M4129 – Mazmur 127:1-2. Yang Taat, Tertolong

TUHAN SANGGUP.

Dalam ayat ini, tentang membangun, tentang keamanan, tentang keuangan dan semua lainnya, kalau Tuhan tidak tolong, hasilnya sia2. Memang orang2 harus bekerja baik2, bahkan dengan keras, tetapi tidak lepas dari tangan Tuhan. Selagi tidur, sudah diberikan Tu-han kepada umatNya, sehingga meng-alami sukses. Semua dari Tuhan 1Kor 4:7 (yang tidak percaya itu seperti Dan 4:30-31), tanpa Tuhan akan sia2, sebab itu kita harus tahu berterimakasih dan percaya dan harap pada Dia dan taat akan pimpinanNya, Dia sanggup mem-bereskan semuanya.

YANG MENGERTI DAN PERCAYA AKAN TINGGAL TENANG.

Cara2 Tuhan tidak terbatas dan semua sukses, tidak ada yang gagal. Sebab itu kita harus mengerti, tahu waktu dan pimpinan Tuhan, lalu taat maka semua akan selesai dengan baik. Misalnya Musa dan Israel waktu panik sebab dikejar tentara Firaun yang paling cang-gih pada waktu itu, dengan 600 rata perang pilihan dan rata2 lainnya dan tentara yang besar Kel 14:7. Musa mengerti dan percaya akan kuasa Allah tinggal tenang, tetapi orang Israel pa-nik, kemungkinan hidup baginya habis. Tetapi Musa percaya pertolongan Tu-han Kel 14:14; kenyataannya luar biasa. Mujizat Tuhan terjadi dan semua orang Mesir binasa, umat Tuhan selamat, luar biasa. Waktu orang Israel sangat keta-kutan menghadapi Goliat, termasuk Saul dan semua perwira2nya 1Sam 17:11,24. Daud yang tidak berpeng-alaman, tetapi “kenal” dan erat dengan Tuhan, tidak takut, menang, menjadi juru selamat bagi Israel sebab punya iman.

Petrus di penjara dan dijatuhi hu-kuman mati, tetapi ia tidur dengan te-nang sebab percaya pada Tuhan. Je-maat mendoakannya dan ia bebas, sederhana, tetapi ini mujizat besar. Paulus dan Silas di penjara tidak ada yang mendoakan, namun mereka me-nyanyi bersyukur dan Tuhan melepas-kan lewat malapetaka gempa Kis 16:25. Begitu juga Yacob lepas dari Laban dan Esau, Ayub dari 1 set malapetaka dll, sangat banyak. Semua umat Tuhan yang tidak mengerti (oleh Firman Tu-han) dan tidak percaya menjadi panik, berontak, marah dll. Coba tidak ada orang2 yang menolong, mereka mati sesuai dengan ketakutannya Ay 3:25. Tetapi orang yang percaya akan mengalami pertolongan Tuhan sesuai dengan imannya Mat 8:13. Percayalah.

III. MAT 24:25. TUHAN SUDAH MEMBERITAHU LEBIH DAHULU.

Sebelum hukuman datang, ber-ulang2 Tuhan sudah memperingati lebih dahu-lu, tetapi Israel yang tidak peduli, terus hidup di dalam dosa, akhirnya Israel hancur. Juga Yehuda 2Taw 36:14-16. Kalau kita mengerti Firman Tuhan, ma-ka kita bisa bersedia baik2 untuk meng-hadapi kesukaran yang manapun dan menang. Kita bisa mengerti keadaan zaman sekarang Mat 16:3 dari Firman Tuhan; patokannya adalah mengerti akhir zaman dari Firman Tuhan (itu pas-ti digenapi), maka kita tahu zaman kita sekarang ini akan mengarah kemana! Hidup ini seperti penaburan dan kita akan menuai, baik di dunia ini dan juga nanti dalam hidup yang kekal Gal 6:7-8. Dengan demikian Tuhan sudah mem-beritahu lebih dahulu yang akan da-tang, juga dari (absensi) ibadah dan kesaksian hidupnya, maka gembalanya masing2 (sistem Kel 18:21) akan dapat melihat nasib orang itu dari penabur-annya yaitu cara hidup dan ibadahnya. Kalau ini tidak baik, perlu dinasehati, supaya jangan sampai jadi korban dosa dan kejahatan yang terus meningkat. Gembala2 kecil perlu mengenali dom-ba2nya dan memberi pengarahan se-bab berkat dan pertolongan dan per-lindungan Tuhan itu tergantung dari masing2. Seperti kerajaan Yehuda dan Israel yang hidup melawan Firman Tuhan, sudah diperingati Tuhan ber-kali2 supaya bertobat dan memperbaiki hidupnya. Achab dan Izebel diberitahu tidak mau bertobat sungguh2, sesudah waktunya habis (masa kemurahan Tu-han), maka celaka itu datang kepada Achab dan Izebel. Kalau mereka berto-bat seperti Niniwe, celaka itu akan lewat.

DUA MACAM ORANG BERIMAN,

yaitu:

  1. Yang hidup dalam kesucian, maka kesukaran2 yang menimpanya itu men-jadi ujian dan pengolahan baginya; ka-lau setiap kali lulus, ia tumbuh lagi setingkat. Lebih banyak pencobaan dan ujian, kalau terus lulus, lebih cepat tumbuhnya sampai mencapai target yang sudah ditetapkan, sehingga bisa masuk dalam golongan yang ikut pengangkatan.
  2. Orang yang tidak mau bertobat sungguh2, terus jatuh bangun dalam dosa (sebab hatinya mendua, suam, bercabang dsb), juga yang terikat oleh dosa, keras hati. Mereka semua akan hanyut dalam tsunami dosa yang makin kuat. Tenggelam dalam begitu banyak dosa, itu menjadi kesukaran2 dan ba-haya, sehingga bisa jadi korban atau ia akan bertumbuh makin jahat menjadi kaki tangan iblis, berbuat segala ma-cam kejahatan dan dibina terus men-jadi pengikut Antikris dalam 3,5 tahun II Minggu ke-70 Daniel.

Dua macam orang beriman ini akan terpisah, makin lama makin tegas, sampai akhirnya tidak ada lagi orang yang plin-plan atau mendua, tetapi yang jahat makin jahat dan yang suci makin suci, sebab itu orang beriman yang jatuh (atau keras hati) dalam dosa akan menjadi korban kejahatan yang terus meningkat atau jadi kaki tangan iblis. Tetapi orang beriman yang benar harus dapat menghadapi segala macam kejahatan dan kalau tetap dengan Tuhan, akan menang.

Sebab itu kita harus meningkat da-lam kesucian, dalam kemahiran hidup dipimpin Roh, meningkat dalam hik-mat, kuasa, karunia2, tanda2 dan mu-jizat Tuhan, lebih2 dalam pengertian Firman Tuhan yang makin terbuka di akhir zaman ini, sehingga kita bisa lulus dalam ujian yang makin berat. Seluruh dunia harus menghadapi pencobaan dan ujian ini Wah 3:10 sehingga yang tidak bersedia, tidak hidup benar dan tumbuh rohaninya, justru akan hanyut dalam segala macam kejahatan ini, ada sebagian juga menjadi korban, seka-lipun sama2 jahat.

Orang benar yang meningkat dalam hikmat, kuasa, karunia2, pengertian Firman Tuhan, dan mahir dipimpin Roh, bisa menang. Tuhan mengatur semua tidak melebihi kekuatan masing2 1Kor 10:13. Tetapi dalam Minggu ke-70 Da-niel, bersedia atau tidak kita meng-hadapi kejahatan yang top. Tetapi fa-silitas Allah bagi yang bersedia juga lim-pah dan top sehingga bisa menang, te-tapi yang tidak bersedia akan menjadi korban, dan kalau masih hidup, akan tumbuh dalam dosa yang keji2 sampai sempurna dan tertinggal. Sesudah pengangkatan kalau bertobat, dianiaya Antikris sampai mati, tetapi selamat, namun kemuliaannya hilang, hanya pu-nya jubah putih dan daun palm kesu-kaan ilahi, tetapi mereka juga masuk dalam Kerajaan 1000 tahun.

MENGAPA TUHAN MEMBUAT “KESUSAHAN” GLOBAL ?

Ini hanya terjadi satu kali pada akhir rencana Allah untuk semesta yaitu pro-ses penamatan. Rencana Allah akan digenapkan dan Tuhan Yesus datang, Gereja tamat dan kemudian rencana untuk Israel juga ditamatkan, lalu kia-mat, Surga Bumi Lama dibakar habis diganti dengan Surga Bumi Baru dan Neraka dibuang ke dalam Tasik api beserta semua penghuninya, terpisah untuk kekal dari Surga Bumi Baru.

Yang tidak mau taat, tetap berdosa, akan hanyut dalam banjir dosa, penuh dengan penderitaan karena segala ke-jahatan yang meningkat, bahkan pun-caknya waktu masuk dalam zaman An-tikris, orang2 yang tertinggal ini men-derita seperti di Neraka dalam tubuh manusiawi sampai mati. Yang bertobat disiksa Antikris dan roh2 jahat dan orang jahat pengikut Antikris sampai mati.

Umat Tuhan yang mau taat, dan sekarang sudah bersedia, akan menang menghadapi segala macam perkara2 dahsyat, tetapi juga mengalami ren-cana penamatan Allah yang ajaib, indah dan mulia. Jadi bukan saja lolos, tertolong, tetapi juga ikut meningkat dalam puncak kesucian Allah yang sa-ngat indah dan mulia, seperti Surga, tetapi masih dalam tubuh manusiawi seperti sekarang. Sangat indah, betul2 seperti Surga, luar biasa sangat mulia dan tidak terhingga kesukaannya, se-bab ini menjadi seperti Surga, 3 Pribadi Allah bekerja penuh dalam GerejaNya, penuh dengankemenangan yang luar biasa Wah 12:1. Banyak hal baru yang terbuka dan dialami, dan 1Kor 2:9 akan jadi pengalaman yang limpah bagi orang2 ini. Sebab orang yang tumbuh akan penuh dengan pembukaan dan pengalaman hal2 baru dari Allah, yang indah, mulia dan kekal.

Puncak dosa yang dahsyat, ngeri bisa dilihat semua orang, bahkan me-ngerikan untuk umat Tuhan lebih2 yang tidak bisa melihat puncak kesu-cian. Sekarang kesucian dan kejahatan, belum meningkat maksimal, tetapi ini akan terus meningkat, jangan kuatir, tetapi kita harus bersedia. Terus me-ningkat dalam kesucian, hikmat, kuasa dalam pimpinan Roh Kudus (dengan mahir) limpah dengan karunia2, ja-batan, mujizat dan tanda2 ilahi, dan limpah dengan pengertian Firman Tu-han dan bisa bersekutu dalam Roh. Jadi dosa dan kesucian akan sama2 me-ningkat dan kejahatan yang meningkat juga akan makan banyak korban. Orang beriman bisa menjadi korban sebab ti-dak mau bersedia, itu dahsyat dan be-sar pengaruhnya pada orang beriman lain di dekatnya, mereka jadi takut, lebih2 yang mendua dan suam, bahkan bisa mati ketakutan Luk 21:26. Ini orang2 yang tidak bisa melihat ren-cana Allah dan puncakkesucian, sebab tidak ada di jalur yang betul (jalan sempit) seperti ligabis. Ini orang2 yang buta dan undur dalam dosa, mereka bisa mendengar tentang rencana Allah tetapi tidak mengerti, mereka melihat tetapi seperti tidak tampak Mat 13:14-16. Ada beberapa orang sekarang ini sudah tidak bisa mengerti tentang hal2 ini dan tidak mau berusaha mengerti Firman Tuhan. Kalau orang beriman lainnya (juga dalam 1 Gereja yang sa-ma) bisa mengerti, berusahalah untuk mengerti seperti Nicodemus Yoh 3:10. Kalau mau hidup benar (bertobat) dan pindah atau tetap di jalur yang benar, Roh Kudus akan menolong memberi pengertian, sehingga imannya bisa te-guh, bahkan ada harapan masuk dalam golongan orang yang bisa melihat ren-cana penamatan Allah dan puncak ke-sucian sehingga bisa ikut dalam peng-angkatan seperti ligabis.

Kalau sekarang tidak bisa mengerti Mic 4:12 apalagi di hari2 yang akan datang, tambah buta; jangan sampai terlambat. Bisa mengerti itu suatu ka-runia dari Tuhan, untuk orang yang hidup di jalur betul Mat 13:11-13. Orang yang cinta Firman Tuhan akan berusaha untuk mengerti Firman Tuhan supaya jangan binasa Mat 13:19,23,51; 19:11. Minta Tuhan membukakan mata kita supaya bisa mengerti Luk 12:45. Jangan sampai sesat Mrk 12:24 dan binasa Ams 10:14, karena kebodohan, sebab tidak mengerti. Pemimpin2 yang juga adalah gembala2 kecil atau besar, harus menyadarkan domba2 Tuhan supaya jangan binasa Ibr 13:17.

BAGAIMANA MENGHADAPI SEGALA MACAM KEJAHATAN DAN DOSA YANG MENINGKAT.

  1. Tinggal dalam Kristus, selalu hidup benar 1Pet 3:12. Makin dekat, makin lekat dengan Tuhan, makin untung Yoh 15:5, 1Kor 6:17. Mutlak perlu memper-hatikan hidup suci dan tumbuh, sebab tanpa Tuhan, tidak ada yang bisa lolos dan menang pada Minggu ke-70 Daniel. Kita sekarang sudah harus hidup dalam kesucian.
  2. Mengerti keadaan zaman. Jangan lu-pa patokannya adalah pengertian akhir zaman dari Firman Tuhan. Firman Tu-han akan makin terbuka, tumbuhlah terus 2Pet 3:18. Semua rahasia2 akhir zaman akan dibuka untuk orang yang dipimpin Roh, ligabis Mat 10:26-27, kita harus tumbuh di dalamnya. Tuhan membuka rahasia2nya supaya kita tahu lebih dahulu dan dipersiapkan Amos 3:7, sebab itu kita perlu tekun belajar seluruh Firman Tuhan dalam Alkitab Kis 20:20,27 dalam pengurapan Roh Kudus yang limpah seperti ligabis Yoh 16:13, untuk bisa mengerti rahasia Firman Tuhan 1Kor 2:10.

Rencana Allah tidak pernah gagal, akan genap, bahkan dipercepat Mat 24:22. Juga pembukaan Firman Tuhan akan terbuka semua dan dipercepat se-suai dengan masanya. Allah tidak per-nah keliru, bersedialah, jangan terlam-bat, dahsyat akibatnya 1Pet 4:18.

  1. Berdoa, lebih2 dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24. Doa orang benar itu besar kuasanya Yak 5:16. Bukan saja dosa dan kejahatan yang meningkat, tetapi juga kesucian, kuasa Allah, tanda2 mujizat, hikmat, karunia2 dan semua hal2 rohani akan juga me-ningkat, termasuk 7 KPR. Janji2 Allah bukan makin berkurang, tetapi justru makin bertambah, Tuhan akan tam-bahkan, bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel ada fasilitas ekstra yang limpah (dan semua itu selalu bercampur de-ngan harmonis dalam kesucian, Firman Tuhan, doa, persekutuan dll 7 KPR). Percayalah Allah tidak pernah salah, terlambat apalagi kalah dengan peker-jaan iblis, justru lebih berkuasa dan selalu menang! 1Yoh 5:4, Rom 8:31. Dengan banyak berdoa (dan puasa) kita terus berkemenangan seperti Musa Kel 17:11. Sebab itu percayalah dan terus bertekun berdoa dalam Roh dan ke-benaran serta 7 KPR lainnya, sehingga 3 Pribadi Allah makin nyata bekerja di dalam kita selalu. Percaya, bertindak menurut pimpinan Roh dan sesuai Fir-man Tuhan, tetapi tetap dalam jalur yang betul, maka kita akan menang dan lepas dari segala celaka dan nama Tu-han dipermuliakan.

Semua harus belajar mahir berjalan dalam Roh, terus dilatih, baik dalam perkara kecil dan besar dan sesuai Fir-man Tuhan (terus tumbuh dalam pe-ngertian Firman Tuhan 2 gomer seperti Elia 1Raj 19:8). Teruslah bertekun ber-doa senantiasa dalam Roh dan kebe-naran, maka kita akan penuh dengan hikmat kuasa Allah dan penyertaannya, sehingga selalu menang.

  1. Persekutuan tubuh Kristus dalam Roh Ef 4:3, 1Kor 12:12. Kita perlu ke-kuatan yang berlipat kali ganda sampai 100 kali, bahkan 1000 kali atau lebih karena Allah ada di dalam persekutuan kita. Tidak akan tahan dan tidak bisa tumbuh di akhir zaman tanpa perse-kutuan dalam Roh (Roh yang sama, yaitu Roh Kudus dan Firman Tuhan Maz 119:63) Yoh 17:23. Jangan sampai ada keretakan dan perpecahan dalam persekutuan tubuh Kristus. Kalau roh-nya lain jangan diterima; Kita tolak roh yang lain 1Kor 5:9-11, 2Kor 11:4, 1Kor 12:18. Rohnya lain adalah roh setan, iblis, tidak ada pihak ke-3 dan 4 lain lagi. Tolak, jangan diracuni tetapi garami, tetapi jangan benci. Kita masih melayani orang berdosa, tetapi jangan diracuni oleh dosa2 dan roh yang lain, baik roh munafik (ini yang halus, yang mirip), roh dusta, roh dunia, roh mammon, roh zina dll. Sekarang gan-dum dan lalang boleh tumbuh dalam ladang yang sama tetapi bukan berarti bersekutu. Layani terus dengan hikmat, kuasa, karunia2, tanda2, mujizat dll dalam pimpinan Roh, sesuai dengan Firman Tuhan dalam kesucian.

Kalau kekuatan kita meningkat, se-bab persekutuan dalam Roh yang be-tul, maka kita bisa tahan dalam banyak ujian yang terus menerus dan makin dahsyat. Kalau terus menerus menang itu membuat kita juga tumbuh cepat dalam Tuhan secepat kilat Mat 24:27, sehingga meningkat makin tinggi, bah-kan beberapa menjadi sempurna. Kalau betul2 ada persekutuan Roh itu luar biasa, dan betul2 ke-3 Pribadi Allah bekerja di dalam dan di antara kita. Belajar mulai sekarang berjalan dalam Roh dan menjaga persekutuan dalam Roh yang betul (dalam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7), maka kita akan makin kuat dan berkemenangan menghadapi segala perkara.

Kita harus hati2 mulai sekarang, jangan bereaksi dosa (JMPE, sakit hati, benci), dan tetap taat dipimpin Roh. Minta kasih, hikmat, kuasa dan karu-nia2 Tuhan untuk saling mengampuni dan tetap bersekutu dalam terang (te-rang2an) dan kasih 1Yoh 1:7, supaya persekutuan jangan pecah atau retak, jangan sampai terseret dalam dosa, merosot ke Halaman, sehingga jadi kor-ban kejahatan yang meningkat. Mutlak perlu memelihara persekutuan dalam Roh, lebih2 menghadapi peningkatan dosa dan kejahatan yang makin hebat supaya kekuatan kita meningkat ra-tusan kali untuk terus menang.

  1. Jangan lupa bagian lain dari 7 KPR, yaitu pikul salib, melayani dan semua di dalam kesucian, di jalur yang betul. Harap Tuhan, jangan takut, Tuhan tidak pernah kalah, kalau Dia beserta kita dengan kasih dan kesucian, maka kita juga akan menang dan tumbuh dalam rencanaNya yang indah di akhir zaman ini.

 

Nyanyian: Yes 41:10.

Janganlah takut,

karena Akulah Allahmu.