M4132 – Kis 1:11. Siap Ditinggal Dan Siap Dijemput

PENDAHULUAN.

Pesan yang diberikan Allah kepada mu-rid2 Tuhan Yesus lewat malaikat itu adalah 1 set (sepasang) yaitu tentang TYI (kedatangan TYKI) dan TYII (keda-tangan TYKII). Ini sepasang yang tidak bisa terpisahkan, berhubungan satu sa-ma lain dan melengkapi. Hanya salah satu, tidak lengkap, harus keduanya.

TY I (KI).

Mengapa Putra manusia Yesus begitu lama berkeliling ke sana-sini dan baru 40 hari sesudah bangkit, Ia naik ke Sur-ga? Semua ada sebab dan maksudnya. Ia melayani murid2Nya selama itu dan ini diceritakan dalam Kis 1:1-8, supaya murid2Nya siap untuk ditinggalkan lalu dipimpin Roh sampaitarget atau goal-nya tercapai yaitu benih gandum itu su-dah tumbuh dalam hujan Awal yaitu Gereja mula2 lahir.

Jadi ini adalah bagian terakhir dari TYII.

TY II (KII).

Ini berbeda 2.000 tahun (Yus 3:4, 2.000 hasta) dan juga berbeda dalam banyak hal, tetapi berhubungan dan bersam-bungan.

Kalau gandum itu sudah tumbuh mayangnya sampai matang yaitu Gere-ja yang sudah disempurnakan, siap untuk diangkat, baru Kristus datang kembali di awan2 menjemput Gereja yang sudah siap dan matang. Gereja yang matang atau sempurna itu bukan berarti semua orang beriman sudah sempurna, sebab Gereja atau orang2 yang selamat itu terdiri dari banyak tingkatan dan masing2 tingkatan ada jumlahnya, dari tingkat yang paling rendah sampai tertinggi.

Tuhan sudah tahu lebih dahulu jum-lah setiap tingkatnya. Kalau jumlah ma-sing2 sudah genap, berarti  Gereja su-dah sempurna dan Tuhan akan men-jemputnya.

SIAP DITINGGALKAN.

Mula2 mereka ketakutan waktu Putra manusia Yesus di salib, mereka bersembunyi dalam pintu yang dipa-lang (terkunci). Tetapi sesudah melihat bukti2 kebangkitan dan pelayanan Pu-tra manusia Yesus (pelayanan orang sempurna) dengan begitu banyak raha-sia2 kebenaran Firman Tuhan, murid2 tidak lagi takut, stress atau bingung, tetapi mereka sekarang bisa bersuka-cita dan penuh pengharapan, sebab se-karang mereka bisa mengerti rencana Allah yang sudah dijelaskan. Sesudah mereka bertekun 10 hari di kamar lo-teng sesuai dengan pesan Kristus (Luk 24:49) mereka dibaptis oleh Roh Kudus dan sekarang bisa berjalan dalam Roh, melanjutkan berjalan dengan Putra ma-nusia Yesus. Gereja tumbuh dengan kuasa Roh Kudus dan mereka siap memberitakan kabar kesukaan itu sampai di seluruh dunia Mat 28:19.

III. SIAP UNTUK DIJEMPUT.

Kalau Gereja sudah siap, jumlah setiap golongan genap, baru Tuhan Yesus bisa datang kembali menjemputnya, mere-ka berubah dalam sekejab dan ikut pe-ngangkatan 1Kor 15:51-52. Perbedaan Gereja waktu ditinggalkan dan dijem-put itu antara lain:

  1. Jumlahnya berbeda. Gereja mula2 hanya beberapa puluh atau ratus ribu orang di antara orang Yahudi dan me-luas pada segala bangsa, tetapi Gereja akhir zaman yang siap itu, sudah leng-kap terdiri dari segala bangsa di seluruh dunia dan jumlahnya besar, mungkin 700-800 juta orangdari seluruh dunia.
  2. Tingkatnya berbeda. Tingkat kecam-bah dan tingkat mayang yang sudah matang. Ini adalah gambaran dari Gereja yang lahir dan Gereja yang di-sempurnakan dalam hujan Akhir.
  3. Ujian dan pengolahannya berbeda. Gereja mula2 mengalami ujian yang cukup berat dan banyak yang mati sya-hid. Ujian Gereja akhir zaman lebih be-rat, dan mereka yang tidak bersedia akan gugur dan jumlahnya cukup ba-nyak 1Tim 4:1, mereka menjadi korban dosa dan kejahatan dan binasa jiwanya.

Mereka yang masih akan bertobat diserahkan pada iblis untuk disiksakan tubuhnya supaya selamat jiwanya seperti dalam 1Kor 5:5 dan dalam akhir zaman secara ber-sama2 dalam zaman Antikris Wah 13:7, Mat 24:21. Mereka yang bersedia juga mengalami banyak kesulitan yang lebih berat, tetapi ini menjadi pengolahan. Kalau setiap kali lulus dalam banyak pencobaan, akan tumbuh dengan cepat. Ini dimungkin-kan dengan perlengkapan yang cukup (seperti Wah 12:1 yang sama dengan 1Kor 12:4-6 dalam tingkat yang penuh), maka mereka bisa terusmenang, bah-kan terus bertumbuh secepat kilat Mat 24:27 dari Timur (Pintu Gerbang) sam-pai Barat (Tabut), sehingga semua ang-ka2 kedatangan Tuhan genap Mat 24:27. Ini terjadi dalam 3,5 tahun I M70-D dengan cepat dan Gereja Tuhan siap untuk ikut pengangkatan, juga orang yang sudah mati dalam Kristus akan bangkit lebih dahulu dan ikut da-lam pengangkatan, bertemu Tuhan.

  1. Kalau Gereja sudah siap, maka Tu-han datang menjemput Gereja yang sempurna (3 Angka kedatangan Tuhan genap. 1. Mat 24:14, 2. Rom 11:25, 3. Wah 14:1). Sebab itu kita sekarang su-dah harus terus bersedia dan siap da-lam jalur yang betul, yaitu jalan sempit, dalam kesucian dan 7 KPR ekstra, maka dalam M70-D kita juga masuk dalam puncak kesucian dan mengalami, Surga di bumi, menjadi Gereja yang ajaib.

TARGET PENAMATAN RENCANA ALLAH.

Gereja dalam Wah 12:1 lepas dari kejaran Naga dan diberi Tuhan 2 sayap burung nazar sehingga terbang ke padang gurun dan dipelihara Tuhan disini jauh dari mata ular. Inilah Gereja yang diangkat.

  1. Kesempatan besar. Hidup di akhir zaman sebagai GAZ (Generasi Akhir Zaman) adalah kesempatan yang indah dari Tuhan, sebab mereka yang percaya (golongan KII) yang bersedia Mat 24:42 akan tumbuh dalam polarisasi dosa dan kesucian (2211), yang tidak bersedia (ada dosa, suam, mendua dll) akan ha-nyut dalam tsunami dosa, sehingga makin besar dan jahat dosanya, binasa dalam tangan iblis untuk kekal. Kita ha-rus mengambil keputusan dengan te-gas untuk ikut yang mana. Jangan sia2kan kesempatan yang indah bagi yang mau bersedia.
  2. Bersedia, sebab tidak tahu waktu-nya Mat 24:36,42. Orang yang tidak bersedia seperti ligabo akan tertinggal. Orang2 ini masih bisa selamat kalau mau bertobat sesudah tertinggal, te-tapi diserahkan dalam tangan Antikris sampai mati dalam aniaya Antikris Wah 13:7. Mereka mengalami Neraka di bumi, sengsara seperti Neraka sebab algojo setan2 dari semua penjara setan dalam alam berzakh diizinkan naik di bumi (Wah 9, hujan roh setan I dan II) mereka menderita sampai mati, baru lepas (di neraka kekal, tidak bisa lepas, sebab tidak ada kematian lagi). Pilih salah satu, yaitu Surga di bumi atau Neraka di bumi. Sangat dahsyat, kita harus siap di jalur yang betul supaya bisa masuk dalam puncak kesucian yang indah.
  3. Sempurna lahir batin. Belum pernah terjadi di dunia, rohnya bisa sempurna, tetapi juga tubuhnya juga disempurna-kan. Memang yang betul2 sempurna hanya 144.000, tetapi yang lain di ba-wahnya, tetapi juga mengalami pene-busan lahir batin lengkap pada waktu pengangkatan Rom 8:23. Suatu hal yang terindah dan hanya satu kali ini dalam sejarah dunia dan manusia, yaitu pada hari pengangkatan, golongan 1551. Jangan suam atau mendua/ ber-cabang, sebab akibatnya dahsyat ka-rena terseret dalam Polarisasi dosa yang kuat, masuk dalam puncak2 dosa yang sangat keji (2211).
  4. Rencana Allah dalam Alkitab pasti genap Luk 1:37. Ini akan terjadi pada waktu Dia datang kembali, yaitu pada saat pengangkatan.

PENGOLAHAN.

Apa yang harus kita lakukan dan apa yang akan dilakukan Allah untuk me-nyempurnakan GerejaNya?

  1. Waktunya sudah dekat. Kita harus sadar untuk bersedia, sebab waktunya bukan hanya hampir habis, tetapi juga dipercepat 2Pet 3:12, Mat 24:22. Orang yang tidak mau bersedia, akan terlambat dan itu bisa berarti kese-lamatan yang kekal akan hilang, kecuali lewat api zaman Antikris 1Kor 3:15.
  2. Pengolahan 2211 (Wah 22:11) Ke-adaannya sangat kontras, yang suci makin suci, yang dosa makin najis dan bedanya makin lama makin besar sekali. Orang yang tidak bersedia pasti gugur.
  3. Kesempatan masuk golongan 1551 (1Kor 15:51 ikut pengangkatan). Ini di-mulai sekarang, sebab kalau baru mau masuk dalam Minggu ke-70 Daniel (M70-D) sudah terlambat 1Pet 4:18. Sekarang sudah harus menyangkal diri untuk bisa tumbuh dan maju dalam jalur yang tepat dari Pintu Gerbang ke Tabut. Jangan sampai terlambat dan sia2 seluruh pengiringan kita ikut Tu-han, sebab tidak mau ber-jaga2 dan tinggal di jalur yang betul. Sebab itu jangan sia2kan kesempatan emas yang Tuhan berikan kepada kita yang hidup sebagai gaz (Generasi Akhir Zaman). Tetap setia sebagai golongan KII dan bersedia, maka kita dapat masuk dalam golongan yang akan ikut pengangkatan (golongan 1551) dan mengalami Surga di bumi yang sangat indah dan ajaib (Wah 12:1). Tetapi orang yang hidup (atau undur) dalam dosa, akan hanyut dalam polarisasi (tsunami dosa) 2211 sebagian mati menjadi korban dosa dan kejahatan (mulai mengalami Nera-ka di bumi yang sangat dahsyat) dan akhirnya binasa, masuk Neraka; Seba-gian yang masih hidup akan masuk dalam puncak2 Neraka di bumi yaitu zaman Antikris. Kalau mereka mau bertobat kembali dan setia sampai mati dalam aniaya zaman Antikris (Wah 13:7) masih selamat meskipun mene-rusi api 1Kor 3:15.

Jadi hidup dalam gaz ini kesem-patan untuk masuk dalam Surga di bumi atau Neraka di bumi yaitu dengan memilih hidup suci atau menurut daging dalam  dosa dalam Polarisasi 2211. Yang tidak mengerti dan tidak mau memilih dengan pengorbanan (menyangkal diri, tetap di jalan sempit, di atas Mezbah, pikul salib) akan ha-nyut dalam polarisasi dosa sehingga mengalami Neraka di bumi. Menuruti daging, dunia dan iblis tampak senang, puas, indah, tetapi itu dusta setan, seperti pada Hawa. Dusta iblis men-janjikan tingkat hidup indah seperti Allah, tetapi sesudah menuruti iblis, Hawa dan Adam jatuh dalam dosa dan merasakanhidup penuh penderitaan dosa di dunia, lain daripada di Eden. Begitu juga tipu daya iblis yang mena-warkan hidup senang seperti Surga (te-tapi iblis tidak punya Surga), itu hanya siasat, umpan dan tipu daya iblis untuk menyeretnya ke dalam Neraka kekal. Luk 21:34-36, Mat 24:38, Mrk 13:33. Jangan sampai tertipu. Jangan plin-plan, mendua, bercabang hati sehingga suam tetapi berusaha habis2an untuk masuk dari pintu yang sempit Luk 13:24, sehingga tetap dalam kesucian, bisa bersedia sungguh2 (2 gomer man-na, ligabis, persekutuan dalam Roh da-lam tubuh Kristus, berdoa, ibadah, 7 KPR). Tetaplah dalam jalan sempit, suci dipimpin Roh, supaya bisa bersedia ekstra dan boleh masuk dalam go-longan 1551 yang akan ikut peng-angkatan.

  1. 2.000 hasta sudah sampai Yus 3:4, 15-17. Mula2 Israel berjalan 2.000 has-ta (lebih kurang 800-900 meter) di belakang Tabut yang menjadi patokan untuk berjalan dalam padang gurun yang tidak ada tanda2 pengenal, tidak ada patokan sehingga semua orang mudah sesat di dalamnya. Orang Israel punya patokan Tabut (begitu juga kita yang hidup di akhir zaman ini, akan bisa mengenal keadaan zaman Mat 16:3 dan punya patokan arah yang tepat, kalau kita bisa melihat Tabut itu 2.000 hasta ke depan. Kita harus mengerti nubuat Allah tentang akhir zaman yang pasti akan terjadi, sebab Allah sudah tahu lebih dahulu. Ini jadi patokan kita sehingga tidak sampai keliru ke sana-sini. Bahkan patokan ini sudah bisa dilihat 2.000 tahun sebelumnya yaitu sejak hari kenaikan Putra manusia Yesus, murid2 sudah punya patokan arah hidup yang tepat sebab mereka bisa melihat “Tabut” (yaitu rahasia akhir zaman menurut Firman Tuhan), sehingga mengerti bahwa sesudah KI ada KII, yaitu percaya dan mengerti bahwa Kristus akan datang kembali kedua kalinya. Ini jadi patokan yang tepat.

Kalau sudah sampai waktunya, Ta-but yang dipikul imam2 itu berhenti di dalam sungai Yordan, maka sungai Yordan yang me-luap2 itu jadi putus, airnya tertahan sampai ke hulu yaitu sampai kota Adam di sebelah Zaretan. Lalu air yang ke mudik ke laut mati kering, sampai semua orang Israel habismenyeberang. Ini menceritakan bahwa kalau sudah sampai waktunya Tabut (rahasia peristiwa akhir zaman itu digenapkan, betul2 jadi), maka se-mua orang Israel terus berjalan men-dekat dan semua menyeberang sungai Yordan yang meluap itu. Hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Ini meng-gambarkan tentang pengangkatan yang akan terjadi kalau waktunya sudah sampai, semua nubuatan Allah tentang akhir zaman genap, yaitu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel, sampai selesai, maka umat Tuhan (golongan 1551) sudah hilang, ikut dalam pengangkatan.

Semua ini punya arti rohani, yaitu di dalam proses persiapan pengangkatan sejak mulai Minggu ke-70 Daniel sam-pai terjadi pengangkatan. Kita melihat hal2 yang terjadi, yaitu: timbul orang sempurna, 12 rasul hujan Akhir, yang bersedia tumbuh secepat kilat, semua dipersiapkan untuk pengangkatan, lalu jadilah pengangkatan itu. Mereka yang tidak bersedia seperti ligabo akan tertinggal dan masuk dalam puncak Neraka di bumi yaitu aniaya zaman Antikris.

KESIMPULAN.

Ini semua yang diberitakan Allah lewat malaikatNya pada kita, yaitu 1 set rencana Allah, kedatangan Tuhan yang I dan II.

Kita harus bersedia dengan betul dan sungguh2, ekstra lebih dari hari2 yang lalu (1 gomer menjadi 2 gomer, ligabo jadi ligabis, yang suci terus tum-buh dalam polarisasi 2211, tidak boleh mendua, harus bisabersekutu dalam Roh seperti Trinitas Yoh 17:23, dan terus di jalur yang betul dipimpin Roh dalam jalan sempit).

Jangan mengabaikan atau me-nyia2kan kesempatan yang besar ini, masuk Surga di bumi lalu ikut peng-angkatan (1551) atau masukNeraka di bumi sampai dalam laut api. Jangan sia2kan. Orang beriman bisa memilih, jangan bodoh seperti Hawa. Sekalipun kita belum tahu waktunya, tetaplah tumbuh di jalan yang selamat, supaya selamat dan mulia sampai kekal.

 

Nyanyian:

– Satu kali akan ada, hari senang buat saya.

– Ada pertemuan di udara.