M3982 – 1Tesalonika 5:1-8. Tanggal Kedatangan Tuhan.

KEDATANGAN TUHAN SEPERTI PENCURI.

Kedatangan Tuhan I sebagai bayi yang lahir di Betlehem sudah terjadi 2000 tahun yang lalu untuk menebus dosa manusia di atas salib, sudah digenapkan dengan sempurna.

Kedatangan Tuhan II terdiri dari 2 tahap yaitu: Tahap 1 sebagai mempelai, Kristus datang di udara tiba2, semua orang lain tidak tahu, tahu2 umat Tuhan hilang,yaitu yang sudah sempurna (144.000 orang) sebagai mempelai Kristus dan yang belum sempurna (sangat banyak, mungkin 0,5 – 1 milyard) ikut dalam Pesta Kawin Anak Domba.

Tahap 2, Ia datang mendarat di bukit Zaitun ber-sama2 dengan semua orang yang selamat masuk Surga, lalu mereka memerintah dalam Kerajaan 1000 tahun. Semua orang di dunia melihat dan lari, yang ada cap Antikris dan menyembahnya, semua mati dalam perang Harmagedon. Orang2 yang tidak ada cap dan tidak menyembah Antikris boleh masuk dalam Kerajaan 1000 tahun sebagai penduduk.

1Tes 5:1-3. Untuk orang dunia dan anak2 gelap, kedatangan Tuhan ini seperti pencuri, tahu2 datang dan “barang berharga” tahu2 hilang Yer 49:9.

1Tes 5:4-8. Untuk orang yang ber-jaga2, anak terang, kedatangan Tuhan bukan seperti pencuri. Berarti kita akan tahu, yaitu waktu masuk Minggu ke-70 Daniel; seperti Nuh tahu saatnya, 7 hari sebelumnya (= Minggu ke-70 Daniel), juga Abraham tahu.

Dalam Mat 24:36, dikatakan tidak ada orang yang tahu tanggal itu. Tetapi seperti Nuh, kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel (kurang 7 “hari”) baru kita akan tahu.

Dua macam kedatangan Tuhan:

  1. Kedatangan Tuhan secara pribadi waktu mati. Kita harus bersedia, sebab ini juga tidak diketahui tanggalnya Amos 4:12.
  2. Kedatangan Tuhan secara umum, pada hari pengangkatan (ini tahap 1).

RAMALAN-RAMALAN.

Kemarin tanggal 23-9-2017 diramalkan oleh banyak orang sebagai hari Pengangkatan. Orang yang mengerti kebenaran Firman Tuhan pasti tahu sebelumnya bahwa itu salah, tetapi meskipun begitu, kita harus makin sungguh2 ber-jaga2. Banyak ramalan2 diambil dari ber-macam2 sumber, tetapi kita hanya percaya akan nubuatan akhir zaman dari Firman Tuhan yang pasti akan dibukakan kepada nabi dan hamba2Nya Amos 3:7 supaya mempersiapkan umat Tuhan dan pasti ini yang akan terjadi Luk 1:37, Ay 42:2. Sebab Tuhan tahu yang akan datang dengan tepat dan bisa membuat filmnya (yaitu nubuatanNya).

Ada banyak ramalan tentang kedatangan Tuhan dan semua salah. Waktu itu tampaknya pasti jadi secara manusiawi, tetapi sebab tidak cocok dengan Firman Tuhan, ternyata semua itu salah 100%, misalnya tahun 2003 di Bandung, juga di Canada, di Korea selatan dll hampir ada di mana2. Orang2 mencoba meramalkan padahal tidak boleh melawan Mat 24:36.

Ada banyak sebab2 besar yang jelas sehingga tidak mungkin semua ramalan ini benar, antara lain:

  1. Gereja belum siap. Tuhan datang sesudah Gereja jadi sempurna dan yang lain ikut dalam Pesta Kawin Anak Domba.
  2. Polarisasi dosa dan kesucian Wah 22:11 belum mencapai puncaknya. Baptisan api belum berlaku Luk 12:49, Mat 3:12.
  3. Meterai Sangkakala belum terjadi. Ini biasanya karena penafsiran yang tidak sesuai, sebab Meterai dan Sangkakala yang sebenarnya belum terjadi.
  4. Hujan Akhir belum sampai pada puncaknya, dimana keadaannya akan dua kali ganda hujan Awal dalam Kisah rasul, padahal sekarang belum kita lihat. Begitu pula keadaan Gereja yang sangat tertib 2Kor 10:6 masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17, belum tampak.
  5. Tanda2 dalam dunia makin menghebat tetapi belum mencapai puncaknya, tidak mungkin kemarin terjadi pengangkatan.
  6. Dan lain2.

Kita harus mengerti baik2 rahasia kedatangan Tuhan, supaya bisa tahu dengan pasti tanda2 kedatangan Tuhan, sehingga tidak bingung, terbawa macam2 ajaran/ pendapat. Ef 4:14.

III. BER-JAGA2 MAKIN SUNGGUH2.

Meskipun ramalan hari ini salah, tetapi kita harus makin sungguh2 ber-jaga2, sebab:

  1. Hari kedatangan Tuhan setiap hari makin dekat dan tanggalnya akan dipercepat Mat 24:22, 2Pet 3:12 dll. Kecepatan dosa dan kejahatan, juga kesucian makin cepat meningkat, yang tidak ber-jaga2, tiba2 terlambat.
  2. Terjadi Polarisasi dosa dan kesucian. Wah 22:11. Makin dekat hari itu, yang jahat, yang keji, segala macam dosa dan arus dosa makin kuat. Tetapi fasilitas dari Tuhan juga lebih kuat sehingga orang2 yang di jalan sempit, yangberjalan sesuai dengan Firman Tuhan akan makin suci dan makin heran dalam pimpinan Roh Kudus (hujan Akhir) sehingga tidak akan hanyut dalam “tsunami” dosa akhir zaman yang memuncak tetapi justru makin indah. Akan ada dua puncak! Sebab itu kalau orang beriman tidak tumbuh makin sungguh2, makin meningkat di dalam Tuhan, maka mereka akan terseret dalam arus dosa dan kejahatan yang akan makin meningkat dahsyat. Jangan lupa grafiknya pada waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, tiba2 naik dengan begitu cepat sehingga yang tidak ber-jaga2, akan berjatuhan, yang hidup dalam dosa bisa berselancar makin cepat sampai puncak2 dosa!
  3. Sulit untuk pindah jalur dalam Minggu ke-70 Daniel. Banyak orang berpikir, kalau sudah dekat hari kedatangan Tuhan, baru mau sungguh2; ini satu pikiran dari iblis yang menjeratnya sebab:
  4. Terikat. Ini berarti sekarang ia masih mau main2 dan menikmati anggur lama, ia akan terikat dan tidak bisa lepas lagi Luk 5:39, dosa yang mengikat mulai sedikit, dikira masih sedikit, ternyata sudah meningkat begitu cepat sehingga kasep dan tidak bisa lepas.
  5. Ini kanak2 rohani, yaitu orang yang setengah hati atau masih simpan percintaan dunia, tidak bisa mengerti kebenaran Firman Tuhan yang sungguh. Orang Halaman tidak akan mengerti rahasia kerajaan Surga Mat 13:11, Mrk 4:11. Ia akan bingung dan kacau dalam macam2 ajaran, dan tidak akan bisa tahu kapan sesungguhnya”sudah dekat” itu Ef 4:14, bahkan kadang2 terjebak ramalan2 yang salah, lalu kapok, tidak bisa percaya lagi.
  6. Perbedaan jalan sempit dan lebar sudah terlalu besar. Kalau sekarang tidak mau bersedia, lain kali kalau sudah dekat waktunya (biasanya tidak tahu atau bingung Ef 4:14) tetapi kalau toh tahu, tidak akan bisa pindah ke jalur yang betul, sebab bedanya sudah terlalu jauh, yang suci makin suci, begitu tinggi dan yang najis makin najis begitu rendah. Perbedaan 2 puncak ini terlalu jauh.Misalnya sekarang ke Gereja, tetapi hidup dalam dosa, bahkan ikut pelayanan, tidak ada (banyak) yang tahu; Tuhan tahu tetapi Dia diam saja. Tetapi sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel orang2 yang simpan dosa tidak berani datang ke Gereja jalan sempit, akan mati seperti Ananias dan Safira Kis 5 dan akan terjadi banyak kasus seperti ini, sehingga semua orang tahu dan orang2 yang hidup dalam dosa tidak berani datang, lalu pindah Gereja jalan lebar, disitu aman, dengan berharap bisa berubah pelan2. Kalau toh mau bertobat, sangat sulit sebab sudah terikat, harus membuang semua percintaan dosa, harus lepas seketika dan ganti kebiasaan hidup dalam kesucian, termasuk tabiat2 dosa (yang biasanya untuk berubah total, seringkali perlu waktu lama). Sebab itu kalau sekarang tidak bersedia, tidak tobat sungguh2 dan ganti cara hidup baru total dalam semua segi hidup, berubah menjadi baru itu terlalu jauh, sulit dan gagal. Biasanya masih ada yang bisa tetapi dengan pengorbanan total. Kalau sekarang untuk berubah tabiatnya, dengan korban perasaan hati sedikit saja sudah tidak tahan, hari2 ini harus korban total, seringkali gagal, dan akan langsung mati dalam hukuman Allah yang keras waktu itu 2Kor 10:6;atau pindah Gereja jalan lebar (dengan harapan akan bisa berubah pelan2) ternyata rusak dalam pergaulan keji dari Gereja jalan lebar seperti Tiatira, Pergamus dll, akhirnya binasa dalam dosa atau tertinggal! Jangan harap bisa pindah jalur waktu perbedaan besar, kemungkinan kecil!

Sebab itu mulai sekarang harus hidup suci, mati dari segala keinginan dosa itu pasti untung besar, sebab semua dalam Tuhan minimum harus suci 1Pet 1:15-16, sehingga kita bisa tumbuh, dan waktu itu rohani sudah tinggi, makin cepat tumbuh kepada kesempurnaan rencana Allah.

  1. Tidak bisa percaya lagi akan kedatangan Tuhan, bahkan tidak mau karena kena tipu iblis dalam kesukaan dosa Mat 24:48-49 sehingga mabuk dalam dosa dan melawan orang2 benar. Juga yang kapok dari ramalan pengangkatan yang salah, apalagi kalau semua hartanya sudah dijula habis, ia akan menjadi pengolok sebab pengalaman pahit dan bodoh 2Pet 3:3-4. Orang yang setengah2 itu sulit, tidak bisa menikmati kesukaan dan pimpinan Roh (hikmat, kuasa, karunia2 dll) sehingga tidak tahan untuk pura2 bersedia, sebab hatinya masih cinta dosa. Tetapi orang yang penuh dipimpin Roh akan sungguh2 bersedia, makin indah dan rohaninya makin cepat meningkat!

BAGAIMANA BER-JAGA2 DENGAN SUNGGUH2.

Sikap yang betul menunggu kedatangan Tuhan adalah:

  1. Jasmani seperti biasa, tetapi dalam kesucian yang sungguh2 tertib di hadapan Tuhan. Jangan berhenti bekerja hanya karena spekulasi atau ramalan yang salah Luk 17:34. Kecuali kalau yakin dipimpin Roh untuk pelayanan full timer, itu jauh lebih menguntungkan rohani, termasuk jasmani terpelihara.
  2. Rohani harus ber-jaga2 sungguh2. Kesukaran bisa datang se-waktu2, baik kesukaran pribadi, lokal dan global 2Tim 3:1. Yang pribadi dan lokal bisa terjadi kapan saja, tetapi yang global pada saat penamatan terakhir dalam Minggu ke-70 Daniel. Kesukaran pribadi tergantung dari kekuatan masing2 1Kor 10:13, tetapi kesukaran global, harus dihadapisemua orang beriman, yang menjadi ujian akhir untuk semua orang dan yang sama beratnya di mana2 Wah 3:10. Mereka yang tidak bersedia juga harus mengalaminya dan tentu yang tidak bersedia akan gugur dan binasa. Sebab itu semua harus bersedia, sebab yang ber-jaga2 akan disertai Tuhan dan akan lulus, bahkan tumbuh dan masuk dalam proyek penamatan Allah yang gilang gemilang.

Kesukaran lokal tergantung dari waktunya, lebih2 yang mendekatiakhir zaman akan jadi makin berat seperti kesukaran global. Sebab itu kita perlu selalu ber-jaga2  sepanjang umur hidup kita, meskipun kita belum tahu sudah saat terakhir atau belum. Ber-jaga2 berarti selalu hidup dalam kesucian, lekat pada Tuhan seperti carang dalam pokok Yoh 15:5, limpah dengan 7 KPR, yaitu:

  1. Bisa hidup suci, merdeka, mati lepas dari dosa, tidak sampai jatuh lagi 2Pet 1:10, Jd 24, terus di jalur jalan sempit.
  2. Bisa pikul salib, bahkan makin mahir dan tetap taat sampai mati Pil 2:8, 1Pet 4:1.
  3. Tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran sehingga selalu punya kelebihan minyak seperti ligabis Mat 25:3.
  4. Mencintai Firman Tuhan dengan limpah sampai dua kali ganda, 2 gomer Kel 16:22, sehingga penuh dengan hikmat ilahi dan punya pikiran Kristus.
  5. Tekun ibadah bahkan makin ber-tambah2 lagi Ibr 10:25. Tidak cukup ibadah lewat TV dll, sebab perlu tatap muka 2Yoh 12, 3Yoh 13 dan duduk bersama dalam hidup ibadah dan pelayanan Maz 133:1-3.
  6. Bisa bersekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus seperti Trinitas, dalam kasih dan kesucian 1Yoh 1:7..
  7. Selalu bersaksi jadi garam dan terang dunia Mat 5:13-16.
  8. Punya pondasi yang teguh dan makin kuat Mat 7:24-28, sehingga waktu kesukaran datang tidak roboh. Ini seperti berakar dalam Kristus Kol 2:7, sehingga kalau puting beliung akhir zaman datang, tidak tercabut keluar.
  9. Siap menghadapi polarisasi Wah 22:11.
  10. Siap menghadapi masa hukuman rumah Allah dengan peraturan ilahi yang sangat tertib 2Kor 10:6, 1Pet 4:17.
  11. Siap berperang, bukan baru belajar 1Kor 9:25. Sebab menghadapi dosa dan kejahatan yang meningkat sampai puncakserta 3 Antikris pertama.
  12. Siap menghadapi ujian akhir Wah 3:10.
  13. Siap menghadapi baptisan api Luk 12:49, Mat 3:12.
  14. Siap ditampi Mat 3:11.
  15. Sudah matang untuk dituai Mat 13:30.

Semua pokok ini saling berkaitan sau sama lain dan kita harus tetap teguh dalam Bapa, Putra, Roh Kudus dan tubuh Kristus seperti Wah 12:1. Kalau kita siap, ber-jaga2, pasti untung, apalagi kalau dapat kesempatan masuk dalam Minggu ke-70 Daniel, kita akan tumbuh dengan sangat cepat dalam fasilitas akhir zaman yang luar biasa sehingga bisa ikut dalam penamatan rencana Allah yang sangat mulia dan ajaib, menjadi Gereja yang ajaib, lalu masuk dalam kesempurnaan.

Kita harus bersedia untuk menghadap Tuhan secara pribadi atau ber-sama2, sebab itu semua orang perlu bersedia.

Diambil dari tulisan Ronny D Rondonuwu:

Tahun 156.

Montanus dari Firgia memprediksi kedatangan Tuhan pada thn 156 dan akan mendirikkan Yerusalem baru di Asia Kecil. Ramalannya didukung oleh nabiah karismatik bernama Priscilla dan Maximilla.

Tahun 500.

Hippolytus seorang theolog abad ketiga memprediksi kedatangan Tuhan pada thn 500. Dia memakai perhitungan matematis yang diterapkannya ke dalam Alkitab.

1 Januari 1000.

Disimpulkan oleh sidang Oikumene di Eropa thn 999. Jelang akhir thn 999 terjadi kekacauan, banyak orang yang ketakutan dan menangis. Banyak orang yang menyiksa diri, orang kaya memberi hartanya kepada orang miskin dan berharap masuk surga tp nyatanya tidak terjadi apa-apa

Tahun 1260.

Joachim dari Fiore memprediksi thn 1260 dan di sepanjang thn ini dia berparade dgn serombongan orang yang mencambuk dirinya dan menghimbau pertobatan untuk orang-orang.

21 Maret 1843.

William Miller, memiliki banyak pengikut yang hari ini dikenal dgn nama the Seventh-day Adventists. Ramalannya keliru direvisi tanggal 22 Oktober 1844. Tanggal ini sekarang disebut “The Great Disappointment,” alis ‘Kekecewaan terbesar”. Banyak orang Kristen telah menjual harta benda milik mereka, berhenti dari pekerjaan mereka dan menyiapkan diri untuk kedatangan kedua tp tidak terjadi apa-apa. Pantas saja mereka kecewa…..

Tahun 1873.

Charles Taze Russel, pendiri Saksi Jehovah direvisi thn 1878, lalu thn 1914 dan terakhir 1918. Pengikutnya kembali merevisi thn 1975, terakhir thn 1979.

Tahun 1972.

David Berg, tokoh dari Children of God bertepatan dgn kedatangan komet Kahoutek.

11-13 September 1988.

Edward Whisenant menjual 2 juta copy bukunya yang berjudul, 88 Alasan Mengapa Pengangkatan akan Terjadi di Thn 1988. Rev. Jeff Hamond (Peta Zaman) memprediksi 1988 kedatangan Tuhan (40 thn sesudah Israel merdeka Matius 24, 32-34).

28 Oktober 1992.

Sebuah kelompok di Korea Selatan yang menyebut dirinya ‘Mission for the Coming Days’ dgn diorganisir oleh Jang Lim Lee Juga Pendeta Jonggi Cho dari Korea Selatan melalui bukunya Pengangkatan (Peniup Sangkakala) 50 thn dan dikurangi minggu terakhir Daniel.

10 November 2003.

Di Indonesia Mangapin Sibuea, Pendeta gereja Rhema Pentakosta Filadelfia, Baleendah, Bandung jam 09.00 – 15.00 WIB. Nyatanya bukan Sang Juru Selamat yang datang tapi polisi menjebloskan Pdt Mangapin Sibuea ke penjara.

Tahun 1994.

Harold Camping, gagal, diganti tgl 21 Mei 2001.

Mei 2008.

Sebanyak 35 anggota Gereja Ortodoks Rusia Sejati dipimpin Pyotr Kuznetsov bersembunyi selama enam bulan dalam sebuah gua karena yakin kiamat mau terjadi. Mereka  keluar dari sana setelah gua yang mereka huni runtuh.

Kiamat 2012? Dalam sms, email, koran, majalah difilmkan dgn judul 2012. Juga Mama Lauren dari Indonesia meramal tahun kiamat yang sama.

Seminar : KETETAPAN MASA KEDATANGAN TUHAN YESUS YANG KEDUA MENURUT KITA WAHYU

Tempat : Kupang (Aula Eltari)

Pembicara : ROMO PDT. DR. PAULUS TRIBRATA, BR.M.TH,MM (dari Jogjakarta).

80 tahun sesudah 5 Mei 1948 = Mei 2008.

Nyanyian:

Zaman sekarang berjagalah.

Makin sungguh dipimpin Roh.

Jangan takut kabar2,

tapi makin berjagalah.

Hari itu pasti datang, o indahlah.