M4032 – Amsal 25:1-2. Kemuliaan Allah Menyembunyikan Perbuatannya.

Ams 1:1 Solaiman membuat 3000 Am-sal, 1005   nyanyian  1Raj 4:32 (Kitab Amsal terdiri dari 31 pasal, 9152 ayat. Mungkinkah 3000 Amsal ini sudah termasuk di sini?). Mengapa Solaiman dapat membuat demikian banyak Amsal, bahkan inilah kebenaran Allah. Sebab ia merindukan hikmat Allah lebih dari semua dan Tuhan memberikannya 1Raj 3:9/ 4:29/ 10:23-24. Seorang yang rindu dan minta akan menerima de-ngan limpah dari Tuhan Yak 1:5.AMS 25:1. HAMBA2 HIZKIA MENYALIN AMSAL SOLAIMAN.

Mengapa rindu?

Sebab hidup taat, suci, sehingga celik Mrk   4:11 betapa besar harganya hik-mat Tuhan Ams 3:13-25. Tuhan tak ingin kita menjadi bodoh Ef 5:17.

Salah satu tanda pertumbuhan rohani ialah ber-tambah2 dalam hikmat Allah. Ini lain dari hikmat dunia Yak 3:15-18, dapat dilihat dari buah2nya.

Orang yg ber-tambah2 dalam hik-mat Allah itu mengerti banyak rahasia yg indah2 dari Tuhan sehingga ia makin suci Yoh 17:17 (bukan suka berkelahi, tetapi makin limpah dengan kasih Allah 1Tim 1:5, manis lakunya (sebab berdiri di hadapan Hadirat Tuhan itu penuh sukacita Maz 16:11 &  lemah lembut Fil 4:5), penurut (tak jemawa sehingga sukar diatur, mau merendahkan diri Ef 5:20), penuh belas kasihan (seperti Ba-panya Luk 6:36 &   buah2 yg baik. Inilah Firman yg menjadi daging Wah 10:10 Yah 1:14, sehingga dari hidupnya orang2 dapat melihat Injil Kristus 2Kor 3:2 dan ketulusan & perkara2 yg baik seperti Kristus) tidak memihak, tetapi selalu di pihak yg benar, sesuai dengan Firman Tuhan 2Tim 2:15 dan tidak munafik.

Orang yg banyak mengerti Alkitab tetapi hidup penuh dengki, iri, perkela-hian,   sombong, benci, tamak dll, ini tanda hamba dosa, ini berarti Firman tidak masuk hati, tetapi masuk otak seperti orang Parisi  Yah 8:37, sehingga tiada perubahan. Angan2, nafsu, ke-inginan yg lama tetap menguassaninya. Tetap hidup lama berarti hikmat du-niawi.

* Mencatat kebenaran Firman Tuhan itu perlu!   Mengapa? Terutama karena cinta akan Firman   yg sungguh2 & ka-pasitas otak yg terbatas,   biasanya ka-rena cinta, orang itu mencari jalan, dan jalan yg mudah ialah mencatat, meng-ulang2, sehingga tidak lupa Firman yg dicintainya. Ini tak dapat dipaksa, te-tapi ini tanda dari orang yg sungguh2 cinta Firman. Orang yg malas itu belum sungguh2 cinta, lebih2 yg munafik. Raja Hizkia memang orang yg cinta Firman Tuhan.

AMS 25:2. KEMULIAAN ALLAH & KEMULIAAN RAJA.

Apa yang disembunyikan Allah ?

Banyak!

  1. Rencana Allah secara pribadi bagi masing2 kita. Kalau toh tahu, hanya ga-ris besarnya seperti mimpi Yusuf, sam-pai Yusuf mengalaminya, baru ia bisa mengerti. Pada Musa: Engkau akan membawa Israil ke luar dari Mesir. Te-tapi caranya bagaimana masih tersem-bunyi.
  2. Juga rencana Allah dalam segala za-man. Lebih2 untuk orang Perj.Lama, itu betul2 tersembunyi, sehingga Nama Yesus saja mereka belum tahu Ams 30:4. Tetapi untuk zaman sekarang su-dah lebih terbuka Ef 3:5, bahkan akan makin   terbuka pada waktunya Mat 10:26-27, bahkan Buku Kecil yg ter-sembunyi itu, pada saat2 yg   genting (3,5 tahun I?) akan juga dibukakan Wah 5:3.
  3. Juga rahasia2 tentang Allah sendiri, rahasia tentang kekekalan & ke Maha besaran Allah, semua masih tersem-bunyi. Bahkan ada sebagian rahasia yg tetap tertutup terus Wah 10:4. Ini se-mua betul2 tersembunyi, tak ada orang yg dari dirinya sendiri dapat mengerti semua perkara ini Ul 29:29 Ay 15:8 Yes 40:13 Yer 23:18 1Kor 2:16. Allah itu ter-lalu besar & terlalu tinggi untuk manu-sia, tak mungkin manusia dapat men-capaiNya Yes 55:8-9.
  4. Mengapa harus disembunyikan? Sebab:
  5. Pikiran Allah terlalu tinggi bagi ma-nusia Yes 55:8-9. Manusia tidak bisa mengerti pikiran Allah, harus percaya baru bisa tumbuh dan kemudian baru bisa mengerti. Seperti bayi sejak baru lahir, ia tidak bisa mengerti sampai tumbuh menjadi dewasa baru bisa mengerti. Bayi itu hanya percaya pada kasih ibu bapaknya, diberi apa saja, terima dengan iman. Diapakan saja taat sampai dewasa, baru ia bisamengerti. Banyak perintah dan peraturan2 Alki-tab tidak kita mengerti seluruhnya, me-ngapa begini dan begitu, tetapi kita harus tetap taat. Dengan demikian kita diolah dari manusia berdosa sehingga menjadi sempurna seperti Allah, ini proyek ilahi yang luar biasa, manusia bisa menjadi Allah!
  6. Untuk pengolahan dan partumbuh-an. Mengapa rencana dan rahasia Allah tidak dinyatakan saja supaya mudah? Allah mempunyai mak sud, kalau ra-hasia ini dibuka maka maksud itu gagal! Misalnya rencana yang murah dan besar, misalnya kalau seorang memberi uang 1 juta, diberi surat tanda terima, 1 bulan lagi menjadi 10 juta. Pasti semua mau, menjadi kaya, tetapi tabiat dan keadaannya tetap. Ini hanya suatu usaha dagang. Tetapi kalau korban 1 juta tidak dapat tanda terima, tidak dapat apa2, menurut akal rugi, tetapi sebab percaya Tuhan itu baik dan cinta lalu tetap taat. Sekalipun justru men-derita seperti Yusuf dan Ayub, tetapi sebab percaya, tetap mau taat, mau berubah, setia, cinta, sekalipun tidak dapat apa2, seperti Ayub tetap yakin sehingga berkata seperti dalam Ay 13:15. Waktu selesai diolah, bukan saja pengorbanannya menjadi ber-lipat2 ganda, tetapi tabiat yang baru, cinta, setia, rendah hati, tumbuh, taat dll jadi matang.

Orang yang percaya mau taat dan setia, menderita karena Kristus meski-pun tidak mengerti semua, Roh Kudus yang menguatkan sehingga akhirnya sesudah pengolahan selesai, berubah menjadi seperti Kristus, luar biasa. De-ngan percaya kita justru diolah bukan hanya untung, tetapi jadi seperti Dia.

Dari permulaan Tuhan menaruh suatu rahasia dalam Taman Eden Kej 2:17, begitu seterusnya. Dalam hidup pribadi semua tidak tahu apa yg akan terjadi besok (kecuali sudah waktunya Tuhan memberi tahukannya). Ibrahim keluar dari Urkasdim tak tahu ke mana. Yusuf tak mengerti mengapa ia terjual ke Mesir. Lebih2 Ayub yg dituduh te-man2nya berbuat dosa yg hebat2. Bah-kan Nuh yg “tahu” akan ada banjir, tetapi tak mengerti bagaimana, dari mana, sehingga ia tak dapat mene-rangkan secara rasionil pada orang2 za-mannnya supaya dapat percaya. Yacob, Musa, Yusak, Gideon dst.nya begitu panjang daftar ini sebab semua mengalami seperti ini. Petruspun tak mengerti, sehingga di rumah Cornelius ia ter-heran2. Ia yakin & tahu bahwa Allah menghendaki ia pergi, tetapi un-tuk apa ? Mengapa ? ia belum tahu, sampai ke-heran2an.

Mengapa harus disembunyikan Se-bab dengan demikian mereka tumbuh dlm iman, ketaatan, kesetiaan & pe-nyerahannya. Mereka yakin dipimpin Allah, itu jelas, pasti, tetapi tak tahu kemana. Mereka harus percaya, harus tetap setia & tetap menyerah. Kata2 Ayub  Ay 13:15 (KJV), Sdrach cs Dan 3:18 sangat indah bagi Allah sebab itu-lah caranya, menyerah sepenuh, perca-ya sepenuh & setiawan pada Allah se-kalipun belum mengerti. Kita hidup de-ngan iman kepada Tuhan, dari iman kepada iman Rom 1:17.

Definisi: Anak2 Allah itu adalah orang2 yang dipimpin oleh Roh Allah Rom 8:14, mempercayakan semua jalan2nya pada Allah Maz 37:5, harap pada Allah, bahkan mati dari diri sen-diri & hidup bagi Allah Gal 2:19-20. Akhirnya menjadi sempurna dlm ke-taatan, tidak berontak seperti Lucifer si penghulu setan. Allah itu baik dan kasih shg justru dlm tanganNya kita aman, baik dan bahagia, sebab Allah itu Mahakuasa, Mahatahu, sebab itu jalan & rencanaNya itu lebih baik daripada rencana & jalan kita sendiri. Inilah sebabnya Allah menyembunyikan su-paya kita sempurna dlm iman, harap, cinta sehingga taat dengan sempurna. Allah tahu akhir dari penderitaan Yusuf, Yacob, bahaya yang menimpa Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego dll, tetapi rahasia itu tidak dibukakan dahulu, na-mun mereka terus taat dengan iman. Hasilnya luar biasa. Jadi perlu disem-bunyikan, justru untuk mengolah pri-badi kita menjadi sempurna.Kalau su-dah tahu lalu menurut,itu tidak banyak mengolah kita. Sama seperti ujian, kalau jawaban diberikan lebih dahulu, namanya bukan ujian, tidak diolah, tetapi bodoh. Begitulah rahasia Allah menjadi ujian yg mengolah orang2 suci. Sebab itu jangan heran dan jangan memaksa ingin tahu semuanya, sebab memang ada yg disembunyikan sebe-lum waktunya. Jangan mencari nubuat atau ramalan, tetapi dipimpin Roh. Percayalah bahwa Allah itu baik, per-cayalah Firman Tuhan bhw Tuhan me-mimpin orang benar Rum 8:28 dsb, ma-ka iman kita akan tumbuh. Kalau kita sdh yakin berada di jalan Tuhan, yakin dari Tuhan untuk berbuat sesuatu, sekalipun itu suatu perkara   baru, ja-ngan ragu2, bertindaklah, Tuhan akan   beserta keluar-masuk orang2 suciNya  Ul 28:6

  1. Belum waktunya. Yoh 13:7/ 16:12 sekalipun diberitahu, belum dapat mengerti, sebab belum waktunya, ro-haninya belum cukup. Perkara2 untuk orang dewasa jangan diberikan pada anak2, nanti rusak pertumbuhannya atau menjadi syak & undur. Sekalipun anak, kalau masih kanak2, tak beda seperti hamba, tak mengerti apa2 Gal 4:1. Kalau sdh tumbuh, anak itu seperti sahabat baik, ia akan diberitahu Yoh 15:15. Baru ia mengerti. Sebab itu kalau mau mengerti lebih banyak harus tumbuh.

Mula2 harus bertobat, masuk “di dlm” Mrk 4:11, lalu makin tumbuh sehingga makin   mengerti. Lebih ba-nyak kita dipimpin Roh Kudus yaitu taat sesuai dengan kebenaranFirman Tuhan sekalipun belum mengerti semua ha-silnya, maka pikiran Kristus akan lebih   banyak menguasai kita 1Kor 2:16. Tanpa Roh Kudus kita tak dapat mengerti apa2 dari rahasia Allah, tetapi dengan Roh Kudus kita mendapat “pikiran Kristus” 1Kor 2:10. Dengan ter-sembunyinya rencana atau kehendak Allah, kita belajar taat, enak atau tidak, mengerti atau tidak dengan percaya dan setia terus taat sampai ke akhir dan lebih sungguh2 dipimpin Roh. Ingatlah Roh Kudus yg membuat kita yakin bahwa itu kehendak Allah dan memberi kekuatan supaya kita bisa taat akan Firman Tuhan  Sebab itu kita harus selalu penuh Roh & taat dipimpin Roh dalam segala perkara.

III. Siapakah Raja ini?

Semua anak2 Allah itu anak Raja atas daging, dunia dan iblis. Tuhan memberi kita kuasa untuk langsung menang la-wan daging, dunia dan iblis, sehingga bisa hidup dalam kesucian dan di-pimpin Roh. Dan kita akan menjadi ra-ja2 yg mulia   sebab mau dan bertekun menyelidiki rahasia2 Allah yg ajaib ini.

Mengapa mulia? Sebab siapa yg menemukan rahasia2 Allah itu berarti ia menerima suatu pemberian dari Tuhan Mat 13:11, dan itu selalu ada sambungannya Fil 1:6 yaitu kalau tetap taat, mereka menjadi mulia, seperti apa yg dilihatnya 2kor 3:18  2Raj 2:10. Pada akhirnya rahasia itu akan dite-mukan; Firman Tuhan menjadi gudang rahasia Allah yg terbuka bagi kita 2Kor 3:6, yaitu raja2 yang mau menyelidi-kinya dan mereka menjadi raja yg mulia.

Bagaimana menemukannya?

  1. Penuh syukur pada Tuhan. Ini kunci penting, sebab ini tanda bhw ia percaya Allah itu baik & semua yg terjadi itu di dlm kuasa Allah. Orang yg ber-sungut2 akan binasa 1Kor 10:10. Ini tanda khas. Banyak berdoa & me-muji2 Tuhan Luk 24:53. Paulus dalam penderitaan yang luar biasa dalam Penjara Filipi, tak mengerti mengapa ia harus menderita begitu berat meskipun tidak salah, tetapi ia penuh syukur & puji2an   Kis 16:25 sebab ia yakin Allah yang maha tahu dan maha kuasa tetap mengon-trol, menguasai setiap bagian dari hi-dup dan sikonnya. Sebab itu ia kuat menanggung semuanya, bahkan mu-jizat   segera terjadi. Banyak belajar Fir-man Tuhan,   maka Firman akan terus berbicara dlm kita Yes 9:5, itu sangat menguatkan. Heran, Firman Tuhan yg kita baca, “se-olah2 acak2an, tidak ada hubungannya dengan keadaan kita, tetapi dalam pimpinan dan pengurapan Roh Kudus Firman itu dapat berbicara bagi kita & sungguh tepat (jangan membaca ngawur atau me-lompat2, tetapi teratur seluruh Alkitab dlm beberapa bagian Yes 34:16, supaya kita mengetahui segenap kehendak Allah Kis 20:27).
  2. Terus tekun belajar Firman Tuhan, doa dan seluruh 7 KPR. Pokok2 hidup orang beriman dari pelajaran Ruangan Suci, Kemah suci, maka kita akan terus menemukan jawaban dan rahasia2 yg kita perlukan pada waktunya untuk bi-sa taat dipimpin Roh dalam perjalanan hidup kita. Roh Kudus yang akan mem-bawa kita pada segala kebenaran pada waktunya dengan tepat. Yoh 16:13.
  3. Tetap taat, suci sekalipun banyak ke-sukaran yg tak dimengerti seperti Daud, Yusuf. Ingat Tuhan mempunyai waktu yg tepat untuk semua perkara Pkh 3:1, Dia tidak pernah terlambat, tetapi juga tidak lebih cepat (yg ingin lebih cepat seperti Achan, Gehazi, Ab-salom, dsb. ke luar dari rencana Allah, luput, jatuh dlm dosa, pahit sekali, seringkali justru binasa sebab dosa2-nya). Jangan menuruti daging, kehen-dak sendiri, tetapi sabar menunggu waktunya Allah dalam kesucian, dalam ketaatan, dalam iman dan tetap laku-kan semua kehendak Tuhan yang kita tahu. Elimelech sekeluarga tidak setia. Dalam susah, mereka lari, akhirnya binasa semua kecuali Naomi yg masih mau bertobat. Susah bagaimanapun, jangan undur dari Tuhan, jangan ber-dosa, periksa sebabnya, kalau ada dosa segera bertobat, atau kalau ujian, ker-jakan ujian itu baik2, harus lulus & te-rus dipimpin Roh. Setia sampai mati Wah 2:10.

** Semua perkara akan ada akhir-nya. Kalau kita tetap taat, maka pasti datang akhir dari masa ujian, lalu kemuliaan Allah dinyatakan. Sesudah ini baru kita mulai lebih banyak me-ngerti rahasia Tuhan, maksud Tuhan yang dalam dan indah, luar biasa! Kalau menang, lulus, Tuhan angkat kita, tentu kitabersukacita tetapi jangan lupa mengembalikan segala puji bagi Allah yg berhak dan tetap rendah hati, ini semua dari Tuhan 1Kor 4:7, Yes 42:8. Jangan menjadi sombong, atau justru mulai ngawur jalannya sesudah ber-hasil, tetap ber-jaga2 sesudah selesai masa ujian /peperangan itu. Ef 6:13. Jangan bodoh seperti Amazia, sesudah menang, sesudah tertolong justru ber buat dosa 2Taw 25:14 atau seperti Saul sesudah sukses justru menuruti daging semaunya sendiri. Kemenangannya menjadi tak berarti, lenyap, sia2, sayang!

Raja yang mulia?

Sesudah tahan dlm ujian, “naik kelas”, lalu bermahkota! Yak 1:12. Inilah orang yg sdh teruji. Tetapi ini belum selesai. Hidup ini adalah pengolahan dengan 1 seri (atau saturentetan) ujian sampai ujian akhir, baru hidup ini selesai (Abra-ham mengalami ujian akhir, juga Ayub, belum tentu semua orang sampai pada ujian akhir. Kalau bisa ya untung, bisa menjadi sempurna). Sesudah lulus da-tang lagi ujian berikutnya. Sebab itu terus bersedia. Sesudah Putra manusia Yesus menang dalam ujian waktu puasa 40 hari, iblis undur untuk sementara, sebab ia akan balik lagi dan BapakNya mengizinkan Luk 4:13. Biasanya sesu-dah lulus kita mulai tahu maksud/ ra-hasia Allah lebih jelas Kej 45:5. Teruslah tekun menghadapi ujian2 yang akan datang, dan dengan Tuhan, setiap kali kita harus dan akan lulus sampai ujian tearkhir. Di ujung akhir jalan sempit adalah Golgota, dan inilah ujian ter-akhir (~ Tirai) bagi orang yang dapat mencapainya.

Mengapa ini adalah kemuliaan Allah?

Sebab di sini kita melihat kebesaran Allah, yg dapat mengolah manusia (yg mau), dari keadaan yg hina, sampai menjadi teruji & mulia sekali. Lihatlah bagaimana Tuhan mengolah Yusuf sampai menjadi orang yg begitu indah, begitu mulia. Sesudah lulus ujian ter-akhir (sesudah bapaknya mati, Yusuf tetap mengampuni dan mencintai sau-dara2 yang memusuhinya) dan Yusuf bisa melihat semua rencana Allah sejak dari kecil sampai terakhir Kej 50:19-21.

Semua pengolahan dimulai dari bejana tanah liat penuh kekurangan, tetapi akhirnya menjadi beja na emas yg amat mulia 2Tim 2:21-22. Harus mau diolah dengan iman, sekalipun be-lum mengerti semua. Pribadi2 yg lebih mulia itu memegang rahasia yg lebih banyak yg belum diketahui oknum2 di bawahnya misal: Mat 24:36 Ul 29:29. Tetapi apa yg sdh kita ketahui itu harus ditaati & itu membawa kita pada kemuliaan/ rahasia yg lebih dalam.

Kesimpulan.

Apakah maksud Allah? Belajar setia dan taat dlm segala perkara. Pasti ada maksud yg baik bagi anak2Nya yg taat 1Kor 2:9. Kita harus mengerti Allah ti-dak ngawur dan semua perkara yg ter-jadi itu bukan kebetulan, tetapi itu faedah kita sendiri. Makin penuh peng-urapan Roh Kudus, makin banyak kita belajar mengerti pikiran Kristus & di dlm ketaatan dengan iman (meskipun masih ada banyak yang kita belum mengerti) kita tetap taat sehingga bisa tumbuh. Jangan syak akan Allah, percayalah dengan segenap hati Mark 11:22, taat dan penuh syukur & puji2an kpd Allah, maka satu kali kita akan mengerti dengan jelas segala jalan2Nya yg tinggi itu. Dibandingkan dengan orang2 Perjanj.Lama (mis: Ayub) kita sdh tahu lebih banyak dari mereka Ef 3:5, tetapi kita juga dituntut lebih banyak  Luk 12:48. Tambah terus dlm iman & pengurapan Roh Kudus, maka kita akan makin dekat kpd rahasia2 Allah yg tersembunyi ini, makin dekat kpd kemuliaan yg abadi.

Nyanyian:

Indah rencanaMu Tuhan,

di dalam Hidupku.

Walau ku tak tahu dan kutak mengerti

semua jalanMu.

AMS 25:3. TINGGI LANGIT, DALAMNYA BUMI DAN HATI RAJA.

3 Perkara ini tak terselidik.

Oleh siapa? Pasti tidak oleh Allah, sebab Allah tahu semua. Juga bukan oleh raja2 (anak2 Allah yg dewasa, lebih2 yg mulia), mereka tahu rahasia Allah, apalagi isi hatinya sendiri. Lalu pernyataan ini bagi siapa ? Ini bagi kanak2 rohani & orang dunia!

  1. Tinggi langit diatas itu menceritakan ttng Allah Kol 3:2. Orang2 dosa itu buta ttng Allah 2Kor 4:4, shg binasa dlm kebutaannya Hos 4:1,6. Sebab itu perlu dicapai dengan Injil.
  2. Di bawah bumi itu tempat setan Ef 4:9 Wah 5:13. Juga rahasia setan tak dikenal oleh manusia, lebih2 kalau ia datang sebagai malaikat terang 2Kor 11:14. Dunia sering menamakan ilmu putih, jin2 yg “baik”dsb. Semua ini penipu.