M4233 – Sampai Kapan?

1SAMUEL 13:8-9(-15). SAMPAI KAPAN?

SIKAP YANG SALAH DAN BETUL.

1Sam 13:8-9

  1. Maka kata Elkana, lakinya: Hai Hanna, mengapa engkau menangis? apa sebab engkau tiada mau makan? dan karena apa susah hatimu? Bukankah aku ini bagimu terlebih baik dari pada anak laki-laki sepuluh orang? Ruth 4:15;
  2. Setelah sudah orang makan minum di Silo, bangkitlah Hanna lalu berdiri, maka Eli, imam itu, adalah duduk pada kursi dekat dengan jenang kaabah Tuhan.

Saul menunggu dengan gelisah. Keadaan sangat tegang, tentaranya bercerai-berai ketakutan, tetapi Samuel yang diharap membawa pertolongan Tuhan tidak datang. Sampai kapan? Akhirnya ia tidak sabar menunggu, Saul menghalalkan berbuat yang haram dan itu menjadi kebodohannya, sehingga Tuhan memecatnya.

1Sam 13:10-15

  1. Maka sebab sangatlah susah hatinya, dipinta oleh Hanna doa kepada Tuhan sambil menangis tersedih-sedih.
  2. Maka bernazarlah ia, katanya: Ya Tuhan serwa sekalian alam! jikalau kiranya sekali jua Engkau menilik akan kesukaran hamba-Mu ini dan Engkau ingat akan daku dan tiada melupakan hamba-Mu, melainkan Engkau mengaruniai hamba-Mu dengan seorang anak laki-laki, niscaya aku mempersembahkan dia kelak kepada Tuhan pada segala hari umur hidupnya dan pisau cukurpun tiada akan terkena kepada kepalanya. Judg 13:5;
  3. Arakian, maka sementara lambat ia meminta doa di hadapan hadirat Tuhan, maka diamat-amati Eli akan mulutnya.
  4. Karena Hanna itupun berkata-kata dalam hatinya, bibirnya sahaja bergerak, tetapi tiada kedengaran bunyi suaranya, maka sebab itu pada sangka Eli mabuklah ia.
  5. Maka kata Eli kepadanya: Berapa lama gerangan seperti mabuklah lakumu? buanglah mabukmu itu dari padamu.
  6. Tetapi sahut Hanna, katanya: Bukan begitu, ya tuan! melainkan sahaya ini seorang perempuan yang berdukacita, bukan sahaya sudah minum air anggur atau minuman yang keras, melainkan sahaya sudah mencurahkan segala kepikiran hati sahaya di hadapan hadirat Tuhan.

Sebab itu meskipun terjepit, meskipun dalam keadaan darurat, jangan menghalalkan segala cara, jangan melakukan perkara2 dosa.

SIKAP YANG BETUL.

Meskipun keadaan genting, sulit dan belum tampak pertolongan, lakukan yang perlu dilakukan, sambil tetap menunggu Tuhan terus dan jangan berbuat dosa, jangan seperti Saul menghalalkan segala cara.

Maz 25:3-5

  1. Sesungguhnya segala orang yang menantikan Dikau itu tiada mendapat malu; melainkan mereka itu mendapat malu yang berbuat khianat dengan tiada semena-mena.
  2. Ya Tuhan! nyatakanlah kiranya kepadaku segala jalan-Mu, dan ajarkanlah akan daku segala lorong-Mu.
  3. Pimpinlah akan daku ke dalam kebenaran-Mu dan ajarkanlah akan daku, karena Engkaulah Allah, pohon selamatku; maka akan Dikau juga aku bernanti pada segenap hari.

Contoh lain: Misalnya waktu masa kelaparan di Bethel. Keadaan tidak kunjung berubah. Sampai kapan bisa berubah? Elimelech tidak sabar menunggu pertolongan Tuhan, ia pergi ke Moab yang subur dan makmur waktu itu dibandingkan Bethel dan Israel. Naomi tidak setuju, kedua anaknya setuju, Naomi tidak setuju, tetapi kalah 1 lawan 3. Ternyata itu melanggar Firman Tuhan. Tiga orang yang melanggar mati, Naomi pulang kembali. Boaz tetap bertahan, justru akhirnya jadi keberkatan. Jangan melanggar hukum Tuhan sekalipun terpaksa.

Kalau ada kesukaran, tentu kita senang kalau segera selesai, tetapi kalau tidak segera selesai, itu semua dalam tangan Tuhan, tidak kebetulan, itu menjadi pengolahan bagi kita dan kalau setiap kali lulus, naik kelas, pasti ada hal2 indah yang disediakan Tuhan bagi kita. Seperti Yusuf, Daud dll, mereka mengalami banyak problem dan penderitaan yang berat, tetapi sebab terus lulus, akhirnya, sesuai dengan rencana Allah, mereka menjadi amat indah di hadapan Tuhan. Sampai kapan, tidak mutlak bagi orang percaya, sebab itu semua ada dalam tangan Allah dan apa yang terjadi akan menjadi kebaikan, bahkan jadi indah bagi orang yang cinta Tuhan, yang selalu ada dalam rencana Allah yang heran dan mulia itu.

Yang penting kita tidak bereaksi dosa, lulus dan terus dipimpin Roh sehingga kita tetap berkenan pada Tuhan. dengan demikian kalau terus menerus lulus dan naik kelas, kita akan tumbuh makin seperti Kristus. Jadi, kalau orang dunia dalam kesukaran lolos, mereka senang, sebab bisa ber-senang2 kembali. Tetapi bagi anak2 Allah nomer satu lulus dan naik kelas, kalau toh ada kesukaran lagi, dengan Roh Kudus kita akan lulus lagi, naik lagi, lebih banyak kesukaran, lebih tinggi ukurannya di hadapan Allah. Tetapi sampai kapan, kalau percaya, Tuahn tidak mencobai kita lebih dari kekuatan kita.

MENGAPA KITA HARUS MENUNGGU TUHAN?

Mengapa seringkali Tuhan tidak datang pada waktu yang kita butuhkan? Mengapa kita harus menunggu? Sebab:

Waktu Tuhan bukan waktu kita.

Pkh 3:1,11

  1. Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk setiap maksud di bawah langit ada waktunya.
  2. Ia sudah menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya (allah), ia juga meletakkan kekekalan dalam hatinya, sehingga tidak ada seorangpun dapat menyelidiki pekerjaan yang dibuat allah, dari awal sampai akhir. (KJI)

1Kor 4:5

Oleh karena itu janganlah menghakimi apapun sebelum waktunya, sampai Tuhan datang, yang akan menerangi hal-hal yang tersembunyi dalam kegelapan dan juga akan menyatakan niat hati dan sesudahnya setiap orang akan menerima pujian dari Allah. (KJI)

Yoh 2:4

Yesus berkata kepadanya, Hai perempuan, apakah sangkut paut-Ku dengan engkau? Saat-Ku belum tiba. (KJI)

Jangan takut, bagi Tuhan tidak ada keterlambatan, semua “on time”, menurut jadwalNya. Tuhan tidak pernah terlambat, kalau datang waktunya, pasti tertolong.

Waktu Israel keluar dari Mesir dan dikejar Firaun, mereka sangat ketakutan, lalu ber-sungut2, marah, berontak dll yang tidak pantas, sebab memang waktu Tuhan belum sampai. Sesudah sampai, semua kagum. Kadang2 Tuhan sebutkan waktunya, kadang2 tidak, kita harus taat dengan iman.

Sikap yang betul itu tergantung dari tujuan hidup kita.

  1. Tujuan hidup orang dunia adalah perkara2 duniawi, sebab itu pertanyaan ini (sampai kapan?). Sangat mutlak bagi orang dunia, supaya bisa kembali hidup dengan baik, limpah, sehingga bisa bersukacita. Kalau hidup menderita, untuk apa hidup kata mereka.
  2. Tujuan hidup orang beriman yang utama adalah kerajaan Surga yang kekal. Dunia hanya tempat pengolahan, tetapi kita juga membutuhkan hal2 jasmani selama menumpang di dunia, tetapi itu bukan tujuan utama lagipula kalau kita sudah bekerja dengan baik (2Tes 3:10) dan mencari kerajaan Surga dan kebenaranNya lebih dahulu, maka Tuhan tetap menjanjikan pemeliharaanNya dengan baik Mat 6:33.
  3. Bagi Tuhan dan umatNya tidak ada kebetulan. Tuhan pelihara setiap umatNya dengan teliti sampai jumlah rambutnya.Sebab itu jangan takut, semua yang terjadi ada dalam pantauan dan izin Tuhan, dan jangan melakukan hal2 dosa, menghalalkan segala cara, itu bodoh, hasilnya bisa celaka besar! Minta pimpinan Tuhan untuk bertindak sesuai dengan Firman Tuhan.
  4. Ada maksud Tuhan. Sebagai hajaran atau pengolahan.

Kalau hajaran, bertobatlah! Maka Tuhan akan datang menolong. Sampai kapan? Tergantung dari kasusnya masing2.

Kalau pengolahan dan ujian, kita harus menghadapinya sampailulus. Ini untuk melatih iman kita atau kesabaran, atau melepaskan kelemahan dari tabiat, atau uang dll. Kalau kita berjalan dalam Roh, dan terus mau taat dalam pengolahan, Roh Kudus akan memimpin kita untuk menghadapinya, dan memberi kita sejahtera untuk menunggu.

III. MENGAPA BEBERAPA ORANG TIDAK TAHAN MENUNGGU?

  1. Sebab kita tidak tahu yang akan datang, apa yang akan terjadi dan kapan, apalagi dalam keadaan terjepit, tetapi jangan takut. Tentu dalam semua kesukaran kita harus periksa diri. Kalau ada dosa, bertobat, kalau tidak ada, tetap lekat dengan Tuhan, sebab mengerti atau tidak, dengan Tuhan kita terpelihara di dalam Dia. Kalau Tuhan beserta kita, jangan takut, dan terus dipimpin Roh, jangan jalan sendiri.
  2. Sebaliknya kita tahu banyak dari Firman Tuhan tentang janji2 Tuhan. Lebih banyak kita mengerti Firman Tuhan (tumbuhlah!), maka kita akan banyak dikuatkan oleh janji2 Firman Tuhan dalam menghadapi segala macam problem, sehingga tidak sampaiketakutan atau ragu2, apalagi untuk menghadapi tipu daya iblis. Kalau kita selalu penuh dan dipimpin Roh, Ia akan mengingatkan kita ayat2 (janji2 Allah) yang kita butuhkan.

Yoh 14:26

Tetapi Penolong itu, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus Bapa dalam nama-Ku, Ia akan mengajar kamu segala sesuatu, dan membawa ke dalam ingatanmu segala sesuatu yang telah Kukatakan kepadamu. (KJI)

misalnya:

1Kor 10:13

Tidak ada pencobaan yang menimpa kamu kecuali yang biasa untuk manusia, tetapi Allah itu setiawan yang tidak membiarkan kamu dicobai lebih dari kemampuanmu, melainkan dengan pencobaan itu Ia juga akan mengadakan jalan keluar, supaya kamu dapat menanggungnya. (KJI)

Pencobaan yang menimpa kita itu tidak akan lebih dari kekuatan kita dan pasti Tuhan menyediakan jalan keluar bagi yang mau dipimpin Roh.

1Pet 5:7

Buanglah segala kuatirmu kepada Dia, sebab Dia yang memeliharakan kamu. (KJI)

Jangan kuatir, serahkan semua kekuatiran kita kepada Tuhan.

Mat 6:33-34

  1. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Sorga dan kebenaran-Nya, maka semua hal ini akan ditambahkan kepadamu.
  2. Sebab itu janganlah kuatir tentang hari esok, karena hari esok mempunyai kekuatirannya sendiri-sendiri. Cukuplah setiap hari ada dengan kesusahannya sendiri. (KJI)

 

Cari dahulu kerajaan Allah dan hidup benar, maka segala kebutuhan kita akan ditambahkan Tuhan untuk yang sudah punya kerajaan Surga dan hidup benar.

1Taw 16:11

Bertanya-tanyalah akan Tuhan dan akan kuasa-Nya dan caharilah hadirat-Nya selalu.

Ber-tanya2 akan Tuhan senantiasa, berdoalah minta pimpinan, hikmat dan kuasaNya Yak 5:16. Tuhan memelihara kita dengan teliti Mat 10:30, jangan kuatir, semua akan jadi kebaikan bagi kita Rom 8:28 asal kita tetap mencintaiNya, tetap dipimpin RohNya.

Masih banyak lagi janji2 Tuhan yang cukup untuk memelihara, menolong kita sampai lolos dari segala pencobaan ini, dan lulus dari semua kesukaran, asal kita tidak bereaksi dosa seperti Saul, tetapi tetap suci dan bereaksi menurut pimpinan Roh Kudus sesuai Firman Tuhan. Meskipun kita tidak tahu yang akan datang, tetapi Roh Kudus tahu. Kita tidak punya kemampuan cukup untuk menghadapi kesukaran2 yang datang, tetapi Roh Kudus tahu lebih dahulu dan sanggup menghadapi semua kesukaran dengan tuntas, Dialah Allah yang maha kuasa. Sebab itu tetaplah berjalan dengan iman dengan Tuhan 2Kor 5:7 memegang semua janji2 Tuhan, istimewa yang tepat kita butuhkan!

CARA BEREAKSI DENGAN BETUL.

  1. Tetap di pihak Tuhan, hidup benar.

1Pet 3:12

Sebab mata Tuhan ada diatas orang benar, dan telinganya terbuka kepada doa-doanya, tetapi wajah Tuhan melawan mereka yang berbuat jahat. (2Tim 2:15) (KJI)

Jangan lupa hidup benar MAK DSY = di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang dan Yang akan datang sampai dalam hati, angan2 dan pikiran juga harus bersih, sebab Tuhan tahu isinya dan dosa dalam angan2pun adalah dosa di hadapan Tuhan Ams 23:7. Ini sangat penting sebab menunggu Tuhan dengan dosa itu sia2 Mik 1:12. Juga Saul yang masih mencari pertolongan Tuhan, tetapi tetap hidup dalam dosa, usahanya sia2, celaka tetap datang dan menghancurkannya 1Sam 28:6. Kalau berdosa, Tuhan tidak di pihak kita, celaka bisa mengenai kita.

  1. Menunggu Tuhan di jalan sempit, tetap pikul salib, bisa berpada 1Tim 6:8, 1Kor 7:31. Mau mematikan keinginan daging, tidak menuntut yang tinggi2 Rom 12:16, Yer 45:5, tidak menuruti ketamakan atau keinginan2 akan hal2 yang fana, apalagi hal2 dosa. Kalau kita tidak mau menyangkal diri, mematikan daging, maka daging akan bicara dan menarik kita pada keinginan daging, dan kembali dikuasai hukum dosa dan maut, sebab menuruti daging (Gal 5:16-17), itu celaka, sebab timbul banyak dosa, rohaninya akan hancur, juga jasmaninya. Salibkan, matikan semua keinginan daging!
  2. Lekat dengan Tuhan Yoh 15:5. Ini ditandai dengan limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani yang bisa dinikmati, bukan karena terpaksa sebagai syarat yang berat, tetapi sebagai kebutuhan yang kita nikmatidengan sukacita.

Ini adalah tanda2 lekat dengan Tuhan, sehingga bisa terus menerus berjalan dengan Tuhan seperti Nuh Kej 6:9.

  1. Hidup dengan iman.

2Kor 5:7

Sebab kami berjalan dengan iman, bukan dengan penglihatan. (KJI)

Kita hidup dengan iman, bukan dengan penglihatan dan akal kita. Orang yang hidup dengan akalnya itu terbatas dan tidak bahagia.

Yoh 20:27,29

  1. Lalu berkatalah Ia kepada Tomas, Ulurkanlah jarimu ke sini, dan lihatlah tangan-Ku, dan ulurkanlah tanganmu dan cucukkanlah ke samping-Ku, dan janganlah tidak percaya, tetapi percayalah.
  2. Yesus berkata kepadanya, Tomas, sebab engkau sudah melihat Aku, engkau percaya, berbahagialah orang yang belum melihat tetapi sudah percaya. (KJI)

Sebab itu kalau kita belum melihat jalan keluar atau pertolongan datang, kita tidak perlu kuatir, asal kita tinggal di dalam Tuhan dengan betul, sebab di dalam Tuhan, kitadipelihara Tuhan dengan iman.

Paulus, Silas, Petrus dalam penjara dan terjepit, tidak ada jalan keluar sama sekali, tetapi karena percaya, maka mereka dengan iman bisa tetap sejahtera, sukacita, bahkan nyanyi memuji Tuhan akan kebaikan dan pertolonganNya, meskipun mereka belum melihat jalan keluar Kis 16:25. Percayalah seperti sudah menerima.

Mrk 11:24

Sebab itu Aku berkata kepadamu, apapun yang kamu minta, ketika kamu berdoa, percayalah bahwa kamu sudah menerimanya, maka kamu akan memperolehnya. (KJI)

Sebab percaya, maka malam itu juga Paulus, Silas, Petrus dilepaskan dengan ajaib. Kita harus terus hidup dari iman kepada iman.

Rom 1:17

Sebab di dalamnya, kebenaran Allah dinyatakan dari iman kepada iman, seperti yang tertulis: Orang benar akan hidup oleh iman. (KJI)

Ini semua penting, sebab dalam meunggu Tuhan, kita harus tetap melakukan tugas dan kewajiban kita, dan seringkali dalam menunggu (lama), bisa timbul banyak pencobaan seperti Yusuf, Daud dll. Kita harus menghadapinya sampai lolos dan lulus.5. BERJALAN DENGAN TUHAN. Ini menjadi kunci hidup yang indah dan berkemenangan; sebab untuk dapat terus lolos, lulus, naik kelas dan berbuah kita harus bisa berjalan dengan Tuhan yaitu:

  1. Dipimpin Roh.
  2. Sesuai Firman Tuhan.
  3. Menurut rencana Bapa.

Allah Bapa masih bekerja sampai hari ini Yoh 5:17. Yang bekerja dalam hidup kita, bukan hanya 2 Pribadi Allah, tetapi juga Bapa. Mereka semua bekerja dalam hidup kita sejak dari permulaan, baik di bumi dan di Surga 1Yoh 5:7-8. Lebih2 pada saat terakhir Wah 12:1, sehingga Gereja, yaitu umatNya jadi sangat ajaib, seperti Surga di bumi.

Sejak permulaan, mulai dari percaya dan lahir baru, sudah ada 3 tanda yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus. Selanjutnya, setiap kali kalau kita berdoa dalam Roh, itu naik kepada Bapa Rom 8:26-27 dan Putra Allah juga bersyafaat bagi kita 1Yoh 2:1 sehingga ke-3 Pribadi Allah yang Maha mulia itu membuat konferensi tingkat tinggi untuk setiap anak2Nya. Luar biasa, karena kasihNya.

Satu pribadi Allah sudah cukup melakukan seluruh pekerjaan penebusan sampai lengkap untuk manusia, tetapi ke-3 Pribadi Allah yang kasih adanya itu selalu bekerjasama menjadi satu kesatuan dalam kasih, luar biasa (suami-istri juga meniru ini, begitu juga tubuh Kristus menjadi satu dalam Kristus). Mereka membagi tugas untuk menyelamatkan dan menumbuhkan orang beriman ber-sama2, sebab kasih, meskipun sendirian saja, satu pribadi Allah sudah cukup.

Waktu bekerja di dalam mansuia, pekerjaan ketigaNya menjadi satu dengan harmonis dan sempurna. Kalau kita hanya memakai satu cara saja, hasilnya kurang, bahkan bisa batal atau kacau. Kadang2 ada orang (mengaku Pentakosta) hanya penuh Roh Kudus, tanpa mau belajar Firman Tuhan, ini pincang, ini tidak dipimpin Roh, tetapi menurut daging, hasilnya akan ngawur, timbul dosa dan dikalahkan iblis. Kita harus berjalan dengan semua mereka, baru hasilnya efektif dan sempurna, luar biasa, menjadi indah dan berlaku sampai kekal! Misalnya aklau seorang taat dipimpin Roh, pasti orang itu akan sehingga dan cinta akan Firman Tuhan, lapar dan haus akan Firman Tuhan dan ingin selalu hidup berkenan kepada Allah. Kita akan melihat satu per satu supaya bisa mengerti dan belajar hidup bersama.

DIPIMPIN ROH. Ini seharusnya mulai dari permulaan lahir baru Rom 8:14. Bukan hanya penuh dengan Roh Kudus (lahir baru termasuk ada tanda air, darah dan Roh (tanda Roh adalah baptisan Roh Kudus), sehingga kita bisa terus berdoa dalam Roh (memakai bahasa lidah 1Kor 14:14),dan hidup benar Yoh 4:23-24sehingga bisa mendengar suara pimpinanNya dan mentaatiNya. Kalau kita terus berdoa dalam Roh dan hidup benar, Ini menjadi kunci penting untuk bisa terus berjalan dalam Roh.

Kalau kita dapat berjalan dalam Roh dengan betul, maka kita akan berhasil atau sukses, 100%, sebab Allah tidak pernah gagal! Baik dalam perkara besar, juga perkara2 kecil (sekaligus jadi latihan bagi kita). Kalau kurang berhasil, atau gagal, berarti kita salah dengar pimpinan Roh atau tidak mau taat dengan penuh dipimpin Roh. Allah tidak pernah salah atau gagal semua karena salah kita, manusia yang tidak betul2 dipimpin Roh.Sebab itu selalu ber-tanya2lah akan Tuhan dan minta pimpinanNya 1Taw 16:11 TL lalu taat dengan segenap hati, dengan se-penuh2nya.

Bagian kita hanya ini, bagian Roh Kudus adalahmenyelesaikan segala problem kita, sebab Dia tahu caranya dan punya kuasa untuk menyelesaikan dengan tuntas dan berhasil 100%. Kalau kita bisa mendengar betul dan taat penuh, pasti berhasil dan kita bisa mengalami Fil 4:13, Zak 4:6. Sangat sederhana, sebab itu asal bisa mendengar suara Roh danmau mentaatiNya, sekalipun orang baru (tidak punya pengalaman) bisa berhasil dengan indah. Juga tidak dituntut rohani yang sudah tinggi, sempurna (tentu rohani kita harus terus tumbuh, itu yang wajar dan pasti itu lebih baik), tetapi asal bisa mendengar betul dan taat selalu, kita pasti berhasil ditolong Tuhan.

Memang untuk taat kita harus menyangkal diri, mematikan daging, itu berat, tidak mudah! Tetapi bagian kita,asalkan kita mau, Roh Kudus juga yang memberi kita kekuatanNya untuk bisa taat.

Jadi bagian kita adalah kemauan, tetapi kekuatan dan kemampuan itu bagian Roh Kudus, luar biasa! Sekalipun keledai, kalau dipimpin Roh, bisa mengajar nabi yang bebal (Bil 22:30). Sebab itu orang baru lahir barupun bisa menang dan berhasil indah, dan ini bisa terus menerus asal tetap rendah hati dan tetap dalam kesucian, jangan menuruti dosa! Apalagi kalau kita banyak mengerti Firman Tuhan, itu indah sekali.

Tandanya kalau orang dipimpin Roh dengan betul, bukan saja berhasil “pada waktunya”! Tetapi juga ada sejahtera, sukacita sekalipun harus menunggu dalam penderitaan karena kebenaran (salib) seperti Kis 16:25. Kalau dipimpin Roh, tidak akan kuatir, bingung, ngawur apalagi menghalalkan segala cara dosa, itu dipimpin daging, lawannya dipimpin Roh. Sangat indah hidup orang yang dipimpin Roh seperti Rasul2 sebelum dan sesudah penuh Roh Kudus (pada hari Pentakosta). Nyata benar bedanya seperti bumi dan langit, luar biasa. Sebab Roh Kudus juga memberi hikmat, kuasa, sukacita, karunia2 Roh, buah Roh, sukacita, sejahtera, dan segala yang kita perlukan. Dia sanggup, Roh Kudus adalah Allah yang maha kuasa! Jangan takut, kita bisa menunggu sampai kapan pun asal di dalam pimpinan Roh dan rencana Allah. Yusuf bisa menunggu pertolongan Tuhan (tanpa ada janji apapun) lebih kurang 17 tahun, baru ia mulai lepas dari semua penderitaan jasmani (tetapi dalam batin tetap pikul salib, apalagi waktu bertemu kakak2nya yang sangat jahat, ia harus menyangkal daging supaya bisa mengampuni dan memberkati kakak2nya yang kejam itu). Juga Daud menunggu lama. JugaAbraham sebab menghalalkan cara Sara, ia terpaksa menunggu lebih lama sampai 25 tahun lagi, kalau tidak keliru jalan, bisa lebih cepat.

HIDUP MENURUT FIRMAN TUHAN, SEPERTI PUTRA ALLAH.

Jangan keluar dari Firman Tuhan.

Maz 119:105

Bahwa firman-Mu itu seolah-olah pelita bagi kakiku dan seperti suluh pada jalanku.

Dengan Firman Tuhan kita bisa berjalan dengan betul menurut penilaian Allah. Firman Tuhan akan menerangi jalan orang yang mau taat, sebab pasti Firman Tuhan bicara Yes 9:5 (6). Firman Tuhan itu hidup, dan terus bicara, menasehati dalam hati orang  yang tetap hidup suci dan mau taat. Roh Kuduslah yang bekerja dalam hati kita Yoh 16:13,mengingatkan dan membukakan pengertian2 Firman Tuhan bagi kita sehingga kita bisa mengerti dan itu menjadi patokan jalan yang betul, yaitu sesuai Firman Tuhan.

Roh Kudus -> beri pengertian, Firman Tuhan karena iman dan bicara.

Firman Tuhan dan Roh Kudus ini berjalan bersama Maz 43:3, bahkan 3 Pribadi Allah selalu memimpin kita ber-sama2 dengan ajaib dan kasihNya. Sebab itu kita harus bertumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18. Firman Tuhan harus jadi seperti roti yang dibutuhkan setiap hari dengan sukacita, seperti kita mencari nasi setiap hari itu kebutuhan kita yang mutlak Mat 4:4.

Orang yang hidup suci dan dipimpin Roh akan bersukacita dan lapar haus akan Firman Tuhan. Serta mentaati apa yang sudah dimengertinya Fil 3;16.

Sebaliknya orang yang mengerti dan taat Firman Tuhan itu bersukacita dalam pengurapan dan pimpinan Roh Kudus. Keduanya dibutuhkan sebab kita harus terus bertumbuh makin seperti Kristus, bukan hanya hidup benar. Mengerti Firman Tuhan dan ditaati itu menjadi seperti pondasi yang kuat, sehingga bisa tahan pencobaan2 yang berat seperti banjir, badai dan hujan Mat 7:24-28. Kita akan lolos dari segala pencobaan, lulus dan naik kelas makin seperti Kristus.  Jangan lupa, bisa menunggu lebih lama, itu lebih berat, tetapi tingkatnya juga lebih tinggi! Sehingga bisa dipercayai tugas, tanggungjawab, beban dan kedudukan yang lebih tinggi. Yusuf menunggu 13 tahun terus menerus dalam pencobaan dan terus lolos, lulus dan naik kelas, sebab itu ia dinaikkan Tuhan begitu tinggi di negeri asing untuk dipakai Tuhan menggenapkan janji Tuhan pada Abraham, yaitu menjadikannya satu bangsa yang besar, luar biasa. Sebab itu jangan berkecil hati, menunggu lebih lama dan kita harus terus menerus lolos, lulus dan naik kelas, sehingga itu akan membawa kita naik dalam tingkatan2 yang lebih tinggi di hadapan Allah, asal jangan lupa tetap rendah hati, sebab semua dari Tuhan 1Kor 4:7, Rom 11:36, Mat 23:12. Jangan takut atau kecil hati menunggu Tuhan lebih lama.

Lebih banyak kita mengerti Firman Tuhan, maka kita akan ber-buah2 lebih banyak bahkan sampai sempurna (100 kali ganda) Mat 13:23. Sebab itu dalam masa menunggu jangan lupa terus membaca, belajar Firman Tuhan dan me-renung2kannya, itu sangat indah! Jangan hanya minum susu terus, hanya hal2 yang mudah, tetapi juga hal2 yang sulit dan keras Ibr 5:12-14. Jangan mendengar Firman Tuhan, pendengaran jadi berat, tidak tahan, tumpul Ibr 5:11 KJI, tetapi makin bergairahlah. Tinggalkan perkara2 yang permulaan, teruskan kepada kesempurnaan Ibr 6:1. Ini kehendak Tuhan! Jangan hanya mencari kenikmatan dalam perkara2 dunia yang fana, tetapi yang kekal, termasuk lulus ujian dan pencobaan yang lebih berat.

Lebih2 pada akhir zaman batas minimum meningkat, dari Pintu Gerbang jadi Pintu Kemah = penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana. Lima gadis bodoh tidak ikut pengangkatan, tertinggal, tidak cukup. Biasanya untuk selamat cukup percaya seperti penjahat yang di salib, tetapi pada akhir zaman ini, kita harus ber-jaga2 seperti lima gadis bijaksana. Tumbuhlah dalam pengertian Firman Tuhan, belajar terus dan jangan lupa sampai dimana kita mengerti, itu harus ditaati Fil 3:16. Rahasia Firman Tuhan yang dalam2 akan makin terbuka pada akhir zaman Mat 10:26-27 sehingga umat Tuhan bisa melebihi syarat minimum akhir zaman, sebab memang dosa dan kejahatan akan sangat meningkat Wah 22:11 jadi pencobaan dan ujian yang makin berat untuk Gereja akhir zaman, tetapi jangan takut, kita akan naik lebih tinggi, lebih indah dan lebih mulia di hadapan Tuhan.

HIDUP MENURUT RENCANA ALLAH BAPA.

Bapa membuat rencana yang ajaib bagi setiap anakNya 1Kor 12:6, sangat indah Yer 29:11, Ef 2:10. Sebab itu kalau kita mau dipimpin Roh dan hidup sesuai Firman Tuhan, maka kita ada, berjalan dan terus tumbuh dalam ril Allah,dalam rencana Allah yang heran dan ajaib!

1Kor 12:6

Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah yang sama yang membuat semuanya di dalam semua orang. (KJI)

Rencana Allah begitu heran dan ajaib, sehingga pengemis Lazarus bisa tumbuh sampai muliasetingkat dengan Abraham Luk 16:23.

Misalnya pengemis bisa menjadi mulia setara dengan Abraham. Yusuf seorang budak  bisa jadi tuan di Mesir lebih dari Potifar majikan besarnya, bahkan lebih dari Firaun, rajanya.Luar biasa (tetapi Yusuf tetap rendah hati, taat dan tidak pernah berontak).

Daud yang tidak masuk hitungan, tetapi sebab berkenan pada Tuhan, dipimpin Roh Tuhan, hidupnya jadi indah.Ia tiba pada saat yang tepat menghadapi Goliat, yaitu waktu Israel menunggu pertolongan, tetapitidak ada! Sampai kapan? Sudah 40 hari, tetapi tidak ada pertolongan! Daud dikirim Tuhan pada waktunya, tidak terlambat.

Haman yang membuat tiang gantungan untuk Mordekhai, tetapi dia sendiri yang digantung sampai semua orang2nya ngeri bukan main.

Tangan Allah yang ajaib itu luar biasa, asal kita mau terus dipimpin Roh sesuai dengan Firman Tuhan, maka kita ada dalam ril Allah Bapa, dan dengan demikian Bapa bekerja di dalam kita, menggenapkan rencanaNya yang sudah disediakan terdahulu!

Ef 2:10

Sebab kita ini buatan Allah, diciptakan di dalam Kristus Yesus untuk melaku-kan perbuatan-perbuatan baik, yang sudah disiapkan Allah sebelumnya, supaya kita menjalaninya. (KJI)

Sebab itu jangan takut dalam problem yang besar, apalagi goncang-gancing terakhir menjelang penamatan rencana Allah, kalau kita tetap dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan, kita akan terus berjalanmaju dalam rencana Allah yang ajaib! Mengapa disebut ajaib? Sebab pikiran kita tidak bisa mengerti, se-olah2 fantastis. Jangan takut, harap dan tunggu Tuhan, hasilnya begitu ajaib.

Setiap hari ada satu atau beberapa bagian rencana Allah untuk kita lakukan. Jangan kesempatan ini hilang. Kenali, temukan dan kerjakan kesempatan yang diberikan Bapa pada kita. Dia menyediakan dan mengatur, memperlengkapi semua dengan tepat dan lengkap, dan kita yang harus taat melakukannya, dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan, maka semua rencana Allah itu akan jadi dengan indah. Jangan hanya menunggu dengan nganggur dan bingung, apalagi ketakutan atau ber-sungut2. Tanya dan minta pimpinan Roh Kudus. Setiap hari ada rencana Bapa bagi kita, baik perkara besar atau kecil.

Setiap hari Allah punya rencana sekalipun kecil, sekalipun hanya menunggu di sungai Kerit seperti Elia. Se-olah2 nganggur, tetapi ia bersekutu dan diolah Allah dengan heran. Salah satu sebab mengapa Elia dapat bertumbuh sampai menjadi sempurna adalah karena persekutuan dengan Tuhan dalam masa sendirian di sungai Kerit lebih kurang 1 tahun.

Juga Daud menemukan rencana Allah yang kecil (menemukan budak Mesir mau mati), tetapi itu menjadi perkara besar dari Allah. Setiap hari selalu ada satu atau beberapa rencana Allah bagi kita. Kalau kita mengerti, menemukannya dan melakukannya, apalagi bisa melakukan semua item rencana Allah, bisa jadi sempurna. Ada yang hanya menemukan dan melakukan 1%, 5%, 10% dll. Hasilnya tergantung dari kita, sebab Tuhan sudah menyediakan yang sama untuk semua orang yang jadi anak Allah. Orang yang bisa hidup dengan Allah, dengan 3 Pribadi Allah yaitu dipimpin Roh, sesuai Firman Tuhan dan berkenan pada Allah akan mengalami rencana Allah yang indah, mulia! Memang rencana Allah adalah membuat orang beriman dari orang berdosa, menjadi anak2 Allah dan terus tumbuh sampai menjadi sempurnak. Kalau kita mau taat, kita akan mengalaminya.

Sekalipun kita “buta” tentang yang akan datang, tetapi dengan iman taat dipimpin Roh, akan jadi sangat indah, baik dalam hal2 jasmani, lebih2 dalam hal rohani,bahkan bisa terus bertumbuh sampai ikut pengangkatan atau bahkan jadi sempurna!

Orang berdosa dalam masa ini (mereka menunggu sampai kapan?) bisa stress dan putus asa, tetapi anak2 Allah yang mau digarap oleh 3 Pribadi Allah, akan jadi sukacita, tumbuh dengan bahagia, bahkan mengalami rencana Allah yang gilang gemilang. Jangan lupa syarat2 rohani yang sudah diterangkan, sebab hanya dalam ril Tuhan, kita akan mengalami rencana Allah, kecil besar, sedikit banyak, setiap hari sampai akhir hidup kita.

KESIMPULAN.

Sampai kapan?

Jangan takut segala bahaya, kekurangan, penyakit dll, sebab kita digaransi Tuhan, dijamin mutlak dan lengkap sampai jumlah rambutpun masuk dalam garansi dan asuransi Allah! Tetapi kita harus menyerah dan taat dalam pengolahan Allah. Jangan takut pencobaan, justru jumlah kesukaran dan pencobaan yang lebih banyak dan lebih berat itu jadi ukuran perkara2 besar yang disediakan Allah bagi kita.  (Cerita mahasiswa yang cari2 ujian). Kenali dan pakai setiap kesempatan yang ada dalam pimpinan Roh Kudus, jangan dengan akal dan pikiran kita sendiri, harus selalu dicheck dengan pimpinan Roh Kudus. Gara2 menolong satu budak Mesir hampir mati, Daud dapat jalan yang tepat dan kemenangan besar, sebab dipimpin Roh. Jangan takut atau ber-sungut2 menghadapi kesukaran, semua bisa berubah jadi kebaikan Rom 8:28, bahkan jadi kejutan yang indah sampai kekal 1Kor 2:9. Sebab itu kita terus diperlengkapi dengan betul dan dipimpin Roh, sesuai Firman Tuhan maka kita masuk rencana Bapa Surgawi, luar biasa seperti Wah 12:1. Ini sudah mulai sekarang sejak lahir baru dan kalau kita terus di dalam rencana Bapa, pasti jadi ajaib sampai di puncak rencana Allah.

Nyanyian:

Tunggu lebih lama pada Yesus.

Tunggu lebih lama padaNya

Dengan kelengkapan supaya berkem’nangan

B’ri tunggu lebih lama padaNya.