M3952 – 1Raja-Raja 22:5-7, 11-22. Perlindungan Palsu Dan Benar

PENDAHULUAN.

Palsu. Nabi Zedekia menjanjikan perlin-dungan dan keamanan bagi Achab, yang percaya perlindungan palsu ini dan mati sebagai korbannya. Gara2 Yo-safat datang, Achab ingin merebut Ramot di Gilead dan mati, sebab per-caya kepada 400 nabinya, yang sebe-tulnya palsu. Yosafat tahu kebenaran tetapi hanyut sebab kagum akan kebesaran Achab sebab kerajaannya lebih besar, tampaknya mewah, pesta terus, mentri2nya, ibadah yang ber-api2 dengan 850 nabi2nya dan nu-buat2nya, akibatnya Yosafat seharus-nya juga mati, tetapi hidup oleh kemu-rahan Allah, sebab ia berseru kepada Tuhan. Achab dapat perlindungan pal-su. Yosafat hampir mati. Adakah pe-gangan kita, perlindungan yang palsu seperti Achab?! Kalau salah, bisa mati dan binasa dalam neraka!

Perlindungan ilahi (benar).

Abraham, Ishak, Yacob, Yusuf, Daud, Daniel, Rasul2 dll punya perlindungan ilahi yang betul sehingga selamat.

Bagaimana kita bisa mendapat perlin-dungan ilahi sehingga tetap selamat dan terpelihara?

  1. BAGAIMANA CARANYA MENDAPAT PERLINDUNGAN ILAHI?
  2. HIDUP BENAR sehingga disertai dan dipimpin Allah Rom 8:31. Tuhan ada di pihak orang benar 1Pet 3:12. Benar di hadapan Allah, juga waktu kena pen-cobaan dan segala macam serangan iblis, tetap benar, tidak bereaksi dosa Rom 12:21. Tuhan sanggup melindungi dan memelihara orang benar dengan sempurna, sebab Ia tahu lebih dahulu, sudah punya rencana yang indah, mulia, dan punyacara menanganinya dan pasti berhasil sebab Ia maha kuasa (dalam problem boleh ber-tanya2 pada pemimpin atau gembalanya, juga di-antara saudara seiman, tetapi semua cara yang betul adalah dengan pim-pinan Roh Kudus sesuai Firman Tuhan. Kalau orang hidup dalam dosa seperti Achab dan raja2 Israel lainnya, nasib-nya sangat mengenaskan, ngeri. Seben-tar senang2 bersukacita menuruti sega-la kehendak hatinya, tahu2 ditawan, dibunuh dan hilang dari negeri Per-janjian. Jangan hidup dalam dosa!

 

  1. PENUH DAN DIPIMPIN ROH.

Roh Kudus itu maha besar, tidak ter-batas. Dia Allah yang maha kuasa, di atas se-gala2nya dan mau menjadi Pe-nolong pribadi yang tinggal di dalam kita Yoh 14:16. Ratusan juta orang penuh Roh Kudus sekarang ini tetapi tidak semua mendapat faedah yang sangat besar dan tidak terbatas dari Roh Kudus, sebab tidak mengerti dan tidak taat dipimpin Roh (baptisan Roh Kudus belum cukup, harus selalu penuh dan taat dipimpin Roh, baru kebe-saranNya akan tampak dalam hidup kita). Roh Kudus sanggup menolong apa saja, betul2 Ia Penolong yang he-ran. Kalau kita betul2 hidup suci, Roh Kudus tahu dan Dia bisa bekerja de-ngan bebas dalam kita (kalau hidup da-lam dosa atau keinginannya, ia ter-halang bahkan kalau keras hati, Roh Kudus akhirnya terdesak keluar). Me-ngerti dan percayalah kepada Roh Ku-dus yang diberikan Bapa untuk semua umatNya tanpa membedakan. Yoh 14:26. Roh Kudus sanggup menolong apa saja!

Sesudah Tuhan Yesus naik ke Surga kalau murid2 tidak disertai Roh Kudus, mereka akan kembali menjadi nelayan atau sembunyi atau mati ketakutan. Roh Kudus membuat perkara2 besar dengan kuasa Allah yang limpah.

Berdoalah terus menerus dalam Roh dan hidup benar 1Tes 5:17, Yoh 14:23, maka minyak itu akan terus me-ngalir dengan limpah dalam hidup kita dan kita akan makin peka dan mengerti suara Roh Zak 4:2-3, 12-14. Kita harus bisa mendengar dan membedakan sua-ra Roh dan taat dengan sungguh2. Me-mang harus mau mematikan daging terus menerus, sebab biasanya daging yang melawan pimpinan dan kehendak Roh sehingga orang itu tidak taat akan suara Roh Gal 5:16-17. Harus mau menyangkal diri pikul salib supaya bisa taat akan suara Roh. Tidak ada yang mustahil bagi orang yang bisa berjalan dalam Roh dengan taat. Hal ini harus kita camkan, apalagi dalam bahaya! Semua janji Allah bisa jadi dalam hidup-nya, istimewa tentang perlindungan dan pemeliharaan Allah.

Roh Kudus juga memberi sejahtera dan sukacita (ini tanda orang yang selalu dipimpin Roh Pil 4:7) dan ke-puasan di dalam hadirat Tuhan Maz 16:11, penuh dengan hikmat dan kua-sa Allah, bagi orang yang diurapi Roh Kudus = Kristus 1Kor 1:24; 2:4; 12:8, Kis 1:8. Roh Kudus tidak terbatas, tetapi seringkali karena dosa, kebodohan dan kelalaian, kita membatasi Roh Kudus, sehingga Ia tidak bisa berbuat apa2 di dalam kita. Tetapi kalau kita percaya dan taat, mengerti, bisa bekerjasama, hikmat dan kuasa Roh bisa nyata dalam hidup dan pelayanan kita tanpa batas, luar biasa. Lebih2 pada akhir zaman dimana dosa meningkat, hikmat dan kuasa Allah dalam umatNya juga akan sangat meningkat, percaya dan harap-kan janji Allah ini!

III. BERSEDIA, WALAU TIDAK (BELUM) ADA APA2.

Bersedia itu seperti membuat pondasi Mat 7:24-28 yaitu selalu mengerti dan taat akan Firman Tuhan, sekalipun da-lam masa nyaman!

Buat pondasi itu sulit dan mahal tetapi mutlak perlu. Perbedaan rumah2 dengan  atau tanpa pondasi tidak jelas, tetapi waktu datang pencobaan, baru tampak perbedaannya dengan nyata.

Bersedia itu juga seperti berakar yang kokoh dalam Kristus Kol 2:7. Ini ber-jaga2 Mat 24:42, selalu hidup be-nar, terus di jalan sempit, di atas Mez-bah dan limpah perkara2 dari Atas Kol 3:1-3. Kita harus terus ber-jaga2, bah-kan makin sungguh2. sebab kita tidak tahu waktunya! (seperti tentara di pos-nya, terus ber-jaga2). Kalau masa2 sulit yang pasti akan datang itu tiba kita sudah harus siap dengan pondasi yang sudah jadi, sudah matang, sudah sele-sai dipersiapkan dengan ber-jaga2, ba-ru bisa tahan tidak gugur tetapi justru mengalami masa keemasan Gereja!

 

  1. MENGERTI TENTANG PERKARA2 YANG AKAN DATANG, yang pasti da-tang 2Tim 3:1-4. Tentang hari2 yang akan datang, bahkan tentang rencana Allah yang lengkap, sudah diterangkan Allah lebih dahulu sebelum wak-tunya Amos 3:7, Yes 42:9; 46:10 dll. Yang akan datang bagi orang yang tidak mengerti itu seperti celaka, kematian, maut Luk 21:26, tetapi bagi orang yang matanya dicelikkan oleh Roh Kudus, ia tahu bahwa dibalik segala celaka dah-syat itu ada hal besar yang indah dari rencana Allah. Misalnya Wah 12:1 (dalam kesusahan akhir zaman, Gereja akan jadi ajaib!). Contoh lain: Elisa yang celik dan hambanya yang buta 2Raj 6:15-17. Allah sanggup menguasai se-luruh dunia sampai menjaga dan me-melihara satu rambut dari semua umatNya, Ia sanggup Kis 27:34, Luk 21:18 (ini ukuran ketelitian 1Sam 14:45, 2Sam 14:1, 1Raj 1:52 dll). Jangan kuatir, Tuhan sanggup melindungi de-ngan 100% berhasil, tetapi tidak semua orang percaya. Misalnya hanya Daud yang percaya bahwa ber-sama2 Tuhan, siapa saja sanggup mengalahkan Goliat, tetapi semua pasukan Israel (lebih ku-rang 600.000 orang) tidak percaya.

Pada akhir zaman, yang tidak percaya akan mati ketakutan Luk 21:26.

 

MASA KRITIS.

  1. Saat pengangkatan. Ini luar biasa, top dari segala keindahan ilahi dalam umat Tuhan, tetapi hanya untuk orang yang sudah bersedia, yang tidak ber-sedia sudah terlambat TOTAL, sebab rencana Allah sudah selesai (masih ada satu kesempatan terakhir dalam ta-ngan Antikris).
  2. Mulai masuk Minggu ke-70 Daniel. Kita tidak tahu saat ini, juga seluruh dunia pada umumnya tidak tahu saat2 kristis 1,2,3, tetapi orang yang ber-jaga2 (Mat 24:42) yang dipimpin Roh tahu. Orang yang tidak ber-jaga2 SU-DAH terlambat pada saat ini, sebab orang yang ber-jaga2 dengan betul itu sudah harus selesai dipersiapkan pada saat ini (sudah ada pondasi yang kokoh, sehingga rumah di atasnya cepat ber-diri), sudah matang, sudah siap masuk dalam zaman Antikris yang dahsyat (3 Antikris I), masuk dalam masa hukum-an rumah Allah 1Pet 4:17, dalam bap-tisan api Mat 3:11, Luk 12:49, dalam masa penampian Mat 3:12, dalam ma-sa ujian akhir bagi segenap dunia Wah 3:10.

Sekarang kita sudah harus bersedia sampai sudahselesai disiapkan, sebab kita tidak tahu tanggalnya. Sekarang mutlak sudah harus bersedia, sebab hujan Awal untuk menabur, hujan Akhir untuk penuaian, sudah harus berbuah untuk dituai Ul 11:14.

  1. Saat2 mendekati akhir zaman, tim-bul banyak perkara2 dahsyat bergan-tian, di mana2 di seluruh dunia. Ini bisa diumpamakan seperti air kalau akan mendidih, akan timbul beberapa ge-lembung2 uap panas di sana sini, bergantian (kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, itu seperti mendidik pe-nuh, seluruh alasnya penuh dengan gelembung uap panas). Ini sudah kita lihat ada di mana2, kita sudah harus bersedia. Yang belum bersedia sudah MULAI terlambat, tetapi kalau mau, bisa segera bersedia sekarang ini, me-ngejar keterlambatannya, yaitu selalu penuh dan dipimpin roh seperti ligabis (lima gadis bijaksana). Jangan tunda, nanti terlambat, tidak bisa dikejar lagi. Meskipun ini belum masuk Minggu ke-70 Daniel dan kita belum tahu bila Minggu ke-70 Daniel mulai, tetapi orang yg kena “gelembung panas” ini, kalau tidak bersedia, mati, binasa na-sibnya sama saja, celakanya sama se-perti dalam Minggu ke-70 Daniel, se-bab semua di Neraka (hanya ada 2 tempat!). Apalagi kena polarisasi Wah 22:11, yg main2 atau mendua (terma-suk korban ajaran Nicolai) akan men-jadi sangat jahat dan tidak bisa tertolong!
  2. Saat kritis pribadi. Ini bisa terjadi pada setiap orang kapan saja, dimana saja, dalam hal apa saja. Apalagi karena hidup dalam dosa, tidak tertolong, bisa celaka dan mati. Juga kalau gagal da-lam ujian, celaka, bisa binasa; tetapi kalau lulus indah, sebab naik dalam tingkat kemuliaan yang lebih tinggi.

Dari empat titik kritis ini, yang sudah kita alami adalah yang ke 3 dan 4. Kita tidak tahu saatnya yang ke-2, tetapi harus ber-jaga2. Sekalipun kena yang ke-3 juga sudah harus bersedia, kalau tidak, roboh, gugur, bisa binasa. Sebab itu kita harus bersedia, sudah harus punya pondasi, berakar dalam Kristus, sudah matang, jangan tunggu terlambat, bisa celaka. Sekarang sebe-lum terlambat lekas bersedia, penuh dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus, bisa bersekutu dan sungguh2 siap, sudah matang rohaninya.

 

LEKAT PADA KRISTUS SEPERTI CARANG PADA POKOK Yoh 15:5.

Kalau carang lekat dengan baik, seka-lipun ada panas terik, hujan, badai, banjir, malapetaka apa saja, ia tidak akan layu apalagi mati, pasti tetap ter-lindungi dengan betul dan terpelihara sebab “Pokok” kita itu Tuhan Yesus yang tidak mungkin roboh, Ia sudah dan tetap akan menang sampai kekal. Orang yang lekat dengan Pokok, ia akan bersukacita dan limpah dengan 7 KPR yang tersirat dalam Ruangan Suci. Sebab itu kita harus selalu memperhatikan 7 KPR ini. Juga tentang bersekutu satu sama lain di dalam Roh sebab seringkali ini dianggap kecil dan remeh. Ini juga mutlak perlu Ef 4:3, 1Kor 12:12-13 dll.

Orang yang tidak bisa bersekutu akan mati rohaninya sekalipun ia se-orang rohani. Sama seperti mata atau jantung sekalipun organ yang utama, tetapi kalau ditaruh di piring akan mati akhirnya. Harus ada di tempatnya 1Kor 12:18 dan lekat, berhubungan dengan baik dengan semua organ dan jaringan di sekitarnya. Orang yang tidak bisa bersekutu pasti tertinggal sekalipun penuh Roh Kudus (sebab ini berarti penuh Roh Kudus tetapi tidak mau dipimpin Roh, karena Roh memimpin kita untuk mau dan bisa bersekutu sekalipun direndahkan, tidak merasa faedahnya, tidak tertarik, tidak ada daya tarik dunia dll) dan orang yang tidak bisa bersekutu itu tidak ikut masuk dalam rencana Allah dalam penamatan akhir zaman; sebab kita hanya bisa bertahandan tumbuh, kalau bisa bersekutu dalam Roh seperti Trinitas Yoh 17:21-23. Tidak bisa atau tidak mau bersekutu cepat atau lambat akan mati rohani dan ditolak Allah sebab tidak mau melakukan kehendak Allah Mat 7:21.

Mengapa orang beriman tidak mau bersekutu? Sebab:

  1. Ada dosa / prasangka dosa, misal: benci, iri, sombong, dendam, JMPE (Jengkel, Mangkel, Pegel, Emosi) dsb.
  2. Bodoh, tidak mengerti faedahnya persekutuan Amos 10:20b.
  3. Ini orang yang tidak mengasihi Allah, sebab tidak mengasihi saudara2 seiman lainnya 1Yoh 3:20. Kalau ada kasih, suka bersekutu, tidak mau ber-pisah.
  4. Karena tidak mau mengampuni orang yang bersalah kepadanya Mat 6:14, sebab itu menjauh, tidak mau mendekat apalagi bersekutu.
  5. Orang yang akan tertinggal, tidak ikut pengangkatan. Orang yang tidak bisa bersektuu, tidak beres di hadapan Allah, ada dosa2 (seringkali ia tidak merasa berdosa sebab bodoh, tidak mengerti) atau rohnya lain (seperti Lot dengan Abraham, tidak mau ber-sekutu). Ini orang di dalam jalan lebar dan karena dosanya ini, ia akan ter-seret dalam polarisasi Wah 22:11, makin jahat dan keji dalam jalan lebar dan tidak bisa ikut dalam rencana penamatan Allah, sebab itu tidak ikut pengangkatan. Tolonglah saudara2 kita yang tidak bisa bersekutu, layani de-ngan kesucian (tulus) dan belas kasihan Kristus Mat 9:13.

VII. TUHAN PUNYA JANJI2 KHUSUS untuk masa2 yang sulit dalam Minggu ke-70 Daniel. Ada fasilitas akhir zaman khusus yang luar biasa begitu limpah dan besar (misalnya hujan Akhir, pelayanan orang sempurna, jabatan2, Perjamuan Suci burung nazar Luk 17:37 dll) sehingga siapa saja yang sudah bersedia, dengan fasilitas ekstra ini akan tumbuh dalam rencana kesem-purnaan Allah, jadi sangat indah bah-kan ada yang menjadi sempurna. De-ngan fasilitas akhir zaman (dalam Ge-reja jalan sempit yang sangat tertib da-lam Minggu ke-70 Daniel) akan ada pertumbuhan yang luar biasa dan semua akan menjadi indah. Ini kele-bihan orang yang hidup di akhir zaman.

Beberapa ayat2 yang mengingatkan kita akan janji2 khusus hanya untuk Minggu ke-70 Daniel adalah:

  1. 1Kor 15:51. Semua yang bersedia ti-dak akan mati tetapi ikut pengangkat-an. Ingat, yang hidup dalam dosa, dalam jalan lebar, tidak ikut janji ini, tetapi hanyut dalam polarisasi.
  2. Wah 12:01. Gereja akhir zaman akan penuh dengan3 Pribadi Allah dan jadi sangat ajaib, bahkan lebih dari peme-nang.
  3. Wah 22:11. Kuasa Allah, mujizat janji2 Allah akan bertambah luar biasa, melengkapi akhir zaman, bukan hanya dosa! Mulai pakai dengan iman, sebab dosa juga mulai memuncak!
  4. Ef 4:11-12. Jabatan2 akan dilengkapi dalam semua Gereja2, untuk menum-buhkan kepada kesempurnaan.
  5. 1Pet 4:17. Orang yang dipimpin Roh Allah (dimeteraikan Yez 9:4,6) akan lepas dalam masa hukuman rumah Allah.
  6. Lulus ujian akhir Wah 3:10, pe-nampian Mat 3:12, baptisan Api Mat 3:11, Luk 12:49 dan keluar tempat pemurnian Mal 3:2-3.
  7. Dijaga luar biasa Kis 27:34, 1Kor 10:13, 1Sam 2:6, 1Kor 15:35-57, Ibr 2:15, Yak 1:2.
  8. Ul 11:14. Hujan Akhir. Ini perleng-kapan Gereja yang jauh lebih besar daripada hujan Awal.
  9. Luk 10:19-20. Kuasa atas segala kekuatan musuh.
  10. Dan lain2.

KESIMPULAN.

Apakah kita bisa lolos dalam krisis2 yang pasti akan datang? Adakah kita punya jaminan, perlindungan yang palsu atau betul? Kesukaran dan ujian pribadi, dekat atau sekitar Minggu ke-70 Daniel, waktu masuk Minggu ke-70 Daniel dan saat pengangkatan. Kesu-karan2 itu pasti datang 2Tim 3:1-3.

Kita tidak boleh lalai atau acuh, sebab itu adalah sikap orang yang suam dan cinta dunia atau hidup dalam dosa. Orang yang penuh dan dipimpin Roh itu luar biasa Maz 43:3. Kalau kita hidup dipimpin Roh dan sungguh2 mau taat, kita bisa mengharapkan kegerak-an Roh Kudus dan Firman Tuhan untuk menghadapi segala bentuk krisis yang sudah menghadang untuk menjatuh-kan bahkan membinasakan. Hanya dengan Kristus kita akan menang Rom 8:31, bahkan lebih dari pemenang un-tuk orang yang mau jadi seperti domba yang terus tersembelih sepanjang hari Rom 8:36-37.

Pemimpin2 yang bertanggung-ja-wab akan keselamatan domba2 Tuhan (Ibr 13:17) akan mempersiapkan dom-ba2 Tuhan supaya sudah ber-jaga2 dan siap menghadapi hal2 yang dahsyat; lokal atau global tidak jadi masalah, yg penting tidak gugur dalam dosa dan mati, tetapiselamat dan ikut dalam pengangkatan. Meskipun masih  5 atau 10 tahun atau lebih lama lagi, apalagi kalau lebih cepat, harus sudah siap sehingga masuk dalam golongan 1Kor 15:51. Sekarang ini kita sudah harus bersedia sungguh2, jangan main2 atau pura2, rugi sendiri untuk abadi!