M3932 – 1Raja-Raja 19:3-8. Kegerakan Firman Dan Roh Kudus.

1RAJ 19:3-4. ELIA PUTUS ASA.

Elia seorang nabi yang berkenan pada Tuhan dan kuasanya limpah, prestasi bagus, tetapi putus asa, minta mati. Tuhan tidak setuju sebab ada rencana yang sangat mulia bagi hambaNya yang setia dan taat ini. Tuhan tahu apa yang paling tepat untuk menolong Elia yang putus asa dan mengangkatnya dalam rencana top yaitu menjadi sempurna, yaitu dengan roti dan air dari Surga! Inilah kegerakan Firman dan Roh Kudus (KFR). Ini membuat Elia berubah menjadi kuat dan bisa menjadi sempurna.

1RAJ 19:5. KEBANGKITAN ROHANI.

Elia dibangunkan dari tidur oleh malaikat, ini kebangunan rohani. Ini rencana Allah untuk menolong, menguatkan dan mempersiapkan hamba2Nya bahkan juga segenap umatNya.

1RAJ 19:6. KEBANGUNAN ROHANI FIRMAN DAN ROH KUDUS.

Ini kegerakan rohani oleh roti (di atas api, dalam pengurapan Roh Kudus) dan air, kegerakan Roh Kudus. Inilah kegerakan Firman dan Roh Kudus yang diperlukan pada akhir zaman untuk hamba2 Tuhan, bahkan semua umat Tuhan yang berkenan pada Tuhan tetapi lemah, bahkan putus asa. Elia takut dan lelah, tidak sanggup menjalani jalan yang jauh yaitu sampai pada kesempurnaan. Tetapi dengan roti dan air dari Surga, yaitukegerakan Firman dan Roh, ini akandapat menyempurnakan hambaNya sesuai dengan rencana Allah.

Ada yang lain yaitu kegerakan penginjilan untuk orang berdosa supaya mereka bertobat dan selamat. Ini lain dengan kegerakan Firman dan Roh Kudus untuk orang beriman yang dewasa, yang benar supaya terus tumbuh sampai sempurna, yang dipersiapkan bagi kedatangan Tuhan II. Ini sangat berbeda.

1RAJ 19:7. DOBEL.

Elia makan minum dua kali. Mengapa tidak satu kali saja, bukankah Dia Allah yang bisa melakukannyadengan 1 atau 2 atau 3 kali? Diberi dobel, 2 kali, sebab Allah ingin menekankan supaya kita betul2 memperhatikan untuk mengambilnya dengan limpah, dobel! Sebab ini proyek yang berat dan besar! Supaya betul2 kuat dan dipersiapkan baik2 untuk rencana Allah yang tertinggi ini. Semua persiapan untuk rencana penyempurnaan dan penamatan Allah, harus dobel (ingat Gereja menjadi sempurna kalau ke-3 Angka kedatangan Tuhan yaitu 3 angka penamatan rencana Allah genap. Termasuk timbul 144.000 orang sempurna di seluruh dunia yang terjadi tidak sekaligus, tetapi sepanjang Minggu ke-70 Daniel, 3,5 tahun I).

1RAJ 19:8. HASIL KEGERAKAN FIRMAN DAN ROH KUDUS.

Mutlak perlu 2 kali ganda, Firman dan Roh Kudus, lalu Elia kembali gairahnya; Bahkan oleh roti dan air ini Eliakuat berjalan 40 hari 40 malam sampai ke gunung Allah (Horeb) bertemu Tuhan. Rencana Allah digenapkan. Begitu pentingnya kegerakan Firman dan Roh Kudus.

TUJUH PERBEDAAN KEGERAKAN FIRMAN DAN ROH KUDUS (KFR) DENGAN KEGERAKAN PENGINJILAN (KPI).

  1. Dalam skema Kemah Suci, KPI itu dari Pintu Gerbang sampai Pintu Kemah (= lahir baru) dan KFR dari Ruangan Suci ke Ruangan Maha Suci, masuk dalam kesempurnaan rencana Allah seperti yang dialami Elia. (Perhatikan arti setiap 4 daerah dalam Kemah Suci dan arti garis besar alat2nya).
  2. Kegerakan Roh Kudus. Semua ini adalah pekerjaan (kegerakan) Roh Kudus yang memang ada dua macam Ul 11:14, yaitu hujan Awal untuk menabur benih sampai tumbuh kecambah gandum sampai jadi dewasa dan hujan Akhir untuk menumbuhkan pokok gandum yang sudah dewasa, keluar mayangnya sampai butir2 gandum di dalamnya menjadi matang, jadi sempurna. Jadi memang ada 2 fase kegerakan Roh Kudus untuk menamatkan rencana Allah di dunia ini. Hujan Awal untuk melahirkan Gereja dan tumbuh, Hujan Akhir untuk menumbuhkan Gereja sampai sempurna.
  3. Waktunya. KPI mulai dari zaman rasul2, naik turun sampai sekarang. Tetapi KFR baru akan muncul di akhir zaman, sebab itu kurang dikenal, tetapi mutlak perlu untuk rencana penamatan Allah. Di mana2 kegerakan Roh Kudus yang terkenal sepanjang zaman (Moody, William Booth, Owen Murphy dll) semua itu adalah KPI, supaya orang2 percaya dan bertobat.

Tetapi KFR baru tampak akhir2 ini.  Kegerakan Roh Kudus ini sendiri baru mulai dalam abad 20, dan sekarang mulai terjadi pembukaan Firman yang mulai meluas. Inilah tanda2 akhir zaman, mempersiapkan Gereja untuk kedatangan Tuhan II, seperti Elia yang dipersiapkan untuk menjadi sempurna.

Orang2 rohani yang setia, yang ada di jalan sempit harus awas, memperhatikan hal ini dan ikut serta, makan dan minumlah 2 kali, dobel seperti Elia supaya tahan dan bisa tumbuh dalam rencana penamatan Allah sampai sempurna.

  1. Objek (sasaran). Objek KPI adalah orang berdosa (Luar Halaman) dan orang2 Kristen duniawi (Halaman)yang tidak sungguh2, mendua, suam (hidup di jalan lebar) supaya bertobat sungguh2, sehingga bisa tumbuh masuk dalam Ruangan Suci sebagai orang2 yang sungguh2 ikut Tuhan, supaya tidak jatuh dalam dosa, tertinggal atau mati dalam dosa.

Sama seperti zaman Nuh, yang masuk bahtera adalah segala macam “binatang” yang bertobat (jadi jinak) dan orang2nya hanya 8.

Semua binatang yang bertobat adalah gambaran dari hasil KPI, yang juga ikut pengangkatan (kalau tetap setia).KFR objeknya adalah orang2 yang sungguh2 ikut Tuhan, setia (apalagi sesudah Polarisasi, maka orang yang suci dan orang beriman yang najis (jalan lebar) terpisah). Jadi KFR ini untuk orang Kristen jalan sempit (belum sempurna, masih ada sedikit kekurangan2nya seperti Gereja Efesus, Filadelfia, Smirna Wah 2,3, tetapi sungguh2), supaya mereka diperbaiki,dikuatkan, tumbuh dan ber-buah2 (jiwa2) sehingga ikut pengangkatan dan sebagian menjadi sempurna.

Tentu jumlah orang dunia lebih banyak, kegerakannya besar2an dan seringkali dilakukan di tempat2 umum, terbuka, tetapi KFR jumlahnya juga banyak tetapi lebih sedikit dari KPI dan biasanya dilakukan di dalam Gereja2. Sasarannya adalah orang2 yang setia dalam jalan sempit, suka 7 KPR.

  1. Tujuan.

KPI tujuannya adalah supaya orang percaya dan selamat dan Gereja mulai berdiri, dari Yerusalem, Samaria sampai ke seluruh dunia Kis 1:8, dan inimasih terus berlangsung sampai sekarang.

Tetapi KFR tujuannya melanjutkan, supaya Gereja yang sudah berdiri, ditumbuhkan dengan limpah Firman yang makin terbuka dan kelimpahan pekerjaan Roh Kudus sampai menjadi sempurna. Tanda2nya kalau mau jadi sempurna dalam Minggu ke-70 Daniel, Gereja2 sedunia disempurnakan di dalam satu persekutuan seperti persekutuan Trinitas ilahi Yoh 17:23.Kita menjadi satu tubuh Kristus global yang sempurna dalam persekutuan Roh. Gereja yang sempurna siap untuk kedatangan Tuhan.

  1. Orang2 yang dipakai. Dalam penginjilan ada banyak penginjil yang dipakai Tuhan, bahkan banyak yang luar biasa dengan target jutaan orang. Tetapi juga setiap orang yang penuh Roh Kudus dipakai, meskipun tidak ada nama Kis 8:1-3. Jabatan2 pimpinan (Ef 4:11-12) yang tampak baru Gembala dan Penginjil, ini yang limpah ditambah beberapa guru. Tetapi Rasul dan Nabi belum tampak. Baru dalam KFR akan muncul banyak Guru, Rasul dan Nabi dari Tuhan (bukan dari manusia) sehingga ber-sama2 semuanya diperlukan untuk menyempurnakan Gereja. Munculnya jabatan2 ini, istimewa guru dengan limpah, ini penting dalam KFR yang dikerjakan ber-sama2 semua jabatan. KPI tetap perlu, tetapi tidak cukup untuk akhir zaman yang dahsyat justru diperlukan KFR untuk masuk dalam kesempurnaan.
  2. Polarisasi dan pendewasaan iman. Dalam 5 tahap Gereja akhir zaman (Maj. Tulang Elisa no. 84) kita melihat Gereja akan makin nyata mengarahmenjadi Gereja jalan lebar dan jalan sempit (lihat buku 7 Gereja akhir zaman yang kami terbitkan).Dalam Gereja jalan sempit, orang2 mau pikul salib, mematikan daging, sehingga bisa hidup suci, cinta Firman Tuhan, suka makanan keras, makin mengerti kebenaran2 Firman sehingga bisa tumbuh terus kepada kesempurnaan. Ibr 6:1. Orang2 di jalan lebar, tidak mau pikul salib, tetap hidup dalam dosa bahkan terikat, hanya mau minum susu Ibr 5:12-14 sedikit kebenaran Firman penginjilan dicampur dengan banyak hal2 duniawi, pikiran manusia dan rekreasi dan suka mencari guru2 yang menyenangkan telinga 2Tim 4:3-4. Orang2 yang minum susu ini tidak bisa tumbuh dengan betul, terus mendua, suam, jatuh bangun dalam dosa, tinggal terus di Halaman dan akan tertinggal dan di-injak2 Antikris Wah 11:2.

Masih ada banyak nasehat dari  Firman Tuhan untuk bisa ikut dan masuk dalam penamatan rencana Allah, antara lain:

III. ANTI GIGITAN ULAR.

Dalam Pkh 10:11 (TL: Penawar; TB: Mantera; KJI: enchantment = pesona, doa komat-kamit, bisik2).

Hanya ada 2 pihak Allah dan iblis.

Ular = Iblis. Digigit ular (bisa mati) adalah pekerjaan iblis yang dahsyat, lebih2 pada akhir zaman. Kalau sebelumnya sudah dipakai penawar, tidak akan celaka (penawar ini bukan mantra (TB)dari dukun, tetapi ini lawannya ular, iniadalah doa kepada Allah, hanya Allah yang bisa melawan dan mengalahkan pekerjaan iblis). Ini harus dipakai lebih dahulu daripada kena gigit ular. Untuk bisa menghadapi pekerjaan iblis yang dahsyat, kita harus dipersiapkan dengan penawarnya yaitu doa bisik2, inilah doa dalam Roh dan kebenaran Firman Tuhan seperti ligabis, limpah dengan pengurapan dan kuasa Roh Kudus dan kebenaran Firman Tuhan untuk menghadapi dan mengalahkan pekerjaan iblis. Sebab itu untuk bersedia, perlu pengurapan Roh yang dobel, limpah, berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran.Jangan sampai digigit, kita harus mencegah dan menghindar, tetapi kalau toh kena gigit (jatuh dalam dosa), bertobatlah sungguh2. Orang yang pakai penawar, masih bisa dilepaskan kalau bertobat sungguh2. Ada 2 arti dari ayat ini:

  1. Dalam dunia sekarang. Ada banyak jerat, tipu, serangan iblis di mana2, biasanya lewat kaki tangannya dengan banyak tipu daya dosa dan kejahatannya. Juga godaan2 hawa nafsu untuk berbuat dosa. Tetapi orang yang sudah bersedia, penuh dan dipimpin Roh, selalu limpah dengan doa dalam Roh dan kebenaran, tidak akan mudah kena serangan iblis. Orang2 yang bersedia, tidak akan kena gigit iblis, sebab sebelumnya sudah pakai penawar dari Allah (ligabis punya pengurapan dobel dan selalu ada minyak cadangan).
  2. Pada akhir zaman. Iblis akan bekerja lebih dahsyat, apalagi sesudah diusir dari Surga Wah 12:12b. Orang2 Kristen Halaman, yang kanak2, hanya minum susu, jatuh bangun dalam dosa akan kena gigit ular ini, kena jerat dan godaaniblis, ikut hanyut dalam tsunami dosa yang dahsyat itu.

Antikris akan muncul dalam Minggu ke-70 Daniel (Dan 7) dan sangat ganas dan jahat. Tetapi orang2 dalam Ruangan Suci, yang penuh dan taat dipimpin Roh (memakai “penawar”)tidak akan kena, bahkan menang melawan pekerjaan iblis, Antikris dan pengikut2nya, mengalami zaman keemasan Gereja yang heran, lalu sesudah 3,5 tahun ikut pengangkatan Wah 11:2.

Sebab itu kita harus selalu punya penawar itu (penuh dan dipimpin Roh, yaitu terus berdoa dalam Roh dan kebenaran sesuai Firman Tuhan, bahkan 7 KPR) sehingga kita tumbuh dalam Kristus dan tidak akan kena gigit ular, lebih2 Antikris dan masuk dalam rencana penamatan Allah yang mulia dan indah.

“SARANG” DIBONGKAR UNTUK MASUK RENCANA PENDEWASAAN ALLAH.

Sesudah anak2 burung rajawali menjadi besar, dan bulu2nya tumbuh, bisa terbang, maka induknya membongkar sarangnya (TB: Menggoyang bangkitkan) sehingga anak2nya jatuh dari tempat yang tinggi, maka induknya akan terbang di bawahnya untuk menjaganya. Mengapa? Se-olah2 induk rajawali ini jahat, kejam, tetapi bukan begitu. Ini maksudnya untuk mengajar anak2nya supaya bisa terbang tinggi Ay 39:30 dan jadi dewasa penuh, tinggal di tempat tinggi Yes 33:15-16.

Artinya bagi kita. Sarang itu tempat orang2 beriman yaitu Gereja-gereja dibongkar; ada hal2 dahsyat yang terjadi, yaitu kalau sudah sampai waktunya (masuk Minggu ke-70 Daniel) mulailah masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17 dimana ada perubahan mendadak dalam Gereja, yaitu menjadi sangat tertib dan semua harus hidup suci, kalau tidak ia akan dihukum keras sesuai hukum2 yang berlaku waktu itu 2Kor 10:6. Ini seperti sarang yang dibongkar. Kita harus sudah bersedia mulai sekarang, bisa hidup suci dan taat melakukan kehendak Allah, maka sekalipun ada peningkatan disiplin dalam Gereja, tidak menjadi masalah, kalau kita sudah hidup dalam kesucian, apalagi terus taat dipimpin Roh.

Semua ini seharusnya sudah mulai sekarang, sudah mahir pikul salib 1Pet 4:1 sehingga bisa tetap hidup dalam kesucian dengan sukacita dan sejahtera. Kalau kita tidak bisa, akan hanyut dalam polarisasi dosa akhir zaman. Ini juga sudah dinubuatkan dalam kitab Yehezkiel. Orang yang tidak bermeterai Roh Kudus Yez 9:4-6, akan mudah jatuh dalam dosa dan kena hukuman yang keras di dalam sarangnya (dalam rumah Allah), seperti Ananias Kis 5:1-11. Tetapi orang yang mau disucikan, akan tumbuh dalam rencana penamatan Allah yang mulia. Kita sudah harus siap menghadapi akhir zaman  yang sulit 2Tim 3:1-5, menghadapi tantangan dan godaan dosa dan kejahatan yang meningkat luar biasa, sehingga orang yang tidak dipimpin Roh, yang tidak bersedia Mat 24:42 akan jatuh dalam dosa dan kena hukuman dan mati dalam dosa. Sebab itu tumbuhlah dalam kesucian. Disiplin dalam Minggu ke-70 Daniel dalam Gerejaitu keras dan tidak ada kesempatan untuk main2, bisa celaka untuk kekal.

MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN II.

Maz 24:1-6. Bersedia.

Dalam ayat2 ini dijelaskan bahwa dari seluruh bumi yang milik Tuhan, hanya jiwa2 itu yang punya arti. Jiwa2 yang percaya dan ditebus bisa mempersiapkan dirinya dalam kesucian (MAK DSY) sehingga bisa ikut serta masuk dalam rencana penamatan Allah.

Maz 24:7-10. Menyambut Raja yang mulia.

Ini ditekankan dua kali, hampir sama. Disini ada 2 pintu yaitu Pintu Gerbang yang biasa untuk orang yang masih hidup dan pintu kekal untuk orang yang sudah mati yang sudah ada dalam kekekalan, mereka keluar masuk dari pintu yang kekal. Orang2 yang menyambut kedatangan Raja yang mulia itu berdiri di Pintu Gerbang yangmengangkat kepalanya, untuk melihat, menunggu dan mengharapkan kedatanganNya. Luk 21:28. Raja yang mulia itu adalah Tuhan Yesus yang akan datang kedua kalinya dan umat Tuhan menyambutNya. Orang2 yang bersedia itu ada di Pintu Gerbang Maz 24:1-6 siap untuk ikut Dia (seperti ligabis, tetapi ligabo tidak boleh ikut Mat 25:10). Pada waktu Dia datang, orang2 yang sudah menunggu dan bersedia di Pintu Gerbang (seperti ligabis) akan berubah dalam sekejab dan ikut dalam pengangkatan 1Tes 4:16-17. Yang sudah mati di dalam Kristus 1Tes 4:14, yang ada di Surgadengan Allah, menyambut dari pintu yang kekal, itu berarti mereka masuk dalam sisa2 mayatnya, lalu bangkit dalam tubuh kemuliaan dan ikut bertemu Tuhan di awan. Jadi lewat Pintu Gerbang itu pengangkatan dan lewat pintu kekal itu kebangkitan pertama lalu ikut pengangkatan. Semua akan masuk dalam Surga dalam Pesta Kawin Anak Domba dan menerima mahkota dan pahala dalam Kursi Pengadilan Kristus.

Orang2 yang tidak bersedia, pada waktu Tuhan Yesus datang (tahap II) akan lari bersembunyi sebab takut dan kemudian binasa dalam perang Harmagedon Wah 1:7; 6:15-17. Yang sudah mati dalam dosa, ikut dalam kebangkitan kedua masuk pengadilan Tahta Putih yang Besar lalu dilemparkan dalam Tasik api.

Sebab itu kita yang masih (punya kesempatan) hidup, bersedialah supaya waktu Dia datang kita ikut dengan Dia dan menerima mahkota dan kemuliaan yang kekal.

KESIMPULAN.

Banyak kesukaran, lengkap dalam segala segi (keuangan, keamanan, penyakit, malapetaka, kejahatan dll) meningkat dan melanda seluruh dunia, istimewa kegerakan dosa (juga ajaran2 sesat dan setengah sesat) dari iblis (yang masuk sampai dalam Gereja2 dan orang beriman yang tertipu, istimewa kanak2 rohani merasa itu normal, boleh dipakai, sekalipun itu dosa sehingga terjerat) sehingga banyak orang gugur 1Tim 4:1, 2Tes 2:3. Tetapi orang2 beriman yang bersedia, tidak perlu takut sebab justru dalam masa kesukaran ini, kalau kita  berjalan dengan Tuhan seperti Nuh Kej 6:9, masuk dalam rencana Allah, maka kita akan mengalami rencana Allah yang indah dan luar biasa dalam Gereja akhir zaman yang ajaib itu Wah 12:1. Sebab itu ber-jaga2lah Mat 24:42, dan taatlah akan cara hidup yang sudah diajar oleh Firman Tuhan, supaya kita tidak terpisah dalam Polarisasi, tetapi masuk, ikut serta dalam rencana Allah yang mulia. Termasuk jugasegala fasilitas dan perkara2 jasmani akan dilengkapi Allah dengan heran dan limpah; Tuhan sanggup memperlengkapi kita rohani dan jasmani. Hiduplah benar seperti Maz 24:1-6, bersedia menunggu kedatangan Tuhan dari kedua pintu tsb. Tuhan akan memperlengkapi kita dengan KFR., makanlah dari Firman Tuhan dengan limpah dan taat, dan terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, 2 kali ganda seperti Elia. Jangan  menolak makanan keras dan terus mencari susu dan dicampur dengan perkara2 duniawi. Pakailah penawar itu (ligabis) sebelum ular merajalela dan menggigit di mana2, sebab waktunya diperpendek. Kita sudah harus bisa terbang ke tempat2 yang tinggi seperti anak burung rajawali yang menjadi dewasa Yes 33:16, Ay 39:30.

Kalau kita memperhatikan ini baik2, kita mempunyai pengharapan dan tujuan hidup yang gilang gemilang dalam masa2 yang sulit dan dahsyat di muka kita. Kita justru akan bersukacita seperti Paulus dalam penjara dan menang, kuasa Allah bekerja, termasuk “tidak mati” 1Kor 15:51 tetapi ikut pengangkatan. Kita akan mengalami masa keemasan Gereja, seperti Surga di bumi, begitu indah di tengah2 dunia yang jahat dan yang menderita dahsyat.

Kalau datang perkara2 yang jahat, jangan bingung, takut, panik dan kacau, sebab kita yang bersedia akan mengalami hari2 ini sebagai hari2 yang ajaib dan indah dan kemudian sesudah 3,5 tahun Tuhan akan datang dan kita akan masuk dalam kekekalan yang mulia!

Nyanyian: Tabernakel Glory No. 102

Marilah hari mulia (M70D) hari kesukaan

Di tengah kerjaku kuharap

Kau datang lekas2.