M4037 – Kisah 2:1-6, Mazmur 74:1-8. Maksud Pentakosta

ARTI PENTAKOSTA.

120 Rasul dan murid, berdoa 10 hari, sesudah Putra Manusia Yesus naik ke Surga, maka pada hari Pentakosta (ar-tinya hari ke-50) Roh Kudus turun dan memenuhi semua yang berdoa di sana Yoh 14:18. Mereka sendirian, menjadi piatu Yoh 14:18. Sebab Tuhan Yesus adalah tokoh kunci bagi mereka. Tetapi Tuhan Yesus berjanji datang kembali. Ini digenapkan pada hari Pentakosta. Sampai sekarang Tuhan Yesus bisa da-tang  pada setiap umatNya dengan se-penuh2nya luar biasa; Roh Kudus menggantikan Tuhan Yesus dan ada di dalam kita selamanya Yoh 14:6. Ia bica-ra, memimpin, memberi kuasa, meng-hibur dll secara pribadi, bahkan lebih daripada waktu Tuhan Yesus bersama dengan murid2.

Keadaan sekarang jauh lebih efektif daripada dahulu. Dia ada dalam setiap umatNya sepanjang 2000 tahun secara pribadi Yoh 16:7. Sekarang orang2 bisa melihat Tuhan Yesus kembali di dalam setiap umatNya, dimana saja sampai rencana Allah bagi Gereja digenapkan. Sebab itu sekarang dunia bisa melihat ber-juta2 Kristus di seluruh dunia, sangat efektif. Sebab itu rencana Allah tetap jalan sampai akhirnya Gereja menjadi sempurna. Sekalipun Roh Kudus yang maha besar itu sudah menggantikan Kristus, bahkan tinggal di dalam kita untuk selamanya. Tetapi masih ada saja orang2 yang tertipu, kalah dan diperbudak iblis. Sebetulnya tidak perlu seorangpun kalah melawan iblis, sebab Roh Kudus jauh lebih kuat dan Maha kuasa dibandingkan iblis dkk. Ini bisa jadi sebab Roh Kudus tidak me-rasuk setiap orang (seperti yang dila-kukan setan2), tetapi datang sebagai Penolong bagi yang mau ditolong. Kalau umat Tuhan mau taat dipimpin Roh 100%, orang itu akan hidup dan berbuat seperti Kristus sendiri, luar biasa. Imanuel, itu adalah kombinasi Allah dengan Putra manusia Yesus Mat 1:25. Ini sama seperti kita, manusia biasa, tetapi jadi luar biasa, karena Roh Allah yang Maha besar ada dalam kita, kita juga menjadi Imanuel. Tuhan Yesus adalah contoh, jalan ukuran kita. Kalau kita mau sepenuhnya dipimpin Roh hasilnya seperti Imanuel. Sebetulnya setiap orang beriman yang penuh dan dipimpin Roh bisa hidup luar biasa se-perti Putra manusia Yesus, sebab 100% tergantung dari kita, kalau kita mau hidup sesuai Firman Tuhan di-pimpin Roh.

Mengapa kita tidak mau hidup se-perti Kristus, bahkan Tuhan Yesus men-janjikan kita akan berbuat lebih besar dari Dia Yoh 14:12 (ingat Petrus ba-yangannya menyembuhkan orang sa-kit), apalagi di akhir zaman ada peng-urapan dobel (tanpa batas) dan sesuai dengan rencana Allah kita bisa jadi sempurna (Putra manusia Yesus sem-purna di atas salib waktu mau mati). Beberapa banyak orang pada Minggu ke-70 Daniel akan lahir sempurna 1Yoh 3:9 KJI dan tiba2 naik ke tahta Allah Wah 12:5. Mari renungkan baik2 dan belajar hidup seperti Kristus sebab Roh Kudus yang diberikan Bapa lewat Tu-han Yesus Yoh 15:26, Mat 3:11 sudah ada dan siap untuk memimpin kita seperti Kristus bahkan lebih.

Tetapi sebagian orang beriman kembali rusak, bejat sebab tidak me-ngerti Firman Tuhan dan tidak mau taat akan Firman Tuhan dan dipimpin Roh Gal 3:3-4. Sebab kena tipu iblis.

Dalam Maz 74 dst ada nubuat tentang bait Allah (yaitu Gereja Tuhan) yang dinajiskan dan dihancurkan sebab bukan Roh Kudus yang bertahta dan menguasai Gereja tetapi justru iblis seperti Pergamus Wah 2:13.

 

MAZ 74:1. DIBUANG DAN KENA MURKA, DOMBA2 YANG DIGEMBALAKANNYA.

  1. Masing2 kita harus sungguh2 perca-ya dan tumbuh dipimpin Roh, sebab ini lebih menentukan selain penggemba-laan. Bagi orang yang mau percaya dan taat, penggembalaan sangat besar fae-dahnya. Orang yang tidak mau sung-guh2 taat, sekalipun digembalakan, jadi domba yang nakal.
  2. Biasanya domba2 digembalakan da-lam Gereja (wai yang tidak digemba-lakan Maz 23:1-6, Mrk 6:3-4, Mat 9:36, Bil 27:17, 1Kor 22:17, 2Taw 18:16, Zak 10:2.

Keuntungan mempunyai gembala:

  1. Domba2 punya Firman Tuhan dan Roh Kudus Maz 23:1-6.
  2. Punya gembala (termasuk juga da-lam nikah dan rumah tangga), maka ada orang2 yang menasehati, mempe-ringati, jangan sampai salah melawan Tuhan dan Roh Kudus selalu meng-ingatkan Firman Tuhan Ibr 12:6. 3. Ini karena kesalahan orang itu sendiri, ka-rena tidak digembalakan dan karena ditipu oleh iblis yang menipunya seperti Hawa ditipu ular.

Sayang, seharusnya orang yang pe-nuh dan dipimpin Roh itu bisa menjadi begitu hebat, bahkan sempurna seperti Kristus, tetapi karena bodoh, tertipu atau menuruti daging dan dunia ini, akhirnya dibuang Tuhan, sangat ber-tentangan. Memang manusia bisa me-milih, yang tidak percaya dan menuruti daging, sekalipun mula2 sudah per-caya, bisa berbalik jadi begitu jahat, bahkan jadi Antikris 1Yoh 2:18-19. Tuhan tidak pernah merusak tetapi iblislah yang merusak.

MAZ 74:2. JEMAAT ORANG TEBUSAN, MENJADI GUNUNG SION TEMPAT ALLAH.

Tuhan yang sudah memulai, Dia akan meneruskan sampai ke akhir Pil 1:6 bahkan sampai pada kesempurnaan rencana Allah.


MAZ 74:3. KERUSAKAN YANG TIDAK TERBAIKI OLEH MUSUH.
Sayang, sebagian sudah jadi anak Yoh 1:12 yang akan menjadi pewaris kerajaan Surga, tetapi kemudian ter-buang. Dulu sudah ditebus, jadi tongkat pusaka Allah, bahkan inilah gunung Sion tempat kediaman Allah. Kok bisa begitu jauh keluar dari rencana Allah dan celaka padahal Tuhan sanggup menetapkannya. Ini karena orang2 itu sendiritidak mau percaya, tetapi lebih percaya kepada dusta iblis. Sudah hi-dup dalam kesucian di gunung kesucian Allah, tetapi berbalik. Jangan main2, jangan menuruti daging dan tertipu iblis; ini akibatnya untuk kekal.

Mula2 tempat kudus, gunung kesucian Tuhan, tetapi akhirnya menjadi keru-sakan yang tidak terbaiki, dahsyat se-kali. Mat 24:15. Sebab itu kita harus mengerti kebenaran Firman Tuhan dan taat supaya jangan ditipu dan dirusak musuh. Kalau toh ada dosa atau keru-sakan kecil, langsung diperbaiki. Jangan biarkan kerusakan2 yang kecilpun, se-gera bertobat, pelihara kesucian baik2, jangan biarkan sedikitpun rusak.

Kerusakan2 itu karena:

  1. Uang, sebab cinta uang itu akarnya segala jenis kejahatan 1Tim 6:8-10. Ja-ngan ada jual-beli dalam rumah Allah. Kita butuh uang tetapi jangan cinta uang, tetapi berpada supaya jangan sampai rusak.
  2. Perzinaan. Ini tampaknya dosa ma-nusiawi, normal tetapi dahsyat sekali. Dosa zina itu lain daripada semua dosa lain, ini najis tubuh yang merusakkan sampai hancur semua 1Kor 6:18. Daud yang begitu indah, berkenan pada Tuhan menjadi rusak dan tidak dipu-lihkan kembali Kis 13:22, sehingga ia merosot dan tidak bisa mencapai pun-cak. Juga Salomo, Simson, yang ber-tobat sungguh2 tetapi tidak bisa dipulihkan lagi sampai Simson binasa (tandanya, Tuhan tidak menyembuh-kan matanya).
  3. Kesombongan, mudah tersinggung, minta dihargai, tidak bisa dicela dll, sebab itu direndahkan sangat oleh Tu-han. Uzia yang begitu sukses dan heran, dicampakkan ke bawah karena sombong (karena sukses rohani), tidak bisa ditegur 2Taw 26:19-22. Ia masih hidup ber-tahun2, tetapi tidak mau me-rendahkan diri dan minta ampun se-perti Miryam, tetap mati dalam kusta.
  4. Keduniawian. Segala macam kedu-niawian menjadi daya tarik Gereja jalan lebar, tetapi Gereja jalan sempit me-mentingkan kesucian, doa, pesta Fir-man Tuhan dan semua dari Atas Kol 3:1-3. Keduniawian itu relatif, sehingga kadang2 sulit membedakan, sebab ber-beda menurut zaman, sikon, pendapat orang banyak dll.

Kita perlu berpada, jangan ter-gantung dari cara2 duniawi baik makan minum, hiasan2, dekorasiacara2 dunia-wi, kesukaan duniawi dll. Kita rindu kelimpahan Firman Tuhan, kuasa doa, kegerakan Roh Kudus, pertobatan dll lebih dari semua yang lain, yaitu kelimpahan perkara2 dari Atas, bukan kelimpahan, keindahan dan kesukaan duniawi. Kita perlu belajar mengerti pimpinan Roh dan selalu dicocokkan dengan Firman Tuhan. Yerobeam suk-ses dan supaya menarik lebih banyak orang, ia membuat berhala2 di Dan dan di Bethel, buat rumah panggung (se-perti orang dunia) dan mengangkat imam2 bukan dari orang Lewi. Ia menjadi besar, menarik tetapi sangat keji di hadapan Tuhan. Jangan berpikir seperti Yerobeam, tetapi perkenankan Tuhan.

  1. Ajaran Firman Tuhan yang encer ka-rena banyak pikiran manusiawi masuk, misalnya LGBT. Ada beberapa Gereja menerima berdasar kasih (harus di-anggap normal, ini anugerah Allah, lebih2 dari segi ilmu pengetahuan). Ini salah, sesat, melawan Firman Tuhan, ini dosa perzinaan, najis, sesat Rom 1:26-27. Ini sama seperti orang yang berzina dianggap hanya hypersex, pa-dahal harus membuang tabiat lama, matikan daging bukan menuruti da-ging; juga homo 1Tim 1:10, 1Kor 6:9, Kel 18:22; 20:13 hukumannya mati dibunuh. Ini dosa Sodom yang mem-buat mereka dibakar habis. Jangan bersekutu dengan mereka 1Kor 5:9-11. Boleh melayani untuk melepaskannya daritabiat dosanya, sebab ini keji dan sesat. Jangan dianggap normal, harus disalahkan Ef 5:11, ini termasuk zina dan pasti masuk Neraka. Wah 22:11. Jangan ajaran Firman Tuhan diencerkan dengan macam2 falsafah atau ilmu2 duniawi, Tuhan tidak berkenan. Juga ajaran2 yang keliru seperti Hypergrace, tidak ada Neraka, ada api pencucian dsb. Ini semua menajiskan Gereja dan jemaat. Kalau ada yang tidak jelas, tanyakan dan rembuk dengan pemimpin2, gembala2 yang ada.

MAZ 74:4. MUSUH RIBUT DALAM SIDANG TUHAN, PASANG PANJI BERHALA UNTUK DISEMBAH.

Biasanya ribut di daerah Halaman. Orang yang mengerti Firman Tuhan, dipimpin Roh sudah langsung tahu dan tidak ber-bantah2 tetapi menggarami dengan hikmat kuasa Tuhan, misalnya tentang homo dll. Orang yang hidup dalam dosa, terikat dosa, mudah ramai memperjuangkan hal2 yang menurut-nya baik padahal itu dosa dan sesat, ini jadi panji2nya (seperti LGBT, tidak perlu banyak bicara tetapi bertobat), bahkan mereka begitu kagum dan me-nyembahnya, jadi berhala, juga segala perkara2 duniawi dan keji, ribut terus diantara orang2 Halaman, sebab cocok dengan perasaan manusiawinya. Panji2 kita adalah Firman Tuhan dan Tuhan sendiri. Semua harus penuh dan di-pimpin Roh sesuai Firman Tuhan.

MAZ 74:5-6. MENGHANCURKAN KAABAH SEPERTI DALAM RIMBA.

Dalam rimba pohon besar dipotong dan roboh dan mereka jadi terkenal. Ini orang2 yang dahsyat dan ganas dalam dunia, tetapi begitu juga yang akan dikerjakan dalam bait Allah sebab Allah sudah meninggalkan baitNya, seperti waktu Babel menghancurkan Yerusa-lem sebab Zedekia dan orang Israel berbuat dosa, sehingga Tuhan mening-galkannya dan Kaabah dirusak 2Raj 25:9-10, Maz 79:1 dll. Sebab itu kita harus sungguh2 beribadah dalam kesucian dan hidup berkenan kepada Tuhan sesuai dengan Firman Tuhan. Tuhan yang maha kuasa menjadi ha-rapan dan kekuatan kita. Sebab itu semua harus betul2 hidup benar (MAK DSY) supaya Tuhan beserta dan tetap rendah hati, mengakui dosanya, maka  pertolongan Tuhan akan nyata. Selama Daud masih hidup benar, dan Salomo (sebelum kejatuhannya, Tuhan meme-lihara semuanya). Gereja zaman seka-rang campuran lalang dan gandum, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, se-sudah Polarisasi, maka gandum dan la-lang diceraikan seperti dalam Kis 5:1-13, sebab itu kita harus sungguh2 ber-sedia. Tanpa Tuhan, iblis mudah mera-jalela, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel.

MAZ 74:7-8. PERBEDAAN DISERTAI TUHAN DAN TIDAK.

Israel dan Yehuda saja berbeda, bahkan sekalipun Yehuda, juga dirusak dan hancur, tetapi ssudah 70 tahun masih ada pemulihan, sebab ada orang2 yang takut akan Tuhan dan mereka dipakai Tuhan untuk membangun kembali yang rusak. Orang2 yang di jalan sempit juga ada yang undur, mendua, suam se-hingga banyak yang ikut hanyut dalam banjir dosa dan mati dalam dosa. Te-tapi mereka yang masih hidup dan mau bertobat, sesuai dengan 1Kor 5:5 Tu-han memberi kesempatan terakhir, meskipun dahsyat tetapi masih bisa selamat. Ini adalah golongan besar, se-bab banyak yang suam dan mendua, tidak ber-jaga2 dengan betul. Jangan sampai masuk golongan ini, ini orang beriman yang rugi besar. Tampaknya seperti gunung, tetapi makin mening-kat makin sedikit, tetapi  yang berusaha meningkat se-tinggi2nya pasti untung.

Tuhan tidak pernah salah atau keliru, Dia tetap menguasai dunia, tidak perlu kita kuatir, sebab Dia mampu me-nyelamatkan umatNya. Justru dalam ujian yang lebih berat, kalau tetap dalam kesucian, umatNya akan tumbuh makin tinggi. Apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, waktu proses kedatangan Tuhan yang secepat kilat Mat 24:27 yang sungguh2 bersedia akan tumbuh sangat cepat menjadi indah dan mulia, terpelihara tidak sampai mati (kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel) dan ikut pengangkatan. Tuhan tahu lebih dahulu dan sanggup memelihara lebih dahulu; apalagi mereka yang akan ikut golongan 144.000, lebih ajaib lagi, se-kalipun keadaannya dahsyat seperti di tengah2 medan pertempuran, Tuhan akan bekerja dengan kuat kuasaNya. Jangan sombong, berzina, cinta uang, terikat dalam dosa dan ajaran2 sesat, tetapi sungguh2 berjalan dgn Tuhan.

MAT 24:42. PERSIAPAN EKSTRA UNTUK HARI2 YANG AKAN DATANG.

Yang paling penting hatinya sungguh2 lekat dengan Tuhan seperti carang me-lekat dalam pokok Yoh 15:5, hidupnya berkenan kepada Tuhan sesuai Firman Tuhan, bukan menurut kehendak sendiri, sepertiukuran bayi atau ka-nak2. Kalau lekat baik2 dalam pokok, carang itu pasti untung, ada bahaya atau tidak. Meskipun Tuhan belum datang, carang yang lekat baik dengan pokok akan tumbuh dan ber-buah2 dan dipelihara oleh Allah penunggu pohon anggur yang benar ini Yoh 15:1. Yang penting hidup benar di hadapan Allah, sebab Dia tahu keadaan sebenarnya.

  1. Seperti Elia, dua kali makan roti dan air, maka ia tahan, bisa jalan dengan mudah sampai sempurna 2Raj 19:4-8. Air bayangan dari Roh Kudus seperti ligabis. Orang yang punya Mezbah Dupa bisa menyembah dalam Roh dan kebenaran (ini harus Yoh 4:23-24) akan terangkat waktu pengangkatan, kalau belum waktunya pengangkatan, ia akan hidup penuh kemenangan dari Tuhan. Orang Halaman tidak punya Mezbah Dupa sehingga di-injak2 setan, kedu-niawian dan segala macam dosa (dalam zaman Antikris di-injak2 Antikris Wah 11:2). Tandanya punya Mezbah Dupa, tidak ada apa2 tetap ada doa dalam Roh dan kebenaran.
  2. Limpah roti ~ Firman Tuhan Mat 4:4. Untuk akhir zaman perlu 2 gomer Kel 16:22, lebih dari kebutuhan biasa, se-bab itu perlu tambah. Tebus waktu dan minta dari Tuhan (dipimpin Roh), maka Roh Kudus akan memberi banyak ke-sempatan & mengenyangkan kita sam-pai roti atau Firman menjadi daging.
  3. Luk 5:37.Tetapi dalam kerbat baru, sebab yang lama pecah dalam kege-rakan Roh Kudus. Kita harus mengerti dan bisa hidup baru dan terus tumbuh. Justru dalam pencobaan tidak bereaksi dosa tetapi tumbuh dalam kesukaan akan Firman Tuhan.
  4. 1Kor 11:27-32. Bisa makan Perja-muan Suci dengan betul sehingga hi-dup makin lekat dengan Tuhan. Ini sa-ngat penting dalam pengangkatan, se-bab semua yg diangkat itu adadi sekitar Perjamuan Suci Luk 17:34-37. Orang yg salah makan (sebab tidak disucikan), sudah kena hukuman dan tertinggal.
  5. Setia dalam pelayanan, itu diuta-makan lebih dari semua Mat 25:18, 24-30. Mereka yang mengubur talentanya adalah hamba yang jahat dan malas, sekalipun punya banyak alasan akan dilempar ke dalam kegelapan, penuh tangisan dan kertak gigi.

KESIMPULAN.

Justru lawannya dari bait Allah yang rusak, hancur, terbakar habis, maka mereka yang bersedia akan mengalami Kaabah yang heran; Bapa, Putra dan Roh Kudus ada di tengah2nya. Ini ha-nya Kemah Suci (Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci), tidak ada Hala-man sebab untuk Minggu ke-70 Daniel sudah terpisah olehpolarisasi 2211 dan Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci, ini luar biasa heran dan sukacitanya. Memang orang2 iniadalah mereka yg masuk golongan 1551 dan 144.000. Mereka akan hilang dlm 3,5 tahun I, is-timewa golongan 144.000 Wah 11:1-2.

Selama kita belum tahu masanya, te-taplah sekolah, bekerja, menikah, pu-nya anak dll, dengan segala kesibuk-annya, sebab ini keadaan yang normal waktu pengangkatan Luk 17:24-26, se-mua masih bekerja tetapi tetap kera-jaan Surga nomer 1. Karena diberkati Tuhan, kita bisa menebus banyak waktu Yes 65:5-6. Justru berkat jasmani akan limpah dan hidup bersama di-antara semua orang yang akan ikut pengangkatan, bisa memakai semua hartanya untuk membiayai percepatan pertumbuhan dalam proses keda-tangan Tuhan Mat 24:27.