M3949 – Matius 24:42. Lulus Seleksi Akhir Zaman

Pendahuluan.

Keadaan makin genting di mana2.

Cara kita menunggu kedatangan Tuhan harus sesuai dengan Firman Tuhan, bu-kan dengan cara kanak2 yang tidak bisa membedakan ajaran2 yang salah (Ef 4:14) sehingga seringkali jadi ekstrem.

Ada yang menunggu kedatangan Tuhan dengan menjual semua hartanya atau berhenti sekolah dan naik gunung dengan baju putih, akhirnya menyesal bahkan beberapa banyak undur dari ekstrem yang satu (sangat menyambut) lalu ke ekstrem yang lain yaitu dengan kecewa dan meng-olok2 dan tidak mau lagi percaya akan kedatanganNya 2Pet 3:3-4. Cara kita menunggu kedatangan Tuhan yang tidak kita ketahui  tanggal-nya adalah dengan ber-jaga2, sesuai dengan Firman Tuhan, dengan pe-ngertian yang dewasa.

TIGA TANGGAL PENTING SEKITAR PENGANGKATAN.

  1. Tanggal Tuhan datang dan menda-rat di bumi Wah 1:7; 6:15-17. Ini ke-datangan Tuhan untuk seluruh dunia dan menjadi hukuman bagi iblis, An-tikris dan semua pengikutnya = perang Harmagedon. Ia tidak penting bagi kita, sebab orang yang melihat kedatangan-Nya, semua binasa kecuali 144.000 orang Israel yang dimeteraikan, juga orang2 kafir yang tidak kena cap (me-terai) Antikris. Orang Kristen yang ma-sih ada itu sudah undur dan ikut Anti-kris, ikut dibinasakan dalam perang ini. Yang bertobat sudah habis dibinasakan Antikris.
  2. Hari pengangkatan 1Tes 4:16-17. Ini hari yang indah bagi yang sudah ber-sedia, seperti hari Wisuda, sangat mu-lia. Tetapi yang tidak bersedia, tidak tahu (diam2 Mat 24:37-41) Kemudian akan tahu, tetapi sudah terlambat. Su-dah tertinggal dan kesempatan satu2-nya yang ada adalah bertobat dan mengakui nama Tuhan Yesus, menolak cap Antikris sehingga dibinasakan Anti-kris dalam aniaya paling top Mat 24:21.
  3. Permulaan Minggu ke-70 Daniel, lonceng nubuat Daniel mulai lagi, lalu 3,5 tahun kemudian terjadi pengang-katan dan 3,5 tahun berikutnya perang Harmagedon. Jadi kalau kita tahu tang-gal ini (tidak ada pengumuman, diam2, hanya orang2 beriman yang tinggal di dalam Kristus yang bersedia akantahu) akan bisa menghitung tanggal peng-angkatan yaitu 3,5 tahun kemudian, tetapi orang2 yang tidak dipimpin Roh tidak bisa percaya.

PERMULAAN MINGGU KE-70 DANIEL.

Mengapa tanggal ini paling penting bagi orang beriman? Sebab:

  1. Ini adalah tujuan kita ber-jaga2. Ber-jaga2 untuk bagian A dan B sia2 sebab sudah terlambat!

Ini bisa diumpamakan sebagai:

  1. = pengumuman lulus.
  2. = Wisuda.
  3. = Untuk Antikris dan pengikutnya, menjadi hukumannya.

Kita tidak ber-siap2 untuk hari wisu-da, itutidak ada gunanya tetapi belajar dan bersedia untuk kelulusan. Kalau sudah lulus, tinggal tunggu hari wisuda itu saat2 yang indah, sukacita dan ba-hagia. Murid2 belajar mati2an supaya lulus dan wisuda itu otomatis untuk yang lulus. Orang beriman yang “tidak lulus” itu celaka tetapi masih ada satu kali kesempatan ujian Her, lewat aniaya Antikris yang paling top. Jadi jangan menunggu permulaan Minggu ke-70 Daniel baru bersedia atau pada hari pengangkatan, itu terlambat.

Sekarang, selagi kita masih hidup, kita harus bersedia dan tumbuh, lebih cepat kita mulai bersedia, lebih baik dan lebih untung, kita bisa lulus seleksi akhir zaman dan ikut pengangkatan. Ja-di bersedia itu supaya lulus seleksi akhir zaman (yang penuh dengan dosa dan kejahatan), maka kita akan ikut pengangkatan.

  1. Hari yang menentukan untuk ikut pengangkatan. Supaya lulus seleksi akhir zaman, se-hingga dipelihara Tuhan untuk ikut pengangkatan 1Kor 15:51,52.

Yang lulus seleksi akhir zaman, yaitu Gereja jalan sempit atau tubuh Kristus global, maka semua orang2 ini akan dipelihara Tuhan, tidak  sampai mati, untuk ikut pengangkatan.  Orang yang main2, bercabang, men-dua, undur, jatuh bangun, semua orang Halaman, tidak akan lulus seleksi akhir zaman, sebab orang2 seperti ini pasti akan hanyut dalam arus dosa besar yaitu Polarisasi Wah 22:11. Yang suci tambah suci, tetapiorang beriman yang najis tambah najis dalam dosa dan sudah tidak akan bisa kembali lagi bertobat, akan hanyut terlalu jauh.  Tetapi orang2 yang belum percaya, baru bertobat dan yang pindah dari kandang yang lain (Yoh 10:16), masih ada yang bisa diselamatkan, tetapi yang undur praktis tidak bisa kembali, sudah terlalu jahat dan terikat dalam dosa. Orang beriman yang sekarang main2 itu akan celaka.

  1. Tidak lagi bisa pindah ke jalan sem-pit, sesudah seleksi dalam polarisasi ini. Sekarang orang masih bisa pindah dari jalan lebar ke jalan sempit, tetapi se-sudah ini praktis tidak bisa. Mengapa? Sebab orang2 itu sudah terikat dengan dosa2 yang begitu jahat dan dengan anggur lama Luk 5:39, sudah keracunan bisa ular tedung Ul 32:32-33. Sebab itu tidak mau lagi pindah ke jalan sempit seperti Lot (meskipun 2 kali ditolong dilepaskan dari maut, tidak mau kem-bali ke Abraham supaya selamat), se-perti orang2 Israel yang keluar dari Mesir hanya Yosua dan Kaleb yang tetap mau setia pada Tuhan (hanya generasi baru yang selamat).
  2. Hukum yang keras dalam Gereja jalan sempit 2Kor 10:6.

Kalau biasa tidak tertib, apalagi kena ajaran Nikolai (ini sangat berba-haya untuk Gereja akhir zaman), tidak mau pikul salib, mudah bohong, banyak alasan, pura2 dll sehingga kena hukum-an yang dahsyat seperti Ananias Safira, dll. Selain hukum yang keras, juga mu-lai ada pelayanan orang sempurna yang sangat tegas lebih dari Petrus terhadap orang2 yang tidak taat dalam kesucian ini.

Orang2 yang main2 dalam dosa atau pura2 seperti dalam Mat 7:21-23 bisa langsung kena hukuman seperti Ananias dan mati di tempat atau undur, lari ke jalan lebar, tidak tahan di jalan sempit Kis 5:13.

  1. Tiga Antikris sudah keluar, mereka yang main2 tidak punya kuasa mela-wan Antikris dan binasa atau ikut de-ngan mereka. Sebab itu kalau pada “hari itu” (permulaan Minggu ke-70 Da-niel), mereka belum ada di jalan sempit dan dipimpin Roh, belum lulus dari polarisasi, pasti gugur.
  2. Juga meterai Antikris yaitu roh mammon itu makin merajalela.

Sedikit keterangan tentang meterai Antikris.

Banyak orang masih menganggap meterai Antikris itu penomoran di dahi/ tangan. Ini tidak betul. Kalau me-terai Allah adalah Roh Kudus Ef 1:13; 4:30 sehingga orang yang dimeteraikan itu menjadi milik Allah Rom 8:9, 2Tim 2:19a dan Roh Kudus memenuhi dan memimpin umat Tuhan tumbuh dalam kesucian dalam rencana Allah. Begitu juga meterai Antikris itu bukan angka belaka Wah 13:17-18, tetapi juga roh (iblis akan berusaha menyamai Allah, sebab cara Allah itu sempurna). Angka 666 itulah angka uang (emas) yang dibawa masuk Salomo dalam 1 tahun yaitu 666 talenta emas (tepat) 1Raj 10:14. Inilah roh mammon. Orang yang cinta uang itu sudah penuh dengan segala kejahatan, sebab cinta uang itu akarnya 1Tim 6:9-10, apalagi kalau ada roh mammon, itu lebih kuat, lebih jahat sehingga berani menghalalkan se-gala cara karena uang, lebih dahsyat dari cinta uang biasa. Dan roh mam-mon ini juga tidak hanya mendorong manusia kepada segala dosa yang keji2 tetapi juga menguasai dan memimpin orang itu untuk terus tumbuh dalam dosa (dosa dalam roh setan),  sehingga dengan cepat tumbuh dalam dosa (dosa dalam roh) sehingga cepat jadi dosa sempurna (ingat ada 3 tingkat dosa, yaitu:dosa manusiawi yang biasa, dosa dalam roh setan dan dosa sempurna). Kalau meterai itu hanya angka2 belaka itu sudah hebat, tetapi dibandingkan dengan meterai dengan roh mammon, itu bukan apa2, sebab roh mammon itu roh setan yang me-nguasai memimpin, bahkan bisa ber-buat segala perkara setan (satanic) yang dahsyat, yang membuat hampir semua orang menjadi seperti Antikris, sempurna dalam dosa.

Cinta uang itu adalah dosa yang ada pada hampir semua orang berdosa dan juga pada banyak orang beriman ting-kat Halaman, juga yang penuh Roh Kudus tetapi jatuh bangun dalam dosa seperti ligabo (lima gadis bodoh). Orang2 seperti ini akan mudah diisi dan dikuasai dengan roh mammon, sudah cocok dengan hatinya, sejenis.

Jangan takut dengan tanda cap Antikris yang berupa angka ini, tetapi tentu kita juga menolaknya, meskipun ini bukan meterai Antikris dan juga tidak sehebat roh mamon yang lebih dahsyat. Roh mammon itu oknum yang hidup, satupribadi setan yang jahat, yang masuk dan menguasai orang yang cinta uang.

Rata2 orang dosa biasa juga tidak mau diberi cap berupa angka ini, sebab tidak lagi ada privasi dalam segala segi, bisa diawasi, diikuti.Sebab itu sulit dilaksanakan global kecuali dalam Minggu ke-70 Daniel, Antikris yang ber-kuasa bisa memaksakan, tetapi orang yang penuh dan dipimpin Roh lebih berkuasa, tidak akan bisa dikalahkan dan tidak akan kena meskipun hanya dengan angka2 yang mati itu apalagi dengan roh mammon. Tetapi kita be-tul2 harus berjalan dalam Roh, dipim-pin Roh, dengan kuasa Allah yang luar biasa, lebih2 dalam Minggu ke-70 Da-niel sudah ada pelayanan orang sem-purna.

Tetapi orang yang bersedia itu bisa berpada dan mematikan percintaan uang dan sama sekali tidak memberi tempat pada roh mammon! Jangan nanti dalam Minggu ke-70 Daniel baru mau bergumul dengan roh mammon terlambat, sudah terlanjur cinta dan terikat! Sekarang sudah harusmerdeka (bahkan sejak lahir baru) dan selalu penuh dengan Roh Kudus yang me-nguasai kita, menjadi Allah di dalam tahta hati kita, bukan roh mammon!

Bersedia itu berarti sekarang sudah penuh dan dipimpin Roh dengan mahir, mati lepas dari cinta uang apalagi roh mammon. Kalau pemimpin Gereja su-dah dikuasai roh mammon, maka selu-ruh Gereja dan anggotanya pasti juga banyak yang dikuasainya. Apalagi kalau pakai semboyan: “ikut Tuhan jadi kaya, tambah kaya”, itu semboyan yang sa-ngat manis dan menarik dari Gereja2 jalan lebar. Orang yang dipimpin Roh tetap setia dan bersyukur dalam segala keadaan keuangan, naik turun, limpah atau kurang Pil 4:11-13. Bukan saja roh zina, roh kebencian, roh sombong dll yang merajalela, tetapi lebih2 roh mamon, ini yang akan menjadi meterai Antikris atau allahnya dunia Antikris. Bersedia berarti berani korban uang, bukan saja taat memberi sebagai ben-dahara Allah, tetapi juga tetap taat dalam kelimpahan dan kekurangan seperti Ay 1:21. Tetapi ini bukan berarti Allah tidak sanggup memberi kelim-pahan uang dalam Gereja akhir zaman, justru Tuhan sudah menubuatkan, akan ada kelimpahan,bahkan sangat limpah seperti bagi Yusuf di Mesir, tetapi bu-kan uang sebagai tuan, tetapi uang sebagai hamba! Jangan kuatir, tetap ada kelimpahan berkat untuk Gereja akhir zaman di jalan sempit, tetapi se-mua sangat tegas memerintah uang, bukan diperintah atau diperbudak oleh uang! Kita harus tahu bedanya dan mulai sekarang dalam bersedia sudah menjadi tuan dari uang, bukan bu-daknya! (Kalau uang mulai kurang lalu ber-sungut2, itu budak uang, apalagi kalau sampai keluar dari jalan Tuhan lalu menghalalkan segala cara untuk (kembali) mendapatkan kelimpahan uang, itu jelas karena percintaan uang, jadi budak mammon dan tidak lama lagi dikuasai roh mammon.

III. MASUK MINGGU KE-70 DANIEL, LULUS!

Di dalam Ruangan Suci. Ada lagi ting-katan2 yang lebih terinci yaitu:

  1. Lima gadis bodoh (ligabo). Ini orang yang sudah penuh dan dipimpin Roh, sudah masuk Ruangan Suci tetapi ma-sih naik turun ke Halaman, kadang2 masih dipimpin daging, apalagi dalam keadaan tenang, masa enak, se-olah2 tidak perlu Tuhan dan “sedikit2” kem-bali dalam daging, lebih2 kalau tertipu iblis dan dunia ini. Ini membuat keja-tuhan yg besar seperti Simson, Saul dll.
  2. Lima gadis bijaksana (ligabis). Terus mau dipimpin Roh, tidak mau kembali dalam daging. Kita bisa kalau kita mau, sebab Roh Kudus selalu ingin demikian, tergantung dari kita. Kalau kita mau, Roh Kudus sanggup memimpin dan menguasai kita untuk tetap dipimpin Roh hidup dalam kesucian dan mela-kukan kehendak Allah.
  3. Dua bagian Roh Tuhan seperti Elia dan Elisa. Elia mendapat dua bagian roti dan air, Firman Tuhan yang terbuka semua dan pengurapan dua kali ganda dan ini juga yang didapat oleh Elisa. Ini persiapan dobel, 2 gomer manna, 2 bagian Roh Tuhan, dan persekutuan tubuh Kristus dalam Roh sehingga kekuatannya bisa naik sampai 100 kali ganda dan bisa tembus Tirai, daging dari katargeo jadi mati sehingga bisa masuk dalam tingkat kesempurnaan dari rencana Allah. Orang yang lulus bersedia, itu berarti ia masuk dalam Minggu ke-70 Daniel dalam tingkat II yaitu seperti ligabis (sebab ligabo ketinggalan, tidak cukup Mat 25:13).

Jadi LULUS seleksi akhir zaman (polarisasi) itu berarti:

  1. Tetap ada di jalan sempit, tidak mau pindah ke jalan lebar seperti Abraham, seluruh hidupnya untuk Tuhan.
  2. Rohaninya sudah matang, siap un-tuk masuk dalam hujan Akhir untuk ber-buah2 lalu dituai Ul 11:14.
  3. Tetap hidup sebagai ligabis dan te-rus tumbuh.
  4. Tetap limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, tanda dari cabang yang lekat pada pokok yang benar. Yoh 15:5, yaitu:
  5. Tidak macet, tetapi terus tumbuh.
  6. Ikut pengangkatan atau tidak, jadi mulia untuk kekal.
  7. Tidak cinta uang, uang jadi hamba bukan tuan dan Tuhan memberi cukup semua kebutuhan, bahkan limpah.
  8. Selalu mendapat pintu terbuka seperti Philadelfia yaitu menang dalam pencobaan, tidak bereaksi dosa dan tetap dipimpin Roh.
  9. Benci pelajaran Nikolai seperti Tuhan Yesus, bukan seperti Pergamus. Ini sebabnya bisa terus hidup suci sampai perkara2 yang kecil dan sampai dalam hati Ams 22:3, Yoh 1:15.
  10. Tumbuh dalam kasih seperti Efesus yang bertobat. Seperti Abraham yang tetap cinta pada Lot sekalipun tidak mau kembali, atau seperti Ayub yang cinta dan mengampuni istrinya sehingga nikahnya manis.

Ini adalah tanda2 dari orang yang lulus bersedia dan pada waktu mulai Minggu ke-70 Daniel, kalau masih hidup, ia akan tumbuh terus (bahkan bisa menjadi sempurna) dan ia masuk dalam rencana pengangkatan dari Tuhan yang heran 1Kor 15:51 (kalau mati tetap mulia, bangkit dan ikut pengangkatan).

ORANG YANG TIDAK LULUS.

Nasibnya sangat dahsyat.

  1. Diikat dosa, tumbuh makin jahat dan keji sehingga mati dalam dosa2nya Rom 6:23. Ini orang2 yang tidak lulus dalam masa hukuman rumah Allah dan masuk dalam masa hukuman dunia 1Kor 11:32.
  2. Banyak yang jadi korban kejahatan karena dosa yang meningkat, tidak ada perlindungan dan jaminan dari Tuhan seperti pada orang2 jalan sempit.
  3. Kena hukuman Allah (7 Meterai, 7 Sangkakala, dan 7 Bokor) sehingga sama2 binasa dengan orang2 berdosa.
  4. Mereka tertingal pada waktu peng-angkatan dan yang bertobat (kesem-patan terakhir) mati dalam aniaya An-tikris. Mereka yang tidak bertobat juga banyak yang dibunuh Antikris meski-pun sudah dapat cap Antikris.
  5. Semua yang sisa dibinasakan dalam perang Harmagedon, siap untuk masuk dalam Tahta Putih yang Besar lalu dibuang dalam Tasik api.

KESIMPULAN.

  1. Kita tidak tahu kapan Tuhan datang, tetapi harus bersedia sekarang, jangan bersedia kalau Antikris sudah keluar, kalau Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, pasti terlambat. Jangan bersedia cara kanak2 yang tidak bisa membe-dakan macam2 ajaran dan jadi eks-trem, kecewa atau undur.
  2. Kita harus sudah lulus, sudah ma-tang rohani, bukan kanak2, tetap ada dalam jalan sempit dipimpin Roh dalam kesucian dan limpah 7 KPR.

Orang2 seperti ini terpelihara dalam kesucian, dipakai Tuhan dan tumbuh dengan cepat dalam rencana Allah pri-badi dan bersama. Kalau Tuhan belum datang, maka orang yang mati lebih dahulu, itu tetap untung sebab sampai seberapa ia tumbuh, itu menjadi ukuran kemuliaannya untuk kekal (te-tap ikut pengangkatan dengan bangkit lebih dahulu).

  1. Jangan lupa untuk sungguh2 seka-rang, sebab kalau Minggu ke-70 Daniel mulai, tidak lagi bisa pindah, sudah terlambat, dan banyak yang binasa atau masuk zaman Antikris.

Nyanyian:

Berjagalah dan` penuh Roh Kudus,

jangan masuk dalam jalan lebar.

Jalan sempit, luput dari kematian.

Terplihara ikut pengangkatan.