M4131 – Wahyu 12:1, 1korintus 12:4-6. Jabatan-Jabatan Dalam Gereja

GEREJA DIPERSIAPKAN.

Allah mahatahu dan rencanaNya sem-purna. Dengan rinci dan teliti Gereja sudah dipersiapkan baik2 sehingga menjadi sempurna lalu diangkat hi-dup2an ke Surga. Bentuk Gereja yang diangkat ditulis dalam Wah 12:1. Pe-rempuan ini adalah Gereja  akhir za-man, bukan Gereja yang sempurna, yang disebutkan dalam Wah 19:8. (Catatan: Gereja yang sempurna itu bu-kan semua orang2nya sempurna, tetapi terdiri dari banyak tingkatan dan se-mua tingkatan itu Tuhan sudah tahu jumlahnya danjumlahnya itu genap, itulah Gereja yang sempurna; antara lain 3 Angka yang digenapkan yaitu :

  1. Seluruh dunia sudah mendengar Injil Mat 24:14.
  2. Jumlah yang selamat genap, segala tingkatan Rom 11:25 dan
  3. Jumlah yang sempurna, genap, yaitu 144.000 Wah 14:1. (Inilah Gereja yang sempurna).

Gereja akhir zaman diperlengkapi dengan matahari, bulan, dan bintang ini pekerjaan 3 Pribadi Allah yang me-lengkapi Gereja. Perlengkapan yang di-berikan ditulis dalam 1Kor 14:4-6.

Sebetulnya satu Pribadi Allah, mi-salnya Bapa dapat melaksanakannya sendiri, bahkan sudah lebih dari cukup untuk memperlengkapi dan menyem-purnakan Gereja, tetapi sebab begitu cinta, Mereka (Bapa, Putra, dan Roh Kudus) senang selalu bekerja ber-sa-ma2 dalam manusia, sambil membagi pekerjaan, sehingga lebih mudah dan lebih sistematis dimengerti manusia.

MENGAPA PERLU DIPERSIAPKAN?

Bukankah Allah bisa langsung mencip-takan manusia yang sempurna, sehing-ga tidak banyak menderita dalam dosa dan kejahatan yang makin ber-tam-bah2? Allah bisa, tetapi ini rencana Allah, sebab :

  1. Manusia diciptakan sebagai mahluk bebas bukan mesin atau robot yang bisa diciptakan langsung sempurna.
  2. Manusia bisa memilih, yang percaya dan cinta Allah, itu diolah sehingga se-bagai mahluk bebas, tetap memilih Allah dalam segala keadaan dan suci sampai sempurna, meskipun ada pilih-an yang lain, ada godaan yang nikmat bagi daging, tetapi tetap setia dan taat melakukan kehendak Allah, sampai mati. Ini seperti Kristus. Pil 2:8.
  3. Untuk tahu mutu yang baik, suci dan kasih seperti Allah, manusia diberi tu-buh daging (tubuh manusiawi), se-hingga bisa digoda untuk menikmati tabiat seperti iblis yang cinta dosa. Sebab itu dosa dan kejahatan dibiarkan meningkat sampai puncaknya untuk menggoda dan menekan. Tetapi me-reka yang sungguh2 taat dan setia, tetap memilih Allah bukan menuruti daging, dosa dan iblis, dan dengan de-mikian diolah sampai menjadi sem-purna seperti Kristus 1Kor 11;1, Yoh 10:35, Mat 5:48. Sebab itu ada proses pengolahan yang cukup panjang, tetapi yang taat dan setia menjadi seperti Allah dan di Surga, tetapsetia sampai kekal, tidak lagi berontak sebab sudah lulus ujian dan pengolahan dalam dunia yang penuh dosa ini.

SYARAT2 BISA MEMAKAI PERLENGKAPAN ALLAH.

Allah menyediakan lengkap dan sem-purna bagi mereka yang mau menurut rencana Allah, pasti bisasebab Allah maha kuasa. Tetapi ternyata tidak se-mua orang beriman mau dipersiapkan, justru ada yang memilih dosa sehingga binasa. Memang selamat itu tidak oto-matis, sebab manusia harus memilih Luk 12:57 (manusia bukan mesin atau robot). Kalau sudah lulus diolah dan diuji di dunia, satu kali dalam Surga un-tuk kekal tidak ada lagi yang berontak seperti penghulu malaikat Lucifer yang menjadi iblis dan musuh Allah yang kekal.

Syarat2 untuk bisa memakai per-lengkapan ilahi, sehingga bisa menjadi sempurna dalam kesucian seperti Allah adalah:

  1. Memilih untuk percaya, taat dan cin-ta Allah untuk selamanya. Sekalipun ada gangguan dan kerugian seperti Ay 13:15.
  2. Tetap tinggal dalam Kristus Yoh 15:5 dan sungguh2 taat sampai seumur hi-dup, sampai mati, sekalipun ada pen-deritaan apapun Wah 2:10.

Kalau dua syarat utama ini ditaati kita bisa memakai semua perlengkapan Allah yang heran ini, masuk dalam pe-ngolahan sampai tamat dengan sem-purna menjadi seperti Allah dan masuk dalam kesukaan kekal ilahi dalam Trinitas Allah (kita masuk lewat Kristus yang menjadi Kepala kita 1Kor 11:3).

PERLENGKAPAN ALLAH.

Kita sudah diberi perlengkapan yang cukup untuk tumbuh menjadi sempur-na (bahkan dalam Wasiat Lama sudah ada 3 orang yang menjadi sempurna: Elia, Musa dan Henokh) pasti juga ada dalam Wasiat Baru. Tetapi dalam pena-matan rencana Allah dalam Minggu ke-70 Daniel, yang tumbuh sampai sem-purna ada 144.000 Wah 14:1.

Perlengkapan yang sekarang: Pene-busan, baptisan dan pimpinan Roh Ku-dus, tanda2, Firman Tuhan dll yang disingkatkan dalam 7 KPR itu sudah cukup baik, termasuk hujan Awal, te-tapi untuk mematangkan gandum Tu-han akan ekstra beri hujan Akhir. Se-mua perlengkapan yang ada diting-katkan sampai sempurna sesuai de-ngan pengolahan dan ujian akhir za-man yang top Wah 3:10, dimana dosa dan kejahatan juga sampai di pun-cak2nya Wah 22:11, Luk 12:49, juga timbul manusia iblis (antikris) dan kawan2nya.

Pada saat ini perlengkapan Allah ju-ga sudah ditingkatkan maksimal, sem-purna, yaitu: 1Kor 12:4-6.

  1. Dari Roh Kudus, karunia2 Roh (juga buah Roh, dipimpin Roh dll). (Sudah diterangkan dalam M4130).
  2. Jabatan2 dari Putra Allah.
  3. Perbuatan ajaib dari Allah Bapa yaitu 1 set rencana lengkap untuk mengolah orang2 beriman dari permulaan sampai sempurna.

JABATAN2 DARI PUTRA ALLAH.

Ef 4:11-14. Lima jabatan ini biasanya ada pada pimpinan seperti 12 rasul (ju-ga 12 rasul hujan Akhir), juga nabi, penginjil, gembala dan guru.

Dalam 1Kor 12:27,31. Ada tambahan mujizat, kesembuhan, pertolongan, pe-merintahan, bahasa lidah, menaf-sirkan.

Dalam Rom 12:4-8 juga diceritakan anggota2 tubuh Kristus dengan fungsi yang ber-beda2.

Pemberian, bukan upah.

Tuhan tahu lebih dahulu pelayanan apapun yang terbaik bagi masing2 kita. Ini ditentukan Tuhan Yoh 15:16. Ini bukan penentuan tentang keselamatan (harus memilih sendiri dan percaya Yoh 3:16), tetapi tentang jabatan, apa yang paling tepat untuk masing2. Biasanya itu nyata sesudah orang itu menjadi dewasa rohani. Kanak2 belum dapat diberi beban, tetapi jadi beban. Sebab itu tumbuhlah secepat mungkin men-jadi dewasa rohani. Perlu penggem-balaan, istimewa oleh gembala kecil dalam pelayanan pribadi, supaya tum-buh menjadi dewasa dan bisa berfungsi dalam jabatan masing2. Mula2 lakukan apa saja yang ditugaskan dan diker-jakan, sampai Tuhan meyakinkan tem-pat jabatan yang tepat, buahnya akan limpah dan tumbuhnya akan cepat sekali.

MACAM2 JABATAN.

  1. Rasul. Ada 12 rasul utama hujan Awal yang mulai melahirkan Gereja mula2. Sesudah itu ada lagi rasul2 lain. Pada akhir zaman akan muncul 12 rasul hujan Akhir yang akan memimpin Ge-reja masuk dalam kesempurnaan. Ini adalah penafsiran dari 24 ketua2 ber-mahkota di hadapan Anak domba. Dalam Wah 4:10-11. Gereja Tuhan dibangun atas Kristus sebagai batu penjuru, lalu rasul2 dan nabi sebagai alasnya, kemudian semua yang lain Ef 2:19.
  2. Nabi bernubuat, hidupnya sangat tertib untuk menertibkan Gereja dalam hujan Akhir sehingga bisa tumbuh ke-pada kesempurnaan 2Kor 10:6. (Dalam hujan Awal untuk membangun Gereja mula2).
  3. Penginjil. Ada 2 macam orang yang menginjil yaitu penginjil, biasanya jum-lah jiwa2 yang dimenangkan banyak, tetapi juga setiap orang wajib meng-injili orang di sebelahnya, ini juga peng-injil dalam ukuran kecil yaitu garam dan terang dunia Mat 5:14-16.

Setiap orang wajib mengasihi orang di sebelahnya, yaitu menyelamatkan jiwa-nya seperti dalam Luk 17:27-37.

  1. Gembala. Juga ini ada gembala2 se-bagai pemimpin, biasanya dalam jum-lah yang besar. Tetapi juga setiap orang yang cinta Tuhan itu menggembalakan domba2 Tuhan Yoh 21:15-17 seperti dalam Kel 18:21. Gembala2 ini penting untuk menumbuhkan domba2 sampai dewasa dan tahu jabatannya masing2 dalam tubuh Kristus sehingga ber-sama2 bisa bekerjasama untuk tumbuh menjadi sempurna. Gembala harus se-lalu memberi makan domba Tuhan Maz 23:2. Semua pemimpin2 dalam Gereja juga berfungsi sebagai gembala untuk yang dipimpin, bukan hanya untuk pelayanan tetapi untuk kesela-matan jiwanya Ibr 13:17 dan pertum-buhannya sampai dewasa, sehingga tahu jabatannya supaya bisa pelayanan lebih efektif sesuai jabatannya kepada rencana penyempurnaan Allah. Juga orangtua adalah gembala untuk anak2-nya, kecuali anaknya bertobat lebih dahulu.
  2. Guru. Terutama dalam mengajar Fir-man Tuhan, juga pembukaan2 baru su-paya Gereja bisa tumbuh sesuai per-kembangan zamannya kepada kesem-purnaan, lebih2 menjelang Minggu ke-70 Daniel.

Jabatan2 ini sekali2 mungkin ada rangkap 2Tim 1:11, apalagi kalau orang sempurna, bisa merangkap semua dan tidak bisa jadi sombong atau dosa lainnya (sombong dan dosa2 lain itu sa-ngat membatasi pertumbuhan pelayan Tuhan) dan sanggup melakukan semua-nya. Ini terutama muncul dalam Ming-gu ke-70 Daniel.

PERTUMBUHAN PELAYANAN.

Perlu diperhatikan bahwa semua ang-gota tubuh Kristus tumbuh dan bebe-rapa tanda2 yang penting adalah:

  1. Rohaninya tidak lagi kanak2, tetapi matang, bisa terus tumbuh dalam ke-sucian (tidak jatuh bangun, tidak mi-num susu terus Ibr 5:12-15) dan tum-buh dalam tabiat baru makin seperti Kristus.
  2. Ada gairah pelayanan yang bertang-gungjawab dan menemukan jabatan apa yang diberikan Tuhan atau diten-tukan Tuhan Yoh 15:16.
  3. Mutu rohani di hadapan Tuhan itu tidak sama dengan besarnya jabatan di hadapan manusia, seperti orang Parisi dan pemungut cukai yang baru berto-bat itu lebih benar sebab bertobat Luk 18:14, Mat 23:15. Mutu dan kepujian kita ditentukan oleh Tuhan Rom 2:29. Sekalipun pelayanan yang paling kecil, bisa membawanya tumbuh sampai sempurna dan itulah ukurannya untuk kekal di Surga. Mutu di hadapan Tuhan itu yang paling perlu, misalnya cowek, uleg2, sepatu, cincin emas itu berbeda ukuran dan faedah penggunaannya, tetapi harganya berbeda. Kalau besar di hadapan manusia tetapi ditolak oleh Tuhan itu sia2 Mat 7:22-23.
  4. Dalam Gereja perlu bertumbuh sega-la macam jabatan, besar kecil supaya lengkap, baru Gereja bisa tumbuh kuat kepada kesempurnaan. Satu jabatan kurang bisa menimbulkan kepincangan, sebab itu perlu semua anggota tubuh Kristus masing2 menemukan tempat pelayanannya dan melakukannya se-hingga bisa saling mengisi dan bertum-buh seimbang dalam rencana Allah yang indah.

FAEDAH BERMACAM2 JABATAN DALAM TUBUH KRISTUS.

  1. Spesialisasi buahnya lebih efektif, lebih banyak dan mutunya lebih baik! Ingat 7 KPR bukan spesialisasi, itu un-tuk semua orang!
  2. Pertumbuhan rohani masing2 akan lebih efisien dan cepat selain hasil yang lebih besar, juga jiwa2 baru yang mulai dari bayi rohani bisa cepat tum-buh dewasa. Kerjasama yang indah itu dalam kesucian dan kasih, tidak ada dosa iri, benci, sombong, cinta uang dll! Setiap dosa itu menjadi celah untuk setan masuk dan merusak.
  3. Kerjasama ilahi. Kalau spesialisasi ja-batan makin nyata perlu kerjasama yang makin indah, ini sekaligus me-numbuhkan mutu Gereja dan masing2 dan menumbuhkan kita kepada kesem-purnaan Yoh 17:21,23.
  4. Pelayanan jabatan ini untuk seka-rang, untuk mengarah kepada kesem-purnaan, bukan sesudah pengangk-atan! Sebab itu kita perlu mengerti, mendoakan dan menemukannya lalu bisa bekerjasama dengan indah di dalam tubuh Kristus yang bisa tumbuh terus sampai pengangkatan.

Kerjasama ini harus menjadi kompak seperti 1 orang Hak 20:11, kompak da-lam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7. Jangan membesarkan salah satu orang dan mengecilkan yang lain, sebab se-mua dari Tuhan, kita hanya alat2nya, patut segala kemuliaan diberikan ke-pada Tuhan. Justru kalau kita melihat kekurangan2 seseorang saudara kita bersyukur akan kemurahan Tuhan yang masih menolong dan segera tolong menolong memperbaiki yang salah dalam pelayanan Roh dengan kasih dan kesucian (ingat sebagai Tabib, bukan sebagai penuduh Mat 9:12). Jangan ingin menonjol, akan direndahkan Mat 23:12. Justru orang yang bisa diren-dahkan itu akan ditinggikan dan terus ber-tambah2. Dan anggota yang lemah dan kecil dikuatkan sehingga bisa berfungsi kembali dalam tubuh Kristus dan semua tumbuh dengan sukacita 1Kor 12:23-27.

  1. Kekuatan yang besar dalam beker-jasama Im 26:8. Kekuatan masing2 bisa naik sampai 100 kali ganda, sampai sempurna. Paling tidak semua yang bi-sa bekerjasama dalam tubuh Kristus, kekuatannya naik, sehingga kuat berta-han dalam api kejahatan yang menyala di seluruh dunia, sebab kita ikut dalam api Roh Kudus yang ber-tambah2 sam-pai kepada kesempurnaan rencana Allah Luk 12:49. Ukuran kesempurnaan adalah kasih. Sebab itu kalau kita tumbuh, maka kasihnya akan tumbuh. Ini tanda pertumbuhan yang mutlak, yang bisa jadi ukuran yaitu kesucian dan kasih, bukan yang lain (1Kor 13:1-13). Semua yang lain diperlukan untuk menumbuhkan kesucian kita sampai puncak, bisa tetap suci, tidak bereaksi dosa sekalipun dalam macam2 penco-baan dan kesukaran dan dengan kasih Kristus tetap melakukan kehendak Allah. Seringkali pengetahuan itu me-ninggikan diri, tetapi kasih meneguh-kan hati dan membangun, terus tum-buh 1Kor 8:1b. Kita harus terus mener-tibkan diri dalam kasih dan kesucian, sebab orang yang sekarang tidak mau menertibkan diri, membiarkan dosa akan mudah hanyut dlaam arus dosa yang dahsyat, bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel, tidak bisa kembali lagi 1Pet 4:18.

KESIMPULAN.

Gereja harus dipersiapkan untuk hari2 yang akan datang, yang makin dahsyat. Baik perlengkapan yang sudah dipakai, harus ditingkatkan lagi dalam hujan Akhir ini, baik dalam karunia2 (dan buah) Roh, dalam jabatan dan pekerjaan ajaib Allah Bapa seperti Wah 12:1. Setiap anggota tubuh Kristus harus ikut serta, kalau tidak mereka yang terlepas dan menyendiri akan diterkam oleh singa2 ganas yang sudah siap menerkam di mana2 (1Tim 4:1!).

Meskipun hanya 1 talenta, kecil dan tidak tampak, kerjakan baik2, apa yang bisa kita lakukan untuk Tuhan dalam kasih dan kesucian, dan kalau kita makin dewasa, temukan akan jabatan2 yang tepat dari Tuhan. Tumbuhlah terus, sambil terus menggembalakan dan digembalakan supaya ber-sama2 tumbuh sampai pada rencana kesem-purnaan Allah. Sampai pelayanan kecil 1 talenta, meskipun kecil dan tidak menonjol, jangan disembunyikan, te-tapi kerjakan supaya ber-buah2 berke-nan kepada Tuhan.

Biasanya jabatan yang betul itu hasilnya besar, cepat tumbuh dan puas, sukacita dari Tuhan makin meningkat, dan ada peneguhan dari Tuhan dan tubuh Kristus.

Nyanyian:

Satu dalam Tuhan oleh darahNya (pengorbanan, kasih).

Satu dalam Negri yang suci (dalam kasih).