M4025 – Yohanes 14:6. Jalan Ajaib Dari Allah

Ini tentang kematian Putra manusia Yesus lalu sesudah 3 hari Ia bangkit. Dengan ini Allah sudah menyelesaikan rencana penebusan manusia dengan sempurna, sehingga orang yang per-caya pada Tuhan Yesus ditebus, sela-mat dan bisa bertumbuh sampai sem-purna seperti Kristus, penuh sukacita sampai di Surga.PERAYAAN PASKAH. 1Kor 15:1-4.

Fasilitas yang diberikan Allah bagi manusia dan sudah sempurna. Tetapi faedahnya tergantung dari orang2 per-caya, ada yang bisa memakai dan mem-peroleh faedahnya 100% atau hanya 1% (sekedar selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15), bahkan ada juga orang yang sudah selamat, tetapi karena ke-bodohan dan kekerasan hatinya hilang keselamatannya Gal 3:3-4.

Tetapi rencana Allah sudah selesai, fasilitas dari Allah untuk keselamatan sampai sempurna sudah lengkap dan sudah bisa dipakai sepenuhnya.

RENCANA YANG DIGENAPKAN DAN DISEMPURNAKAN.

Dalam ber-macam2 nubuatan, mulai dari Kej 3:15 lalu pengorbanan domba2 Habil, pengorbanan Ishak oleh Abra-ham, istimewa Paskah di Mesir, selain berarti secara jasmani, ini adalah nu-buatan dan bayangan domba Paskah yang menggambarkan kematian Tuhan Yesus, tetapi ini juga dalam Perjamuan Suci, yang menggambarkan kelepasan dari dunia ini dan ikut pengangkatan. Luk 17:(34-)37. Orang yang bisa mema-kai Perjamuan Suci dengan betul, yaitu mau disiksakan dagingnya 1Kor 11:(27-)32 akan ikut dalam pengangkatan dan lepas dari masa hukuman dunia ini yaitu zaman Antikris Wah 11:2. Sangat indah, sebab itu setiap kali kita memperingati kematian dari Tuhan dengan betul (Perjamuan Suci 1Kor 11:26) kita disiapkan sampai hari keda-tangan Tuhan, sehingga bisa ikut dalam pengangkatan.

III. APA SAJA YANG TERJADI PADA PENGGENAPANRENCANA ALLAH INI?

  1. Putra manusia Yesus sebagai Anak domba Allah yang tidak bercacat cela Yoh 1:29, Ibr 4:15 siap untuk memba-yar harga keselamatan umat manusia yang ditebusNya dengan harga darah-Nya sendiri 1Pet 1:18-19. Ia dipersiap-kan lebih kurang 33,5 tahun dan ini menjadi contoh dan jalan bagi kita, su-paya sesudah ditebus (sesudah perca-ya, lahir baru) kita bisa meniru Putra manusia Yesus dalam jalan ini dan te-rus tumbuh sampai sempurna seperti Kristus. Ia hidup dalam keadaan seba-gai manusia seperti kita Ibr 2:18, men-jadi jalan kebenaran dan hidup bagi kita Yoh 14:6.
  2. Kematian Putra manusia Yesus menebus orang yang percaya.

Seharusnya kita yang dihukum karena dosa2 kita, tetapi itu ditanggung Allah dengan mengorbankan Putra manusia Yesus bagi manusia Yoh 3:16. Ini menghasilkan:

  1. Pengampunan segala dosa kita (ka-lau mau bertobat) dan kemerdekaan dari segala ikatan dosa, dari hidup lama, dan perhambaan iblis. Kita mer-deka dan tidak lagi menjadi milik iblis (anak2 iblis), bukan lagi hamba iblis. Rom 6:1-2,6, Yoh 8:36.
  2. Kita dilahirbarukan, sehingga posisi kita berubah total:
  3. dari orang lama menjadi orang baru. 2Kor 5:17. Berubah dari dalam dan luar. Orang dunia dengan macam2 cara dan latihan bisa berubah orang luar-nya, tetapi dalamnya tetap sama, orang lama, hamba dosa. Tetapi oleh Kristus kita berubah dalamnya jadi baru. Kalau dahulu serigala, sekarang berubah menjadi domba. Juga luarnya akan ber-ubah sebab dalamnya, jenisnya sudah berubah. Dahulu anak iblis sekarang anak Allah 1Yoh 3:10, Yoh 1:12. Semua tabiat ilahi lengkap ada di dalam kita 2Pet 1:4 dan akan terus tumbuh sam-pai matang, bisa jadi seperti Kristus Ef 4:13.
  4. Dahulu dalam wilayah kekuasaan iblis, yaitu dalam kuasa hukum dosa dan hukum maut, sekarang pindah ber-ubah masuk dalam kerajaan Surga Luk 11:20, bebas dari hukum dosa dan maut dan ada dalam hukum Roh yang memberi hidup Rom 8:1.
  5. Dahulu adalah turunan Adam I, se-karang pindah berubah menjadi tu-runan Adam terakhir 1Kor 15:45.
  6. Dahulu condong pada dosa, seka-rang cinta kebenaran Yoh 3:19, Ibr 1:9.
  7. Dahulu terus minum air kesukaan dunia, sekarang punya air kehidupan yang menyegarkan Yoh 4:10-11,14; 7:38, Wah 22:1,17, sebab itu dahulu dalam jalan kegelisahan dosa Rom 1:27, sekarang dalam sejahtera dan sukacita Roh Pil 4:4,7.
  8. Pindah dari Neraka ke Surga sebab orang yang percaya itu sudah ber-pindah. Yoh 5:24, 1Yoh 3:14 dari dunia ke dalam kerajaan Surga Yoh 15:19; 17:14, 1Yoh 4:5-6, Luk 11:20.
  9. Terpelihara oleh Bapa Surgawi dan dipagari sehingga iblis tidak bisa men-jamahnya, bahkan rambutpun dihitung Allah Mat 10:30, Ay 1:10. Aman, terpe-lihara sehingga cukup bahkan limpah.
  10. Menghasilkan satu seri penebusan yaitu tebus roh dan satu kali otomatis akan juga mengalami tebus tubuh, se-sudah mati dan bangkit (kecuali mere-ka yang tidak mengalami kematian dan kebangkitan). Sebab itu umat Tuhan menunggu tebus tubuh Rom 8:23, Luk 21:28. Asalkan penebusan roh itu ter-pelihara sampai ke akhir, setia sampai mati Mat 24:14, maka waktu mati roh-nya masuk Surga, selamat dan tu-buhnya menunggu dalam kubur. Waktu Sangkakala kedatangan Tuhan berbunyi (ini yang ditunggu orang2 {roh} yang di Surga, maka rohnya masuk dalam sisa2 tubuhnya (yang pulih seketika Yez 37:7-8) lalu bangkit dan inilah penebusan tubuh, tubuhnya jadi tubuh kebang-kitan yaitu tubuh kemuliaan seperti contoh dari tubuh Tuhan Yesus waktu bangkit Pil 3:21. Tubuh kemuliaan ini ajaib dan sempurna (tidak bisa sakit, mati, menderita, tetapi sempurna, le-bih indah dari tubuh Adam Hawa di Firdaus, mereka diciptakan sempurna tetapi belum teruji. (orang2 yg meng-alami pengecualian, adalah orang2 gaz (generasi akhir zaman) yang ber-jaga2 seperti lima gadis bijak Mat 24:42 tidak mengalami kematian dan kebangkitan, tetapi pada hari pengangkatan akan tiba2 berubah, juga menjadi tubuh kemuliaan yg heran itu). Tebus roh ter-jadi langsung waktu percaya, tetapi te-bus tubuh pada saat terakhir. Diantara ini ada waktu, yaitu sepanjang sisa umur hidup sesudah percaya; wak-tu ini adalah kesempatan untuk bertum-buh. Apa saja yg bisa ditumbuhkan?
  11. Tingkat rohani kita dari bayi menjadi dewasa dan menjadi mempelai. Ini se-perti Halaman menjadi Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci.
  12. Tabiat ilahi.

Tabiat baru itu sudah lengkap tetapi harus tumbuh seperti bayi menjadi dewasa, seperti telur menjadi burung. Asal hidup dalam kesucian di jalan sem-pit akan bisa bertumbuh terus. Tum-buhlah, sebab sampai dimana kita tumbuh, itu menjadi ukuran kemuliaan dan pahala kita di Surga untuk kekal. Mereka yang berhasil tumbuh sampai penuh = sempurna, langsung naik ke Surga, ke tahta Allah (tanpa kematian dan kebangkitan). Juga orang2 dari generasi akhir zaman, waktu peng-angkatan akan langsung berubah men-jadi tubuh kemuliaan dan naik ke Surga bertemu dengan Tuhan Yesus dan se-mua orang suci, luar biasa.

Tabiat ilahi itu sudah ada pada semua orang beriman dan bisa terus bertumbuh, sebab itu tumbuhlah. Tabiat yang baru harus ditumbuhkan satu per satu sehingga tabiatnya makin seperti Kristus dan taatlah melakukan kehendakNya (Mat 5:13-16; 7:21).

  1. Mutu rohani kita dari yang hina (tanah, kayu) menjadi yang mulia (perak, emas) 2Tim 2:21. Tanah itu penuh dengan perkara2 yang fana, ini harus segera ditinggalkan. Tanah ini ada dalam Kemah Suci sebagai alas, di mana2 sampai Ruangan Maha Suci tetapi untuk di-injak2 saja, sekedar untuk tempat, fasilitas hidup di dunia. Kalau Kemah Suci pindah, tanah di-tinggalkan. Begitu kita pakai dunia ini seperti orang yang tidak memakai 1Kor 7:31, bisa berpada kalau perlu diting-galkan, jangan menjadi tujuan, satu kali semua yang fana akan ditinggalkan.

Juga kayu yang dipakai hanya pohon yang sudah mati (ditebang) dan di-potong2 menurut ukuran.

Kayu = Kedagingan, harus mati Rom 6:6, di-potong2 (sesuai ukuran dari alat2 yang dipakai untuk Kemah Suci), terus disalibkan dicocokkan dengan Fir-man Tuhan. Hanya kayu seperti ini yg boleh ada dalam Kemah Suci. Daging yang dimatikan Luk 9:23, Rom 12:1. Jangan ada keinginan2 daging, hidup menurut Roh. Ini tanda dari anak2 Allah Rom 8:14, bukan menurut daging.

Perak berarti sudah ditebus jadi milik Tuhan. Jangan hidup menurut diri kita sendiri Gal 2:20, Pil 1:21, sebab kita ini sudah menjadi milik Allah 1Kor 6:19, bukan milik kita lagi. Harus ada penye-rahan dan ketaatan pada kehendak dan pimpinan Roh sesuai dengan Firman Tuhan, maka rencana Allah akan jadi dalam hidup kita sehingga kita juga terus tumbuh makin seperti Kristus.

Emas. Sempurna seperti Allah. Se-mua segi hidup harus dicocokkan de-ngan Firman Tuhan sehingga jadi se-perti Kristus, makin lama makin seperti Kristus sampai ukuran penuh Ef 4:13 dalam setiap segi hidup, rendah hati, kesucian, sabar, taat, setia, tertib, sukacita, tekun dsb. Biasanya partum-buhan setiap segi tidak sama cepatnya, tetapi padaakhirnya, targetnya adalah untuk menjadi seperti Kristus.

  1. Pertumbuhan dalam kesukaan air kehidupan. Ini penting Neh 8:11 apa-lagi dunia ini terusmenggoda dengan segala macam kesukaan Sodom Gomo-ra yang meriah sampai Lot orang benar itu kena dan terseret sampai mati dalam dosa, sekalipun sudah dua kali dilepaskan dari maut. Tetapi Abraham tidak mau. Kalau kita tumbuh dalam Kristus, maka air hidup itu Yoh 4:10,11,14 akan mengalir makin lama makin dalam dan indah sampai bisa tenggelam di dalamnya Yez 47:1-10. Teruslah meningkat dalam kesukaan dan kepuasan dari air hidup yang sudah Tuhan berikan, sehingga madu dunia itu di-injak2 sebab tidak berarti diban-dingkan dengan air hidup Ams 27:7. Dosa membuat hati menjadi haus dan lapar sehingga terikat dengan kesukaan dosa yang pahit dan racun2nya dirasa-kan manis. Sangat bodoh dan celaka Ul 32:32-33. Berapa banyak orang ber-iman (lebih2 kaum muda yang bodoh) tertarik kesukaan duniawi sebab tidak punya sukacita dari Roh Kudus. Orang2 dalam Gereja mula2, sekalipun di-ancam sengsara dan maut, tetap penuh sukacita anggur Roh Kudus Kis 8:4. Jangan tertipu seperti Hawa Ams 5:14-15. Makin limpah pengurapan Roh Kudus makin limpah kesukaan yang heran itu Kis 2:13, Luk 10:21.

Tumbuhlah dalam kesempatan dan umur yang ada ini.

JALAN YANG AJAIB DARI ALLAH. Yoh 14:6.

Ada dua bagian dari rencana Allah, yaitu:

  1. Bagian Allah, yaitu Tuhan Yesus. Kepala tubuh Kristus, Mempelai laki2, ini sudah selesai dengan sempurna. Jalannya sudah ada yaitu Putra manusia Yesus. Sekarang bagian
  2. Bagian orang percaya, mempelai tu-buh Kristus, mempelai perempuan, juga harus masuk dalam jalan yang ajaib ini. Kalau ia mau taat diolah, maka seperti Kristus, dari bayi yang tidak bisa apa2 (harus ditolong orangtuanya) sampai menjadi indah jadi alat Allah yang taat sampai mati di salib, jadi sempurna Pil 2:8.

Kalau kita mau diolah sudah ada cara dan jalannya. Inilah jalan ajaib dari Allah, dan bagian dari Allah sudah selesai tinggal menunggu tubuhNya. Orang percaya yang mau taat, Allah yang akan mengolahnya sehingga bisa tumbuh terus.

Bayangkan ada 1 jalan yang tersem-bunyi (tidak kelihatan tetapi ada) yang berjalan dengan sendirinya (seperti ban berjalan) dengan panjang tertentu. Kalau di atasnya ditaruh bejana dari tanah, maka sambil berjalan bejana itu berubah menjadi kayu, kalau terus ikut berjalan, ia akan berubah menjadi pe-rak dan lama2 akhirnya berubah men-jadi emas, sehingga orang yang mena-ruh bejana tanah itu di ban berjalan ini, akhirnya ia mendapatkan bejana emas, luar biasa. Ini jalan ajaib dari Allah. Be-gitulah Allah menaruh di jalan Kristus yang ajaib ini, orang percaya yang mau taat diolah Allah (Sang Penjunan Yes 64:8) yang mula2 dari tanah, dan terus mau diolah dan tumbuh, dalam jalan ini akan berubah menjadi kayu lalu men-jadi perak dan terakhir menjadi emas seperti dalam 2Tim 2:21. Luar biasa, ini jalan ajaib. Begitu Allah sudah selesai membuat jalan ajaib ini yaitu jalan Yesus, yang dibuat oleh Putra manusia Yesus, selama 3,5 tahun di dunia, suatu jalan yang ajaib Yoh 14:6, luar biasa.

Ini jalan yang sangat ajaib yang hanya bisa dibuat oleh Allah di dalam PutraNya yaitu Tuhan Yesus. Inilah Kristus yang menjadi jalan kebenaran dan hidup, sehingga oleh Tuhan Yesus, orang-orang yang mau masuk dalam jalan ini bisa berubah dari orang berdosa menjadi orang benar, orang suci dan bahkan jadi orang sempurna seperti Kristus. Ini menghasilkan perubahan yang luar biasa.

Manusia tidak bisa berubah dari dirinya sendiri, hanya bentuknya bisa diubah. Misal tanah bisa menjadi co-wek, jadi kendi, jadi ber-macam2 be-jana tanah liat lainnya, tetapi mutu atau jenisnya tetap sama. Juga kayu, bisa jadi kursi, lemari, tiang dll tetapi semua tetap kayu tidak bisa berubah jenisnya.  Tetapi Tuhan itu luar biasa, Ia bisa mengubah orang, meskipun asal-nya dari tanah, bisa jadi kayu lalu berubah jadi perak dan akhirnya bisa jadi emas, kalau mau masuk dalam jalan ajaib ini Yoh 14:6.

Jalan Tuhan itu ajaib sekali, siapa yang mau masuk dan taat diolah dalam jalan ini sekalipun mula-mula tanah, bisa berubah jadi kayu lalu berubah jadi perak dan terakhir jadi emas, ajaib. Inilah jalan ajaib dari Allah, yaitu jalan sempit yaitu Tuhan Yesus sendiri, Aku-lah jalan (dan kebenaran dan hidup). Orang yang percaya Tuhan Yesus akan jadi benar, rohaninya hidup (bisa ber-sekutu dengan Allah) sehingga yang bisa tumbuh dan berubah tanah jadi kayu, jadi perak dan jadi emas, luar biasa.

Jalan itu panjangnya tidak sama un-tuk setiap orang, tetapi namanya sama yaitu seumur hidup. (ada  yang 20 ta-hun, 50 tahun , 70 ta-hun, 90 tahun). Ini jalan yang ajaib dalam kesempatan seumur hidup, kita harus mau diolah, mau taat akan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus, maka kita akan berubah dari tanah jadi kayu, jadi perak, jadi emas, luar biasa.

Tentu semua mau masuk jalan ajaib ini tetapi tidak semua mengerti dan mau percaya Tuhan Yesus. Tetapi yang mau percaya dan taat dalam jalan ini, iadiolah dalam jalan sempit ini oleh tangan Allah yang Maha kuasa, ia akan mengalami perubahan yang ajaib ak-hirnya jadi emas. Memang tidak se-muanya jadi emas, tetapi paling sedikit jadi perak.

Ada yang tidak berubah, itu rugi besar. Ber-ubahlah. Sampai dimana kita sudah berubah?  Sudahkah kita menja-di perak, sudahkah kita menjadi emas? Berubahlah ! Sebab panjang ban berja-lan ini tidak sama untuk masing-masing kita. Usahakan supaya lekas berubah sampai selesai.

Kayu = tabiat daging yang mau disalib-kan, mau dipotong-potong Luk 9:23. Ja-ngan kayu yang masih utuh belum dipotong-potong, harus mau pikul sa-lib, harus mau di-potong2, dicocokkan dengan Firman Tuhan.

Kayu seperti ini bisa berjalan di jalan ajaib ini dan akan berubah jadi perak dan akhirnya jadi emas. Jangan kayu yang tidak mau dipotong tidak akan bisa ada di jalan ini. Tidak semua orang di Gereja mau masuk dijalan sempit, mau diolah, ada yang tidak berubah, tetap saja suka marah, benci, mata duitan dan sebagainya. Ini orang-orang yang tidak mau masuk jalan ajaib ini jalan Kristus (Aku inilah jalan) kalau mau percaya dan diolah di-potong2, mau berubah maka Tuhan akan meng-olah kita sehingga bisa berubah jadi perak. Kayu yang berubah adalah kayu yang sudah (dan tetap mau) di-potong2 terus,  mau pikul salib!

Dari tanah / batu, cobek itu jadi cobek emas. Tentu tidak lagi ditaruh didapur, tetapi disimpan ditempat khu-sus, dalam safety box; dalam ruangan Maha Suci Jerusalem baru, sangat in-dah. Kalau mutunya makin indah juga tempatnya makin indah. Sebab itu jalanlah dalam jalan ajaib ini maka kita akan makin lama makin berubah dan akhirnya jadi seperti Kristus.

Demikianlah keajaiban rencana Allah yang luar biasa membuat yang orang biasa menjadi seperti Allah. Luar biasa. Siapa yang mau diolah seperti Putra Manusia Yesus, meniru Dia yaitu masuk dalam jalan sempit ( jalan = Tuhan dan dia juga kebenaran dan hidup akan bisa berubah jadi ajaib.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah masing2 kita sudah sampai di-mana? Sudah berubah, sudah diolah, sudah tumbuh dalam setiap segi hidup sehingga berubah jadi seperti Kristus? Sudah jadi perak? Sudah hidup sebagai milik Kristus? Hak Kristus bukan hak kita lagi? Sudah mulai masuk jadi emas dalam satu persatu segi hidup?

KESIMPULAN.

Jangan lupa jalan ini terbatas panjang-nya, masing-masing kita punya jatah umur sendiri2, sebab itu cepatlah tum-buh selagi masih ada waktu dan ke-sempatan. Jangan ada dosa, itu meng-hambat bahkan merusak hidup ini makin merosot jadi hancur dan di-buang. Dosa itu merusak dengan alasan apapun, tidak baik!

Pakailah kesempatan yang mulia. Ini jalan yang betul2 ada dan sudah banyak yang berubah untuk kekal.