M4043 – Yohanes 3:16. Surga Atau Neraka, Pilih Yang Mana?

Sebab:MENGAPA KITA PERLU MENGERTI HAL INI BAIK2?

  1. Surga-Neraka itu sungguh2 ada, juga bagi orang yang tidak percaya, itu tetap ada. Sebab itu kalau mau tahu harus percaya akan Firman Tuhan, mempela-jarinya supaya mengenalnya baik2.
  2. Ini tujuan atau tempat terakhir bagi semua orang, mengerti atau tidak, per-caya atau tidak, mau atau tidak mau, akhirnya semua orang ada di salah satu tempat ini. Percaya atau tidak, ini akan menjadi fakta nyata.
  3. Ini dimulai atau ditentukan sejak di dalam dunia. Orang yang percaya su-dah mulai masuk Surga Luk 11:20, Ef 2:6. Orang yang tidak percaya pada Firman Tuhan akan tetap hidup sebagai orang dosa, menuruti kehendaknya sendiri, kehendak daging Yoh 3:19 itu permulaan Neraka dan akhirnya akan masuk Neraka.
  4. Tahu atau tidak tahu, percaya atau tidak, ada 2 pihak yang berusaha menarik setiap orang kepada pihaknya yaitu Allah berusaha menarik ke Surga dan iblis ke Neraka, semua untuk kekal.
  5. Semua orang memilih Surga, tetapi sebab tidak mengerti, mereka salah jalan, bahkan tersesat; sebagian mera-sa meskipun hidup dalam dosa, masih mengharapkan Surga yang kabur bagi-nya. Tetapi orang yang mengerti, yang percaya pada Tuhan Yesus, bisa “me-lihat Surga dengan iman”, dengan pertolongan Roh Kudus akan jadi sa-ngat bergairah, penuh semangat dan berani memikul resiko apapun, sebab Surga itu nyata dan amat sangat menyenangkan dan mulia Kej 49:15.

CARA MASUK SURGA MENURUT ALKITAB.

  1. Percaya pada Tuhan Yesus, cuma2. Tandanya kalau sudah percaya, hidup-nya ganti baru seperti yang dijanjikan Firman Tuhan. Misalnya perempuan Samaria, Zakheus, Saul jadi Paulus, Kornelius, sida2 Habsyi dll.
  2. Setia sampai akhir hidup Mat 24:14, Wah 2:10, jangan sampai undur. Rata2 manusia hidup 70-80 tahun. Mengapa sesudah percaya tidak langsung mati dan masuk Surga? Sebab selama hidup kita diharapkan dapat tumbuh dan ber-buah2 (sebab itu hidup rohani harus dipelihara baik2), sebab ukuran dan tingkat kemuliaan kita di Surga diten-tukan oleh tingkat rohani kita yang terakhir di dunia sebelum mati. Dengan menjadi garam dan terang dunia (Mat 5:14-16) kita akan bertumbuh dengan cepat di dalam Kristus 2Tim 2:20-21.
  3. Surga atau neraka itu ditentukan hanya di dunia, (bukan sesudah mati, tidak ada kesempatan lagi Ibr 9:27, Pkh 9:10) dan imanyang sudah didapat di dunia akan bersambung, dilanjutkan di dalam Surga.

III. KEADAAN MANUSIA, MAHLUK KEKAL.

Manusia itu diciptakan Allah sebagai mahluk kekal.

  1. Dimulai dengan lahir di dunia dalam tubuh nafsani.
  2. Sesudah mati, tubuhnya menjadi mayat, tetapi orangnya, pribadinya te-tap ada, yaitu rohnya masuk dalam ke-kekalan, ke Surga (kalau percaya Tuhan Yesus sampai mati) atau yang lainnya ke Neraka mempertanggungjawabkan semua perbuatannya di dunia. Jadi ma-nusia sesudah mati tidak hilang, tetap ada, yaitu pribadinya, itulah rohnya, masuk dalam kekekalan (di Surga atau Neraka) dan kurungan atau “baju” yang dipakainya yaitu tubuh nafsani ini mati dan menjadi mayat dan dikubur.

Pada waktu seorang mati, rohnya langsung diadili dalam sekejab dan hasilnya masuk Surga atau Neraka Ibr 9:27. Sebab itu sesudahmati, ia sudah langsung tahu nasibnya untuk kekal, di Surga atau Neraka dan ini tidak ber-ubah lagi, meskipun ada lagi saat2 untuk pembagian pahala atau hukum-an, tetapi nasibnya sudah ditentukan dengan pasti ke Surga atau neraka. (Orang beriman pada Tuhan Yesus, selagi masih hidup, sudah yakin akan keselamatannya).

  1. Hari kebangkitan, Allah mengatakan ada hari kebangkitan bagi semua orang yaitu kebangkitan I untuk orang yang percaya Tuhan Yesus dan kebangkitan II bagi orang berdosa Yoh 5:28-29. Pada hari kebangkitan, semua roh yang sudah ada di Surga atau Neraka akan kembali kepada sisa2 tubuhnya atau mayatnya (biasanya tinggal tulang2nya saja, juga gigi dan rambut) lalu sisa mayat yang ada akan bangkitmenjadi tubuh kebangkitan orang benar atau tubuh kebangkitan orang berdosa. Da-lam tubuh kebangkitan ini, setiap orang, masing2 akan masuk dalam ke-kekalan. Orang benar, sesudah mati, masuk Surga dalam roh, tetapi sesudah bangkit (I) masuk Surga dalam tubuh kemuliaan sampai hari kiamat, sesu-dahnya akan pindah masuk Surga baru. Orang2 berdosa, rohnya masuk Nera-ka, sesudah bangkit (II), dalam tubuh kebangkitan orang berdosa menghadap Tahta Putih yang Besar lalu masuk Tasik api untuk kekal.

ORANG2 BENAR. Pada waktu Tu-han Yesus datang (tidak lama lagi), orang2 benar yang sudah mati akan bangkit (kebangkitan I), dalam tubuh kebangkitan orang benar yaitu tubuh kemuliaan, langsung naik ke Surga ber-temu Tuhan, ini disebut pengangkatan 1Tes 4:16-17. Orang2 benar yang masih hidup pada waktu itu akan berubah da-lam sekejab jadi tubuh kemuliaan 1Kor 15:51 lalu ikut naik bertemu Tuhan di awan2 ber-sama2 orang benar yang sudah mati lebih dahulu dan bangkit, lalu semua ber-sama2 masuk dalam Surga I (yang sekarang ini) sampai pada hari kiamat. Disini semua orang percaya mendapat pahalanya sesuai dengan perbuatannya Wah 22:12. Sesudah kiamat, Surga Bu-mi I hilang lenyap, lalu Tuhan Allah menciptakan lagi Surga Bumi Baru, lalu isi Surga I pindah masuk Surga Bumi Baru.

ORANG BERDOSA akan bangkit pada hari kiamat (1000 tahun sesudah kebangkitan I) dan ini dinamakan ke-bangkitan II. Orang berdosa yang bang-kit dalam tubuh kebangkitan orang ber-dosa, langsung menghadap pengadilan Allah (yaitu Tahta Putih yang Besar) dan menerima hukumannya sesuai de-ngan perbuatannya, lalu langsung dilemparkan dalam Tasik api.

Semua proses ini terjadi dalam sesaat. Inilah manusia, mahluk ciptaan Allah yang kekal. Tumbuh2an dan binatang (juga kera dan orang utan) itu semua mati dan lenyap, sebab mereka bukan mahluk yang kekal; tidak ada kebangkitan bagi mereka, hanya untuk manusia.

SURGA I DAN SURGA BARU YANG KEKAL.

Dalam alam berzakh hanya ada 2 tem-pat yaitu Surga dan Neraka yang dice-raikan dengan jurang besar tidak bisa diseberangi oleh siapapun tanpa izin Allah Luk 16:26. Dunia yang nyata ini bisa berhubungan dengan keduanya menurut peraturan2 yang sudah di-tentukan Allah. Surga yang sekarang amat indah, tempat Allah bertahta. Orang yang mati dalam Kristus akan dibawa Allah kepadaNya 1Tes 4:14.

Di Surga, orang2 percaya (di dalam roh) sudah menikmati keadaan Surga yang amat sangat indah, tanpa ada kemungkinan keluar lagi, senang sekali. Tetapi sesudah rencana Allah selesai, maka terjadilah kiamat, maka Surga Bumi I hilang dalam sekejab, habis tidak berbekas 2Pet 3;10b, Wah 20:11; 21:1; lalu Tuhan Allah dalam sekejab menciptakan Surga baru untuk kekal.

Sekalipun indah, Surga yang seka-rang. (Surga I) tidak untuk kekal, me-nunggu kiamat diganti Surga Bumi Baru yang kekal, tentu jauh lebih indah dan terpisah total dari Tasik api.  Semua yang sudah masuk Surga yang seka-rang, otomatis pindah ke Surga Bumi baru yang kekal.

NERAKA YANG SEKARANG.

Neraka ini, juga ada dalam alam berzah dan terdiri dari beberapa bagian, mi-salnya: Sumur Tanpa Dasar (Abusos), penjara setan di “sungai efrat”, Tartaro dll. Semua orang berdosa yang mati, rohnya masuk disini sampai hari kia-mat. Sesudah kiamat, roh2 orang ber-dosa, semua masuk dalam sisa2 ma-yatnya masing2, lalu bangkit dalam tubuh kebangkitan orang berdosa, menghadap pengadilan Allah yaitu Tahta Putih yang Besar dan menerima hukumannya masing2dan masuk dalam Tasik api untuk kekal (semua bagian Neraka, tempat2 iblis dan setan2 dipindahkan ke sini).

Hubungan Surga dan Neraka, an-tara Surga I dan Neraka, masih bisa berhubungan, misalnya Allah atau Abraham, masih bisa melihat dan ber-kata2 dengan orang2 di dalam Neraka. Tetapi sesudah kiamat, hubungan an-tara Surga Bumi Baru dan Tasik api (se-mua bagian Neraka ada disini), tidak lagi ada hubungan sama sekali, putus total 2Tes 1:9, bahkan hubungan dalam ingatanpun putus, sehingga Allah dan orang2 di dalam Surga sama sekali ti-dak teringat lagi akan mereka, yaitu semua yang ada dalam neraka untuk kekal Yes 65:17.

APA YANG BISA DAN HARUS KITA LAKUKAN SEKARANG?

Hidup ini suatu kesempatan untuk mendapat Surga dan kemuliaannya sebanyak mungkin. Caranya:

  1. Sesudah percaya, tetap hidup di ja-lan sempit (ingat MAK DSY dan tetap pikul salib) dengan kelimpahan 7 KPR, supaya kita bisa terus bertumbuh (ja-ngan macet) dan ber-buah2, yaitu de-ngan cinta menjadi berkat bagi orang lain (menyelamatkan dan menumbuh-kan semua orang di sekitar kita, meng-garami dan menerangi mereka). Kalau mau terbeban seperti ini, itu menum-buhkan kita dan limpah dengan pahala. Mengapa? Tuhan senang sekali kalau lebih banyak orang selamat dan men-dapat kemuliaan yang se-tinggi2nya se-bab Allah mengasihi semua manusia Yoh 3:16, 2Pet 3:9. Tetapi ingat ada iblis yaitu pembohong, penipu dan pembunuh manusia dari mulanya Yoh 8:44; 10:10 yg selalu ingin meng-ha-lang2i untuk menarik ke dalam Neraka.
  2. Siap menghadap Tuhan Amos 4:12. Selalu di jalan sempit (tidak ada dosa apalagi ikatan dosa, atau berhala), dan selalu siap se-waktu2 bertemu Tuhan. Kita ini seperti uap, sebentar ada, sebentar tidak ada Yak 4:14. Sebab itu kita harus selalu mencheck keadaan kita supaya tetap benar dalam hadirat Tuhan dan tandanya adalah selalu ada sejahtera dan sukacita dari Tuhan Pil 4:4,7. (Perlu selalu penuh dan dipimpin Roh, seperti zaman sekarang, hampir semua orang punya telepon genggam yang sederhana atau yang canggih). Begitu pada akhir zaman ini kita perlu punya hubungan baik dan bisa terus berhubungan dengan Tuhan dalam Roh. Kalau ada hal2 yang mengganggu, menggoda atau berbahaya, Roh Kudus sudah tahu lebih dahulu dan tepat pada waktunya selalu mengingatkan ki-ta, sehingga kita tidak perlu takut atau tegang dalam segala keadaan sebab ada Roh Kudus, yaitu Allah yang maha kuasa itu! Roh Kudus adalah Penolong yang Maha besar, bisa menolong dalam segala keadaan, sehingga kita bisa hi-dup ber-jaga2 dan siap sedia setiap saat. Sebab itu berjalanlah selalu dalam Roh.
  3. Generasi Kristus II, generasi akhir zaman. Jangan lupa kalau mungkin (ke-mungkinannya makin besar) kita dapat termasuk golongan generasi akhir za-man atau generasi Kristus II itu ke-sempatan yang luar biasa (tetapi saat2 ini juga berarti sikon yang berbahaya dan kritis, sehingga harus bersedia baik2 Mat 24:42, lebih dari biasa!). Orang yang hidup dalam zaman Tuhan Yesus itu generasi Kristus I, itu sangat untung, banyak orang rindu dan tidak mendapatkannya Mat 13:17, Luk 10:24 dimana orang be-rebut2 hendak masuk dalam kerajaan Surga Luk 16:16. Ge-nerasi Kristus II, adalah orang2 yang masih hidup pada waktu pengang-katan, itu kesempatan yang sangat in-dah. Orang2 yang bisa ikut peng-angkatan yang heran akan mengalami 3,5 tahun sebelumnya yang juga sangat heran, zaman keemasan Gereja, dima-na Gereja menjadi ajaib Wah 12:1, dan dalam masa ini, semua fasilitas Allah diberi lengkap dan limpah sehingga se-mua syarat atau target untuk kedatang-an Tuhan Yesus II digenapkan dengan cepat sekali dan sempurna sehingga Tuhan Yesus datang dan orang yang bersedia ikut dalam pengangkatan. Ini adalah proses kedatangan Tuhan yang secepat kilat Mat 24:27 dan 3 Angka kedatangan Tuhan, istimewa jumlah yg sempurna genap (ini target yang paling sulit, tetapi betul2 bisa genap).

Semua orang yang masuk masa ini dengan keadaan ber-jaga2 (siap dalam kesucian, dipimpin roh, sangat tertib, selalu benar, taat melakukan kehendak Tuhan, limpah 7 KPR dst) akan tumbuh dengan sangat cepat dalam kesucian, sebagian menjadi sempurna. Keadaan ini sangat indah dan semua fasilitas rohani limpah, sehingga menimbulkan pertumbuhan kilat, sebab Gereja waktu ini dalam zaman keemasan. Tidak ada dosa, semua penyakit cacat lenyap, ja-batan2 begitu limpah, pelayanan dan ibadah sangat indah, penuh dengan kuasa, mujizat, penyembahan dalam Roh, betul2 Gereja mencapai puncak-nya yang tertinggi, terindah dari segala masa, bahkan lebih dari zaman Kristus I Yoh 14:12. Keadaan betul2 seperti di Surga, meskipun masih hidup dalam tu-buh nafsani. Juga ada pelayanan orang sempurna yang luar biasa.

Bayangkan ada 144.000 orang sem-purna yang berbuat mujizat lebih dari Kristus (Yoh 14:12) di seluruh dunia, mendadak bersamaan dan ada perse-kutuan tubuh Kristus global. Sangat2 indah seperti suasana Surga.

Sebaliknya orang beriman yang tidak bersedia itu keadaannya sangat kritis sebab sikon dahsyat sekali, penuh dengan dosa dan kejahatan yang me-muncak. Tiga Antikris sudah keluar. Bayangkan, ini jauh lebih jahat dan kejam daripada semua yang pernah ada dan menguasai seluruh dunia. Kekejaman dan korbannya membuat seluruh dunia ngeri. Belum lagi arus dosa yang seperti tsunami, macam2 ajaran sesat, kebencian yang rata di seluruh dunia dengan korban2nya, pembunuhan. Orang beriman yang tidak ber-jaga2 menjadi rusak dan banyak yang jatuh dan mati dalam dosa 1Tim 4:1. Ini betul2 mengejutkan sebab dosa dan kesucian meningkat Wah 22:11,tetapi orang beriman yang ber-jaga2 justru bergembira di dalam Roh dan persekutuan tubuh Kristus sedunia dan tumbuh dengan sangat cepat. Beda orang beriman dan Gereja yang ber-jaga2 dan tidak itu sangat besar. Sebab itu, sekalipun kita belum tahu bila itu terjadi, kita harus bersedia untuk kedatangan Tuhan secara pribadi atau yang kedua.

KESIMPULAN.

  1. Kita harus ingat bahwa Surga dan Neraka itu betul2 ada, baik bagi yang percaya atau tidak, pasti semua akan mengalami masuk dalam salah satu. Tanpa Tuhan Yesus tidak ada jalan ke Bapa Yoh 14:16. Jangan lupa dunia ini hanya sementara, tempat transit, te-tapi ini tempat yang sangat menen-tukan untuk kekal. Harus ambil kepu-tusan yang jelas dan tegas dan terus setia sampai akhir Luk 12:57.

Seringkali orang hanya ingat jalan sempit itu banyak penderitaan karena hukum2 Tuhan. Ingat Allah itu cinta, ia memberi peraturan bukan untuk me-nyiksa, tetapi peraturan2 cinta ini un-tuk menumbuhkan kita dalam segala kesukaran supaya tumbuh dalam ke-muliaan yang kekal. Memang di dunia kita melihat jalan selamat itu seperti jalan sempit atau jalan salib yang pe-nuh penderitaan, tetapi ini jalan yang mulia dan sangat menguntungkan un-tuk kekal. Jalan lebar itu seperti jalan bahagia, tetapi itu tipu daya dunia dan iblis yang membawa pada kebinasaan kekal Mat 7:13-14. Jangan masuk jalan lebar seperti Lot dan bergembira di Sodom dan penuh sukacita tidak ada habis2nya untuk menutupi hati yagn gelisah dan tidak ada sejahtera, tetapi akhirnya binasa. Tetaplah tekun dalam kemah (hidup sementara) dan Mezbah di padang gurun dunia seperti Abra-ham, itu indah dan punya hubungan yang manis dengan Tuhan sehingga hidup ini benar2 bahagia dan sukacita, yang akan terus bersambung sampai Surga kekal Yoh 4:14.

  1. Masuk Surga (selamat) atau Neraka (tersiksa untuk kekal Wah 14:11) itu hanya ditentukan di dunia, tidak di saat2 lainnya. Itu berlanjut atau terus bersambung sampai kekal, baik dalam Surga atau Neraka. Kalau di dunia be-lum mengalami suasana Surga dengan sejahtera dari Allah, itu bahaya, mung-kin rohaninya rusak atau kritis. Orang yang selamat itu berbahagia Luk 11:28, meskipun harus pikul salib. Ini bukan bahagia dunia yang fana dan bahkan menikam (Ams 14:12 dalam tertawa-pun hati berasa sakit, tidak ada se-jahtera dalam hatinya Rom 3:17, apa-lagi kalau banyak dosa dan ikatannya Ibr 11:25).
  2. Memang iblis juga menjanjikan ber-macam2 Surga di mana2, tetapi itu ter-nyata adalah neraka. Iblis tidak punya Surga, hanya Neraka. Iblis tidak punya Surga, hanya Neraka. Orang dunia dan orang beriman yang undur bisa kena tipu daya dan jeratnya. Bahkan dengan bunuh diripun iblis menjanjikan Surga, padahal masuk Neraka. Kalau sudah sampai Neraka akan sadar penuh tetapi terlambat seperti orang kaya (yang penuh dosa itu meskipun punya Alkitab) Luk 16:27-29.

Nyanyian:

Dengan tegas ambil keputusan, ku tinggalkan dunia.