M4025 – Efesus 6:12. Occultisme

Hanya Allah atau iblis, tentu kuasa Al-lah jauh di atas iblis. Jangan pikir ada yang netral, setan sering menjadi ma-laikat terang 2Kor 11:14. Membeda-kannya tidak sulit sebab hanya 2 sum-ber. Kalau kita dipimpin Roh, semua yang melawan (atau netral) adalah dari iblis, tolak dalam nama Tuhan Yesus Mrk 16:17, Luk 10:19.HANYA DUA SUMBER KUASA GAIB (OCCULTISME).

Sebab itu kalau ada sesuatu yang tidak jelas, langsung berdoa dalam Roh, Roh Kudus tahu keadaan 100% betul, bahkan yang akan datang. Dengan bahasa lidah itu otomatis iblis sudah takut, kalau perlu usir dalam nama Tuhan Yesus, kita punya kuasa cukup, sampai hati kita sejahtera, sebab itu jangan kuatir. Percayalah 1Yoh 4:4, Rom 8:31. Jangan ragu2, kalau Roh Kudus memberi pimpinan, bertindaklah dalam kuasa Roh Kudus. Percayalah 100% pada Roh Kudus.

Di dalam Tuhan hanya ada 2 ke-mungkinan, pihak Allah atau pihak setan, diikat setan atau mengikat dan mengusir setan dalam nama Tuhan Yesus. Jangan bingung, jangan mau ditipu iblis. Yang penting hidup suci (MAK DSY) jangan mau dituduh iblis dan dengan iman usir setan, perca-yalah! Lalu berdoa terus dalam Roh dan tetap hidup benar.

BENTUK2 OCCULTISME.

Banyak macamnya: Perdukunan, ramal-an, tempat keramat, meditasi, per-bintangan, ajaran2 sesat, barang2 kua-sa gelap (jimat), bahkan yang netralpun bisa diisi kuasa iblis.

Dari pihak Tuhan tidak memakai apa2, sekalipun Alkitab dan salib, tidak dipakai sebagai jimat dll! dan semua cocok dengan Firman Tuhan.

III. TINGKAT2 ROHANI, DOSA DAN PEKERJAAN SETAN.

Tingkat rohani.

Luar Halaman: Undur (lebih jahat) atau belum lahir baru.

Halaman: Baru percaya, kanak2 rohani.

Ruangan Suci: Penuh dan dipimpin Roh, lekat dengan Tuhan, ada 7 KPR.

Ruangan Maha Suci: Sempurna.

Tingkat2 dosa.

Ini lawannya kesucian:

  1. Hidup dalam dosa.
  2. Dosa manusiawi, jatuh bangun da-lam dosa.
  3. Dosa dalam roh setan.
  4. Dosa sempurna seperti iblis, Antikris.

 

  1. Tingkat2 pekerjaan setan dalam ma-nusia (juga dalam orang beriman yang undur seperti Saul).
  2. Beri tempat pada iblis Ef 4:27. Pintu Gerbangnya adalah setiap dosa Yoh 8:34, apalagi dosa tingkat yang lebih tinggi. Roh setan hinggap, dapat tempat dalam orang itu seperti dalam Petrus Mat 16:23, Yohanes-Yakobus Luk 9:54-55. Biasanya orang ini kena tipu iblis, lewat macam2 hal seperti emosi, kedagingan, macam2 dosa. Ka-lau tidak ada dosa dan tidak menuruti dosa, ia tidak dapat pintu masuk dan tiada tempat baginya. Jangan bodoh atau tertipu, jangan beri tempat pada iblis.
  3. Dipenuhi roh setan, ia masuk dan tinggal seperti pada Saul 1Sam 14:14,16 pada Yudas Luk 22;3. Disini setan sudah merasuk, menguasainya dan dorongan dan kemampuan ber-buat dosa lebih besar dari biasanya.
  4. Dikuasai dan dimiliki penuh oleh roh setan/ iblis, menjadi satu dengan iblis, sehingga dosanya menjadi sempurna Wah 9:21;; 16:9,11,21.

Setiap tingkat terdiri dari banyak tingkatan2 yang lebih halus. Tujuan dari setan adalah membunuhnya Yoh 8:44; 10:10.

Jangan mulai berhubungan dengan iblis, mula2 lewat dosa dalam pikiran. Segera ada dosa, itu pintu masuk bagi iblis, apalagi kalau keras hati, itu pintu yang lebih besar!

PERANG DENGAN IBLIS DAN TENTARANYA.

Kekuatan kita:

  1. Kita harus terus dalam posisi di atas iblis, supayaselalu menang yaitu kalau kita hidup dengan Tuhan di dalam kita Rom 8:31. Sebab itu jangan ada dosa dalam bentuk apapun, keinginan dosa itu sama jahatnya dengan dosa biasa Yak 1:15, Yes 59:2. Kekuatan kita ada-lah Tuhan, sebab itulakukan terus ka-ta2 dan perbuatan Tuhan dengan selalu penuh dan taat dipimpin Roh (Rom 8:14, Luk 4:1,28).
  2. Pakai iman, jangan mau ditipu, dibu-juk atau dituduh iblis, lawan dia 1Yoh 5:4,5. Pakai iman. Dengan Tuhan kita pasti menang, lalu terus doa dalam Roh dan minta serta taat pimpinan Roh terus menerus.

BENTUK PEPERANGAN:

  1. Terbuka, terang2an. Ada macam2 bentuk, jangan takut, lawan dengan iman dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Biasanya iblis dan setan2 tidak pakai cara ini, sebab ini membuat orang ber-iman habis2an berharap dan bersandar pada Tuhan, sehingga iblis pasti kalah, kecuali yang bodoh di-takut2i. Ingat kita punya kuasa Mrk 16:17, Luk 10:19.
  2. Melawan kita dengan tesembunyi, terselubung, tidak terang2an. Biasa de-ngan dusta dan kuasanya. Lawan go-daan, rayuan, ajakan dan dusta iblis (seperti pada Hawa), biasanyaia me-nunjukkan macam2 umpan dosa yang manis, bahkan boleh mengincipi Ibr 11:25. Dalam kenyataannya tipu daya dan godaan setan ini lebih banyak ma-kan korban, sebab manusia yang bodoh dan lalai mudah tergoda seperti pada Hawa. Tetapi yang mengerti apalagi dipimpin Roh tidak mudah tertipu. Iblis juga memakai kuasa2 gelap, kuasa gaib, tetapi biasanya dalam meng-hadapi ini,orang beriman lebih ber-dandar pada Tuhan. Tetapi dengan cara apapun, hadapi iblis ber-sama2 Tuhan, Rom 8:31 dengan tetap dalam kesucian dan dengan iman, apalagi ber-sama2 dengan saudara2 seiman yang lain, lebih kuat.
  3. Lewat kaki tangan iblis.
  4. Benda dan peristiwa. Kita tidak per-lu sengaja masuk di tengah2 penyem-bahan berhala dan kuasa2 gelap ke-cuali disuruh oleh Tuhan atau dengan tidak sengaja, bukan dengan kehendak kita, kita ada di tengah2nya, jangan takut. Tidak ada yang kebetulan dan te-rus berdoa dalam Roh, minta pim-pinanNya untuk bereaksi sesuai ke-hendak Roh. Kalau belum yakin, berdoa terus dalam Roh. Kadang2 kita dise-rang, lawan dalam nama Tuhan Yesus, tetap dalam kesucian dan pim-pinanNya. Kadang2 Roh Kudus me-nyuruh kita mulai menyerang atau membebaskan orang lain, taat dengan iman. Mungkin menghadapi pemba-karan jimat, di-guna2, gendam, jangan takut, lekat dengan Tuhan dan pakai iman. Akhir zaman kuasa gelap makin banyak, sebab itu jangan bodoh, jangan sampai berdosa karena digoda dengan uang, nafsu, puji, ancaman dll. Tetap lekat dalam kesucian dan dipimpin Roh, kita pasti menang dengan iman.
  5. Lewat orang2 dunia, orang dosa atau pemimpin2nya. Tentu iblis bisa pakai anak2nya, jangan terpancing jadi dosa dengan marah, iri atau godaan lainnya. Memang se-hari2 kita harus terus lekat dengan Tuhan dan tumbuh, selalu dalam kesucian sehingga selalu siap, ber-jaga2. Hadapi semua siasat dan jerat2 iblis. Ada macam2 ke-mungkinan dan siasat, Roh Kudus tahu semua dengan lengkap dan tepat, sebab itu terus berjalan dalam pim-pinan Roh, Roh Kudus tidak pernah terlambat mengingatkan kita, lebih2 kalau kita tetap dalam kesucian dan pimpinanNya.
  6. Lewat saudara2 seiman kita sendiri. Bahkan kadang2 lewat anggota ke-luarga kita sendiri. Jangan takut, tetap minta pimpinan Roh Kudus, contoh:

c.1. Petrus (lebih tua!) memberi na-sehat bagi Putra manusia Yesus dengan tulus supaya terhindar dari salib, ia mengatakan sebagai sahabat baik de-ngan cinta. Ternyata ini kehendak dan kata2 iblis. Putra manusia Yesus yang terus ber-jaga2 langsung sadar dan mengusir iblis dalam Petrus Mat 16:21-23. Petrus sendiri tidak sadar dan ter-kejut. Sebab itu sekalipun nasehat yang manis, yangbaik, setia kawan dari orang dekat kita (suami-istri, anak, sesama pelayan Tuhan, hati2), kalau tahu itu dosa, jangan terima, usir setan! Mungkin diajak fitnah, benci, iri, zina, ingin uang dll, jangan mau. Biarpun istri atau suami atau sahabat dekat dalam Tuhan, kalau itu salah, melawan Firman Tuhan, tetap lawan dengan tegas tetapi bukan dengan benci atau sombong (Abraham setuju dan jatuh dengan Hagar). Terus check dengan pimpinan Roh Kudus tetapi lawan iblis, sekalipun iblis ada dalam orang tercinta. Salahkan Ef 5:11 dan usir keluar, lawan dan sesudah itu tetap ber-jaga2. Ef 6:13.

c.2. Yohanes, Yakobus, juga orang dekat Putra manusia Yesus Luk 9:54-55. Seringkali anak buah memberi kabar kebencian dari musuh atau sikap, tindakan tidak adil, bahkan di-tam-bah2i, sehingga menyulut kebencian kita, hati2, jangan terbakar, tetapi min-takan ampun!, serahkan pada Tuhan berita2 yang belum tentu benar (bisa di-tambah2i).

Putra manusia Yesus langsung me-negur Yohanes dan Yakobus dan me-nunjukkan roh2 jahat itu ada dalam dirinya dan mereka sadar, bahwa mereka sudah masuk perangkap setan. Kalau hati kita tidak dinajiskan oleh dosa, maka pengurapan Tuhan tinggal tetap dalam hati kita, sehingga kita makin peka dalam pimpinan Roh dan selalu berkemenangan dan ber-buah2. Kalau kekuatan kita berkurang karena dosa (bahkan habis) maka iblis yang menang!

Hal2 seperti ini mudah menghan-curkan dan merusak pekerjaan Tuhan bukan oleh orang luar, tetapi orang orang dekat yang diperalat iblis.

c.3. Jangan lupa gadget yang dengan macam2 cara yang memikat hati hen-dak memasukkan setan2 dan pena-buran benih2 dosa, duniawi, keda-gingan, permusuhan, kebencian dll dalam hati orang yang suka melihat dan mendengarkannya. Lewat HP ini iblis punya saluran besar untuk me-rusak dan masuk dalam hati banyak umat Tuhan. Sekalipun biasanya setan tidak masuk dalam gadget, hanya memakai orang2 tertentu untuk me-nyebarkan racun2 yang sangat berbisa ini ke-mana2. Ini juga pekerjaan setan, tanpa setan, hanya dengan alat gadget, tetapi hasilnya luar biasa. Benih2 keduniawian, kedagingan, ajaran sesat, keinginan2 yang jahat, segala macam dosa dan benih2nya ditabur sehingga tumbuh hutan2 dosa, pemberontakan, kenajisan, kekurangan ajaran, per-lawanan dll, sehingga rohaninya rusak bahkan dengan benda mati ini setan bisa masuk dalam banyak orang. Tim-bul segala dosa dan penyesatan dan sikap yang sangat brutal dan kurang ajar. Hadapi dengan kuasa, hikmat dan kuasa Allah! Kalau tidak mau jadi kering, limpah dosa dan tawar sehingga akhirnya undur, “buanglah” HP itu. Berperanglah habis2an dengan se-genap tenaga mengalahkannya atau kita yang dikalahkan. Kuasai atau di-kuasai dan celaka. Lewat benda mati iblis punya banyak jalan masuk dalam umat Tuhan! Sudah kedengaran banyak umat Tuhan jatuh dengan segala macam cara iblis, jangan sampai jatuh, teruslah dipimpin Roh supaya kesukaan dan kuasa Allah tetap ada dalam kita, sehingga kita tetap bisa tumbuh dalam rencana Allah yang mulia.

c.4. Yudas terang2an menghadapi Pu-tra manusia Yesus dengan pengurapan iblis yang limpah Luk 22:3. Bagaimana menghadapinya? Putra manusia Yesus tidak menghadapi dengan reaksi dosa, tetapi dengan pengampunan, tetapi Ia berperang dan melawan roh iblis di dalamnya. Jangan perang lawan manu-sia, tetapi lawan iblis,jangan timbul benci, muak, marah, emosi, nanti jatuh dalam dosa, maka setan berhak menancapkan kedua kakinya dalam 2 pihak yang sudah berdosa sehingga setan menang total! Sebab itu jangan Jengkel, Mangkel, Pegel, Judek (JMPE), nanti kalah dan di-injak2 iblis.

KEPEKAAN DIPIMPIN ROH.

Zaman dahulu orang perang dengan senjata yang nampaknya mengerikan. Sekarang dengan alat dan komputer. Juga secara rohani, kalau kita tidak bisa berperang dalam Roh, akan hancur semua. Hanya Roh Kudus yang bisa me-ngalahkan pekerjaan iblis yang makin merajalela. Memang Tuhan tetap membatasinya, tetapi sesuai Wah 22:11, pekerjaan setanmeningkat luar biasa. Sebab itu belajar makin peka dan bisa mengerti mendengar suara Roh. Perlu tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan. Perlu seluruh 7 KPR, maka ke-kuatan kita akan berlipat kali ganda dan menjadi sempurna dalam satu persekutuan Roh yang betul Ef 4:3, sehingga ada persekutuan tubuh Kristus yang kuat Im 26:8, Yoh 17:23 (dengan limpah pengampunan 1Yoh 1:7. Kalau tidak ada pengampunan, langsung persekutuan tubuh Kristus pecah dan kekuatan justru makin ber-kurang!). Tanpa kasih semua menjadi lemah dan sia2.  Begitu mudah tubuh Kristus hancur, kekuatannya bukan +100, tetapi -100 (berarti setan yang menjadi kuat 100 kali ganda, kalau ti-dak ada pengampunan). Penuhlah de-ngan pengampunan, tetapi tetap ter-tib, suci, taat dst.

Seringkali setan memakai “Petrus, Yakobus, Yohanes” menceritakan keje-lekan saudara2 kita sehingga timbul benci atau jengkel, “tiada ampun ba-gimu” dan dengan cepat kekuatan tu-buh Kristus habis. Dengan banyak pengampunan tetapi tertib, perse-kutuan tubuh Kristus jadi kuat.

Sangat penting memberi perhatian pada orang2 yang memusuhi kita dengan kasih (= pengampunan) jangan benci, baik dalam persekutuan tubuh Kristus lokal dan global (di luar ling-kungan kita, jangan timbul benci, tetapi tetap ada kasih). Jangan kuatir sau-dara2 seiman yang tidak sungguh2 dipakai iblis, sebab tetap ada Tuhan yang menertibkan semuanya dan menghukum yang keras hati (apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, dalam masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17, 2Kor 10:6). Pelihara persekutuan tubuh Kristus mulai dari pernikahan, keluarga,  kelompok sel, Gereja lokal dan global. Jangan beri tempat pada iblis dan kaki tangannya.

Kalau kita peka dan bisa bersandar Tuhan penuh (itu berarti selalu taat dipimpin Roh sampai juga ketaatan ha-bis2an seperti Abraham waktu mengor-bankan Ishak), maka kita akan bisa perang dalam Roh dan iblis dan kaki tangannya akan kita injak2 dengan kuasa Roh Kudus Luk 11:19.

Jadi perang dengan setan itu tidak sulit, sebab yang perang adalah Tuhan dan Roh Kudus, tetapi kita menyangkal diri untuk mengasihi (ampuni) orang2 yang menjahati kita, danterus taat di-pimpin Roh, maka kalau Roh Kudus yg perang, Ia selalu menang 100%  sebab Allah itu sangat terlalu kuat! Jadi pe-rang melawan iblis itu adalah taat dipimpin Roh, maka Roh Kudus yang berperang ganti kita (kita tidak bereaksi dosa), pasti selalu menang, mustahil kalah!

SYARAT2 PEKERJAAN SETAN.

Kita perlu tahu supaya tidak terjerat oleh kelicikannya 2Kor 2:11. Setan memberi syarat yang sangat mudah. Sebenarnya syaratnya hanya satu yaitu jiwa manusia, rohnya diserahkan dan jadi milik setan. Syarat setan itu ringan sekali, sebab semua dosa diizinkan (justru itu menyenangkannya, sebab cengkramannya makin kuat). Tidak per-lu menyangkal diri, bahkan boleh melazatkan semua keinginan daging. Sebab iblis itu pendusta dan pem-bunuh, mengharapkan jiwa manusia atau orang beriman jatuh dalam dosa, undur dan binasa.

Setan minta taat dalam syarat2 lain2 itu hanya pra syarat, asal jiwanya (rohnya) bisa dikuasai, lalu secepat mungkin mati (= permanent dalam tangan iblis). Seringkali dipojokkan sampai bunuh diri seperti Yudas, Saul, Achitofel dll, atau membunuh yang lainnya. Justru setan memberi banyak tanda2 gaib, mujizat palsu, berkat2 uang, kedudukan dan popularitas yang luar biasa, kecuali dipotong oleh Tuhan se-waktu2 untuk melaksanakan ren-cana2Nya yang indah untuk keka-sih2Nya.

Hampir semua orang dunia suka kuasa gelap, apalagi kalau diperke-nalkan dan dipromosikan, dan tidak banyak penolakan sebab mereka ada-lah anak2nya sendiri dari iblis, kalau perlu dipaksakan sesuai rencana setan, kecuali Allah punya rencana lain mela-wannya! Firaun punya banyak pete-nung dan kuasa gelap yang dian-dalkannya, tetapi semua membisu menghadapi rencana Allah menge-luarkan Israel dari Mesir. Jangan takut. Tuhan kita Yesus Kristus maha kuasa dan tetap Pemenang selamanya.

KESIMPULAN.

Kita perang ini bukan dengan manusia, tetapi dengan iblis, sebab itu ampuni (= kasih) dan berkati musuhmu supaya tidak ada reaksi dosa dan terus dalam kesucian sehingga Roh Kudus bisa bebas bekerja dan kita hanya taat dipimpin Roh, maka Roh Kudus yang menghancurkan pekerjaan2 iblis bah-kan segala bentuk pekerjaan iblis akan dikalahkan. Ini kunci menghadapi sega-la macam pekerjaan occultisme. Hidup dalam kesucian, mengasihi manusia (sekalipun musuh) dan memberkati, lalu Roh Kudus yang menghancurkan segala pekerjaan iblis, kita hanya taat menurut pimpinan dan perintahNya saja. Dengan Tuhan kita akan jadi lebih dari pemenang Rom 8:36, bahkan menglami pawai kemenangan 2Kor 14.

Nyanyian:

Kuatkanlah, oleh RohMu yang Tuhan.