M4084 – 2Timotius 3:1-9. Menyikapi Keadaan Akhir Zaman

2TIM 3:1-4. HARI2 AKHIR YANG MAKIN SULIT DAN JAHAT.

Segala macam dosa dan kejahatan itu meningkat dalam segala segi. Supaya sistematis kita membagi semuanya menurut 1Yoh 2:16, yaitu:

  1. Nafsu daging.
  2. Nafsu mata.
  3. Keangkuhan hidup (jemawa), ini semua dari dunia, bukan dari Allah Bapa.

Segala perkara dunia ini termasuk dalam 3 golongan ini dan semua dosa akan meningkat sampai puncak2nya di akhir zaman, dahsyat dan ngeri dan dibalik semuanya ada iblis yang men-dorong, membujuk dan mengatur semuanya.

Sebaliknya juga kesucian umat Tuhan akan meningkat dan menum-buhkan menjadi makin seperti Kristus, juga segala fasilitas yang diperlukan akan terus meningkat dan disempur-nakan. Di belakang semua ini ada Roh Kudus yang memimpin dan menger-jakannya di dalam umat Tuhan. Jadi ada pertarungan yang hebat antara kaki tangan iblis dan hamba2 Allah. Tetapi Allah yang Maha kuasa akan menang melawan iblis, tetapi ini men-jadi ramai dan dahsyat, sebab tidak hanya tergantung dari Allah dan iblis, tetapi juga tergantung dari manusia. Kalau orang2 beriman mau terus me-nerus di pihak Allah dan taat dipimpin Roh, pasti menang Rom 8:31, 1Yoh 4:4. Yang taat ini akan terus lulus dan tumbuh dalam kesucian sampai tingkat maksimal dan ikut pengangkatan dan sebagian menjadi sempurna (144.000).

2TIM 3:5. ORANG BERIBADAH YANG MENYANGKALI KUASA ALLAH.

Heran, orang2 semacam ini akan makin banyak dan terang2an, menyangkali kuasa Allah. Untuk apa kuasa Allah? Sesudah lahir baru kita tumbuh dalam kesucian dengan terus menerus mela-kukan kehendak Allah. Hidup seperti ini tidak mungkin dengan kekuatan sen-diri, mutlak perlu kuasa Allah untuk mematikan daging, orang lama, supaya daging mati dan orang baru bisa nyata, keluar dalam hidup kita se-hari2, di tengah2 dosa yang memuncak dengan ganas. Tanpa menyangkal diri, mema-tikan daging, hidup di atas Mezbah Tuhan, tidak mungkin tabiat yang baru bisa keluar dalam hidup se-hari2 kita, sebab keduanya bertentangan Gal 5:16-17. Kalau keinginan daging tidak ditekan dan dimatikan, hidup baru tidak akan nyata. Ini memerlukan kuasa Allah. Sebab itu sesudah baptisan Roh Kudus, murid2 baru nyata dapat hidup dalam kesucian dan berani menjadi saksi2 Kristus Kis 1:8. Baru sesudah itu mereka keluar dan Gereja lahir di du-nia! Orang yang tidak memakai kuasa Allah, sekalipun tampaknya beribadah, hidupnya akan dikalahkan oleh da-gingnya dan menjadi hamba dosa dan lambat atau cepat akan terus tumbuh memenuhi target iblis, bapaknya. Orang2 seperti initampaknya beribadah dan menonjol, tetapi kuasa ibadah, kuasa Allah ditolak, sedikit kentara atau terang2an mereka adalah hamba dosa, kaki tangan setan! Orang seperti ini harus ditolak, sekalipun dari luar tam-paknya rohani, ibadah  dan menga-gumkan seperti orang2 Parisi Mat 23:1-36. Ini harus disalahkan dan ditolak, jangan bersekutu, tetapi garami se-bisa2nya Jd 23. Mereka menolak kuasa Allah dan jadi hamba dosa, anak iblis. Ini orang2 yang hidup dengan segala kemampuan dan kekuatan manusiawi seperti pikiran dan akal manusia (lo-gika) dan memakai segala hasil  the-nologi dan macam kemampuan manu-siawi, untuk keinginan daging, terma-suk juga dengan kuasa gelap si iblis. Hasil pikiran manusia itu menga-gumkan, hasil  ilmiah dan tehnologi akhir zaman istimewa IT.

Tehnologi sebetulnya netral, tetapi jangan sampai diperalat iblis atau jadi umpan iblis untuk menarik manusia dalam dosa. Tehnologi sudah sangat maju, sehingga sekarang orang bukan saja sampai bulan, tetapi juga di planet Mars, luar biasa. Kemajuan tehnolgi ini membawa perubahan yang tidak tang-gung2, bahkan mengejutkan. Misalnya toko2 biasa sekarang berubah menjadi online, sehingga banyak toko di seluruh dunia yang tutup, termasuk seperti Kodak dan banyak pabrik2 besar tutup dan bangkrut sebab tidak mengikuti perkembangan tehnologi yang baru. Banyak tenaga2 kehilangan pekerja-annya sebab diganti mesin yang lebih tepat, cepat, pintar dan murah.

Bordir, petugas jalan tol, teller di bank, taxi (diganti grab, gojek, go food, go send) dll. Terjadi perubahan di seluruh dunia. Apalagi ada urbanisasi (pindah ke kota), demografi, komu-nikasi video dll yang tidak pernah dipikirkan beberapa tahun yang lalu.

Banyak hasil yang gilang gemilang dicapai dengan tehnologi modern. Sekarang dunia sangat bergantung pada hasil IT, baik dalam politik, pemi-lihan presiden, persenjataan, ekonomi, rekreasi dll sangat bergantung the-nologi. Bagaimana dengan Gereja? Pengaruhnya sudah masuk dalam Gereja, dengan macam2 cara pemi-kiran yang baru, berdasar hasil the-nologi. Apakah kemajuan pekerjaan Tuhan (Gereja) juga harus bergantung pada tehnologi? Kita tetap bergantung penuh pada hikmat dan kuasa Roh Ku-dus, Firman Tuhan, hidup dalam ke-sucian, persekutuan dalam Roh dalam tubuh Kristus dll. Tehnolgi adalah hal2 yang netral yang boleh dipakai, tetapi jangan sampai diperalat iblis dan arus dosa yang meningkat. Kita tetap harus bergantung pada Allah dan FirmanNya.

Dalam dunia orang2 mencari hal2 baru dalam tehnologi untuk membuat tero-bosan baru yang makin menonjol. Banyak orang bergantung dan mema-kai hasil2 baru ini. Bagaimana dengan pekerjaan Tuhan? Kita perlu perleng-kapan ekstra untuk menghadapi dosa, kejahatan dan tipu daya iblis yang ma-kin ganas, tetapi itu tidak bisa ber-gantung pada tehnologi, melainkan pada Tuhan sendiri! Roh Kudus yang akan memimpin kita untuk meng-hadapi segala dosa dan siasat iblis yang meningkat dahsyat oleh tehnologi. Kita harus makin meningkat dalam kesucian dan makin mahir dipimpin Roh. Tuhan akan memberi pembukaan2 baru dari Firman Tuhan dan kelimpahan peker-jaan Roh Kudus, kuasa dan karunia2-Nya untuk menghadapi segala peker-jaan iblis. Lebih2 dengan jabatan, ka-runia2 Roh Kudus dan rencana2 ajaib dari Allah Bapa 1Kor 12:4-6.

Seringkali tehnologi bisa membe-rikan hal2 praktis yang sangat efisien, selama tidak bertentangan dengan Firman Tuhan dan diizinkan Roh Kudus, bisa kita pakai, tetapi dalam terang Firman Tuhan dan Roh Kudus.Jangan seperti dalam Luk 19:46, mereka memakai cara2 praktis dalam ibadah ke Yerusalem yaitu dengan cara jual-beli, sehingga orang yang datang bisa dipermudah dengan membeli saja bahan2 untuk korban, lebih praktis. Tetapi ini membuat bait Allah menjadi gua penyamun dan ditegur keras oleh Tuhan Yesus.

Kalau bertentangan dengan Firman Tuhan, semua ini jadi dosa, sehingga bait Allah berubah menjadi gua pe-nyamun. Jangan sampai tertipu iblis oleh alasan2 tehnologi yang praktis dll. Juga jangan lewat tehnologi yang mengagumkan, iblis menyelusup ma-suk, sehingga menolak kuasa Allah dan iblis yang ada di belakangnya meng-genjot segala peningkatan dosa, yang juga masuk dalam Gereja.

2TIM 3:6. SIASAT IBLIS MENYELINAP MASUK.

Macam2 cara2 modern dan canggih dengan memakai nama tehnologi mo-dern mau masuk dalam umat Tuhan, baik secara pribadi atau dalam pekerjaan Tuhan di Gereja.

Dosa2 perzinaan lewat komunikasi video jadi melimpah. Beberapa banyak orang Kristen yang melihat pornografi sehingga timbul dosa2 perzinaan dan Roh Kudus tidak bisa bekerja dalam hidupnya dan tanpa kuasa Allah semua akan bantut, bahkan hancur tidak bisa bertahan dalam keadaan dosa akhir zaman. Orang2 yang mau taat perlu kuasa Allah, berdoa dalam Roh dan kebenaran supaya bisa menolak dan lari daripadanya Ams 22:3, kalau tidak, dosa itu merajalela dengan terang2an diantara umat Tuhan yang tampaknya beribadah. Juga HP membuat orang habis waktunya sehingga tidak lagi belajar Firman Tuhan Mat 4:4 dan ditaburi dengan pikiran dan angan2 dunia dan kedagingan, sehingga Gereja menjadi loyo, suam seperti Laodikea, bahkan mati seperti Sardis dan limpah segala macam dosa seperti Tiatira dan Pergamus. Dari bayi sampai orangtua, dari direktur sampai pembantu semua sudah lekat dengan HP, yang fae-dahnya banyak, tetapi racun2nya me-matikan rohani orang beriman. Dengan WA banyak orang bicara dengan lim-pah sehingga banyak juga kesalahan, bahkan juga limpah ajaran2 yang sesat tingkat I sampai V Ams 10:19. Iblis senang mencampur rohani dan du-niawi, kesucian dan dosa, sebab orang yang lemah (tidak limpah dengan hikmat dan kuasa Allah) akan condong dan tertarik pada dosa Yoh 3:19. Perlu kuasa Allah dan tekun diisi dengan doa dalam Roh dan kebenaran, baru bisa lepas dari campuran Surga Neraka da-lam alat tehnologi yang makin canggih. Kalau umat Tuhan tidak menertibkan diri sungguh2, maka banyak yang akan tenggelam dalam dosa dalam pikir-annya dan kemudian dalam perbuatan dan hancur Yak 1:15, lalu rohaninya mati, terseret dalam tsunami dosa. Jangan ikut sembarangan “kata2 ro-hani” atau “Firman Tuhan”, sebab iblis menjerat dengan lihai dalam cara2 tehnologi digital yang licin ini Kis 20:30. Perlu ada penggembalaan yang makin ketat, lebih2 dalam pengajaran. Larilah dari orang2 yang tidak dikenal seka-lipun mereka memberi nasehat Firman Tuhan dalam Yoh 10:4-5. Gembala me-ngenal domba2nya dan domba menge-nal gembalanya dan lari dari orang2 yang tidak dikenalnya, lebih2 dari ajar-an yang sedikit2 bengkok dan me-nyesatkan. Tanya dahulu pada gem-bala2 tentang orang2 yang tidak dikenal ini. Mereka keluar dari antara orang Kristen sendiri, bahkan juga Antikris 1Yoh 2:18-19 dengan mem-bawa ajaran2 yang lain, bahkan dengan ajaran2 yang menyesatkan! Perlu banyak komunikasi dan tanya jawab dalam Gereja dan antara Gereja dalam sinode, lebih2 dalam persekutuan dalam Roh yang betul 2Kor 11:4.

Beberapa orang seperti orang2 Korintus, terus menerima saja Injil (Yesus) yang lain dan roh yang lain, sehingga itu menyesatkan mereka se-perti Hawa disesatkan oleh ular lewat hamba2nya. Paulus takut orang2 Korintus pikirannya dirusakkan oleh ber-macam2 ajaran yang lain, dari orang2 yang tidak dikenal. Karena ajar-an2 yang berlainan, mereka tidak lagi jadi tulus, tetapi menyembunyikan hal2 yang salah danterjerat seperti Hawa, sehingga apa yang sudah menjadi ke-yakinan dari semula, diragukan lagi Luk 1:1. Timbul pertentangan sehingga me-rusakkan persatuan dalam rumah Tu-han Mrk 3:25. Tetaplah dalam peng-urapan dan kuasa Roh Kudus supaya bisa membedakan dan membuang se-mua hal2 yang salah. Sebab itu tumbuhlah dan berakar dalam Firman Tuhan dan Roh Kudus supaya tidak tertipu dan tersesat Kol 2:6-8.

Jangan hanya ikut dalam kemajuan hal2 jasmani, tetapi lebih lagi (bahkan dengan limpah) dalam hal rohani se-perti binatang berkuku dua dan memamahbiak (me-renung2kan, bela-jar Firman Tuhan) itu yang halal Im 11:3. Boleh pintar dalam tehnologi, tetapi tetap hidup di jalan sempit dalam kesucian (MAK DSY) sesuai dengan Firman Tuhan. Jangan lupa 7 KPR supaya terus lekat dengan Tuhan, sehingga limpah hikmat dan kuasa Allah dalam kesucian, sehingga bisa memisahkan yang betul dan salah dengan tajam dan tepat, Ibr 4:12 dan ber-buah2. Belajar mendahulukan ke-rajaan Surga dan kebenaran-Nya Mat 6:33 dan pakailah dunia ini seperti tidak memakai, artinya jangan sampai timbul dosa dan hal2 yang melawan Firman Tuhan.

Jangan asal senang seperti Lot ke Sodom Gomora yang sudah tahu itu dosa dan jahat, tetapi tidak beranjak dari Sodom sampai binasa 2Pet 2:7-8, apalagi Salomo yang dikenyangkan de-ngan kesukaan dosa Pkh 2:9-10. Jangan minum air dunia ini, tetapi minum air hidup Kristus Yoh 4:13-14, yaitu ke-sukaan dalam hadirat Tuhan dalam jalan sempit dan penyangkalan diri Mat 11:28-30. Pelihara kesucian, dan terus taat melakukan kehendak Tuhan, dengan cara2 yang lebih mahir dalam Roh dan kebenaran (dengan jabatan, karunia2 dan pimpinan Roh Kudus Ef 4:11-13). Hal ini yang terpenting, su-paya kita tumbuh dalam kesucian dan masuk dalam rahasia2 Firman Tuhan yang dalam2 Ef 1:9; 3:9 yang terlin-dung, tersembunyi dari dahulu (tertulis dalam Alkitab, tetapi belum dibukakan meterainya) Rom 16:25, Dan 12:4. Perlu persekutuan dalam Roh supaya rahasia2 yang terbuka itu bisa saling dibagikan dengan betul dalam terang (tidak sembunyi dan tulus), supaya bisa menguatkan untuk tumbuh kepada kesempurnaan akhir zaman Yoh 17:23.

2TIM 3:7. TIDAK MENGENAL KEBENARAN ILAHI.

Belajar, tetapi tidak bisa mengerti, ma-lah diputarbalik sehingga timbul arti2 yang membinasakan mereka sendiri 2Pet 3:16. Orang yang mengenal kebe-naran akan dimerdekakan dari segala dosa Yoh 8:32. Jangan tertarik pada hal2 duniawi yang dicampur dengan dosa, sehingga makin nikmat bagi da-ging seperti penyedap rasa. Hendaklah kita senantiasa dipenuhi dengan ke-sukaan dari Roh Kudus dalam kesucian dan terus dipimpin Roh seperti Kristus Luk 10:21. Kalau kita mau tetap taat dan berkenan pada Tuhan dan limpah dengan Firman Tuhan dan pengurapan Roh Kudus (doa dalam Roh dan kebenaran), tidak akan mudah ditipu atau disesatkan iblis, lebih2 dengan pembukaan baru dari Firman Tuhan Mat 10:27 dan perbuatan2 baik yang sudah disiapkan Allah terdahulu untuk kita lakukan Ef 2:10.

2TIM 3:8. YANES DAN YAMBES.

Ini orang2 yang rusak akalnya, me-lawan kebenaran Allah dan sebab itu juga melawan Musa. Sebab itu mereka menolak untuk percaya akan kebe-naran Firman Tuhan yang memer-dekakan dan memberi sukacita, tetapi ber-lazat2 dalam dosa dan berhala2 duniawi. Orang2 seperti ini kalau tidak bertobat akan celaka seperti semua orang2 lain yang sudah melawan Tuhan dan Musa hambaNya.

2TIM 3:9. TIDAK AKAN MAJU LAGI.

Bahkan akan lenyap dalam tsunami do-sa akhir zaman dan binasa. Ini orang2 yang jahil, yaitu yang keras hati me-nuruti kemauannya sendiri, menurut daging, bantahan menuruti pikirannya (yang tampaknya maju karena the-nologi), tetapi melawan kebenaran dan diperbudak oleh dosa. Inilah orang2 yang menuruti akal yang hebat, jadi pemberontak pada kebenaran Firman Tuhan.

KESIMPULAN.

Ada banyak hal2 netral dalam dunia (yang sudah jelas itudosa, jangan dijamah 2Kor 6:17). Tetapi hal2 yang netral harus disaring baik2 dengan Fir-man Tuhan, Roh Kudus Ibr 4:12 dan da-lam persekutuan tubuh Kristus supaya ber-sama2 kita menjaga kebenaran Firman Tuhan dalam hidup kita semua. Roh Kudus sanggup menolong kita, memimpin lewat segala liku2 tipu daya dunia dan dosa, supaya kita terus tumbuh dalam kesucian, dengan jabatan2, karunia dan tanda2 ajaib dari Allah yang akan terus ditambahkan oleh Tuhan untuk menyelesaikan rencanaNya dan dipisahkan dari segala hal dosa dan kenajisan dunia.