M4097 – Yohanes 8:44. Bapak Pendusta Dan Hoaxnya ( Minggu Sore – 6 Januari 2019 )

BAPAK PEMBUNUH DAN PEMBOHONG.

Iblis itulah bapaknya, asal atau sum-bernya.

Ada dua tabiat khas dari iblis dan dimana ia berada dan bekerja, tampak sifat2 yang khas ini, yaitu:

  1. Bapak pembunuh dengan tabiat ke-benciannya, itulah permulaan dan sa-ma dengan dosa pembunuhan 1Yoh 3:15. Dimana iblis atau setan bekerja disitu ada kebencian yang tampak ada di dalam hati dimana ia bekerja. Seba-liknya dimana ada kebencian, itu tan-danya ada pekerjaan setan. Kalau Allah bekerja ada kasih, pengampunan dan semua tanda2 lain dari kasih yang dijelaskan dalam 1Kor 13.
  2. Bapa pembohong dengan tabiat dustanya. Kalau ada dusta berarti ada pekerjaan dan pengaruh dari iblis dan setan2. Dusta itu bisa dari orang itu sendiri atau dari setan, tetapi biasanya ada keduanya, sebab dimana ada dosa (dusta) itu tempat atau pintu masuk bagi iblis. Ini sama golongannya.

Jadi dusta itu dosa dan jahat di hadapan Allah Im 19:11, Maz 5:6; 101:7, Ams 12:22; 21:6. (ada lebih kurang 170 ayat tentang dusta dalam Alkitab!).

Baik benci atau dusta, keduanya itu tujuannya untuk membunuh sehingga langsung mati (benci menjadi pembu-nuhan) atau dengan tipu daya (dusta membuat jatuh dan juga mati seperti Hawa).

Dusta dalam Wasiat Lama masih diiiznkan asal tujuannya baik dan benar. (Kadang2 orang menyebutnya sebagai dusta putih, tetapi ini dalam Wasiat Lama, tidak ada dalam Wasiat Baru, semua dusta itu hitam, tidak ada yang putih!). Dalam Wasiat Baru sama sekali tidak boleh berdusta. Mengapa?

  1. Dalam Wasiat Lama orang masih bersumpah. Sebab itu kalau seorang ingin menanyakan kebenaran, ia minta orang itu bersumpah. Tetapi dalam Wasiat Baru tidak boleh bersumpah, harus ya di atas ya, tidak di atas yang tidak, lebih dari itu jahat, dosa Mat 5:37.
  2. Dalam Wasiat Lama kemampuan ro-hani orang sangat rendah istimewa dalam ber-kata2, sehingga masih di-biarkan dusta dengan maksud baik, sebab ada sumpah.Tetapi dalam Wa-siat Baru, kemampuannya besar, lebih2 dengan Roh Kudus, sebab itu dituntut lebih banyak, sebab itu tidak boleh ada dusta sama sekali, meskipun maksud-nya baik dan benar.

Ada lebih kurang 170 ayat tentang dusta dalam Alkitab. Ini tabiat lama Kol 3:9. Satu kali semua yang berdusta akan masuk Tasik api ber-sama2 dengan bapaknya Wah 21:8,27; 22:15.

HOAX, GODAAN DOSA PERMULAAN SAMPAI AKHIR.

Dosa I lahir karena dusta iblis pada perempuan pertama yaitu Hawa, dan Hawa percaya sehingga jatuh dalam dosa Kej 3:6.

Pada peperangan yang terakhir dengan perempuan, yaitu tubuh Kristus global (Wah 12:1,15), sebab iblis (naga) itu gagal menangkap anaknya, ia mau menghanyutkan dan hendak membu-nuh perempuan itu dengan air bah yang keluar dari mulutnya. Perempuan itu lolos sebab bumi membuka mu-lutnya, menelan air bah itu. Air bah yang keluar dari mulut Naga itulah dusta yang menjadi begitu besar se-perti air bah, yang menghanyutkan banyak orang dalam hoaxnya. Inilah hoax yang tiba2 meningkat di akhir zaman ini, sekalipun dari dahulu sudah ada hoax, tetapi pada akhir zaman ini tiba2 meningkat!air bah itu.

Siapa bumi ini? Inilah pemerintah atau orang2 di dunia yang menjadi kacau dan rusak oleh hoax, sehingga mereka sendiri berusaha menghapus-nya, bisa berkurang, tetapi tidak bisa hilang semua dan Gereja juga sedikit tertolong. Ini adalah nubuatan tentang hoax yang akan terus meningkat sam-pai puncaknya dalam 3,5 tahun I (da-lam 3,5 tahun II, hoax ini menjadi kebenaran dan resmi dalam kerajaan Antikris yang menguasai dunia Antikris waktu itu).

Dusta iblis dari permulaan sampai kekal.

– Sebelum dunia dijadikan, ia mem-bujuk banyak malaikat di Surga ikut berontak dan mereka semua dibuang dari Surga Yes 14, Yez 28.

– Permulaan zaman: mendustai pe-rempuan pertama (Hawa).

– sepanjang zaman: 2Kor 11:2.

– Akhir zaman:

3,5 tahun I: Kuda putih dan air bah dari mulut Naga Wah 12:15 untuk membi-nasakan perempuan dalam Wah 12:1.

– 3,5 tahun II: Dusta Antikris yang men-jadi kebenaran waktu itu dan me-nyesatkan banyak orang 2Tes 2:10-12.

– Kekal: Dusta iblis dalam Tasik api.

III. MENGAPA HOAX MENINGKAT AKHIR2 INI?

Sebab:

  1. Ada sistem digital, timbulnya zaman komunikasi sehingga semua berita cepat menyebar dengan sangat mudah.
  2. Dengan WA, lebih2 dengan group, berita cepat menyebar, hampir2 tidak bisa dicegah. Jangan suka menyebar-kan berita bohong, itu kaki tangan iblis, bisa mati hukumannya seperti hoax yang dibawa dan disebarkan 10 peng-intai Israel Bil 14:36-37.

Ini contoh yang dahsyat, sekalipun za-man dahulu belum ada sistem komu-nikasi digital, tetapi sudah ada bapak pembohong yaitu iblis, sehingga de-ngan pertolongan iblis cs, 10 pengintai yang jahat itu bisa mempengaruhi 2 juta orang dengan sangat cepat dan efektif, sehingga mereka semua be-rontak dan melawan Allah dan Musa Bil 14:1-4,37.

10 pengintai dibunuh mati dengan dahsyat, juga yang menerima berita hoax ini mati di padang gurun, batal masuk negeri Perjanjian.

Sebab itu kalau ada berita, periksalah:

  1. Apakah ini hoax atau tidak. Perlu berita dari 2 pihak, dari si pemberita dan dari orangnya sendiri yang dice-ritakan, belum tentu berita itu betul. Kia harus membedakan hoax dan ke-benaran, apa yang kita dengar, bahkan apa yang kita lihat itu belum tentu be-nar. Kadang2 yang kita lihat itu adalah akibat, bukan penyebabnya, misalnya seorang memukul orang lain, belum tentu ia salah; waktu kita melihat, ternyata ia sedang membela diri, sebab sudah dipukul sebelumnya, dan dalam dunia ini tidak salah. Begitu kalau kita mendengar berita, jangan langsung percaya bahwa itu kebenaran. Perlu berita dari 2 pihak, itupun masih harus dianalisa. Sebab itu jangan langsung beri komentar menyalahkan atau menghakimi dan menyalahkan, misal-nya komentar “penipu”, pengacau, pencuri dll, harus diselidiki dan jangan meneruskan berita itu, apalagi kalau bukan urusan kita, tetapi berdoalah minta pimpinan Roh Kudus.
  2. Jangan diberitakan, apalagi dengan mem-besar2kan. Lebih2 kalau ada hati benci atau JMPE. Mungkin tingkat pa-rahnya +2, kita beritakan +5, itu sudah dusta. Semua ini menjadi kaki tangan iblis, masuk jerat iblis.
  3. Lihat dalam terang Firman Tuhan dan berdoalah, tanya kepada Roh Ku-dus, apa itu betul dan apakah kita perlu atau boleh meneruskan berita (dusta) itu. Jangan jadi kebiasaan meneruskan berita yang kita tidak tahu jelas dan belum tentu Roh Kudus mengizinkan kita.

Hati2, sebab akibatnya dahsyat, baik sumber pemberita (10 pengintai) langsung binasa, juga semua orang Israel yang percaya akanberita itu, juga binasa bergantian di padang gurun, batal masuk Kanaan!

– Juga Yusak kena tipu daya orang Gibeon Yus 10. Yusak dan tua2 Israel tidak ber-tanya2 akan Tuhan, sehingga mereka masuk jerat orang Gibeon dan mengalami gangguan dalam hidup mereka. Saul tersontoh oleh perjanjian yang dibuat dengan orang2 Gibeon (hasil dusta ini), sehingga negerinya mengalami bala kelaparan selama 3 tahun 2Sam 21:1.

BANYAK KORBAN DARI HOAX.

Lebih2 pada akhir zaman hoax ini akan meningkat tiba2 dan mengacaukan se-luruh dunia, juga dalam Gereja, yaitu:

  1. Memecahbelah persekutuan tubuh Kristus yang menerima hoax ini. Jangan langsung percaya, periksa berita dari 2 pihak supaya persekutuan dalam tubuh Kristus tidak retak, pecah dan hancur!
  2. Juga tipu daya iblis dengan macam2 umpan seperti pada Hawa 2Kor 11:2, sehingga banyak orang gugur dalam dosa dan undur dari Tuhan. Istimewa dengan HP, begitu banyak tipu daya iblis ada di dalamnya, ini menjadi penaburan dusta setan yang merusak begitu banyak orang, bahkan tidak pernah terbayangkan dalam hari2 yang lalu, bagaimana dosa bisa meningkat luar biasa, menggenapi Wah 22:11. Kadang2 karena harta, karena be-rebutan kedudukan, sehingga dengan macam2 tipu daya iblis, orang2 ber-iman jatuh dalam dosa, masuk jerat iblis. Belum lagi pornografi dan per-zinaan sampai2 LGBT disahkan banyak negara, juga occultisme dll.
  3. Juga ajaran sesat dengan banyak bumbu2nya menipu banyak umat Tu-han, lebih2 mereka yang tidak punya dasar pengertian dan pondasi dari Firman Tuhan Mat 7:24-28. Memang akhir zaman kita harus limpah Firman Tuhan (2 gomer) dan pengurapan Roh Kudus yang limpah untuk mengerti kebenaran Allah Yoh 16:13, seperti ligabis (Lima gadis bijaksana), sehingga punya pondasi Firman Tuhan yang kuat dan tidak mudah kena tipu daya iblis.

Sebaliknya orang yang tidak mau cinta akan Firman Tuhan, apalagi menolak Firman Tuhan, Firman Tuhan tidak pen-ting bagi mereka, hanya upacara, ke-wajiban, bahkan membosankan, maka mereka akan cepat dan mudah hanyut dalam dosa dan kena kuasa yang me-nyesatkan, yaitu hoax dari iblis dan kaki tangannya 2Tes 2:10-12. Sebab mereka yang tidak percaya akan kebenaran Firman Tuhan (Firman Tuhan itulah kebenaran yang betul dan kekal Yoh 17:17, Luk 21:33) mereka akan cocok dan berkenan akan yang jahat (hal2 yang tidak benar) dan orang2 ini dihukumkan.

Orang yang tidak memegang Firman Tuhan, tidak cinta Firman, akan kena pengaruh hoax iblis ini, lebih2 dalam zaman Antikris dan mereka yakin kebe-naran dari dusta iblis ini danmenjadi pengikut Antikris dan akhirnya dihu-kumkan. Yang bertobat dalam zaman Antikris masih bisa menolak hoax An-tikris tetapi binasa dalam aniaya Antikris, namun mereka selamat. Sebab itulah orang yang cinta Firman Tuhan itu mengumpulkan 2 gomer, ekstra lebih banyak, mau bertekun, tidak sampai kena hoax akhir zaman ini yang begitu limpah, lebih2 dalam Meterai I, ajaran sesat (kuda putih) itu menye-satkan banyak orang yaitu mereka yang tidak cinta Firman Tuhan Wah 6:1-2. Sebab itu dalam ibadah di Gereja (dan setiap kali orang2 beriman bersekutu, yang perlu ditekankan adalah Firman Tuhan dan doa dalam Roh dan ke-benaran, termasuk waktu puji2an itu harus juga menjadi saat menyembah Tuhan dalam Roh dan kebenaran. Limpah Firman Tuhan dan berdoa, itu yang paling penting. Jangan hanya rekreasi dalam Gereja,dan melimpah dengan hal2 yang menyenangkan orang2 yang datang, tetapi cari perse-kutuan dengan Tuhan dalam doa, Fir-man Tuhan, persekutuan tubuh Kris-tus, sambil ber-sama2 melayani Tuhan.

Eliapun bisa lemah dan perlu di-kuatkan dengan roti + air Surgawi dua kali, sehingga bisa tahan berjalan 40 hari sampai di gunung Allah dan masuk dalam rencana kesempurnaan Allah 1Raj 19:4-8. Yohanes Pembaptis juga seorang nabi yang terbesar dari Wasiat Lama (ini berarti lebih besar dari Elia Mat 11:11), tetapi juga mengalami kelemahan, sebab itu Tuhan Yesus memberi jawaban dan tanda2 ilahi untuk menguatkan nabi yang masih di penjara yang akan menghadapi mati syahid oleh Herodes Mat 11:2-6 (Yo-hanes Pembaptis bisa bersekutu de-ngan murid2nya sekalipun dalam pen-jara dan bisa mengutusnya kepada Putra manusia Yesus dan mendapatkan jawaban yang menguatkannya).

Bersedia ekstra di akhir zaman supaya bisa menghadapi hoax akhir zaman yang sangat meningkat!

Setan menggerakkan begitu banyak hoax sehingga timbul banyak orang dipakai setan untuk meneruskan hoax ini, mem-besar2kannya dan memberi komentar2 yang menyesatkan, dan menghakimi. Mereka menyebarkan hoax ini dari hati yang penuh dusta dan kebencian. (Sebab itu dalam Gereja perlu saling menguatkan dengan Fir-man Tuhan, dengan tanya jawab dalam pimpinan Roh Kudus sehingga menjadi kuat dalam persekutuan dalam Roh, supaya jangan menjadi korban hoax, domba harus lari dari orang lain yang tidak dikenalnya Yoh 10:5). Sebab itu kita perlu bersedia ekstra di akhir zaman ini dengan 2 gomer Firman Tu-han, pengurapan dobel seperti ligabis, bahkan tanpa batas Yoh 3:34 seperti Elia dikuatkan, dan dengan perseku-tuan dalam Roh, sehingga menjadi tubuh Kristus yang kuat, sehingga bisa menghadapi hoax iblis di akhir zaman yang terus meningkat.

GEREJA YANG BERKEMENANGAN DAN SEMPURNA.

Tanda2 dari Gereja yang menang dan menjadi sempurna ada pada 144.000 orang di gunung Sion Wah 14:1-5, inilah orang2 yang sudah mengalahkan iblis dengan sempurna, yaitu mereka yang menjadi:

  1. Mempelai Anak domba Allah Wah 21:9; 19:6-9, yaitu 144.000 orang di gu-nung Sion. Mereka ini sempurna dalam kasihnya seperti Kristus 1Kor 13:13, Luk 10:27. Sama sekali tidak ada ke-bencian. Lawannya adalah iblis yang penuh kebencian dan menjadi pem-bunuhan. Sebab itu kita harus tumbuh dalam jalan kasih. Jangan ada kebencian, itu tanda khas pekerjaan iblis. Orang yang tidak mengasihi sau-daranya itu penipu, pendusta 1Yoh 4:20. Kita harus mengukur semuanya dengan kasih Kristus, inilah ukuran untuk menjadi seperti Kristus, bukan tanda2 dan mujizat meskipun itu di-perlukan dan harus ada sebagai tanda Mrk 16:20, tetapi tidak cukup Mat 7:23.
  2. Wah 12:4. Mulutnya tidak bercacat-cela, tidak ada dusta. Kalau mulut bisa dijaga tidak ada dusta, maka kita bisa tumbuh menjadi sempurna seperti Kristus Yak 3:2-4. Sebab itu kita perlu memakai kang untuk mengendailkan lidah ini.

Ini 2 hal yang menjadi tanda ke-sempurnaan seperti Kristus yang hidup benar, tidak bercacat cela dan penuh dengan kasih Ef 4:25-27. Ini sebaliknya dari iblis bapak pembunuh dan pem-bohong, yaitu penuh dengan kebencian dan dusta.

Sebab itu kalau kita mau memegang patokan ini yaitu kasih dan mulut yang tidak ada dusta, kita akan tumbuh menjadi sempurna seperti Kristus. Orang yang tidak mengasihi sauda-ranya itu seorang pendusta 1Yoh 4:20 dan yang tiada menahan lidahnya itu ibadahnya sia2 Yak 1:26, dan akhirnya masuk Tasik api kekal.

Sebab dusta ini adalah tabiat lama Kol 3:9, dari bapak pembohong yaitu iblis.

KESIMPULAN.

Dusta atau hoax adalah tanda khas dari bapak pembohong iblis. Jangan ikut berdusta atau meneruskan dusta atau hoaxnya. Ini biasanya sejalan dengan benci, 2 tanda khas dari iblis. Biar kita belajar menjaga mulut kita supayatiada dusta (juga dari “dusta putih”) dengan pertolongan hikmat dan kuasa Allah, sebab tanpa ini kita tidak bisa menya-libkan mulut dan hati kita. Baik dalam dunia, juga dalam Gereja, hoax iblis itu merajalela dan meningkat luar biasa di akhir zaman ini dan sekarang inilah saatnya!

Jangan kena tipu hoax (dusta) iblis dan jangan menjadi kaki tangan iblis dalam ladang iblis untuk meneruskan, memperbanyak, mem-bumbu2i dan memperbesar dustanya!

Pasti dapat bagian hukuman yang sama dengan bapaknya. Kalau Bapa kita Allah, kita harus selalu menjaga mulut kita dengan pertolonganNya dan tumbuh dalam kasih Allah.

Bersedia ekstra (7 KPR ekstra) istimewa 2 gomer manna, pengurapan dobel dan persekutuan dalam Roh Kudus (dalam doa terus menerus da-lam Roh dan kebenaran) dan pelayanan bersama, supaya kita bisa lepas dari hoax iblis dan masuk atau tetap ada dalam rencana penyempurnaan dari Allah.

Nyanyian:

Seperti Yesus 2x, itu saja kuminta.