M4033 – Yohanes 16:7. Tuhan Yesus Pergi (Naik) Dan Roh Kudus Datang (Turun)

Ini terjadi pada waktu Tuhan Yesus naik ke Surga Kis 1:9. Sebelumnya, pada waktu Dia menceritakannya pada murid2Nya, maka:TUHAN YESUS PERGI.

  1. Murid2 langsung berdukacita, itu memenuhi dan menguasai hati dan hidupnya. Mengapa mereka berduka-cita? Sebab Putra Manusia Yesus ada-lah pahlawan mereka. Tanpa Tuhan Yesus semua akan kosong, tidak berarti dan sia2. Semua akan bubar. Sebab intinya hanya satu yaitu Tuhan Yesus. Mereka semua sadar akan hal ini dan tanpa berembuk, semua ber-sama2 langsung sedih total !

Ternyata Tuhan Yesus betul2 pergi ke Golgota dan mati. Mereka keta-kutan sangat. Sesudah Putra Manusia Yesus bangkit dan mereka menyaksi-kannya, mereka mulai senang, apalagi waktu dilayani 40 hari, mereka senang.

Tetapi lagi2 sesudah itu ditinggal pergi naik ke Surga, sekarang Ia pergi untuk selamanya. Memang Ia janji akan kem-bali. (Tetapi sampai mereka semua ma-ti, Tuhan Yesus belum kembali). Betapa celakanya nasib mereka sekarang. Te-tapi ternyata mereka tidak terlalu susah. Sesudah “kenaikan”, mereka jus-tru berdoa 10 hari di kamar loteng Ye-rusalem, sebab Tuhan Yesus memberi janji bahwa kalau Ia pergi, Tuhan akan mengirimkan Roh Kudus Kis 1:8. Mereka percaya dan jadi tenang dan terus menunggu apa artinya. “Roh Kudus akan datang”, akan turun dari Bapa dan dicurahkan Tuhan Yesus.

ROH KUDUS DATANG.

Mereka tidak mengerti bagaimana cara kerja Roh Kudus dan bagaimana hasil-nya. Sesudah mereka menunggu dalam doa seperti pesan Tuhan Yesus Luk 24:49. Roh Kudus turun dan sesuatu yang luar biasa terjadi. Ini yang tidak bisa habis dimengerti dengan pikiran manusia. Semua orang ter-heran2 dan mereka sendiri juga heran dan kagum. Sesuatu yang ajaib dan tidak terduga terjadi.

III. TUHAN YESUS DATANG SECARA PRIBADI.

Tuhan Yesus hilang, sekarang datang kembali secara pribadi dalam diri mu-rid2. Dulu orang banyak melihat Pribadi Tuhan Yesus  dengan hikmat dan kuasa yang besar. Sekarang Tuhan Yesus su-dah tidak ada, orang Parisi dan Yahudi yang benci kepadaNya puas dan senang sekali. Tetapi tiba2, tidak lama mereka jadi kaget2, sebab ternyata “Yesus” yang disalibkan itu datang lagi dalam bentuk orang lain dan banyak, bahkan makin lama makin banyak Kis 1:11.

Secara khusus dan pribadi ayat ini lang-sung digenapi. Dia datang secara pri-badi dalam diri orang2 yang dipenuhi dengan Roh Kudus. Tiba2 banyak orang berbuat seperti Yesus yang sudah mati. Imam2, orang Parisi, orang Yahudi he-ran2 dan mulai mengulangi membunuh orang2 yang seperti Yesus ini Kis 5:33.

Tetapi bangkitlah seorang Parisi dan guru Taurat, mengingatkan mereka perkara yang ajaib ini. Ia menjelaskan bahwa kalau ini dari manusia, seperti Taidas dan Yudas dari Galilea, waktu pemimpin2 yang hebat ini mati, ratusan murid2nya tercerai berai dan semua habis, bubar dan lenyap Kis 5:34-49.

Sebab kalau ini dari Allah, kalau mereka melawannya, mereka akan me-lawan Allah. Jadi kejadian ajaib ini (fe-nomena), Kristus dan murid2Nya ini dari Allah! Ternyata betul, murid2 ini tidak bisa dihentikan bahkan ber-kembang.

Yesus hidup kembali dalam  mu-rid2 dan orang percaya lainnya.

Timbul Yesus2 baru yang sama mu-tunya, bahkan bukan satu orang, tetapi banyak dan terus ber-tambah2. Di ma-na2 timbul orang yang berkhotbah, menyembuhkan, membuat mujizat2, bahkan beberapa banyak dibunuh ma-ti, tetapi gerakan ini tidak bisa dihen-tikan, bahkan makin berkembang pe-sat. Sejarah akhirnya menyatakan, bah-wa darah martir menyuburkan Gereja.

Justru ternyata kalau Gereja dianiaya, ia tumbuh makin besar, tetapi Gereja yang ber-mewah2 justru makin punah. Ini luar biasa.

Bagaimana orang2 biasa dan se-derhana ini bisa menjadi seperti Kris-tus? Tanpa sekolah, tanpa pendidikan tinggi, bukan turunan jasmaninya (dari Kristus tidak ada turunan jasmani sama sekali, Ia mati tidak pernah kawin, juga tidak pernah berzinah seperti tuduhan palsu beberapa orang). Bagaimana ini bisa terjadi?

ROH KUDUS DATANG.

Ini kuncinya mengapa peristiwa ajaib ini terjadi, Roh Kudus datang dan ma-suk dalam orang2 percaya, Roh Kudus bukan saja hinggap seperti dalam Wa-siat Lama, tetapi Ia tinggal di dalam orang percaya Yoh 14:16, bahkan terus menerus se-lama2nya. Ini yang menye-babkan orang2 itu menjadi seperti Yesus yang disalibkan dan mati. Me-ngapa? Sebab Putra manusia Yesus itu hanya manusia biasa, tetapi Allah ada di dalamNya, disebut Immanuel Mat 1:23 dan Ia terus taat dipimpin oleh Roh yang ada di dalamNya Mat 4:1, Luk 4:1,18.

Sekarang, orang2 yang dipenuhi olehNya dan kalauRoh Kudus bisa ke-rasan tinggal di dalam orang itu, sebab orang2 ini mau hidup suci dan terus taat dipimpin Roh, maka orang2 itu juga menjadi Immanuel, sama seperti Kristus. Sekarang timbul banyak orang seperti Kristus, sehingga orang2 yang seperti Kristus ini akhirnya disebut Kristen, karena sama seperti Kristus dalam se-gala2nya, baik hidupnya, kekuatan, kesukaan, kuasa, hikmat dan segala tindakannya Kis 11:26.

Sebab itu orang Parisi dan orang Yahudi keheran2an. Mengapa timbul begitu banyak orang Kristen, orang2 yang seperti Kristus!

Ini terus berjalan sepanjang 2000 tahun sampai hari ini, bahkan sampai rencana Allah dalam Gereja tamat. Se-betulnya kita semua yang disebut Kris-ten itu seharusnya seperti Kristus. Ini artinya Kristen, bukan hanya penda-tang ke Gereja, tetapi orang yang se-gala segi hidupnya seperti Kristus, dengan kuat kuasa dan hati dan gairah dan kasihnya seperti Kristus.

Sebetulnya Kristen adalah seperti Kristus, yaitu orang yang selalu taat dipimpin Roh Rom 8:14. Ini orang Kristen yang sesungguhnya. Jangan hanya datang ke Gereja.

Belajar hidup penuh dan dipimpin Roh dalam segala segi hidup, bahkan dipimpin Roh sampai dalam pikiran dan hati kita, dalam segala segi hidup, di mana saja, kapan saja dan dalam hal apa saja. Bahkan ini terjadi di seluruh dunia sampai sekarang, sampai ren-cana Allah yang besar itu digenapkan, bukan sampai Gereja bubar, tetapi justru Gereja akan jadisempurna dan Tuhan datang mengangkatnya!

Kita bisa kalau kita mau.

Setiap orang yang lahir baru dan penuh Roh Kudus dan mau terus dipimpin Roh, baik dalam berpikir, berkata , bersikap dan berbuat, maka kita akan hidup seperti Kristus. Ini sudah terjadi sampai 2000 tahun dan bukan makin lenyap (karena Wah 22:11), tetapi akan makin meningkat sampai pada pun-caknya, sampai timbul 144.000 orang yang sempurna seperti Kristus Wah 14:1. Ini akan digenapkan, akan jadi.

Betul dosa, kejahatan, godaaan, kekejian dan pekerjaan iblis bertambah luar biasa, sehingga  banyak orang me-ngira “orang2 Kristen” akan habis (beberapa orang mengeluhkan anak2 muda tidak lagi mau ke Gereja, tetapi ke Mall dan ke Bar atau tempat2 rekreasi lainnya).

Tetapi jangan kuatir, nubuatan Firman Tuhan pasti digenapi. Bukan saja dosa akan bertambah2 di mana2 menutupi seluruh dunia, tetapi akan ada di mana2 orang2 seperti Kristus, bahkan juga bertambah2 banyak, menjadi kegerakan besar di tengah2 kegerakan dosa dan kejahatan yang tampak jelas seperti Tsunami dosa (yang mau menenggelamkan  seluruh dunia).

Ini tidak akan jadi sebelum Gereja disempurnakan dan diangkat waktu Tuhan Yesus datang tahap I. Jangan takut, di mana2 akan tumbuh dan ber-gerak “Orang2 Kristen” yang seperti Kristus, penuh dan selalu taat dipimpin Roh, dalam kesukaan yang besar dengan gairah dan dengan hikmat dan kuasa besar, hidup dan tumbuh dalam kesucian mendatangkan kegerakan yang besar di seluruh dunia!

Percaya dan bersedialah untuk ikut masuk dalam kegerakan Roh Kudus yang heran.

Baik dalam kegerakan penginjilan, lebih2 dalam kegerakan pengajaran yang lebih tersembunyi dibandingkan dengan kegerakan penginjilan, tetapi ini lebih kuat, sebab akan tumbuh terus sampai betul2 seperti Kristus, ikut da-lam pengangkatan, bahkan ada se-bagian yang jadi sempurna seperti Kristus.

KEGERAKAN ROH KUDUS.

Di tengah2 dosa dan kejahatan, ada go-longan yang hidup suci dan berkeme-nangan. Juga dalam Gereja, di tengah2 kesuaman dan kedinginan akan ada api yang me-nyala2 membangkitkan kege-rakan besar dalam Gereja, lebih2 ke-gerakan pengajaran yang memang tidak terlalu tampak seperti kegerakan Pekabaran Injil, tetapi ber-sama2 Pe-kabaran Injil yang diteruskan dengan pengajaran, semuanya akan mengge-napkan 3 angka kedatangan Tuhan.

(1. Seluruh dunia sudah mendengar Injil, + 7 Milyar orang,

  1. Jumlah yang selamat genap (Ini ke-gerakan penginjilan) dan
  2. Jumlah yang tumbuh bahkan sampai menjadi sempurna juga digenapkan (Ini gerakan pengajaran). Angka2 ini akan digenapkan!

Jangan suam, ikutlah dalam kege-rakan penamatan rencana Allah, su-paya jangan masuk dalam kegerakan penamatan rencana iblis. Hanya ada 2 arus, gelap dan terang, kesucian atau dosa, tidak ada yang netral, yang suam termasuk yang gelap, anak2 iblis 1Yoh 3:10. Hanya ada 2 golongan, tidak ada yang netral, mati atau hidup, bukan separuh hati, itu akan mati total juga!

Ini pasti jadi! Ini maksudnya Tuhan Yesus naik ke Surga supaya timbul orang Kristen, seperti Kristus yang akan terus tumbuh sampai mereka diangkat. Rencana Allah ini pasti digenapkan. Jangan suam atau plin plan. Ikut dalam gerakan Allah yang benar, yaitu tum-buh sampai dalam rencana kesem-purnaan. Bersedialah, dan orang yang sungguh2 mau dan rindu akan meng-alaminya, lebih2 dalam kesempatan akhir zaman yang sudah dekat dengan kedatangan Tuhan.

Percaya dan dipimpin Roh, ini berarti Kristus di dalam kita dan kita di dalam Kristus Yoh 6:56. Kristus  di dalam kita berarti Kristus jadi inti hidup kita, bukan kita lagi tetapi Kristus di dalam kita Pil 1:21. Kristus jadi nahkoda dan raja dalam hati kiita , semua ditentukan oleh Kristus dan kita taat penuh dan itu nyata dengan pimpinan Roh Kudus.

Kita di dalam Kristus juga ini harus nyata. Berarti dari luar orang hanya melihat Kristus sebab kita tersembunyi di dalam Kristus. Dalam segala perkara, keadaan, saat orang2 akan melihat Kristus dalam kita. Dalam segala segi hidup, baik berpikir, berkata, bersikap dan berbuat. Bukan lagi hidup dalam dosa dan kesukaan dan kemewahan dunaiwi, tetapi dalam kesucian dengan sukacita dan hikmat kuasa Allah, penuh dengan pengurapan Roh Kudus.

Rindukan dan bersedialah untuk masuk dalam golongan ini. Gereja yang sekarang terdiri dari gandum dan la-lang akan dipisahkan dengan tegas oleh kegerakan Roh Kudus dan Firman Tuhan. Sekarang lalang masuk dalam kegerakan dosa yang bertambah2 tetapi gandum dalam kegerakan Roh Kudus dalam kesucian.

KEGERAKAN FIRMAN.

Wah 2 & 3 menceritakan Gereja akhir zaman yang bisa digolongkan dalam 7 macam Gereja atau kombinasinya. Dan di tengah2 Gereja akhir zaman ini Tuhan Yesus ber-jalan2 menjamah dan mengolahnya. Tetapi bukan lagi seperti dalam Hujan awal atau saat2 sebagai Putra Manusia di dunia sebagai gem-bala bagi domba2Nya. Tetapi sekarang dalam Hujan akhir, Dia bergerak di an-tara GerejaNya, sebagai Putra manusia yang menakutkan (sampai Yohanes jatuh) sebab tegas dan keras akan dosa dan kejahatan. Ini dilakukannya lewat “orang2 Kristen” yang seperti Kristus ini. Bukan orang2 yang penuh dengan gelar2 orang Parisi atau kebesaran manusiawi, tetapi dengan pengurapan dan kuasa Roh Kudus, betul2 penuh dan selalu dipimpin Roh. Firman yang bergerak di mana2 lewat “orang Kristen” ini.

Ini lain dengan kegerakan Hujan awal yaitu kegerakan Pekabaran Injil, tetapi ini Gereja akhir zaman, Hujan akhir, yaitu Firman yang berjalan, ber-gerak, ber-edar2 di antara Gereja2Nya Wah 2:1. Ini kegerakan akhir zaman, kegerakan Firman Tuhan, supaya Gere-ja2 mengerti dan taat akan Firman Tu-han sehingga berubah menjadi seperti Firman atau Kristus ! Kalau umat Tuhan yang penuh dan selalu dipimpin Roh, menuruti pimpinan Roh, maka mereka akan lapar dan haus dan limpah dengan Firman Tuhan, limpah dengan pembukaan2 Firman Tuhan yang makin mendalam sampai semua rahasia terbuka dan mem-bagi2kan Firman Tuhan ke mana2. Mat 10:26-27.

Ini kegerakan Firman Tuhan, Bukan ber-bantah2 akan Firman Tuhan, tetapi taat akan Firman Tuhan dan saling me-nolong untuk mengisi dengan pem-bukaan2 baru dari Firman, sehingga bisa makin taat dengan lengkap dan sempurna dalam seluruh segi hidup. Kita perlu mengerti Firman Tuhan, bah-kan terus taat dan tumbuh sehingga makin mengerti 2Pet 3;18 sampai selu-ruh Firman Tuhan terbuka dan dibe-ritakan Mat 10:26-27. Beritakan dan saling mengisi dengan Firman Tuhan dan semua taat sehingga bisa mengerti dengan penuh dan sempurna, sehingga bisa taat dengan sempurna dan dengan hikmat kuasa Allah bisa terus ber-tumbuh sampai sempurna. Ini kege-rakan Firman Tuhan. Mari saling take and give, terima dan beri. Berikan pe-ngertian dan pembukaan2 baru yang kita miliki, yang saudara seiman kita belum punya.

Dan sebaliknya, apa yang sudah me-reka miliki dan sudah menjadi daging sehingga bisa mencelikkan mata kita, sampai mengerti dan kita terus taat sampai di mana kita sudah mengerti Pil 3:16. Inilah kegerakan Firman yang bergerak di antara semua Gereja2 akhir zaman supaya lalang2 tumbuh jadi gan-dum dan gandum tumbuh jadi matang, maka lalang akan hilang dari Gereja.

Yang tidak mau bertobat akan ma-suk dalam arus dosa di jalan lebar dan dalam Gereja2 jalan lebar Kis 5:13. Lalang2 akan penuh di jalan lebar, sebab takut hukuman ketertiban yang keras di jalan sempit. Tetapi lalang yang jadi gandum dan gandum2 akan tetap dalam Gereja jalan sempit. Sekalipun tertib dan keras 2Kor 10:6 tetap penuh sukacita dan tumbuh dengan cepat menunggu kedatangan Tuhan.

Supaya gandum bisa jadi matang, perlu pembukaan Firman yang penuh dalam segala segi hidup. Memang hal ini akan diisi dengan penuh, lengkap dan tepat oleh kegerakan Firman Tu-han yang terus bergerak di antara Ge-reja2, lebih banyak bergerak di dalam Gereja2, tetapi kegerakan penginjilan masih banyak di luar Gereja. Keduanya diperlukan, tetapi Firman yang ber-jalan2 di antara Gereja2 akan dige-napkan dan memenuhi seluruh Gereja jalan sempit di seluruh dunia. Ikutlah dalam kegerakan Hujan akhir yang he-ran, yang akan menamatkan dan sesuai rencana Allah pada hari kedatang-anNya.

KESIMPULAN.

Inilah sebabnya mengapa Yesus pergi dan Roh Kudus turun supaya timbul “Yesus2” baru dalam setiap orang percaya yang mau jadi murid penuh dan selalu dipimpin Roh dan terus belajar dari Gurunya sampai menjadi seperti Kristus.

Nyanyian:

Api Kristus sudah menyala

Api Firman sudah menyala.