M3987 – Efesus 2:10, 1Korintus 12:6 Mengalami Rencana Allah Yang Indah-Indah

(Tiap hari Yesus heran buat saya).

APA ARTINYA.

Menjadi orang beriman yaitu anak2 Allah yang maha besar dan maha mulia, itu sangat untung dan menyenangkan (Yoh 1:12). Untuk setiap anak2Nya, Allah sudah merencanakan hidup berkemenangan danbeberapa banyak hal2 indah setiap hari, sehingga seharusnya setiap hari kita mengalami hal2 indah (hal2 di luar kemampuan kita, kesukaan, kejutan2 yang indah, pertolongan yang ajaib dll) dari Allah.

Kalau ini sudah dijanjikan Allah, mengapa tidak semua orang Kristen mengalaminya? Dimana salahnya dan bagaimana caranya supaya kita bisa mengalaminya?

Caranya adalah, jalan hidup kita harus di atas rel Allah, maka kita akan melewati (mengalami) banyak stasiun2 indah dari Allah setiap hari sepanjang umur hidup kita. Jangan keluar rel, tidak bertemu stasiun2 indah dari Allah! Rel Allah adalah hidup benar dipimpin Roh sesuai dengan kehendak Allah, tidak menuruti daging (tidak berdosa), maka dengan sendirinya kita akan mengalaminya.

Kita melihat beberapa contoh untuk menjelaskan hal ini, supaya kita bisa hidup sesuai dengan cara dan kehendak Allah sehingga bisa mengalami rencana Allah yang indah itu, setiap hari sampai ke akhir dan masuk dalam Surga, puncak dari semua keindahan dan kesukaan untuk kekal.

  1. Kita harus berjalan dengan iman dalam kebenaran 2Kor 5:7 bukan dengan perasaan hati, pikiran dll, yang berakibat keluar dari ril dan tidak melihat banyak stasiun2 indah yang sudah disediakan Allah bagi kita.

Seharusnya kita dapat banyak stasiun yang indah dalam riwayat hidup kita tetapi batal sebab tidak berjalan dengan iman, tetapi berjalan dengan perasaan hati, akal, sombong, cinta uang, keinginan daging dll yang sia2.

  1. Menang atas jatah sengsara harian.

Biasanya setiap hari ada jatah kesusahan, (KJ: kesusahan = evil, hal yang jahat). tetapi juga setiap hari ada jatah hal2 yang indah dari Allah, sebab setiap jatah sengsara harian itu ada buah2-nya. Mat 6:34. Tetapi kalau kita bereaksi dosa dalam sengsara atau kesukaran itu, gugur, tidak taat akan Firman Tuhan dalam menghadapi problem itu, maka rencana Allah bagi kita yang timbul adalah hasil dari sengsara atau problem itu batal dan hasilnya kosong, tidak ada apa2 padahal Allah sudah menyediakan yang indah2 kalau kita menang. Sebab itu kita harus belajar dipimpin Roh dalam kesucian, jangan bereksi dosa dan taat akan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus; jangan pimpinan Roh  kudus dibatalkan oleh akal, pengalaman, perasaan hati, kesombongan, percintaan daging atau dunia dan dosa lainnya, maka rencana Allah “yang indah” akan batal.

Ini harus kita ingat baik, supaya jangan hidup kita jadi kosong dan kering, sama seperti orang dunia, tidak ada apa2 yang indah dari Allah, kosong dan sia2. Misalnya:

JANGAN BEREAKSI DOSA: TERSINGGUNG, MENURUTI PERASAAN HATI AKAL ATAU DAGING.

II.1. Waktu MARIA minta tolong Putranya sendiri untuk menolong pesta itu (rupa2-nya Maria adalah keluarga dekat, Putra manusia Yesus juga diundang dengan murid2Nya, sebab itu Maria terbeban sebab anggur habis dan itu memalukan) Yoh 2:4.

Mengapa Maria bicara pada Putranya? Mungkin sebab tidak ada jalan lain sebab Putranya bukan ahli angur tetapi anak tukang kayu (rupa2-nya Jusuf suami Maria sudah mati. Waktu Putra manusia berumur 12 tahun Jusuf masih hidup Luk 2:43. Mengapa Putranya tidak menyembuhkan waktu waktu sakit dan membangkitkan waktu  mati seperti Lazarus? Tidak disebutkan, tetapi pasti Ia tidak dipimpin Roh untuk melakukan hal itu, juga waktu untuk pelayanan belum datang Luk 3:23).

Pada waktu Maria minta tolong Putranya, ibuNya ini dijawab dengan kata2 yang bisa menyakiti hati.

  1. Hai perempuan. Justru pada waktu itu Maria membutuhkan Dia sebagai putranya. Ia tidak berkata kepada Petrus yang jauh lebih tua dan berpengalaman. Ini jawaban yang tidak enak. Biasanya jawaban seperti ini adalah jawaban Putra manusia yang dipimpin Roh Yoh 8:26. Tetapi ini justru jawaban yang luar biasa, mungkin Maria belum mengerti, sebab ini berarti Putra manusia Yesus berkata kepada ibuNya bukan sebagai anak tetapi sebagai hamba Allah dan kalau sebagai hamba Allah, pasti ada pertolongan.
  2. Apa kena mengenaKu dengan engkau.

Jawaban ini se-olah2 tidak sopan (seperti jawaban Mat 15:24,26) tetapi ini jawaban dari Tuhan. Kalau Maria bisa menerimanya sebagai jawaban dari Tuhan, bukan jawaban anaknya (yang sebagai manusia tidak bisa berbuat apa2) maka ada harapan hamba Allah ini dipakai Allah untuk menolongnya. Untung Maria tidak tersinggung dan tidak sakit hati atau marah. Seperti biasa sekalipun tidak enak dan tidak mengerti, Maria menyimpan semuanya ini dalam hatinya sambil berpikir Luk 1:29, 2:19. Tampaknya begitu juga disini, Maria tidak marah tetapi diam saja.

  1. SaatKu belum sampai. Ini kata2 aneh, tetapi ini memberi harapan. Maria mungkin menangkap jawaban ini, bahwa pada waktunya Ia akan menolongnya. Maria percaya dan tidak sakit hati, ia memberi perintah pada hamba2 yang ada (tampaknya Maria bukan tamu, tetapi orang dalam yang bisa memerintah hamba2 disana) Yoh 2:5, Maria memerintahkan hamba2 itu untuk taat pada Putranya. Heran, lewat suatu saat Putra manusia menyuruh hamba2 itu dan sebagai hamba, mereka taat dan hasilnya ajaib yang luar biasa.Maria betul2 percaya, sebab itu ia menyuruh hamba2 itu untuk taat; ia tidak sakit hati, teringgung atau marah, JMPE, tetapi Maria percaya dan taat. Hasilnya ajaib yang besar, mujizat pertama, sebelumnya belum ada. Yoh 2:11.

Coba Maria menuruti perasaan hatinya, tersinggung, marah, sakit hati, mujizat besar itu batal. Sebab itu jangan menuruti perasaan hati untuk marah, kecewa dll. Jangan bereaksi dosa, berbuatlah sesuai dengan Firman Tuhan, dengan

II.2. NAAMAN.

Ia datang sebagi orang besar yang terhormat.

Tetapi nabi Elisa tidak mau keluar, hanya hambanya yaitu Gehazi. Ia disuruh mandi di sungai Jordan tujuh kali, padahal sungai2 di negerinya jauh lebih baik. 2Raj 5:11-12. Andai kata Naaman tetap berkeras hati dan tersinggung, maka ia pulang tetap dengan kustanya. Sebab sombong ia tidak mau taat dan akan pulang dengan marah dan kepahitan.  Tetapi hamba2nya itu lebih rendah hati dan mereka mengajak Naaman untuk taat. Naaman akhirnya taat dan pulang dengan berkat besar penuh kesukaan yangindah dan ajaib dan dengan keselamatan dari Allah. Coba Naaman menuruti perasaan hatinya yang tersingung dan kesombongannya ia akan pulang gigit jari dengan kepahitan. Mungkin juga budak perempuan di rumah kena akibatnya.

III. TAAT AKAN FIRMAN TUHAN, SEKALIPUN TIDAK LOGIS.

III.1. PETRUS

Dalam Luk 5:5 Petrus mau taat akan perintah Tuhan dan ia mendapat hal2 yang luar biasa yaitu mujizat dan lebih dari itu, ia menjadi muridNya.  Memang perintah Tuhan Yesus bertentangan dengan pengalaman dan pikirannya. Ia sudah semalam suntuk gagal mencari ikan, dan sekarang, orang baru yang tidak berpengalaman ini menyuruhnya untuk menangkap ikan. Petrus berhasil. Kalau Petrus tidak taat sebab kepintaran dan pengalamannya, dan merasa dikecilkan oleh orang baru ini, maka ia tidak akan mengalami rencana Allah yang heran pada waktu itu dan selanjutnya. Tetapi sebab taat, ia mendapat pengalaman mujizat yang heran dan sekaligus mendorongnya untuk masuk dalam golongan rasul2 Tuhan Yesus.

Ada banyak contoh yang ajaib, tetapi rencana Allah yang indah2 sepanjang Alkitab dan semua itu disebabkan karena terus berjalan dengan pimpinan Roh Kudus, sesuai Firman Tuhan di relnya Allah. Tetap hidup dalam kesucian, tidak bereaksi dosa sekalipun ada banyak problem dan hal2 yang tidak enak dan tetap taat dipimpin Roh dalam kesucian sesuai dengan Firman Tuhan. Maka kita akan mengalami rencana Allah yang indah2, bahkan rutin dan akan terus tumbuh dalam rencan Allah yang heran di akhir zaman ini.

III.2. YUSAK.

Yusak percaya dan taat akan perintah Allah untuk mengelilingi Yeriko 7 kali, meskipun ini tidak masuk akal. Sebab itu ia mengalahkan Yeriko dan masuk dalam rencana Allah yang gilang gemilang. Sebab itu percayalah akan janji2 Allah dan taat, meskipun seringkali tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan kehendak kita sendiri. Misalnya pikul salib bisa senang, sulit dimengerti. Juga taat bertekun dalam kesucian dan 7 KPR, tidak tampak enaknya (lain dengan kesukaan dosa, banyak nikmatnya dan enak). Tetapi kalau kita mau menyangkal diri dan taat,maka kita akan melihat janji2 Allah yang luar biasa sekaligus tumbuh dan masuk dalam rencana Allah yang indah.

Banyak orang mengalami hidup yang kosong dan kehilangan hal2 indah luar biasa, sebab tidak percaya pada janji2 Allah dan tidak mau taat, lalu jalan menuruti kehendak dan caranya sendiri! Ia keluar dari ril Tuhan, juga keluarrencana Allah yang heran. Sebetulnya ia bisa mengalami puluhan atau ribuan hal2 indah yang sudah disediakan Allah dengan indah dan heran bagi setiap anakNya.

Allah sanggup melaksanakan dan menggenapkan semua janji2 yang sudah disediakan Allah bagi setiap umatNya juga ber-sama2 dengan jawaban doa dll yang diperlukan. Israel yang keluar dari Mesir, hanya mengalami sedikit dari janji2 Allah yang heran sebab tidak mau percaya dan taat pada Tuhan dan mereka mati di padang gurun dengan cara2 yang sangat mengenaskan, padahal ada janji2 Allah  yang heran sepanjang jalan dan puncaknya di negeri Kanaan yang sudah disediakan Allah amat indah.

Begitu banyak umat Tuhan yang hidupnya mengenaskan sebab tidak percaya pada Tuhan Yesus.

Jangan berjalan menurut akal, pengalaman, perasaan hati, kesombongan dan dosa2 dan pikiran manusiawi. Tetapi percayalah Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus, terus di rel kesucian Tuhan, maka kita akan mengalami rencana Allah yang indah di dunia, apalagi nanti di Surga yang mulia untuk kekal.

LEBIH BANYAK MENGERTI KEBENARAN FIRMAN TUHAN, LEBIH INDAH.

Orang yang lebih banyak mengerti Firman Tuhan akan ber-buah2 lebih banyak Mat 13:23. Dari Firman Tuhan kita mengerti rencana dan cara Allah bekerja dan timbul iman (Rom 10:17) dan ini membuat kita bisa bekerjasama dengan baik, sehingga buah2nya lebih banyak, kita bisa menikmati lebih banyak dari hal2 indah yang sudah disediakan Allah sangat banyak! Firman Tuhan itu lengkap, istimewa dalam pimpinan Roh Kudus, sehingga kita bisa mengerti kehendak Allah dan dapat kekuatanuntuk menghadapi setiap problem yang kita hadapi, sehingga semua itu menggenapi rencana Allah yang indah dalam hidup kita setiap hari. Jangan seperti orang Israel yang keluar dari Mesir dengan pengalaman yang sangatindah, juga di padang gurun sudah dipelihara dan dilindungi Allah dengan heran. (Setiap hari ada mujizat yang mengikuti mereka yaitu nafkah setiap hari, Tiang Awan dan Tiang Api,  pimpinan Musa yang dari Allah perjanjian dll, tetapi mereka tetap tidak percaya pada Tuhan, tetap memakai pikiran sendiri, perasaan hati dan kehendak hatinya sendiri sehingga sekalipun sudah keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat dan penuh mujizat, tetapi akhir hidupnya gagal dengan sia2. Sebab itu kita harus mengerti Firman Tuhan hidup dalam kesucian dan terus taat akan Firman Tuhan dan pimpinan Roh (ada sejahtera Allah Pil 4:7) dan tetap dalam persekutuan tubuh Kristus, maka dalam setiap langkah dan putusan kita tidak salah pilih dan mengalami janji2 Allah yang heran, serta ada dalam rencanaNya yang mulia sampai kekal. Berusahalah menikmati rencana2 Allah yang indah, sebab itu juga sekaligus menumbuhkan kita. Kalau belum cukup mengalaminya, selidikilah, ber-tanya2lah pada Tuhan dan padapimpinan dan saudara2 yang mengerti. Sebab orang yangtidak mengalami rencana allah, bukan saja hidupnya kosong dan pahit, tetapi juga keluar dari ril Allah dan jatuh dalam dosa, itu celaka.

RENCANA ALLAH DI AKHIR ZAMAN.

Pada akhir zaman yang dahsyat dan padat dengan banyak peristiwa2 jahat dan dosa serta jerat2 iblis. Hanya ada dua jalan. Orang yang keluar dari rencana Allah dan pimpinan Roh akan masuk dalam jalan iblis yang celaka! Sebab juga pada akhir zaman ini ada berkelimpahan pengajaran Mat 10:26-27 (Firman Tuhan terbuka dengan limpah untuk hati yang suci sebab ia akan menjadi haus akanFirmanNya) dan Hujan akhir yang begitu limpah dan kuat untuk memimpin kita tetap ada dalam rencana Allah, supaya jangan terjebak dan hanyut dalam jalan dosa dari iblis.

Kita harus berjalan dalam pimpinan Roh setiap langkah, Rom 8:14 dan jalan dengan iman 2 Kor 5:7 untuk taat pada Tuhan, kalau tidak, terseret dan terjebak oleh siasat iblis yang berusaha dengan ber-macam2 cara, siasat dan godaan untuk membuat kita menuruti jalan sendiri dan jalan iblis yang mengarah pada celaka sampai neraka kekal.

Bagaimana kalau bingung dan tidak bisa percaya akan Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus. Misalnya Daud waktu di Ziklaq 1Sam 30 dibumihanguskan dan seluruh keluarganya dan keluargatentaranya hilang ditawan. Mereka menangis sampai air matanya kering dan bingung dan kacau. Akhirnya itu berbalik jadi keajaiban yang luar biasa, semua kembali, dapat kemenangan besar dan dapat jarahan sangat banyak sampai di-bagi2. Bagaimana caranya?

  1. Percayalah akan Tuhan, tetap bersyukur sekalipun mengalami hal yang sangat tidak enak. Kemenangan kita dengan iman.
  2. Berdoa dan berjalan terus dalam ril Tuhan (hidup benar), jalan dengan iman dalam pimpinan Roh (ada sejahtera) sekalipun kita tidak mengerti, Tuhan akan pimpin dan bertumbuh dalam ..
  3. Minta dan taat akan pimpinan Roh. Waktu Daud bertanya Tuhan dan disuruh mengejar musuh (ia yakin) lalu pergi.
  4. Ada kasus sederhana (budak Mesir yang pingsan) ditolong dan ini jadi permulaan yang luar biasa. Tuhan tidak memakai alat atau cara yang sulit, Dia selalu memakai apa adanya, baik barang atau hal2 yang ada, tidak perlu cari yang sulit2atau tunggu import. Tuhan bisa pakai ali2, garam (Elisa), rahang keledai (Simson), palungan (Yusuf Maria), tongkat gembala (Musa), air cuci kaki (Yoh 2) dll yang penting ada Allah beserta kita. Sebab itu enak atau tidak enak, tetap bersyukur dan jalan terus dengan iman.

Sumber iman adalah Firman Tuhan dan Roh Kudus dalam ketaatan di jalan sempit (terus pikul salib dan taat akan Firman Tuhan) Sebab itu jangan berhenti dari belajar Firman Tuhan dan limpah doa dalam Roh dan kebenaran serta 7KPR lainnya supaya selalu ada iman, bisa mengerti kehendak Tuhan Ef 5:17 dan terus taat akan pimpinan Roh Kudus dalam setiap langkah hidup kita. Dalam 2Sam 23 ada 40 contoh yang luar biasa dari orang2nya Daud yang mengalami rencana Allah yang besar dalam hidupnya.

BEBERAPA PERINGATAN.

Jangan hidup sia2 menuruti daging, akal dan perasaan  hati sendiri, tetapi terus taat pada Tuhan.

Jangan mulai dalam Roh dan berakhir dalam daging Gal 3:3-4 sehingga binasa seperti Saul, padahal rencana Tuhan bagi Saul itu sangat indah, tidak kalah dengan rencana Allah bagi Daud, sebab Allah itu kasih dan adil 1Sam 13:13. Kita harus tekun ikut Tuhan sepanjang umur hidup kita sampai ke akhir. Selalu dalam pimpinan Roh dalam kesucian dan sejahtera Allah Pil 4:7.

Setiap orang yang hidup dalam Kristus, ada rencana Allah lengkap yang indah.

Jangan seperti Esau yang sudah dilahirkan lengkap dengan hak sulung dan berkat Tuhan yang indah tetapi sebab bodoh, ia mengambil langkah2 yang sesat yang membinasakannya Mar 12:24. Ada banyak hal yang menyesatkan Esau sebab bodoh, menurut kehendaknya sendiri, tidak mendengarkan Firman Tuhan dari orang tuanya, terus berjalan menuruti kehendaknya sendiri dalam pergaulan orang dunia yang jelek, sehingga akhirnya semua yang sudah disediakan Allah dengan indah itu sia2 dan tidak ada artinya, ia binasa dalam kebodohan dan kekerasan hatinya sendiri.

Kesimpulan

Setiap umat Tuhan, sudah disediakan dengan kasih dan adil (Rom 2:11, rencana Allah bagi setiap kita mula2 sama, atau tidak kurang dari Daud atau Moody atau yang lain). Tuhan sediakansuatu rencana yang indah di dunia sampai kekal.

Tetapi sebab bodoh, menuruti kehendaknya sendiri, tidak mau berjalan dengan iman di jalan sempit dalam pimpinan Roh Kudus, maka semua rencana Allah yang indah2 itu lepas dengan sia2. Sebetulnya setiap hari Tuhan Yesus itu heran bagi kita, tetapi jadi kosong sebab tidak mengerti kehendak Allah, tidak percaya akan Firman Tuhan dan tidak taat akan pimpinan Roh Kudus.

Sebab itu jangan lewatkan setiap hari dengan sia2. Berjalan dengan Tuhan, beri waktu yang cukup untuk bersekutu dengan Tuhan dalam masa teduh dan terus berjalan dalam Roh, supaya setiap hari kita menyambung terus di jalan dan rencana Allah, maka hidup ini akan jadi indah dan terus tumbuh dalam rencana Allah yang indah dan mulia!

Test untuk jalan dalam rencana Allah  yang indah:

  1. Selalu dalam kesucian, tidak ada tuduhan dalam hati kita tetapi selalu ada sejahtera Allah Pil 4:7.
  2. Setiap hari kita harus bisa merasakan pimpinan dan pertolongan Tuhan yang indah kecil atau besar (misalnya hanya dapat 1 hikmat, satu pengertian dari Firman Tuhan, pertolongan kecil atau besar, tetapi seharusnya selalu ada beberapa hal2 yang indah dari Tuhan, tergantung dari kita masing2), sehingga setiap hari bisa bersyukur dan memuji2 Tuhan.
  3. Kalau ada kepahitan dan kekosongan dalam hati, ada dosa, maka kita harus segera bertobat supaya jangan terus di jalan yang salah, tetapi kembali ke jalan yang benar dan jangan sampai rencana Allah dalam hidup kita banyak merosot.

Memang asal selamat itu masih untung 1Kor 3:15 tetapi Tuhan menyediakan bagi kita jauh lebih besar dari itu,setiap hari yang indah, heran dan sejahtera untuk terus berjalan dengan Tuhan.

Jangan sampai tertipu oleh daging, dunia, pergaulan dan iblis, dosa dll,  tetapi selalu berjalan dengan Allah. Pikirkan baik2 setiap hari, apa kita masih tetap berjalan dengan Tuhan.

Nyanyian:

Tiap hari Yesus heran buat saya.