M4095 – Yakobus 4:13-15. Tahun Baru? ( 1 Januari 2019 )

PENDAHULUAN.

Kita perlu memeriksa hidup kita yang lalu dan yang akan datang supaya hidup ini berkenan pada Tuhan, bahkan ikut dalam rencanaNya yang mulia. Yang lalu itu ada yang negatif di ha-dapan Tuhan (dosa, perbuatan2 yang salah dll, ini semua harus dibereskan supaya jangan mengacaukan atau menghancurkan masa depan kita) dan yang positif (ini harus ditingkatkan supaya makin berkenan pada Tuhan dan bisa masuk rencana akhir zaman yang mulia).

YANG LALU.

  1. HAL2 YANG NEGATIF DI HADAPAN ALLAH.

Kita harus meneliti dalam terang Fir-man Tuhan hal2 ini dan memberes-kannya baik2, yaitu:

  1. Dosa, ini perkara kekal, harus di-buang tuntas sampai akar2nya, sampai MAK DSY.
  2. Tabiat, kebiasaan2 yang salah, ja-ngan dibiarkan, tetapi usaha habis2an membuang dan menggantikannya de-ngan yang baru Kol 3:9-10, apalagi kalau sudah tahu! Seringkali hal2 yang salah ini tidak terasa atau tidak disa-dari, sebab itu kalau bisa saling mena-sehati dengan tulus dan kasih (lebih2 diantara suami-istri dan keluarga, juga dalam kelompok2 kecil, teman sepela-yanan) itu akan sangat mempercepat perbaikan dan pertumbuhan rohani kita. Termasuk falsafah, prinsip atau cara hidup, tradisi dll, semua harus dicocokkan dengan Firman Tuhan, se-hingga kita punya cara berpikir yang Alkitabiah yaitu punya pikiran Kristus dalam pimpinan Roh Kudus. Memang ini tidak bisa sekaligus, tetapi biasanya bertahap sesuai dgn pertumbuhan pe-ngertian2 baru yg kita terima 2Pet 3:18.
  3. Kegagalan, kekeliruan dalam hidup, ibadah dan pelayanan harus dicari se-babnya, lalu diperbaiki, dicocokkan de-ngan Firman Tuhan. Jangan semua yang salah dibawa terus, itu seperti penyakit yang tidak sembuh akan ma-kin parah dan makin banyak kompli-kasinya sehingga jadi rusak dan binasa Rom 6:23.

Juga kegagalan dalam hal2 jasmani, seringkali pengaruhnya lebih dahsyat, apalagi pada yang cinta uang atau du-nia, dan orang2 yang suam, ini pukulan yang dahsyat, lebih2 kalau itu disebab-kan oleh orang beriman dan pemim-pin2nya. Beberapa kecewa berat dan undur dari Tuhan, mengorbankan kese-lamatannya untuk kekal.

HAL2 YANG POSITIF.

Semua ini diukur dengan Firman Tuhan. Kalau cocok dengan Firman Tuhan, tingkatkan, dalam segala segi.

  1. Kesucian, tabiat baru, penyerahan, ketaatan, lebih2 kasih Kristus. Belajar terus meningkat, sehingga makin ber-kenan pada Tuhan.

Sampai dimanakah pertumbuhan rohani kita selama ini? Adakah setiap tahun terus meningkat? Jangan sampai macet, apalagi mundur, lebih2 dalam tabiat baru. Perhatikan nasehat2 orang2 yang tulus dan pemimpin2. Mu-sa dahulu kasar, sekarang lemah lem-but, berubah Bil 12:3. Yusak dahulu ti-dak bisa apa2, hanya hambanya Musa, tahu2 menjadi pengganti Musa dsb. Tumbuhlah!

  1. Taat dipimpin Roh, melakukan ke-hendak Allah, sehingga kita bisa me-lakukan sebanyak mungkin perbuatan2 baik yang sudah disediakan Allah ter-dahulu untuk kita lakukan Ef 2:10. Dengan demikian kita akan mengalami hal2 yang sangat indah dalam rencana Allah seperti Putra manusia Yesus yang mahir dipimpin Roh Mat 4:1, Luk 4:1. Sebab itu segala kata2, tindakan dan ajaranNya tepat dari Bapa Yoh 8:26; 5:19 sehingga hasilnya sempurna. Daud juga penuh dan dipimpin Roh, sehingga riwayatnya menjadi indah di hadapan Allah Kis 13:22, juga Maria Luk 1:28. Akan ada banyak hal2 yang indah kalau kita taat dipimpin Roh dan ada kema-juan, misalnya dalam pelayanan, jabat-an, persekutuan dll, sehingga makin tepat dengan kehendak Allah. Orang yang dipimpin akal saja akan ikut segala macam kekeliruan dan kesesatan kecil-besar yang begitu banyak muncul dalam Meterai I, lebih2 dalam zaman komunikasi ini.

III. YANG AKAN DATANG.

Bersedia untuk hari2 yang akan datang.

  1. Bisa menghitung hari2nya Maz 90:12. Bagaimana cara menghitung ha-ri2 kita, sehingga menjadi berbudi?
  2. Hari2 (umur) kita sendiri itu pasti ada batasnya, tetapi kita tidak tahu sampai dimana, bisa tiba2 habis! Orang yang mengerti akan jadi berbudi, se-hingga bisa ber-hati2 dan ber-jaga2 Yak 4:13-15.
  3. Jangan tunda apa yang bisa kita selesaikan hari ini sebab besok belum tentu milik kita, minta pimpinan, kuasa dan hikmat Roh.
  4. Dahulukanlah yang kekal Mat 6:33, jangan sampai terdesak oleh yang fana, sehingga yang kekal batal atau hilang.
  5. Selalu dipimpin Roh, sehingga tahu mana yang dari Tuhan, mana yang dari kehendak sendiri.
  6. Tahu yang akan datang. Sampai di-mana kita tahu? Sesuai dengan zaman kita, sesuai dengan pengertian dari Fir-man Tuhan dan sesuai dgn umur kita.
  7. Kita tidak tahu bila lonceng Minggu ke-70 Daniel mulai berjalan lagi. Kita hanya bisa me-ngira2 berdasar tanda2 yang ditulis dalam Alkitab (sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel kita akan tahu saat yang tepat 1Tes 5:4). Perha-tikan hal2 baru yang terjadi dalam pe-ningkatan dosa dan kejahatan, malape-taka, tehnologi yang meningkat (Luk 17:26-30). Tetapi juga kesucian, pem-bukaan Firman Tuhan, jabatan2, kege-rakan Roh Kudus dll juga meningkat Wah 22:11. Mungkin Tuhan tidak lama lagi datang, tetapi jangan lupa ada generasi Tuhan Yesus II yaitu orang2 akhir zaman yang akan ikut peng-angkatan (ini jauh lebih untung dari golongan generasi Tuhan Yesus I Mat 13:17, Luk 10:24). Kalau Tuhan Yesus datang 10 tahun lagi, maka golongan ini sudah ada sekarang sebab kita yang lahir di akhir zaman ini tidak kebetulan, sudah diatur Allah sebelum dunia ini dijadikan Ef 1:4. Siapakah orang2 yang tergolong generasi Tuhan Yesus II ini, yang akan ikut pengangkatan? Semua boleh ikut kalau mau, Tuhan adil bagi semua orang, tetapi ada tanda2 dan syaratnya! Inilah orang2 yang sungguh2 ikut Tuhan dan bersedia baik2 untuk hari pengangkatan. Pasti bukan orang yang suam, yang setengah hati, ia akan kena polarisasi Wah 22:11, sehingga orang yang tidak sungguh2 akan tersi-sihkan, tetapi yg sungguh2 penuh dan dipimpin Roh (bergairah dalam 7 KPR), rohaninya akan makin meningkat de-ngan cepat (istimewa dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan) dan ikut dalam rencana Allah yang paling besar ini.

Masuklah dalam golongan ini, ini sesuai pilihan dan kesungguhan ma-sing2. Orang2 ini harus ada di jalur yang betul, karena pada hari2 itu (Minggu ke-70 Daniel) orang yang di luar jalur yang betul sulit pindah jalur dan sulit selamat 1Pet 4:17-18.

Kita bisa memilih, tergantung kita Luk 12:57. Memang orang yang tidak mengerti Firman Tuhan dan tidak tahu mengalami kuasa Allah akan mudah sesat dan kena tipu iblis, daging dan dunia! Mrk 12:24.

  1. Lolos dari kejahatan dan bahaya yg makin meningkat. Golongan ini tidak akan mati (kalau mati dalam Tuhan, te-tap indah, akan bangkit dahulu waktu pengangkatan). Sebab itu bisa kena baik penyakit, baik bahaya dll, tetapi selalu lolos dan tidak akanmati ber-dasarkan 1Kor 15:51-52. Ini tidak akan otomatis pada semua orang Kristen, lebih2 orang yang tidak ber-jaga2, te-tapi orang2 yang ber-jaga2 ekstra di akhir zaman ini (ekstra bertekun dalam Firman Tuhan 2 gomer, penuh dan di-pimpin Roh, ekstra seperti ligabis, bu-kan ligabo, tumbuh dalam kesucian yang tinggi (Wah 22:11), orang itu akan masuk golongan Tuhan Yesus II ! Bukan yang suam atau bercabang hati, me-reka akan gugur. Sebab itu bersedialah baik2 dengan 7 KPR dobel atau limpah, sehingga bisa menang dan mengatasi dosa2, kejahatan dan bahaya yang me-ningkat tinggi dan bisa tumbuh dengan cepat! Bukan dengan kekuatan manu-siawi, tetapi dengan kuasa Allah yang limpah dalam kesucian (tidak bereaksi dosa, tetap suci, ada kasih, ada tabiat baru yg makin meningkat dalam peng-urapan dan pimpinan Roh Kudus yang limpah. Kalau jatuh dalam dosa, akan terseret polarisasi dosa. Kita harus be-tul2 ber-jaga2 dalam Roh dan Firman Tuhan supaya tidak gugur Mat 26:41.
  2. Hari2 yang sulit. Ini tidak lama, sa-ngat cepat tetapi dahsyat (puncaknya ada dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel) dan yang tidak meningkat, akan gugur. Hari2 itu dikatakan sebagai:

c.1. Ujian akhir, terberat untuk semua orang yang di dunia pada saat itu Wah 3:10. Sebab itu sudah harus tumbuh tinggi dalam kesucian dan rencana Allah, sehingga bisa lulus.

c.2. Ini adalah baptisan api Mat 3:11 yg akan menyala di seluruh dunia pada waktu Tuhan Yesus akan datang Luk 12:49.

c.3. Ini masa penampian Mat 3:12 gan-dum dan sekam akan dipisahkan oleh angin sengsara dan dosa yang dahsyat. Sekarang Tuhan melarang memisahkan gandum dan lalang, tetapi pada waktu ini, perkara2 yang dahsyat akan memi-sahkan mereka, yaitu pada saat pe-nuaian Mat 13:29-30. Pada saat ini akan nyata benar bedanya antara gan-dum dan sekam atau lalang, orang yang bersedia dan orang yang suam Wah 3:16.

c.4. Masa hukuman rumah Allah. 1Pet 4:17-18. Ketertiban dalam Gereja akhir zaman meningkat sangat tegas 2Kor 10:6, sehingga yang main2 akan mati di tempat atau lari dari Gereja yang betul, tidak tahan Kis 5:11,13.

c.5. Pemisahan dalam keluarga. Seka-rang ada janji Tuhan untuk menyela-matkan seisi rumah Kis 16:31. Tetapi kalau datang waktunya Minggu ke-70 Daniel, orang2 yang keras hati dan belum mau percaya atau yang main2, akan hanyut dalam tsunami dosa dan terpisah dan berbeda sangatjauh satu sama lain, sehingga yang keras hati makin keji melawan yang suci, sekali-pun dalam 1 rumah Luk 12:52-53.

c.6. Pelayanan orang sempurna seperti pelayanan Putra manusia Yesus sesu-dah kebangkitan, tidak lagi untuk umum (semua orang), tetapi hanya untuk orang2 yang sungguh2 (tingkat Ruangan Suci), sehingga jumlahnya ti-dak lagi banyak seperti sebelumnya (sampai 5.000 atau lebih, tetapi mak-simal hanya 500), sebab pelayanan orang sempurna sangat tertib, limpah dengan kuasa dan mujizat, juga hu-kuman berat bagi yang main2. Sebab itu pada waktu pengangkatan akan terjadi pemisahan, sebagian terangkat, sebagian tertinggal (ini juga orang ber-iman, tetapi yg suam dan tidak ber-ja-ga2, hanyut dalam dosa) Luk 17:35-36.

Jangan lupa fasilitas yang Tuhan beri di akhir zaman mencapai pun-caknya juga, khususnya untuk orang2 yang bersedia, luar biasa. Gereja meng-alami zaman keemasan seperti Surga di bumi dengan segala kesukaan dan tanda2 dan mujizat akan limpah, juga Firman Tuhan terbuka semua (sudah mulai sebelumnya) dan ada hujan Akhir yang luar biasa, menyertai jabatan2 yang lengkap dan pelayanan orang sempurna. Tanda2 di luar Gereja juga nyata yaitu 4 Meterai, 4 Sangkakala yang sangat dahsyat istimewa untuk orang yang suam dan orang dunia.

Kalau sekarang belum terlatih (ter-uji) untuk menghadapi semua kesu-karan dan godaan zaman sekarang (yang “ringan”), apalagi dalam hari2 yg dahsyat ini (betul2 berat) semua akan gugur dan tidak mengalami zaman ke-emasan Gereja yang luar biasa.  Sebab itu bersedialah baik2 dan sekarang su-dah harus terus hidup dalam keme-nangan, bahkan lebih dari pemenang Rom 8:31,37.

YANG DIHARAPKAN DALAM TAHUN2 YANG AKAN DATANG.

Hanya ada 2 jalur bagi orang beriman, yaitu yang tidak bersedia dan yang bersedia. Jangan mengharapkan janji2 Tuhan yang luar biasa dan terbesar kalau tidak ada di jalur yang betul, yaitu yg suci makin suci, bukan di jalur yang salah, yang najis, limpah dengan dosa yang semakin najis Wah 22:11.

Hal2 jasmani.

Seringkali orang2 tertipu oleh segala perkara2 jasmani yang fana, padahal Tuhan sudah tahu dan melengkapi kita dengan lengkap, tetapi kita harus bisa berpada Pil 4:12. Kita harus bisa meng-alami keduanya, yaitu puncak kelim-pahan dan puncak penderitaan dan kekurangan, sebab kita harus bisa memakai dunia ini seperti orang yang tidak memakai 1Kor 7:31, tanpa ber-sungut2 dan tidak sampai mempe-ngaruhi pertumbuhan rohani kita yang terus meningkat dengan cepat. Orang yang tumbuh dalam kesucian bisa ber-pada.

– Seperti burung pipit, Tuhan pelihara untuk hidupnya, tidak sampai mati, tetapi pas2an, sebab burung pipit tidak perlu rumah, mobil, kedudukan dll, mereka bersukacita dan me-muji2 Tu-han untuk bisa sekedar hidup dan meneruskannya. Ini saat2 yang sulit untuk daging, tetapi rohaninya tetap tumbuh dengan indah dan heran.

Yusuf dalam perbudakan di Mesir dipelihara Tuhan seperti burung pipit, pas2an, sekedar hidup, tidak ada kelebihan, cukup, pas, tetapi rohaninya terus tumbuh.

– Sisi yang lain yaitu hidup dengan ber-kelimpahan dalam hal2 jasmani, yang disediakan Allah, lebih2 untuk tubuh Kristus sedunia (global) dibutuhkan biaya yang banyak sekali, tetapi semua disediakan Tuhan Yes 60:5-6; 61:5-8. Tetapi orang2 yang rohaninya sudah meningkat tinggi ini tidak lagi terikat akan uang dan semua yang fana, sebab kuasa dan pimpinan Roh Kudus yang limpah itu menyucikan kita dari segala dosa uang, sombong, zina, duniawi dll. Segala kebutuhan jasmani akan limpah, lebih2 dalam 3,5 tahun sebelum peng-angkatan, umat Tuhan tidak hanya memberi 10%, tetapi bahkan sampai 100%, sebab mereka sudah tahu dan yakin dalam 1260 hari lagi terjadi peng-angkatan, sehingga ada kelimpahan ke-uangan dalam tubuh Kristus global. Tidak ada seorangpun yang berani ber-siasat atau menipu untuk mengambil Rp. 1.000 pun, sebab orang yang tidak jujur akan mati di tempat seperti Ananias dan Safira. Tidak lagi ada Yudas (pencuri) dalam rumah Tuhan, tidak ada yang iri atau ingin akan yang fana, sebab semua dalam Gereja akhir za-man, tingkat rohaninya sangat tinggi dalam kesucian. Ini harus ditumbuhkan mulai sekarang, sebab yg masih pura2 atau diam2 berdosa akan hanyut dalam tsunami dosa akhir zaman dan binasa dalam masa hukuman rumah Allah.

Sekarang ini hal2 tsb belum sepe-nuhnya tampak, tetapi hati yang suci dan merdeka dari dosa uangdll sudah ada dan terus tumbuh dalam kesucian dan rencana Allah. Sebab itu dalam hal2 jasmani, nafkah, uang, pekerjaan dll, belajar hidup berpada dalam kesu-cian dan tumbuh dalam pimpinan Roh Kudus. Jangan kuatir!

Juga kesehatan akan terpelihara 100%, mujizat kesembuhan akan naik sampai 100% (sekarang dalam KKR kesembuhan baru setengahnya).

Orang yang ikut dalam pengang-katan (Tuhan sudah tahu), tetapi kita ti-dak tahu, namun bisa memilih dan mempersiapkan diri untuk masuk da-lam golongan ini), kalau toh sakit apa-pun,  semua penyakitnya sembuh; ka-lau perlu umurnya juga ditambah (mi-salnya sudah berumur 80 tahun atau lebih), sehingga masih hidup dan ikut pengangkatan pada hari itu!

Juga dalam bahaya, sebab dosa meningkat luar biasa, akan ada banyak korban, tetapi orang2 yang sudah ma-suk golongan pengangkatan ini akan selalu lepas. Sekalipun 1000 menjadi korban mati di kiri dan 10.000 jadi kor-ban mati di kanan kita, kita tetap ter-pelihara Maz 91:7, lebih2 dalam Ming-gu ke-70 Daniel, kuasa Allah sangat2 limpah, asal kita tetap hidup dalam kesucian dan pimpinan Roh Kudus (ti-dak bereaksi dosa sekalipun ada ke-bencian dll yg mengancam di mana2).

 

KESIMPULAN.

Kita ini tidak tahu pasti tentang yang akan datang, tetapi Tuhan tahu pasti tentang semuanya, bahkan semua su-dah disiapkannya dengan sempurna, asal kita mau tetap hidup dalam ke-sucian dipimpin RohNya seperti ranting yang terus lekat dalam pokok (limpah dan gairah dalam 7 KPR).

Yang lalu yang negatif buang semua, yang positif tumbuhkan terus, sehingga termasuk dalam golongan orang bersedia dengan sungguh2. Orang inilah yang akan jadi golongan generasi Tuhan Yesus II yang akan ikut pengangkatan dan mengalami pertum-buhan sampai puncak2 kemuliaan Allah. Ini terjadi dalam zaman ke-emasan Gereja di tengah2 peningkatan dosa dan neraka dunia yang dahsyat!

Tuhan itu luar biasa. Dia sanggup melindungi dan memimpin kita dalam rencanaNya sampai sempurna, dengan cara yang luar biasa. Bagaimana? Kita akan hidup seperti di Surga dalam ke-sucian, di tengah2 neraka di dunia yang keji dan jahat dalam dosa. Ingat, kita yang lahir di akhir zaman punya ke-sempatan besar untuk memilih dan masuk dalam golongan Tuhan Yesus II yang akan ikut dalam pengangkatan.

 

Nyanyian: Berachah no 457.

Ku tak tahu hari esok.