M4235 – Masa Pemurnian

MASA PEMURNIAN.

Mal 3:3

Dan Ia akan duduk seperti seorang pemurni dan mentahirkan perak, dan Ia akan mentahirkan putra-putra Lewi, dan memurnikan mereka seperti emas dan perak, supaya mereka boleh mempersembahkan kepada Tuhan suatu persembahan dalam kebenaran. (KJI)

PENDAHULUAN.

  1. Kita harus membedakan antara hajaran atau hukuman (ini karena dosa) dan Pemurnian (untuk ujian dan pengolahan, ini untuk orang benar/ suci, bukan untuk orang berdosa). Jadi, kita harus tahu bahwa Pemurnian ini untuk orang yang tetap hidup dalam kesucian, bukan yang hidup dalam dosa, apalagi rutin hidup dalam dosa.

Persamaan dari keduanya adalah sama2 menderita, mengalami hal2 celaka dan tidak enak, tetapi bagi orang benar ini menjadi pemurnian dan bagi orang berdosa ini jadi hajaran atau hukuman. Allah itu adil, meskipun celaka datang bagi semua orang di satu tempat atau satu saat, tetapi bagi yang hidup benar, tetap menjadi pemurnian, bukan hukuman, sebab orang benar tidak dihukum Tuhan, tetapi dengan celaka itu mereka diolah dan dimurnikan, kalau lulus, mereka naik kelas. Misalnya waktu bangsa Yehuda jadi begitu jahat dan mencapai puncaknya pada waktu Manasye, maka pada waktu Yoyachin dikalahkan dan ditawan Nebukadnezar, maka semua orang Israel mengalami cealka dan kesusahan besar. Tetapi mereka yang hidup benar (seperti Ezra, Nehemia, Ester, Daniel dll, betul mereka ditawan dan mengalami banyak kesukaran, tetapi itu bagi mereka menjadi pemurnian, sehingga justru dalam masa2 yang sulit dan ditawan itu mereka mengalami kemuliaan Allah yang besar bahkan Daniel mendapat banyak visoen akhir zaman yang indah dan ia menjadi nabi Tuhan sekalipun dalam tawanan jadi bagi mereka ini pemurnian, mereka lulus dan mengalami rencana Allah yang indah, yang tidak dialami kalau tidak ditawan. Jadi kesukaran itu sudah ada, termasuk dalam rencana Allah bagi anak2Nya.

  1. Pemurnian itu bisa secara pribadi, misalnya Ayub yang dimurnikan habis2an, atau secara masaal untuk satu bangsa (misalnya Yehuda waktu zaman Zedekia).
  2. Secara masaal dan global seluruh dunia ber-sama2, itulah pada akhir rencana Allah, waktu Ia menamatkan Gereja dan rencanaNya. Ini terjadi hanya satu kali, di akhir zaman, ber-sama2 global dan terakhir untuk Gereja. Ini harus didahului tangal Penentuan dan Pemisahan, baru kemudian golongan yang mulia yaitu jperak dan emas (tingkat Ruangan Suci) menurut 2Tim 2:20-21, mereka inilah yang dimurnikan, tetapi golongan yang hina yaitu tanah dan kayu (tingkat Halaman) tidak termasuk golongan yang dimurnikan, tetapi ditinggalkan, dibuang.

MAKSUD ALLAH DALAM KESUKARAN AKHIR ZAMAN.

Kita hidup di akhir zaman yang sikonnya akan makin parah, lebih dari hari2 yang lalu. Ini semua tidak kebetulan, sudah diketahui, diizinkan bahkan masuk dalam rencana Allah. Allah tahu lebih dahulu hari2 yang akan datang dan Dia Maha kuasa, bisa menguasai peristiwa2 yang akan datang!

Sebab itu dalam masa sulit ini (dan yang akan datang lebih sulit), kita harus mengerti, dan menemukan apa maksud Allah mengizinkan semua perkara ini terjadi bagi Gereja dan umatNya. Ini bukan kebetulan bagi Allah dan kita umatNya. Salah satu maksud terpenting adalah untuk pemurnian umatNya, supaya makin seperti Kristus, sesuai dengan rencana Allah yang pasti genap dan untuk penamatan rencana Allah di akhir zaman ini.

Hal ini dengan jelas dinubuatkan dalam kitab nabi Maleakhi untuk orang beriman Generasi Akhir Zaman (1Tes 4:15). Kita harus bersedia dan rutin hidup suci seperti lima gadis bijaksana Mat 24:42 dan juga harusbisa mengatasi semua kesukaran2 ini dengan Tuhan sesuai dengan rencanaNya (tidak bereaksi dosa, lolos, lulus dan setiap yang naik kelas); dengan demikian kita masuk dalam rencana pemurnian Allah yang besar dan mulia ini, pasti genap semua rencana Allah dan diakhiri dengan pengangkatan.

Di sini diceritakan tentang pemurnian dari emas, perak yang mulia, yaitu lawannya tanah dan kayu yang hina.

2Tim 2:20-21

  1. Tetapi dalam sebuah rumah besar bukan hanya ada bejana emas dan perak saja, tetapi juga dari kayu dan tanah, sebagian kepada yang mulia dan sebagian kepada yang hina.
  2. Oleh sebab itu jikalau seseorang membersih-kan dirinya dari ini, ia akan menjadi suatu bejana kepada yang mulia, dikuduskan dan layak dipakai oleh tuannya, dipersiapkan untuk setiap pekerjaan yang baik. (KJI)

Kalau kita menyucikan diri dari yang hina (tanah dan kayu ini, tingkat Halaman), baru kita akan masuk golongan yang akan dimurnikan, sebab tergolong perak dan emas (ini tingkat Ruangan suci). Ini juga erat berhubungan dengan kedatangan Tuhan, sebab dengan inirencana Allah akan ditamatkan, Gereja pasti menjadi sempurna! (Apa definisi Gereja sempurna?). Sebab itu perlu pemurnian, masaal global akhir zaman untuk penamatan rencana Allah, sebab dosa meningkat, timbul banyak kejahatan, kesukaran, malapetaka, tetapi ini diizinkan tuhan (Polarisasi Wah 22:11) sekaligus untuk pemurnian umat Tuhan golongan yang mulia, yang akan menamatkan rencana Allah.Proses pemurnian ini juga disebutkan dalam Yes 1:25-26, Yez 22:18-20.

Dalam Yes 1:25-26 Israel akan dibersihkan dari sanga dan timahnya. Dalam Yez 22:18-20 Israel itu seperti sanga dan kotoran2 lainnya yang akan dibakar di tengah2 Yerusalem, dibersihkan seperti dalam tungku perapian.

III. GARIS BESAR NUBUAT FIRMAN TUHAN.

Tuhan akan datang mempersiapkan umatNya, memurnikannya dengan api pemurnian dan sabun penatu.

Tiga Pribadi Allah meningkatkan pelayananNya di bumi bagi umatNya, yaitu:

  1. Mengirim utusan, yaitu Roh Kudus untuk mempersiapkan semuanya.
  2. Tuhan tiba2 datang di KaabahNya memurnikan perak dan emas.
  3. Malaikat Perjanjian datang, semua janji Firman Tuhan akan terbuka sehingga umat-Nya bisa tumbuh sampai sempurna.Pada penamatan, semua rencana Allah akan digenapkan, dan semua yang mau menyucikan diri dari yang hina 2Tim 2:21, menjadi perak dan emas, sehingga bisa masuk dalam pemurnian, siap dan tahan berdiri di hadapanNya Luk 21:36. Ditekankan istimewa bagi putra2 Lewi, sehingga mereka bisa melayani dalam kebenaran, berkenan pada Tuhan. Inilah pemurnian bagi perak dan emas.

MUTU UMAT TUHAN.

Disini ditekankan tentang mutu di hadapan Allah.

Dalam bait Allah atau rumah Allah ada perkakas dari yang hina (yaitu tanah dan kayu) dan yang mulia yaitu perak dan emas 2Tim 2:20-21. Ini juga tampak dalam Kemah Suci yaitu golongan Halaman, kayu dan tembaga (ada sedikit perak) dan Ruangan Suci dari perak dan emas. Semua kayu meskipun masih ada, sudah “tidak ada”, sudah dimatikan, sebab disalut dengan perak dan emas (di Halaman dengan tembaga), sehingga tidak tampak lagi dalam Ruangan Suci.

Orang beriman itu diolah dari orang berdosa menjadi orang benar, menjadi orang suci dan akhirnya menjadi orang sempurna, semua bertahap dan butuh waktu. Semua anak2 Allah diolah dari bayi sampai dewasa dari permulaan sampai akhir. Dan diharapkan umat Tuhan sudah menyucikan dirinya dari yang hina menjadi yang mulia (yaitu perak dan emas) dan mereka inilah yang dimurnikan sampai sempurna (emas 24 karat). Ini seperti gunung kesucian Allah, sudah suci, tetapi tingkatnya makin tinggi dan akhirnya suci seperti Allah Mat 5:48.

Kesempatan untuk tumbuh bisa berakhir.

Mula2 semua bisa terus bertumbuh, untuk meninggalkan yang najis, tingkat kanak2, supaya makin suci, makin dewasa secara pribadi. Tetapi ada batasnya. Kalau waktu kemurahan Allah habis yaitu secara pribadi waktu mati atau secara global, waktu zamannya sudah habis, rencana Allah selesai yaitu pada akhir zaman. Kesempatan atauwaktunya sudah habis, tidak bisa tumbuh lagi, yaitu pada tanggal Penentuan, maka terjadi pemisahan antara yang hina dan yang mulia. Gereja (rumah) Tuhan itu mula2 campuran dari segala mutu, heterogen, tetapi akhirnya menjadi homogen, yaitu golongan yang baik dan yang jahat (Yer 24:2-3), yang mulia dan yang hina, semua terpisah sesuai rencana Allah. Inilah tingkat2 yang dipisahkan, yaitu tingkat Halaman (yang hina) dan Ruangan Suci (yang mulia), dan akhirnya tingkat Ruangan Suci akan ikut pengangkatan dan Halaman akan di-injak2 oleh Antikris Wah 11:2.

Kalau kita mau menyucikan diri dari yang hina, maka kita akan jadi yang mulia 2Tim 2:21 (TL + KJI). Mutu yang hina tidak akan tahan pada pengolahan untuk hari kedatangan Tuhan, yang dari tanah akan pecah dan yang dari kayu akan terbakar habis dalam pemurnian.

Problemnya adalah dosa dan kesucian. Halaman, tanah, kayu itu selalu jatuh bangun dalam dosa, selalu ada dosa dan ikatan2nya, tetapi dalam Ruangan Suci selalu hidup rutin dalam kesucian.

Tingkatan Halaman atau yang hina itu, rutin hidup dalam dosa, sekali2 meningkat untuk sesaat dalam kesucian, istimewa kalau mendapat bagian pelayanan, sebab memerlukan pengurapan, atau waktu terjepit dll, tetapi rutin, bolak-balik dalam dosa. Kita harus menyucikan diri kita sendiri, punya putusan yang tegas untuk tidak lagi mau tinggal dalam dosa, maka orang yang sungguh2 mau menyangkal diri, mau tetap mati lepas dari dosa,Roh Kudus sanggup menolongnya sehingga bisa berhasil dan tetap dipimpin Roh dalam kesucian.

Yang penting kita mau tetap hidup rutin dalam kesucian dan Roh Kudus pasti sanggup menolong sampai bisa. Jangan setengah hati, apalagi kalau dibujuk dan ditipu iblis dengan segala umpan duniawi yang fana.

Pada goncang-gancing terakhir di dunia dan Surga Ibr 12:27-28 (M4229) jumlah orang2 suci digenapkan pada tanggal Penentuan untuk masuk dalam penamatan rencana Allah. Tetapi orang2 yang setengah hati (suam) atau cinta dunia akan makin jauh hanyut dalam arus dosa yang makin besar, akhirnya terpisah. Sebab itu untuk penamatan, Tuhan mengizinkan dosa dan kesucian sama2 meningkat sampai puncak2nya (Polarisasi dosa dan kesucian Wah 22:11). Akibatnya akan muncul 2 golongan yang makin berbeda banyak satu sama lain dan akanterpisah, yaitu golongan yang memilih tetap setia sebagai anak2 Allah dan yang undur, ber-sama2 orang dosa menjadi anak2 iblis, keduanya akan makin jauh berbeda dan terpisah. Dalam akhir zaman kita harus tegas dengan sepenuh hati memilih Kristus dalam kesuciannya, kalau tidak akan hanyut dalam arus dan tipu daya dosa.

TIGA UTUSAN UNTUK UMAT ALLAH.

Sesudah sampai waktunya (masa pengolahan dan kemurahan Tuhan selesai), tiba2 Tuhan datang dalam baitNya.

Mengapa disebut Tuhan datang dalam KaabahNya, bukankah 3 Pribadi Allah sudah ada dalam dunia, menyertai dan memimpin umatNya? Bapa, Putra dan Roh Kudus selalu dengan kasih bekerjasama sejak penciptaan, dan dalam setiap orang yang mau percayasejak lahir baru, terus dalam pertumbuhan dan pengolahan sampai akhirnya (kalau terus tekun) masuk dalampenyempurnaan, istimewa pada akhir zaman (seperti disini) sesudah tanggal Penentuan, ber-sama2 masuk dalam proses finishing (dalam bahasa Inggris, Rom 9:28 KJI) atau penamatan, yang akan berjalan dengan cepat.

Tetapi mengapa ini seperti suatu saat yang khusus? Memang ini lain daripada yang dahulu? Sebab Tuhan datang dengan sikap yang se-olah2 sangat berbeda padahal Allah tidak pernah berubah sampai kekal Mal 3:6, Ibr 13:8.

Ini sama seperti pada waktu Yohanes melihat Tuhan Yesus dalam, keadaannya sangat mengejutkan dan menakutkan!

Wah 1:12-17

  1. Dan saya berpaling untuk melihat suara yang berbicara kepada saya. Dan sesudah berpaling saya melihat tujuh kaki pelita dari emas,
  2. dan di tengah-tengah ketujuh kaki pelita itu ada seorang yang seperti Putra Manusia, berpakaian sebuah jubah sampai ke kaki, dan bersabuk di dada dengan sabuk emas.
  3. Kepala dan rambut-Nya putih seperti bulu domba, putih seperti salju; dan mata-Nya seperti suatu nyala api;
  4. dan kaki-Nya seperti tembaga yang mengkilap, seolah-olah dibakar di dalam sebuah tanur; dan suara-Nya seperti bunyi air yang banyak.
  5. Dan ia memegang tujuh bintang di dalam tangan kanan-Nya, dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua; dan wajah-Nyaj seperti matahari yang bersinar dengan kuatnya.
  6. Dan ketika saya melihat Dia, saya rebah di kaki-Nya seperti mati. Dan Ia meletakkan tangan kanan-Nya ke atas saya, katanya kepada saya, Jangan takut, Akulah yang Pertama dan yang Terakhir, (KJI)

(ini suatu nubuat, nasehat, peringatan untuk Gereja2 akhir zaman.Ia berbeda dari hari2 yang lalu; Putra manusia Yesus, bukan lagi sebagai Gembala yang baik seperti dahulu, yang sabar menunggu perubahan dan pertumbuhan umatNya, tetapi disini Ia tiba2 muncul sebagai Pribadi yang dahsyat, seperti yang dilihat oleh Yohanes dalam Wah 1:12-18, sampai Yohanes ketakutan dan rebah seperti mati (ayat 17). Mengapa Putra Manusia Yesus disini begitu dahsyat, se-olah2 sangat garang, tegas, tertib, sehingga sangat menakutkan. Sebab disini dalam masa yang pendek, Ia berubah sikapnya sebagai pemurni perak dan emas. Ia datang dengan api untuk membakar, supaya sanga dan kotorannya terpisah dan mutunya meningkat!

Disini kita melihat 3 perkara besar dan hebat dari 3 Pribadi Allah, tiba2 muncul. Inilah pekerjaan penamatan Bapa, Putra dan Roh Kudus, untuk memurnikan dan menamatkan Gereja pada bagian terakhir dari rencana Allah. Mereka yang sudah disucikan, dari yang hina menjadi yang mulia (yaitu perak dan emas) baru dapat dimurnikan, lalu diangkat.

Mempersiapkan jalan di hadapan Tuhan.

Mal 3:1a

Lihatlah, Aku akan mengirimkan utusanKu, dan ia akan mempersiapkan jalan di hadapanKu, (KJI)

Seperti Yohanes Pembaptis pada kedatangan Tuhan Yesus I.

Luk 3:4-6

  1. Seperti telah tertulis dalam buku perkataan nabi Yesaya, katanya: Suara dari seorang yang berseru-seru di padang gurun, persiapkanlah olehmu jalan Tuhan, luruskanlah lorong-lorong-Nya.
  2. Setiap lembah akan ditimbun, setiap gunung dan bukit akan direndahkan, dan yang bengkok akan diluruskan dan jalan-jalan yang berlekuk-lekuk akan diratakan.
  3. Dan segala daging akan melihat keselamatan dari Allah. (Yes 40:3-5) (KJI)

Inilah kegerakan Roh Kudus yang membuka dan mempersiapkan jalan, sehingga terjadi perubahan2 yang besar dan cepat, dan kesucian meningkat sangat tinggi. Ini semua untuk mempersiapkan jalan bagi penamatan rencana Allah untuk kedatangan Tuhan.

Akan timbul kegerakan Roh Kudus yang luar biasa. Dengan pekerjaan Roh Kudus yang besar ini, Gereja akan tahan dalam goncang-gancing akhir zaman yang limpah dengan dosa (Wah 22:11), bahkan bisa tumbuh terus dengan cepat sampai seluruh rencana Allah disempurnakan, lewat banyak pencobaan dan ujian dosa dan kejahatan yang memuncak pada akhir zaman ini. Roh Kudus bekerja dengan luar biasa, dengan karunia2 Roh Kudus, dengan hikmat, kuasa dan pengurapan yang limpah, bahkan dengan pengurapan tanpa batas Yoh 3:34. Selalu lolos, lulus dan setiap kali naik kelas dalam banyak pencobaan dan perkara2 dahsyat akibat Polarisasi dosa dan kesucian. Sebab itu ada kelimpahan sejahtera dan sukacita dalam pimpinan Roh Kudus; ada bahagia dan sukacita seperti sungai air hidup yang makin dalam sampai tidak terbatas Yoh 4:13; 7:38, Yez 47:1-5.Tetapi ini hanya untuk perak dan emas, tanah dan kayu tidak akan tahan. Kalau kayu dan tanah dimurnikan seperti ini, bejana tanah akan pecah dan kayu akan terbakar oleh api.

Ini untuk orang2 yang sudah disucikan dari perkara2 yang hina 2Tim 2:21,hidup rutin dalam kesucian dan selalu mencari dan penuh dengan perkara2 dari Atas Kol 3:1-4, bukan rutin dalam dosa, daging dan dunia. Sebab itu berdoalah dengan tekun dalam Roh dan hidup benar, supaya terjadi kegerakan Roh Kudus yang besar diantara kita. Kegerakan Roh Kudus ini akan menolong memurnikan dan memisahkan!

  1. Memisahkan antara yang mulia (perak dan emas) dan yang hina (tanah dan kayu).
  2. Orang yang hidup dalam hidup baru yang suci dan berkenan pada Allah itu seperti kantong kulit yang baru.

Luk 5:37-38

  1. Dan tidak seorangpun memasukkan anggur yang baru ke dalam kantong-kantong kulit yang lama, niscaya anggur baru itu akan meledakkan kantong-kantong kulit itu sehingga tertumpahlah, dan kantong-kantong kulit itu akan binasa.
  2. Tetapi anggur baru harus dimasukkan ke dalam kantong-kantong kulit baru maka keduanya akan terpelihara. (KJI)

Kita minta kegerakan Roh Kudus yaitu Hujan Akhir yang sudah dijanjikan Allah untuk menyempurnakan GerejaNya, supaya Gereja disiapkan untuk penamatan dan kalau sudah sempurna, selesai, diangkat ke Surga. Tetapi kita harus hidup sebagai kantong kulit yang baru, yang tahan dengan anggur baru, bukan sebagai kantong kulit yang lama, yang tidak tahan dengan anggur baru, bisa pecah, meledak dan binasa! Orang yang hidup rutin dalam dosa, tetap dalam hidup lama, itu seperti kerbat = kantong kulit lama; waktu diisi anggur-baru akan pecah, karena anggur baru yaitu hujan Akhir (pekerjaan Roh Kudus) itu luar biasa. Sebab itu untuk bisa menerima dan diolah oleh kegerakan Roh Kudus, kita hidup dengankerbat baru, yang terus rutin hidup baru dalam kesucian,seperti lima gadis bijaksana, yang selalu rutin tinggal dalam kesucian dipimpin Roh sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Kalau masa Pemurnian ini sudah datang, wai bagi orang yang rutin hidup dalam dosa, ia akan pecah, bisa mati di tempat seperti Ananias dan Safira Kis 5:1-12 sebab dalam golongan yang rutin hidup dalam kesucian, peraturan dan hukum2 dalam Gereja itu sangat tertib dan tegas, yang salah langsung dihukum keras, atau mereka memisahkan dirinya sendiri, mengundurkan dirinya sendiri dari Gereja yang suci, supaya tidak kena hukuman! Kis 5:13. Mereka pindah dan masuk dalam golongan Gereja jalan lebar, masuk golongan yang hina, buah ara yang jahat, golongan lima gadis bodoh yang ditolak Tuhan.

  1. Dari luar seringkali tidak tampak bedanya gandum dan lalang, lima gadis bodoh dan lima gadis bijaksana, tetapi kalau sudah datang tanggal Penentuan dan Pemisahan, baru tampak perbedaannya yang makin besar, dan terjadi pemisahan antara lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh. Juga antara gandum dan sekam, gandum dan lalang (Mat 3:12; 13:30) antara buah ara yang baik dan jahat Yer 24:2,3, antara anak2 Allah dan anak2 iblis 1Yoh 3:10, puncak jalan lebar dan puncak jalan sempit dll, ikan yang baik dan jahat Mat 13:48,49 dll.

Dahulunya semua berkumpul ber-sama2 seperti lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh, gandum dan lalang dll, tetapi sesudah habis waktunya, maka mereka yang tetap tidak mau menyucikan dari yang hina akan terpisah dan masuk dalam golongan celaka, golongan anak2 iblis.

  1. Pada akhir zaman datang banyak kesukaran dan pencobaan, godaan dan arus dosa yang besar, sehingga timbul banyak jerat dan godaan sehingga banyak orang beriman jatuh

1Tim 4:1

Dari hal yang menyesatkan pada akhir zaman (4:1-5) Tetapi Roh itu berkata dengan jelas bahwa pada hari-hari terakhir, beberapa orang gugur dari iman, karena berpaling kepada roh yang menyesatkan dan ajaran setan-setan (2Tim 3:1-5) (KJI)

Seringkali iblis menjerat dengan alasan darurat atau sikon lalu mendorong untuk mengambil tindakan yang salah atau menghalalkan segala cara, tetapi ini tetap dosa seperti dalam:

Ams 6:30

Tak akan jangan orang pencuri dihukum juga, jikalau ia telah mencuri hendak mengenyangkan perut sebab laparnya sekalipun. Mengapa demikian? Sebab bagi Allah tidak ada yang kebetulan atau darurat, semua dalam kehendak dan kuasa Allah. Meskipun keadaan terjepit, kalau kita hidup benar dan bereaksi betul sesuai Firman Tuhan dan dipimpin Roh, pertolongan Tuhan akan datang. Meskipun darurat atau terjepit.

Jangan menghalalkan segala cara atau berbuat dosa, itu masuk jerat iblis. Sekalipun banyak kesukaran kesehatan, keuangan, keluarga, keamanan dll, jangan menghalalkan segala jalan, tetapi teruslah berdoa minta pimpinan Roh Kudus dan bekerjalah se-bisa2nya, pasti pada waktunya Tuhan akan menolong. Dia sanggup. Ini adalah pengolahan. Kita harus dimurnikan, lulus, naik kelas setiap kali.

Untuk hal2 jasmani pasti Tuhan amat sanggup menolong! Jangan masuk dalam jerat iblis, terus rutin dalam kesucian, di pihak Tuhan, maka kita akan lolos dari pencobaan, lulus dari ujiannya, naik kelas dan inilah pemurnian itu.Kita tahu pengalaman Yusuf, Daud, Yusak, Petrus dll, mereka berjalan dengan Tuhan dan dalamkesukaran2nya tidak sampai menghalalkan segala cara dan Tuhan menolong sesuai rencana dan waktu Tuhan. Begitu juga dalam keuangan, nafkah, Tuhan akan memelihara kita, tetapi kita harus lulus, tidak sampai berdosa, tetapi bisa berpada, tidak cinta uang dan rajin bekerja (2Tes 3:10). Tuhan selalu punya jalan dan sanggup memberkati sekalipun dalam masa sulit seperti Ishak, ia tetap menuai, itu dari Tuhan Kej 26:12-15. Juga membuat sumur, itu sulit (orang Filistin terus gagal), tetapi kalau disertai Tuhan, pimpinanNya pasti membukakan jalan sampai berhasil. Dalam pekerjaan, minta pimpinan Roh Kudus, banyak berdoa dalam Roh, belajar juga menabur supaya ada penuaian, juga mengembalikan milik Tuhan Mal 3:8-11. Kalau kita benar di hadapan Tuhan dan dapat kerajaan Surga, juga dunia akan ditambahkan, jangan takut Mat 6:33.

Tuhan tiba2 datang ke KaabahNya.

Ini bukan kedatangan Tuhan waktu pengangkatan, sebab Ia masih mengolah dan memurnikan GerejaNya. Pada saat pengangkatan, semua sudah selesai, tetapi disini justru golongan yang sudah disucikan, masukada pengolahan yang cukup lama (lebih kurang 3,5 tahun).

Tuhan Yesus datang memurnikan, menyucikan bait-Nya, seperti dengan api pemurnian perak dan emas dan seperti sabun penatu.

  1. Sabun untuk mencuci pakaian kesucian bagi umat Tuhan yang terserandung karena tertipu iblis, asal orangnya mau menyucikan dirinya supaya kembali rutin dalam kesucian dan tidak lagi jatuh dalam dosa itu. Kita masih hidup dalam tubuh daging, masih bisa tertipu apalagi kalau bodoh, tetapi sesudah lahir baru, sesudah dimerdekakan dari dosa Yoh 8:36, kita bisa tetap hidup rutin dalam kesucian asal kita mau taat, menyangkali daging dan tetap memelihara hidup kita dalamterang Firman Tuhan Maz 119:105,11 dan pimpinan Roh Kudus.

Masih mungkin jatuh dalam dosa (sebab belum sempurna), tetapi itu tidak rutin dan tidak dikehendakinya, ia tidak mau Ibr 1:9. Sebab itu ia sungguh2 menyesal dan bertobat dan kembali rutin hidup dalam kesucian, bahkan terus meningkat. Ini seperti Petrus yang menyesal dan bertobat, tetapi Yudas betul ia susah, tetapi ada dosa, apalagi melihat Gurunya dijatuhi hukuman mati di salib,tetapi tidak mau bertobat 2Kor 7:10.

Begitu dengan api pemurnian, ini untuk orang2 yang sudah menyucikan diri dari yang hina, sehingga menjadi golongan yang mulia.

Orang2 ini yang termasuk golongan perak dan emas, bisa ikut dalam Pemurnian ini,sebab selalu rutin hidup dalam kesucian dan taat dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana. Sebaliknya orang yang menuruti arus dosa, tidak mau bertobat sungguh2, terus menuruti daging, mereka akan ber-tambah2 dalam dosa dan tabiat lama muncul semua Wah 22:11. Bahkan mereka dipakai iblis untuk menggoncangkan Gereja Tuhan, seringkali dengan dusta dan tidak tulus, sehingga dipakai iblis untuk mengganggu dan membuat kekacauan dalam umat Tuhan dan pekerjaanNya, sehingga timbul goncangan2 dan ini menjadi pencobaan dan ujian.Memang Tuhan mengizinkan dalam Polarisasi dosa ini, tetapi masing2 yang dipakai iblis untuk egoisme dan kepujian serta maksud2 tersembunyi akan menuai hukuman yang dahsyat, lebih2 kalau Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, tanggal Penentuan datang, terjadi hukuman rumah Allah dalam penamatan rencana Allah, hukumannya dahsyat 2Kor 10:6 langsung dan mati di tempat seperti Ananias dan Safira dalam Kis 5. Inilah golongan yang hina, yaitu tanah yang akan hancur dalam masa Pemurnian ini, juga kayu akan habis terbakar oleh api Pemurnian perak dan emas ini. Orang2 dari golongan yang hina ini, tidak berani dekat, memisahkan diri, dan dipisahkan oleh hukuman yang sangat tertib dan tegas 2Kor 10:6. Tetapi mereka yang tulus, benar di hadapan Allah justru mengalami hal2 yang luar biasa seperti Surga di bumi dalam Gereja yang ajaib, dan tumbuh dengan sangat cepat seperti kilat. Sebab banyak ujian, terus menerus lulus dan setiap kali naik, sehingga terus menerus tumbuh dengan cepat Mat 24:27.

Perak dan emas supaya makin dimurnikan, dibersihkan dari segala campuran atau sanga, kotoran perak dan emas, supaya karatnya makin meningkat lebih tinggi seperti Kristus. Dalam pertumbuhan rohani, tabiat lama harus lenyap, jangan sampai muncul, diganti tabiat baru, yang harus terus bertumbuh sampai seperti Kristus.

1Kor 11:1

Orang-orang yang meniru Kristus (11:1) Tirulah saya sama seperti sayapun meniru Kristus. (KJI)

Jangan lupa benih2 tabiat turunan Yes 1:4 juga bisa lenyap oleh darah Kristus 2Kor 5:17. Diganti tabiatbaru; percayalah dan terima dengan iman. Jangan justru dalam kesukaran ini tabiat daging dibiarkan bebas, lepas dituruti semaunya sendiri. Ini akan banyak menghasilkan dosa, merusak dan menghancurkan rohani. Belajar makin seperti Kristus.

Justru dengan banyak problem dan kesukaran2 ini, kita makin dimurnikan, istimewa tabiat baru bisa bertumbuh makin nyata. Tanpa ujian atau pencobaan, seringkali kita juga tidak tahu sampai dimana kerendahan hati kita, kesabaran kita,sampai dimana kita bisa berpada, sampai dimana iman, harap, kasih kita, sampai dimana ketaatan kita akan pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan dll. Semua segi hidup kita dibongkar dan diuji oleh pencobaan2, sehingga kalau ada benci, iri, sombong, pikiran zina, tamak, dendam dll, semua itu akan muncul dan makin tampak jelas. Asal kita mau menyangkal diri, sungguh2 mau menderita karena kebenaran 1Pet 4:1, maka kita akan selalu menang, tidak sampai berdosa.

Justru dalam masa kesukaran ini, kalau kita taat dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan, limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, kita akan menemukan rencana Allah yang indah dalam banyak problem ini, untuk tumbuh dan makin ber-buah2 seperti Kristus. Tuhan akan memberi banyak rezeki rohani Yoh 4:34 dan jugarezeki jasmani bagi orang2 yang rutin dalam kesucian, sehingga tetap di pihak Tuhan! Tuhan sanggup membuka jalan, Roh Kudus bisa memberi idee yang tepat, sebab Dialah Allah yang Maha kuasa, sehingga kita tumbuh dan ber-buah2 dengan pesat, masuk dalam rencana Allah semaksimal mungkin, bahkan ada yang sampai sempurna.

Malaikat Perjanjian.

Malaikat perjanjian yang tidak berubah datang untuk:

  1. Menyatakan semua perjanjian Allah yang terbuka makin banyak pada akhir zaman ini Mat 10:26-27. Meterai Firman Tuhan akan terbuka sebelumnya, seperti buku kecil dalam Wah 5:5, sehingga
  2. Gereja bisa turun sampai dalam ukuran rencana Allah yang penuh. Ini semua akan menjadi kenyataan sehingga Gereja tumbuh sesuai dengan rencana Allah. Tetapi juga jangan lupa. Kalau kita mengerti Firman Tuhan, maka kita juga harus melakukan yang sudah kita mengerti Fil 3:16. Orang yang justru melanggar apa yang sudah dimengerti, hukumannya lebih dahsyat! Luk 12:48. Sebab lakukan Firman Tuhan. Di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang, dan Yang akan datang, ampuni musuh, jangan benci atau dosa2 dalam hati dst, lakukan! Kalau seorang dipimpin Roh dengan betul, itu sesuai dengan Firman Tuhan, maka orang seperti ini ada di dalam ril rencana Allah dan akan mengalami rencana Allah yang sudah disediakan Allah terdahulu baginya Ef 2:10, Yer 29:11.

Jangan menuruti daging apalagi ada alasan, ajakan2 dan dorongan2 yang dosa. Justru dengan janji2 Firman Tuhan yang terbuka, Gereja akan tumbuh dengan pesat dalam kuasa Allah yangbekerja dengan kuat, sehingga terjadi pertumbuhan rohani yang cepat, tetapi juga hukuman Allah makin berat bagi yang tetap keras hati dalam dosa Luk 12:48!

KESIMPULAN.

Dari Firman Tuhan kita tahu bahwa ada maksud Tuhan dalam segala kesukaran akhir zaman yang makin meningkat, sebab ujian diizinkan oleh Tuhanterus menerus dan meningkat, supaya umat Tuhan diolah, diuji dan disaring lebih murni dalam ujian2 yang lebih berat ini.

Jangan masa bodoh, hanya hidup menurut kehendak diri sendiri, (tanpa Tuhan akan kalah dan terseret dalam dosa) itu akan membuat kita keluar dari rencana Allah. Lebih2 yang rutinhidup dalam dosa dan belum bertobat (golongan yang hina), akan tersingkir dan terpisah, keluar dari rencana Allah. Mereka yang berjalan sendiri itu biasanya sudah dikuasai dan ditumbuhkan setan dalam dosa (Wah 22:11) dan rencana setan, yang juga meningkat. Sebab itu perhatikan baik2 pemurnian (dengan api pemurnian dan sabun penatu) supaya rohani kita terus tumbuh makin murni, jangan dikacaukan oleh hal2 jasmani. (Kita tetap terpelihara dan bisa mendapatkan janji2 Allah yang limpah untuk hal2 jasmani, seperti kesehatan, kesembuhan, keluarga dll dengan memegang janji2 Tuhan dengan iman, pasti ditambahkan Tuhan dalam hidup orang2 yang berkenan kepadaNya Mat 6:33). Jangan sampai masuk jerat iblis karena kesukaran2 ini, akan hanyut dalam tsunami dosa, ini golongan yang hina (tanah dan kayu) keluar dari rencana Allah, golongan yang celaka!

Sangat penting tetap rutin hidup dalam kesucian, supaya menjadi golongan yang mulia, siap untuk dimurnikan.

Jadilah perak dan emas (tingkat Ruangan Suci) dan makin dimurnikan, makin seperti Kristus, itulah rencana dan kehendak Tuhan untuk kita, lebih2 dalam kesukaran2 akhir zaman ini.

Nyanyian:

Semakin mulia Dia mengubahku, ubahku, ubahku.

Menjadi serupa dengan gambarNya.

Orang saksikan kasihNya.

Reff:

Dia ubahku, ubahku,

dari duniawi jadi Surgawi.

Menjadi serupa dengan gambarNya

Orang saksikan kasihNya.