M4046 – Matius 28:18-20. Segala Kuasa Di Surga Dan Di Bumi  

MAT 28:18. SEGALA KUASA DIBERIKAN PADA PUTRA MANUSIA YESUS.

Tuhan Yesus ber-kata2 ini sebagai Pu-tra Manusia. Ia baru menyelesaikan, menggenapkan tugasNya dengan sem-purna lalu Bapa dan Roh Kudus mem-bangkitkanNya Rom 6:4; 8:11. Ia bukan melakukannya sebagai Allah, sekalipun Dia Allah Yes 9:5, tetapi sebagai Putra manusia, juga sampai naik ke Surga. Tuhan Yesus adalah Kepala Gereja. Se-mua yang dikerjakan sebagai Kepala Gereja itu untuk tubuh Kristus yaitu GerejaNya.

Kalau kuasa itu diberikan pada Ke-pala Gereja, itu berarti juga untuk Ge-reja, yaitu kita, sebab kita sangat mem-butuhkan kuasa Allah untuk hidup, ibadah dan pelayanan kita Kis 1:8, Luk 24;49. Apa tujuan kuasa yang besar ini?

MAT 28:19-20. TUGAS MENYELESAIKAN RENCANA ALLAH.

Sebab itu Tuhan mengatakan tentang kuasa ini, sebab tanpa kuasa yang be-sar dari Tuhan, iblis dan tentaranya akan sanggup menghambat rencana Allah (yang sudah diserahkannya pada kita, umat Tuhan 2Pet 3:12), lebih2 tentang rencana penamatanNya. Tuhan Allah tidak pernah gagal atau kalah, tetapi ini diserahkan pada kita untuk melakukannya dengan segala kesu-karan2 dan pergumulan, justru untuk mengolah dan menumbuhkan kita ma-kin seperti Kristus. Ini maksud Allah! Misalnya untuk memenangkan jiwa2, kita perlu punya sejumlah kuasa Allah, untuk melepaskan jiwa2 yang ditawan setan Luk 11:20 sebab semua orang berdosa itu hamba dosa, milik iblis, harus direbut dari iblis dengan kuasa Allah Luk 11:21-22. Begitu juga untuk menumbuhkan jiwa2, menggarami me-reka, memuridkannya, itu semua perlu kuasa Allah, baik untuk diri kita sendiri, supaya tetap menang atas daging, du-nia dan iblis sehingga kita bisa hidup dalam kesucian dan untuk melakukan kehendak Allah yaitu menyelesaikan 3 angka kedatanganNya.

KUASA ILAHI DAN DUNIAWI.

Kuasa yang diberikan kepada kepala Gereja dan yang diteruskan pada kita itu lain daripada kuasa yang di dunia, bukan kuasa uang, politik, kedudukan dll. Kita perlu kuasa untuk berperang dengan iblis Ef 6:12, bukan berperang dengan manusia seperti yang lazim da-lam dunia. Ini jelas tampak dari contoh yang diberikan Putra manusia Yesus, rasul2 dan semua orang beriman dalam dunia, dalam segala zaman. Kadang2 kita melihat ada aniaya, kesukaran2 bahkan ditekan dengan tidak adil dan jahat, seperti yang dialami Gereja mu-la2, Petrus, Paulus dll, juga Putra manusia Yesus.

Dimana kuasa itu? Mengapa se-olah2 tidak berdaya? Justru disini orang yang celik, yang mengerti, bisa melihat kuasa Allah. Darah martir menyubur-kan Gereja. Makin banyak penderitaan dan aniaya, Gereja tumbuh makin he-bat.Sebab kuasa Allah itu bukan untuk menandingi kuasa dunia, tetapi dipakai untuk mematikan daging kita sendiri (sehingga tidak timbul reaksi dosa, benci, membalas tetapi mengampuni dan untuk tumbuh) serta menguasai si-kon sesuai dengan pimpinan dan ke-hendak Roh. Justru iblis dan segala kaki tangannya berusaha mengalahkan kita supaya jatuh dalam dosa, sehingga bisa ditawan dan dikuasai iblis. Tetapi kalau kita bisa memakai kuasa Allah yang besar itu dengan betul, tetap dalam ke-sucian di tangan Allah,ia tidak bisa berhasil, kita akantetap tinggal dalam kesucian dan taat dipimpin Roh, kita akan tetap menang atas iblis dan semua kaki tangannya. Demikianlah cara memakai kuasa Allah yang besar itu,  meskipun tampaknya umat Tuhan bisa dikuasai musuhnya, tetapi:

  1. Kita terpelihara dengan teliti dan aman dalam tangan Tuhan. Satu ram-butpun tidak akan lepas tanpa seizin Tuhan. Sekalipun Petrus dikuasai dan ditangkap dalam penjara bahkan akan dieksekusi esoknya, kalau bukan ke-hendak Tuhan, sekalipun dalam pen-jara di jaga 16 serdadu, Petrus tetap le-pas, sebab ada kuasa Allah yang menjaganya.
  2. Kesukaran2 yang datang tidak akan lebih dari kekuatan kita, semua sudah diatur Allah 1Kor 10:13.
  3. Tidak ada yang kebetulan Mat 10:30, semua hanya bisa jadi kalau dengan seizin Tuhan. Bukan saja Tuhan menjaga, tetapi Tuhan juga tahu lebih dahulu dan kalau perlu bisa mencegah atau bertindak lebih dahulu. Sebab itu tidak ada yang kebetulan terjadi pada setiap umat Tuhan. Dia juga menguasai kita dengan teliti sampai rambutpun di-hitung, itu berarti semua ada dalam tangan Tuhan, baik sehat, sembuh (ka-lau sakit) dan umur kita, keamanan ki-ta, keuangan kita, sikon kita dsb se-muanya aman dan terpelihara dalam tangan Tuhan.

Paulus terperangkap sebagai taha-nan dan berada dalam kapal yang akan tenggelam, tetapi kalau Tuhan tidak mengizinkan, ia tetap lolos dan selamat bahkan karena Paulus 276 orang lain ikut diselamatkan Kis 27:34,37. Daud ber-ulang2 masuk dalam perangkap maut dari Saul, tetapi tanpa kehendak Tuhan tidak ada satupun yang bisa berhasil, bahkan akhirnya Saul sendiri yang masuk dalam jerat iblis yang cocok dengan nafsu dagingnya dan akhirnya binasa karena bunuh diri (ini dosa, langsung masuk Neraka).

MAKSUD DAN RENCANA ALLAH.Orang yang berjalan dalam Roh, sekalipun dalam banyak kesukaran, akan tetap sejahtera Pil 4:4,7 dan pu-nya saldo sukacita Yoh 16:22. Ini terjadi bukan karena ada kuasa jasmani, tetapi sebab kita punya kuasa Allah yang mematikan daging kita sendiri dan kita hidup dalam pimpinan dan kuasa Allah yang menyertai kita seperti janji Tuhan sampai kesudahan alam Mat 28:20.

Kita diberi kuasa untuk bisa menderita sengsara karena Kristus Pil 1:29, sehingga lulus dalam setiap pencobaan dan setiap kali lulus, kita tumbuh makin seperti Kristus. Seperti Putra manusia Yesus disempurnakan di dalam banyak sengsara Ibr 2:10, bahkan Ia tetap setia dan taat sampai mati Pil 2:8.

Tuhan tidak memerdekakan umat-Nya dari kesukaran dan banyak bentuk penderitaan dari iblis dan kaki tangan-nya, tetapi Tuhan tetap menjaga umat-Nya dan memelihara mereka sesuai de-ngan rencana Allah untuk mengolah dan menumbuhkan kita seperti Kristus, yang menjadi contoh kita, bahkan su-paya kita terus tumbuh, bahkan sampai ukuran penuh seperti Kristus, sem-purna. Ef 4:13.

Jadi hidup dalam dunia ini adalah sekolah atau tempat pengolahan dari Allah untuk terus bertumbuh dalam ke-sucian seperti Kristus. Tetapi Tuhan ti-dak melepaskan umatNya dalam ta-ngan iblis atau kaki tangannya (sekali-pun secara lahiriah tampaknya mereka menang dan menguasainya), tetapi Tuhan tetap menjaga 1 per 1 dengan teliti sehingga rambut di kepalapun tetap dipantau dan dikuasai.

Beginilah kuasa Allah yang bekerja di dalam umatNya, lain dari kuasa da-lam dunia, lebih2 yang dibackingi oleh iblis.

III. MACAM2 BENTUK KUASA ALLAH yang bekerja dalam umatNya sepanjang zaman:

  1. Selama hidup di dunia. Dari Habil sampai orang terakhir yang selamat da-lam dunia ini, semua ada dalam kuasa Allah yang limpah, meskipun se-olah2 jatuh ke tangan iblis atau kaki tangan-nya. Kita justru tumbuh dan ber-buah2 di tengah2 dosa dan kejahatan. Ini bentuk kuasa yang diberi Tuhan bagi umat Tuhan, istimewa GerejaNya un-tuk pengolahan dan pertumbuhan se-lama di dunia. Dalam semua bentukini kita melihat contoh yang sempurna dalam Putra manusia Yesus.
  2. Dalam Minggu ke-70 Daniel ben-tuknya sedikit berbeda, tetapi prinsip-nya masih sama. Tubuh Kristus di akhir zaman Wah 12:1 yang bertempur de-ngan dahsyat melawan iblis dan kaki tangannya (termasuk 3 Antikris I dan orang2 dari iblis yang garang dan ke-jam), tetap dalam bentuk seperti seka-rang. Bedanya, semua umat Tuhan yang ber-jaga2 (seperti Ligabis, orang2 yang dipimpin Roh) tidak ada yang mati sebab dipersiapkan untuk pengangkat-an 1Kor 15:51-52. Segala tekanan dan aniaya bisa terjadi tetapi tetap lolos dengan kuasa Allah yang limpah.

Namun sesudah pengangkatan, orang beriman yang tidak ber-jaga2, hi-dup dalam dosa akan tertinggal dalam pengangkatan. Kalau mereka mau sa-dar dan bertobat kembali, mereka dise-rahkan dalam tangan Antikris yang berkuasa penuh (sebab diberikan oleh Tuhan untuk 3,5 tahun atas “orang2 Halaman” Wah 11:2). Mereka akan dianiaya sampai mati dibunuh seperti 1Kor 5:5, tetapi masih selamat (kesem-patan terakhir).

  1. Dalam kerajaan 1000 tahun. Prin-sipnya disini sudah jauh berbeda! Di-mulai dgn perang Harmagedon, semua musuh dibinasakan dalam sekejab, iblis, Antikris, nabi palsu dan semua pe-ngikut Antikris mati seketika. Lalu da-lam kerajaan 1000 tahun Kristus dan kita umatNya memerintah dgn tongkat besi. Ini mirip seperti pe-nguasa2 dunia sekarang tetapi dengan 100% adil da-lam kondisi kerajaan yang ideal selama 1000 tahun. Ini diakhiri dengan perang Gog dan Magog dan semua musuh Allah untuk terakhir kalinya ditangkap dan dilempar dalam Tasik api.

Juga orang2 berdosa yg belum mati, yang berpaling pada iblis, dalam perang Gog dan Magog dibinasakan semua. Segera sesudah ini,semua orang berdo-sa bangkit dalam kebangkitan II, lang-sung masuk dalam pengadilan Tahta Putih yang Besar dan dilempar dalam Tasik api dengan hukuman yang sesuai perbuatannya selama hidup di dunia.

  1. Dalam Surga Bumi Baru tidak ada lagi perang, hukuman, pengadilan se-bab mutlak tidak ada dosa apapun, se-bab sudah selesai diolah dan diuji dan sekarang terpisah total 2Tes 1:9, yg cin-ta kebenaran ada di Surga Bumi Baru dan yg cinta dosa, daging dan melawan Allah ada dalam Tasik api yang kekal.

KUASA DI DALAM DUNIA.

Pemerintahan dan kuasa dalam dunia itu didapat dengan ber-macam2 cara, baik dari uang, politik, tipu daya, ke-dudukan dsb, dan sebab semua orang berdosa itu hamba iblis, maka lebih banyak kuasa yang didapatnya, itu akan membuat tabiat kedagingan atau kebi-natangan itu makin jelas, beraja di hati 2Pet 2:10,11 seperti Herodes dll. Sebab itu kalau seorang yang lebih jahat se-perti Herodes mendapat kuasa, ia akan lebih nyata menuruti kedagingan atau kebinatangannya, sehingga menjadi makin lama makin mirip seperti iblis bapaknya. Kita melihat contoh seperti ini di mana2, sesuai dengan tingkat kedagingannya berapa prosen seperti iblis. Ada yang 10%, ada yang 50%, dan semua ini akan makin banyak mening-kat karena Polarisasi dosa dan kesucian yang diizinkan Allah Wah 22:11 (sama2 tumbuh sampai sempurna seperti Kris-tus atau sempurna seperti iblis) lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel. Antikris itu 100% seperti iblis, juga segala roh2 setan yang keluar dari penjara setan dan diizinkan masuk dalam dunia (da-lam zaman Antikris, Sangkakala V dan VI, hujan roh najis I dan II) sehingga dunia menjadi ladang pembantaian dan juga Neraka di dunia dalam zaman Antikris dalam Minggu ke-70 Daniel. Keadaan akan sesuai dengan rencana Allah, dosa dan kesucian akan terus meningkat (2211), tetapi baru dalam Minggu ke-70 Daniel, akan meningkat dengan tajam sesuai dengan rencana Allah yaitu proses kedatangan Tuhan yang secepat kilat terjadi dan semua persyaratan kedatangan Tuhan (3 Ang-ka) akan digenapkan dengan sangat cepat. Mat 24:27).

SIKAP DAN REAKSI UMAT TUHAN.

  1. Jangan takut Tuhan memelihara kita sangat teliti bahkan masing2 nama kita diukir di tangan Tuhan dan tembok kita selalu di hadapan Tuhan yang suci Maz 49:15-16. Tuhan tidak pernah lupa, mu-tlak, lebih dari kasih ibu akan anaknya dan semua tembok (kita tinggal dalam rumah tembok, ini menunjukkan ten-tang sikon kita), selalu diketahui dan dikuasai Tuhan dengan mutlak (jauh le-bih dari pantauan cctv yang hanya bisa melihat tetapi tidak berbuat apa2). Sebab itu jangan kuatir Luk 21:26-27 (istimewa kalau dekat dengan keda-tangan Tuhan, peningkatan akan sa-ngat cepat. Minggu ke-70 Daniel), te-tapi jagalah supaya kita selalu ada di dalam tangan Tuhan, jangan lepas atau keluar dari Dia.
  2. Tetap dalam Tuhan dalam kesucian dan taat akan kehendak dan pimpinan-Nya Rom 8:14. Jangan keluar dari Tu-han lalu jalan sendiri, semaunya sendiri Yoh 15:5. Jangan bereaksi dosa, terus dalam pimpinan Roh (belajar bisa hidup dipimpin Roh, ini cara hidup yang sangat canggih secara ilahi). Bagi orang yang cinta Tuhan dan dipimpin Roh (berjalan dengan Tuhan) maka segala perkara yang jahatpun akan jadi ke-baikan bagi kita Rom 8:28 jangan kua-tir, kita bisa tetap sejahtera dan suka-cita, bahkan ada saldo sukacita Yoh 16:22.

Kadang2 karena takut, panik, orang lari ke sana-sini seperti dalam Kis 8:1,4, tetapi rasul2 tetap di Yerusalem. Putra manusia Yesus dalam bahaya pernah menghindar, tetapi tidak lari dan tetap dipimpin Roh Luk 4:29-30.

  1. Mengormati raja2, pemerintah, se-kalipun kita tidak tahu banyak hal yang tersembunyi Tit 3:1, 1Pet 2:13-14, Rom 13:1-7. Dalam negara2 demokratis ada pemilihan pemimpin2 tetapi mereka yang berkuasa tetap akan menuruti keyakinan dan kehendaknya, yang baik atau yang jelek. Tetapi kita tidak perlu takut, sebab kuasa Allah di bumi dan di Surga itu mengikuti Gereja Tuhan. Kita aman dalam perlindungan Tuhan yang Maha kuasa, asal kita tetap di dalam Dia. Jangan bingung menuruti arus orang banyak, tetapi belajar tetap hidup dipimpin Roh. Orang yang hidup menuruti akal atau perasaan hatinya, akan cepatkeluar dari tangan Allah dan rencanaNya, akan mudah jadi mangsa iblis. Sebab itu banyak berdoa dalam Roh dan kebenaran, ber-tanya2 akan Tuhan dan terustumbuh dalam penger-tian Firman Tuhan, saling menasehati dalam tubuh Kristus dalam kesucian dan kasih, supaya jangan panik dan tidak berjalan sendiri, tetapi tetap di-pimpin Roh. Ini yang paling aman dan terpelihara dalam kuasa Allah yang besar, yang diberikan pada tubuh Kris-tus, yaitu segala kuasa di Surga dan di bumi.
  2. Tumbuh terus dalam rencana Allah. Kita harus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, supaya bisa tetap dan tumbuh dalam rencana Allah. Jangan bingung apalagi takut dan panik se-hingga keluar dari rencana Allah. Dalam rencana Allah, polarisasi yang hebat itu maksudnya supaya Gereja tumbuh dalam kesucian sehingga makin seperti Kristus, siap untuk kedatanganNya (pri-badi atau masaal) di tengah2 dosa dan kejahatan yang juga tumbuh cepat.

Dalam segala keadaan tumbuhlah terus sesuai Firman Tuhan seperti Kris-tus, sebab tujuanhidup kita itu untuk ini, tumbuh dalam rencana Allah (ter-masuk ikut menyelesaikan 3 angka ke-datangan Tuhan). Cari perkara2 dari Atas, jangan justru hal2 dari Atas di-pinggirkan atau diabaikan (Kol 3:1-3) dan limpah dengan 7 KPR dgn sukacita.

Jangan takut menjadi korban ke-jahatan atau sikon, sebab semua ada dalam tangan Allah, tetap dalam Dia.

  1. Ber-jaga2 dengan betul Mat 24:42. Ada kemungkinan kita termasuk dalam golongan generasi akhir zaman (keda-tangan Kristus II). Meskipun kita tidak tahu, kita tetap harus hidup siap dan ber-jaga2 untuk kedatangan Tuhan (se-jak zaman Gereja mula2) sebab hidup seperti ini untung dan terus tumbuh, hasilnya untuk kekal! Apalagi kalau kita betul2 termasuk golongan generasi ak-hir zaman, kita mendapat kesempatan yang luar biasa, lebih dari golongan Kristus I Luk 10:24, Mat 13:17. Ada ba-nyak hal istimewa dan khusus bagi generasi akhir zaman (Kristus II) sebab semua berjalan dengan kilat untuk tumbuh dalam suasana Surga di bumi dalam tubuh Kristus akhir zaman Mat 24:27. Banyak orang beriman yang de-kat denganTuhan yakin bahwa harinya sudah makin dekat, sebab itu kita harus mengerti segala segi tentang generasi Kristus II dan memanfaatkannya se-baik2nya, sebab pasti untung sekalipun ternyata belum masuk golongan ini, sebab semua orang yang tumbuh dan berkenan pada Tuhan seperti ligabis tetap untung!

KESIMPULAN.

Segala kuasa di Surga dan di bumi di-berikan pada Putra manusia Yesus un-tuk diteruskan bagi tubuh Kristus yaitu Gereja atau orang2 yang lekat dengan Tuhan.

Ini diberikan Tuhan sejak Gereja mula2 dan itu sudah nyata dalam hidup orang2 beriman yang berjalan dengan Allah. Apalagi untuk (generasi) akhir za-man yang menghadapi polarisasi dosa dan kesucian yang hebat, kita betul2 memerlukannya, tetapi jangan salah mengerti dan jangan salah pakai se-perti kuasa dalam dunia, sebab kuasa Allah untuk mengalahkan iblis dan semua kaki tangannya. Sebab itu cari terus kuasa Allah yang limpah dan luar biasa ini, lebih2 dengan berdoa dalam Roh dan selalu hidup benar, bahkan bisa ditambah dengan puasa dan juga tumbuh dalam pengertian Firman Tu-han, istimewa tentang akhir zaman yg sudah di muka mata kita. Orang yg ti-dak mengerti akan mudah tersesat dan kena umpan setan yang indah2 dan macam2, dan celaka Mrk 12:24. Sebab itu bersedialah baik2 dgn 2 gomer manna, pengurapan limpah seperti ligabis, bersekutu dalam Roh yang sama yaitu Roh Kudus dengan sehati seperti Trinitas Yoh 17:23 dan ikut serta dalam rencana Allah menggenapi rencanaNya.

Nyanyian: Berachah no. 900

Aman dalam lindungan Tuhan.