M3989 – 3Yohanes 2. Sehat Jasmani Dan Rohani.

JANJI TUHAN.

Kekasih.

Kita harus belajar hidup dalam kasih, ber-kasih2an satu sama lain, bukan salingber-benci2an sekalipun terhadap musuh dan orang2 yang menjahati kita. Jangan membalas benci tetapi ampuni dan kasihi Mat 5:44 Allahpun tidak membenci, sebab Dia kasih adanya 1Yoh 4:8, tetapi Dia juga Hakim yang adil dan orang yang tetap keras hati dalam dosanya, akhirnya, sesudah waktunya habis, akan dihukum oleh Tuhan sesuai dengan dosa dan kejahatannya, bukan oleh kita Rom 12:19. Kita harus cerdik Mat 10:16 supaya tidak jadi korban karena kebodohan tetapi tetap dalam kasih Kristus. Selama kita dipimpin Roh (dalam kesucian dan taat), maka Tuhan akan melindungi kita. Jangan takut, tetapi harus ber-jaga2, harus punya cukup hikmat dan kuasa Allah, sebab dosa dan kejahatan makin meningkat.

Saya berdoa supaya engkau beruntung di dalam segala sesuatu.

Ini Tuhan janjikan kalau kita tetap dalam kesucian dan taat akan Firman Tuhan Maz 1:1-3. Tuhan sanggup memberkati kita, asal kita bisa memakainya dengan baik, betul2 jadi berkat bukan jadi laknat. Kalau diberkati,diberi sukses, rohani kita tumbuh, tetap rendah hati dan berbuah, maka berkat Tuhan akan datang, Tuhan sanggup, percayalah!Jangan kuatir! Tetapi kalau diberkati, berhasil, lalu undur, berdosa, jauh dari Tuhan, itu berarti menjadi laknat, maka Tuhan tidak memberinya atau Tuhan menghentikannya. Apalagi belum apa2 sudah ada angan2 untuk berbuat dosa, itu berarti celaka sebab upah dosa itu maut Rom 6:23. Bisakah kita diberkati? Bisa pakai berkat Tuhan dengan baik?

dan sehat sebagaimana jiwamupun beruntung.

Jiwa yang sehat yaitu manusia batiniah, rohnya sehat dan terus tumbuh sesuai rencana Allah, maka tubuh kita juga akan tetap sehat. Tuhan memberi kesehatan itu ada maksudnya, supaya roh kita terus bertumbuh makin seperti Kristus.

UNTUK APA TUHAN MENJAGA KESEHATAN KITA.

  1. Maksud hidup di dunia. Supaya kita memilih nasib yang baik untuk kekal yaitu dengan percaya pada Tuhan, maka kita pindah dari orang lama (anak2 iblis 1Yoh 3:10) jadi orang baru (anak2 Allah Yoh 1:12). Semua jadi baru 2Kor 5:17.

Kita masuk dalam golongan yang mulia untuk kekal. Kita diciptakan sebagai mahluk bebas, sesudah memilih Kristus, lalu yang mau taat akan diolah supaya tumbuh makin lama makin seperti Kristus. Itu membutuhkan waktu dan ketaatan.

  1. Tuhan memberi jatah umur dan kesehatan. Tuhan tahu lebih dahulu, kita bisa diolah sampai seberapa dan diberi jatah umur dengan sehat untuk diolah. Kalau masih hidup, berarti masih ada rencana Tuhan baginya. Kalau kita mau taat, semua akan berjalan dengan lancar; tetap ada pencobaan2, tetapi dengan Tuhan kita akan menang. Seringkali karena kebodohan, tidak taat, tertipu, maka pengolahan itu terganggu bahkan terhenti. Sebab itu kita perlu

bertumbuh dalam pengertian kebenaran Firman Tuhan seluruhnya Kis 20:20,27, 2Pet 3:18 (supaya bisa bekerjasama) dan mau taat untuk terus diolah sehingga bisa tumbuh dengan baik, maka Tuhan akan memberi jatah umur tertentu yang cukup untuk mengolah kita maksimal sesuai dengan iman dan ketaatan kita. Musa, Daud, Yusuf dll mau diolah dan Tuhan memberi kesempatan tsb yaitu suatu jatah umur yang sehat untuk bisa diolah sampai maksimal sesuai dengan iman dan ketaatan kita. Kalau seorang dengan tulus percaya dan taat, ia akan sehat terus seperti Henokh 365 tahun Kej 5:21-24, Musa 120 tahun, Yusuf 110 tahun, Daud 70 tahun 1Raj 2:11, Elia hidup lebih kurang 70-80 tahun, Putra manusia Yesus 33,5 tahun dll). Ini yang ideal. Tetapi seringkali jatah umur itu jadi bruto, dipakai untuk hal2 fana ber-lebih2, sehingga yang netto untuk pengolahan bagi hidup yang kekal hanya sedikit lalu mati, misalnya 30% untuk rohani dan 70% untuk jasmani. Ini hanya untuk pengertian, sebab biasanya semua ini bercampur, misalnya dalam bekerja, sekolah, rumah tangga dan semua bagian hidup kita, itu sekaligus termasuk pengolahan dan pertumbuhan rohani kita. Misalnya Henokh berjalan dengan Allah 300 tahun tetapi sementara itu ia menikah, punya anak, bekerja dsb, tetapi ia bisa memakai waktunya baik2dengan efisien untuk pertumbuhan rohaninya sehingga ia bisa berjalan dengan Tuhan 300 tahun dari 365 tahun hidupnya. Kalau kita bisa berjalan dalam Roh, maka kita bisa memakai hidup ini dengan efektif untuk pertumbuhan iman. Misalnya waktu sekolah dan bekerja, kita juga diolah dalam macam2 pencobaan dan tabiat baru tumbuh makin seperti Kristus dan ber-buah2 untuk kekal. Kalau kita mau terus dipimpin Roh, sambil bekerja kita menjadi makin sabar, bisa mengampuni, tetap sukacita, rendah hati dan bersaksi menyelamatkan orang2 sekitar kita. Dengan demikian kita tumbuh dan berbuah dalam semua segi hidup kita, apalagi di rumah dan dalam Gereja.

Hamba Tuhan fulltime yang full heart lebih untung punya lebih banyak waktu dalam ladang Tuhan untuk pelayanan sehingga lebih banyak bertumbuh rohaninya.

Putra manusia Yesus praktis berjalan dalam Roh sejak kecil (sebab umur 12 tahun sudah dipakai Tuhan), lalu penuh dan dipimpin Roh terus menerus dalam pelayanan, sehingga hanya dalam 3,5 tahun Ia menjadi sempurna. Sebaliknya yang hidup dalam daging, timbul banyak dosa dan rohaninya rusak, atau hanya jatuh bangun terus dalam dosa.

Jangan hidup menurut daging, sekalipun dalam perkara2 sekuler, tetap berjalan dengan Tuhan sehingga terus tumbuh dan ber-buah2 sekalipun dalam hidup se-hari2. Pelayanan itu membuat pertumbuhan rohani sangat cepat dan efisien 2Tim 2:20-21, lebih2 dalam dipimpin Roh dalam kesucian yang tertib seperti Putra manusia Yesus sehingga hanya dalam waktu 3,5 tahun sebagai manusia, Ia menjadi sempurna. Sebab itu dalam tugas atau pekerjaan apapun dan lebih2 dalam pelayanan,berusahalah selalu berjalan dalam Roh, maka kadar waktu atau kesempatan kita untuk hal2 rohani bisa lebih besar dan tumbuh lebih cepat, sekaligus Tuhan memelihara kesehatan kita.3. Kesehatan terpelihara.

Praktis Musa, Yusuf, Daud apalagi Putra manusia Yesus punya kesehatan yang tidak terganggu. Kalau kita mau kesehatan kita baik, tidak sakit2an, maka sesudah bertobat (lahir baru) hiduplah untuk Kristus dipimpin Roh seperti Kristus Mat 4:1, Luk 4:1,18. Ini kunci penting untuk hidup sehat jasmani dan rohani! Sebab ini maksud dan tujuan Tuhan kita hidup di dunia, untuk diolah, sebab dunia adalah tempat pengolahan (sekolah) yang paling baik untuk bisa tumbuh dengan cepat se-tinggi2nya dibandingkan dengan Surga atau tempat lain. Malaikat tidak mengalami pengolahan dan pertumbuhan yang ideal seperti manusia sebab Surga sikonnya lain dengan dunia! Tuhan sanggup memelihara dan menjamin kesehatan kita dengan baik seperti janjiNya dalam 3Yoh 2 yaitu kalau roh kita sehat dan bisa berjalan dalam Roh seperti Kristus. Ini dasarnya bagi orang beriman untuk hidup sehat.

III. BAGAIMANA ROHANI KITA BISA TUMBUH.

  1. Hidup dalam kesucian (“MAK DSY”). Banyak orang Kristen tidak mengerti, merasa ini terlalu fantastis, tetapi justru ini cara hidup yang betul, dengan pikul salib. Luk 9:23, 1Pet 4:1 dan bertumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dengan 7 KPR, kita bisa hidup tanpa jatuh Jd 24, 2Pet 1:10 (you shall never fall KJI). Perhatikan supaya kita lekat dengan Tuhan baik2 1Kor 6:17 seperti carang dalam pokok Yoh 15:5.
  2. Menang dalam setiap pencobaan dan ujian. Ini selalu ada dan Tuhan mengizinkan untuk pengolahan dan pertumbuhan kita, kalau setiap kali kita lulus.Jangan bereaksi dosa dan biasanya ini bisa dilihat dari mulut! Yak 3:2 dan hati (Pil 4:7). Ini tentu tidak cukup dengan kekuatan kita sendiri,tetapi harus dengan pertolongan Tuhan Pil 4:13 (7 KPR) dan terus menyangkal diri Yak 1:26. Hidup menjadi indah dan sukacita meskipun banyak problem, sebab setiap kali kita menang, itu menjadi hal2 yang indah dan menguatkan hidup dan sekaligus kita tumbuh satu tingkat setiap kali.
  3. Taat dipimpin Roh melakukan kehendak Bapa Mat 7:21. Kita harus taat dipimpin Roh melakukan kehendak Allah kita. Ini termasuk bersaksi, doa syafaat, memenangkan jiwa, pelayanan, dan terus menjadi terang dan garam dunia di mana2 saja, di rumah, di sekolah dan waktu bekerja, maka kita akan cepat bertumbuh.

Termasuk disini ikut melayani jiwa2 sehingga 3 angka kedatangan Tuhan* digenapkan dan itu menjadi pahala kita (*lihat buku Target Ilahi).

Kalau kita bisa memakai hidup dengan baik, Tuhan menyediakan kesehatan yang baik (seperti Musa, Yusuf dll istimewa seperti Putra manusia Yesus) supaya kita bisa mencapai target dari Tuhan (semua orang mula2 mendapat target, rencana yang penuh sampai sempurna, tetapi sebab dosa dan tidak taat, itu merosot sesuai dengan dosa2nya).

Juga segala kebutuhan jasmani lainnya akan ditambahkan sehingga hidup ini akan berhasil Mat 6:33. Allah sanggup menambah tanpa batas, tergantung dari kita yang menentukan batasnya, yaitu supaya jangan sampai berkat Allah itu justru jadi penghalang atau merusakkan hidup rohani.

Jangan kuatir tentang hidup yang sementara ini.

MEMELIHARA HIDUP SEHAT.

Hal2 jasmani yang kita ketahui, jangan dilanggar, itu mencobai Tuhan Mat 4:7, misalnya cara hidup sehat. Tetapi jangan diberhalakan sehingga berdosa atau mengabaikan hal2 rohani, sebab ingin hidup sehat. Orang dunia sangat mementingkan hal ini.

Hal2 rohani. Ini yang lebih penting di hadapan Allah, sebab kalau rohani terpelihara, jasmani yaitu kesehatan akan jugaterpelihara Kel 15:26, Allah sanggup bahkan lebih dari sanggup. Jangan simpan dosa, terus berkenan pada Tuhan Kol 1:10, Mat 3:17 dan setia, tekun, bergairah melakukan semua yang Tuhan percayakan kepada kita. Carang yang ber-buah2, akan dibersihkan, supaya makin lebat berbuah Yoh 15:2. Jangan kuatir, “asuransi” atau jaminan Tuhan itu mulai dari pencegahan dan lengkap, sempurna. Kalau hidup kita ber-buah2, Tuhan janji terus membersihkannya supaya makin lebat buahnya. Jangan hidup sia2 atau hanya untuk perkara yang fana apalagi menuruti daging, limpah dosanya sehingga bantut tidak keluar buah. Carang yang tidak berbuah lebih2 yang berontak dan melawan, bisa dipotong oleh Tuhan antara lain dengan macam2 penyakit yang memotong umurnya (atau dengan malapetaka dll). Untuk apa kita hidup, kalau hanya untuk hal2 jasmani, sehingga limpah dengan dosa, penuh derita seperti Neraka, itu rugi besar, sebab semua perkara yang fana akan lenyap, tidak  bisa dibawa sampai kekal Luk 12:20-21. Hidup yang indah, bahagia yang dijamin oleh Tuhan adalah hidup bagi Tuhan, itu hidup yang puas Yoh 4:14, sukacita dan mati jadi untung Pil 1:21.

Kalau rohani terpelihara, hidup yang sehat juga disediakan.

KALAU SAKIT.

Apa yang harus kita lakukan?

Hal2 jasmani. Misalnya memikirkan atau menyelidiki sebabnya (ke dokter dan laboratorium) dan minum obat, itu tidak salah (jangan bercampur kuasa gelap), itu hal2 yang wajar seperti nasi bagi yang lapar, minum bagi yang haus, obat untuk sakit panas, bakteri dll. Tetapi tetap berharap pada Tuhan dan memperkenankannya, sebab kemampuan manusia itu terbatas!Dan jangan untuk mempertahankan hati yang keras, tidak mau bertobat, tidak peduli akan Tuhan, tidak mau berubah atau taat, sebab yakin bisa sembuh dengan obat. Orang yang berdosa kepada Allah akhirnya penyakit dan hukumanakan terus mengejarnya.

Hal2 rohani.

  1. Tidak ada yang kebetulan Mat 10:30. BEr-tanya2lah akan Tuhan, kalau mau disucikan, bertobat, pasti Tuhan akan memberitahukan sebabnya, tetapi kalau keras hati seperti Saul, maka Tuhan tidak akan bicara 1Sam 28:6. Sebab itu perlu hati yangmau disucikan dan kalau ada dosa, sungguh2 mau bertobat!
  2. Periksa diri. Segera kita tahu apa yang salah, ada dosa, perbaiki hari itu juga Ibr 3:15, menunda itu keras hati dan Tuhan tidak berkenan. Jangan lupa juga jangan ada hubungan dengan occultisme, harus sungguh2 dibuang,dilepaskan. Lebih mudah kalau dibantu orang dekat kita (keluarga dan orang2 rohani) untuk menyelidiki dan ikut ber-tanya2 pada Tuhan, memeriksa diri itu sangat penting, sebab kalau ada dosa, apalagi yang disembunyikan, tidak mau bertobat, penyakit itu akan sulit sembuh, bisa membawa celaka bahkan membawa kematian seperti Ahazia yang terus menerus keras hati dan tidak mau bertobat 2Raj 1:1-4 (bisa juga kena bencana sebagai hukuman Tuhan. Jangan nekad melawan Allah, pasti hukumannya bertambah hebat, takutlah akan Tuhan 1Kor 10:22). Jatah umur bisa dipotong karena keras hati dan melawan Allah, juga karena tidak menghormati atau kurangajar pada orangtua. Termasuk dosa adalah tidak mau melakukan perintah Tuhan dari pimpinan Roh Kudus atau dari Firman Tuhan.

Kalau penyakit disebabkan karena jatah umur habis seperti Elisa, bersedialah 2Raj 13:14.

Kalau penyakit karena ujian seperti Ayub, jangan bereaksi dosa, tetapi bersyukur dan taat dipimpin Roh, pasti menang dan sembuh.

  1. Pakai iman untuk menerima janji kesembuhan dari Allah (kalau ada dosa harus bertobat lebih dahulu). 1Pet 2:24. Disini disebutkan kombinasi darah dan bilurNya sebab seringkali dibutuhkan untuk bertobat. Kalau iman lemah, jangan putus asa, berdoalah, lebih2 dalam Roh dan kebenaran sampai imannya muncul lalu bertindaklah dengan iman. Tidak sulit, kalau sudah ada iman, sekalipun hanya sebiji sesawi, kecil, kita bisa memindahkan gunung2 penyakit dan malapetaka Mat 17:20. (Jangan lupa harus ada pemberesan). Iman mutlak perlu sebab kita menerima dengan iman Mat 8:13. Orang yang punya iman bisa mengambil atau mencabut sendiri kuasa kesembuhan dari Tuhan, misalnya Mat 9:21, Mrk 5:28. Sebab itu jangan ragu2. Kalau perlu minta bantuan doa, sebab ber-sama2 dengan sehati minta kesembuhan, lebih kuat imannya ber-sama2 Mat 18:19-20. Kalau sudah yakin lakukan tindakan iman seperti Petrus, langsung lompat ke air dan ia berjalan di atas air Mat 14:29. Kalau belum yakin jangan bertindak tetapi berdoa terus, lebih2 dalam Roh dan kebenaran sampai timbul iman. Iman tidak sulit, asal mau percaya, Roh Kudus akan menolong orang yang sudah membuat pemberesan, dan Firman Tuhan tidak berubah, tetap berlaku. Perlu iman dan memenuhi syarat2 di atas.

KESIMPULAN.

Tuhan menjanjikan sehat lahir batin, rohani dan jasmani. Orang yang percaya sudah ditebus, bisa hidup merdeka dari dosa setiap hari dan melakukan kehendak Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus, maka tubuh kita juga akan terpelihara dengan sehat setiap hari, supaya kita bisa terus melakukan kehendak Tuhan, terus diolah, terus tumbuh dan ber-buah2 untuk kekal. Dan jangan lupa apa tujuan hidup kita. Untuk hidup yang kekal, bukan untuk hidup di dunia yang sementara ini, sebab itu hiduplah memperkenankan Tuhan dalam segala segi hidup kita terus menerus dalam pimpinan Roh Kudus. Biarlah netto untuk hal2 yang kekal terus meningkat, tidak sia2, maka hidup ini akan sukacita, puas dan terpelihara oleh Tuhan, baik dalam kesehatan dan semua segi hidup lainnya. Hidup dengan Tuhan itu indah meskipun ada banyak problem dan pencobaan, justru kalau kita menang, lulus (tidak bereaksi dosa tetapi bereaksi sesuai pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan), maka semua ini jadi pernik2 kehidupan yang indah, besar kecil, sesuai dengan rencana Tuhan dan kita terus tumbuh dan meningkat. Tetap dalam kesucian dipimpin Roh, lekat pada pokok yang benar Yoh 15:5, ini yang paling penting sehingga kita mendapat umur yang sehat dan tumbuh makin tinggi serta ber-buah2 untuk kekal. Jangan bantut terus menerus, bisa dipotong.Kalau toh sakit, percayalah akan janji Tuhan dan periksa diri dan kalau ada yang perlu dibetulkan, lakukanlah segera. Jangan tunggu seorang penginjil besar datang, Tuhan ada disini dan Diamendengar doa orang benar dan anak terhilang yang mau bertobat dan pulang, serta menyembuhkannya.  Bertindaklah dengan iman sesuai dengan Firman Tuhan yang sudah kita ketahui. Yang sakit disembuhkan dan yang sehat terus terpelihara supaya boleh tumbuh makin seperti Kristus, istimewa dalam tabiat baru dan buah jiwa2.  Terimalah kesembuhan dari Tuhan dan pertolongan untuk semua segi hidup, supaya bisa terus hidup untuk Kristus.

Nyanyian:

Percaya saja 2x

Percaya yang bri kita menang/ sembuh).