M4089 – Matius 6:34, 1petrus 4:7; 1:13 Menghadapi Akhir Tahun

PENDAHULUAN.

Dalam menghadapi akhir tahun ada orang yang biasa2 saja, ada yang sibuk dengan pekerjaan atau pelayanannya dan ada yang was2. Macam2 yang dihadapi.

  1. Hal2 rohani, Natal, ibadat, pelayan-an dll.
  2. Pekerjaan, baik dalam kariernya yang terganggu atau terancam, atau usaha2nya yang mengalami kesulitan.
  3. Dalam sekolahnya, bagaimana ke-hendak Tuhan baginya.
  4. Dalam kesehatannya, masih bisa hidup?
  5. Keluarga, lebih2 yang mengalami ke-sulitan.
  6. Dll.

PRINSIP.

Semua orang ingin berhasil, juga kita di dalam Tuhan, tetapi lebih indah lagi kalau kita ada dalam rencana Allah, sebab itu yang terbaik di antara semua-nya! Sebab itu perlu:

  1. Disertai Tuhan Rom 8:31 Kej 6:9. Untuk itu kita harus hidup dalam ke-sucian 1Pet 1:15-16 dan taat dipimpin Roh melakukan kehendak Tuhan yang tertulis dalam Alkitab dan pimpinan Roh yang tidak tertulis dalam Alkitab tetapi tidak bertentangan, cocok de-ngan Firman Tuhan.
  2. Selalu tinggal dalam rencana Allah. Allah punya rencana yang terbaik untuk setiap umat-Nya Ef 2:10, Yer 29:11, 1Kor 12:6. Allah sudah mempersiapkan terdahulu satu seri lengkap perbuatan baik yang harus kita lakukan, sehingga kita bisa terus dalam rencana Allah. Sebab itu kita harus bisa mengenal kehendak Allah (Ef 5:17) dan terus melakukan kehendak dan pimpinanNya sehingga mengalami rencana Allah yang terbaik seperti Abraham, Israel, Yakub, Yusuf, Daud, Daniel, Maria, Pe-trus, Paulus dll. Jangan menuruti ke-hendak sendiri sekalipun netral (misal-nya Yusuf bertahan di istana Firaun 9 tahun, tidak pulang ke rumah bapak-nya, sehingga rencana Allah jadi de-ngan lengkap bagi Yusuf), apalagi ke-hendak sendiri yang dosa, akan keluar dari rencana Allah, tidak bisa mencapai rencana Allah kelas I.

Sebab itu kita perlu :

  1. Tetap memelihara status kita, selalu hidup dan berjalan dengan Tuhan se-nantiasa seperti carang yang selalu lekat pada pokok Yoh 15:5 yaitu de-ngan selalu limpah dengan 7 KPR.
  2. Ber-tanya2 akan Tuhan senantiasa dalam segala problem kita 1Taw 16:11, sampai kita yakin bahwa kata2, kepu-tusan dan tindakan kita itu sesuai de-ngan Firman Tuhan atau tidak melawan Firman Tuhan. Kita harus berpikir, te-tapi minta Roh Kudus memimpin pikir-an kita dengan berdoa, apalagi berdoa dalam Roh dan kebenaran senantiasa 1Pet 4:7.

Kalau belum yakin, kita menunggu atau minta bantuan nasehat gembala sidang atau saudara2 seiman kita dan terus berdoa minta pimpinan Roh Kudus.

  1. Hadapi semua orang atau peristiwa dengan kuasa dan pimpinan Roh Kudus (sambil memeriksa diri kalau perlu, ka-lau diingatkan Roh Kudus).

Jangan takut, sedih atau marah, itu bukan pimpinan Roh. Kalau kita dipim-pin Roh akan ada sejahtera dalam hati kita selalu Pil 4:7 dan tidak bereaksi dosa. Kalau bingung, emosi, marah, takut, kecewa dan lain2, itu menuruti perasaan hati, jangan dituruti, nanti masuk jerat setan, tetapi tetap sejah-tera, tenang, itu tanda dipimpin Roh, sehingga bisa mendengar suara Roh. Kalau panik, marah, bingung, seringkali suara Roh itu terlewat, tidak terdengar, sehingga kuasa pertolongan Tuhan ti-dak nyata. Sebab itu biarlah kita se-nantiasa tenang, sejahtera dipimpin Roh Kudus. Jadi kita harus berpikir baik2 dan berdoa dengan berjaga-jaga dalam Roh dan Kebenaran 1Pet 4:7/ 1:13. Baik dalam hal2 rohani (pela-yanan) maupun dalam hal2 jasmani (dalam pekerjaan, usaha dengan ba-nyak problem dan tantangan) kita ha-rus berpikir baik2 (ada sejahtera, ja-ngan bingung, linglung atau putus asa, tetapi percayalah akan Tuhan Yesus) dan terus tekun berdoa dalam Roh Kebenaran minta pimpinan Roh Kudus.

Maka kita akan bisa menghadapi se-mua orang dan problem dengan pim-pinan Tuhan dan bertindak dengan iman dengan yakin, langsung atau me-nunggu saat yang tepat. Indah berjalan dengan Tuhan, sebab kita akan ber-untung Maz 1:3 jasmai dan rohani!

Jangan lupa mendahulukan mencari Kerajaan Sorga dan kebenaranNya (hi-dup benar, sesuai Firman Tuhan) maka kita mendapat yang utama, yang kekal tetapi semua fasilitas yang kita bu-tuhkan, akan ditambahkan pada kita Mat 6:33.

MENGHADAPI HAL2 ROHANI.

Misalnya Natal, tahun baru dan acara2 lainnya, lalu dalam tahun2 yang akan datang apa rencana Allah bagi kita? Dalam rencana Allah, kita tetap mela-kukan yang rutin seperti ibadat, pela-yanan, menangkan jiwa dll, dan selalu dengan sejahtera dan sukacita. Sebab itu kita harus terus hidup dalam ke-sucian. Jangan menuruti perasaan hati, JMPE (= jengkel mangkel pegel, emosi dll) atau kedagingan (benci, iri, zinah, cinta uang, ingin puji dll sehingga timbul banyak dosa) akan jadi kacau, tiada sejahtera dan masuk jerat iblis. Akibatnya banyak celaka dan kepa-hitan, bukan sukacita dan tidak bisa mengerti dan mengalami rencana Allah yang indah2 dalam penamatan akhir zaman ini.

Dalam hal rohani, untuk tahun2 yang akan datnag kita memikirkan tentang Maranatha 1Kor 16:22, Wah 22:21.

Kita belum tahu kapan Tuhan da-tang, tetapi pasti sudah makin dekat dan tindakan penting apa yang harus kita kerjakan, jangan sampai kasep. Mi-salnya tekun mengerjakan 3 Angka kedatangan Tuhan, kegerakan Roh Kudus, jabatan, pertumbuhan dalam kesucian dll. Sebab di akhir zaman ini ada kemungkinan2 sbb:

Ada 3 golongan orang akhir zaman, yaitu:

  1. Mungkin kita sudah termasuk gene-rasi akhir zaman (orang2 yang hidup sampai Tuhan Yesus datang) dan mung-kin bisa masuk generasi Tuhan Yesus II (yang akan ikut dalam pengangkatan atau menjadi sempurna, tidak meng-alami kematian sama sekali 1Kor 15:51-52).
  2. Golongan orang yang suam, yang akan hanyut, jatuh dalam dosa lalu mati dalam dosa atau ikut golongan Antikris.
  3. Golongan orang yang tertinggal, se-bagian ikut Antikris, sebagian bertobat dan mati dalam zaman aniaya Antikris Wah 13:7.

Ada kemungkinan kita bisa masuk generasi Tuhan Yesus II! Itu sangat indah dan luar biasa (lihat tabel).

Dalam 3,5 tahun sebelum peng-angkatan, generasi ini akantumbuh cepat seperti kilat sesuai dengan Mat 24:27. Inilah orang yang lulus dalam ujian akhir zaman Wah 3:10, 1Pet 4:17, Mat 3:11-12, Luk 12:49 dll.

Ini kesempatan bagi kita untuk sungguh2 bersedia untuk bisa ikut dalam pengangkatan dan tidak sampai jatuh dalam dosa, dalam polarisasi Wah 22:11. Sebab itu kita harus sung-guh2 bersedia mulai sekarang sebab ada kesempatan yang sangat besar un-tuk bisa ikut pengangkatan. Kita di-lahirkan (diturunkan ke dunia) pada akhir zaman ini, sebab Tuhan punya maksud untuk mengolah kita sehingga bisa memenuhi syarat lulus dalam ujian akhir zaman dan ikut pengangkatan.

Andaikata Tuhan Yesus datang tahun 2025, maka pada tahun 2019 orang2 yang sudah lahir dan akan ikut peng-angkatan ada 770 juta (ini perhitungan kira2), inilah orang yang sungguh2 bersedia Bil 24:42. Mungkinkah kita termasuk?

Kita punya kesempatan emas yang luar biasa. Tergantung dari kita mau memakai kesempatan ini atau tidak, sebab yang mau sungguh2 bersedia, dengan pertolongan Roh Kudus, pasti bisa masuk dalam golongan generasi Tuhan Yesus II, sebab itulah tujuannya kita dilahirkan (diturunkan dalam du-nia) pada akhir zaman ini! Sebab itu bersedialah, sungguh2 ikut Tuhan. Andaikata, kita mati, Tuhan Yesus belum datang, kita tidak rugi, sebab orang yang sungguh2 bersedia akan tumbuh makin tinggi dan itu menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal di Surga, tidak sia2! Sebab itu sejak zaman dahulu, sejak zaman Gereja mula2, orang2 sudah disuruh bersedia. Apalagi zaman sekarang yang betul2 akhir zaman dan Tuhan betul2 akan datang, bersedialah.

DALAM USAHA, PEKERJAAN, NAFKAH.

Biasanya perusahaan menutup buku, menyimpulkan hasil tahun lalu memi-kirkan rencana tahun ke depan. Lain dengan perkara rohani, hal2 jasmani hanya bisa diramalkan tanpa patokan pasti. Hasil peramal2 ilmiah (futuro-loog) 10 tahun yang lalu sudah hilang, padahal waktu itu “harganya mahal”, sangat dihargai, tetapi tidak bisa cocok. Tetapi umat Tuhan jangan kuatir. Minta hikmat Tuhan. Daniel di negeri Babel (yang waktu itu paling maju) bisa mem-beri nasehat yang paling tepat, se-hingga sukses, sebab Roh Tuhan ada dalam dia Dan 6:3-4. Juga Yusak Ul 34:9, Yusuf Kej 41:38, apalagi Putra manusia Yesus (sekalipun masih anak kecil 12 tahun) Luk 2:47. Mereka ini bu-kan orang jenius, tetapi Roh Allah yang ada di dalamnya itulah pencipta orang jenius, Dia Maha jenius, sebab itu jangan kuatir, berdoalah minta pim-pinan Tuhan dengan hati tulus dan mendahulukan kerajaan Surga, pasti Roh Kudus akanmemimpin dalam ke-cukupan bahkan kelimpahan. Sebab Tuhan punya janji besar untuk segala fasilitas Gereja yang akan menjadi sem-purna Yes 60:5; 61:5-6. Jangan berkecil hati atau kuatir, hadapi persaingan yg hebat di akhir zaman dengan keje-niusan ilahi dari Roh Kudus. Sekalipun dalam saingan online, minta hikmat Tuhan dan pelajari baik2 dengan pikiran yang sejahtera dan pimpinan (suara) Roh Kudus 1Pet 4:7; 1:13.

Juga pegawai, jangan takut, beker-jalah dengan jujur dan minta hikmat Tuhan, kerjalah dengan rajin, Tuhan akan memelihara. Juga perlu saling to-long menolong dan nasehat-mena-sehati satu sama lain dalam kasih per-saudaraan Kristus, sehingga kita makin cerdik di tengah2 dunia srigala (Mat 10:16). Yang penting jangan lupa, jujur, jangan serakah atau bertuhankan mammon; kadang2 ada saat yang ekstra perlu berpada, tetapi jangan takut, hadapi baik2 sampai lulus dan Tuhan akan memelihara kita baik2, sambil terus bersedia untuk Mara-natha, kedatangan Tuhan Yesus!

Jangan lupa menabur dan hidup ber-kenan pada Tuhan, maka Tuhan akan memberi penuaian yang sesuai Mal 3:10, 2Kor 9:6, Maz 126:6.

SEKOLAH DAN PENDIDIKAN.

Bagaimana tahun depan?

Harus belajar baik2 dengan sejahtera dan hikmat dari Tuhan, dan dengan tulus berkenan pada Tuhan, maka Tuhan sanggup membangkitkan Daniel2 baru, baik secara ilmiah dan juga dalam karier pekerjaannya. Boleh dikatakan orang2 beriman yang cinta Tuhan, kalau dengan kemampuan sen-diri (dengan berpikir baik2) misalnya dapat angka 6, maka karena Tuhan ia biasanya dapat ekstra +1 sampai +3.

Hampir semua orang seperti Daniel punya pengalaman seperti ini. Juga sesudah sekolah, mencari dan mene-mukan pekerjaan yang sesuai, jangan ragu2, sabarlah ikut pimpinan Roh Ku-dus, Tuhan punya waktunya dan mem-beri sesuai dengan tingkat kemampuan rohani kita Ams 30:8 jangan sampai sesudah diberkati jatuh dalam dosa sombong, duniawi atau kedagingan lainnya! Mat 16:26. Jangan lupa jangan hanya tumbuh dalam pengetahuan jasmani (yang fana) tetapi juga tumbuh dalam pengetahuan rohani, yaitu kebenaran Firman Tuhan, ini yang kekal! Harus berimbang.

KESEHATAN.

Jangan ragu2 akan begitu banyak janji2 Tuhan 1Pet 2:24, 3Yoh 2, Kel 15:26; 23:25 dll. Sekalipun penyakit makin bertambah dan makin dahsyat, Tuhan sanggup menghindarkan dan menyem-buhkan, bahkan kalau masuk golongan yang akan diangkat, sekalipun umur sudah lebih dari 80 tahun, Tuhan bisa menyembuhkan sehingga tetap hidup dan terangkat hidup2an. Jangan takut tantangan kesehatan di tahun2 yang akan datang. Jangan lupa periksa diri dan hiduplah benar di hadapan Allah (MAK DSY) dan hadapi semua dengan iman. Meskipun tua Tuhan sanggup memelihara jatah umurnya dengan sehat sampai jatahnya genap, bahkan ditambah atau ikut pengangkatan. Tetapi jangan tua2 keladi, tetapi tua2 dahlia, tambah tua tambah mulia di hadapan Tuhan, baik tabiat baru, kasih, berbuah jiwa2 dll yang rohani, sehingga tumbuh makin seperti Kristus.  Perca-yalah akan janjiNya dan kalau tubuh sehat, pakailah untuk melakukan ke-hendak-Nya, bukan untuk menuruti daging dan hidup sia2 Pil 1:21, Gal 2:20. Tetapi jangan lupa, jangan kena dosa akhir zaman: Bertuhankan perut Luk 17:27. Peliharalah kesehatan dengan secukupnya, jangan dengan ketakutan tetapi dengan iman.

KELUARGA.

Ada banyak ancaman dari segala segi untuk memecahkan keluarga, sebab inilah unit Gereja yang paling kecil, yang harus kuat dalam Kristus, dengan pendidikan Firman Tuhan untuk semua anggota keluarga Ul 6:7-8, Neh 8:3-4,10 dll. Hati2 dengan pergaulan digital, se-bab dengan mudah godaan dosa me-lampaui batas, itu merupakan pena-buran benih2 dosa yang limpah dan jahat dan itu akanmenghasilkan banyak hutan2 segala macam dosa!

Target Keluarga adalah seluruh keluarga selamat dalam Tuhan, sebab Tuhan menurunkan anak dalam ke-luarga orang beriman untuk disucikan dan diselamatkan Kis 16:31.

Misalnya bayi yang lahir mati atau tidak lama kemudian mati, padahal bayi itu belum bisa berbuat apa2 sama sekali, tetapi tetap bisa diadili oleh Allah yang Maha tahu (tidak ada orang yang tidak bisa diadili, semua akan masuk Surga atau neraka, tidak ada tempat netral atau tengah2).

 

Bayi ini selamat oleh karena orang-tuanya 1Kor 7:14. Tuhan menurunkan anak yang akan selamat (Tuhan tahu lebih dahulu), dimasukkan dalam orangtua  yang percaya. Seharusnya orangtua atau setiap keluarga memper-juangkan seluruh keluarga supaya se-lamat, bahkan seisi rumahnya, ini tar-get dari Tuhan Kis 16:31. Jangan ragu2, percayalah dan perjuangkan tanpa pu-tus asa, tetapi dengan iman. Memang ada yang tidak selamat, itu keluar dari rencana Allah, itu kesalahan manusia sendiri. Sebab itu bergumullah habis2-an untuk keselamatan seluruh keluarga dan isi rumah.

Jangan mengambil jodoh semba-rangan, tetapi yang sudah menikah ti-dak boleh cerai, si anak tetap bisa disu-cikan dalam salah satu orangtuanya!

Pergumulan keluarga yang istri atau suaminya tidak bertobat jauh lebih berat, tetapi kalau sama2 cinta Tuhan, justru menjadi sangat kuat di dalam Tuhan Im 26:8, Mat 19:5-6. Harus se-jodoh dalam Tuhan 2Kor 6:14-15. Hadapi segala pencobaan keluarga, baik kenakalan atau anak yang kurang ajar, juga nikah suami-istri.

(Jangan mencari jodoh cara duniawi, yaitu mereka mencari yang ada buah2 duniawi yang limpah, mewah; cara ini bisa menyesatkan, sebab buah anak itu dari orangtuanya, belum tentu orang rohani. Tetapi cari pohon yang baik di dalam Tuhan, akan keluar buah yang baik dalam jaminan Tuhan.

KESIMPULAN.

Akhir tahun adalah tanda bahwa waktu dunia ini makin habis, hari makin ma-lam Yes 21:11. Perhatikanlah Marana-tha dan jangan takut segala kebutuhan (fasilitas) jasmani. Pakai pikiran dengan baik2 dan waspada 1Pet 1:13; 4:7 dan dengan pimpinan Roh Kudus, Tuhan pasti akan memelihara kita dalam sega-la segi hidup. Dia sanggup memelihara dengan limpah asal kita tahu tujuan hidup ini, terutama untuk yang kekal, lebih2 kalau waktu sudah hampir habis, kita punya kesempatan yang sangat indah untuk masuk dalam kemuliaan generasi Tuhan Yesus II. Jangan takut fasilitas yang fana, Tuhan sanggup me-nyediakan dengan limpah, tidak akan mati kelaparan seperti burung di udara dan bunga bakung di lembah Mat 6:26-34. Hadapi semua problem besok, de-ngan berjalan dengan Tuhan.

 

Nyanyian: Tabernakel Glory no. 623.

Ku tau siapa yang pimpin

hari depan hidupku.

Semuanya dari Tuhan

terencana sempurna.

Menghadapi gelombang

dalam jalan hidupku.

Kubersandar pada Tuhan,

kus’rahkan semua.