M3957 – AYUB 39:4b-7. RUSA BETINA, KEBUN BINATANG ALLAH. (Bag. 3)

PENDAHULUAN.

Dalam Ay 38-39 Tuhan ber-kata2 kepa-da Ayub pada saat penderitaan karena ujiannya. Ayub pernah membela diri dengan membenarkan dirinya karena penderitaan yang begitu dahsyat. Te-tapi kemudian ia menyesal danTuhan tahu bahwa Ayub adalah orang yang indah (Ay 1:1,8) dan tidak menyalahkan Allah dalam penderitaan (ujiannya).

Sebab itu Tuhan menolong Ayub yang mau memperbaiki kesalahan yang ada padanya, waktu ia membenarkan dirinya supaya kembali disucikan.

Tuhan menegur dan Ayub men-dengar semua itu baik2 dan mau me-nerima danmenyerah pada Tuhan se-perti jawaban yang kita dengar dalam Ay 39:36-38. Tuhan ingin membukakan mata hatinya dengan banyak nasehat dalam Ay 38,39 sehingga ia bisa disu-cikan dan dikuatkan. Ay 1:21-22, Ay 2:10. Ayub seorang yang rohani, tidak bersalah dengan mulutnya Ay 1:21-22, Ay 2:10.

Kalau Tuhan berbicara kepadanya, pasti ini rahasia tingkat tinggi, kita per-lu mempelajarinya baik2. Ini bukan susu tetapi makanan keras.

Yang perlu kita perhatikan adalah bahwa Firman Tuhan disini adalah Firman Tuhan untuk orang yang roha-ninya tinggi, yaitu:

  1. Direkomendasikan oleh Allah Ay 1:1,8.
  2. Orang yang di waktu ujian berat, ti-dak berdosa dengan kata2nya Ay 1:22.
  3. Ternyata ia lulus dalam ujiannya dan diberkati Tuhan dua kali lipat jasmani dan rohani. Ayub tidak disalahkan Tu-han seperti ketiga temannya Ay 42:7-10. Jadiayat2 dalam pasal 38,39 adalah pelajaran Firman Tuhan tingkat tinggi, sebab itu perlu kita perhatikan baik2 dalam pengurapan Roh Kudus.

Ayat2 di bawah ini adalah sebagian dari nasehat Tuhan baginya. Dalam Ay 39 Tuhan memberi contoh pelajaran dari 10 binatang yg diciptakan Tuhan.

Kata2 Tuhan itu selalu ada arti yang dalam, bahkan sampai titik dan koma itu tetap ada artinya Mat 5:18.

AY 39:4b-7. RUSA BETINA.

Dalam ayat2 ini diterangkan tentang rusa betina, tetapi bukan saja pada waktu melahirkan, tetapi lebih jauh lagi sampai anak2nya menjadi dewasa dan dapat berdiri sendiri.

Ay 39:4b-5. TAHU KAPAN RUSA BETINA BERANAK?

Ay 39:4b. ATAU DAPATKAH ENGKAU MEMBERI TANDA BILA RUSA BETINA MELAHIRKAN?

Berapa lama masa mengandung rusa? Kalau sudah sampai waktunya, bisakah engkau memberi tanda? Tetapi berapa lama yang normal sampai genap bulan-nya untuk rusa melahirkan?Dalam arti rohani ini berarti: dari mulai mende-ngar Injil, menerima benih2 keselamat-an sampai lahir (baru), dibutuhkan be-rapa bulan? Ini tergantung reaksi orang itu sendiri terhadap Injil, tidak sama pa-da setiap orang.

Sebetulnya sangat mudah dan ce-pat, asal mau sungguh2 bertobat dan mengorbankan hidup lama dengan semua yang ada padanya; termasuk uang, kedudukan, posisi dll bahkan nyawa. Kalau mau pasti mudah dan cepat, misalnya Zakheus dalam Luk 19:6,8.

Disini Zakheus sungguh2 mencari Tuhan dalam hatinya, dan ia betul2 mau meninggalkan semua dosa, ber-tobat sungguh2, membereskan semua tipu dayanya dan mau ikut Tuhan sam-pai mati (tandanya, ia mau mengambil keputusan sampai hartanya habis un-tuk membereskan dosa dan kejahat-annya). Sebab itu Tuhan datang dan masuk dalam rumah dan hatinya. Lahir baru langsung terjadi! Jangan tunda sampai lain kali, kesempatan itu bisa hilang 2Kor 6:1-2 dan kalau kemudian hari mau diulang, seringkali sudah cacat. Juga dengan sida2 Habsyi, ia langsung bertobat dan lahir baru. Kis 8:39.

 

AY 39:5. DAPATKAH ENGKAU MENGHITUNG BERAPA BULAN YANG MEREKA GENAPI? ATAU TAHUKAH ENGKAU SAATNYA KETIKA MEREKA MELAHIRKAN?

Berapa lama saat untuk kelahiran baru ini. Bisa cepat bisa lambat sampai lama, tergantung dari masing2 orang, apakah ia mau bertobat sungguh2 atau tidak dan janji mau ikut Tuhan sungguh2 sampai mati (Nyanyian: Mengikut Ye-sus keputusanku, ku tak ingkar, selamanya).

Bisa langsung dan cepat, ini yang normal dan ini yang harus diusahakan. Sebab itu kalau kita melayani orang yang mau mati (sisa umurnya tinggal berapa saat saja), kita bisa mem-bimbingnya langsung dalam kelahiran baru dan masuk dalam Surga.

Selain tergantung dari orang yang mau percaya, kita juga bisa mem-bantunya, sebagai induk rusak betina. Misalnya dari orang2 yang akan dila-hirkan bisa kita membantu dengan mendoakannya, dengan kuasa Roh Kudus yang limpah seperti Petrus di hari Pentakosta, sehingga 3.000 orang serentak lahir baru dan mau dibaptis; mereka mau bertobat sebab pelayanan itu penuh dengan pengurapan Roh Kudus. Semua berjalan cepat dan mu-dah. Baru sesudah lahir baru seharus-nya ada pertumbuhan lebih lanjut. Sebab itu lahir baru ini harus dibe-reskan baik2; bertobatlah baik2 supaya sungguh2 lahir baru.

Kita bisa membanbtu dengan mela-yani seperti bidan2 Sifera dan Pua sehingga anak2 itu lahir dengan baik dan cepat. Sebab itu sebelum pergi menginjil, orang2 disuruh menunggu di Yerusalem sampai mereka dipenuhi dengan kuasa dari tempat yang maha tinggi, baru pergi menginjil, supaya bisa melahirkan banyak orang dengan cepat dan mudah!  Kis 1:8, Luk 24:49.

Dengan demikian murid2 dilengkapi dengan kuasa dari Atas dan hasil yang besar terjadi.

Untuk apa kita tahu berapa bulan diperlukan rusa untuk melahirkan anak2nya, berapa ukuran yang normal?

Untuk apa kita harus tahu berapa lama seorang mengalami proses lahir baru? Bisa cepat, dalam waktu 1 jam pun bisa lahir baru seperti Zakheus, sida2 Habsyi, penjahat besar yang di salib dengan Kristus dll. Kelahiranbaru ini harus secepatnya supaya:

  1. Jangan sampai batal, kesempatan belum tentu ada lagi, lain kali mungkin masih hidup tetapi keras hati.
  2. Jangan sampai di-halang2i dan dice-gah oleh iblis.
  3. Jangan sampai timbul kelahiranbaru yang cacat, apalagi kalau terlalu lama sampai ber-bulan2 atau ber-tahun2.

Memang kita tidak bisa memaksa, tetapi kalau sudah mau percaya, lebih baik segera, secepatnya, jangan ditun-da, jangan sampai terhalang. Menga-pa? Ada yang di tunda2 sampai ber-tahun2 padahal ia sudah tahu dan su-dah dapat mengambil keputusan seke-tika itu. Kalau ditunda ada bahaya dan bisa rugi besar, bahkan bisa bantut dan cacat sehingga tidak jadi selamat! Mengapa? Sebab setan akan langsung masuk dan bekerja kalau ditunda.

  1. Orang yang menunda tidak ada ke-kuatannya sebab Kristus belum masuk dalam hatinya, masih kosong, lalu se-tan masuk mengeraskan hati.
  2. Sudah mengerti tetapi belum meng-ambil keputusan, hatinya menjadi ke-ras dan mendua, tetap memegang yang lama. Apalagi kalau sampai ber-tahun2, jadi cacat, terus mendua, tidak bisa dengan segenap hati. Kalau segera la-hir baru, ada kesukaan dan gairah dari Roh Kudus (sukacita yang heran Kis 8:39, Zakheus, orang Samaria) sehingga mereka bergairah makan Firman Tu-han 1Pet 2:2, Kis 17:11, dan segera tumbuh dengan betul, Tuhan tetap tinggal dalam hatinya, maka hati dan hidupnya dijaga dengan kuat oleh Tuhan dan langsung masuk dalam rencana Allah yang indah. Dengan cara ini, akan timbul orang2 yang kuat, yang akan jadi orang2 yang heran dari Allah seperti murid2 Tuhan Yesus, Daud, Yusuf, Daniel dll.

Selanjutnya untuk bertumbuh sam-pai dewasa dan matang itu butuh wak-tu, sambil terus tumbuh dalam hidup baru yang betul di dalam rencana Allah yang indah seperti Kristus, Daud, Yusuf perlu 30 tahun untuk dipercayai be-ban2 yang besar dan berat, sebab perlu punya dasar yang kuat sehingga bisa dipercayai Tuhan dengan pelayanan yang indah2.

Kadang2 ber-tahun2 tidak tumbuh, sehingga terus menerus men-dua se-hingga hidupnya bantut dan tidak bisa menghasilkan yang indah2 dari Tuhan.

Sebab itu segera ambil keputusan untuk sungguh2 lahir baru Luk 12:57, doakan dan bimbing supaya terus hi-dup baru dan mengalami rencana Allah sehingga jadi alat2 yang indah. Per-jalanan ini jangan terganggu oleh kejatuhan2 baik berzina (1Kor 6:18) kesombongan, occultisme, cinta uang atau duniawi dan dosa2 lainnya, tetapi tumbuh terus dalam kesucian. (Jangan lupa kita yang sudah percaya, tetapi cacat, tidak bisa tumbuh dengan baik sebab punya tabiat mendua dengan dunia, lepaskan, bertobat, supaya bisa hidup se-penuh2nya untuk Kristus Luk 10:27, bukan berarti tidak boleh beker-ja, sekolah dll pekerjaan sekuler, boleh tetapi hatinya penuh untuk Tuhan, jangan memberi hati pada hal2 dosa Gal 2:20, maka Tuhan akan member-kati dengan limpah, percayalah!). Kalau dapat kerajaan Surga, maka yang lain akan ditambahkan Mat 6:33 dan rohani kita tetap kuat, bisa tahan, tidak berdosa dengan hal2 yang fana.

 

AY 39:6. KELAHIRAN BARU ITU JUGA DIBANTU OLEH INDUKNYA MASING2.

Rusa betina itu me-lingkar2 kesakitan melahirkan tetapi sesudah anaknya la-hir, sakitnya lepas dari padanya.

Kadang2 tidak mudah, sebab perlu banyak pengorbanan dengan banyak penderitaan. Memang tergantung dari masing2 orang yang mau bertobat atau tidak, seperti Zakheus dan sida2 Habsyi dan Kornelius; Tetapi semua ini juga dibantu oleh induknya, dengan banyak penderitaan, namun sesudah lahir, hasilnya indah. Jiwa yang kita lahirkan itu menjadi mahkota kita. 1Tes 2:19.

Paulus mengalami penderitaan yg sangat waktu hendak menginjili orang2 Pilipi, bahkan sampai dianiaya dan ma-suk penjara. Tetapi sesudah pende-ritaan yang besar itu, kuasa Allah turun ke atasnya,menyertainya, sehingga ia bisa melepaskan orang2 Pilipi dari se-gala dosa dan ikatan2nya dan mereka  dimenangkan bagi Tuhan Kis 16:25-31 dan Gereja di Pilipi lahir, lewat seng-sara kelahiran (sakit bersalin) dari Paulus, seperti juga di Galatia. Gal 4:19, 1Pet 4:14.

Pada waktu seorang menderita ka-rena kebenaran, Roh kemuliaan, yaitu Roh Kudus turun ke atasnyadan kela-hiran baru itu terjadi dalam beberapa banyak orang yg kita layani. 2Kor 4:12.

Begitu waktu kita memenangkan ji-wa2, perlu limpah kuasa Allah, istime-wa dengan berdoa dalam Roh dan ke-benaran dan jangan sampai jatuh da-lam segala pencobaan yang dihadapi, lebih2 yang berhubungan dengan penginjilan itu untuk menolong mela-hirkan mereka. Kadang2 dirugikan dan dihinakan seperti Paulus, tetapi ia tetap dalam kesucian dan dipimpin Roh, ti-dak bereaksi dosa, sebab semua yg ter-jadi itu tidak kebetulan; Juga dalam Wah 12:1 sesudah perempuan itu sakit beranak, anak itu lahir, sakit itu di-buang, tiada lagi Gal 4:19, Wah 12:2.

Kalau mau ber-buah2 banyak, harus mau sengsara dalam menabur. Maz 126:5-6.

Mengapa ada kesulitan dan per-gumulan, sebab ada iblis yang me-nguasai orang lama  yang harus dikalahkan. Ef 6:12.

Orang itu sendiri harus mau ber-tobat; memang lepas dari dosa dan ikatan2nya itu tidak mudah, tetapi ka-lau mau korban, menyangkal diri, da-lam nama Tuhan Yesus pasti bisa. Te-tapi kita juga bisa menolongnya de-ngan kuasa Allah! Sebab itu kita yang melepaskan orang dari tawanan iblis, kita harus datang dengan kuasa Allah yang limpah. Luk 11:20, 1Kor 2:4. Maka dengan kuasa Allah kita merebut jarahan dari iblis Luk 11:21-22.

 

AY 39:7. JIWA2 TUMBUH MENJADI DEWASA.

Ay 39:7a. ANAK2NYA MENJADI KUAT, MEREKA TUMBUH MENJADI KUAT DENGAN BIJI2AN.

Maka dengan biji2an Firman Tuhan, anak2 rusa itu akan tumbuh terus. Be-lajar terus tumbuh dengan murni da-lam F.T. Kalau benihnya baik, akan tumbuh juga dgn baik. 1Pet 1:23.

Yang ditabur adalah benih Firman Tuhan dan harus dengan hati tulus, bukan untuk maksud daging yang sia2.

Jadi untuk tumbuh perlu biji2an yaitu Firman Tuhan. Mat 4:4, 1Pet 2:2.

Kalau suka akan Firman Tuhan (juga hasil pekerjaan Roh Kudus, yaitu menjadi lapar dan haus akan Firman Tuhan) akan tumbuh dengan baik. Jangan cari makanan yang lain, tetapi dengan roti dari Surga (seperti Elia 1Raj 19:4) yaitu manna dari Surga; kalau lahap akan kenyang, kuat dan tumbuh.

Apa yang sudah diajarkan, dimengerti, hendaklah ditaati Pil 3:16.

Sebab itu kalau seorang mau menu-ruti pimpinan Roh, berjalan dalam Roh ia akan tumbuh dengan baik dan cepat, sebab itu perlu lahir baru sampai penuh dengan Roh Kudus (ada tanda darah = pertobatan, penebusan, air = baptisan, ganti hidup lama dengan yang baru. Roh = Baptisan Roh Kudus, penuh dan dipimpin Roh, maka akan ada pertumbuhan yang baik). Jangan lupa untuk lekat pada pokok yang be-nar, sehingga seluruh 7 KPR bisa me-ngalir dengan limpah dalam hidupnya dan dengan demikian bisa tumbuh dengan baik.

Juga perlu penggembalaan, dalam persekutuan tubuh Kristus, perlu di-gembalakan dalam kelompok2 kecil yang langsung menanganinya.

Yang merusak adalah:

  1. dosa, keinginan2 dosa, iblis dan du-nia. Jangan beri tempat dan kesem-patan pada iblis Ef 4:27. Kalau burung itu hinggap, maka pohon2 yang baik dan besarpun rusak olehnya Mat 13:32.
  2. Jangan mulai dalam Roh berakhir dalam daging Gal 3:3-4, Yes 1:21,22.
  3. Tidak setia pikul salib Luk 9:23, mau pikul salib seumur hidup! Sampai menjadi sempurna atau mati. 1Pet 4:1. Mau menderita sengsara karena Kristus Pil 1:29, 2Tim 3:12, Kis 14:22. Orang yang sudah melangkah dalam jalan salib, baru ada kesegaran dan kesukaan dari Tuhan Mat 11:30 sehingga bisa tumbuh menjadi dewasa.
  4. Tidak ada tekad setia sampai mati Wah 3:10c; harus ada tekad yang penuh ikut Tuhan sampai selamanya. Sebab itu harus mau dipisahkan dari dunia. Memang harus mau dibenci oleh dunia yang sudah ditinggalkannya. Yoh 15:18-19.

 

PERGI DAN TIDAK KEMBALI.

Ay 39:7b. MEREKA PERGI DAN TIDAK KEMBALI KEPADANYA.

Orang yang rohaninya dewasa, bisa hidup sendiri. Seperti anak yang dewa-sa dan menikah, meninggalkan orang-tuanya dan tidak kembali dalam posisi yang lama Mat 19:5. Mereka harus ber-diri sendiri tetapi tetap ada perseku-tuan antara anak dan orangtua bahkan sekeluarga. Ini orang2 yang bisa dilepas untuk mulai memenangkan jiwa2 lain dan membimbingnya; ini hasil pertum-buhan yang baik, sesudah dimuridkan, maka ia mulai memenangkan jiwa dan memuridkan orang lain, tetapi tetap diawasi dalam perseku-tuan. Kita tidak bisa hidup sendiri, tetapi satu berang-gotakan yang lain (Rom 12:5, 1Kor 12:27, Ef 4:29). Bisa berdiri sendiri ber-arti lekat dengan Tuhan seperti Yoh 15:5 sehingga meskipun ditinggalkan orang lain, tetap lekat dengan Tuhan, sebab punya pendirian yg betul, perse-kutuan pribadi dengan Kristus.

Keselamatan masing2 ditentukan oleh keputusan untuk percaya dan kehidupan masing2 secara pribadi, bu-kan hasil keputusan bersama, bukan keselamatan bersama, tetapi kesela-matan pribadi masing2, tidak bisa membonceng ke Surga.

Tetapi kita tetap perlu memelihara persekutuan tubuh Kristus. Kita tidak bisa hidup sendiri lepas dari yang lain, tetapi masing2 harus punya perseku-tuan yang hidup dengan Tuhan Yesus.

Persekutuan tubuh Kristus sangat perlu Yoh 17:21-23, 1Kor 12:12,13,21,22,25 tetapi masing2 jugaharus punya per-sekutuan pribadi dengan Tuhan Yesus. Biarpun orang lain undur atau jatuh, kita tetap punya pendirian dan perse-kutuan pribadi dengan Tuhan Maz 91:7, Kel 23:2 (dan tentu juga berusaha menolong saudara2 kita yang lemah dan jatuh). Jangan ikut2 orang lain dalam dosa2nya Bil 25:11. Mutlak perlu punya persekutuan dengan Tuhan, te-tapi kalau persekutuan kita dengan Tuhan betul, maka orang itu mau men-cintai saudara2nya dan mau bersekutu dengan saudara2 seiman yang lain. 1Yoh 3:20. Orang yang tumbuh ka-sihnya itu ingin ber-sama2, bersehati, bukan terpisah dan bercerai-berai.

Setiap orang harus tumbuh dengan baik di dalam Kristus Kol 1:28 dan tum-buh ber-sama2 dalam persekutuan tu-buh Kristus. Hasil pertumbuhan ini menjadi ukuran kemuliaan yang kekal, juga pahalanya mengikutinya Wah 14:13.