M4173 – Efesus 3:19. Kasih Kristus Menyelamatkan Jiwa-Jiwa (Bag.2)

GAZ = GENERASI AKHIR ZAMAN.

Orang2 yang masih hidup pada waktu Tuhan Yesus datang dan terjadi peng-angkatan adalah orang2 yang termasuk golongan GAZ, yang terdiri dari orang berdosa atau orang2 beriman (ini dise-but golongan K II untuk membedakan dengan golongan K I yaitu orang2 yang hidup pada waktu Tuhan Yesus datang I). Kita hidup di akhir zaman ini tidak kebetulan, sebab sudah diatur Tuhan sebelum dunia ini dijadikan Ef 1:4. Kita diturunkan dalam dunia ini, di dalam Kristus, kita mendapat kesempatan yang besar untuk bisa ikut dalam go-longan yang akan ikut pengangkatan, yaitu orang2 dari K IIyang tidak pernah mati, tetapi berubah dalam sekejab menjadi tubuh kemuliaan dan naik ke udara, bertemu dengan Tuhan 1Tes 4:16,17. Inilah golongan 1551 yang ikut pengangkatan 1Kor 15:51-52.

Orang beriman akhir zaman (K II) yang mau sungguh2 ber-jaga2 seperti ligabis (Lima Gadis Bijaksana), akan ikut dalam pengangkatan dan sebagian bahkan menjadi sempurna dalam 3,5 tahun sebelum Tuhan datang, yaitu golongan 1401 (Wah 14:01) yang jumlahnya adalah 144.000 dari seluruh dunia. Se-mua ini sudah harus dipersiapkan seka-rang oleh orang2 beriman (K II)yang masih hidup waktu terjadi peng-angkatan.

Kita harus mengerti tanda2 zaman sekalipun belum tahu tanggal keda-tangan Tuhan yang tepat Mat 16:3; 24:36. Sekalipun kita tidak tahu tang-galnya, sebab sudah zamannya, mung-kin kedatangan Tuhan akan terjadi 10 atau 20 tahun yang akan datang, sebab melihat tanda2 zaman yang sudah makin nyata. (Kalau dari luar kota kita masuk dalam kota kita, maka makin dekat, kita akan melihat tanda2 bahwa kita makin dekat sampai ke rumah, begitu juga dari tanda2 zaman kita tahu sudah zamannya atau belum, tetapi kita harus tetap ber-jaga2 seperti liga-bis Mat 24:42,44).

Kalau kita sudah ber-jaga2 seperti ligabis dan kita mati sebelum Tuhan datang, kita tidak rugi, sebab sampai dimana kita tumbuh di hadirat Tuhan, maka itu menjadi ukuran kemuliaan kita yang kekal di Surga.

Kedatangan Tuhan (pengangkatan) itu bukan suatu fantasi dari orang yang ekstrem,  seperti yang dikatakan seba-gian orang yang tidak mengerti dan tidak percaya lalu mengolok-olok 2Pet 3:3-4. Selain kita bekerja atau sekolah seperti biasanya, kita harus terus ber-jaga2 dengan sungguh2 bahkan dengan ekstra supaya se-waktu2 kalau Tuhan datang, kita tidak tertinggal dan celaka sebab tidak mau ber-jaga2. Kalau kita ber-jaga2, kita bisa terpelihara dalam kesucian dan tumbuh dengan baik, maka kita bisa ikut dalam pengang-katan, ikut mengalami masa 3,5 tahun yang sangat indah sebelum peng-angkatan (Surga di bumi Wah 12:1). Luk 17:34-36. Sebab dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan, dosa akan meningkat luar biasa Wah 22:11, kalau kita tidak bersedia, maka oleh arus dosa yang dahsyat, akan jatuh dan mati dalam dosa atau tertinggal waktu pengangkatan. Tetapi yang bersedia sungguh2 seperti ligabis akan tumbuh dengan cepat dalam kesucian dan dapat mengalami seperti Surga di bumi yang sangat indah dan mengalami hi-dup yang berkemenangan melawan arus dosa yang dahsyat, yang dipimpin dan digerakkan oleh 3 antikris yang sudahmuncul, dan terang2an melawan umat Tuhan. Tetapi orang yang seka-rang ber-jaga2 akan menang, tidak jatuh dalam dosa dan tidak mati oleh segala perbuatan jahat yang dahsyat dan sangat kejam.

Di luar Gereja, keadaannya sangat dahsyat, orang2 bertambah berani berbuat dosa dan kejahatan terang2an, mereka yakin kalau bebas berbuat dosa menuruti hawa nafsunya, berarti se-nang, sebab ada kesukaan dosa yang sesaat, tetapi hatinya tidak ada damai Rom 1:17, sehingga dalam tertawapun hati berasa sakit Ams 14:12-13.

Gereja Tuhan dalam 3,5 tahun I akan menjadi ajaib dan heran, penuh sukacita dan kesukaan yang besar se-perti di Surga, sebab dalam hari2 ini 3 Pribadi Allah menyatakan diri dalam Gereja dengan luar biasa, seperti mata-hari bulan bintang yang bercahaya da-lam Gereja se-olah2 menjadi pakaian perempuan dalam Wah 12:1. Juga segala fasilitas akhir zaman diberi Tu-han dengan limpah dan lengkap, de-ngan kuasa, mujizat dan hikmat Tuhan yang penuh, seluruh rahasia Firman Tuhan terbuka dan ada pelayanan orang sempurna bagi Gereja Tuhan yaitu orang2 yang hidup “di dalam” (Mrk 4:11 dalam kesucian dan limpah dengan 7 KPR).

Padahal di luar lingkungan Gereja, Antikris merajalela dengan segala dosa2 yang limpah yang sudah dilega-liser sehingga melawan Firman Tuhan dan penuh dengan dosa dan kejahat-annya. Mereka merasa ini indah, cocok dengan kedagingan yang dituruti se-bebas2nya, tetapi justru suasana Nera-ka menyala di tengah2nya. (LGBT dile-galkan, ini tidak memberi bahagia, te-tapi mengikat mereka dengan kesu-kaan dosa yang sesaat. Pembunuhan yang kejam sudah muncul dengan ma-cam2 teror yang dahsyat lebih kurang 20 tahun terakhir. Macam2 perubahan dan kejahatan dalam uang dan perubahan2 industri dan perdagangan, karena kemajuan tehnologi dengan ha-sil2 yang tidak terduga terjadi). Tetapi jangan kuatir Tuhan yang Maha tahu sudah jauh lebih maju daripada man-usia sejak dunia ini belum diciptakan Yes 55:2 dan Tuhan sudah mem-beritahu lebih dahulu Yes 42:9. Semua hal dosa dan kejahatan yang luar biasa terjadi, sehingga dosa dengan cepat sekali tumbuh sampai puncak2nya seperti yang dinubuatkan Tuhan Wah 22:11.

Tetapi bagi kita ini kesempatan yang luar biasa indahnya, sebab kita ikut dalam Surga di bumi, di tengah2 suasana Neraka di dunia (Ini Neraka yang terbatas, sebab dikalahkan dan dibatasi oleh Tuhan Allah yang Maha kuasa yang ada dalam Gereja akhir zaman).

Kalau kita bersedia kita akan masuk dalam golongan yang suci makin suci, yang menang melawan segala arus do-sa yang jahat dan kejahatan yang begitu banyak makan korban, tetapi Tuhan sanggup memelihara umatNya Maz 91:7 dengan kemenangan yang ajaib untuk kemudian ikut dalam peng-angkatan dan sebagian juga menjadi sempurna.

PROYEK PENAMATAN ALLAH.

Penamatan berarti selesai, yaitu orang2 menjadi seperti Kristus yaitu 144.000 orang yang sempurna seperti Kristus, dan yang lain sudah meningkat maksimal, meskipun belum penuh/ sempurna seperti Kristus. Kalau jumlah orang dengan ukuran kasih Kristus yang penuh dan yang lain, meskipun belum sempurna, tetapi ada kasih Kristus dalam tingkat2 dibawahnya, kalau jum-lah masing2 tingkatan sudah penuh, itu berarti rencana penamatan Allah se-lesai dan Tuhan datang.

3 angka penggenapan rencana Allah itu adalah sbb:

  1. Injil sampai di seluruh dunia Mat 24:14.
  2. Jumlah orang selamat genap. Ma-sing2 akan tumbuh sampai tingkat2 tertentu dan kalau jumlah masing2 tingkat sudah genap Rom 11:25, Tuhan datang.
  3. Kalau jumlah orang sempurna genap, ini adalah kuncinya, maka jumlah se-tiap tingkat di bawahnya juga sudah genap, lalu terjadi pengangkatan Wah 14:1. Menjadi seperti Kristus, termasuk golongan yang sempurna dan golong-an2 dalam tingkatan2 di bawahnya, tetapi semua tetap suci dalam segala segi hidupnya seperti Kristus, meskipun belum sempurna. Dan sampai dimana kita berubah seperti Kristus, baik penuh (100%, sempurna) dan tingkat-an2 di bawahnya, itu semua dapat di-simpulkan dalam satu kata yaitu kasih, kasih Kristus. Semua penuh kasih sekalipun dalam tingkat yang berbeda dan tampak dari pengorbanan dan be-las kasih akan jiwa2 yang diselamatkan, sehingga semua angka genap dan Tu-han datang. Sebab itu meningkatlah dalam kasih seperti Kristus dan itu tam-pak dari berapa banyak kita bersedia menyelamatkan jiwa2 sekitar kita (mengasihi mereka)!

Sebab itu kerjakanlah keduanya, tumbuh dalam kasih akan Allah (taat akan FirmanNya Yoh 14:21,23) dan kasih akan manusia 1Yoh 4:20, Luk 10:27, sehingga terbeban dengan belas kasihan untuk menyelamatkan orang2 di sekitar kita (termasuk juga saling me-numbuhkan sampai sempurna). Rin-dulah menjadi seperti Kristus, penuh kasih termasuk mengasihi jiwa2 untuk menyelamatkan mereka semua.

III. BAGAIMANA KITA BISA IKUT DALAM PROYEK PENAMATAN ALLAH?

Semua ini tidak otomatis, sebab kita bukan mesin, kita harus mengerti dan memilih. Segala yang jahat dan keji yang mengancam umat Tuhan pada akhir zaman di seluruh dunia, ini menyala global (Luk 12:49) menjadi ujian akhir bagi umat Tuhan Wah 3:10. Kalau kita:

  1. bersedia baik2 (dengan 7 KPR plus) kita akan ikut dalam rencana Allah yang gilang gemilang, tetapi
  2. yang tidak bersedia akan gugur dan hanyut dalam arus tsunami dosa dan kejahatan yang dahsyat dan kesem-patan itu diambil daripadanya, diberi-kan pada orang lain yang mau bersedia Wah 2:5, Mat 21:43. Jadi kita harus memilih lalu melakukan pilihan kita itu!

Jadi kita bisa ikut dalam rencana Allah yang heran itu, hanya kalau kita mau ber-jaga2 dengan betul, sehingga tumbuh terus dalam rencana Allah sampai pada arah kesempurnaan, mes-kipun tidak semua dapat sampai pada puncaknya, tetapi yang tumbuh itu ada dalam rencana Allah yang heran dan mulia.

Apa tanda2nya orang yang ber-jaga2 dan tumbuh dalam rencana Allah yang maha suci ini?Inilah orang2 yang tumbuh dalam Ruangan Suci sampai sebagian tembus Tirai masuk dalam Ruangan Maha Suci. Paling sedikit tum-buh dalam kesucian dalam Ruangan Suci seperti ligabis dipimpin Roh. Orang yang tumbuh itu diukur dari kasih dalam hatinya dan itu berarti hidup yang berkenan pada Allah dalam segala segi hidup dan juga mengasihi orang lain (1Yoh 4:20). Orang yang bersedia, tumbuh dan penuh kasih itu terbeban untuk menyelamatkan jiwa2 di sekitar-nya dengan kasih Kristus. Memang “bisnis” Allah itu bukan uang, kedu-dukan dll, tetapi keselamatan jiwa2. Kita dapat pahala, mahkota kalau kita juga mau terbeban menyelamatkan jiwa2 dengan kasih! Kasih yang menye-lamatkan itu penuh dengan pengor-banan dan belas kasihan. Tetapi ini juga menjadi buah2nya bagi Tuhan.Orang yang makin tumbuh, makin limpah kasihnya dan seperti Kristus, makin terbeban untuk menyelamatkan jiwa2 di sekitarnya, dalam “pancinya” masing2 dan di mana2 se-banyak2nya menurut pimpinan Roh Kudus. Miliki belas kasihan dan pengorbanan karena kasih Kristus yang terus ber-tambah2 dalam hati kita. Orang yang makin limpah dengan kasih Kristus itu akan menjadi berkat, menyelamatkan jiwa2 di mana2. Dan orang2 yang tumbuh ini (penuh kasih yang menyelamatkan) akan masuk dalam golongan istimewa yaitu golongan 1551 yang akan di-angkat hidup2an. Kita harus mengerti rencana Allah dan kesempatan yang disediakan bagi kita, yaitu tumbuh dalam kasih, sehingga menggenapkan keselamatan jiwa2 di sekitar kita, dan rencana Tuhan tamat dan orang yang ikut dalam rencana Allah, akan ikut dalam pengangkatan. Dapatkan kesem-patan itu, tumbuh dalam kasih dan menyelamatkan jiwa2 dengan kasih dan ikut dalam pengangkatan.

DUA CARA MENYELAMATKAN JIWA2.

Yaitu yang betul dan yang salah:

  1. Yang betul dengan kasih, itu berarti dengan tulus, dengan hikmat dan kuasa Allah dan sungguh2 berusaha dengan segala cara, dengan pengorbanan dan belas kasihan.
  2. Yang salah maksudnya juga menye-lamatkan, tetapi bukan dengan kasih Fil 1:15-18. Jadi ada orang membe-ritakan Injil atau usaha menyelamatkan jiwa2 dengan kasih, ini yang betul Fil 1:17, tetapi yang lain dengan dengki (tidak mau kalah, ingin merebut ke-dudukan dan popularitas, atau ingin uang, penghargaan dll) Fil 1:15-16. Te-tapi dengan cara apapun, Injil tetap diberitakan dan masih bisa dipakai Tuhan untuk menyelamatkan jiwa2 Fil 1:18-19. Paulus tetap bersukacita, se-bab sekalipun dengan dengki, perlawa-nan, dengan tidak tulus, pura2 dll, jiwa2 yang mau percaya tetap selamat, sebab Tuhan bekerja dalam orang2 yang mau percaya dan bertobat, lewat apapun. Tetapi orang2 yang berusaha dengan salah, sekalipun menyelamat-kan jiwa, tetapi bukan dengan kasih, melainkan dengan maksud tujuan yang laindan heran, masih bisa! Misalnya lewat orang yang undur, tetapi ber-cerita tentang Tuhan Yesus, atau orang2 yang masih hidup dalam dosa, tetapi bekerja meskipun tidak tulus, mencari jiwa, masih mungkin berhasil seperti Elime-lech yang melawan Fir-man Allah, keluar dari Israel ke Moab, menghasilkan pertobatan Rut dan Orpa, tetapi Elimelech nya sendiri dan 2 putranya yang undur dari Tuhan, mati di Moab. Begitu juga orang2 yang me-nyelamatkan beberapa banyak orang, tetapi hidup dalam dosa, mereka dito-lak di Surga Mat 7:21-23. Sebab itu jangan seperti ini, melakukan peker-jaan Tuhan, kadang2 dengan hasil yang cukup banyak, tetapi ia tetap dalam dosanya atau undur dari Tuhan, se-hingga binasa jiwanya. Sayang, tetapi ini dijelaskan Tuhan agar kita tahu bedanya dan memilih, supaya jangan sampai pelayanannya tidak mengha-silkan pahala, dan orangnya sendiri binasa! Jangan seperti ini. Tuhan menyediakan mahkota bagi jiwa2 yang kita menangkan 1Tes 2:19, tetapi kita sendiri harus tetap dalam kesucian bahkan tumbuh sampai ke akhir. Sebab itu hiduplah benar dan penuh dipimpin Roh, sehingga kita tumbuh dalam kesucian, sukacita, sejahtera sampai masuk dalam Surga kekal.

Dengan kasih ilahi ini kita me-nyelamatkan jiwa, sehingga dihitung oleh Tuhan, menerima kemuliaan yang kekal. Tetapi ada yang memberitakan Injil dengan dosa itu seperti penunjuk jalan, yang mengajarkan jalan yang betul pada orang yang ingin bertobat dan diselamatkan, sehingga ia sampai di tujuan (yaitu Surga), tetapi yang jadi petunjuk jalan, sudah menunjuk jalan yang betul, tetapi si penunjuk jalan sendiri, tetap di tempat, di luar kera-jaan Allah. Sebab itu tumbuhlah de-ngan betul, makin seperti Kristus dalam kesucian, dalam 7 KPR, sehingga juga tumbuh dalam kasih ilahi, dan punya sukacita Surgawi yang makin limpah sampai ke akhir. Pertumbuhan ini ditandai dengan mengasihi jiwa2, se-hingga terbeban untuk menyelamat-kannya, dan justru dalam pelayanan ini kita makin tumbuh dan makin mulia 2Tim 2:20-21. Dengan demikian kita makin meningkat di hadapan Allah dalam kemuliaan, se-jalan dengan per-tumbuhan kasih Kris-tus yangmenjadi ukuran terakhir pada saat peng-angkatan, menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal di Surga (bahkan ada yang bisa menjadi sem-purna). Kita juga menerima mahkota karena me-nyelamatkan jiwa2 dan menumbuhkan mereka 1Tes 2:19.

KESIMPULAN.

Menyelamatkan jiwa2 karena kasih dan belas kasihan ilahi, sehingga mereka percaya. Selama ada kasih Kristus dan belas kasihan ini dalam hati kita, kita terus menerus menyelamatkan jiwa2, melepaskan dari hukuman dan seng-sara Neraka kekal. Kita harus terus terbeban dan berkorban sepanjang umur hidup kita sampai Dia datang. Lebih2 pada akhir zaman ini ikutlah menyelamatkan lebih banyak jiwa2 un-tuk menggenapkan angka2 keda-ta-ngan Tuhan, dan kita akan ikut dalam rencana penamatan Allah, bahkan dengan demikian kita bisa bertumbuh makin cepat dan makin tinggi, dan mendapat kesempatan untuk ikut dalam pengangkatan, sebab ini adalah rencana Allah bagi semua yang ikut dalam menggenapkan 3 angka keda-tangan Tuhan.

 

Nyanyian:

Kukasihi kau dengan kasih Tuhan.