M3956 – Matius 25:1-13. Memiliki Kelebihan Minyak Surgawi

Mat 25:1-4. PERBEDAAN LIGABO DAN LIGABIS.

5 gadis bodoh dan 5 gadis bijaksana, sepintas lalu tampaknya sama, tetapi sebetulnya sangat berbeda, prinsipnya lain yaitu:

  1. Sama2 menyala, tetapi nyalanya lain. Nyala ligabo nyata, pelayanan bisa hebat seperti Simson, tetapi dalam ha-tinya ada dosa dan keinginan duniawi, sebab itu 5 gadis bodoh ini bolak-balik berdosa, jatuh bangun. Nyala 5 gadis bijaksana itu dalam kesucian yang terus dipelihara sampai dalam hati. Memang ini harus terus diperjuangkan, sebab dalam manusia lahiriah ada ke-cenderungan pada gelap atau ke-inginan daging Yoh 3:19 dan itu harus terus menerus dimatikan Rom 6:6. Harus terus menerus pikul salib, supaya daging terus menerus dimatikan, se-hingga hatinya tetap dalam kesucian. Ini suatu hidup yang berkenan pada Tuhan seperti Kol 1:10, Mat 3:17.
  2. Tidak ada kelebihan minyak.

Lima gadis bodoh itu tidak mempunyai kelebihan minyak. Sebentar2 berbuat dosa sebab ada keinginan dosa  dalam hatinya dan itu tetap ada, tidak di-buang sehingga bolak balik muncul per-buatan dosa, kadang2 kecil, kadang2 besar. Sumber dosa dalam hatinya tidak dibuang Yak 1:15.

Daging bisa terus menerus dimati-kan, kalau kita mempunyai kuasa, yaitu kelebihan minyak dari Surga Kis 1:8, seperti ligabis. Ini didapat dengan hati yang sungguh2 mau tetap hidup dalam kesucian dan tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, bahkan kalau bisa ber-doa tanpa berhenti 1Tes 5:17. Ini tan-da2 khas dari ligabis, yaitu punya kele-bihan minyak, punya kuasa Roh Kudus, sebab tekun berdoa terus menerus dalam Roh dan selalu hidup benar.

Mengapa Tuhan memberi api, sehingga ligabo bisa menyala?

Tuhan itu baik dan pemurah dan memberi kesempatan untuk berubah dan menjadi baik dan terus ber-tam-bah2. Di dunia ini kita berada dalam masa pengolahan. Kalau kita dituntut untuk langsung sempurna, semua diaf-kir dan gagal. Tuhan mengajak, mem-bimbing untuk menjadi sungguh2 dan tumbuh dalam kesucian. Kalau mau dan taat pasti bisa!Ini masa pengolahan dalamkemurahan Tuhan, tetapi jangan kemurahan Tuhan itu dipermainkan dan dihinakan. Rom 2:4.

Sebab itu Tuhan tetap memberi ke-sempatan, sekalipun masih ada dosa atau keinginan dosa, Tuhan masih be-kerja dalam orang2 ini, yaitu ligabo. Seperti Simson dalam tempat2 dosa-pun, Roh Kudus masih bekerja dengan heran di dalamnya, tetapi ini karena kemurahan Tuhan dan tentu ada batas-nya. Kalau batas waktunya dilewati, ia tetap tidak mau bertobat sungguh2, terpaksa Roh Kudus meninggalkan dan iblis akan menguasainya, jatuh dalam tangan musuhnya, makin limpah de-ngan dosa, bahkan berbuat dosa2 se-ngaja dan akhirnya akan binasa seperti Saul! Tuhan memberi kesempatan su-paya yang bodoh berubah dan yang bijak makin meningkat.

Di hadapan Allah ligabo dan ligabis jelas berbeda. Ligabo sebentar menya-la, sebentar padam, naik turun, seben-tar di jalan sempit, sebentar di jalan lebar, bahkan kadang2 meskipun ber-dosa hanya dalam hati, tetapi Allah ta-hu dan tidak berkenan. Sekalipun ber-dosa dalam hati, itu tetap dosa di ha-dapan Tuhan. Tuhan tidak berkenan Ams 23:7 KJI. Ligabis mau terus mene-rus pikul salib dan tinggal di jalan sempit, terus menyala penuh Roh Ku-dus dan terus menerus taat dipimpin Roh. Kalau toh ada salah, langsung ber-tobat dan tidak mengulanginya lagi Yoh 8:11; 5:14. Jangan se-kali2 keras hati.

Orang yang mau hidup suci dan dipimpin Roh bisa tetap suci dan tidak sampai berdosa lagi 2Pet 1:10. Tetapi ligabo mengabaikan hal ini, dianggap sepele dan kecil. Memang Tuhan belum membuang ligabo, masih diberi kesem-patan untuk  diolah tetapi tentu ada batas waktunya! Kita hanya sesaat di dunia ini, jangan me-nyia2kan kesem-patan yang pendek ini. Juga orang yang tidak sungguh2, akan makin terikat dan makin sulit dilepaskan Luk 5:39.Sebab itulah nyala ligabo itu beda dari nyalanya ligabis.

Akhirnya ligabis ikut pengangkatan (ikut dalam PKAD = Pesta Kawin Anak Domba) tetapi orang yang tetap hidup sebagai ligabo tidak ikut dalam peng-angkatan.

Selama masih hidup, masih bisa berubah, ligabo bisa menjadi ligabis te-tapi juga bisa sebaliknya Gal 3:3-4, te-tapi kalau tidak mau berubah, pasti bi-sa, sebab ada Roh Kudus yang meme-nangkan hal ini. Sebab itu kita tetap ha-rus berusaha untuk jadi ligabis dan te-rus tumbuh dalam kesucian dan taat dipimpin Roh melakukan kehendak Allah.

Mat 25:5. MEMPELAI TERLAMBAT DAN SEMUA TERTIDUR.

Mempelai terlambat datang? ini menu-rut mereka semua yang tertidur 2Pet 3:4,9, Luk 12:45. Tetapi sesungguhnya  kedatangan Tuhan tidak akan diperlam-bat tetapi dipercepat, itu rencana Tuhan Mat 24:22, Ibr 10:37. Ternyata mereka yang tertidur, itu yang meng-anggap Tuhan terlambat. Mereka tidak tahu kapan kedatanganNya dan meng-alami kelemahan manusiawi sehingga tertidur.

Tertidur mengapa mereka tertidur? Inilah keadaan manusiawi mereka, me-reka lupa atau lalai atau merasa beban-nya terlalu berat, sehingga sebagian mulai berdosa, tetapi sebagian tidak sampai berdosa. Putra manusia Yesus karena lelah tertidur di kapal, juga pernah lapar dan juga dijamah oleh se-gala kelemahan manusiawi tetapi tidak sampai berdosa, tetap menyangkal diri, dan tetap hidup dalam kesucian. Ibr 4:15.

Sebagian orang2 karena kelemah-annya dan karena tidak mau menyang-kal diri, dan menuruti kelemahannya maka mereka jatuh dalam dosa. Tetapi kalau kita penuh dengan Roh Kudus, Roh Kudus akan selalu menguatkan kita dan kalau kita mau taat dipimpin Roh, tidak menuruti kelemahan manusiawi, maka kita tidak sampai berdosa dan kembali bangun dan terus menyangkal diri. Tetapi Ligabo yang kehabisan mi-nyak, dalam kelemahannya, mereka menuruti kelemahannya dan jatuh dalam dosa.

Sebaliknya orang2 yang penuh de-ngan Roh Kudus, apalagi punya kele-bihan minyak seperti ligabo, meskipun lelah, lapar, hatinya disakiti, takut, me-rasa berat dll, tetapi kalau kita tidak mau menuruti kelemahan manusiawi ini, kalau kita berharap dan berseru ke-pada Tuhan, makaRoh Kudus menguat-kan sehingga pada waktu kita lemah, maka pada waktu itu kita jadi kuat. 2Kor 12:10.

Jadi meskipun daging lemah tetapi ternyata kita menjadi kuat oleh Roh Kudus. Zak 4:6. Sebab itu kita harus selalu lekat pada Kristus, baik tidur dan berjaga, tetap lekat dan hidup dengan Dia. 1Tes 5:10. Sebab itu waktu kita “tertidur” karena kelemahan manusia-wi, merasa lemah, lelah, takut dll, Roh Kudus yang menolong sehingga kita  menjadi kuat selalu oleh Roh Kudus 2Kor 12:10.

Tetapi jangan menuruti kelemahan manusiawi sehingga berdosa atau ingin dosa, berseru pada Tuhan dan lawan daging, maka Roh Kudus pasti meno-long kita. Sebab itu buang segala angan2 jahat dan matikan daging terus menerus Maz 119:13, Gal 5:24, Rom 6:6.

Kalau kita mau dan berusaha untuk mempunyai kelebihan minyak (tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran), maka Roh Kudus akan menolong dalam segala kekurangan dan kelemahan kita, Dia akan menguatkan kita sehingga ti-dak jatuh dalam dosa dan bisa kuat kembali dan berkemenangan. Misalnya waktu putra Manusia di taman Getse-mani, Putra manusia takut sebab menghadapi perkara2 yang sangat dah-syat tetapi Ia tidak berdosa Luk 22:43,44. Roh Kudus datang menguat-kan dan putra manusia Yesus jadi kuat sekalipun dagingnya tetap terbatas sebagaimana manusia biasa. Waktu datang pencobaan Putra manusia Ye-sus menang, yaitu waktu Yudas dan tentara Romawi datang hendak me-nangkap Dia. Pada waktu tentara Ro-mawi rebah, Ia bisa lari, tetapi Ia tidak lari, tetap taat melakukan kehendak BapaNya. Ia bisa marah pada Yudas, tetapi Ia mengampuninya. Jangan takut waktu kelemahan manusiawi hendak menguasai kita, berseru pada Tuhan, Roh Kudus akan menolong dan me-nguatkan kita. Waktu Elia ketakutan dan putus asa, ia berseru pada Tuhan dan Tuhan menolongnya, ia menjadi sangat kuat sehingga bisa bergairah penuh, berjalan 40 hari 40 malam sampai di gunung Allah dan akhirnya menjadi sempurna. Tuhan menolong-nya dengan air dan roti dari Surga dua kali 1Raj 19:4-8.

Mat 25:6. SERUAN, MEMPELAI DATANG.

Apa artinya ada seruan ini? Seruan mempelai datang tetapi mempelai belum datang, hanya sudah bisa tahu bahwa Dia datang.

Inilah permulaan Minggu 70 Da-niel. Pada waktu ini (pada waktu masuk Minggu ke-70 Daniel), orang yang di-pimpin Roh, mereka tahu bahwa Tuhan akan datang 3,5 tahun lagi. Ini saatnya orang2 yang dipimpin Roh tahu waktu kedatangan Tuhan, tetapi Tuhan be-lum datang, masih 3,5 tahun lagi. Sama seperti ketika waktunya sampai, Nuh tahu 7 hari lagi banjir datang Kej 7:4. Juga Abraham tahu sebentar lagi So-dom akan dibakar Kej 18:17. Ini saat yang sangat indah bagi orang2 yang bersedia seperti ligabis, yang mempu-nyai kelebihan minyak, sebab mereka akan mengalami saat2 yang paling in-dah dalam sejarah umat Tuhan di dunia.

Mat 25:7. SEMUA BANGUN.

Ligabis bersiap2, sebab punya kelebih-an minyak dan mereka dapatikut dalam rencana Allah yang terindah, yaitu tum-buh dengan sangat cepat dalam proyek penamatan rencana Allah sehingga Ge-reja dalam 3,5 tahun menjadi sempur-na (3 angka kedatangan Tuhan dige-napkan). Ini masa yang luar biasa, suatu keadaan istimewa, yaitu zaman keemasan bagi tubuh Kristus global yg berada dalam jalan sempit di tengah2 dosa, kejahatan dan kebencian, Gereja tumbuh menjadi sempurna. Dengan fasilitas ekstra akhir zaman mereka bisa mengalahkan 3 antikris yang merajalela pada waktu itu dan terus tumbuh de-ngan heran dan cepat kearah kesem-purnaan. Beberapa ada  yang menjadi sempurna seperti Kristus.

Tetapi ligabo tidak bisa ikut sebab pelitanya padam, sebab tidak punya kelebihan minyak, minyaknya sudah habis. Hari2 ini terjadi hal2 yang dah-syat. Orang yang tidak ber-jaga2 peli-tanya padam, akan hanyut dalam dosa, jadi begitu jahat sehingga banyak yang mati dalam dosa, jadi korban kejahatan dan waktu pengangkatan, tertinggal dan jadi korban zaman Antikris yang jahat. Tetapi orang yang ber-jaga2 akan mengalami hari2 yang luar biasa, se-hingga Gereja menjadi ajaib Wah 12:1 oleh pekerjaan 3 Pribadi Allah, sehing-ga merasakan suasana Surga meskipun masih di dunia dan masih ada di te-ngah2 dunia yang penuh dengan segala macam dosa dan kejahatan yang me-muncak. Koran2 sulit menceritakan hal ini. Mungkin berita kekejian dan keja-hatan bisa diberitakan, sebab itu sudah biasa, tetapi berita dalam Gereja sulit dimengerti! Dahsyat!

 

Mat 25:8. TERJADI PEMISAHAN ANTARA LIGABO DAN LIGABIS.

Disini mulai terasa dengan nyata pemi-sahan antara 5 gadis bodoh dan 5 gadis bijak.

Mengapa terjadi pemisahan? Sebab ligabo tidak hidup dalam kesucian, pe-nuh dengan keinginan dan perbuatan dosa, ada yang kecil, ada yang besar, ada yang terus menerus, ada yang jatuh bangun. Sebab itu mereka sudah terseret dalam polarisasi dosa sebe-lumnya dan sekarang makin terpisah; lebih2 disini, dengan mulainya masa hukuman rumah Allah dan timbul pelayanan orang sempurna dan hukum yang keras, maka ligabo tidak bisa ta-han dan mereka memisahkan diri, se-bab rohnya sudah lain, hidupnya sudah berbeda jauh dan tidak lagi bisa ber-sekutu. Mereka pergi sebab pelitanya padam.

Mereka berusaha mencari atau membeli minyak. Ligabis bisa menyala sebab punya kelebihan minyak dan ikut dalam rencana penamatan Allah yang heran itu.

Mat 25:9. LIGABO GAGAL MENCARI MINYAK.

Ligabo tidak bisa minta minyak, sebab sumber minyak adalah Tuhan yang se-perti pohon zaitun bagi pelita2. Zak 4:2-3. Ligabo tidak berdaya, mereka gagal dan sia2. Kalau saat ini baru mau mencari kelebihan minyak, kalau saat ini baru mau berjaga2 dengan betul, sudah terlambat dan gagal. Hatinya sudah terikat dan cinta dosa Luk 5:39, Ul 32:32,33, mereka sudah tumbuh menjadi sangat keji dalam banjir dosa di akhir zaman ini, sehingga tidak mau lagi bertobat dan hidup suci.

Persiapan untuk berjaga2 harus mu-lai sekarang bukan menunggu waktu masuk Minggu 70 Daniel, itu sudah terlambat. Sebab itu sekarang sudah harus berjaga2, sekarang harus jadi ligabis, punya kelebihan minyak. Ligabo sudah terpisah sejak ayat 6-9. Dia mencari minyak tetapi tidak berhasil. Tidak berhasil sebab dari dahulu tidak mau bertobat dan tidak mau hidup sebagai ligabis. Bahkan ligabo tidak mau dinasehati untuk memiliki minyak lebih! Mereka berusaha untuk mencari atau membeli minyak. Meskipun waktu itu Roh Kudus masih ada (dalam zaman antikris Roh Kudus sudah tidak ada lagi 2Tes 2:7), tetapi hukumnya sangat ter-tib. Sekarang kalau dicampur dengan sedikit2 dosa seperti Simson dan se-perti banyak orang zaman sekarang, Roh Kudus masih mau bekerja, tetapi dalam zaman ini keadaan sangat tertib, sedikit dosa, hukuman dahsyat jatuh Kis 5. Apalagi Roh Kudus, ada sedikit dosa, Roh Kudus tidak bisa bekerja. Lebih2 orang yang undur ini makin penuh dengan dosa yang limpah dan keji, mereka tidak bisa mendapatkan minyak lagi (dulu hanya syndrom botol kosong, tetapi dalam Polarisasi mereka sudah jadi sangat keji Wah 22:11). Yang ada hanya api palsu yaitu pekerjaan roh2 setan seperti api yang lain yang dibawa Nadab dan Abihu, lalu ke-duanya langsung dibakar dengan api hukuman Allah sampai mati. Orang2 ini sudah tidak bisa pindah jalur lagi, sudah terlambat.

Dahulu mereka berdoa dalam “roh” tanpa kebenaran (syndrom botol par-fum kosong). Mereka sudah di jalur ja-lan lebar dan tidak mau dan tidak bisa pindah lagi; Mereka tetap beribadah seperti Achab, tetapi tanpa Tuhan, hanya dengan berhala2 yang disem-bahnya (baal, lembu emas dll). Ini seperti Gereja2 akhir zaman di jalan lebar, dimana iblis bertahta Wah 2:13, 2Tes 2:4. Sebab itu pintu tertutup bagi mereka. Inilah ligabo dengan nyala dan api yang lain, pelayanan yang bercam-pur dosa dan keinginan2 yang keji dan limpah ikatan berhala2nya seperti Ge-reja2 jalan lebar di akhir zaman.

Mereka ditolak seperti Mat 7:23. Inilah orang2 yang dipakai Tuhan se-perti Simson, ligabo,bisa doa dalam Roh tetapi ada dosa dan kekejian da-lam hatinya, yang berbuat perkara2 yg keji pada waktu polarisasi dan dalam Minggu ke-70 Daniel, apalagi dalam pe-layanan orang sempurna, mereka tidak akan tahan. Orang2 ini akan hanyut da-lam dosa yg makin keji dan terpisah seperti lot terpisah dari Abraham, Tidak bisa kumpul kembali, terpisah untuk saat itu dan sampai kekal.

Mat 25:10. LIGABIS IKUT PENGANGKATAN.

Ini saat pengangkatan dan ligabis ikut ber-sama2, tetapi ligabo tertinggal, pin-tu tertutup baginya. Waktu pengang-katan Roh Kudus bekerja dalam ligabis, sehingga mereka berubah dalam seke-jap lalu ikut dalam pengangkatan. Teta-pi di dalam ligabo, tidak ada Roh Ku-dus, sebab ituligabo tertinggal, pada waktu ini Roh Kudus tidak ada di dalam orang yg bercabang, suam, mendua, ada dosa2 di dalamnya. Orang2 yang suam itu diludahkan keluar, dibuang Wah 3:16.

Mat 25:11-12. LIGABO TERTINGGAL.

Ligabo tertinggal, tidak bisa ikut dalam pengangkatan.Roh Kudus tahu siapa yang hidup dalam kesucian dan taat dipimpin Roh, inilah orang2 yang punya kelebihan minyak dan Roh Kudus me-ngubah mereka dalam tubuh kemu-liaan lalu ikut dalam pengangkatan (li-hat buku pengangkatan). Ligabo ter-tinggal.

Orang2 yang menyala cara ligabo, pe-nuh Roh Kudus tetapi mendua, suam, akhirnya tidak dikenal dan tidak di-ubahkan untuk ikut dalam peng-angkatan.

Mat 25:13. BER-JAGA2LAH.

Sekarang sudah harus ber-jaga2 mes-kipun masih lama, sebab kita tidak tahu tanggal kedatanganNya. Ini yang menentukan untuk bisa ikut peng-angkatan, yaitu sudah ber-jaga2 mulai sekarang sehingga bisa masuk dalam perjanjian 1Kor 15:51 (tidak mununggu masuk Minggu ke-70 Daniel). Kalau se-karang tidak berjaga2, tidak masuk dalam penentuan untuk pengangkatan, maka orang2 ini akan mati dalam dosa, jadi korban kejahatan atautertinggal. Sekarang harus bertobat sampai dalam hati sehingga betul2 jadi suci di ha-dapan Allah dan kesucian ini harus selalu dipelihara, terus lekat seperti carang pada pokok (sehingga limpah dengan 7 KPR), dan selalu penuh dan taat dipimpin Roh, punya kelebihan minyak seperti ligabis.