M4086 – 1Petrus 4:15-18. Orang Benar Sulit Diselamatkan, Apalagi Orang Berdosa

APA ARTINYA 1Pet 4:18.

Alkitab menceritakan begitu mudah orang berdosa bisa diselamatkan, se-perti penjahat besar yang di salib ber-sama2 Kristus Luk 23:43 atau pe-rempuan (sundal) Samaria yang diselamatkan Tuhan Yesus Yoh 4.

Tidak sulit, bahkan orang2 yang hampir mati, yang mau ber-seru2 ke-pada Tuhan bisa selamat, tanpa bayar atau syarat2 yang sulit. Sebab itu kita dapat dengan mudah menolong orang2 belum percaya dan sedang menghada-pi ajalnya, kalau mereka mau percaya, dalam waktu yang sangat pendek masih bisa selamat, langsung dapat Surga kekal! Kalau ada kesempatan terakhir seperti ini, pakailah, sangat menguntungkan orang yang mau percaya. Kita juga dapat pahala dari Tuhan. Tetapi mengapa ada pernya-taan yang dahsyat ini, orang benar sulit diselamatkan?

  1. Ini terjadi pada akhir zaman, yaitu pada masa hukuman rumah Allah da-lam Minggu ke-70 Daniel (1Pet 4:17) dan hari2 yang mendekatinya, sebab masa2 ini menjadi ujian akhir yang berat bagi semua orang di dunia Wah 3:10, semua akan mengalaminya Luk 21:35, semua kena 1Tes 5:3.
  2. Disini, seperti dalam zaman Lot (Sodom Gomora), begitu juga pada akhir zaman ini ada dua macam orang benar.
  3. Orang benar seperti Lot 2Pet 2:7, ini sulit selamat, bahkan seisi rumahnya, semua tidak selamat. Inilah orang2 yang menderita karena dosa2 1Pet 4:15.
  4. Orang benar seperti Abraham, tetap dan pasti selamat. Inilah orang2 yang mau menderita sebagai orang Kristen, karena kebenaran (mau salib), bukan karena salahnya, tetapi tidak bereaksi dosa, tetap hidup benar dan dipimpin Roh 1Pet 4:16. Ini orang2 benar yang tetap selamat, bahkan pasti selamat, sebab selalu hidup benar sesuai Firman Tuhan dan berjalan dengan Tuhan.

MENGAPA SULIT SELAMAT

DI AKHIR ZAMAN?

Dalam zaman sekarang yang tidak sejahat seperti akhir zaman atau masa hukuman rumah Allah, keselamatan itu sudah sulit untuk:

  1. Orang yang tidak sungguh2 percaya, tetapi mendua, plin-plan, suam. Orang2 seperti ini sulit selamat, sebab Tuhan tidak berkenan kepadanya dan diludahkan keluar Wah 3:16. Orang yang main2, setengah hati, tidak sung-guh2, sulit sekali untuk selamat, bah-kan jadi binasa sekalipun sudah per-caya Tuhan Yesus Mat 7:21-28.
  2. Orang yang tinggal dalam kelemah-an sebab menurutitabiat daging. Se-betulnya Tuhan sudah menanggung kelemahan kita Mat 8:17, Yes 53:4. Sebab itu kita tidak perlu jadi lemah, asal kita sungguh2 percaya dan mau taat, kita jadi kuat oleh Roh Kudus Zak 4:6 dan sanggup melakukan segala perkara di dalam Dia Pil 4:13. Tetapi kita harus terus taat memelihara rohani kita supayatetap “sehat” dengan tetap tinggal dalam Kristus Yoh 15:5, yaitu dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani (lihat buku 7 KPR).

Biasanya karena dosa, tidak mau bertobat sungguh2, apalagi keras hati, hubungan dengan Tuhan renggang atau putus, tidak ada kerinduan akan Firman Tuhan, doa dll hal dari 7 KPR, maka ia akan tinggal tetap dalam kelemahannya. Orang seperti ini sulit selamat, hati2, sekalipun berseru Tu-han2, tetapi tetap hidup dalam do-sa2nya, ia akan ditolak dari Surga.

Pada akhir zaman, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel (masa hukuman Rumah Allah), kesukaan dosa dan kejahatan sangat meningkat, sehingga betul2 menjadi masa yang sangat sulit untuk bisa hidup suci bagi orang beriman, apalagi untuk orang benar jenis Lot, sangat sulit untuk selamat.

Akhir zaman itu sebetulnya adalah suatu keadaan yang istimewa, bagi orang2 benar seperti Abraham, yang mau menderita karena kebenaran, se-lalu taat akan Firman Tuhan dan hidup dipimpin Roh, ini menjadi suatu ke-sempatan emas yang indah sekali untuk mengalami perkara2 besar dan mulia dari Allah yang khusus hanya ada dari akhir zaman. Tetapi bagi yang tidak mau bertobat sungguh2, orang benar jenis Lot, hari2 ini jadi masa yang sangat celaka baginya, ia akan hanyut dalam kesukaan dosa dan hilang keselamatannya.

III. GOLONGAN ORANG BENAR YANG SULIT DISELAMATKAN.

Mengapa masa ini menjadi begitu sulit? Sebab dalamhari2 ini rencana Allah akan ditamatkan, semua akan mencapai puncak2nya, baik kejahatan dan kesucian (dalam Gereja). Orang yang plin-plan, tidak sungguh2, men-dua akan hanyut dalam arus dosa yang besar sehingga ikut meningkat dalam dosa. Orang2 benar type Lot, ikut menjadi begitu keji di Sodom, sehinga pengertian, pendirian dan nikahnya rusak, juga segi2 yang lain (Lot sama sekali tidak menghargai kesucian bu-jang anak2nya Kej 19:(5-)8 dan akhir-nya iaberzina begitu keji dengan kedua anaknya, lebih dari orang dunia 1Kor 5:1. Uria, sekalipun mabuk bisa mena-han diri dari istrinya sendiri sebab setia kepada Tuhan dan setia kawan dengan prajurit2 lainnya 2Sam 11:11-13. Tetapi Lot dengan dosis anggur yang lebih rendah sudah mabuk dan berzina teramat keji, be-runtun2 Kej 19:31-36).

 

Mengapa lebih sulit diselamatkan?

  1. Api ujian menyala di seluruh dunia Luk 12:49. Wai bagi yang setengah hati atau suam, ikut terbakar habis dalam dosa yang meningkat begitu jahat.
  2. Ini menjadi masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17. Orang yang main2 akan kena hukuman yang dahsyat se-perti Ananias dan Safira Kis 5, tetapi yang bersedia akan terus lulus dalam setiap ujian, makin murni dan makin mulia dalam rencana Allah yang sempurna.
  3. Semua orang beriman ditampi Mat 3:12, mereka yang setengah hati itu seperti sekam akan ikut terbuang da-lam api yang dahsyat, tetapi gandum akan dibawa oleh Tuhan Yesus.
  4. Selalu ada 2 golongan yang masing2 makin memuncak dalam rencana Allah atau rencana iblis, yaitu:
  5. Yang punya pondasi yang kuat akan tetap teguh, tahan, tidak roboh dalam banjir badai dan hujan yang lebat Mat 7:21-28, sehingga bisa tetap teguh dan ikut dalam golongan yang selamat.
  6. Yang penuh dan dipimpin Roh terus menerus seperti ligabis (lima gadis bijaksana) akan ikut dalam pengang-katan lalu ikut dalam Pesta Kawin Anak Domba Mat 25:1-13.
  7. Yang bersedia akan tekun dan se-lamat Mat 24:42, dalam masa yang sangat berat ini Luk 21:34-36.
  8. Bekerjalah seperti hamba yang setia sehingga boleh masuk dalam kesukaan tuannya, istimewa dalam golongan khusus untuk ikut pengangkatan. Tetapi hamba yang jahat dan malas, sebab cinta perkara2 dunia dan menguburkan segala talenta2 dari Tuannya, makaia akan dibuang dalam tempat yang celaka untuk kekal Mat 25:26-30.

Inilah golongan orang benar yang hampir2 tidak ada yang selamat, sebab tidak mau bersedia dan bercabang hatinya, tidak mau hidup sucihabis2an untuk Tuhan.

GOLONGAN ORANG BENAR YANG TETAP DAN PASTI SELAMAT.

Akan ada banyak orang yang sungguh2 percaya dan hidup sepenuhnya bagi Tuhan. Allah akan sanggup menamat-kan mereka dan rencana Allah pasti digenapkan. Tiga angka kedatangan Tu-han pasti genap dan kita ikut serta di dalam rencanaNya (bagian kita adalah ikut mempercepat kedatangan Tuhan 2Pet 3:12) dan Tuhan akan menyedia-kan segala fasilitas rohani dan jasmani yang kita butuhkan, yaitu:

Kegerakan Hujan akhir Ul 11:14. Hu-jan-awal untuk menumbuhkan benih. Hujan akhir untuk mematangkan gan-dum supaya bisa dituai. Ada kegerakan Roh Kudus yang besar, yang akan menyelesaikan rencana Allah di akhir zaman ini. Ini tidak datang dengan sen-dirinya, menunggu kita butuh, minta dan berdoa seperti yang terjadi pada Hujan awal. Tuhan menyuruh murid2-Nya menunggu dan berdoa selama 10 hari Luk 24:49.

Hal2 yang muncul dari Hujan-Akhir adalah:

  1. Banyak orang yang penuh dan di-pimpin Roh bangkit dengan kuasa Roh menjadi orang2 suci yang terus makin meningkat dalam kesucian, sebaliknya dari orang2 yang penuh dengan segala macam kekejian dosa di mana2. Orang2 suci ini bangkit menjadi suatu tentara besar di akhir zaman Maz 68:12, Yez 37:10, Yoel 2:11. Bukan saja full time, tetapi part time (kaum awam Yes 61:4-7) akan bangkit menjadi pa-sukan Allah yang besar. Kaum awam dan full time yang disucikan penuh dengan pengurapan Roh Kudus,limpah dengan hikmat dan kuasa Allah, se-hingga muncul banyak ligabis yang te-rus menerus penuh dengan peng-urapan Roh Kudus dan kuasa Allah dalam kesucian. Juga pembukaan2 Fir-man Tuhan akan makin limpah sampai penuh Mat 10:27, Dan 12:4, semua akan terbuka. Dan dengan berani dan dengankuasa Allah yang limpah, me-reka memberitakan Injil dan peng-ajaran untuk mematangkan gandum sehingga siap untuk dituai.
  2. Semua akan tumbuh dalam jabatan yang tepat, sehingga buah2 makin banyak, baik jabatan pemimpin Ef 4:11-13 maupun semua jabatan lain-nya, yang bagi setiap orang itu ber-beda2 Rom 12:4,5-8, tetapi semua ma-kin mahir dan ber-buah2, saling meng-isi dan melengkapi, sehingga Gereja menjadi sempurna. Jabatan apa saja, kecil-besar, kalau tulus dan dipimpin Roh, bisa menumbuhkan orangnya sampai sempurna.
  3. Persekutuan tubuh Kristus 1Kor 12:12, Rom 12:5 akan makin ber-tambah2. Orang2 yang dipimpin Roh akan rindu bersekutu ber-sama2 dalam Roh Ef 4:3 dan dalam Firman Tuhan, sebab ini menjadi salah satu tanda pertumbuhan yang betul menuju kepada kesempurnaan rencana Allah Yoh 17:23.
  4. Gereja akan menjadi ajaib Wah 12:1 (dengan persekutuan yang suci dan kasih, dalam Roh dan Firman Tuhan) dan dalam 3,5 tahun sebelum peng-angkatan akan mengalami zaman ke-emasan Gereja, (juga sebelumnya sudah mulai terasa) dan ada kesukaan yang besar, sebab rencana penamatan Allah akan genap dalam persekutuan Roh dalam tubuh Kristus.
  5. Akan ada peperangan rohani yang makin dahsyat antara orang2 suci dan Antikris dan pengikutnya (sudah timbul 3 Antikris pertama dalam 3,5 tahun I, Dan 7:1-6) dan juga sebelumnya sudah nampak tanda2nya. Jangan lupa, jangan melawan dengan benci, marah, kekuatan manusiawi, tetapi dengan hikmat dan kuasa Allah dalam kesucian dan kasihNya. Allah sanggup menolong kita sampai menang! Ini saatnya Wah 22:11 menjadi nyata, tetapi di dalam-nya rencana penamatan Allah akan digenapi.
  6. Baptisan api Luk 24:49. Ujian akhir untuk semua orang dan baptisan api untuk orang beriman terjadi, dan yang lulus ikut pengangkatan dan sebagian menjadi sempurna. Jangan lupa pon-dasi harus teguh, diperlukan peng-ajaran yang makin dalam (Mat 7:24-28) dan hidup sebagai ligabis sehingga bisa tahan segala macam perkara2 yang dahsyat dalam baptisan api.

Inilah orang2 benar yang gilang ge-milang, bukan orang benar yang sulit selamat seperti Lot, sebab mendua!

GOLONGAN ISTIMEWA YANG TIDAK PERNAH MATI.

Orang2 yang ikut pengangkatan adalah golongan istimewa, tanpa kematian 1Kor 15:51-52 seperti orang yang menjadi sempurna, juga tidak pernah mati. Ini golongan yang luar biasa, sudah dipersiapkan oleh Tuhan, yaitu:

  1. Muncul (turun ke dunia) di akhir zaman. Kalau Tuhan Yesus datang 60-70 tahun lagi, golongan itu sudah lahir sekarang dan makin lama makin ba-nyak, Tuhan tahu siapa yang akan ikut pengangkatan dan menjadi sempurna dan itu tampak dari kesungguhannya. Lebih2 kalau Tuhan Yesus sudah lebih dekat, misalnya 10 tahun lagi, maka hampir semua orang itu sudah ada sekarang. Sebaliknya kalau kita sung-guh2 percaya dan mengasihi Tuhan dan hidup berkenan pada Tuhan, kitalah orang2 itu. Ini tidak ditentukan Tuhan, sebab Tuhan adil, semua boleh ikut dan tergantung dari kita masing2, apa kita akan ikut atau tidak! Yang mau sung-guh2 bersedia, bahkan dengan ekstra Mat 24:42, dan selalu penuh dan di-pimpin Roh, terus tumbuh dalam ke-sucian dan pengajaran Firman Tuhan yang makin mendalam, akan masuk dalam golongan yang amat indah dan mulia ini.
  2. Tanda2 khas orang ini adalah terus hidup penuh dan dipimpin Roh seperti Nuh Kej 6:9, bisa menikmati 7 KPR dengan limpah dan ikut serta dalam rencana Allah melakukan setiap per-buatan baik yang sudah disiapkan Allah terdahulu untuk kita lakukan Ef 2:10, sehingga kita ikut mempersiapkan “bahtera pengangkatan” sampai sem-purna, yaitu Gereja Tuhan yang masuk dalam proses penyempurnaannya Wah 12:1 lalu jadi Wah 19:8.
  3. Sebaliknya orang2 yang hidupnya mendua, bercabang, suam apalagi ke-ras hati dalam dosa akan cepat me-ningkat dalam puncak2 dosa dengan polarisasi ini.Wah 22:11. Makin lama makin habis orang2 yang netral dan yang mendua (ini juga menjadi salah satu tanda), sebab semua menjadi panas atau dingin, suci atau najis. Juga Gereja akan ada dua macam, Gereja jalan sempit yang sungguh2 takut akan Tuhan, terus meningkat dalam kesucian, tumbuh dalam pengajaran Firman Tuhan yang dalam2 dan penuh dengan kuasa dan tanda2 dari Tuhan. Sebaliknya akan makin limpah Gereja yang berani terang2an setuju dengan segala macam dosa, tumbuh dengan meriah dan sukacita jalan lebar, de-ngan pengajaran Firman Tuhan yang diputarbalikkan, baik oleh uang, ke-dudukan dan kehormatan (kejema-waan hidup), tidak malu2 dalam per-zinaan dan tentu marak dengan por-nografi, persundalan, kebencian, kedu-niawian dll. Ini golongan istimewa dari iblis yang akan makin lama makin menonjol.

Sekarang masih ada kesempatan untuk pindah dan tumbuh dengan betul di jalan sempit. Sebab makin la-ma makin sulit untuk berubah, apalagi kalau sudah keras hati dan sempurna dalam dosa, tidak bisa kembali lagi.

Jangan lupa jalan dosa itu turun ke bawah, cocok dengan kehendak da-ging, lebih mudah, lebih banyak orang di dalamnya dan lebih cepat tumbuh kepada kesempurnaan, semua orang bisa. Tetapi tumbuh dalam kesucian untuk tumbuh seperti Kristus, itu jalan naik, perlu kelimpahan kuasa, kekuatan dan pengertian Firman Tuhan yang benar dan limpah, sehingga lebih sulit, sebab itu lebih sedikit, jangan kecil hati, tetapi jumlah absolut tetap ba-nyak (mungkin be-ratus2 juta, sampai 1 milyard?), sebab rencana Allah pasti digenapkan. (Berapa perbandingan jumlah orang di jalan sempit yang sungguh2, sesudah polarisasi, diban-dingkan yang di jalan lebar? Mungkin 1:10? Belum tahu!).

Beritakan Injil dan saling menguat-kan dan melayani dalam Roh, sebab hanya kalau kita bisa melayani ber-sama2 dalam satu Roh dalam tubuh Kristus Yoh 17:23 kita bisa bertahan dan tumbuh dalam rencana kesem-purnaan dari Allah.

KESIMPULAN.

Sekarang selamat sangat mudah, asal sungguh2 mau percaya, mau pikul salib apalagi penuh dan dipimpin Roh. Orang benar sulit selamat itu orang benar type Lot baik sekarang, apalagi di akhir zaman, sebab hidupnya mendua, main2. Akan ada polarisasi dosa dan kesucian, sehingga jaraknya makin be-sar dan semua orang benar yang setengah hati dan suam, hampir pasti hanyut dalam tsunami dosa dan tidak selamat! Tetapi kalau orang benar (sudah percaya Tuhan Yesus) dan sungguh2 mau, Allah yang maha kuasa sanggup, mampu, dapat menolong kita tetap selamat, bahkan tumbuh dalam rencana Allah yang besar dan heran.

Kita harus memilih, menentukan nasib kita dan yang mau, Allah akan sanggup menyelamatkannya. Yang main2, maka iblis sudah siap meng-goda, menjerat dan menggendongnya dalam kesukaan dosa yang limpah, umpan Neraka.

 

Nyanyian:

Aku pilih jalan yang slamat.