M4174 – Matius 22:1-14. Pesta Kawin Raja (PKAD)

MAT 22:1-2. PERUMPAMAAN.

Pesta Kawin Raja adalah suatu pesta (juga ditulis dalam Luk 14:15-24) yang mempunyai arti yaitu Pesta Kawin Anak Domba (PKAD) dalam Wah 19. Disini kita melihat:

  1. Ini adalah golongan 1401 (Wah 14:01), yaitu Mempelai Kristus, jum-lahnya 144.000 orang yang ada di gu-nung Sion dengan Kristus sebagai Mempelai laki2 yaitu Anak Domba Allah.

Pesta Kawin ini terjadi dalam 3,5 ta-hun II Minggu ke-70 Daniel, selagi di bawah, di dunia ada pesta keji dari iblis, Antikris dan pengikutnya. Apa ini? Inilah orang2 yang tertinggal, yang ber-tobat kembali, dianiaya dan dibunuh dengan sadis, menjadi pesta keji para pembunuh. Jadi dalam waktu bersa-maan yaitu 3,5 tahun II, ada Pesta Ka-win Anak Domba di Surga dan pesta Antikris di dunia.

Di dalam 3,5 tahun yang I, di dunia ada Gereja Tuhan yang sedang disem-purnakan, juga ada 3 Antikris yang I-III Dan 7, yang menyempurnakan mempe-lai Antikris dalam dosa yang sempurna WAh 17:1,3.

Golongan 1401 adalah puncak tertinggi dari rencana Allah yang dige-napkan jumlahnya dalam 3,5 tahun I. Selain itu ada orang2 yang diundang, yang akan ikut dalam Pesta Kawin Anak Domba ini.

Yang diundang hadir adalah:

  1. Golongan 1416 (1Tes 4:16) semua orang percaya sejak Adam yang setia sampai mati, ikut dalam kebangkitan I pada waktu Tuhan Yesus datang II (pa-nen besar 1Kor 15:23).
  2. Golongan 1551 (= 1417, 1Tes 4:17). 3. Golongan 1102 (yang bertobat dan mati dalam zaman Antikris lebih kurang 1-2 miliar), tetapi ini tidak ikut Pesta Kawin Anak Domba, sebab golongan ini baru akan bangkit pada akhir Pesta Kawin ini. Jadi yang selamat kira2 7-9 miliar.

MAT 22:3. DIUNDANG, TETAPI TIDAK MAU DATANG.

Orang yang diundang adalah orang2 yang sudah percaya pada Tuhan Yesus, golongan K II (yaitu orang2 yang tahu akan menghadapi pengangkatan), te-tapi tidak percaya, tidak peduli, sebab itu tidak mau ber-jaga2 Mat 24:42. Ini orang2 yang diundang, tetapilekat de-ngan yang fana, sehingga tidak mau bersedia. Inilah orang2 K II yang jatuh, undur, mendua, bercabang, suam, jumlahnya sangat banyak 1Tim 4:1. Ini termasuk orang yang masih ke Gereja, tetapi sebab tidak mau bersedia sung-guh2, tertinggal.

Mengapa terjadi kemunduran yang begitu dahsyat pada akhir zaman? Sebab:

  1. Polarisasi dosa dan kesucian Wah 22:11. Dosa dan kejahatan diizinkan Allah meningkat sampai puncak2nya, ini jadi godaan dan ancaman bagi orang beriman yang tidak bersedia, tidak punya pondasi yang kuat, sehingga jatuh dalam dosa, sebab tidak mau bersedia Mat 7:21-23.
  2. Syarat minimum untuk bisa ber-tahan (survive) pada akhir zaman juga meningkat, sebab tingkatan dosa me-ningkat sangat tinggi, sehingga orang beriman yang tidak tumbuh melebihi ini akan jatuh, undur atau suam (ber-cabang hati). Kalau dahulu ligabo sudah cukup baik, tetapi pada akhir zaman akan gugur, harus ligabis, punya perse-diaan minyak, yaitu selalu penuh dan dipimpin Roh dalam keadaan apapun (MAK DSY = di Mana pun, dalam hal Apapun, Kapan pun, Dahulu, Sekarang dan Yang akan datang). Ligabo, tidak punya persediaan minyak, inilah orang2 yang tidak bersedia.

Kalau dahulu syarat keselamatan hanya di Pintu Gerbang, tetapi pada akhir zaman (dalam polarisasi) ini dibu-tuhkan minimum Pintu Kemah (selalu penuh dan dipimpin Roh seperti liga-bis). Apalagi kalausudah masuk Minggu ke-70 Daniel, maka yang tidak bersedia akan gugur atau meninggalkan Gereja jalan sempit  Kis 5:(1-)13, kalau tidak, orang yang setengah hati, yang hidup dalam dosa akan kena hukuman yang dahsyat dan mati seperti Ananias dan Safira 2Kor 10:6. (Ilustrasi: Dahulu lulusan SMP cukup, sekarang lulusan S1 pun masih sulit dapat pekerjaan).

  1. Ini adalah masa penamatan rencana Allah, yang puncaknya adalah dalam Minggu ke-70 Daniel. Semua harus meningkat, kalau tidak, tidak bisa ikut dalam proses penamatan supaya Ge-reja siap diangkat. Kalau tidak bersedia (2442), tidak ikut proses penamatan Allah, tidak ikut pengangkatan, akan tertinggal.Meningkatlah, jangan men-dua, ber-jaga2 sungguh2 dengan 7 KPR+, sehingga bisa masuk dalam go-longan Gereja yang siap diangkat.

Pada masa ini banyak kejatuhan (1Tim 4:1), sehingga banyak orang ber-iman tidak peduli dengan undangan atau kedatangan Tuhan (pengangkat-an) suatu masa yang dahsyat, sehingga 4 Gereja akhir zaman pindah atau tinggal di jalan lebar! Wah 2-3.

MAT 22:4. ALLAH SUDAH SIAP.

Pesta sudah disiapkan. Rencana Allah tidak pernah gagal atau meleset. Tang-gal kedatangan tidak akan diundur, justru dipercepat Mat 24:22, Mrk 13:20 dan kita yang bersedia harus ikut serta dalam proyek ini 2Pet 3:12, Rom 9:28. Bersedia dan ikut pengangkatan (1551) tergantung dari kita sendiri, sebab bagian Allah pasti digenapkan tanpa kurang.

MAT 22:5-6. PARA UNDANGAN TIDAK PEDULI BAHKAN MELAWAN.

Ada ber-macam2 alasan, semua karena cinta dan terikat pada isi dunia yang fana ini 1Yoh 2:15-17. Bahkan bebera-pa membunuh utusan Tuhan, meng-olok-olok (2Pet 3:3) dan mengambil tin-dakan kebencian yang dahsyat, me-ngacaukan dan membelah Gereja Tu-han. Orang2 ini akan tertinggal dan tidak selamat, apalagi syarat minimum (untuk bisa bertahan tetap selamat), itu meningkat. Sebab itu timbul 2 ma-cam Gereja/ golongan, yaitu Gereja SMA-DR (Ini golongan Gereja jalan Sempit, bukan jalan lebar. Gereja se-perti  Maria, bukan  seperti Marta, se-perti Abraham, bukan seperti Lot, seperti Daud, bukan seperti Salomo yang jatuh dalam kelimpahan kesukaan yang berdosa. Gereja yang jalan dalam Roh, bukan dalam daging).  Orang2 yang mau ber-sedia (dengan 7 KPR+) akan menjadi Gereja SMA-DR, tetapi yang tidak mau ber-jaga2 akan jatuh dalam dosa dan tertinggal (inilah Gereja LML-SD). Kita bersedia di jalan sempit seperti ligabis, bukan seperti ligabo.

MAT 22:7. ORANG2 YANG UNDUR DAN MELAWAN TUHAN.

Tuhan mengizinkan pasukan-Nya untuk menghukum mereka yang terus ber-tambah2 dalam dosanya dan melawan, dan memecah Gereja Tuhan.   Siapakah pasukan yang dikirim ini? Sama seperti anak2 Ayub yang dosanya melebihi batas, iblis menuntut dan Allah mem-biarkan pasukan iblis membunuh anak2 Ayub sampai mati. Begitu juga orang2 yang undur (banyak masih tetap ke Gereja, tetapi tumbuh dalam dosa), jadi korban dari kekejaman iblis, An-tikris dan pengikutnya.

Caranya ber-macam2, ada banyak orang2 beriman diguncang-ganjingkan dan jadi korban oleh perubahan2 dalam dunia politik, keamanan, ekonomi, budaya yang dikuasai kaki tangan Antikris. Tetapi sebetulnya sebabnya adalah karena menolak un-dangan Raja, tidak mau bersedia, jatuh dan hanyut dalam polarisasi dosa se-hingga jatuh ke tangan iblis dan jadi korban, meskipun masih dalam Gereja, masih jadi “anak2nya Ayub”, dahsyat! Tetapi orang yang ber-jaga2 mengerti rahasia akhir zaman, tetap bersedia, tidak takut bala kematian itu, sebab ada janji rahasia Allah 1Kor 15:51. Korban besar2an ini tidak bisa ditolong dengan cara apapun, juga dengan doa syafaat, sebab sudah diserahkan Allah, karena mereka menolak undangan Allah, tetapi ikut tumbuh dalam pola-risasi dosa, sehingga menjadi korban.

MAT 22:8. YANG MENOLAK DIGANTIKAN ORANG LAIN.

Allah tidak pernah gagal, jumlah semua yang selamat akan genap Rom 11:25. Mereka yang menolak akan digantikan orang lain yang mau Wah 2:5, Mat 21:43. Semua diberi waktu untuk menerima dan taat atau tidak. Semua ada batas waktunya, misalnya zaman Nuh 120 tahun, Niniwe 40 hari. Pohon Ara 3 tahun + 1 tahun, dll. Juga untuk Gereja akhir zaman ada batas wak-tunya. Mereka yang tetap keras hati sampai melewati waktunya, akan hi-lang kesempatannya dan diberikan pa-da yang lain yang mau. Jangan bodoh, pakailah kesempatan ini dengan berse-dia, kalau tidak, kesempatan untuk hidup yang kekal itu hilang!

MAT 22:9-10. UNDANGAN BERTAMBAH SANGAT BANYAK.

Mengapa tiba2 jumlahnya menjadi begitu banyak?

Ini adalah hasil kegerakan hujan Akhir di akhir zaman, puncaknya, sehingga banyak orang bertobat. Ini menambah jumlah K II. Orang2 jalanan yang baik dan jahat, semua datang memenuhi Pesta ini. Orang2 yang sudah bersedia sejak lama, sebab itu mereka diundang, tetapi sekarang justru cinta isi dunia yang fana, menolak undangan itu. Ini menggenapi “yang mula2 jadi yang terkemudian”, sebab undur. Mereka tidak tinggal dalam kesucian dipimpin Roh, tidak selalu penuh dengan Firman Tuhan, 7 KPR. Jangan ada celah dalam ber-jaga2, jangan ada dosa dan per-cintaan dunia, setan akan masuk lewat celah yang kecil, sehingga yang mula2 jadi yang terkemudian! Mat 19:30, Mrk 10:31, Luk 13:30. Hati2 jangan sampai ditipu perkara2 duniawi, janji2 tehno-logi tinggi dan kesukaan dosa sesaat seperti Hawa; justru pada waktu akan masuk dalam Pesta Kawin Anak Domba di akhir zaman. 2Kor 11:2-3.

Banyak orang jalanan dan cacat (Luk 14:21); sebelum masuk Minggu ke-70 Daniel, sekarang, mengalami per-ubahan, mau ikut dalam Pesta Kawin Raja. Ternyata mereka bisa ikut, sebab mereka bisa berubah menjadi baru dan mulia oleh kuasa Allah. Dosa dan ca-cat2 kecil, besar bisa berubah. Allah sanggup mengubah menjadi baru dan menumbuhkan. Tetapi orang yang sampai sekarang sudah bersedia, akan masuk dalam rencana Allah yang lebih indah, dalam pengangkatan (1551) dan sebagian jadi 1401. Meskipun demi-kian, semua yang mau bertobat seka-rang, pada akhir zaman ini, juga masih dapat berubah dengan cepat dan efi-sien, tetapi untuk pertumbuhan, tetap perlu waktu. Putra manusia Yesus (con-toh yang ideal) untuk persiapan, sebe-lumnya butuh waktu 30 tahun untuk pengolahan. Sebab itu jangan menunda untuk sungguh2 bertobat dan tumbuh, perlu waktu! Orang yang sekarang te-rus menikmati Firman Tuhan seperti Daud Maz 1:2-3, Maz 119:103, dan tumbuh dalam kesucian, tidak akan sampai jatuh dalam polarisasi dosa akhir zaman Maz 119:92, tetapi tum-buh dalam rencana Allah. Rencana Allah pasti genap, jumlahnya genap, yang mau sungguh2 pasti akan untung, yang mendua akan hanyut, jatuh dan celaka!

Punya pengertian yang betul, ambil keputusan yang baik, istimewa masuk dalam kesempatan besar (golongan 1551) dan tekun terus dalam 7 KPR+, bersedia, sebab waktunya sudah dekat! Kalau toh mati, Tuhan belum datang, tetap tidak rugi, malah untung besar, sebab sampai dimana kita tumbuh, itumenjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal!

MAT 22:11-12. ORANG UNDANGAN TETAPI TIDAK MEMAKAI PAKAIAN PESTA.

Keadaan disini menunjukkan seleksi, sebab orang yang tidakpunya pakaian pesta kawin, tidak boleh ikut dalam Pesta Kawin Raja (PKAD) dan ini adalah orang yang tertinggal (1102) dan seba-gian mati jadi korban polarisasi dosa dan kejahatan yang meningkat. Tetapi mereka yang sungguh2 mau bersedia mulai sekarang, itu punya pakaian kesucian, yaitu tetap hidup dalam kesucian dipimpin Roh, limpah dengan 7 KPR+, akan bisa ikut dalam golongan 1551, sesuai dengan tingkatan2 rohani yang bisa dicapainya! Biasanya ting-katannyarendah sebab tidak cukup waktu untuk pengolahan supaya bisa tumbuh (ada banyak tingkatan2 yang ber-beda2 dari 6-7 miliar orang di dalam Surga!). Mereka yang sekarang sudah bersedia, bisa menikmati lebih efektif fasilitas akhir zaman yang leng-kap dan limpah. 3 Pribadi Allah sendiri nyata dalam Gereja dan pelayanan orang sempurna, sehingga yang sudah bersedia bisa tumbuh dengan cepat seperti Kristus.

Akan ada banyak pertobatan sebe-lum Minggu ke-70 Daniel, sehingga jumlah orang beriman akan meningkat, juga orang2 yang mau bersedia, sebab bukan hanya dosa yang meningkat, tetapi juga kesucian meningkat tinggi di tengah2 keadaan dosa dan kejahatan yang  meningkat tinggi sampai ke pun-cak2nya. Tetapi orang2 beriman yang mau bersedia baik2 sejak lahir baru, sejak sekarang, itu lebih untung, sebab punya waktu lebih banyak, sebab kesempatan dalam umur hidup kita terbatas, lebih2 di akhir zaman yang cepat ini.

MAT 22:13. TEMPAT TANGISAN DAN KERTAK GIGI DI DUNIA.

Wai orang2 beriman (K II) yang sudah tahu dan melihat begitu banyak tan-da2, pembukaan Firman Tuhan dan ke-gerakan Roh Kudus yang besar, tetapi tidak mau bersedia, namun mereka mau ikut dalam Pesta Kawin Anak Domba, tetapi tanpa pakaian pesta, akan ditolak dan masuk dalam aniaya Antikris yang terbesar, Neraka di bumi! Ini juga disebut tempat tangisan dan kertak gigi, tetapi masih di dunia, inilah Neraka di dunia, yaitu zaman Antikris IV dimana seluruh dunia diserahkan dalam tangan Antikris selama 3,5 tahun = 1260 hari.

Jadi dalam masa penamatan ren-cana Allah ini, kita akan melihat ada Surga dan Neraka di bumi dalam Minggu ke-70 Daniel. Surga di bumi dimulai pada 3,5 tahun sebelum peng-angkatan, di mana Gereja menjadi ajaib dan sangat indah seperti di Surga, se-olah2 Bapa, Putra dan Roh Kudus itu pindah ke dunia, luar biasa, ajaib, mulia. Sebab itu kita mengalami Surga di bumi.

Dalam Luk 12:54 dikatakan bahwa di Barat waktu awan naik, hujan turun. Dari Timur sampai Barat berati pertumbuhan sampai pada kesempur-naan. Di Barat, itulah tempat orang2 yang sudah tumbuh ke arah kesem-purnaan (dalam Ruangan Suci)tampak awan pekerjaan Roh Kudus naik (se-perti tiang awan naik dari atas Ruangan Suci dan orang Israel berjalan), lalu datang hujan Akhir yang lebat, me-numbuhkan mayang gandum menjadi matang, siap dituai untuk masuk dalam lumbung Allah, inilah pengangkatan.

Dalam Luk 12:55 dikatakan tentang angin Selatan ini gambaran pekerjaan iblis, maka bumijadi panas terik. Dari Selatan akan terbit angin ribut Maz 78:26, Zak 9:14. Memang api menyala dari Selatan yang akan membakar pohon2 di hutan Yez 20:47-48. Pedang datang dari Selaatan ke Utara.

Raja Utara akan mengalahkan raja Selatan Dan 11:5,15. Ini semua men-ceritakan tentang kerajaan Utara (yaitu kerajaan Allah Maz 48:2-3) yang me-ngalahkan kerajaan Selatan. Tetapi sesudah pengangkatan, kerajaan Sela-tan akan berkuasa atas seluruh dunia dan banyak pohon2 (orang) yang dite-bang, istimewa orang yang tertinggal dan yang bertobat kembali kepada Tuhan. Kalau angin Selatan bertiup dan tidak ada Raja Utara, maka seluruh dunia akan terbakar menjadi neraka.

Neraka di bumi.

Dalam 3,5 tahun I neraka di bumi ini terbatas, sebab ada Gereja dengan 3 Pribadi Allah di dalamnya, lengkap de-ngan segala fasilitas akhir zaman ter-masuk pelayanan orang sempurna, 5 jabatan dll. Sebab itu orang2 yang jahat (3 Antikris I-III, dan pengikutnya) tidak bisa merajalela dengan bebas, baik dalam dosa2 dan kesukaan dosanya, juga dalam kekejaman kejahatannya pada umat Tuhan, sebab dibatasi oleh Gereja yang ajaib. Sebab itu di dalam Gereja, keadaannya seperti Surga di bumi, tetapi di luar Gereja, keadaannya seperti neraka di dunia. Orang2 pada umumnya seringkali tidak bisa membe-dakan, sebab semua orang (anak2 te-rang dan anak2 gelap dari luar tidak berbeda, bahkan dalam 1 Gereja dan 1 rumahpun ada 2 golongan ini Luk 12:52-53. Keadaan dahsyat, banyak korban, tetapi orang2 berdosa juga ti-dak bisa membedakan, sehingga ber-pikir, kemungkinan jahat ini bisa terjadi pada semua orang, sehingga banyak yang ketakutan dan rebah mati Luk 21:26. Padahal semua itu ada sasaran-nya dan orang2 golongan 1551 pasti terpelihara dalam kuasa Allah, sebab hanya golongan yang tidak ber-jaga2 akan banyak yang jadi korban, juga orang dosa.

Tetapi sesudah pengangkatan, du-nia berubah total menjadi neraka tan-pa batas, sebab Gereja yang ajaib de-ngan 3 Pribadi Allah sudah mening-galkan dunia 2Tes 2:7; lebih2 juga semua setan dalam penjaranya dilepas-kan ke dunia (dalam Sangkakala 5 dan 6) dan merajalela di dunia, dunia betul2 jadi neraka tanpa batas!

Nyanyian:

Sungguh tidak lama lagi, Tuhan Yesus datanglah.