M4098 – Ulangan 11:14. Kegerakan Roh Kudus ( Minggu Pagi – 13 Januari 2018 )

HUJAN AWAL DAN HUJAN AKHIR.


Dalam arti harfiah
hujan Awal penting untuk membongkar tanah, supaya bisa ditaburi dan benihnya tumbuh.

Hujan akhir untuk mematangkan mayang yang sudah tumbuh, baik gandum, anggur dan buah zaitun.

Dalam arti rohani, ini adalah kege-rakan Roh Kudus yang luar biasa, ter-jadinya dimulai pada hari Pentakosta. Inilah penggenapan hujan awal se-hingga timbul Gereja dan kekristenan yg terus bertumbuh sampai ke seluruh dunia. Ini adalah rencana atau proyek Allah untuk menyelamatkan manusia yang berdosa Yoh 3:16. Tanpa kege-rakan Roh Kudus tidak mungkin timbul penyelamatan yang begitu besar.

BILA?

Ini terjadi pada akhir zaman, di mana2, global. Dengan iniProyek Allah akan ditamatkan sesuai dengan rencanaNya. Kegerakan Hujan akhir ini untuk mema-tangkan GerejaNya sehingga bisa dituai yaitu ikut dalam pengangkatan.

Ada 2 fase hujan akhir ini, yaitu sebelum Minggu ke-70 Daniel, ia ber-tumbuh makin kuat dan makin meluas ke seluruh dunia dan waktuMinggu ke-70 Daniel mulai, hujan akhir ini sudah meliputi seluruh dunia. Ini seperti panci air di atas api yang hendak mendidih. Mula2 ada gelembung2 bergantian di beberapa tempat dan makin lama makin banyak, makin besar dan meme-nuhi seluruh panci itu lalu mendidih ber-sama2. Begitu Hujan akhir ini akan bergantian di mana2, sampai meme-nuhi seluruh dunia. Maka dalam 3,5 ta-hun hal ini menggenapkan dan mena-matkan rencana Allah sehingga siap untuk dituai pada hari pengangkatan 1Tes 4:16-17.

Jadi beberapa tahun sebelum Ming-gu ke-70 Daniel mulai, hujan akhir ini sudah mulai. Kalau sudah masuk Ming-gu ke-70 Daniel, kita sudah harus siap sebagai ligabis (lima gadis bijaksana), kalau tidak itu berarti terlambat.

III. MENGAPA KITA MEMERLUKAN HUJAN AKHIR INI?

Sebab hari2  yang akan datang itu ma-kin dahsyat, puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel dimana 4 orang yang paling jahat, seperti iblis yaitu Antikris akan muncul, menguasai dunia dan menjadi celaka yang besar istimewa bagi orang beriman. Allah kita itu bijak, mahatahu dan mahakuasa, Ia akan mempersiapkan umatNya lebih dahulu untuk mengalami penamatan yang dahsyat pada akhir zaman ini, sebab itu sebelum masa penamatan itu Tuhan akan mengirimkan Hujan akhir ini lebih dahulu.

Ini perlu untuk kita, yaitu:

  1. Untuk bisa bertahan dalam akhir za-man yang dahsyat. Banyak orang jatuh 1Tim 4:1. Kalau tidak bersedia seperti ligabis akan gugur dan ditolak tidak ikut Pesta Kawin Anak Domba (tidak ikut pengangkatan). Ini masa2 yang dah-syat. Orang benarpun seperti Lot susah selamat, sebab tidak bersedial 1Pet 4:18.
  2. Untuk penyempurnaan rencana Allah; perlu dilatih, diolah dan diuji. Ha-silnya sesuai dengan ujiannya, ujian ringan, mutunya masih kecil. Untuk mutu yang tinggi, apalagi yang sem-purna, perlu ujian berat, yaitu ujian akhir, seperti Abraham, Ayub dan Putra manusia Yesus, yang mengalami ujian akhir dan itu sangat berat, tetapi mereka lulus (inilah Golgota, baptisan api Mat 3:12). Sebab itu tampaknya mereka ikut dalam kebangkitan sulung ber-sama2 pada waktu kematian Tuhan Yesus di Golgota. Ini ujian akhir pribadi. Untuk penamatan ber-sama2, juga ada ujian akhir global, bersama untuk seluruh dunia, itu disebut dalam Wah 3:10. Tuhan sangat senang kalau waktunya sudah tiba yaitu api ujian itu menyala di seluruh dunia, inilah bap-tisan api global, sehingga sesudah ujian, mereka lulus dan dituai Luk 12:49. Sebab itu Tuhan membiarkan dosa dan kejahatan meningkat sangat tinggi, bahkan ada orang yang sangat jahat seperti iblis, dibiarkan Tuhan hidup dan sukses yang menguasai selu-ruh dunia untuk menyerang Gereja. Ini menjadi ujian akhir yang terberat. Te-tapi mereka yang lulus menjadi sem-purna sehingga jumlah orang yang menjadi sempurna (sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan) digenapkan. Juga orang2 yang ada di bawahnya, tetapi lulus, akan ikut pengangkatan.

Sebab itu pada hari2 terakhir, dosa diizinkan naik sampai puncak, menjadi ujian bagi Gereja Tuhan (kalau Tuhan tidak mengizinkan, langsung “ditebang” dan semua mati sehingga tingkat dosa dalam dunia tidak meningkat lebih dari batas yang diizinkan!).

Jadi Minggu ke-70 Daniel adalah ujian akhir untuk seluruh dunia ber-sama2 bagi umat Tuhan, bersedia atau tidak, ukuran rohaninya sudah tumbuh cukup atau belum, semua akan meng-alami ujian akhr bersama atau global. Sebab itu semua umat Tuhan, mau atau tidak, sungguh2 atau suam, ber-main2, semua harus mengalami masa ujian global yang dahsyat. Wai bagi mereka yang tidak tumbuh, tidak ber-sedia, main2, mereka akan gugur dan binasa. Tetapi yang bersedia baik2 akan mengalami hari2 yang sangat indah dan mulia, yaitu lulus dan menang da-lam ujian akhir global ini, yang juga disebut masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Masa pengirikan Mat 3:12,  baptisan api yang menyala di seluruh dunia. Sebab itu kita harus siap untuk ujian global. Ujian ini bagi yang ber-sedia dan yang tidak bersedia.

Kita akan menghadapi ujian2 yang makin berat dan puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel. Sebab itu tanpa dipersiapkan baik2 (harus bersedia, bersiap,Mat 24:42, Mat 25:13 dll), tidak akan tahan.

  1. Masuk dalam rencana Allah. Seperti Nuh yang berjalan dengan Tuhan di-pimpin Roh, ia bisa masuk dalam ren-cana Allah yang heran Kej 6:9. Kalau kita tidak dipimpin Roh (dengan peng-urapan dan kuasa yang limpah) kita su-lit masuk dalam rencana Allah. Sebab itu kita harus mengerti dan mengalami hujan akhir sehingga bisa masuk dalam rencana penamatan Allah. Tanpa Fir-man Tuhan dan Roh Kudus kita tidak bisa hidup dan tumbuh dengan efisien. Cara hidup dengan kekuatan dan kemampuan kita sendiri tidak bisa efektif dan efisien. Sangat jauh diban-dingkan dengan orang yang penuh dan dipimpin Roh. Ukuran 3,5 tahun adalah ukuran Putra manusia Yesus yang da-lam 3,5 tahun menyelesaikan semua tugasNya dengan sempurna Yoh 19:30. Sebab itu kita perlu mengalaminya, merindukan, minta dan berani memba-yar harganya! Seperti rasul2 berdoa 10 hari di kamar loteng Yerusalem Luk 24:49 dan sesudah itu terus menerus, ber-ulang2 seperti itu lagi, misalnya Kis 4:23-31.

BERSEDIA SEPERTI LIMA GADIS BIJAK (LIGABIS).

Lima gadis bodoh (ligabo) tidak berha-sil, sehingga ditolak dan tidak ikut ma-suk dalam Pesta Kawin Anak Domba = tidak ikut pengangkatan. Sebab itu Tuhan memberi nasehat supaya berse-dia jauh2 hari untuk hari2 yang sulit atau masa ujian akhir seluruh dunia Mat 25:13.

Orang yang tidak bersedia baik2 seperti ligabis akan gugur. Akan ada ba-nyak orang gugur dan itu sudah dinu-buatkan dalam Firman Tuhan, misalnya 1Tim 4:1, 1Pet 4:18, Wah 3:10. Lalang dalam Gereja kalau sampai hari itu tidak bertobat, belum berubah menjadi gandum, akan dipotong dan dibakar habis, rohaninya akan mati dalam ta-ngan Antikris Mat 13:30. Sebab itu dalam rumah orang beriman, orang2 yang belum ditobatkan akan menjadi musuh, sehingga ada pertentangan dan perpecahan yang dahsyat dalam Ming-gu ke-70 Daniel Luk 12:52-53. Sebab itu kita harus sungguh2 berdoa dan dipim-pin Roh untuk mengusahakan perto-batan “seisi panci kita”.

Kita harus bersedia sungguh2, yaitu menjadi seperti ligabis, limpah dengan pengurapan Roh Kudus dan hidup dipimpin Roh, baru bisa tahan seperti Kristus dalam 3,5 tahun pelayananNya, sebab itu kita perlu betul2 disiapkan, jangan menjadi ligabo, tetapi mulai sekarang menjadi ligabis.

PERBEDAAN LIGABO DAN LIGABIS.

Ligabo itu penuh Roh Kudus, tetapi ti-dak punya persediaan minyak Mat 25:1-3. Hanya dalam keadaan yang di-perlukan ligabo menyala. Tetapi dalam keadaan yang lain, ia tidak menyala, tidak cukup minyaknya. Pada waktu tidak menyala, daging yang tumbuh dan berkuasa Gal 5:16-17, sebab itu timbul campuran dengan dosa (orang penuh Roh Kudus bisa berdosa! Seperti Simson). Hal ini melawan Roh Kudus yang sudah ada, menyakiti, hati Roh, bahkan memadamkan Roh. Seperti Simson yang penuh Roh Kudus, tetapi sebab menuruti daging, ia hidup dalam dosa dan akhirnya sangat tragis. Ia bertobat, tetapi dengan banyak aniaya sampai mati. Jangan hanya kalau perlu, tetapi dalam segala keadaan, dan waktu kita harus tetap penuh dan dipimpin Roh, sehingga tetap suci dalam MAK DSY (diMana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Seka-rang, dan Yang akan datang). Berse-dialah senantiasa sampai dalam hati dan pikiran, sehingga selalu penuh Roh Kudus baik waktu tidur atau jaga, ada hubungan yang baik dengan Allah 1Tes 5:10. Sampai dalam hati, pikiran dan angan2, sehingga bisa selalu penuh dan dipimpin Roh. Dengan demikian rohani kita akan tumbuh dan dapat bersedia ekstra seperti Elia yang dipersiapkan ekstra. Begitu juga persediaan dari liga-bis itu lebih dari ligabo, sebab limpah dengan pengurapan sampai tidak ter-batas Yoh 3:34, dengan 2 gomer manna (lebih dari cukup) dengan ibadah dan pelayanan yang penuh sesuai dengan pimpinan Roh sehingga oleh pelayanan yang betul, mutu rohani kita makin meningkat dari yang hina (tanah dan kayu) menjadi yang mulia (perak dan emas) 2Tim 2:20-21 dan ini yang diba-wa masuk dalam pesta pernikahan. Dengan cara seperti ini, persiapan Nuh menjadi lengkap dan sempurna. Ma-sing2 kita harus dipersiapkan seperti Nuh, bahkan lebih dari itu yaitu masuk dalam tingkat penamatan rencana Allah yang tertinggi.

BAGAIMANA KITA MERINDUKAN HUJAN AKHIR.

Meskipun sudah dinubuatkan, tetapi kita juga harus mengambil bagian un-tuk pelaksanaannya. Seperti Elia sudah mendapat Firman Tuhan tentang hujan deras, tetapi itu tidak datang otomatis. Elia harus membayar harganya dengan berdoa 7 kali dan permulaan doanya se-olah2″sia2″. Baru pada akhirnya muncul awal sekepal tangan dan hujan deras itu datang. Begitu juga kita harus memenuhi bagian kita supaya nu-buatan Allah ini digenapkan. 1Raj 18:41-46.

Mengapa begitu? Sebab waktu kita menggenapi bagian kita, kita justru tumbuh dan dipersiapkan, sehingga bi-sa ikut serta dan lulus dalam ujian akhir global dan ikut dalam rencana pena-matan Allah.

Bagaimana kita bersedia:

  1. Kita sendiri mengerjakannya sung-guh2 lalu mengajak saudara seiman yang lain supaya kegerakan Roh Kudus global ini bisa dimulai.
  2. Hidup dalam kesucian dan terus meningkat. Memang lebih mudah dan cepat dalam Minggu ke-70 Daniel, tetapi justru kalau sekarang kita sudah mulai menggenapi bagian kita, maka dalam Minggu ke-70 Daniel, kita tinggal menerima bagian Tuhan dan bisa ber-tumbuh dengan cepat bahkan ada yang menjadi sempurna. Putra manusia Yesus dipersiapkan 30 tahun sebelum-nya dan Ia sudah dan selalu penuh dan dipimpin Roh Luk 1:80; 4:1,18. Bahkan dalam umur 12 tahun sudah tampak pengurapan yang luar biasa, tetapi be-lum tampak kegerakan besar itu, baru kemudian waktu 3,5 tahun pelayanan itu mulai terjadilah kegerakan yang besar. Kita sekarang harus menyelesai-kan bagian kita dan Tuhan tidak pernah hutang, Ia akan memenuhi bagianNya dan memimpin ligabis sampai tumbuh dan masuk dalam pengangkatan. Sebab itu kita perlu limpah Firman Tuhan itu penyucian seluruh segi hidup kita Ef 5:26, Kis 20:20,27.

Jangan lupa persekutuan dalam Roh itu kekuatannya ber-lipat2 kali ganda Im 26:8. Sebab itu ajak saudara seiman yang lain, sekalipun mula2 hanya be-berapa orang, Roh Kudus akan terus bekerja, sehingga kita bisa menggan-dakan kuasa Allah yang bekerja dalam kita, luar biasa!

Persekutuan dalam Roh yaitu tubuh Kristus itu harus dalam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7, bukan menjadi golong-an Kefas, Petrus, Kristus dll, itu justru memecah 1Kor 3:10-13; 3:3-4. Dimana ada dosa, itu pintu masuk bagi setan dan itu mengganggu, bahkan meng-halang2i kegerakan Roh Kudus. Mulai-lah dengan kelompok kecil yang diber-sihkan dari pekerjaan iblis.

Jangan ada dosa! Kuasa Allah tidak bisa bekerja oleh dosa Achan dan 36 orang Israel mati Yus 7:5. Sesudah dosa dibersihkan, maka kuasa Allah bekerja kembali dengan limpah.

  1. Kegerakan Hujan akhir adalah kege-rakan Firman Tuhan, pekerjaan Roh Kudus yang limpah tidak bisa lepas dari kasih akan Firman Tuhan, sehingga lim-pah dengan Firman Tuhan. Dengan ini Roh Kudus memimpin kita terus masuk dalam kebenaran2 Firman Tuhan yang dalam yaitu kunci2 kegerakan Roh Kudus Yoh 16:13, 1Kor 2:9,10, sehingga apa yang tidak kita lihat, dengar atau duga dalam hati kita, akan dikirmkan Allah dengan luar biasa.

Orang yang tidak mengasihi Firman Tuhan itu berarti pertumbuhan rohani-nya tidak betul (seperti orang tidak suka makan).Sebab sampai di mana kita mengerti Firman Tuhan dan mela-kukannya, sampai disitu bertambah buah2 yang Tuhan kerjakan dalam hi-dup kita Mat 13:23, 1Sam 14:30. Ja-ngan waktu, tenaga, hati, harta, ke-mampuan kita dll habis dengan sia2 untuk hal2 yang fana. Juga program2 Gereja, jangan hanya limpah dengan rekreasi, ramai, meriah, tetapi limpah dengan Firman Tuhan, pelayanan, doa, kesukaan dari Roh Kudus, kegerakan Roh Kudus dll perkara2 dari Atas. De-ngan demikian Gereja Tuhan dipersiap-kan untuk ujian akhir global.Jangan kuatir akan berkat2 jasmani, Dia pasti mencukupi, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel akan ada kelimpahan yang besar dalam Gereja yang penuh kesucian. Sejak sekarang kita belajar berpada 1Tim 6:8, Pil 4:11,12, jangan waktu dll habis untuk yang sia2, atau ber-lebih2 untuk yang fana. Tetapi rebut dan tebus waktu untuk hal2 yang dari Atas Ef 5:16, Kol 3:1-3.

  1. 7 KPR adalah perlengkapan standard yang terus menerus diperlukan sampai sempurna. Tekun berdoa dalam Roh (baik ikut regu doa atau belum) dan selalu hidup dipimpin Roh dalam kesu-cian di jalan sempit. Juga pelayanan harus dipimpin Roh; pakai setiap ke-sempatan yang ditunjukkan oleh Roh Kudus. Kadang2 tampaknya kesempat-an kecil dan sederhana tetapi kalau dari Tuhan itu penting menjdi mata rantai untuk penggenapan rencana Allah. Yang penting belajar melayani dalam pimpinan Roh, dengan hikmat dan kuasa dalam kerendahan hati. Roh Kudus itu penuh dengan perkara2 be-sar Maz 60:14, sebab itu mudah sekali orang menjadi sombong atau jatuh dalam kepujian orang2 yang dipakai iblis Ams 29:5; 27:14. Jangan sampai jatuh disini. Mulai dari pikiran, jangan ada kerinduan kepujian atau penghar-gaan sehingga mudah tersingung. Juga jangan ingin akan uang, sebab ini yang menjatuhkan Yudas menjadi antikris yang pertama (juga Gehazi). Sebab itu belajar terus berpada dan limpah de-ngan kesukaan dan kepuasan Roh Ku-dus. Juga pelihara kesucian bujang dan nikah sampai dalam hati dan pikiran. Dalam kegerakan Hujan akhir ada pe-nuaian anggur yang menggambarkan kesukaan yang besar dari kegerakan ini. Bukan kesukaan rekreasi atau keme-wahan (dekorasi, lighting, musik, ma-kan-minum dll). Kalau betul2 kesukaan dari Tuhan maka sekalipun dalam pen-jara, masih bisa bersukacita dan dalam keadaan yang minim masih ada (saldo) sukacita, sebab Allah yang mengadakan hal2 indah dalam rencana hidup kita. (Lihat hidup Maria dan Yusuf, Zakaria dan Elizabet dll; dalam keadaan yang pas2an bahkan miskin, selalu ada ke-jutan dan kesukaan yang besar, yang tidak bisa diganti dengan kejutan dan rekreasi2 duniawi!). Kita harus berani bayar harga, maka kegerakan akan mulai dalam kita dan sekitar kita. Itu sudah dimulaidan tampak lama (ber-tahun2) sebelumnya. Kalau tidak ada apa2 dari pekerjaan Roh Kudus, juga tidak akan timbul kegerakan Roh Kudus yang besar.

Rindukan kegerakan itu sudah be-kerja mulai sekarang secara pribadi seperti dalam Maria dan Yusuf. Putra manusia Yesus, Yohanes pembaptis, Daud, Yusuf dst. Yusuf tidak tiba2 naik begitu tinggi dan dipakai Tuhan dengan heran. Dari kecil Roh Kudus sudah be-kerja dan iblis melawannya lewat sau-dara2nya sendiri, tetapi Yusuf menang. Dalam semua langkah tampak Tuhan terus bekerja, waktu dibuang di sumur, waktu dijual, waktu di rumah Potifar, waktu di penjara, bahkan seterusnya. Semua sudah dimulai ber-tahun2 sebe-lumnya. Kita harus mau dipersiapkan jauh sebelumnya, mulailah sekarang! dan ditumbuhkan dalam rencana Tu-han dalam keadaan biasa atau luar biasa. Rindukan kegerakan besar da-tang dengan kuat. Jangan lupa, tidak otomatis, tetapi Tuhan memakai kita untuk menjadi saluran kegerakanNya.

 

Nyanyian:

Kirimkanlah kegerakan yang besar,

Curahkanlah kuasa Roh Kudus.