M4042 – MAZMUR 105:1-6. BERSYUKUR, BERSAKSI DAN BER-TANYA2 TUHAN

Panggil namaNya dengan penuh syukur.MAZ 105-1-2. BERILAH SYUKUR KEPADA TUHAN.

Orang yang sadar bahwa Tuhan sudah berbuat terlalu banyak baginya, akan tahu berterimakasih sungguh2, meski-pun ada ini dan itu. Sama seperti anak yang kurang ajar, itu lupa atau tidak peduli dan memang tidak bisa tahu semua pengorbanan yang diberikan orangtuanya kepadanya. Biasanya orangtua tidak menuntut apa2, hanya sedih dan merana. Seharusnya orang-tua yang sudah punya anak, lebih tahu menghormati ibu dan bapaknya, jangan waktu tua “ditendang sebab tidak berdaya” itu sangat jahat, sengaja tidak tahu berterimakasih, lebih jahat dari anak yang belum beranak. Sebab itu peraturan anak-orangtua itu tidak se-imbang Ul 21:18-21, Im 20:9, Kel 21:15-17 dll, tetapi itu yang adil. Anak2 ja-ngan kurang ajar, hormati orangtua supaya diberkati Tuhan Ef 6:1-2. Begitu kalau seorang tidak tahu berterima-kasih pada Tuhan, hanya ber-sungut2 dan melawan apalagi kurang ajar, itu sangat jahat. Ini lebih jahat dari anak melawan orangtua, sebab Tuhan mem-beri pada kita jauh lebih banyak dari orangtua, sampai hidup kekal dengan pengorbanan Putra Allah di salib. Apa-lagi kalau sudah diberkati limpah, kita harus tahu bersyukur seperti Ayub meskipun ini dan itu, jangan seperti Israel yang sudah ditolong luar biasa, ber-sungut2 dan melawan Allah luar biasa sehingga akhirnya binasa! Jangan ber-sungut2 sedikitpun, tetapi bersyu-kur se-kuat2nya dalam perbuatan, se-lagi ada kesempatan, pasti diberkati Tuhan rohani dan jasmani.

Masyurkanlah perbuatan-Nya di antara segala bangsa.

Setiap orang yang sungguh2 percaya, taat, cinta Tuhan, pasti sudah diberkati dengan limpah. Beritakan dengan ju-jur, tulus, ber-ulang2, dengan rendah hati dan benar di hadapan Allah. Mengapa?

  1. Ini menjadi berkat bagi yang men-dengar / membaca. Kita menjadi ga-ram dan terang.
  2. Tuhan dipermuliakan! Dengan apa? Orang mendengar kesaksian itu me-ngerti lalu percaya dan diselamatkan dan diberkati, ini yang menyenangkan Tuhan, ini kehendak Tuhan, sebab Ia cinta manusia, supaya semua selamat. Bukan se-mata2 supaya Tuhan minta diagungkan, sebab Allah sudah mulia, tidak butuh rekomendasi atau kepujian kita! Tetapi supaya orang lain lagi diberkati.
  3. Kita sendiri makin diberkati lebih banyak Mat 13:12. Orang yang punya berkat dari Tuhan, itu punya sesuatu, maka ia akan ditambahi lagi. Tetapi yang tidak mengakui, seperti tidak pu-nya apa2, tidak pernah bersaksi, semua yang ada padanya diambil kembali (jadi miskin, kurang, hilang suksesnya, kese-hatannya dll), sebab itu bersaksilah dengan tulus, sebab itu kehendak Tuhan.

Caranya? Beritakan dengan lisan/ tertulis, dimana saja kalau ada kesem-patan, bahkan buat kesempatan dalam setiap kemungkinan dan lakukan ber-ulang2 supaya banyak orang diberkati dan nama Tuhan dimuliakan.

Ada banyak macam kesaksian dari anggota2 sidang. baik dalam perkara2 kecil atau besar, dalam hal2 yang rutin dan yang sekali2 (insidentil), tetapi semua melengkapi hidup dan pelayan-an kita, dan sepatutnya kita saksikan untuk memuliakan Tuhan. Tetapi se-ringkali tidak atau kurang disaksikan, apalagi di-ulang2, kurang di-bagi2kan (kalau di-bagi2kan ber-ulang2 tidak bisa habis!). Sidang Tuhan yang taat, pasti ada cukup banyak kesaksian un-tuk menjadi berkat, pelajaran atau contoh yang Tuhan berikan, sehingga kita sendiri makin ditumbuhkan dan banyak orang diberkati. Mulailah ba-nyak bersaksi, bahkan ber-ulang2, meli-patgandakan kesaksian dari perbuatan ajaib Tuhan.

Nyanyilah bagiNya.

Ini kata2 yang dilagukan. Sebab itu nyanyian itu bisa ber-macam2, nya-nyian iman, syukur, pengharapan, ke-rinduan, permohonan, ekspresi kesu-kaan, menceritakan kebenaran Tuhan penginjilan dll. Setiap kali kita nyanyi, nyanyilah dengan benar, berarti bagi Allah. Jangan nyanyi otomatis, maka hadirat Tuhan turun dalam nyanyian yang betul Maz 22:4. Nyanyian Maz-mur, kata2 dari Firman Tuhan, supaya orang bisa mengerti dan diberkati.

MAZ 105:3. BER-MEGAH2LAH

DI DALAM NAMA-NYA YANG SUCI

Seorang bisa memegahkan Tuhan kalau ia kagum, bergemar atau penuh syukur dengan yakin kepada Tuhan. Lebih2 ka-lau ia mengerti dan percaya, punya pendirian, ia bangga dan bisa meme-gahkan Tuhan. Ini menyebabkan berkat dan kuasaNya akan diulang, bahkan lebih lagi, luar biasa! Baik yang sudah jadi, maupun yang masih diimani dan yang diharapkan, katakanlah atau nya-nyikanlah dengan yakin sebab kita memang memegahkan Tuhan. Maka orang yang mencari Tuhan akan di-kuatkan dan bersukacitasebab Tuhan itu Maha besar, Maha kuasa dan baik.

Ber-megah2.

Jangan sebaliknya putus asa, ketakutan sampai lari ke sana-sini cari perto-longan. Daud melihat Goliat (tanpa pengalaman perang) ia ber-megah2 untuk bisa mengalahkan dan ternyata berhasil sebab ia terus dipimpin Roh, ber-tanya2 Tuhan, itu sudah menjadi cara hidupnya yang rutin, sehingga kemenangan2nya juga rutin!

Simson juga bisa ber-megah2 terus akan Tuhan, tetapi karena berdosa dan Roh Kudus tinggalkan dia, dia tidak bisa berbuat apa2 selain bertobat lalu ber-tanya akan Tuhan dan mencari kua-saNya lagi, tetapi kesempatan dan wak-tunya sudah habis. Jangan seperti Asa sudah mengalami perbuatan Allah yang heran melawan Zerah raja Kusy dengan 1 juta tentara dan 300 rata perang. Lalu menghadapi Baesa raja Israel ia takut dan putus asa dan membayar raja Ben-hadad (Syam) minta tolong. Sebab Asa kurang mengerti Firman Tuhan dan kuasa Allah, sehingga tindakannya se-sat Mrk 12:24. Limpahlah dengan 7 KPR lebih2 Firman Tuhan, doa dan selalu dipimpin Roh dalam jalan sempit dan kesucian, Roh Kudus akan memimpin kita terus.

MAZ 105:4. BER-TANYA2LAH AKAN TUHAN DAN KUASANYA.

Ini kunci kemenangan Daud yang terus menang. Dalam segala perkara kalau kita mau ber-tanya2 Tuhan dan dapat jawaban, itu berarti pasti menang asal kita mentaati jawabanNya.

Tentu kita perlu minta kuasa-Nya (berdoalah dalam Roh dan kebenaran) maka kita dapat melakukan kehendak atau suara Roh yang sudah kita dapatkan. Baik dalam perkara besar-kecil, kalau kita ber-tanya2 akan Tuhan (sampai dapat jawaban) dan minta kua-sa atau kekuatanNya, maka dalam se-mua hal kita akan berhasil. Jangan lupa tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan (2Pet 3:9) sehingga kita bisa mudah dan cepat mengerti kehendak Tuhan sampai mengerti. Juga kita perlu selalu penuh dan dipimpin Roh, dengan banyak berdoa senantiasa (1Tes 5:17) dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24, maka kita akan limpah dengan peng-urapan ada kuasa bahkan juga karunia2 Roh sebagai alat ilahi untuk meng-hadapi semuanya. Ini hidup yang ber-hasil, berkemenangan dan masuk da-lam rencana Allah (ini yang terbaik) sehingga kita bisa meningkat terus dalam rencana Allah yang indah.

Dalam pelayanan Musa ada begitu banyak ayat2 Firman Tuhan yang ber-bunyi: “maka berfirmanlah Tuhan ke-pada Musa” Kel 6:1,6,12; 7:1; 8:1; 9:1; 10:1; 11:1; 12:1 dst dst. Begitu banyak sampai tidak bisa terhitung. Itu se-babnya pelayanan dan hidup Musa itu indah, sebab terus ber-tanya2 dan Tu-han terus menjawabnya. Sebab ia taat, ia terus disertai Tuhan bahkan tumbuh sampai akhirnyasempurna. Jangan lupa terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan. Ada begitu banyak kebenaran Firman Tuhan, tetapi Roh Kudus bisa memimpin kita pada pengertian2 yang tepat dibutuhkan pada saat2 itu. Petrus yang tidak terpelajar, hanya nelayan buta huruf dari Baitsaida bisa jadi pemimpin yang memimpin semua Gereja2 yang terdiri dari puluhan ribu orang beriman dari Yerusalem sampai ke Asia kecil. Biasakan dengan rutin dan dalam setiap kasus yang kita ha-dapi, lebih2 yang penting dan berba-haya, ber-tanya2 akan Tuhan dan taat, sehingga bisa tepat dalam pimpinan Tuhan, maka kita akan melakukan perkara2 yang besar dengan Tuhan, menang besar atas iblis dan menjadi berkat yang indah.

Ini bukan berarti semua problem2 kita langsung selesai dan beres, ter-gantung problemnya. Musa (Abraham, Daud, Paulus dll) masih punya banyak problem yang belum selesai.

Orang yang melawan Musa, yang ber-sungut2, me-ngata2i, salah paham dll begitu banyak problem2 Musa terus ada2 saja atau bertambah, tetapi ak-hirnya satu per satu selesai “pada waktunya”. Tetapi Musa tidak stress atau putus asa. Tuhan sendiri tidak langsung memutuskan problem orang2 dengan seketika, tetapi sabar mendidik orang2 yang bodoh, menunggu orang2 yang keras hati, mengharapkan per-ubahan2, tetapi Tuhan tahu apa yang diperbuatnya, ada target, tujuan, sa-saran yang indah supaya menjadi berkat bagi anak2 dan hamba2Nya.

Carilah hadiratNya selalu!

Masuk dalam hadirat Tuhan itu sangat indah, sebab itu berarti Surga Maz 16:11, meskipun masih hidup di dunia bahkan di tengah2 problem yang me-nekan, yang menyakiti hati dan belum selesai dan kita juga biasanya belum tahu bagaimana akhirnya! (Tuhan tahu, kita tidak!).  Teruslah bertanya dan men-cari hadiratNya.

Kita ini sudah diberi banyak fasilitas supaya Tuhan bisa melakukan banyak perbuatan2 yang besar dalam kita. Te-tapi seringkali fasilitas yang diberi Tuhan ini tidak dimengerti dan tidak dipakai. Seperti ber-tanya2 akan Tuhan dan mencari hadirat dan kuasaNya, ini indah.Waktu lahir baru kita sudah duduk dengan Kristus di Surga Ef 2:6. Ini luar biasa. Sebetulnya tidak perlu takut apa2 sebab tempat kita di Surga, dengan Allah luar biasa. Lebih2 kalau kita selalu dalam hadiratNya selalu ber-sama2, bahkan lekat 1Kor 6:17, Yoh 15:5. Sebetulnya kita harus mengerti akan fasilitas yang diberi Tuhan, me-yakini dan percaya sehingga kita bisa selalu ber-megah2 dan limpah perka-ra2 besar dan ajaib dari Tuhan, per-cayalah! Memang akal dan daging se-ringkali meng-halang2i, tetapi Roh Ku-dus akan meyakinkan dan bisa mem-buat kita hidup indah. Bandingkan Elisa dan hambanya waktu dikepung tentara Syam 2Raj 6:16,17. Ini bukan hanya sugesti tetapi nyata dan ceritanya fan-tastis. Elisa tanpa senjata (bisa lang-sung dibantai) menggiring begitu ba-nyak tentara ke Syam, diajak pesta dan ini yang terjadi!

Hiduplah seperti Elisa, jangan se-perti hambanya, hiduplah seperti Daud, jangan seperti Saul. Mengapa hanya sedikit orang hidupseperti Elisa dengan ajaib dan indah. Cari perkara2 dari Atas Kol 3:1-3 tetap boleh cari yang di bawah asal berpada dan jangan sampai masuk jerat iblis dan tetap limpah dengan Firman Tuhan, hikmat dan kuasaNya yang heran itu (Kis 2:47). Bahan mentah untuk hidup seperti ini sudah ada dengan limpah yaitu Firman Tuhan (terus makan bahkan 2 kali lipat seperti Elia, 2 gomer) dan Roh Kudus, terus berdoa, penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis, maka kita bisa hidup ajaib dan indah! Apalagi di hari2 yang susah dan akhir zaman, jangan hanya menghabiskan waktu untuk yang fana, tetapi beri jatah yang limpah untuk yang di Atas, yang kekal Kol 3:1-3. Tebus waktu, jangan buang2 waktu, te-tapi terus meningkat dalam jalur Kris-tus, jangan dalam jalur setan yang menambahi dosa Wah 22:11 (2 jalur ini dalam Minggu ke-70 Daniel akan men-jadi jalur kilat setan dan jalur kilat Kris-tus Mat 24:27). Hiduplah sesederhana mungkin, jangan penuh variasi yang tidak perlu apalagi yang sia2, supaya ada banyak waktu untuk yang kekal yaitu Firman Tuhan dan doa (dalam Roh dan kebenaran Kis 6:4. Kelihatan-nya hanya 2 perkara, tetapi ini sangat komplex dan indah2, penuh hal2 yang baru, sebab Firman Tuhan itulah Tuhan Yesus sendiri (Yoh 1:1) dan doa dalam Roh dan kebenaran itu lekat dengan Roh Kudus, itu luar biasa besar, indah dan limpah perkara2 baru yang mem-bawa kita terus meningkat pada ke-sempurnaan rencana Allah yang ajaib, hidup jadi penuh dengan perbuatan Allah yang indah, yang bukan buatan kita, tetapi Allah membuatnya di dalam kita Maz 60:14, Pil 1:21.

MAZ 105:5. SEGALA AJAIB DAN HUKUM DARI MULUTNYA.

Tuhan sudah berbuat banyak hal2 ajaib dan akan membuat lebih banyak lagi, bukan berkurang. Ber-tanya2lah dan dengar2lah baik2 serta taat dalam kuasaNya, maka jumlah pekerjaanNya yang ajaib itu akan makin banyak!

Juga hukum dan keputusan2 yang keluar dari mulutNya. Kita menunggu hukum2 dan keputusan yang kita per-lukan untuk menang, lulus, naik serta tumbuh dan ber-buah2. Jangan macet, tetapi naik se-tinggi2nya Pil 3:12-14. Sebab itu kita harus makin rutin dan makin mahir ber-tanya2 akan Tuhan dan selalu mencari, melimpah dengan kuat kuasaNya selalu. Ini cara hidup yg indah, ini fasilitas yg disediakan Tuhan.

MAZ 105:6. HAMBA2 DAN ORANG PILIHANNYA.

Abraham adalah hamba Allah, ini yang indah di hadapan Allah. Ia taat seperti hamba, meminggirkan semua kepen-tingan sendiri dan mengutamakan taat akan perintah Allah, apalagi dalam pro-blem2 yang sudah ditanyakan kepada Tuhan. Abraham seorang hamba yang taat sejak keluar dari negerinya, sampai mengorbankan anaknya. Semua ini penuh penyangkalan diri dan peng-orbanan dan yang makin lama makin berat, makin taat dalam penyerahan penuh. Hiduplah sebagai Abraham, hamba yang taat dan makin lama ma-kin bisa taat dalam kasus2 (pengor-banan) yang makin berat, tetapi justru dengan itu tingkatan kita akan makin meningkat!

Yacob, orang pilihan Allah. Menga-pa? Mula2 yang dipilih Allah adalah Esau, sebab dia anak sulung, ini “buatan” atau pilihan Allah, sebab Dia yang menentukan siapa yang sulung, “bukan” Yacob! Tetapi heran Yacob berhasil merebutnya dengan sah sebab perubahan ini dinubuatkan Allah (meskipun ke-sempatan itu diberikan pada Esau lebih dahulu) Kej 25:23 dan disahkan Tuhan dalam Mal 1:1-3. Mengapa bisa terbalik demikian? Sebab Esau menghinakan hak sulung dengan 1 piring kacang merah tetapi Yacob sangat merindukannya dan berani mengorbankan apa saja dan Ya-cob suka mendengarkan Firman Tuhan dari bapaknya, sehingga ia mengerti kesukaan Allah dan memilih menjadi gembala domba (seperti Habil), tetapi Esau menjadi pemburu. Ini tidak terjadi dalam 1 hari tetapi dalam ber-tahun2. Lebih kurang 71 tahun baru Yacob lari ke Haran (130-39)-20=71)). Esau sudah berkelana ke-mana2, tetapi Yacob te-rus belajar Firman Tuhan sambil meng-gembala. Ia mengerti dan percaya akan janji2 Tuhan, baginya berkat Tuhan itu yang terutama dan itu yang dirindukan. Yacob adalah orang yang dipanggil, dipilih dan setia 2Pet 1:10, Wah 17:14. Jangan hanya ikut2an, terbawa atau terpaksa ke Gereja, tetapi sungguh2 mau menerima panggilan Tuhan de-ngan mengambil keputusan untuk per-caya, mau ikut Tuhan sepanjang umur hidup Luk 9:23. Inilah orang2 yang mau dipanggil sehingga percaya, lahir baru dan yang mau taat dan hidup berkenan pada Tuhan, maka Tuhan memilihnya.

Ada orang2 pilihan manusia seperti dalam zaman Gideon, yaitu jumlahnya 32.000 lalu turun sampai 10.000, ak-hirnya hanya 300 orang, ini betul2 orang yang siap menyerahkan diri sampai mati, ini orang2 pilihan Tuhan Hak 7:3,6. Mengapa banyak orang tidak jadi orang pilihan? Sebab cinta daging dan dunia ini. Jangan mendua, ber-cabang, suam, itu bukan orang pilihan, tetapi selalu penuh dan mau dipimpin Roh, mengorbankan segala kedagingan dan keduniawian ini, supaya berkenan pada Tuhan Kol 1:10. Betul masih be-kerja, sekolah dll, tetapi semua yang mau bisa menjadi orang pilihan Allah.

Kita sendiri yang menentukan, mau mati dari diri kita, dari daging dan dunia, Ini juga masih harus dites apa setia  sampai mati. Saul, Simson dipilih tetapi tidak setia; Tidak setia itu cacat besar. Setia itu tertinggi Wah 17:14. Setia waktu enak dan tidak enak. Tetap setia dalam nikah, keluarga, Gereja, pelayanan (dalam dunia sekuler harus dicocokkan dengan Firman Tuhan). Yacob adalah orang pilihan Allah dan sekalipun ada kekurangannya, tetapi ia tetap setia sampai akhir!

Apakah kita hamba yang taat dalam segala hal dan sampai ke akhir? Apakah kita orang yang ikut2an atau yang dipanggil atau yang dipilih dan mau setia sampai ke akhir. Tergantung kita mau taat sampai dimana. Ini dapat dilihat dari kesetiaan ibadah, kesucian hidup, mau pikul salib dan taat dalam segala hal, memperkenankan Allah. Cocokkan dengan Firman Tuhan serta penuh dan dipimpin Roh, supaya tetap menjadi  orang2 yang dipilih Tuhan dan bisa setia sampai ke akhir, hasilnya akan luar biasa. Pekerjaan ajaib Allah akan makin limpah dan kita akan makin tumbuh dan ber-buah2 seperti Kristus.