelang M70D yang tidak ada habisnya dan makin dahsyat dalam segala perkara dan dimana saja. Ini adalah salah satu tanda pasti kedatangan Tuhan, yaitu Yerusalem dikepung musuh Luk 21:20.Umat Tuhan akan mengalami pencobaan dan ujian yang be-runtun2 tidak pernah berhenti, seperti dikepung terus menerus. (Ingat skema waktu: 1. Tanda pasti seperti Yerusalem dikepung dll, 2. Lari naik ke gunung, 3. Hari Tuhan, Tuhan datang. Ini akan selesai dalam 3,5 tahun I M70D). Sebab dikepung, maka musuh dengan mudah mengancam dan mengerjakan serangan2 bergantian atau ber-sama2 keliling Yerusalem yang sudah dikepung. Begitu keadaan Gereja akhir zaman waktu saat penamatan rencana Allah (dalam M70D). Tetapi heran, Gereja tetap menang, bahkan sampai masuk dalam pawai kemenangan, Gereja menjadi ajaib, itu nubuatan Firman Tuhan yang pasti akan jadi.

Ini dimulai dengan kemenangan setiap hari, kecil atau besar dalam hidup kita. Istimewa menang melawan kehendak daging dalam segala seginya, dimanapun, dalam hal apapun dan kapanpun. Baik dalam pencobaan kecil atau besar (semua tidak akan melebihi kekuatan kita 1Kor 10:13) kita harus menang. Mungkin dalam uang, nafkah, pekerjaan, sekolah, kesehatan, pelayanan, persekutuan dan dalam hal apa saja, setiap kali harusselalu menang, sebab taat dipimpin Roh dan melakukan kehendak Tuhan. Kalau pencobaan hari ini kita tidak bisa lulus, apalagi kalau menjelang M70D, pasti kalah sebab ujiannya akan jauh lebih besar, lebih dahsyat. Bahkan lebih dari kekuatan orang2 yang tidak bersedia (misalnya lima gadis bodoh), sebab ini ujian bersama, untuk semua orang, diseluruh dunia. Sebab itu orang yang tidak bersedia akan gugur, sebab semua orang di saat ini harus menghadapi ujian yang lebih kurang sama bagi semua orang.Yang tidak bersedia pasti gugur dan tidak akan ikut pengangkatan, bisa mati dalam dosa atau tertinggal. Ini ber-sama2 dengan terjadinya Polarisasi dosa dan kesucian. Dahsyat, jangan bingung, tetapi sekarang, hari ini dalam segala hal, kita sudah harus menang, kalau tidak akan kalah dalam hari2 yang akan datang dan binasa! (Ingat bahaya, pencobaan dan kejahatan menjelang M70D itu mencapai puncak2nya, waktu Yerusalem dikepung (ini arti rohani, bukan arti jasmani, sebab zaman Israel dimulai sesudah Gereja selesai Rom 11:25).

III. CARA2 MENDAPATKAN KEMENANGAN SENANTIASA.

  1. Tekun, bahkan terus berdoa 1Tes 5:17 dalam Roh dan hidup benar Yoh 4:23-24 seperti asap Mezbah Dupa yang tidak pernah berhenti siang dan malam Wah 5:9. Sekalipun tidak ada apa2, teruslah berdoa memakai bahasa lidah, apalagi kalau ada apa2. Ini doa otomatis untuk segala perkara, dan sempurna, sebab yang menaikkannya adalah Roh Kudus Rom 8:26-27. Sekalipun kita tidak mengerti bahasa lidah ini 1Kor 14:3, tetapi faedahnya luar biasa dan sangat efektif. Bukan kita yang berperang, tetapi Roh Tuhan di dalam kita, kita hanya taat dipimpin Roh untuk bersikap, bergerak atau melakukan apa saja menurut pimpinan Roh. Terus menerus pakai bahasa lidah dalam kebenaran Yak 5:16, Ef 6:18, Jd 20.

Seperti lima gadis bijak yang limpah minyak, juga pelita yang diapit 2 pohon zaitun, tidak akan kehabisan minyak, begitu senang dan indah, penuh sejahtera dan sukacita, sebab pasti Roh Kudus sanggup menolong kita yang mau terus taat berdoa dan taat akan pimpinanNya. Dalam segala perkara, enak atau tidak, untung atau rugi, dapat yang jahat atau yang baik Pkh 7:14, Ay 2:10 terus berdoa dengan bahasa lidah ini.

Tetapi jangan lupa dengan kebenaran, supaya jangan jadi gejala botol minyak wangi kosong, ada baunya, tetapi tidak ada minyaknya. Masih ber-kata2 dalam bahasa lidah, tetapi bukan didoakan Roh Kudus, tetapi karena kebiasaan, sebab sudah hafal, tetapi Roh Kudus tidak ada, karena orangnya hidup dalam dosa, Roh Kudus tidak setuju, bahkan melawannya! Orangnya masih dapat berdoa dalam bahasa lidah sebab masih hafal dan sebab tidak mengerti, asal bunyi. Disini, orangnya sendiri yang berdoa.

Tetapi orang berdoa dalam bahasa lidah dan kebenaran, itu Roh Kudus yang berdoa kepada Bapa bagi orang itu, itu luar biasa, pasti menang dan naik kelas, maju dalam rencana Allah. Kalau ada Roh Kudus, bahasa lidah jadi mantap, sejahtera, sukacita. Dalam menghadapi kesukaran dan bahaya, ia akan siap dipimpin Roh. Tetapi orang yang berdoa dengan bahasa lidah tanpa Roh Kudus, itu seperti botol minyak kosong, rasanya kosong, bingung, tidak ada sejahtera, tidak ada keyakinan, sebab hanya hafalan, Roh Kudus tidak ada, ia menghadapi problemnya sendirian.

Ini penting dimengerti, sebab masih banyak orang berdoa dengan bahasa lidah, tetapi membiarkan dosa dalam hati dan perbuatannya. Bahkan ada yang terikat dengan dosa seperti Saul (iri, benci, sombong dan keras hati, tidak mau bertobat, tetap mau cari Tuhan, tetapi sia2 1Sam 28:6).

Dalam segala perkara, ada apa2 atau tidak ada apa2, berdoalah terus dengan bahasa lidah, tetapi juga dalam kebenaran, selalu memelihara kesucian yang rutin.

Orang yang hidup dipimpin Roh, dan terus berdoa dengan bahasa lidah 1Kor 14:18,39 akan sejahtera, tidak mudah jengkel, mangkel, pegel, emosi atau putus asa. Mengapa? Sebab segala perkara yang mengecewakanpun itu tidak kebetulan, akan menjadi kebaikan bagi orang yang cinta Tuhan, yang berjalan dalam Roh, yang asap dupanya naik tanpa henti seperti Mezbah Dupa.

  1. Terus dipimpin Roh Rom 8:14, Gal 5:16-17. Ini kunci dari hidup Kristus yang sangat kuat dan penuh hikmat, kuasa Allah dan menang dalam menghadapi problem apapun Mat 4:1, Luk 4:1,18, bahkan sampai mati di salib (sebab memang ditugaskan Bapa untuk menjadi korban penebusan).

Belajar berjalan dalam Roh, lebih2 dalam menghadapi segala problem, kesukaran dan bahaya. Allah sanggup memimpin kita tanpa batas. Jangan hidup menuruti daging, tetap dalam kesucian dan taat akan pimpinan Roh sesuai Firman Tuhan.

Pada waktunya akan keluar karunia2, buah Roh, hikmat, kuasa, bahkan sikon dan orang2 yang kita hadapi bisa diubah Allah, sebab tidak ada yang mustahil bagi Allah. Bukan berarti selalu sukses dan untung jadi kaya atau naik pangkat! Ingat Pkh 7:14, Ay 2:10. Ayub menang bukan berarti tetap kaya, bisa bangkrut total, tetapi tidak bereaksi dosa, tetap berjalan dengan Tuhan dan akhirnya luar biasa. Juga Yusuf, Abraham, Daud dll, terus indah, tetapi ini bukan berarti goyang2 kaki terus, tidak! Daud jungkir balik di tempat2 yang sulit, dalam bahaya, terjepit, tetapi selalu ada jalan keluar pada waktunya. Juga Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego dll mengalami banyak jepitan, ancaman, tekanan, bahaya bahkan maut, tetapi dengan Tuhan mereka lulus, lolos, menang, naik kelas!

Apalagi kalau kita ada di akhir zaman, sudah dekat dengan M70D, yang bersedia, akan masuk golongan 1551 dan semua orang dalam golongan ini pasti ikut pengangkatan, itu berarti tidak mati 1Kor 15:51-52, tetapi sembuh, bahkan semua cacat lenyap, sebab ada rencana Allah yang top dalam semua orang yang akan ikut pengangkatan! Banyak kesempatan yang diberi Tuhan, mungkin sampai 700 juta orang akan ikut pengangkatan, sebab hujan Akhir, pembukaan Firman Tuhan, pelayanan jabatan dll akan menghasilkan kegerakan ilahi yang besar dan banyak orang meningkat jadi sangat suci, bukan hanya dosa yang naik sampai puncak2nya!

  1. Tekun belajar Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Orang yang terus dipimpin Roh itu berarti “orang dalam” dan akan menerima rahasia2 kerajaan Allah Mrk 4:11, Mat 13:11. Sampai dimana kita bisa melihat atau mengerti, sampai disitu kita akan mengalami apa yang sudah kita mengerti 2Raj 2:10. Pengertian Firman Tuhan yang betul menjadi batas kemenangan, pertumbuhan rohani kita bisa 30, 60, atau sampai 100 = sempurna sesuai dengan pengertian rahasia2 Firman Tuhan yang kita dapat oleh Roh Kudus Mat 13:23. (Elia sendiri mengerti cara pengangkatan sebab sudah tahu dari Roh Kudus, luar biasa). Firman Tuhan akan terbuka, sampai semua meterainya terbuka bertahap kalau sudah sampai waktunya Dan 12:4, Mat 10:26-27. Jangan hanya belajar penginjilan, tetapi langsungkan kepada kesempurnaan Ibr 6:1a. Jangan berhenti belajar, nanti gugur dalam pencobaan. Pencobaan dan kesukaran yang akan datang itu luar biasa, tetapi jangan takut, Gereja akan berkemenangan dan jadi ajaib, sekalipun dikepung oleh iblis, Antikris dan kaki tangannya. Pegang janji2 Firman Tuhan tentang kesembuhan, tentang uang, tentang pelayanan, tentang setia, tentang kuasa dst. Belajar makin peka mendengar suara Roh dengan terus taat, makakita akan melihat kemuliaan Allah makin nyata dalam pencobaan yang makin besar. Yang tidak mengerti akan kalah, jatuh, hanyut jadi rusak oleh tipu daya iblis. Terus belajar, beri waktu dan hidup benar supaya Roh Kudus mencelikkan mata kita, sehingga Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus menjadi pedang Roh yang menghancurkan dan mengalahkan semua celaka Ef 6:17. Harus punya pedang Roh!
  2. Mengerti cukup tentang rahasia yang akan datang, sebab Tuhan akan menyatakan semuanya Amos 3:7. Rencana penamatan Allah itu ada dalam M70D. Orang yang bersedia sebelumnya akan masuk golongan yang makin suci, yang tidak bersedia masuk golongan yang makin jahat dalam dosa Wah 22:11.

Ingat kalau M70D mulai (masa penamatan Allah), maka kesempatan habis untuk masuk bahtera pengangkatan Kej 7:16. Tuhan sendiri yang menutup pintunya, padahal waktu itu hujan belum turun, semua orang masih hidup, tetapi keluarga Nuh dan binatang2 (gambaran dari orang2 yang bertobat sungguh2 sebelum terlambat, “dagingnya menjadi jinak”. Inilah orang Halaman (tingkat daging, binatang), tetapi bertobat, lalu dengan hujan Akhir, kegerakan Roh Kudus, mereka jadi “jinak” bisa dipimpin Allah untuk masuk dalam Ruangan Suci, masuk dalam bahtera Nuh, lalu  hujan mulai turun selama 40 hari Kej 7:12,13,16.

Sebelum Tuhan datang, ia melempar api yang menyala di seluruh dunia, Luk 12:49,ini api ujian, lalu sesudah rata2 orang sampai di puncak dosa dan kesucian, Tuhan datang dengan pedang menceraikan mereka (yang bersedia dari yang tidak bersedia, dari lima gadis bijak dan lima gadis bodoh), sehingga tercerai dan tidak bisa bersatu lagi Mat 10:34-35, Luk 12:51. Ini ayat yang aneh, tetapi betul, hanya berlaku satu kali pada saat mulai M70D, mulai penamatan rencana Allah. Orang yang main2 dalam dosa dan tidak bertobat akan jadi sangat jahat dan dipotong dari orang2 yang suci; sekalipun dalam keluarga akan tercerai Mat 10:21, bahkan terpisah untuk selamanya. Juga dalam kelompok2 besar dan Gereja, sehingga terpisah untuk selamanya seperti lima gadis bijak dan lima gadis bodoh.

Ini dilakukan Allah sebelum Ia datang! Sebab itu kalau sekarang tidak bersedia, sebelum hari Tuhan (pengangkatan), maka pada permulaan M70D, pedang Tuhan memvonis, menentukan (Yoel 3:14),siapa yang selamat, terangkat masuk bahtera Nuh dan siapa yang di luar pintu. Polarisasi sudah mencapai puncak2nya lalu pedang Tuhan membuat vonis tsb.Penentuan itu bukan pada hari pengangkatan! Pintu bahtera ditutup bukan waktu banjir menenggelamkan bumi, tetapi pada permulaan hujan, hukuman belum nyata. Banyak orang bisa datang sebab masih hidup dan bahtera masih belum diangkat, tetapi pintu sudah tertutup! Waktu bahtera diangkat, semua orang yang diluar sudah mati tenggelam. Ini harus dicamkan baik2. Tuhan bawa pedang itu datang untuk menceraikan sebelum pengangkatan. Kalau pada hari pengangkatan, tidak perlu, dengan sendirinya tercerai, tidak ada yang bisa protes. Tetapi perceraian menjadi 2 golongan (Yer 24:2-3) itu dipaksakan dengan pedang sebelum pengangkatan yaitu pada permulaan Minggu ke-70 Daniel. Kalau terlambat tidak masuk golongan 1551; itu karena hanyut dalam dosa, jadi jahat dan sangat keji dalam Polarisasi dosa! Orang2 ini akan tertinggal atau mati dalam dosa.

Tujuan kita bukan hidup enak, kaya, senang2, lepas dari semua bahaya, tetapi makin mahir dalam sengsara, lulus dalam ujian yang makin berat, pikul salib sampai mati (tetapi tidak mati Mat 10:39). Ini menjadi pengolahan supaya rohani tumbuh setinggi mungkin pada hari pengangkatan, menjadi ukuran kemuliaan untuk kekal. Tujuan kita bukan cari hal2 duniawi, atau uang. Justru dalam M70D akan kembali hidup seperti Kis 2:44-45. Ini dimulai sekarang yaitu dengan tidak cinta uang, bisa berpada 1Tim 6:8, 1Kor 7:31. Kalau Tuhan mempercayakan sejumlahuang dll, kita bertanggungjawab kepada Tuhan sebagai bendahara Tuhan; bukan untuk menuruti nafsu daging, dan duniawi, akan terseret jadi mabuk duniawi dan makin keji seperti Lot dan mendapatkan pintu tertutup dan diputus dari golongan 1551. Termasuk golongan buah ara yang jelek dan jahat Yer 24:2,3.

KESIMPULAN.

Jangan siap untuk tanggal pengangkatan, tetapi untuk tanggal mulai M70D. Terus hidup suci dan taat seperti lima gadis bijak dan pelita dengan 2 pohon Zaitun, limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, terus berjalan dengan Tuhan dalam persekutuan Roh dengan semua saudara2 di dalam tubuh Kristus. Kita akan menghadapi ujian akhir, baptisan api yang dahsyat. Hadapi semua problem dan kesukaran dengan Allah mulai sekarang, yaitu sekarang terus menang dalam perkara2 kecil dan besar. Makadalam masa yang makin sulit dan dahsyat dengan dipimpin Roh kita akan tetap lulus dan tumbuh! Dengan Tuhan pasti menang, mulai sekarang, lulus dan naik kelas. Jangan lupa terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, itu kunci doa otomatis untuk menghadapi segala perkara, sebab ada Tuhan beserta kita!

Nyanyian: (Kuatkanlah oleh Roh Mu ya Tuhan).

Ku kuat oleh RohMu ya Tuhan (2x)

Biar ribut k’ras datang, ku ‘kan menang selalu,

ku menang oleh Roh Mu ya Tuhan.