M3950 – Ayub 39:3-7. Kebun Binatang Allah. (Bag. 2)

PENDAHULUAN.

Dalam Ay 38-39 Tuhan ber-kata2 kepa-da Ayub pada saat penderitaan karena ujiannya. Ayub pernah membenarkan dirinya karena penderitaan yang begitu dahsyat. Tetapi Tuhan tahu bahwa Ayub adalah orang yang indah (Ay 1:1,8) dan tidak menyalahkan Allah da-lam penderitaan (ujiannya). Ay 1:21-22.

Sebab itu Tuhan ingin memperbaiki kesalahan yang ada padanya, waktu ia membenarkan dirinya. Ayub orang rohani, tidak bersalah dengan mulut-nya. Tuhan bicara, pasti ini rahasia tingkat tinggi, kita perlu pelajari baik2. Ini bukan susu tetapi makanan keras. Tuhan menegur dan Ayub mendengar semua itu baik2 dan mau menerima dan menyerah pada Tuhan seperti jawaban yang kita dengar dalam Ay 39:36-38.

Tuhan ingin membukakan mata hatinya dengan banyak nasehat dalam Ay 38,39 sehingga ia bisa disucikan dan dikuatkan.

Yang perlu kita perhatikan adalah bahwa Firman Tuhan ini adalah Firman Tuhan untuk orang yang rohaninya tinggi, yaitu:

  1. Direkomendasikan oleh Allah Ay 1:1,8.
  2. Orang yang di waktu ujian berat, ti-dak berdosa dengan kata2nya Ay 1:22.
  3. Ternyata ia lulus dan diberkati Tuhan dua kali lipat jasmani dan rohani. Sebab itu ayat2 dalam pasal 38,39 adalah pelajaran Firman Tuhan tingkat tinggi, sebab itu perlu kita perhatikan baik2 dalam pengurapan Roh Kudus.

Ayat2 di bawah ini adalah sebagian dari nasehat Tuhan baginya. Dalam Ay 39 Tuhan memberi contoh pelajaran dari banyak binatang yang diciptakan Tuhan. Kata2 Tuhan itu selalu ada arti yang dalam, bahkan sampai titik dan koma itu tetap ada artinya Mat 5:18.

AY 39:3. GAGAK.

Siapakah menyediakan makanan un-tuk burung gagak ketika anak2nya berteriak pada Allah? Mereka berke-liaran karena kebutuhan makannya.

Meskipun ini burung haram (Im 11:15, Ul 14:14) tetapi Allah  memakai burung gagak untuk memberi makan Elia (Tuhan tidak memakai burung lain).

Ayub ditantang Allah, apakah ia dapat menyediakan makanan bagi ga-gak? Apalagi kalau anak2nya berteriak kepada Allah? Allah sanggup dan Dia yg menyediakannya. Maz 147:9, Luk 12:24. Mangsa bagi:

Singa ~ kebutuhan rohani untuk ke-kal yang membawa kepuasan yang se-sungguhnya. (1. Hidup benar, merdeka, 2. Menang atas semua pencobaan, 3. Merebut jiwa2 dari tangan iblis).

Gagak ~ kebutuhan jasmani, kebu-tuhan sementara.  Ini suatu jembatan untuk masuk dalam perkara2 yang kekal, sebab kalau kita mendapatkan hal2 jasmani ini dari Tuhan, ini mengingatkan kita kepada Allah yang setiawan dengan keselamatanNya yang kekal. Juga berkat2 jasmani diberikan pada kita supaya kita bisa memakainya untuk mencari dan mendapatkan hal2 yang kekal.

Jadi berkat2 jasmani juga disedia-kan Allah. Memang kita harus bekerja (2Tes 3:10) dengan keringat Kej 3:19, tetapi itu juga diberi oleh Tuhan (lihat M3946 tentang nafkah). Kalau tidak di-beri oleh Allah, biarpun berpangkat dan berkuasa seperti panglima Israel (yang menghina kemampuan Tuhan untuk memberi kebutuhan jasmani) ia tidak akan mendapatkannya 2Raj 7:19-20, Mat 5:45. (Orang yang berani menan-tang Allah bisa celaka seperti panglima tentara ini). Kalau Tuhan berjanji mem-beri “jumlah itu”, pasti dapat (mes-kipun se-olah2 biasa2 saja, tetapi itu Tuhan yang memberi). Misalnya Yusuf yang diberi oleh Tuhan, sekalipun da-lam kesukaran yang besar, Yusuf tetap menerimanya, jumlah yang luar biasa, dari Tuhan. Atau seperti Yakub yang ditipu Laban, tetapi kalau Tuhan yang memberi, akhirnya toh Yacob menda-patkannya. Sebab itu jangan ber-lebih2an mengejar perkara2 yang fana. (Boleh kerja keras) tetapi carilah dahu-lu kerajaan Allah, itu nomer 1 dan hi-dup benar di hadapan Allah Mat 6:33. Kalau belum dapat jangan ber-sungut2, kecewa dan marah tetapi berpada dengan penuh syukur.

Kalau kita diberi Tuhan, itu ada maksud tertentu dari Tuhan untuk kita, baik untuk kepentingan kita sen-diri se-hari2 2Kor 9:8, tetapi Tuhan juga menyuruh gagak itu mencukupi keper-luan Elia 1Raj 17:4,6, padahal daging itu bisa dimakan si gagak sendiri.

Tuhan membiayai pekerjaannya le-wat bendahara2Nya, dititipkan pada anak2Nya. Semua sudah direncanakan Tuhan dan ada maksud yang tertentu. Misalnya waktu Israel dibawa keluar dari Mesir, masuk padang gurun sam-pai masuk Kanaan, semua sudah diren-canakan dan disiapkan Tuhan dengan lengkap dan baik bagi Israel. Tuhan memberi berkat bagi orang Mesir, maksudnya supaya satu kali kelakitu semua dipindahkan pada orang Israel untuk membangun Kemah Suci Kel 12:35-36, (dengan cara2 yang benar, jangan dengan tidak jujur, bukan de-ngan tamak, juga bukan dengan per-cintaan uang, akan kena tipu daya iblis, masuk perangkapnya.

Juga pada waktu di padang gurun, manna, air, kesukaan, keamanan dll di-siapkan Tuhan. Juga orang Kanaan di-berkati Tuhan untuk satu kali diberikan kepada umat Tuhan Ul 6:10-11. Me-mang tampaknya tidak ada hubung-annya, tetapi sudah dinubuatkan dan disediakan Allah lebih dahulu untuk umat Tuhan Yes 60:5. Orang beriman yang percaya, mengakui ini diberi oleh Tuhan, sebab itu kita memberi per-puluhan dan persembahan2 lainnya kembali kepada Tuhan. Ams 3:9. Tuhan tidak lupa akan burung gagaknya, un-tuk keperluan2 jasmaninya. Kita boleh minta dengan tekun perkara2 yang fana, tetapi ingat ini hanya sementara. Kalau Tuhan datang (secara pribadi atau secara umum) semua ini tidak diperlukan lagi. Sebab itu jangan taruh hati kita di dalamnya Mat 6:20-21. Pakailah seperti tidak memakai 1Kor 7:31.

Pakailah dengan cerdik mammon yang lekat lalim ini, tukar dengan per-kara2 kekal sehingga kalau yang fana ini lenyap, kita masih punya yang kekal di Surga Luk 16:9. Jangan sampai ka-rena kebutuhan hal2 yang fana, kita berdosa, itu merugikan rohani kita un-tuk kekal. Kalau belum dapat, periksa diri dan berdoa, tanya Tuhan. Pasti ada maksud yang baik untuk anak2 Allah.

AY 39:4a. KAMBING GUNUNG YANG LIAR.

Tahukah engkau waktunya kambing gunung liar beranak? (TL: Kijang).

Kambing liar ini berada di gunung batu yang tinggi sebagai tempat per-lindungannya. Maz 104:18.

Dalam 1Sam 24:1-3 juga disebutkan gunung batu yang tidak terhampiri ini adalah tempat dari kambing liar ini. Ada lagi binatang dalam koleksi Ay 39 ini (misalnya ayat 30) yaitu burung Nazar = rajawali yang tinggal di gunung batu yang tinggi. Ini tempat2 tinggi yang tidak terhampiri. Sama2 ada di tempat yang tinggi; bagi kambing liar ini sudah puncaknya tetapi bagi burung nazar, justru ini tempat yang terendah (sekalipun ini adalah tempat yang ting-gi) sebab ia bisa terbang lagi jauh lebih tinggi sampai di langit. Tetapi kambing gunung liar ini sudah ada dalam tempat perlindungan yang tinggi.

Yang penting dari kambing liar ini, yang ditanyakan Tuhan adalah:

Bila kambing gunung liar ini beranak?

Kelahiran jasmani adalah perkara yang ajaib Maz 139:13-14. Lebih2 kela-hiran rohani yaitu lahir kembali atau lahir baru itu jauh lebih ajaib dan hasilnya untuk kekal. Ayub tidak tahu tentang hal ini, juga Nicodemus guru orang Yahudi tidak mengerti. Yoh 3:9.

Ini rahasia yang tidak dapat dimengerti dengan pikiran manusiawi, tetapi dapat dialami dengan iman.

Kambing liar ini gambaran dari daging liar, yang tidak dapat tunduk pada hukum2 Allah, bahkan tidak mau dan berontak. Rom 8:7-8.

Satu2nya yang penting bagi kam-bing liar adalah kelahirannya di atas gunung batu yang tinggi. Ini rahasia dan keindahan kambing liar ini. Satu2nya jalan supaya hidup ini men-jadi indah dan bisa berkenan pada Allah, ialah dengan lahir baru, maka orang itu akan masuk dalam satu tingkat yang lain, yang lebih tinggi yang tidak bisa dicapai oleh dunia ini. Yes 33:15-16. Suatu hidup yang berubah oleh kelahiran baru menjadi anak2 Allah Yoh 1:12.

Orang yang lahir baru itu berubah, mati lepas dari dosa Rom 6:1-2. Orang2 dunia tidak bisa mengerti, mengapa orang yang lahir baru berubah, me-ngapa tidak lagi terikat oleh dosa dan hawa nafsunya, mengapa bisa benci dosa dan cinta kebenaran. 1Pet 4:4.

Masih hidup di dunia, tetapi tidak bisa dihampiri oleh perkara2 dosa dan duniawi. Dengan lahir baru kita men-jadi orang lain 1Sam 10:6, roh pikiran kita diperbarui Ef 4:23, kecenderungan kita bukan lagi dari daging, tetapi yang dari Roh. Yoh 3:19, Ibr 1:9, Maz 119:113.

Kita bisa hidup dalam taraf yang baru yang lebih tinggi, sungguh indah! (Dengan kata lain, keluar dari kerajaan gelap pindah dalam kerajaan terang dari Putra Allah Kol 1:13). Baru sesudah ini, dalam taraf ini, orang Kristen bisa hidup sebagai anak2 Allah yang meng-alami persekutuan yang indah dengan Tuhan. (Burung nazar, hidup dalam Roh, bisa terbang lebih tinggi lagi, sam-pai ketinggian yang tidak terbatas. La-hir baru itu sudah sangat indah, tetapi sesudah itu kita harus naik lebih tinggi lagi seperti burung Nazar) Pil 3:14 se-perti Kristus Ef 4:10, Wah 21:10. Lebih2 di akhir zaman ini Tuhan akan mem-bawa kita lebih tinggi lagi di dalam RohNya).

AY 39:4b-7. RUSA BETINA.

Disini juga diterangkan tentang rusa betina, tetapi bukan saja pada waktu melahirkan, tetapi lebih jauh lagi sampai anak2nya menjadi dewasa dan dapat berdiri sendiri.

Ay 39:4b-6. Tahu kapan rusa betina beranak?

Jadi bukan saja beranak tetapi berapa waktunya sampai genap bulannya dan rusa beranak? Jadi dari mendengar In-jil, menerima benih2 keselamatan sam-pai lahir (baru), berapa bulan? Tergan-tung reaksi orang itu sendiri terhadap Injil, tidak sama pada setiap orang. Sebetulnya sangat mudah dan cepat, misalnya Zakheus dalam Luk 19:6,8. Disini Zakheus sungguh2 mencari Tu-han dalam hatinya, dan ia betul2 mau meninggalkan semua dosa, bertobat sungguh2 membereskannya dan mau ikut Tuhan sampai mati (sampai harta-nya habis dibagi). Sebab itu Tuhan da-tang dan masuk dalam rumah dan ha-tinya. Lahir baru bisa langsung terjadi. Juga dengan sida2 Habsyi, ia langsung bertobat dan lahir baru. Kis 8:39.

Berapa lama saat untuk kelahiran baru ini. Bisa cepat bisa lambat sampai lama tergantung dari masing2 orang mau bertobat sungguh2 atau tidak. Bi-sa cepat, sebab itu kalau kita melayani orang yang mau mati (sisa umur berapa saat saja), kita bisa membimbingnya langsung dalam kelahiran baru dan masuk dalam Surga. Juga bisa kita bantu dengan mendoakannya, dengan kuasa Roh Kudus yang limpah seperti Petrus di hari Pentakosta, sehingga 3.000 orang mau dibaptis; mereka mau bertobat sebab pelayanan itu penuh dengan pengurapan Roh Kudus.

Baru sesudah lahir baru akan ada pertumbuhan lebih lanjut. Sebab itu lahir baru ini harus dibereskan baik2, bertobat baik2 supaya sungguh2 lahir baru. Layani seperti bidan2 Sifera dan Pua sehingga anak2 itu lahir dengan baik dan cepat. Sebab itu sebelum per-gi menginjil, orang2 disuruh menunggu di Yerusalem sampai mereka dipenuhi dengan kuasa dari tempat yang maha tinggi Luk 24:49. Dengan demikian murid2 dilengkapi dengan kuasa dari Atas dan hasil yang besar terjadi.

AY 39:6. KELAHIRAN BARU ITU JUGA DIBANTU OLEH INDUKNYA MASING2.

Tidak mudah, sebab perlu banyak pe-ngorbanan dengan banyak penderi-taan. Memang tergantung dari masing2 orang yang mau bertobat atau tidak, seperti Zakheus dan sida2 Habsyi itu, tetapi juga dibantu oleh induknya, dengan banyak penderitaan tetapi se-sudah lahir, hasilnya indah. Jiwa yang kita lahirkan itu menjadi mahkota kita 1Tes 2:19.

Paulus mengalami penderitaan yg sangat waktu hendak menginjili orang2 Pilipi, bahkan sampai masuk penjara. Tetapi sesudah penderitaan yang besar itu, kuasa Allah menyertainya, ia bisa melepaskan orang2 Pilipi dari segala dosa dan ikatan2nya dan mereka dile-paskan dan dimenangkan bagi Tuhan Kis 16:25-31 dan Gereja di Pilipi lahir, lewat sengsara kelahiran dari Paulus Gal 4:19. Begitu waktu kita memenang-kan jiwa2, perlu limpah kuasa Allah, istimewa berdoa dan jangan jatuh da-lam segala pencobaan yang dihadapi, lebih2 yang berhubungan dengan penginjilan untuk menolong melahir-kan mereka. Kadang2 dirugikan dan dihinakan seperti Paulus, tetapi ia tetap dalam kesucian dan dipimpin Roh, tidak bereaksi dosa, sebab semua yang terjadi itutidak kebetulan; pada waktu seorang menderita karena kebenaran, Roh kemuliaan, yaitu Roh Kudus turun ke atasnya 1Pet 4:14 dan kelahiran baru itu terjadi dalam beberapa banyak orang yang kita layani. Juga dalam Wah 12:1 sesudah sakit beranak, anak itu lahir, sakit itu dibuang, tiada lagi Gal 4:19. Kalau mau ber-buah2 banyak, harus mau sengsara dalam menabur Maz 126:5-6. Mengapa ada kesulitan dan pergumulan, sebab ada iblis yang menguasai orang lama Luk 11:20 yang harus dikalahkan. Ef 6:12, tetapi orang itu sendiri harus mau bertobat, lepas dari ikatan2nya. Sebab itu kita yang melepaskan orang dari tawanan iblis, juga harus datang dengan kuasa Allah yang limpah 1Kor 2:4, maka dengan kuasa Allah kita merebut jarahan dari iblis Luk 11:21-22.

AY 39:7. JIWA2 TUMBUH MENJADI DEWASA.

Kalau benihnya baik, akan tumbuh juga dengan baik 1Pet 1:23. Yang ditabur adalah benih Firman Tuhan dengan hati tulus, bukan untuk maksud daging yang sia2. Apa yang sudah diajarkan, dime-ngerti, hendaklah ditaati Pil 3:19. Maka dengan biji2an Firman Tuhan, anak2 rusa itu akan tumbuh terus. Kalau se-orang mau menuruti pimpinan Roh, berjalan dalam Roh ia akan tumbuh dengan baik dan cepat, sebab itu perlu lahir baru sampai penuh dengan Roh Kudus (ada tanda darah = penebusan, air = baptisan, ganti hidup lama dengan yang baru. Roh = Baptisan Roh Kudus, penuh dan dipimpin Roh, maka akan ada pertumbuhan yang baik). Yang merusak adalah dosa, keinginan2 dosa, iblis dan dunia. Jangan mulai dalam Roh berakhir dalam daging Gal 3:3-4. Belajar terus tumbuh dengan murni dalam Firman Tuhan, sebab itu perlu didoakan dalam persekutuan tubuh Kristus, perlu digembalakan dalam kelompok2 kecil yang langsung me-nanganinya. Harus setia pikul salib Luk 9:23, 1Pet 4:1 dan setia sampai mati, tekad yang penuh ikut Tuhan sampai selamanya. Sebab itu harus mau dipisahkan dari dunia. Memang harus mau dibenci oleh dunia yang sudah ditinggalkan. Yoh 15:18-19. Mau men-derita sengsara karena Kristus Pil 1:29, 2Tim 3:12, Kis 14:22. Orang yang sudah melangkah dalam jalan salib, baru ada kesegaran dan kesukaan dari Tuhan Mat 11:30 sehingga bisa tumbuh menjadi dewasa.

Jangan lupa tumbuh dengan biji2an yaitu Firman Tuhan Mat 4:4, kalau suka akan Firman Tuhan (juga hasil peker-jaan Roh Kudus, yaitu menjadi lapar dan haus akan Firman Tuhan) akan tumbuh dengan baik 1Pet 2:2. Jangan cari makanan yang lain, tetapi dengan manna dari Surga kalau lahap akan kenyang, kuat dan tumbuh.

Pergi dan tidak kembali.

Ini orang yang dewasa, bisa hidup sen-diri, bisa dilepas untuk mulai meme-nangkan jiwa2 lain dan membimbing-nya, tetapi ini pertumbuhan yang baik, sesudah dimuridkan, maka ia mulai memenangkan jiwa dan memuridkan orang lain, tetapi diawasi dari jauh.Bisa berdiri sendiri berarti lekat dengan Tuhan seperti Yoh 15:5 sehingga meski-pun ditinggalkan orang lain, tetap lekat dengan Tuhan, tetapi kita tetap perlu memelihara persekutuan tubuh Kristus, kita tidak bisa hidup sendiri lepas dari yang lain, tetapi masing2 harus punya persekutuan yang hidup dengan Tuhan Yesus.

Persekutuan tubuh Kristus sangat perlu Yoh 17:21-23, 1Kor 12:21,22,25 tetapi masing2 harus punya perseku-tuan pribadi dengan Tuhan Yesus. Biarpun orang lain undur atau jatuh, kita tetap punya pendirian dan perse-kutuan pribadi dengan Tuhan Maz 91:7, Kel 23:2. Jangan ikut2 orang lain dalam dosa2nya Bil 25:11. Mutlak perlu punya persekutuan dengan Tuhan tetapi tanda persekutuan yang betul dengan Tuhan itu adalah mau dan suka bersekutu dengan saudara2 seiman yang lain. 1Yoh 3:20.

Setiap orang harus tumbuh dengan baik di dalam Kristus Kol 1:28 dan tumbuh ber-sama2 dalam persekutuan tubuh Kristus. Pertumbuhan ini menjadi ukuran kemuliaan yang kekal, juga pahalanya mengikut Wah 14:13.

Nyanyian:

Satu kali akan ada hari senang buat saya.