M3928 – Matius 20:3,6. Jangan Menganggur.

PENDAHULUAN.

Ada 2 macam pengangguran, yaitu rohani dan jasmani.

Secara jasmani pengangguran itu suatu hidup sia2. Ada yang berkata: pengangguran itu bantalnya setan, timbul banyak dosa dan kejahatan. Ada orang yang menyuruh anaknya bekerja pada orang lain, bukan pada perusahaannya sendiri, supaya tidak bisa bekerja seenaknya dan tidak bisa banyak nganggur, sebab pengangguran memang tidak baik, juga membiasakan suatu tabiat yang jelek.

Secara rohani, masih ada banyak orang beriman yang menganggur, sebagian tidak sadar atau tidak menganggap itu jelek, padahal itu jahat di hadapan Allah. Setuju atau tidak, kita harus taat sebab Dia pemilik Surga dan apa yang ditetapkan Allah itu selalu yang terbaik dan berfaedah bagi kita sendiri! Orang beriman yang tidak bekerja di ladang Tuhan (meskipun hanya part time) itu pengangguran dan hidupnya sia2. Pelayanan itu mutlak perlu, sebab:

  1. Ini adalah kehendak Tuhan, harus taat Mat 7:21.
  2. Kita ini milik Tuhan, sudah dibeli dengan harga tunai 1Kor 6:20, sebab itu kita harus memakai hidup ini untuk melakukan kehendak Allah.
  3. Membuat rohani kita tumbuh, kalau kita hidup sebagai sebuah bejana = pelayanan 2Tim 2:20-21. Sampai dimana kita tumbuh di dunia, itu menjadi ukuran kemuliaan kita di Surga. Luk 19:17.
  4. Ber-buah2. Pelayanan yang betul akan menghasilkan buah2 dan orang yang tidak berbuah akan dipotong dan dilempar dalam api Yoh 15:2,5,6.
  5. Orang yang tumbuh dan berbuah itu justru untung besar sampai kekal, sebab ia dipelihara Allah, jasmani dan rohani, tidak sampai jatuh Yoh 15:2.

Buah itu berarti buah pertobatan Mat 3:9-10 danjiwa2 yang diselamatkan dalam Kristus. Kalau kita tidak melakukannya itu menjadi dosa Yak 4:17, Yes 56:10 bahkan dituntut oleh Tuhan Yesus Yez 33:6.

Menganggur secara jasmani dan rohani, keduanya sama jeleknya. Tetapi kalau kita melayani Tuhan dengan betul, meskipun hanya part time,sesuai dengan keadaan masing2, maka Tuhan akan menyertai dan memberkati kita dan itu indah dan bahagia sampai kekal.

APA ARTINYA MELAYANI TUHAN.

Melayani Tuhan berarti melayani jiwa2. Ini tujuan satu2nya dari pengorbanan Putra manusia Yesus di salib, supaya siapa yang percaya Injil diselamatkan Yoh 3:16. Bagi Tuhan satu2nya yang berati hanya jiwa2 manusia, supaya selamat dan masuk Surga. Bagi manusia ada banyak hal yang penting, kadang2 uang lebih penting dari jiwa manusia, ini membuatnya menjadi jahat. sebab cinta uang itu akarnya segala jenis kejahatan. Jadi semua pelayanan itu harus diarahkan, dipusatkan pada pelayanan jiwa2 yaitu:

  1. Beritakan Injil pada siapa saja (ini angka kedatangan Tuhan yang pertama Mat 24:14), semua yang ada di sekitar kita, sebab adalah kehendak Tuhan kita menjadi terang untuk sekitar kita dan garam untuk panci kita Mat 5:13-16. Ini artinya melayani Tuhan, jangan diabaikan, itu berarti pengangguran yang memakai kesempatan hidup ini dengan sia2.
  2. Minta pimpinan dan kuasa Tuhan untuk menyelamatkan jiwa2 yang ada di sekitar kita dengan belas kasihan ilahi Mat 9:13 dan kuasa Allah Luk 11:20. Keselamatan itu selalu tergantung dari 2 pihak, kita yang melepaskannya dari ikatan cengkeraman iblis (sebab itu perlu banyak berdoa supaya diperlengkapi dengan kuasa dari tempat tinggi Luk 24:49, Kis 1:8) dan dari pihak orang dosa itu, yang harus mengambil keputusan untuk percaya kepada Tuhan. Lakukan 3 hal ini kalau tidak mau dianggap pengangguran yang sia2 di hadapan Allah.
  3. Saling menumbuhkan sampai sempurna. “Saling” ini penting dan sangat efektif, sebab justru kalau kita dengan tulus berusaha menumbuhkan saudara2 kita, justru kita sendiri tumbuh. Untung dobel, sebab kita melayani dengan tulus dapat pahala dan kita sendiri tumbuh, itu berarti makin mulia untuk kekal.

Menumbuhkan rohani itu membuat banyak kesibukandan pengorbanan tetapi ini berkenan pada Tuhan. Menumbuhkan berarti:

  1. Jangan sampai bantut tetapi harus tumbuh, ada kemajuan. Ingat 7 KPR dalam kesucian.
  2. Yang rusak, salah, dosa, keliru, lemah dibetulkan. Ini termasuk pekerjaan seperti sekolah (mendidik), seperti bengkel (mereparasi yang rusak), seperti rumah sakit (menyembuhkan yang sakit), lebih2 kalau ada kasus2 tertentu, apalagi yang sulit seperti keras hati, ikatan2 dosa tertentu dll. Ini membuatbanyak pekerjaan tetapi jangan lupa ini juga menghasilkan banyak pahala dan kita tumbuh makin pesat.
  3. Tumbuh sampai sempurna. Sudah baik belum berarti selesai. Misalnya tabiat baru sudah ada misalnya kasih, sabar, setia, rendah hati dsb, itu harus terus tumbuh sampai ukurannyaseperti Kristus. Hidup dalam dunia ini juga penuh dengan ujian untuk mengolah dan membuktikan apa itu betul2 hidup baru dan terus tumbuh. Untuk menumbuhkan dan memperbaiki itu berarti banyak pelayanan dan pengorbanan, tetapi kalau kita lakukan dengan tulus, karena Kristus, dengan kasih, kuasa dan pimpinan Roh kudus, kita sendiri tumbuh dan limpah pahala seperti Musa, Daud, Yusuf dan semua yang lain itu justru tumbuh dengan heran dan indah karena ingin menolong menyelamatkan lalu menumbuhkan! Kalau Musa hanya menghadapi kasus Israel yang jahat dan keras hati, maka waktu hendak dibunuh semua oleh Tuhan, ia akan senang, sebab selesai tugasnya, tidak repot lagi. Tetapi sebab Musa ingin menyelamatkan dan menumbuhkan dengan tulus dan kasih, ia berdoa syafaat dan memintakan ampun mereka! Kel 32:32. Sebab itu Musa sendiri tumbuh dengan cepatsampai sempurna (Henokh butuh 300 tahun!). Israel generasi pertama binasa sebab tetap keras hati, tetapi generai kedua tumbuh, meskipun tidak sampai sempurna, tetapi ada yang baik seperti Yosua, Kaleb dll.

III. SIAPA YANG KITA LAYANI?

Kita harus tahu jelas target kita supaya jangan sia2. Target kita bersama,  adalah siapa saja yang mau percaya akan diselamatkan Yoh 3:16.

Ada urut2an tanggungjawab yaitu:

  1. Isi rumah kita, sebab ada janji khusus bagi mereka Kis 16:31. Sebab itu jangan lelah, jangan bosan, layani mereka sampai selamat dan tumbuh setinggi mungkin seperti Nuh dan keluarganya selamat di tengah2 orang zamannya yang sangat jahat.
  2. Orang dekat kita Luk 10:27. Semua mempunyai orang dekat yaitu “pancinya” yaitu orang2 yang hampir setiap hari atau sering dijumpainya di rumah, di sekolah, di tempat kerja dll. Ini bukan kebetulan, Tuhan mengizinkan mereka datang dekat kita untuk diselamatkan. Siapa saja di dekat kita perlu kita garami, sebab Allah mengasihi seisi dunia.Sebab itu garami dan terangilah mereka.
  3. Orang2 lain yang dibebankan atas kita seperti Israel di atas Musa, begitu juga bagi kita, mungkin dalam Gereja, atau waktu kita diutus keluar, dll.

Jangan nganggur, kerjakan pekerjaan Tuhan, pasti untung secara jasmani dan rohani Tuhan akan memelihara kita Yoh 15:2.

BAGAIMANA KITA MENERANGI MEREKA?

Supaya kita bisa melayani dengan baik, maka perlu ada:

  1. Kasih, belas kasihan ilahi Luk 10:27, Mat 9:13; 22:39, Mrk 12:31. Kasih ilahi itu menembus ras, ber-macam2 tingkatan dalam masyarakat, pengalaman pahit yang lalu (kasih ilahi bisa mengampuni), perbedaan umur atau perbedaan apapun. Kebencian dengan alasan apapun, kita bisa membuangnya Kol 3:9-10, sebab kita sudah lahir baru, sudah berubah jadi lain, jadi baru 2Kor 5:17. Taati dengan iman, pasti bisa. Dalam manusia lama selalu ada sedikit banyak kebencian rasial, curiga kedudukan, dendam dll, tetapi dengan iman, semua bisa dibuang. Tetapi kita harus cerdik dengan tulus Mat 10:16, sebab orang lain masih tetap punya tabiat lama, macam2 dosa, sebab orang dosa itu anak iblis, hamba dosa, tetapi jangan takut, minta pimpinan, kasih dan kuasa Allah! Di dalam persekutuan tubuh Kristus tentu tidak boleh ada dosa apapun melainkan dalam kasih dan kesucian 1Yoh 1:7.
  2. Mat 25:40. Memperlakukan orang yang paling kecilpun karena Tuhan, itu perlakukan kita kepada Tuhan. Pakailah kesempatan yang luar biasa ini. Andaikata seorang yang besar dan terhormat berkata, apa yang kau lakukan pada orang yang kukirim padamu, aku rekam semuanya dan itu kuanggap perlakuanmu padaku. Bagaimana sikap kita? Pasti lain! Ini kesempatan berbuat baik pada orang itu.Begitu juga pesan Tuhan Yesus pada kita.

Tolonglah segala orang, siapa saja yang ada di dekat kita untuk menolong secara jasmani, lebih2 secararohani, beri makanan rohani, beri perkara2 yang kekal, layani, lepaskan, bebaskan sebab apa yang kita perbuat untuk orang2 lain, siapa saja, karena Kristus, itu perbuatan kita untuk Tuhan Yesus, luar biasa. Kita bisa memberi makan dan minum Tuhan Yesus, menolong melepaskan dari penjara, dari sakit, dari tabiat yang buruk, pikiran yang salah dll, itu perbuatan kita bagi Tuhan dan Tuhan akan memberi kita pahala. Jangan tidak peduli, acuh tak acuh, tetapi layani jiwa2 karena Tuhan, maka itu perbuatan bagi Tuhan Yesus, luar biasa.

  1. Mau melayani dengan segenap hati.

Bagaimana kalau keadaan kita terbatas, tidak bisa apa2. Kita tidak harus pintar dan ahli dll. Yang penting punya Tuhan Yesus dalam hati kita dan mau, maka kita bisa mem-bagi2 Tuhan Yesus dan Tuhan sendiri yang akan bekerja melalui kita.

Asal ada Tuhan Yesus dalam kita, kita hidup baru, Tuhan bisa memakai kita untuk memenangkan jiwa. Seperti kaktus yang dipotong, jatuh ke tanah tumbuh lagi jadi satu pohon kaktus. Tetapi kaktus plastik tidak bisa seperti ini, sebab tidak hidup. Asal Tuhan Yesus ada di dalam kita, kita punya kehidupan itu, Tuhan bisa memakai kita untuk menyelamatkan dan menghidupkan orang lain.

  1. Jangan membedakan orang. Rom 2:11. Perhatikan semua orang di sekitar. Melayani Tuhan itu berarti melayani semua orang di sekitar kita siapa saja, dengan tulus dan rendah hati, dengan pimpinan Roh Kudus yaitu dengan hikmat dan kuasaNya. Layani jiwa2 dalam segala kebutuhan mereka, coba tolong secara jasmani (sesuai dengan apa yang ada pada kita 2Kor 8:12), istimewa dalam pelayanan rohani, layani, kita bisa memberi lebih banyak daripada hal2 jasmani (jasmani kita sangat terbatas), tetapi dengan doa, dengan Kristus, semua bisa tertolong dandicukupi jasmani dan rohani. Harus tetap ada pengorbanan, karena Kristus.
  2. Jangan buang kesempatan. Layani setiapjiwa, itu kehendak Tuhan. Jangan tidak peduli, tidak pusing dengan orang2 lain, hanya pada orang2 atau golongan tertentu. Layani semua orang, supaya mereka diselamatkan dengan nama Tuhan Yesus. Pakai setiap kesempatan.

PEMELIHARAAN TUHAN BAGI YANG MELAYANI.

Kalau kita mau melayani jiwa2, itu kehendak Tuhan dan banyak faedah dan keuntungannya, sebab Tuhan akan memelihara kita supaya terus berbuah Yoh 15:2. Ia memberi fasilitas jasmani dan rohani terus menerus; misalnya mobil yang dipakai, terus diisi bensin dan diservis. Kalau 1 hari dipakai terus, bisa habis 50 liter, kalau 1 bulan bisa: 30 x 50 = 15.000 liter (3 truk tangki bensin), 1 tahun 3 x 12 = 36 mobil tangki. Luar biasa. Perkara2 besar terjadi. Kalau mobil itu terus bekerja, akan terus dicukupi se-gala2nya. Begitu Tuhan akan menambahi terus semua fasilitas jasmani dan rohani, kalau kita terus melayani dengan tulus dan rendah hati. Kalau kita melayani terus, maka kita akan terus disuply dengan fasilitas rohani dan jasmani, baik pengurapan, kuasa, hikmat,sukacita dll, sehingga rohani terus tumbuh dan ber-buah2 dan makin indah makin berkenan pada Tuhan. Ini luar biasa. Memang justru dalam pelayanan rohani kita bisa tumbuh dengan pesat 2Tim 2:20-21.

Fasilitas jasmani (“bensin”) juga Tuhan akan berikan, baik kesehatan, uang, pekerjaan, nafkah dll Tuhan pasti bisa beri, Dia maha kuasa!

Dalam kesehatan; sebagaimana rohani kita sehat, juga tubuh kita akan sehat 3Yoh 2. Kalau rohani sehat dan meningkat, maka sesuai dengan janji ini, kesehatan jasmani kita juga akan makin meningkat. Padahal dalam kenyataannya tubuh manusia, tambah tua akan berkurang kesehatannya sama seperti mesin atau lampu ada umurnya. Juga kesehatan, makin tua kesehatannya makin merosot.

Ada orang berkata: makin tua 6 B makin nyata yaitu:

  1. Botak, 2. Blereng, 3. Budeg, 4. Bogang, 5. Bungkuk, 6. Beser

dan juga fungsi2 tubuh yang lain. Ini yang biasa pada manusia.

Ini secara manusiawi, makin tua kesehatannya makin menurun. Tetapi kalau rohani kita tumbuh dan ber-buah2, Tuhan juga akan terus memberi “bensin kehidupan” seperti janji Tuhan sesuai dengan kesehatan rohani kita. Sebab itu jangan kuatir dan percayalah, kita akan menerima sesuai dengan iman kita sehingga grafik kesehatannya berbeda.

Sebab itu selagi hidup kita bisa terus melayani dan ber-buah2 dan terus tumbuh dalam iman, sehingga makin indah dan keadaan kesehatan rohani kita juga meningkat, maka kesehatan jasmani kita juga akan meningkat, paling sedikit tetap, tidak menurun! Seperti Elisa, sampai mati masih bisa berfungsi, melayani raja Israel, bahkan sesudah mati masih bisa membangkitkan orang mati. Abraham, Yakub, Daud dll sampai mati masih bisa berfungsi, melayani dan pada saat terakhir baru menarik kakinya ke atas ranjang lalu mati Kej 49:33, 1Raj 2:10. Bagi Tuhan tidak sulit memberi umur dan hidup sehat sampai mati.

Manusia berusaha dengan macam2 cara, makan teratur dan senan terus, dirawat dengan segala macam hasil tehnoogi kedokteran modern dll. Tetapi toh akhirnya merosot dan mati. Tuhan sanggup menolong kita sehingga tidak hidup sia2 (seperti Mat 20:3,6).

Kehendak Tuhan adalah kita sehat sesuai dengan jiwa atau rohani kita sehat 3Yoh 2, apalagi kalau kita sungguh2 melayani jiwa2 (= melayani Tuhan) rohani kita tumbuh, Tuhan akan memebri semua fasilitas yang kita butuhkan, termasuk nafkah, sukacita, pengurapan, pengertian, pembukaan dll hal2 rohani dan juga kesehatan, tidak turun merosot tetapi tetap bahkan meningkat. Itu sebabnya orang yang tumbuh dalam pelayanan (dengan pelayanan yang baik, sesuai Firman Tuhan, tulus, suci, berkenan pada Tuhan, bukan pelayanan jahat sehingga rohaninya mati dalam pelayanan tetapi sungguh2 berkenan pada Tuhan), maka kesehatannya juga akan meningkat tinggi; jangan bimbang atau ragu, janji Tuhan pasti digenapi. Sebab itu lakukan pelayanan pada orang2 dengan tulus, rendah hati dan dalam pengurapan Roh Kudus, maka Tuhan juga akan memberi semua fasilitas yang kita butuhkan, termasuk kesehatan jasmani sesuai dengan kondisi rohani kita.

Jangan nganggur, jangan hidup sia2, layani siapa saja, orang dari mana saja, asal bukan binatang, itu berkenan pada Tuhan.  Layani kebutuhan rohaninya (dan jasmani sesuai dengan kemampuan kita), sambut merekadengan tulus dan sungguh2, itu berarti kita menyambut Tuhan Yesus. Cintai mereka, 1Yoh 4:19-20 baik musuh atau kawan, itu berarti kita mengasihi Tuhan Yesus.

Kunjungan dalam penjara, waktu sakit, waktu lapar, waktu menangis, waktu susah, tolong mereka yang mau dilayani dengan hikmat, kuasa dan kasih Kristus yang tulus. Jangan masa bodoh atau tidak peduli pada orang2 dan jiwa2 di sekitar kita.

ALASAN2 YANG MENGHENTIKAN PELAYANAN.

Beberapa orang mempunyai alasan2, sehingga tidak melayani jiwa2 (tentu iblis senang dan dia akan membantu menyempurnakan alasan2 ini bahkan memberi alasan2 yang lain), misalnya :

  1. Tidak ada waktu. Biasanya ini disebabkan karena tidak mau terbeban dan tidak mau korban, kalau mau, akan selalu bisa memotong waktu untuk pelayanan part time.
  2. Sudah beri uang (perpuluhan) untuk Tuhan, cukup, tidak perlu melayani jiwa2 lagi, sebab pelayanan itu berarti biaya dan uang. Ini alasan salah sebab perpuluhan adalah milik Tuhan, bukan milik kita. Kalau kita memberi perpuluhan itu berarti mengembalikan uang Tuhan, membayar hutang kita pada Tuhan. Mal 3:8-10.
  3. Masa bodoh, tidak peduli, ini orang yang bodoh dan yang tidak mau melakukan kehendak Tuhan, hanya dengar tetapi tidak melakukan kehendak Tuhan. Yang bahagia (beruntung), itu bukan, penonton, tetapi yang melakukannya. Yak 1:23.
  4. Ada berhala yang terus disembah, misalnya uang (mammon), anak, kedudukanj, pekerjaan, hobby, dll sehingga tidak ada waktu dan hati untuk pelayanan.

VII. TERUS MENINGKAT SAMPAI PUNCAK.

Jangan tertipu oleh iblis, mumpung masih hidup, ada kesempatan untuk tumbuh dan ber-buah2. Kalau sudah mati atau Tuhan datang kesempatan habis. Pkh 9:10. Kalau masih hidup itu berarti rencana Allah bagi kita belum habis, masih bisa tumbuh dan berbuah, asal mau dipimpin Roh, apalagi kalau masih punya waktu banyak (masih muda) ada cukup waktu untuk diolah dan dibentuk untuk rencana Allah yang terindah dan tertinggi seperti Daud, Yusuf, Daniel, Ayub dll. Pengolahan dan ujian itu butuh waktu! Tidak ada yang kebetulan, sebab itu kalau masih hidup, jangan hidup dengan sia2 tetapi selesaikan beban dan rencana Allah Kis 20:24. Justru kita harus terus meningkat sampai puncak, apalagi kalau masih punya waktu banyak, bisa ekstra lebih meningkat, sebab kesempatan itu belum tentu kembali, apalagi kalau hidup dalam dosa.

 

Makin tua makin ngotot, makin banyak korban waktu, uang, tenaga, pakai setiap kesempatan, jangan hidup sia2, apalagi kalau sudah bisa lihat akhir zaman yang dekat ini. Layani jiwa2 dimana saja, dalam Gereja, di luar Gereja, di rumah atau di luar, tetap hidup dipimpin Roh supaya kita bisa memakai setiap kesempatan yang kita terima dengan efektif.

VIII. MAT 25:31-33. MACAM2 PELAYANAN.

Domba + kambing.

Domba (baik) + kambing (salah, jahat).

Ini bisa secara rohani: bagi2 roti = Firman Tuhan.

Secara jasmani -> roti biasa.

  1. Lapar -> beri makan Mat 15:32 jasmani atau cara rohani. Mat 24:45.
  2. Dahaga -> minum dari air kehidupan seperti yang dibuat Putra manusia Yesus Yoh 7:37; 4:14, Wah 21:6.

Tuhan Yesus akan membaptis dengan Roh, jiwanya dipuaskan. Kita melakukannya secara rohani dan kalau perlu secara jasmani Rom 12:20.

  1. Orang asing, tidak punya tempat tinggal, (musafir 1Pet 1:17, 2Kor 5:1). Sambut dan perkenalkan Tuhan Yesus sampai mendapat tempat di Surga Yoh 14:1-3.

Jangan sukacita kalau belum punya tempat (tertulis) di Surga Luk 10:20. Ajak percaya Tuhan Yesus, terima Tuhan, jadi warga Negara Surga anak2 Allah.

  1. Telanjang -> dosa2nya tampak Wah 3:17; 16:15 dinasehati, dilayani sampai bertobat dan kembali punya pakaian kesucian (orang zaman Antikris telanjang di hadapan Allah, hidup dalam dosa. Sesudah percaya dan setia sampai mati dapat jubah putih, punya pakaian).
  2. Sakit -> dilawat, ditolong segala sakit dan kelemahan, digembalakan sampai sembuh dan jadi kuat dan bisa produktif dalam melakukan kehendak Tuhan, istimewa memenangkan jiwa2.
  3. Dalam penjara. Terikat oleh dosa dll. Harus ditolong sampai lepas, kelepasan dari semua ikatan.

1-3 (Penginjilan, 4-6 (penggembalaan).

Melakukan arti rohani -> masuk Surga, sebab hanya bisa dilakukan orang2 yang punya Kristus dalam hatinya.

Melakukan arti jasmani -> Perbuatan baik orang biasa, masuk Kursi Pengadilan Raja, Kerajaan 1000 tahun.

KESIMPULAN.

  1. Orang beriman yang tidak melakukan kehendak Allah, seperti carang akan dipotong, masuk api, tidak masuk kerajaan Allah, sebab itu kita yang sudah dibeli dengan harga tunai yaitu darah Kristus, adalah budak belian milik Kristus, harus melakukan kehendak Tuan kita, yaitu Allah 1Kor 3:19. Kalau kita melakukan kehendak Allah, melayani kebun anggur Tuhan, sekalipun hanya part time, maka itu berkenan pada Tuhan, kita masuk dalam kerajaan Surga dan menerima pahala yang mulia.
  2. Pelayanan pekerjaan Tuhan adalah pelayanan jiwa2, baik penginjilan atau penggembalaan, adalah tugas kita bersama, baik dalam ukuran pribadi atau ukuran besar sesuai kehendak dan jabatan dari Tuhan.
  3. Jangan buang kesempatan yang ada, belum tentu lain kali dapat lagi, jangan tidak peduli, mengabaikan dengan alasan apapun, kita harus taat.4. Layani jiwa2 tanpa membedakan, dengan tulus, kasih dan dipimpin Roh, maka itulah pelayanan kita seperti kepada Tuhan Yesus sendiri dan kita akan tumbuh dengan efektif serta mendapat pahala dari Tuhan.

Nyanyian: Tabernakel Glory no. 169

Pergi s’karang kerjalah di ladangKu

Kalau kerjamu selesai,

kau trima mahkotamu.