M3983 – Ulangan 11:14, Kisah Rasul 2:1-4. Kegerakan Roh Kudus.

RENCANA ALLAH.

Dalam Wasiat Lama untuk menanam Tuhan memberi hujan Awal, untuk membongkar tanah dan menabur istimewa gandum dan sesudah tumbuh, untuk penuaian, Tuhan beri hujan Akhir sehingga tumbuh mayang gandum yang matang, dituai dan masuk lumbung.

Dalam Wasit Baru. Ini menjadi gambaran dari proyek Allah untuk menyelamatkan manusia, segala bangsa lewat Gereja yaitu tubuh Kristus. Hujan Awal adalah kegerakan Roh Kudus yang dijanjikan Tuhan Yoh 14:16-17, Kis 4:31, maka lahirlah Gereja mula2. Tuhan menyertai Gereja sepanjang 2000 tahun untuk menyempurnakan proyek penebusan manusia sampai Gereja sempurna, seperti gandum yang matang untuk dituai, lalu Tuhan datang membawa semua masuk lumbung Surga. Untuk mematangkan sehingga siap dituai,  Tuhan memberi Hujan Akhir, kegerakan Roh Kudus akhir zaman, yang sudah mulai berlangsung.

MENGAPA PERLU ROH KUDUS.

Roh Kudus sudah turun pada manusia sejak Wasiat Lama, tetapi cara kerjanya (versi) lain daripada Wasiat Baru. Dalam Wasiat Lama misalnya diantara 2-3 juta orang, hanya beberapa penuh Roh Kudus versi Wasiat Lama yaitu Imam, nabi, raja, hakim dan 1 atau 2 orang tertentu, jumlahnya 5-10 orang saja. Dalam Wasiat Baru semua yang mau dan minta mendapatkannya, tidak sulit, ini janji Tuhan, misalnya 120 orang di kamar loteng semua penuh.  Luk 11:10-13. Tanpa syarat lain, asal percaya Tuhan Yesus dan minta Roh Kudus untuk hidup kudus.Roh Kudus ini penolong yang dalam Wasiat Baru tinggal terus di dalam kita Yoh 14:16-17. Ini dimulai dengan baptisan Roh Kudus Kis 2:33; 2:2-4; 10:44-46; 19:6. Dalam Wasiat Lama Roh Kudus hinggap dan sesudah selesai melakukan pekerjaanNya, Iapergi lagi, tetapi pada orang yang tetap, misalnya Simson. Mengapa? Sebab Roh Kudus tidak tahan, karena orang Wasiat Lama dosanya masih nyata ada (juga rohnya masih diperbudak iblis). Dalam Wasiat Baru sudah beres dosanya oleh darah Yesus dan rohnya sudah lahir baru, Roh Kudus bisa tinggal terus, selama orangnya tetap mau hidup dalam kesucian.

Roh Kudus itu menjadi penolong kita Yoh 14:16, sebab kita tidak mungkin kuat tanpa Roh Kudus Zak 4:6, Pil 4:13, 2Kor 4:7. Penuh Roh Kudus ini wajar tetapi mutlak perlu seperti tentara semua punya senjata. Roh Kudus itu Allah yang maha besar, disertai Roh Kudus itu membuat kita jadi luar biasa! Kita bisa hidup suci, bisa mengusir dan mengalahkan iblis, terus sejahtera dan bersukacita, juga ada saldo sukacita Yoh 4:14; 16:22, bisa menghadapi apa saja dengan Tuhan yang maha kuasa, bisa jadi saksi Tuhan Kis 1:8 dan melakukan perkara2 besar dari Tuhan Maz 60:14.

Perbandingan hidup orang beriman dengan atau tanpa Roh Kudus itu bisa dilihat dari perbandingan ini:

  1. Sendiri = 1.
  2. Anak + orangtua = + 10-30 kali lebih kuat.
  3. Tertuduh + pengacara, di dalam pengadilan = + 5-20 kali lebih kuat.
  4. Tanpa dan dengan senjata = antara mati dan hidup.
  5. Kita + Allah yang maha kuasa = 1 – ~ (= tak terhingga), tergantung kerjasamanya. Untuk bisa bekerjasama, ada syarat2 untuk kita, tergantung dari kita (sebab Allah tidak berubah dan selalu siap dalam segala perkara) kita harus hidup dalam kesucian dan untuk itu harus mau salib, mematikan daging terus menerus Rom 6:6; 8:36; 1Pet 4:1 dan mau taat melakukan semua perintah dan kehendak Roh. Kalau kita memenuhi syarat ini, maka dengan mudah kita bisa melakukan perkara2 besar dari Allah, tentu semuanya menurut kehendak dan rencana Allah, bukan kehendak kita dan kita harus taat akan kehendakNya Rom 8:14, Gal 2:20. Hadapi semua problem dengan Tuhan, dipimpin Roh, asal tetap benar di hadapan Allah, hasilnya luar biasa Rom 8:31.Kalau kita bisa taat penuh dalam kesucian, hasilnya bisa 100, 1000 kali lipat sampai tidak terhingga! Luar biasa. Dan ini berlaku dalam segala segi hidup, sebab Allah itu super spesialis dalam semua segi hidup, Dia maha sanggup. Kita bisa melihat ber-macam2 pertolongan Roh Kudus antara lain dalam buku 31 faedah bahasa lidah. Rindukan mengalami faedah yang luar biasa, juga dalam hal2 sekuler tetapi tetap suci dan cocok dengan Firman Tuhan!

Sebab itu hendaklah kita selalu penuh dan dipimpin Roh dan ini menjadi mudah kalau kita berusaha berdoa dalam Roh terus menerus Jd 20, Ef 6:18, 1Tes 5:17. Kalau dipimpin Roh itu luar biasa, baik jasmani dan rohani, kita bisa “berjalan dengan kuku kembar = halal, diperkenan Tuhan” Im 11:3. Ini berarti dalam hidup jasmani, misalnya menghadapi pekerjaan (sekolah) atau hidup se-hari2 dengan segala macam problemnya, bisa tetap hidup suci, menang dan berkenan pada Tuhan (sesuai Firman Tuhan); dan dalam hidup rohani terus tumbuh dengan indah, bahkan sebagai Imam2 Tuhan dan hamba Allah Yes 61:5-6. Ini luar biasa. Jangan pakai cara dunia (dalam hal2 sekuler dan jasmani) jangan menghalalkan segala cara, tetap berusaha terusdipimpin Roh, Allah sanggup menolong kita. Jangan lupa syaratnya, suci juga tabiat baru, tetap rendah hati, tulus, tidak cinta uang atau hal2 duniawi dan daging lainnya, Tuhan sanggup dan mau menolong.

III. MACAM2 KEGERAKAN ROH KUDUS.

  1. Pribadi. Misalnya sida2 Etiopia Kis 8:26-40. Tanpa Roh Kudus tidak mungkin ia menjadi seperti ini; bangsa, bahasa, negara, adat, Tuhannya lain semua, tetapi ia sangat bergairah ke Yerusalem, pulang masih membaca Firman Tuhan dalam kitab Yesaya dalam bahasa Ibrani. Gairah dan perubahan ini dari Roh Kudus. Banyak contoh2 lain seperti Zakheus, murid2 dll dikerjakan Roh Kudus.
  2. Kelompok. Misalnya dalam isi rumah Kornelius semua bertobat dan penuh dengan Roh Kudus, hadirat Tuhan turun Kis 10:44-48. Ini luar biasa.
  3. Massal. Pelayanan Petrus yang membuat ribuan orang bertobat dan diantaranya 3.000 dibaptis saat itu juga dalam nama Tuhan Yesus Kristus yang mereka bunuh dengan kejam! Dalam sesaat ribuan pemberontak itu bertobat. Ini hujan Awal! Hujan Akhir ini hebatnya dobel dari Hujan Awal.

Kita mengharapkan kegerakan Roh Kudus ini bukan datang dengan sendirinya atau otomatis, tetapi kita harus ikut ambil bagian ber-sama2. Hujan Awal dimulai waktu 120 orang berdoa ber-sama2 di kamar loteng Yerusalem dari hari kenaikan Tuhan Yesus sampai (dan) hari Pentakosta. Kita perlu bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran. Harus bersedia dan bertekun berdoa ber-sama2. Sekarang kita sudah mengalami kegerakan ini, juga yang masaal di beberapa negara,tetapi timbul tenggelam bergantian di seluruh dunia. Ini menjadi persiapan untuk mengalami Hujan Akhir yang akan datang. Pada waktu masuk Minggu ke-70 Daniel seluruh dunia serentak akan mengalami hujan Akhir yang dua kali lebih hebat dari Hujan Awal dan global! Sebab itu sekarang kita sudah harus bersedia supaya bisa tahan masuk masa yang dahsyat itu.

Apa bedanya kegerakan Roh Kudus pribadi dan masaal. Secara pribadi itu sudah hebat, tetapi belum cukup. Mengapa? Sebab:

  1. Rencana Allah itu bukan hanya untuk pribadi tetapi dalam ukuran tubuh Kristus global. Sebab itu kita harus siap dan masuk dalam kegerakan tubuh Kristus. Sebab itu tidak boleh sendirian, harus bersekutu dan mengalami kegerakan Roh Kudus ber-sama2 dalam tubuh Kristus lokal dan akhirnya global.
  2. Hasilnya kalau ber-sama2 itu berlipat kali ganda, lebih dari deret ukur Im 26:8.
  3. Semua orang yang penuh dan dipimpin Roh harus mengambil bagian untuk saling mengisi dan salingmelengkapi dalam proyek global yang besar ini, sebab ini tidak mungkin dilaksanakan secara pribadi. Gereja akan sempurna dalam satu persekutuan tubuh Kristus global Yoh 17:23.
  4. Kegerakan pribadi tidak cukup; Harapkan untuk mengalami kegerakan Roh Kudus ber-sama2, lokal lalu global. Setiap kali kita berbakti, menyanyilah dengan sungguh2 sehingga hadirat Tuhan turun Maz 22:4, begitu juga dalam doa dan Firman tuhan, biar banyak nubuatan (kata2 dari Tuhan untuk sidang Tuhan 1Kor 14:1-4) sehingga ada berita, pesan, pembukaan rahasia, perintah, kalau perlu teguran sehingga Gereja Tuhan dibangkitkan dan tumbuh dalam kegerakan Roh Kudus.
  5. Sanggup menghadapi hari kedatangan Tuhan, yaitu 3,5 tahun sebelumnya pengangkatan, mulai Minggu ke-70 Daniel. Jangan siap untuk hari pengangkatan itu sudah terlambat. Minggu ke-70 Daniel adalah hari2 yang dahsyat, api itu sudah menyala Luk 12:49. Ini api Roh Kudus hujan Akhir untuk menghadapi api dari ujian akhir = baptisan api Luk 12:50, Mat 3:12, juga disebut masa hukuman rumah Allah. Ini ujian akhir proyek penamatan Allah untuk semua orang, sebab itu semua harus bersedia sungguh2 Mat 24:42,44, Luk 12:40, Mrk 13;37; 14:38, Wah 16:15. (Sebelum hari2 ini, ujian akhir hanya untuk orang yang rohaninya sudah sampai Tirai seperti Abraham, Ayub, Yusuf dll, bukan untuk semua orang percaya. Tetapi di akhir zaman semua orang2 percaya harus ikut ujian akhir. Wai yang tidak bersedia, pasti gugur menjadi korban).

Istimewa untuk masuk masa yang dahsyat ini, harus sungguh2 ber-jaga2 Luk 21:36 supaya kuat, supaya tidak gugur (sebab banyak orang beriman yang tidak ber-jaga2, menjadi korban, gugur dalam masa yang sangat sulit ini 1Tim 4:1, 2Tes 2:3). Masa2 ini seperti dapur api yang me-nyala2 dengan api ujian akhir, dengan api yang me-nyala2 di seluruh dunia.

Orang yang tidak bersedia, yang tidak punya kuasa seperti Sadrakh, Mesakh, Abednego, waktu masuk dapur api akan mati seketika, bahkan sebelum masuk api seperti Algojo yang mengangkatnya Dan 3:19-22. Harus ber-jaga2, harus punya kuasa seperti Sadrakh, Mesakh, Abednego. Waktu mereka masuk, api yang berbahaya ini justru menjadi kemuliaan bagi mereka, bahkan Tuhan Yesus ada di tengah2 mereka,sehingga tampak jelas 4 orang bersukacita mengalami kemuliaan Allah. Begitu orang yang tahan untuk masuk api Minggu ke-70 Daniel akan jadi ajaib, mulia seperti yang digambarkan Wah 12:1, luar biasa. Tetapi yang penting bagi kita, apakah kita sudah ber-jaga2 dan punya cukup kuasa untuk masuk dalam dapur api global yang me-nyala2 dengan hebat ini? Sudahkah kita bersedia.

BAGAIMANAKAH KITA HARUS BERSEDIA ?

Kalau kita bersedia dengan betul2, orang2 akan menyebut kita Imam2 Tuhan dan hamba2 Allah Yes 61:5. Hamba2 Allah 1Kor 6:19, hidup sebagai milik Allah, bukan kita lagi Gal 2:20 untuk selalu taat melakukan kehendak Allah terus menerus. Dan jadi Imam2 Tuhan yang melayani dengan hikmat kuasa Allah yang limpah sehingga jiwa2 dimenangkan, 3 angka digenapkan dan Gereja jadi matang seperti Kristus. Orang2 yang bersedia seperti ini bisa tahan masuk dapur api akhir zaman, dan bahkan jadi ajaib Luk 21:36. Hari2 ini lebih jahat dari hari2 di Babil waktu Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Juga lebih dahsyat dari waktu Hujan Awal dimana semua rasul2 mati syahid, bahkan paling dahsyat darisegala zaman, sebab ini akhir zaman dimana proyek penyelamatan Allah ditamatkan. Tetapi kuasa Tuhan dicurahkan luar biasa dengan segala fasilitas akhir zaman termasuk Hujan Akhir. Sebab itu kita perlu hujan Akhir kegerakan Roh Kudus yang kuat. Kita mengharapkan pekerjaan Roh Kudus lebih dari secara pribadi. Hari2 yang akan datang itu dahsyat dan sudah bertambah dekat. Jangan kuatir dengan hidup se-hari2, Tuhan punya janji istimewa untuk mengatur mengerjakan ladang kita, sedang kita sendiri mengerjakan lebih banyak pelayanan ilahi (Yes 61:5 ini untuk Gereja akhir zaman bukan untuk Israel, ini nubuatan yang luar biasa). Sebab itu tetaplah hidup dalam kesucian, selalu penuh Roh Kudus dan taat dipimpin Roh dalam pelayanan. Juga setiap kali kalau kita berhimpun, biarlah kita banyak berdoa dan saling melayani di dalam Roh (1Kor 14:12). Kita merindukan kegerakan besar diantara kita bersama. (Berdoa dalam Roh istimewa untuk tubuh Kristus ber-sama2, kecuali kalau bahasa lidah sebagai karunia yang harus diterjemahkan, harus diberi tempat, baik sebagai nubuatan, kesaksian pesan2 dll bentuk dari nubuat ini 1Kor 14:1). Rindukan dan mulai aktif setiap bertemu ada waktu untuk berdoa bersama dalam Roh Kudus dan kebenaran.

Hidup sebagai imam2 1Pet 2:9 dan hamba2 Allah itu pasti diberkati Tuhan dan lebih indah, penuh kesukaan dan kepuasan dari Tuhan bahkan selalu ada saldo sukacita sehingga tidak menderita, takut, susah, pahit tetapi penuh sejahtera dan sukacita Roh Kudus Pil 4:4,7. Segala perkara yang dahsyat akan terjadi pada hari2 ini, baik dosa dan kejahatan yang meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11 (dan itu diizinkan, dibiarkan Allah) bahkan 3 binatang Antikris sudah muncul, keadaan begitu dahsyat. Belum pernah ada hari2 yang jahat seperti ini sehingga orang mendengar saja sudah bisa rebah mati Luk 21:26, sebab serangan jantung yang makin banyak makan korban. Orang sekarang begitu mudah mendengar dan melihat semua peristiwa di seluruh dunia, lebih2 kasus2 yang jahat dan keji, yang sadis, pengkhianatan, ketidakadilan, sikap yang dahsyat, sehingga mendengar saja sudah tidak tahan, kata2 yang mengancam dan menyakiti hati begitu dahsyat. Apalagi melihat tidak tahan, begitu sadis, jahat, keji dan mengerikan. Tetapi sebaliknya pekerjaan Roh Kudus luar biasa, yaitu kegerakan Roh Kudus Hujan Akhir yang global, di seluruh dunia, sehingga orang2 beriman menjadi kuat, bahkan tumbuh dengan sangat cepat dalam 3,5 tahun ini kepada kesempurnaan, sebab itu bisa tahan bahkan bisa menghadapi dengan hikmat, kuasa dan cara2 ilahi yang luar biasa segala dosa dan kejahatan yang memuncak, bahkan dalam “dapur api kejahatan ini”, Gereja akan mengalami seperti Surga di bumi dalam 3,5 tahun itu yang membuat orang2 tumbuh dengan sangat cepat kepada kesempurnaan, dalam Gereja2 jalan sempit yang sangat tertib 2Kor 10:6. Segala mujizat muncul semua, praktis tidak ada orang sakit dalam hari2 ini, bahkan yang sudah tentu akan ikut pengangkatan, sekalipun mati bisa dibangkitkan kembali sehingga kembali hidup. Keadaan sungguh2 luar biasa. Semua rahasia Firman Tuhan terbuka, semua jabatan nyata dan limpah pelayanan orang sempurna sehingga Gereja betul2 seperti Surga di bumi.

KESIMPULAN.

Kita harus belajar mengerti segala perkara ini bukan untuk sekedar tahu, tetapi untuk:

  1. Bisa bersedia dengan sungguh2, sebab yang tidak sungguh2 bersedia akan gugur seperti yang sudah dinubuatkan dalam hari2 yang amat sulit ini 2Tim 3;1-5, 1Tim 4:1 dll. Kalau kita tidak bersedia, kita rugi, hanya ke-heran2an lalu lenyap seperti nubuatan dalam Kis 13:41. Jangan kuatir, hidup ber-jaga2 sebagai imam2 dan hamba2 Allah itu sangat indah, apalagi kalau sudah masuk “dapur api itu”, justru kita mengalami hadirat Tuhan, suasana Surga sekalipun kita masih di dunia. Tetapi harus bersedia mulai sekarang, bukan nanti kalau sudah melihat api itu me-nyala2 baru bersedia, sudah terlambat dan jadi korban, heran dan lenyap!
  2. Kita juga akan tahu apa saja yang harus kita pilih dan apa yang harus kita perbuat untuk masuk dalam proyek penamatan Allah yang heran itu. Jangan ikut orang banyak, tetapi punya pengertian dan pendirian sendiri yang cocok dengan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus. Ini jalan sempit dalam kesucian! Ada banyak hoax dan tipu daya iblis untuk menjatuhkan orang2 yang terpilih juga Mat 24:24. Marilah hidup benar, penuh dan selalu taat dipimpin Roh. Buang segala beban yang tidak perlu Ibr 12:1, juga ribut, perkelahian macam2 urusan yang tidak perlu. Masuk dalam persekutuan tubuh Kristus yang betul dalam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7. Tidak mungkin bisa tahan berjalan sendiri, hanya mungkin dengan Allah dan ber-sama2 dalam tubuh Kristus, tidak bisa sendirian! Yoh 17:23.

Nyanyian:

Berjagalah dan penuh Roh Kudus.

Jangan masuk api c’laka dunia.

Yang bersedia, luput dari bahaya.

bersekutu dalam tubuh Kristus.