M4234 – Pengangkatan

1TESALONIKA 4:15-18. PENGANGKATAN.

DEFINISI (URUTAN PERISTIWA PENGANGKATAN).

  1. Terjadi pada akhir rencana Allah bagi umatNya, GerejaNya, baik untuk yang sudah mati dan yang masih hidup.
  2. Tuhan Yesus datang kembali (kedua kalinya) ke bumi menggenapi janjiNya dalam Kis 1:11.
  3. Inilah hari kebangkitan orang benar 1Tes 4:14,16, Yoh 5:28-29 sejak Adam sampai yang terakhir (sesaat sebelum kedatanganNya). Ini juga disebut panen besar 1Kor 15:23 (juga ada panen buah sulung dan panen sisa). Orang2 bangkit dalam tubuh kebangkitan atau tubuh kemuliaan Fil 3:21 seperti Putra manusia Yesus waktu bangkit. Ini lain dengan kebangkitan sementara seperti Lazarus, anak Yairus dll, bangkit dalam tubuh biasa dan satu saat akan mati lagi.
  4. Kita yang masih hidup sampai saat ini (Generasi Akhir Zaman) dan hidup ber-jaga2 (penuh dan dipimpin Roh, seperti lima gadis bijaksana, bukan seperti lima gadis bodoh, ini tidak ikut pengangkatan) akan tiba2 berubah (tanpa kematian) menjadi tubuh kemuliaan sehingga bisa hidup dalam Roh, naik bertemu Tuhan Yesus.
  5. Terjadi karena komando dari Tuhan Yesus, Roh Kudus dan Allah Bapa (akan dijelaskan).
  6. Terjadi serentak bersamaan dari seluruh dunia (jamnya berbeda, tetapi saatnya bersamaan), baik untuk orang benar yang sudah mati dan orang yang dipimpin Roh yang masih hidup sampai waktu itu.
  7. Pertemuan di udara (dalam dunia roh), semua naik dengan tubuh kemuliaan yang bisa masuk dunia roh, bertemu Tuhan.
  8. Terjadi pertemuan terbesar yang pernah terjadi, antara Kristus dengan umatNya dan antar umat Tuhan satu per satu. Bisa memandang Tuhan itu luar biasa (sebab 1. Berhasil ikut pengangkatan, 2. Selamat masuk Surga, bukan Neraka, 3. Bisa memandang wajah Tuhan Yesus dalam kemuliaanNya dan juga 4. Juga dengan semua orang tebusan dari segala zaman).
  9. Kubur orang yang mati dalam Yesus terbuka (bukan sebagai jalan keluar), tetapijadi tanda bagi yang tertinggal supaya bertobat.
  10. Ciri2 khas orang2 yang ikut pengangkatan, tiba2 hilang, tubuhnya seperti jadi gas/ udara, sisa semua yang dipakainya. (Ini seperti pakaian Putra manusia Yesus yang tertinggal di kubur pada tempatnya. Ini terjadi global bersamaan jadi tanda dan peringatan bagi yang tertinggal). Ini terjadi di seluruh dunia dalam segala macam keadaan.
  11. Ikut Tuhan Yesus ke Surga untuk selamanya sampai kekal, tidak pernah keluar lagi dari dalamnya Wah 3:12.
  12. Orang beriman yang tertinggal biasanya semua sudah mengerti dan sangat menyesal, meratap dan berdoa, suatu shock terbesar dan kebanyakan bertobat kembali. Mereka sudah terlambat, tidak ada ulangan, tinggal satu kesempatan untuk bisa menyusul ke Surga dengan bertobat sungguh2 sekalipun mati dalam zaman Antikris.
  13. Semua yang bertobat mengerti bahwa kesempatan ini tidak lama (paling lama hanya 3,5 tahun) kalau tidak, akan masuk Neraka kekal.
  14. Antikris muncul dengan dustanya.

Antikris sudah ada (3 pendahulu) dan yang ke-4 sudah muncul 30 hari sebelumnya Dan 12:11. Mereka memberi pengumuman dusta, diputarbalikkan bahwa mereka yang sudah membinasakan orang2 beriman ini. Tetapi semua orang beriman yakin inilah pengangkatan.

  1. Aniaya Antikris langsung terjadi, tetapi banyak orang yang tertinggal tahan sampai mati sebab ini kesempatan satu2nya untuk lolos dari Neraka kekal dan harganya sekalipun dahsyat, relatif murah daripada masuk neraka kekal. Aniaya Antikris tanpa batas ini terjadi 3,5 tahun Wah 11:2.

BILA TERJADI ?

Tidak ada seorangpun tahu Mat 24:36. Ini akan terjadi pada pertengahan Minggu ke-70 Daniel. Tetapi sesudah masuk dalam Minggu ke-70 Daniel, bagi orang yang akan ikut pengangkatan (yang bersedia), tahu bahwa Minggu ke-70 Daniel sudah mulai dan tahu bahwa pengangkatan akan terjadi 3,5 tahun lagi 1Tes 5:3-4, tidak lagi sebagai “pencuri”, tetapi semua dalam terang. Sekarang tidak ada yang tahu dan yang berani menentukan sendiri itu menyesatkan banyak orang.

Yang penting kita harus ber-jaga2 Mat 24:42, yaitu hidup sebagai lima gadis bijaksana, yang hidup sebagai lima gadis bodoh, apalagi yang setengah hati (Kristen Halaman) akan tertinggal. Bersedialah,  lonceng nubuat Daniel itu bisa berbunyi lagi se-waktu2, tidak ada yang tahu kapan.

III. PROSES PENGANGKATAN.

Ini sesuatu yang luar biasa. Tubuh yang sudah mati, hancur, bahkan sampai be-ribu2 tahun (sejak Adam) bisa bangkit kembali jadi tubuh kebangkitan yang kekal. Dan yang terutama, roh atau pribadi manusia yang “hilang” waktu mati, semua kembali lagi! Dan hidup lagi untuk kekal. Ini tidak kita lihat, tidak kita ketahui dan tidak dimengerti pikiran manusiawi, apalagi hidup kembali untuk kekal, di dalam Surga atau dalam Neraka, tidak bisa pindah, tanpa pengharapan untuk kekal dan tidak bisa mati lagi! Ini dimulai dengan Komando Bapa, Putra dan Roh Kudus, yang langsung membuat mereka bangkit dengan tubuh kebangkitan.

DUA GOLONGAN YANG IKUT PENGANGKATAN.

  1. Kebangkitan orang benar. Terdiri dari 2 bagian, yaitu:

a.1. Untuk orang beriman yang sudah mati dalam Yesus mereka bangkit dengan tubuh kemuliaan, yang bisa tembus tembok dan apa saja, tidak lagi bisa di-halang2i oleh apa saja seperti tubuh kebangkitan Putra manusia Yesus. Ini lain dengan kebangkitan orang mati untuk sementara seperti Lazarus, anak Yairus dll, sebab sesudah bangkit dalam tubuh manusiawi yang lama, pada satu saat akan mati lagi. Tetapi disini, sesudah bangkit pada saat yang bersamaan, semua keluar dan naik bertemu Tuhan dalam alam roh dalam tubuh kemuliaan, sehingga orang biasa tidak bisa melihat dan tidak tahu.

a.2. Untuk Generasi Akhir Zaman yang hidup ber-jaga2 seperti lima gadis bijaksana. Mereka tiba2 mengalami perubahan (tebus tubuh), sehingga tubuhnya menjadi tubuh kemuliaan (Fil 3:21) lalu masuk alam roh dan bertemu Tuhan. Ini terjadi tanpa kematian, luar biasa.

Tiga Pribadi Allah mengerjakan ber-sama2 keselamatan manusia sejak awal, sejak penciptaan Kej 1 (lahir baru ditandai dengan tanda air, darah dan Roh yaitu tanda dari Bapa, Putra dan Roh Kudus 1Yoh 5:7,8. Mereka terus bekerjasama dalam penebusan, penyelamatan dan pengolahan manusia dalam semua hal (misalnya 1Kor 12:4-6). Terus sampai akhirnya Wah 12:1. Sesudah sampai waktunya dengan kehendak Bapa, maka kita mendengar:

  1. SORAK KOMANDO SUKACITA ALLAH 1Tes 4:16. Sorak (KJ: Shout; Green: Commanding, shout; Darby: Assembling shout) disini berarti sorak komando. Ini suatu kesukaan besar, sebab rencana Allah selesai dan genap, lalu Tuhan Yesus turun kembali ke dunia. Sesudah saatnya ditentukan Allah Bapa, maka berbunyilah 3 komando Mereka serentak dan pengangkatan dimulai.

B.1. Dengan sorak komando Tuhan Yesus. Suara Tuhan Yesus membangkitkan orang mati Yoh 5:28-29. Disini ayat ini digenapkan, maka orang mati dalam Tuhan Yesus akan bangkit dalam tubuh kebangkitan = tubuh kemuliaan. Mengapa? Sebab kunci maut dan alam maut sudah direbut Tuhan Yesus dari tangan iblis waktu Ia menang, menebus manusia dari dosa Wah 1:18. (Iblis punya hak atas orang berdosa, ia memegang kunci maut dan alam maut dari manusia yang belum ditebus, dan itu berakhir waktu Tuhan Yesus menebus manusia di Golgota). Memang musuh terakhir yaitu maut sudah dikalahkan Putra manusia Yesus untuk orang2 yang percaya 1Kor 15:26,55,56.

Orang beriman yang jadi sempurna (banyak terjadi dalam 3,5 tahun pertama Minggu ke-70 Daniel) sudah langsung naik ke tahta Allah Wah 12:5 seperti Henokh, Elia dan kemudian dari tahta Allah turun naik ke dunia melakukan pelayanan orang sempurna, sehingga Gereja akhir zaman (Wah 12:1) jadi sangat ajaib, tumbuh dengan cepat seperti kilat dan timbul juga banyak orang sempurna sehingga jumlahnya genap.Sebaliknya orang beriman yang hidup seperti lima gadis bodoh, tidak punya minyak persediaan, artinya tidak selalu dipimpin Roh. Seringkali waktu di luar pelayanan, atau dalam hal2 sekuler, atau dalam tempat2 sembunyi, mulai kembali hidup duniawi sehingga berdosa. Memang bisa bertobat dan kembali dalam Roh, tetapi ini cacat; Ini termasuk lima gadis bodoh. Seringkali dosanya belum habis dan masih ada ikatan dosa atau hatinya masih mendua, bercabang melebihi dunia ini Yak 4:8. Lebih2 kena polarisasi dosa dan kesucian Wah 22:11.

Banyak yang hanyut dalam dosa yang makin besar dan keji. Orang2 seperti ini, lima gadis bodoh akan terpisah pada waktu terdengar seruan Mempelai laki2 datang Mat 25:6. Inilah saat pemisahan lima gadis bodoh dan lima gadis bijaksana dan mereka tidak pernah bertemu lagi untuk selanjutnya, untuk kekal Mat 15:7-13. Jadi hanya yang bersedia sebagai lima gadis bijaksana akan ikut pengangkatan.

B.2. Suara penghulu Utusan (yaitu Roh Kudus). Roh Kudus juga yang membangkitkan yang mati dan mengubah orang beriman yang siap untuk pengangkatan. Rom 8:11. Orang2 yang penuh Roh Kudus (Roh Kudus itu Maha hadir, juga ada dalam lima gadis bijaksana yang sudah siap ber-jaga2), sebab itu oleh Roh Kudus yang ada dan memimpin mereka, mereka bisa mendengar suara komando dari Bapa, Putra, Roh Kudus, lalu mengalami tebus tubuh (Rom 8:23, Luk 21:28, Ef 4:30) sehingga berubah dalam sekejab menjadi tubuh kemuliaan, naik bertemu Tuhan Yesus di udara. (Semua yang sudah ditebus oleh darah Yesus, kalau setia sampai mati, juga akan mengalami penebusan tubuhpada saat Roh Kudus memberi perintahNya. Ini terjadi bagi yang sudah mati lalu bangkit, juga generasi Akhir Zaman yang masih hidup berubah dalam sekejab sebab tubuhnya mengalami tebus tubuh. Orang2 yang sudah menjadi sempurna sebelum pengangkatan, juga mengalami lebih dahulu tebus tubuh, pada saat mereka menjadi sempurna. B.3. Dengan bunyi Sangkakala Allah. Bapa yang menentukan tanggal kedatangan Tuhan Mat 24:36 (yaitu sejak tanggal Penentuan Yoel 3:14. suara Allah Bapa itu seperti bunyi Sangkakala (terompet) Wah 4:1 dan inilah Sangkakala terakhir dalam akhir dari rencana Allah 1Kor 15:52 (ini lain dengan 7 Sangkakala hukuman Wah 8-9). Sangkakala ini bukan hukuman, tetapi khusus untuk orang beriman dan ini terjadi sebelum Sangkakala hukuman, istimewa bukan Sangkakala hukuman terakhir VII, sebab pengangkatan terjadi sebelum dunia ini diserahkan pada Antikris Wah 13:7. Sesudah ini tidak lagi ada Sangkakala bagi orang beriman di atas dunia (orang yang tertinggal masih mengalami Sangkakala I-VII, hukuman dalamkerajaan Antikris). Sangkakala terakhir dari Allah Bapa. Ini jadi pengharapan yang keberkatan Tit 2:13.

(Pada waktu Sangkakala VII berbunyi, maka itu Sangkakala hukuman terakhir, semua dikalahkan dan kerajaan 1000 tahun mulai, Kristus memerintah di atas bumi, ini lain dari Sangkakala terakhir Allah (itu 3,5 tahun sebelum), yaitu saat

pengangkatan diperintahkan (dikomandoi) oleh Bapa, Putra dan Roh Kudus. Inilah akhir dari rencana Allah bagi orang2 beriman, puncak rencana Allah bagi GerejaNya.

Jumlah yang ikut pengangkatan sangat banyak, tidak terhitung yaitu orang2 yang percaya dan selamat (setia sampai akhir) yang sudah mati dan juga lebih kurang hampir 0,8 milyar orang yang masih hidup, terangkat dalam pengangkatan. Wai yang tertinggal, permulaan Neraka sudah mulai bagi mereka. Tetapi yang bertobat kembali, masih punya kesempatan terakhir, tidak lama (maksimal 3,5 tahun) masuk dalam aniaya Antikris yang paling dahsyat dan besar Mat 24:21.

KESIMPULAN.

  1. Kalau kita termasuk Generasi Akhir Zaman, kita mendapat kesempatan yang terbesar yaitu hidup tanpa mati sampai pengangkatan dan mengalami masa keemasan Gereja di bumi, yaitu Surga di bumi (lawannya sesudah pengangkatan, Neraka di bumi). Tetapi syarat minimum juga meningkat, tetapi ini sebetulnya mudah sebab kita tinggal menerima dari Tuhan. (Lahir baru itu hanya percaya dan menerima, sehingga penuh dengan Roh Kudus) dan terus taat dipimpin Roh. Kalau kita mau taat dengan sungguh2 seperti lima gadis bijaksana, maka kita sudah melebihi syarat minimum saat ini. (yang tidak sungguh2 itu seperti lima gadis bodoh dan tertinggal). Bersedia berarti tetap hidup sungguh2 dalam kesucian dan taat dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana Mat 24:42-44, Mat 25:6!
  2. Suara komando untuk pengangkatan itu terjadi pada pertengahan Minggu ke-70 Daniel sebelum zaman Antikris yang se-penuh2nya Wah 13:7. Bagi orang beriman yang sudah mati, ini tidak jadi problem sebab tanggal Penentuan baginya sudah lewat yaitu tanggal kematiannya sendiri. Itu menentukan apakah ia akan ikut pengangkatan atau tidak, termasuk penjahat yang mati di salib dan percaya, akan ikut. Tetapi bagi kita yang masih hidup, saat atau tanggal penentuan itu ditentukan ber-sama2 untuk semua umat Tuhan pada permulaan Minggu ke-70 Daniel, yaitu pada tanggal Penentuan Yoel 3:14 dan ini adalah tanggal Pemisahan yang dikerjakan Tuhan pada waktu Ia akan datang menyalakan api (baptisan api Mat 3:12)di dunia untuk mempersiapkan GerejaNya Luk 12:49-52. Perceraian atau Pemisahan ini bukan pemisahan waktu pengangkatan, tetapi pemisahan dalam umat Tuhan yang heterogen (terdiri dari semua mutu, lalang dan gandum, lima gadis bodoh dan lima gadis bijaksana, buah ara yang busuk dan baik dll) sampai menjadi homogen, satu golongan (tingkat Ruangan Suci) yang akan ikut pengangkatan. Tetapi golongan yang tidak sungguh2 akan menjadi satu golongan yang tertinggal. Puncak tanggal Pemisahan itu terjadi pada tanggal Penentuan. Jadi kita harus ber-jaga2 pada saat Minggu ke-70 Daniel mulai, waktu ada seruan Mempelai datang (Mat 25:6) itu belum saat pengangkatan.

Tetapi ini adalah tanggal Penentuan, dimana lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh terpisah, lalu semua bersiap (finishing) sendiri, sebab sesudah seruan ini lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh sudah terpisah dan tidak bisa bertemu kembali dan yang bodoh tertinggal.Tanggal Penentuan ini menurut Yoel 3:14, sebelum hari Tuhan (pengangkatan). Ada banyak bukti2 seperti masa Penampian Mat 3:12 dimana gandum dan sekam dipisahkan, ini terjadi sebelum tanggal pengangkatan, tetapi sudah diceraikan lalu masing2 mengalami finishing siap untuk pengangkatan atau akanmasuk api neraka (yang mati dalam dosa) atau masuk neraka di dunia, yaitu zaman Antikris. Ada banyak lagi Pemisahan seperti Yer 24:1-3 keranjang buah ara yang baik dan jahat (sebelumnya jadi satu keranjang heterogen),sekarang dipisah dengan mutu yang sama, homogen. Juga lalang dan gandum yang sama2 dalam ladang Tuhan (Gereja), lalu waktu masa penuaian, lalang dipisah dan diambil dahulu, baru kemudian gandumnya dll. Sebab itu kita harus bersedia bukan untuk tanggal pengangkatan, tetapi untuk permulaan Minggu ke-70 Daniel, dimana sudah ditentukan siapa yang akan ikut pengangkatan lalu ditamatkan (finishing Rom 9:28) baru sesudah itu tumbuh dengan cepat sampai di puncak2nya, sebab ini menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal.

Saat yang ditentukan Bapa, itu sebetulnya bukan tanggal pengangkatan, tetapi tanggal permulaan Minggu ke-70 Daniel, sebab disini terjadi tanggal Penentuan, di mana lima gadis bodoh dan lima gadis bijaksana sudah dipisahkan untuk kekal Mat 25:6. Kalau pada saat ini ia hidup seperti lima gadis bijaksana, ia sudah ditentukan untuk ikut pengangkatan dan yang lima gadis bodoh ditentukan untuk tertinggal, dan mereka sudah dipisahkan, pada tanggal Penentuan ini untuk Hari Tuhan Yoel 3:14.

Dalam masa2 yang sulit (yang makin lama makin sulit) kita harus sudah siap untuk menghadap Tuhan, baik secara pribadi (mungkin mati, kita tidak tahu Yak 4:14, mungkin secara masaal). Kalau kita masuk Generasi Akhir Zaman maka kita akan masuk dalam tanggal Penentuan = Pemisahan lalu masa penamatan 3,5 tahun lalu ikut pengangkatan.

Bersedialah sungguh2 untuk menghadap Tuhan Amos 4:12. Hidup ini adalah kesempatan untuk terus tumbuh dan ber-buah2 di dalam Tuhan, sebab hasilnya itu kita tuai untuk kekal. Wah 14:13. Sangat indah!

Catatan:

Ini agak sulit dimengerti, tetapi yang penting, mengerti atau belum, kita sekarang harus hidup dalam kesucian, penuh dan dipimpin Roh, sebagai lima gadis bijaksana, maka orang tingkatan Ruangan Suci, pasti akan ikut pengangkatan dan orang tingkat Halaman akan tertinggal dan di-injak2 Antikris. Sebab itu hiduplah dalam kesucian dan selalu dipimpin Roh, jangan dipimpin daging atau hawa nafsu. Tetap jadi anak2 Allah yang berkenan pada Bapa, jangan jadi anak2 iblis 1Yoh 3:10.

Nyanyian: Tabernakel Glory No. 102.

Marilah hari mulia, hari penuh suka

Di tengah kerjaku kuharap,

Kau datang lekas2