M4130 – 1Korintus 12:7-11. Diperlengkapi Dengan Karunia-Karunia Roh

PERLENGKAPAN ILAHI UNTUK GEREJA AKHIR ZAMAN.

Semua ini sudah diberikan Tuhan bagi Gereja, keadaannya naik turun sepan-jang zaman, tetapi karunia2 Roh Kudus itu limpah dalam hujan Awal dan hujan Akhir. Kita sudah mengalami, tetapi jumlahnya tergantung dari masing2 dan puncaknya akan terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel, waktu Gereja siap untuk diangkat.

HARUS DISIAPKAN.

Dunia makin limpah dengan segala pro-blem, kesukaran dan ancaman. Sepan-jang zaman Gereja lebih banyak meng-hindar atau terhindar dari macam2 problem dan bahaya, tetapi ada juga yang harus dihadapi langsung, konfron-tasi, ber-hadap2an. Tetapi dalam Ming-gu ke-70 Daniel hampir semua kesu-karan harus kita hadapi langsung de-ngan ber-hadap2an, bahkan Gereja akan menghadapi zaman Antikris (Dan 7:1-6). Sebab itu Gereja sudah harus diperlengkapi, harus mengerti dan tahu syarat2nya untuk memakai perleng-kapan Allah yang heran ini, tetapi ja-ngan takut, dengan Tuhan kita akan tetap menang.

Wah 22:11 akan makin nyata, baik dosa dan kesucian, keduanya makin meningkat. Perlengkapan dari Tuhan diberikan oleh Bapa, Putra dan Roh Kudus Wah 12:1. Itu terdiri dari:

1Kor 12:4. Karunia Roh (juga ada buah Roh, Gal 5:22-23), ini pekerjaan Roh Kudus.

1Kor 12:5. Jabatan2 (Ef 4:11) dari Putra Allah.

1Kor 12:6. Perbuatan2 ajaib dari Allah Bapa (dalam rencana Allah Ef 2:10, Yer 29:11).

Kita perlu mengenal dan belajar bisa memakai pemberian Allah, selain selengkap senjata Allah (Ef 6:12-17) tanda2 orang percaya Mrk 16:17-18, Firman Tuhan dll, sehingga kita bisa tetap  menang menghadapi segala pro-blem dan ancaman dari iblis dan kaki tangannya, yang makin lama makin te-rang2an ber-hadap2an dengan Gereja Tuhan.

SYARAT2 UNTUK BISA DIPERLENGKAPI.

(Tidak otomatis untuk semua orang beriman, misalnya Mat 7:21).

  1. Lekat dengan Tuhan terus menerus Yoh 15:5, termasuk hidup benar (ja-ngan bereaksi dosa, tetapi terus di-pimpin Roh dalam segala segi hidup, baik sekuler, ibadah, pelayanan dan menghadapi semua pencobaan) dan limpah 7 KPR. Kalau hidup dalam dosa, akan kecewa, sebab Tuhan tidak bisa bekerja penuh bahkan tidak bisa meno-longnya! Orang yang suam, mendua, jatuh bangun dalam dosa akan hanyut dan tsunami dosa yang makin dahsyat, akan mati dalam dosa atau tertinggal. Sekarang masih bisa bertobat kembali, tetapi makin lama makin sulit dan tidak lagi bisa dalam Minggu ke-70 Daniel 1Pet 4:18.
  2. Tumbuh makin seperti Kristus dalam segala segi 1Kor 11:1. Tumbuh dalam kesucian (bukan jatuh bangun apalagi jadi babi dan anjing 2Pet 2:22), tumbuh dalam tabiat baru, tabiat lama dibuang, taat melakukan kehendak Tuhan dan setiap hari harus tumbuh. Kalau seka-rang tidak tumbuh terus, akan terlam-bat, hidupnya akan pecah Luk 5:37-39.
  3. Kita harus mengenali perlengkapan ini semua supaya bisa memakainya de-ngan iman. Orang yang tidak mengerti akan keliru atau tersesat dan tidak mendapat apa2 Mrk 12:24. Kita akan mempelajari satu per satu dari karu-nia2 Roh (lain kali kita pelajari yang lain), supaya kita diperlengkapi baik2 dan hidup berkemenangan dengan Tuhan.

KARUNIA2 ROH KUDUS.

Ada 9 karunia Roh. Cara pemakaian yang betul:

  1. Harus penuh dan dipimpin Roh. Tumbuh dalam kesucian dan bisa dipimpin Roh (dapat mendengar suara Roh dengan betul dan dapat taat de-ngan betul oleh kuasa Roh Kudus Zak 4:6, Pil 4:13). Tidak sulit, minta bap-tisan Roh dan berjalanlah dalam Roh. Tanpa ini rasul2 dan orang Kristen mula2 tidak akan sanggup.
  2. Semua dalam kesucian, tujuan yang tulus, tidak ada dosa atau rencana do-sa. Tidak mungkin Roh Kudus bekerja dalam dosa. Jangan memakai karunia Roh untuk menuruti kehendak sendiri apalagi kehendak daging, akan gagal, bahkan iblis yang bisa menyelusup. Se-bab itu hadapi segala perkara dalam pimpinan Roh dan tidak bereaksi dosa (kebencian, sombong, iri, ingin hal2 dosa dll!).
  3. Diberikan menurut kehendak Roh sendiri, bukan menurut kemauan kita 1Kor 12:11. Jadi kita tidak bisa memilih karunia yang mana sesuka kita, tetapi sesuka Roh Kudus yang memang tahu segala hal dengan sempurna. Sebab itu kita harus menunggu, tidak mendekte Roh Kudus, tetapi taat pada pimpinan-Nya.
  4. Tekun berdoa senantiasa dalam Roh 1Tes 5:17, Ef 6:18, sebab dengan demi-kian kita lebih mudah berjalan dalam Roh, mendengar suara Roh dan menda-pat karunia2 itu yang disalurkan lewat suara Roh!
  5. Menyampaikan karunia Roh, bukan terutama dengan tehnik cara2 me-nyampaikannya, tetapi hidup yang ber-kenan pada Tuhan dalam Roh, maka Tuhan juga memberitahu cara2nya. Bu-kan pengalaman, tetapi hidup berke-nan. Sebab itu orang barupun bisa melakukannya bahkan keledaipun bisa bicara Bil 22:28.
  6. Roh Kudus bekerja dalam kita, yang melakukan dengan memperalat kita yang mau taat sepenuhnya. Tentu kita harus menjadi saluran yang bersih, tidak boleh kotor! Simson pada bagian terakhir, hidup dalam dosa, sekalipun sudah pengalaman, semua sia2.
  7. Karunia2 ini bisa sendiri2 atau kom-binasi, tergantung Roh Kudus.
  8. Kita harus yakin itu dari Roh Kudus Rom 9:1 dan dengan iman lakukanlah. Kalau belum yakin, berdoa terus sam-pai Tuhan yakinkan.
  9. Siapa saja asal sudah penuh dan di-pimpin Roh, bisa dipakai Roh Kudus untuk menyalurkan karunia2 Roh.

Ada 3 golongan karunia2 Roh:

HIKMAT.

(Pikiran Allah masuk dalam pikiran kita). Yaitu harus berbuat atau berkata apa! Kadang2 harus menung-gu, ter-gantung Roh Kudus (Yoh 8:6,7). Jangan kuatir Roh Kudus tidak pernah terlam-bat atau salah. Putra manusia Yesus waktu hendak dibunuh lari, te-tapi se-sudah sampai waktunya tidak lari seka-lipun bisa, justru menyerahkan diriNya pada prajurit2 yang sudah rebah. Juga Paulus lari ke Damsyik dalam keran-jang, tetapi pada waktu yang lain Roh memimpinnya untuk ke Yerusalem dan ditangkap di sana Kis 9:25; 21:13. Bu-kan seperti Yohanes, Yakobus yang ti-dak memakai hikmat Allah, tetapi se-maunya sendiri Luk 9:54-55. Juga da-lam menjawab pertanyaan atau pro-blem2, lebih2 yang sulit dan banyak. Waktu menghadapi 5.000 laki2 (semua-nya lebih kurang 20.000) Ia tahu harus berbuat apa yaitu memecahkan roti. Putra manusia Yesus limpah dengan karunia Roh, belajar daripadaNya, baik dalam mengatur rumah tangga, peker-jaan (juga yang sekuler), pelayanan atau menghadapi problem atau ancam-an dll, minta hikmat Roh. Kalau kita memakai karunia hikmat pasti berhasil, sebab itu dari Roh Kudus yang tidak pernah gagal, kecuali orang itu salah dengar atau memakai hikmatnya sen-diri yang terbatas.

MARIFAT.

Allah itu mahatahu dan sedikit dari yang diketahui Roh, diberikan dalam pikiran kita sehingga kita juga tahu, mi-salnya Kis 5:3. Dalam memenangkan jiwa tiba2 kita tahu tentang orang yang kita layani, misalnya Yoh 1:47-48 (setan juga bisa memberitahu se-olah2 ma-rifat, sebab ia ada dalam dunia roh dan melihatnya sehingga tahu dan langsung memberitahu pada dukun yang dihu-bungi orang itu. Ini biasa untuk roh2 setan, tetapi kalau ia tidak melihatnya ia tidak akan tahu). Tuhan maha tahu, biarpun belum ada, atau tersembunyi dalam pikiran manusia, baru ada dalam hari2 yang akan datang, Tuhan tahu. Tuhan memberitahu untuk menolong kita menghadapi problem2 itu. Kalau Tuhan memberi karunia, kita akan yakin dari Roh. Jangan takut, terus berdoa dalam Roh dan kebenaran.

 

III. MEMBEDAKAN ROH.

Iblis adalah bapak pendusta, juga orang berdosa mudah berdusta, Roh Kudus akan menunjukkan pada kita keadaan rohnya dan roh setan apa yang bekerja dalam orang2 itu. Lebih2 dalam dunia occultisme yang makin marak dipakai sebab orang2 menghalalkan segala ca-ra, Roh Kudus menyatakan pada kita roh apa yang dihadapi dan kita bisa mengusirnya. Seringkali orang mudah tertipu dengan sikap munafik dan dusta setan. Ini bisa terjadi di Gereja atau di mana2, tetapi Roh Kudus bisa mem-beritahu kita, keadaan orang itu dan roh apa yang ada padanya dan kita bisa mengusirnya. Kalau belum tahu jangan kuatir, berdoa dalam Roh, Roh Kudus akan memberikan karunia yang tepat bagi kita. Murid2 tidak berhasil me-nyembuhkan orang yang sakit ayan, tetapi Tuhan tahu setan yang ada dan diusir, langsung sembuh Mat 17:15,18. Juga perempuan yang bungkuk, ter-nyata dirasuk setan Luk 13:11. Kita bu-kan saja tahu ada roh2 setan yang merusak, tetapi kita juga punya kuasa untuk mengusir setan Mrk 16:17, ker-jakan dengan iman dalam pimpinan Roh Kudus. Juga pekerjaan setan, gu-na2, gendam, menipu dll, hadapi de-ngan kuasa dan pimpinan Roh Kudus.

NUBUAT.

Karunia nubuat termasuk nomer 1 dan 2.

  1. Nabi2 yang bernubuat, tentang hal2 yang akan terjadi, misalnya Yerobeam akan jadi raja 1Raj 11:30. Yeremia ber-kata tentang 70 tahun dalam tawanan 2Taw 36:21, Kis 27:34 dll. Biasanya orang2 yang dipimpin Roh dapat pe-neguhan sehingga yakin akan nubuatan tentang peristiwa2 yang akan terjadi. Bahkan Tuhan berjanji akan membe-ritahu lebih dahulu, apalagi hal2 yang penting Amos 3:7, Mat 24:25. Sebab Tuhan tahu lebih dahulu dan hendak mempersiapkan umatNya supaya lulus dalam pengolahan dan tumbuh seperti Kristus. Tetapi Tuhan tidak memberi-tahu semuanya, sebab kita harus hidup dan berjalan dengan iman Rom 1:17, kecuali yang diperlukan.

Ini adalah pelayanan nabi2, tetapi kalau tidak ada nabi, orang yang penuh dan dipimpin Roh bisa dipakai Tuhan juga untuk bernubuat.

Biasanya semua nubuat tidak masuk akal, tetapi akan jadi.

  1. Karunia nubuat. Ini adalah kata2 dari Allah untukmeneguhkan iman, nasehat dan penghiburan1Kor 14:3. Dalam ber-cakap2 se-hari2, kalau kita dipimpin Roh, maka akan ada banyak kata2 dari Roh (nubuat) yang kita sampaikan, yang akan jadi berkat bagi yang men-dengar. Usahalah untuk terus bernu-buat seperti ini dalam ber-kata2 1Kor 14:1, maka kata2 kita akan betul dan menjadi berkat.

BAHASA LIDAH.

Ini paling kompleks sehingga banyak orang salah mengerti. Bahasa lidah adalah:

  1. Tanda baptisan Roh Kis 2:4,33; 10:46; 19:6.
  2. Bahasa doa 1Kor 14:14,18 dll.
  3. Karunia lidah 1Kor 12:10 (ini harus ada tafsirannya, tetapi yang lain tidak perlu ditafsirkan).
  4. Jabatan 1Kor 12:30 (sebagai jabatan hanya beberapa orang, tetapi sebagai tanda baptisan dll, semua bisa men-dapatkannya).
  5. Kalau diartikan akan jadi tanda bagi orang yang tidak percaya, sebab kata2 dari Roh itu bicara kepadanya 1Kor 14:22; 2:6. Tetapi kalau seluruh jemaat berdoa dalam bahasa lidah, itu bukan karunia, tetapi bahasa doa dan tidak perlu ditafsirkan, dan orang kafir akan meng-olok2 1Kor 14:22, Kis 2:13. Sebab Roh tidak memberi tafsirannya. Roh Kudus akan memberi karunia bahasa lidah pada waktuNya. Jadi bahasa lidah itu untuk semua orang, dan tidak perlu ditafsirkan, kecuali sebagai jabatan dan tanda bagi orang yang tidak percaya 1Kor 14:22,23, Kis 2:6. Sebagai bahasa doa, Paulus suka, kita semua banyak berdoa dalam Roh 1Kor 14:2,4,5,18, ini menguatkan iman dan ada hubungan rahasia dengan Allah oleh Roh Kudus.

MENAFSIRKANNYA.

Bahasa lidah sebagai karunia Roh itu harus ditafsirkan dan dilakukan satu demi satu bergantian, jangan ber-sa-ma2 1Kor 14:27-28.

Biasanya orang itu akan bicara keras supaya banyak orang mendengar dan yang lain mulai mereda. Tetapi doa dalam bahasa lidah, bisa ber-sama2, bisa dengan nyaring seperti paduan suara bahasa lidah. Faedah bahasa lidah itu begitu banyak (lihat buku: “31 faedah bahasa lidah),  bahkan itu tanda bahwa ada hadirat Tuhan yang menjadi berkat. Jadi tidak semua bahasa lidah harus ditafsirkan!

VII. IMAN.

Ada iman biasa, datang dari Firman Tuhan oleh pengurapan Roh Kudus Rom 10:17, 2Kor 3:6. Ini tergantung dari setiap orang, ada yang sesudah mendengar Firman Tuhan mau perca-ya, ada yang kurang atau tidak percaya. Dan iman seperti ini ada yang kecil, besar dan sempurna. Iman ini dari reaksi manusia (tidak semua mau percaya) dan iman ini harus dipelihara dan ditumbuhkan supaya jangan tetap kecil, tetapi jadi besar Mat 8:26, bahkan menjadi sempurna Yak 2:22. Ini iman (reaksi) kita dan kita menerima janji2 Tuhan sesuai dengan besarnya iman kita Mat 8:13. Imanmu Mat 9:22; 15:28; 17:20, Mrk 5:34; 10:52 dll. Tetapi karunia iman ini iman dari Roh Kudus, langsung jadi, masuk dalam hati kita dan hasilnyabiasanya selalu jadi. Iman dari Roh Kudus selalu besar atau sempurna, dan datangnya tiba2, kare-na diberi langsung oleh Roh Kudus se-suai dengan kebutuhan yang kita ha-dapi sebab kita mau taat dipimpin Roh, Roh Kudus yang bekerja, baik untuk pelayanan atau untuk diri kita sendiri dan pasti jadi.

Iman ini mencakup semua segi hidup, luar biasa. Juga bisa berlaku terhadap pohon, yang dikutuki jadi layu Mrk 11:20,21. Iman dari karunia Roh ini luar biasa. Tetapi kita juga harus punya iman sendiri (yang selalu ada dalam kita), tetapi di dalam orang yang di-pimpin Roh, tiba2 bisa timbul iman besar, karunia dari Roh Kudus. Jadi iman kita harus tumbuh, tetapi se-wak-tu2 kalau perlu Roh Kudus tiba2 bisa memberi karunia iman dan juga semua karunia2 lainnya (juga buah Roh, itu dari Roh Kudus) semua ini bisa me-numbuhkan kita lebih cepat sampai menjadi seperti Kristus).

VIII. MUJIZAT.

Berbeda dengan karunia iman, kalau mujizat langsung terjadi. Karunia iman butuh waktu beberapa saat, seperti po-hon yang kering, terjadi besoknya Mrk 11:13. Tetapi mujizat terjadi langsung, misalnya Tuhan suruh Petrus berjalan di atas air, langsung terjadi, angin jadi teduh, 5 roti cukup untuk 5.000 orang laki2, air jadi anggur dsb. Ada banyak mujizat yang terjadi. Kalau belum  ya-kin, berdoa lagi, Roh Kudus pasti akan melakukannya dengan sempurna. Ja-ngan ragu2, tetapi ini menurut kehen-dakNya, bukan kehendak kita! Hidup orang beriman biasa yang disertai Tu-han itu banyak tanda2 dan mujizat me-ngikuti Mrk 16:20, Ibr 2:4. Memang ini tidak sama untuk setiap orang, tergan-tung dari iman masing2, tetapi mujizat sebagai karunia Roh Kudus itu luar biasa, langsung dari Roh Kudus lewat kita dan langsung jadi. Memang ini terjadi menurut kehendak Roh, sebab itu kalau Roh Kudus memberi karunia2 dan itu akan nyata. Lebih2 waktu dosa dan kejahatan meningkat Wah 22:11, maka juga kesucian dan tanda2 dari Tuhan akan meningkat untuk me-nguatkan dan memperlengkapi Gereja. Sebab itu terus tekun penuh dan dipimpin Roh.

MENYEMBUHKAN.

Ada kesembuhan sebagai:

  1. Tanda2 orang percaya Mrk 16:18. Semua orang percaya dapat menyem-buhkan dengan iman dalam nama Tu-han Yesus, oleh bilurNya dan hasilnya tergantung masing2, misalnya di Na-zaret gagal, sebab tidak ada iman! Mat 13:58. Kadang2 dilakukan dengan mi-nyak juga Yak 5:14.
  2. Sebagai jabatan 1Kor 14:28. Hanya orang2 tertentu yang punya jabatan ini, biasanya penginjil dan jumlah yang sembuh rata2 banyak.
  3. Karunia kesembuhan, ini bisa mela-lui semua orang yang penuh dan mau dipimpin Roh dan ini dari Roh Kudus, langsung dan biasanya hasilnya penuh. Tentu kita harus menunggu dan sesuai dengan kehendak Roh bukan kehendak kita dan bukan dari kita. Jabatan hanya orang tertentu, tetapi tanda percaya dan karunia Roh Kudus untuk semua orang. Tanda2 orang percaya itu sesuai dengan besarimannya, tetapi karunia itu dari Roh Kudus, sebab itu sem-pur-na. Jadi orang yang baru penuh dan di-pimpin Rohpun bisa menerimanya. Penyakit makin banyak, ini suatu ke-butuhan dan Tuhan limpah membe-rinya, pakailah semua perlengkapan Allah!

KESIMPULAN.

  1. Karunia2 ini dari Roh Kudus untuk orang yang hidup penuh dan mau dipimpin Roh, tentu dalam kesucian.
  2. Kita bisa belajar banyak tentang ka-runia2 ini dari hidup Kristus dan rasul2 dalam 4 Injil, Kisah rasul dll.
  3. Karunia ini bukan spesialisasi, tetapi untuk semua orang yang mau, lebih2 kalau kita mengerti dan memenuhi syarat2nya, sesuai dengan kehendak Roh Kudus. Terimalah untuk menjadi berkat yang memuliakan nama Tuhan.
  4. Ini perlengkapan Allah bagi Gere-jaNya, lebih2 di akhir zaman, dimana dosa dan kejahatan sangat meningkat dan dahsyat, tetapi Tuhan juga sudah memperlengkapi lebih dahulu dan lebih banyak GerejaNya yang mau taat akan makin suci dan makin limpah dengan segala perlengkapan Allah yaitu ka-runia2, jabatan, pekerjaan ajaib Allah Bapa dll. Sebab itu kalau kita sudah mengerti, lakukan syarat2nya, terus tumbuh dalam Firman Tuhan dan Roh Kudus (dalam 7 KPR), maka kita boleh mengharapkan dan mohon dari Tuhan supaya semua perlengkapan ini limpah, sebab kita memerlukannya, termasuk karunia2 Roh.

Percayalah dan lakukanlah menurut pimpinan Roh Kudus. Teruslah limpah berdoa dalam Roh dan kebenaran, sehingga makin penuh Roh Kudus seperti ligabis dan terus taat menurut pimpinan Roh Kudus.