M4251 – Jadwal Peristiwa Akhir Zaman ( VII )

JADWAL PERISTIWA AKHIR ZAMAN (VII).

AYAT2 POKOK: DAN 9:24-27 (DALAM 7 TERJEMAHAN).

MENJELANG MINGGU KE-70 DANIEL.

 

B.1. APAKAH MINGGU KE-70 DARI 70 MINGGU NUBUATAN DANIEL?

Yang dimaksud dengan Minggu ke-70 Daniel adalah

  1. Minggu terakhir atau yang ke-70 dari 70 Minggu nubuatan Daniel.
  2. Nubuatan dalam kitab nabi Daniel yang menceritakan tentang rentetan peristiwa2 akhir zaman pada 7 th terakhir, sebelum zaman ini berlalu, lalu masuk dalam zaman terakhir yaitu Kerajaan 1000 tahun masa Perhentian Allah (Ada 7 hari penciptaan Allah dan 7 hari pengolahan manusia oleh Allah Kej 2:1-2).
  3. Masa Penamatan rencana Allah bagi:
  4. Semua orang dalam dunia ini,
  5. Yang berakhir dengan perang Harmagedon, di mana semua orang berdosa di bawah pimpinan Antikris berperang melawan Tuhan Yesus yang datang, turun dari Surga dengan orang2 suciNya, dan semua dikalahkan dan mati kecuali sedikit orang yang tidak kena cap atau meterai Antikris (yaitu 144.000 turunan Abraham dan beberapa orang kafir yang jumlahnya lebih kurang seperti itu) dan mereka
  6. Masuk dalam Kerajaan 1000 th.

Semua orang dalam dunia akan berakhir seperti pada zaman Nuh, semua mati dalam pehukuman Allah karena dosa2nya, hanya keluarga Nuh yang masih tinggal. Begitu juga yang terjadi pada 7 tahun terakhir ini seperti yang dikatakan dalam:

Mat 24:37-39

  1. Maka seperti zaman Nuh, sedemikian juga akan terjadi kedatangan Putra manusia.
  2. Karena sebagaimana pada hari-hari itu, sebelum air bah, mereka makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai pada hari Nuh masuk ke dalam bahtera,
  3. dan mereka tidak tahu, sampai air bah itu datang melenyapkan sekaliannya, demikian juga halnya kedatangan Putra manusia itu.

B.2. RENTETAN PERISTIWA2 AKHIR ZAMAN DALAM MINGGU KE-70 DANIEL.

Dalam garis besarnya adalah sebagai berikut:

B.2.a. Masa Penamatan rencana Allah bagi Gereja:

2.a.1. Orang2 yang bersedia, ditamatkan dalam 3,5 tahun I, lalu

2.a.2. Ikut dalam pengangkatan,

2.a.3. Sisa2 yang tertinggal dan mau bertobat diselamatkan dalam masa aniaya Antikris (3,5 tahun II).

Dalam Alkitab ini digambarkan juga sebagai penuaian:

  1. Panen buah sulung, yaitu Putra manusia Yesus pada waktu Ia bangkit, ber-sama2 dengan orang2 sempurna Wasiat Lama.
  2. Panen besar, yaitu orang2 yang ikut pengangkatan.
  3. Panen sisa, orang2 yang tertinggal dan bertobat.

B.2.b. Zaman Antikris, yaitu penamatan rencana iblis menurut Dan 7:1-6, 7-8 ini terdiri dari 2 bagian:

2.b.1. Zaman Antikris permulaan dalam 3,5 tahun I, yang dikuasai oleh 3 Antikris yang mula2.

2.b.2. Zaman Antikris penuh dalam 3,5 tahun II yaitu pemerintahan mutlak oleh Antikris yang ke 4 yang belum pernah ada. Ia menguasai seluruh dunia waktu itu (1260 hari Wah 11:12).

  1. Pengangkatan terjadi pada pertengahan Minggu 70 Daniel dan orang2 Kristen yang tertinggal dan yang bertobat kembali, masuk dalam zaman Antikris (ke 4) dan mereka semua dibinasakan oleh Antikris.
  2. Pada akhir 7 tahun ini (Minggu ke-70 Daniel) dunia yang dikuasai oleh Antikris yang sesungguhnya (Antikris ke 4) menggerakkan seluruh dunia berperang melawan Tuhan, tetapi mereka dikalahkan.

Antikris dan nabi palsu (pembantu Antikris) dilemparkan dalam Tasik api dan iblis serta semua setan2, anak buahnya dimasukkan dalam penjara iblis yaitu dalam Abusos atau Sumur Tanpa dasar Wah 20:1-3.

Semua orang yang ada di dunia yang ikut dengan Antikris akan mati oleh “pedang” yang keluar dari mulut Tuhan Yesus (hukuman langsung).

Riwayat dari seluruh manusia di bumi berakhir, tetapi ini belum kiamat (yang baru akan terjadi pada akhir Kerajaan 1000 th). Sesudah Kiamat baru diciptakan lagi Surga Bumi Baru dan Neraka dengan segenap isinya dilempar ke dalam Tasik api yang kekal (Wah 20:14-15). Dengan demikian berakhirlah 7 hari Allah dalam mengolah manusia.

Zaman orang Israel.

Penamatan rencana Allah ini juga termasuk untuk orang Israel, tetapi disini bukan penamatan, tetapi pemulihan kembali orang Israel yang sudah menolak Mesiasnya sehingga untuk sementara keluar dari rencana Allah. Tetapi pada penamatan rencana Allah ini, Israel akan masuk kembali dalam rencana Allah, sesudah zaman Gereja selesai.

Rom 11:25-26

  1. Sebab saya tidak menghendaki bahwa engkau tidak mengetahui rahasia ini, saudara-saudara, (supaya jangan engkau menganggap dirimu bijak), bahwa kekerasan itu terjadi atas sebagian Israel sampai genap jumlah orang kafir masuk iman.
  2. Lalu semua orang Israel akan diselamatkan, sebagaimana tertulis: Bahwa Pelepas itu akan keluar dari Sion, dan Ia akan menyingkirkan kefasikan dari Yakub. (KJI)

Segala kefasikan Yacob akan dibersihkan dalam masa kesukaran Yacob Yer 30:7, Zef 1:7, lalu zaman Israel dipulihkan dalam Kerajaan 1000 tahun, dan Kristus akan duduk di atas tahta Daud Luk 1:32-33, Minggu ke-70 Daniel menjadi peralihan Israel yang terbuang dan sekarang kembali dan akan mengalami semua nubuatan rencana Allah bagi Israel dalam Kerajaan 1000 tahun.

B.3. APA ARTINYA MINGGU KE-70 DANIEL BAGI ORANG BERIMAN?

Mat 24:42

Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (KJI)

Kita harus mempersiapkan diri, istimewa secara rohani, sebab dalam 3,5 th pertama orang2 yang bersedia seperti 5 gadis bijak akan diolah khusus (dalam proses penamatan rencana Allah) sehingga tumbuh dengan  cepat untuk siap ikut pengangkatan (sebagian kecil 144.000 orang akan mencapai kesempurnaan).

Sebab itu bagi orang beriman yang penting adalah mempersiapkan diri untuk dapat masuk dalam proses penamatan rencana Allah dalam Minggu 70 Daniel sehingga dapat tahan diolah dan tumbuh setinggi mungkin, untuk ikut pengangkatan, bertemu Tuhan Yesus lalu masuk dalam Surga yang kekal.

B.4. ORANG BERIMAN YANG TIDAK BERSEDIA.

Tuhan mengizinkan pada akhir zaman terjadi Polarisasi dosa dan kesucian (Wah 22:11). Mereka yang tidak bersedia (orang beriman tingkat Halaman, yang jatuh bangun atau terikat dalam dosa, yang hatinya mendua, tetap mencintai dosa, juga 5 gadis bodoh, meskipun sudah penuh dengan Roh Kudus, tetapi mereka tidak mau hidup dipimpin Roh, melainkan hidup menurut daging, jatuh bangun dalam dosa), mereka ini, semuanya akan masuk dalam rencana penamatan iblis, makin meningkat dalam dosa, sehingga akhirnya tumbuh menjadi seperti bapaknya iblis.

Jangan hanya memikirkan atau mengerti tentang pengangkatan tanpa bersedia, sebab orang2 itu tidak lagi mau dan tidak bisa bertobat, merekadiafkir (tidak bisa tahan) untuk masuk  dalam rencana penamatan Allah, tetapi masuk dalam rencana penamatan iblis, dan tertinggal waktu pengangkatan.

Jadi ada 2 pengolahan final, 2 penamatan!

Dalam 3,5 th pertama ini orang2 yang bersedia seperti lima gadis bijaksana akan masuk dalam golongan 1551 (orang2 yang akan ikut pengangkatan) dan diolah khusus dengan fasilitas2 ilahi yang istimewa, sehingga bisa tumbuh dengan cepat dan siap untuk ikut pengangkatan (bahkan ada yang masuk dalam golongan orang2 yang sempurna). Tetapi orang yang tidak mau bersedia, tetap hidup dalam dosa, meskipun mula2 hanya berdosa sedikit2, tetapi akan hanyut dalam Polarisasi dosa dan masuk dalam penamatan rencana iblis yang memang sudah dinubuatkan Allah dalam Wah 22:11.

Jadi perhatian kita adalah pada saat permulaan Minggu 70 Daniel (3,5 th sebelum pengangkatan) bukan pada saat pengangkatan, sebab ini berarti sudah terlambat. Pada permulaan Minggu ke-70 Daniel kita sudah ditentukan masuk golongan yang akan ditamatkan oleh Allah atau oleh iblis. Yang tidak mau rutin hidup dalam kesucian dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana, pasti akan terseret dalam dosa sampai jauh dan masuk dalam rencana penamatan iblis.

ISTILAH.

Istilah: Minggu/ TL: Sabat, TB: Masa, KJ: Weeks.

Dalam Imamat 23:15, minggu bisa diganti hari Sabat. Jadi arti minggu (70) bisa diganti Sabat.

Ukuran Sabat itu bisa memakai hari, minggu, dan tahun, bahkan 1000 tahun, bisa disebut sebagai “hari” sabat Allah (1hari bagi Tuhan = 1000 tahun bagi manusia 2Pet 3:8). Dalam 70 Minggu Daniel yang dipakai adalah satuan “tahun”.

Visoen 70 Minggu ini adalah suatu nubuatan tentang akhir zaman yang diterima oleh Daniel melalui malaekat Jibrail untuk Israel. Ini berlaku untuk Israel jasmani dan rohani dan menjadi patokan waktu akhir zaman (lonceng) yang sangat penting bagi kita sekarang.

UKURAN WAKTU AKHIR ZAMAN.

Minggu ke-70 = Ini menjadi patokan atau ukuran waktu (lonceng) yang penting untuk akhir zaman. Mengapa? Sebab:

  1. Hampir semua peristiwa akhir zaman terjadi di sini.
  2. Kebanyakan peristiwa akhir zaman memakai lonceng ini sebagai ukuran waktunya (Yes 21:11-12); Jadi kalau kita mengerti Minggu ke-70 Daniel (lonceng akhir zaman ini), maka kita dapat:

– Tahu berapa jauh malam

– Tidak bingung

Siap menghadapinya; lebih banyak mengerti, lebih berfaedah.

Bacalah ayat-ayat ini (Dan 9:24-27) dari bermacam-macam terjemahan.

DANIEL 9:24.

  1. 70 Minggu telah ditentukan bagi bangsamu (Israel) dan bagi kota sucimu (Yerusalem). (Ingat patokan ini untuk Israel dan Yerusalem jasmani, sebab itu tafsiran 70 Minggu ini tidak bisa lepas dari Israel!) Tetapi jangan lupa, ini juga berlaku bagi Israel rohani!

Secara Lahiriah, sesudah “70 minggu”:

Bangsa Israel menjadi bangsa yang besar, jaya diperintah Putra Daud dalam Kerajaan 1000 th. Ini terjadi sesudah masa kepicikan Yakub (Yer 30:7).

Yerusalem juga menjadi Ibukota pada waktu Kerajaan 1000 th. (Yes 66:20). — > Sesudah 70 minggu, mulailah Kerajaan 1000 th.

Secara rohani.

Israel rohani  = Orang Kristen (Gal 3:7,2,9)

Yerusalem Baru = Tubuh Kristus sempurna

gereja (umat Tuhan) selesai ditebus

Terjadi waktu Tuhan Yesus datang (tetapi semuanya lengkap, tuntas sesudah 7 tahun (3,5 tahun II).

Sesudah 7 th (Minggu ke-70 Daniel selesai), jumlahnya genap, lalu mulailah masa untuk Israel jasmani (Rom 11:25-26), Kerajaan Daud yaitu Kerajaan 1000 th mulai.

II – VII = TANDA-TANDA KERAJAAN 1000 TH.

Untuk menyelesaikan/ menahan, mengendalikan (TL: menutup, YLT, Ibr: Kala) kesalahan.

Orang2 Israel dan orang kafir (yang menjadi penduduk Kerajaan 1000 th), mereka masih bisa berdosa/ bersalah, tetapi pemerintahan tongkat besi Kristus dengan orang-orang suci-Nya  dapat 100% menyelesaikan, menahan, mengendalikan dan menutup semua kesalahan (Wah 2:27). Kesalahan dibuang, baru ada damai.

III. Untuk mengakhiri segala dosa.

dimeteraikan.

penebusan lengkap (tebus tubuh), dosa selesai/ berakhir –> masuk Kerajaan 1000 th

Juga orang2 jasmani yang masuk diteguhkan dari dosa dengan tongkat besi.

ctt: II -> salah; III -> dosa; IV -> kejahatan.

Untuk menutup (YLT) kejahatan.

Kejahatan    ———————->> ditutup

Caranya:

Iblis dkk dibuang dalam Abusos, Antikris dan nabi palsu dalam Laut Api.

Apa beda II & IV?

II : Orang-orangnya -> dunia yang tampak.

IV : Iblis dan tentaranya -> dunia yang tidak tampak.

Untuk membawa masuk kebenaran yang kekal (Inggris). Kristus memerintah dengan atau membawa kebenaran (Wah 20:4-6).

Untuk memeteraikan penglihatan dan nubuat (nabi). Di sinilah saatnya semua janji Allah dalam nubuat, penglihatan untuk Israel jasmani digenapkan semuanya.

VII. Untuk mengurapi Yang Maha Kudus.

Tuhan Yesus diurapi sebagai raja segala raja, mengalahkan Iblis dan tentaranya, Antikris dan semua pengikutnya dalam perang Harmagedon lalu memerintah dalam Kerajaan 1000 th (Wah 19:16)

DANIEL 9:25

Oleh sebab itu ketahuilah dan mengertilah

Pembagian Alkitabiah: 7+62+1=70

Antara akhir 62 dan akhir 1 ada beda 2000 tahun.

(Sebab itu ada masa selang yang besar).

– bahwa dari saat perintah (Y,V,L,B: Firman = Word) itu keluar (=2Taw 36:22- 23).

– untuk memulihkan dan membangun Yerusalem Ini selesai sesudah 7 Minggu pertama.

– sampai pada Mesias raja (K.N: prince, Y: leader) itu. Ini berarti sampai Tuhan Yesus

– akan ada 7 Minggu dan 62 Minggu jalan-jalan (YLT: tempat yang lapang) akan dibangun kembali dan tembok (YLT: benteng) meskipun dalam masa-masa yang sulit. Israel jasmani dibangun, berdiri, sampai Putra Manusia Yesus dibunuh.

Masa I: 7 X 7 = 49 th.

(Menurut Yoh 2:20 Bait Allah Herodes perlu 46 tahun, sisanya untuk perbaikan jalan-jalan dll). Sekalipun dengan kesukaran dari bangsa kafir disekitarnya, akhirnya selesai.

Masa II: 62 X 7 = 434 th

Sampai Kristus:

-> Bagian mana dari hidup Kristus yang 33,5 tahun itu?

-> Ini dijelaskan dalam ayat 26 yaitu saat di Golgota

Masa III: 1 X 7 = 7 th

– Berakhir dengan Kerajaan 1000 th

– Ada masa selang, kosong.

DANIEL 9:26.

Dan setelah 62 Minggu, Mesias akan ditumpas, tetapi bukan karena dirinya sendiri. Mesias ditumpas bukan karena salahnya sendiri, ini sangat jelas = Golgota.

Dan rakyat dari raja yang akan datang itu akan merusak kota dan tempat kudus.

Kota, tempat kudus, juga Kaabah, hancur (AD 70) –> Ibadat lahiriah orang Israel  stop.

Untuk Israel rohani mulai –>> Luk 16:16. Injil mulai.

– Petrus membuka Pintu  Gerbang orang kafir Kis 10:15.

– Zaman orang Kafir mulai Rom 11:11- sampai genap, (ini berlangsung + 2000 th) baru sesudah itu zaman orang Israel  mulai, Rom 11:25.

Dan akhirnya (dari 62 minggu) akan terjadi dengan banjir Luk 16:16 Kerajaan Sorga diserbu, banjir, Rohkudus & Firman Tuhan bekerja. Puncaknya dalam zaman banjir seluruh dunia = globalisasi.

Dan sampai akhir perang itu (yang merusak Kaabah), kehancuran telah ditentukan. Kehancuran Israel sudah ditentukan, baru nanti pulih pada akhirnya, istimewa dalam Kerajaan 1000 th.

DANIEL 9:27.

Dan ia akan menetapkan (YLT: strengthened) perjanjian itu (KJV, NKJ: confirm the covenant) dengan banyak orang untuk satu minggu.

 

Siapakah Ia? Kristus atau Antikris.

Antikris lebih tepat, sebab: tidak mungkin Kristus

menghentikan korban (korban = ibadat) baik untuk WL & WB.

Antikris dalam Minggu ke-70 Daniel.

Pada permulaan Minggu ke-70 Daniel, Antikris sudah muncul dengan ciri-ciri khasnya, seperti yang dinubuatkan dalam Daniel 7 (4 Binatang) dan Daniel 8 (2 Binatang, 4 macam tanduk). Tetapi ia belum dapat menyatakan diri atau berkuasa sepenuhnya sebab Gereja Tuhan masih ada, dan pada waktu itu Gereja justru penuh dengan kuasa Allah (hujan akhir). Tetapi banyak orang akan menerima Antikris ini, hampir seluruh dunia akan mengakuinya.

Pada pertengahan minggu itu, ia akan menyebabkan pengorbanan (YKN: sacrifice) dan persembahan (Y: present, K: oblation, N: offering, L.B: korban makanan) itu berhenti.

Korban = Ibadat, dihentikan, yang menolak dibunuh (Wah 13:7,17). Sebab semua harus menyembah Antikris, ini zaman Antikris.

Tidak mungkin = Golgota, sebab:

  1. Golgota menghentikan korban cara WL untuk selama-lamanya, bukan hanya 1260 hari seperti di sini.
  2. Ini bukan penggenapan korban WL oleh Kristus, sebab ayat 26 sudah menjelaskan bahwa Golgotha itu terjadi pada akhir masa II (62 minggu).

Pada pertengahan Minggu itu.

Mengapa Antikris berubah dan berani bertindak demikian? Ini hanya mungkin terjadi apabila Gereja (dan Allah yang di dalamnya) sudah tiada (= pengangkatan), sehingga tiada yang dapat/ berani mencegah Antikris terang-terangan melawan Allah, menghentikan ibadat. Ini sudah dinubuatkan dalam Wah 11:2, ia mendapat waktu yang pendek saja yaitu 1260 hari.

2Tes 2:7:

->  yang mencegah Antikris sudah tiada

-> Antikris muncul

 

Gereja dan Roh Kudus di dalamnya = Garam dan Terang (Mat 5:13-14). Ini yang mencegah.

Visoen 70 Minggu ini adalah suatu nubuatan tentang akhir zaman yang diterima oleh Daniel melalui malaekat Jibrail untuk Israel. Ini berlaku untuk Israel jasmani dan rohani dan menjadi patokan waktu akhir zaman (lonceng) yang sangat penting bagi kita sekarang.

Antikris menjadi penguasa penuh.

Tetapi ketika Gereja dan Roh Kudus meninggalkan dunia (= pengangkatan), baru Antikris bisa berkuasa penuh dan dunia menjadi busuk dan sangat gelap (Mat 6:23).

Pada pertengahan Minggu itu. Ini semua terjadi pada pertengahan 7 tahun itu, yaitu sesudah 3,5 th I dalam Minggu ke- 70 Daniel ini. Jadi di dalam 3,5 th I Antikris sudah muncul, sudah bekerja dengan hebat, tetapi belum dapat menyatakan diri sepenuhnya, sebab ada Gereja dan Allah di dalam Gereja, yang tidak mungkin dapat dikalahkannya.

 

Sebab itu kita mendapatkan:

  1. 3,5 th I masa aniaya bagi Gereja oleh Antikris yg sudah muncul. ini menjadi masa ujian, persiapan, masa “hukuman” Rumah Allah (1Pet 4:17)
  2. 3,5 th II, inilah zaman Antikris sebenarnya, menguasai seluruh dunia dengan sepenuh-penuhnya.

Dan oleh penyebaran (KJ: overspreading) kekejian itu, (Y. N: by the wing of abdominations), ia (Antikris, hanya 1260 hari) akan membuatnya (seluruh dunia) menjadi binasa, bahkan sampai musnah.

Dosa dan kekejian meningkat sangat dahsyat dan menyebar dengan sangat cepat, (sebab sudah ada globalisasi dan komunikasi yang canggih) semua tenggelam di dalam dosa, akhirnya banyak yang menjadi sempurna dalam dosa, siap untuk dimusnahkan sama sekali (dalam perang Harmagedon).

Iblis dalam 3,5 tahun: I. Dengan dusta; II. Dengan aniaya.

Dan apa yang telah ditentukan, akan dicurahkan ke atas yang membinasakan itu (TB).

Hukuman Allah yang telah ditentukan (bokor- bokor murka Allah dll),  dicurahkan pada Antikris cs dalam zaman Antikris ini.

MASA SELANG.

Sinonim: Masa antara, masa senjang, masa diam dll.

Adalah masa diantara akhir masa II dan permulaan masa III, dalam masa ini Lonceng Daniel berhenti.

Mengapa:

Dan 9:24 -> Akhir Masa III, Akhir 70 Minggu = K1000 th

 

Dan 9:26 -> Akhir Masa II = Golgota

 

Akhir masa II – akhir masa III = antara Golgota

dan K1000 th, adalah 2000 th

Masa III hanya 7 tahun -> Jadi harus ada masa selang!

MENGAPA MINGGU KE-70 DANIEL TERASING JAUH SENDIRIAN?

Maksudnya: untuk menunggu Israel siap masuk dalam Kerajaan Putra Daud, dan sementara lonceng nubuatan dihentikan, orang kafir (Gereja) bisa disisipkan dalam rencana Allah (Rom 11:11-12,19) (peristiwa Kornelius adalah permulaannya).

Menunggu saatnya.

– Sesudah masa persiapan untuk penggenapan janji-janji Allah bagi Israel selesai, baru Minggu 70 Daniel mulai digenapkan.

– Rencana Allah bagi Gereja tersangkut di dalamnya sebab rencana untuk Gereja harus selesai dahulu, baru rencana untuk Israel dimulai, menurut Rom 11:25-26.

– Sebab itu Minggu ke 70 Daniel = masa akhir bagi Gereja dan maa persiapan untuk Israel, saling tumpang tindih.

Jadi yang ditunggu adalah:

  1. Gereja, ditunggu sampai cukup matang untuk disempurnakan.
  2. Israel. Sisa bangsa dikembalikan – 1948, Ini terus berlangsung sampai kekerasan hati Israel berakhir.

Israel ditunggu untuk siap disucikan dalam Yer 30:7. Disucikan dari kutuk dan dosa2nya, sebab menyalibkan Yesus ~ kutuk karena menolak Mesias Mat 27:25 Zef 1:7.

Dunia. Nubuat Tuhan: Dosa melebihi batas

Pehukuman jatuh:

Seperti zaman Nuh (Kej 6:3,5-6,12)

Seperti zaman Lut (Kej 18:21).

Semua sudah siap ——-> lonceng Daniel mulai lagi

Penamatan:

Kalau semua sudah matang/ siap -> Lonceng Daniel mulai lagi.

Penamatan rencana Allah (terutama bagi Gereja).

 

Gereja:

-> 3,5 th I – Gereja disempurnakan, lalu diangkat                    – 3,5 th II – sisa-sisa diselamatkan

 

Israel –> Mulai pertengahan Minggu ke-70.

disucikan dalam zaman Antikris.

Jadi, ada masa tumpah tindih, yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel.