M4267 – Hidup Luar Biasa ( 9 Karunia Roh )

1KORINTUS 1:7. HIDUP LUAR BIASA (9 KARUNIA ROH).

MENUNGGU KEDATANGAN TUHAN KITA YESUS KRISTUS.

Menunggu, lebih2 pada akhir zaman menjelang Minggu ke-70 Daniel (= penamatan rencana Allah) Tuhan akan memberi karunia2 Roh Kudus dengan limpah.

Mengapa perlu karunia2 Roh Kudus?

  1. Sebab dosa dan kejahatan akan meningkat luar biasa sampai kepada puncak2nya (Wah 22:11) sehingga godaan, akibat dan pengaruhnya sangat besar bagi semua orang, juga bagi umat Tuhan. Dalangnya adalah iblis, kita mutlak perlu Roh Allah untuk berperang melawan iblis Ef 6:18, Rom 8:31.
  2. Target pertumbuhan rohani bagi umat Tuhan harus meningkat, meskipun di tengah2 dosa dan kejahatan yang dahsyat, harus se-dikit2nya seperti lima gadis bijak, supaya bisa ikut pengangkatan Mat 24:42; 25:6-13.
  3. Salah satu tanda pasti kedatangan Tuhan adalah: Yerusalem dikepung Luk 21:20 dan ini menimbulkan banyak kesukaran, ancaman, bahaya dll bagi umat Tuhan yang bersedia (yang sungguh2).

Mengapa perlu Roh Kudus dan karunia2nya?

  1. Untuk seluruh hidup umat Kristen ini diperlukan pertolongan Roh Kudus, sebab musuh kita adalah iblis Ef 6:12. Tidak mungkin bisa hidup sebagai anak Allah yang normal apalagi yang baik, tanpa Tuhan dan Roh Kudus (karunia2 Roh), sebab kemampuan manusia itu terbatas. Kita harus memikirkan dan mencari hal dari Atas Kol 3:1-4, meskipun tidak tampak, tetapi harus diutamakan Mat 6:33.
  2. Menunggu kedatangan Tuhan harus hidup rutin dalam kesucian danpenuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijak. Kalau jadi lima gadis bodoh saja tidak cukup, akan tertinggal! Bahkan ini menjadi syarat untuk tanggal Penentuan masuk dalam golongan 1551 yang akan ikut pengangkatan. Yoel 3:14. Memang menjelang masa penamatan Minggu ke-70 DAniel, keadaan orang rata2 tinggi2 dalam kesucian atau dosa karena Polarisasi dosa dan kesucian. Wah 22:11. Sebab itu Tuhan memberi perlengkapan karunia2 Roh Kudus yang limpah untuk mengatasinya.
  3. Salah satu tanda pasti kedatangan Tuhan adalah Yerusalem dikepung. Luk 21:20, suatu keadaan yang amat sulit bagi Gereja. Tanpa Roh Kudus (dan karunia2 Roh) kita tidak akan bisa bertahan, akan kalah. Tetapi dengan fasilitas akhir zaman ilahi Wah 12:1, kita tetap menang, sekalipun dikepung, tetap tumbuh maksimal sampai dan ikut pengangkatan, bahkan beberapa tumbuh sampai sempurna. Untuk tumbuh biasa atau tetap suci saja mutlak perlu pertolongan Firman Tuhan dan Roh Kudus apalagi untuk tumbuh maksimal. Sebab kita harus tumbuh melebihi syarat minimum, yaitu seperti lima gadis bijak (Ruangan Suci), sebab yang di Halaman akan jatuh, hanyut dalam Polarisasi dosa. Orang yang tertinggal di Halaman itu akan seperti Lot, mula2 orang benar, tetapi kemudian jadi lebih jahat dari orang Sodom 1Kor 5:1-2, 2Pet 2:8.
  4. Tuhan sudah menyediakan segala fasilitas ilahi untuk akhir zaman bagi umatNya, sebab itu kita harus mengerti dan memakai fasilitas ilahi yang luar biasa, bahkan sempurna, supaya bisa lulus, lolos dari segala perkara ini dan masuk dalam rencana penamatan Tuhan untuk ikut dalam pengangkatan yang mengerti akan memakai pertolongan Roh Kudus Zak 4:6, Fil 4:13 yang memang sudah disediakan Tuhan. Tetapi banyak orang mengabaikan hidup dipimpin Roh yang penuh dengan karunia2 Roh Kudus. Biasanya mereka berusaha dengan kekuatan dan akalnya sendiri sehingga sering takut, bingung, sehingga banyak yang bereaksi ngawur dan jadi celaka, sehingga undur dan binasa. Sebab itu kita akan lagi belajar Firman Tuhan tentang karunia2 Roh Kudus yang heran ini (dan masih ada banyak lagi fasilitas ilahi lainnya yang disiapkan Allah dengan tepat dan sempurna!).

Kita akan melihat:

  1. Hidup dipimpin Roh, jalurnya untuk limpah dengan karunia2 Roh.
  2. Karunia2 Roh secara umum.
  3. Rincian setiap karunia Roh.

HIDUP DIPIMPIN ROH.

Prinsipnya untuk bisa menyampaikan karunia2 Roh adalah bisa hidup dipimpin Roh dalam kesucian yang rutin sesuai dengan Firman Tuhan. Untuk itu kita perlu:

  1. Bisa mendengar suara Roh Mat 11:15; 13:9, Mrk 4:13, Wah 2-3. Kalau tidak bisa mendengar suara Roh, dengan sendirinya kita berjalan sendiri, bukan berjalan dalam Roh. Sebab itu penting bisa mendengar suara Roh. Memang kita perlu diolah dan dilatih, tetapi untuk mahir mendengar suara Roh itu bukan karena hasil dari tehnik mendengar dengan peka, tetapi sebab taat akan setiap suara Roh, maka kita bisa mendengar suara Roh dengan betul dan makin lamamakin peka, sebab mau taat! Orang yang tidak taat akan suara Roh, akan makin tuli seperti Saul, sehingga tidak lagi bisa mendengar suara Roh 1Sam 28:6. Saul ber-tanya2, Tuhan tidak mau bicara, sebab setiap kali Tuhan bicara Saul tidak mau taat. Jadi kemampuan untuk bisa mendengar suara Roh bukan karena tehnik mendengarnya, tetapi sebab mau terus taat akan suara Roh yang didengarnya.

Orang yang taat akan bisa berjalan dalam Roh, yaitu dengan mentaatinya dalam berpikir, ber-kata2, bersikap dan bertindak, maka dalam semua ini akan nyata, keluar karunia2 Roh! Jadi meskipun kita masih hidup, tetapi yang hidup dalam kita, yang bergerak dan bertindak adalah Roh Tuhan yang ada dalam kita, yang menguasai kita, sebab kita mau mematikan daging, sehingga bisa taat akan suara Roh Fil 1:21,Gal 5:16-17. Hidup seperti ini akan jadi luar biasa, dipimpin Roh dan limpah karunia2 Roh.

  1. Yang bertindak bukan kita tetapi Roh Kudus. Kita harus bisa membedakan mana kehendak Roh dan kehendak kita. Kadang2 kita berusaha sampai emosi, dengan ngotot, sebab dari kehendak kita sendiri, dan kita berusaha dengan kemampuan kita sendiri. Tetapi kalau kita taat pada kehendak Roh, selebihnya Roh Kudus sendiri yang akan menghasilkan rencana dan kehendakNya. Kita tidak perlu kuatir, tunggu saja dan tetap dipimpin Roh, maka Tuhan sendiri yang akan mengerjakan semuanya dengan berhasil, sekalipun kita tidak sanggup atau semua itu di luar kemampuan kita. Yang penting bagian kita sudah kita lakukan seperti Abraham yang taat mengorbanakn Ishak, anaknya, tetapi akibatnya, bagaimana jadinya, Tuhan yang akan atur. Abraham membuat misalan bahwa Tuhan akan membangkitkannya, sebab perintah Tuhan adalah membunuhnya. Ini suatu hal yang tidak mungkin dan di luar kemampuan Abraham Ibr 11:19. Ternyata Tuhan yang mengaturnya dengan tepat, menurut cara Tuhan sendiri.

Jangan seperti Saul yang terus menuruti kehendaknya sendiri, yaitu iri, benci dan mau membunuh Daud. Itu bukan dari Allah. Juga imam Eli, mencintai putra2nya secara daging, cara yang salah, sehingga tidak maubermuka masam pada kesalahan2 berat yang dibuat putra2nya 1Sam 3:13. Bahkan sesudah Tuhan marah besar dengan sumpah 1Sam 3:14, Eli menganggap ringan saja, tetap tidak mau berubah, tidak mau menuruti kehendak Allah, dan meremehkannya 1Sam 3:18 dan ia menuai dari perbuatan dan kekerasan hatinya, ia mati  dalam sehari dengan putra2nya karena semuanya dihukum Tuhan.

Juga suami-istri dan keluarga, jangan punya persetujuan bersama, tetapi melawan Firman Tuhan seperti Ananias dan Safira. Tetapi kita harus mengerti apa kehendak Allah Ef 5:17 dan itu yang kita taati, kita harus mencari dan tahu kehendak Allah, itu yang terpenting lalu taat dengan segenap hati.

Kalau suami atau istri jalan menurut kehendak daging, maka istri atau suami yang tahu kehendak Tuhan, jangan setuju, tetapi mengajar ber-sama2 menurut kehendak Tuhan, sehingga sehati seperti Priskila dan Aquila. Betul istri tunduk pada suami, tetapi semua tunduk pada Allah, yaitu pada Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus. Harus berani bicara terus terang sesuai dengan kehendak Roh, supaya selamat, tidak sampaicelaka seperti Ananias dan Safira. Atau seperti Ayub, tidak berani tegas menyalahkan istrinya, sehingga mati semua anaknya.

Kalau kita bersandar pada Roh dan taat pimpinanNya, kita bisa sabar, lemah lembut, tidak emosi dan tidak sampai mata gelap, sebab yang menghasilkan adalah bagian Tuhan. Kalau Tuhan suruh marah seperti Putra manusia Yesus di bait Allah dan kepada Petrus, Yohanes, Yakobus, Dia taati dengan tepat, tetapi tidak ber-lebih2 atau dicampur dengan hawa nafsu daging sendiri, bisa kacau dan gagal.

Sesudah Yacob berdoa, ia masih menemukan Esau datang dengan 400 orang bersenjata, tetapi Yacob tidak kuatir,tenang, sebab ia yakin Tuhan akan bekerja, yang berjanji waktu berdoa di Pniel dan jugaTuhan sudah berjanji waktu masih di Padan Aran. Tuhan tidak pernah gagal memenuhi janjiNya dan Esau berubah 100%! Dari benci, Esau berubah jadi cinta dan rindu dan mengalah.

Kalau kita dipimpin Roh dengan betul, kita sudah mentaati bagian kita, maka Tuhan akan mengerjakan bagianNya, yaitu memberi hasilnya dengan penuh. Kita bisa sabar, bisa menunggu, bisa tetap sejahtera seperti Paulus dan Silas dalam penjara Kis 16:25 dll.

Orang yang dipimpin Roh akan jadi berkat bagi orang2 yang dilayani dan ia sendiri akan tumbuh dengan subur seperti Kristus. Sangat indah kalau kita mau belajar taat sampai mahir berjalan dalam Roh dalam pimpinanNya.

III. JANGAN EKSTRIM.

Ada yang ekstrim selalu dengan Roh, semua2 disuruh Roh, sering mencatut nama Roh, ia hanya tinggal minta atau merebut hasilnya. Atau ekstrim yang lain tanpa Roh, semua dilakukan sendiri. Jangan semua hanya oleh Roh Kudus, sebab hidup kita harus kerjasama antara kita dan Allah, Roh Kudus memimpin dan kita mau dipimpin, mau taat, dengan usaha, dengan mematikan tabiat daging, maupun sengsara daging, baru Roh Kudus bisa memimpin dengan baik dan membuatkan hasilnya.

Bagaimana bisa tumbuh dengan baik, tidak sampai ekstrim?

  1. Tanpa pertolongan Roh Kudus, yaitu dengan penuh dan dipimpin Roh, tidak mungkin bisa ikut penamatan dari Allah. Percaya akan Roh Kudus dan pekerjaan Bapa dan Putra, semua mutlak diperlukan Gereja akhir zaman Wah 12:1.

Oleh hujan Awal Gereja dilahirkan, dari tidak ada dan oleh hujan Akhir Gereja yang sudah bersedia ditamatkan. Hujan Awal menumbuhkan benih gandum, hujan Akhir membuat bulir2 gandum menjadi berisi biji gandum sampai matang. Sebab itu mintalah hujan Akhir Zak 10:1.

  1. Dengan Firman Tuhan. Jangan hanya dalam Roh, kita perlu tekun belajar Firman Tuhan, sehingga tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan. Mat 13:23, 2Pet 3:18, supaya:
  2. Tahu kebenaran dalam segala segi2 hidup kita, yaitu dari Firman Tuhan Yoh 17:17; 16:13. Supaya jangan keliru dan sesat Mrk 12:24.
  3. Tahu jalan yang benar Maz 119:105. Jangan sampai keluar dari jalan Tuhan.
  4. Dipimpin Roh Rom 8:14, bukan dari kehendak dan kemauan kita sendiri. Kalau belum mendapat pimpinan Tuhan, kita menunggu seperti Putra manusia Yesus menunggu sampai mendengar suara Roh yang memimpinNya Yoh 8:6,7.
  5. Dengan Bapa. Kalau kita rutin hidup dalam kesucian, kita ada di jalan Allah dalam rencanaNya yang indah dan mulia. Hidup suci sesuai Firman Tuhan itu hidup dalam terang, yang makin lama makin terang seperti terang siang Ams 4:18. Naik terus dalam kesucian seperti naik di gunung kesucian Allah Maz 48:2, di dalam rencana Allah menjadi makin indah, bahkan sempurna ikut dalam pengangkatan.
  6. Saling menasehati dalam tubuh Kristus Fil 2:1, Kol 3:16. Saling menasehati dengan orang2 yang sama2 dipimpin Roh Ef 4:3, 2Kor 11:4; 12:18.

Jangan bersekutu dengan orang dosa atau orang beriman yang mendua, undur, jatuh bangun dalam dosa. Jangan bersekutu dengan dosa2nya 1Kor 5:9-11, 2Kor 6:17. Dengan orang2 ini kita tidak bermusuhan atau benci, tetap cinta orangnya, tetapi benci dosanya Jd 23, sebagai sahabat orang berdosa seperti Kristus Mat 11:19. Harus punya pendirian yang teguh di atas pengertian Firman Tuhan yang jelas Mat 7:24-27. Berakar dalam Firman Tuhan Kol 2:7. Jangan mau ditipu pikiran, daging, atau manusiawi, sekalipun ia orang dekat seperti Petrus, Yohanes, Yakobus yang dekatdengan Putra manusia Yesus. Tetapi kalau mereka mengajak berbuat perkara2 yang tidak benar, ditolak dan ditegur oleh Kristus Mat 16:23, Luk 9:54-55. Juga dari istri sendiri seperti istri Ayub dan juga Ananias-Safira yang bersekutu dalam daging dan binasa keduanya.

PIMPINAN ROH KUDUS ITU LUAR BIASA.

Pimpinan Roh Kudus itu luar biasa seperti orang2 Majus yang dipimpin bintang, itu gambaran dari orang yang dipimpin Roh Mat 2:1-12 (ingat bintang2 sebagai mahkota perempuan yang ajaib, itu adalah pekerjaan Roh Kudus Wah 12:1). Orang2 Majus ini tidak kenal dan tidak ada hubungannya dengan orang Israel atau bayi Yesus (Mesias). Tetapi mereka tahu kasusnya, tempatnya, saatnya, jalannya, yang secara akal mustahil. Begitu dalam akhir zaman ini kita harus makin mahir dipimpin Roh, maka kita akan mengerti rahasia2 dari Allah, dankita akan dapat menghadapi kepungan Yerusalem dengan pimpinan dan kuasa Roh, sehingga kita selalu lulus, lolos, naik kelas bertumbuh, dan siap seperti lima gadis bijak untuk menunggu saatnya penamatan dari Allah Bapa untuk masuk dalam pengangkatan. Kalaupun mati sebelum pengangkatan, hidup dipimpin Roh itu tetap indah, seperti Surga di bumi secara pribadi karena dipimpin Roh, luar biasa. Rasul2 dalam hujan Awal cara hidupnya begitu heran, seperti hidup Putra manusia Yesus, sangat indah.

Begitu kita sekarang, kalau kita terus dipimpin Roh dan makin lama makin mahir, itu sangat indah, seperti Surga di bumi secara pribadi, sangat indah. Allah tidak pernah gagal dalam rencanaNya dan Ia maha kuasa, dan rencanaNya sangat indah dan mulia untuk mereka yang mau percaya dan terus taat dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan dalam kesucian yang rutin. Lebih2 kalau sudah masuk masa penamatan rencana Allah, maka tubuh Kristus secara global ber-sama2, yang sudah siap menunggu Tuhan (seperti lima gadis bijak) akan jadi indah, masuk dalam zaman keemasan Gereja, seperti Surga di bumi untuk seluruh tubuh Kristus global yang sudah siap. Belajar taat dipimpin Roh mulai sekarang supaya jangan terlambat, baik dalam perkara2 besar dan kecil, sehingga selalu ada dalam ril kesucian Allah yaitu jalan dalam rencana Allah yang heran dan mulia.

  1. 9 MACAM KARUNIA ROH. 2Kor 12:7-11.

Adalah tanda kalau kita betul berjalan dalam Roh. Ada sejahtera dan sukacita bagi diri kita Fil 4:4,7, Rom 14:17 sebagai sungai air hidup dari dalam hati, dan keluar menggarami dan menerangi orang lain dengan 9 karunia Roh, buah Roh, juga dengan jabatan2 dsb di dalam rencana Allah yang indah. Karunia Roh adalah hasil kerjasama yang baik dan betul antara kita dengan Roh Kudus dalam terang Firman Tuhan. Sebab itu kita perlu mengerti baik2 tentang karunia2 ini supaya kita bisa menyalurkan karunia2 itu dengan limpah dan tepat sesuai kehendak Roh. Ini hidup yang luar biasa seperti orang Majus yang bisa mengerti tentang Juru selamat dunia dan sampai disitu dan dengan yakin menyembah Bayi yang tidak dikenal, yang secara lahir tidak ada sesuatu yang ajaib, tetapi semua itu terjadi sebab Roh Kudus memimpin mereka.

  1. Ada 3 karunia bicara dari Roh, yaitu bahasa lidah, tafsiran, dan nubuat.
  2. Ada 3 tindakan dalam Roh yaitu iman, kesembuhan dan mujizat.
  3. Ada 3 pengetahuan dari Roh, yaitu hikmat, makrifat dan membedakan Roh.

Ber-sama2 dengan semua yang lain, 9 karunia Roh dalam orang2 yang berkenan kepada Tuhan akan membuat hasil yang luar biasa, hidup seperti Kristus di atas bumi, bahkan lebih lagi Yoh 14:12. Dalam hujan Awal orang2 yang melihat orang percaya, mereka melihat Kristus hidup kembali, sebab ada karunia2 Roh dll sehingga mereka disebut sebagai Kristus kecil atau seperti Kristus yaitu orang Kristen Kis 11:26.

Bahasa lidah = bahasa Roh = bahasa asing.

Ini adalah tanda dari 3 perkara, yaitu:

1.a. Tanda baptisan Roh Kudus. Kis 2:4,33, Kis 10:45-47. Baptisan Roh Mat 3:11 itu bukannya tanpa tanda. Juga sangat rugi kalau tidak dapat bahasa lidah dari Roh Kudus (lihat 31 faedah bahasa lidah, itu sangat indah, luar biasa dan menyenangkan, puas). Sebab itu yang belum mengalami baptisan Roh Kudus, mutlak perlu, lebih2 di akhir zaman untuk bisa bertahan hidup dalam Polarisasi dosa dan tumbuh dalam rencana Allah seperti lima gadis bijak, siap untuk menyambut kedatangan Tuhan Mat 24:42. Orang yang belum dibaptis dalam Roh, tidak mungkin dapat berjalan dalam Roh dalam ukuran Wasiat Baru (hujan Awal dan hujan Akhir), lebih2 untuk ikut pengangkatan mutlak perlu bisa hidup dipimpin Roh dalam kesucian sesuai Firman Tuhan. Sebab untuk berubah dalam pengangkatan menjadi tubuh kemuliaan, itu dikerjakan oleh Roh Kudus. Yang penuh Roh Kudus, tetapi hidup jatuh bangun dalam dosa, hatinya bercabang tidak sungguh2 dipimpin (tidak punya minyak persediaan) tidak bisa ikut pengangkatan, apalagi yang sama sekali tidak pernah dibaptis dalam Roh, tidak bisa berdoa dalam Roh dan kebenaran terus menerus (Yoh 4:23-24). Sebab itu mintalah baptisan Roh Kudus sekalipun berdoa sendiri di rumah atau ditemani oleh saudara lain yang sudah penuh Roh Kudus!

  1. Bahasa doa 1Kor 14:2,14, berdoa dalam Roh itu memakai bahasa lidah, roh kita berdoa dalam pimpinan Roh Kudus; kita tidak mengerti, tetapi roh kita berdoa kepada Allah.Tentu pikiran serta hidup kita harus tetap benar di hadapan Allah 1Kor 14:2,4, Ef 6:18, Jd 1:20, Kis 4:31. Kalau seorang hidup dalam dosa, Roh Kudus tidak bisa bekerja di dalam dia dan doanya ditolak Tuhan, itu menjadi kekejian, sekalipun dengan kata2 bahasa lidah yang sudah hafal (Yes 1:12-15). Tuhan ingin kita berdoa tanpa stop 1Tes 5:17, terus menerus dan di dalam Roh. Kita tidak kehabisan perkataan, justru bersukacita dan puas sebab sungai air hidup dari dalam hati kita (oleh Roh Kudus Yoh 4:14; 7:38), terus mengalir waktu kita berdoa. Terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, berdoa kepada Allah.
  2. Sebagai karunia Roh, dan ini harus ditafsirkan; Roh Kudus tidak memberi bahasa lidah sebagai karunia Roh pada semua orang, tetapi hanya pada beberapa, bergantian, sebab semua harus ditafsirkan 1Kor 14:27. (Untuk berdoa bersama, semua bisa berdoa dalam Roh, tetapi sebagai karunia Roh hanya 2 sampai 3 orang saja).Bahasa lidah itu luar biasa (ingat lebih dari 31 faedah bahasa lidah), jangan lupa selalu dengan hidup benar di hadapan Allah. Ingat MAK DSY (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang, dan Yang akan datang). Tanpa hidup benar, bahasa lidah yang bisa menjadi hafalan, tetapi kosong, ditolak Allah, seperti syndrom botol minyak wangi kosong! Tidak ada kuasa dan tanda2 Roh Kudus.
  3. Faedah bahasa lidah.

– Sebagai bahasa doa untuk berdoa dalam Roh dan kebenaran terus menerus.

– Kunci untuk berjalan dalam Roh.

– Permulaan dari suara Roh dan karunia2 Roh Kudus.

– Pimpinan Roh nyata dan terdengar waktu lekat dengan Tuhan.

– Ada sejahtera, sukacita yaitu sungai air hidup itu terus mengalir waktu kita berdoa dalam Roh dan kebenaran, sangat indah seperti Putra manusia Yesus dalam Luk 10:21.

– Dan lain-lain. Begitu indah.

Bahasa lidah ini bukan monopoli Pentakosta atau kharismatik, tetapi miliksemua orang yang percaya Tuhan Yesus dan Alkitab sebagai Firman Tuhan. Mintalah baptisan Roh Kudus Luk 11:10-13, Mat 3:11.

Jangan berdebat tentang baptisan Roh Kudus dan bahasa lidah, nanti setan masuk timbul benci dan dengki. Tetapi dengan doa dan kasih, dan belas kasihan bagi2kanlah karunia dari Tuhan yang begitu indah untuk semua anak2 Allah.