M3829 – Syarat Minimal Akhir Zaman (Minggu Ke-70 Daniel).

DEFINISI.

Yang dimaksud dengan syarat minimum ini adalah untuk keselamatan, yang mau percaya pada Tuhan lalu meninggalkan hidup yang lama langsung selamat Kis 16:31, Yoh 3:16. Syarat minimum untuk ikut pengangkatan adalah penuh dan dipimpin Roh yaitu hidup dalam Ruangan Suci, sebab ini yang terangkat, tetapi Halaman di-injak2 Antikris selama 3,5 tahun (II) dari Minggu ke-70 Daniel.

Wah 11:2

tetapi biarkanlahc halaman yang di luar Bait Allah itu, jangan mengukurnya, karena ia sudah diberikan kepada orang kafir dan kota yang kudus itu akan diinjak-injak mereka empat puluh dua bulan lamanya.” (KJI)

Jadi syarat minimum keselamatan adalah Pintu Gerbang dan syarat minimum ikut pengangkatan adalah Pintu Kemah.

Tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, syarat untuk ikut pengangkatan secara praktis menjadi syarat keselamatan, sebab :

  1. Dosa dan kejahatan meningkat luar biasa sampai puncaknya, sehingga:
  2. hampir semua yang tidak penuh dan dipimpin Roh (seperti Nuh sekeluarga Kej 6:9) akan terseret arus polarisasi sehingga hanyut dalam dosa dan mati dalam dosa (sehingga tidak selamat) atau
  3. jadi korban dosa dan kejahatan waktu itu (sebab terlepas dari tangan Tuhan, sebab itu juga binasa). Tetapi yang bisa bertahan (penuh dan dipimpin Roh) akan lepas dari menjadi korban dosa dan kejahatan dan ikut pengangkatan.
  4. Juga di dalam Gereja terjadi masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:7 karena hukum2 yang keras dan tertib 2Kor 10:6 sehingga orang yang main2 (orang Halaman) mati seperti Ananias Kis 5 atau mereka keluar dari Gereja yang betul dan jatuh dalam dosa dan binasa.
  5. Orang yang memenuhi syarat pengangkatan, yaitu yang akan ikut pengangkatan, Tuhan sudah tahu lebih dahulu yaitu semua anggota tubuh Kristus global (yang digambarkan dalam Wah 12:1) dan mereka tidak ada yang mati, 1Kor 15:51-52.tetapi ikut pengangkatan, pada waktu itu merekaberubah dalam sekejab dalam tubuh kemuliaan dan hilang, ikut pengangkatan.
  6. Mereka yang tertinggal, punya kesempatan terakhir lewat kematian, se-olah2 dengan darahnya sendiri Wah 13:7. Banyak yang selamat, tetapi lebih banyak yang menyangkal diri dan ikut Antikris (berapa prosen, tidak disebutkan, tetapi pasti jalan lebar jauh lebih banyak orangnya!).

Jadi secara praktis kita harus memenuhi syarat pengangkatan untuk bisa bertahan dan tetap selamat dalam Minggu ke-70 Daniel. Orang2 Kristen Halaman masih ada sedikit yang selamat, untung sekali, tetapi hampir semua hilang keselamatannya sebab hidup dalam dosa, hanyut dalam polarisasi dosa. Sebab itu kita perlu hidup lebih dari syarat minimum akhir zaman supaya selamat, jangan spekulasi untuk keselamatan yang begitu besar untuk kekal.

Ibr 2:3

bagaimana kita dapat terlepas, jika kita melalaikan keselamatan yang sedemikian besarnya? Yang pada mulanya diucapkan oleh Tuhan lalu diteguhkan kepada kita oleh mereka yang sudah mendengarnya. (KJI)

ORANG2 YANG AKAN IKUT PENGANGKATAN.

Dalam saat2 akhir zaman ini, kejahatan dan dosa begitu dahsyat meningkat kualitas dan kwantitas, sehingga jumlah orang yang mati meningkat tajam. Menruut Wah 6 dalam 4 Meterai pertama pada waktu itu paling sedikit 1/4 sampai 1/3 penduduk dunia mati (sebagian besar tidak selamat). Tetapi orang2 yang akan ikut pengangkatan dipelihara Tuhan sehingga dalam sikon yang bagaimanapun, mereka tidak akan mati, Tuhan melepaskan dengan kuasaNya.

1Kor 15:51-52

51 Lihatlah, saya mengatakan kepadamu suatu rahasia. Tidak semua kita akan mati, tetapi kita sekalian akan diubahkan.

52 Dalam sesaat, dalam sekejab mata pada sangkakala terakhir. Karena sangkakala akan berbunyi, dan segala orang mati akan dibangkitkan tanpa kebinasaan, dan kita akan diubahkan. (KJI)

Dengan sendirinya kalau tidak mati, ini berarti sejak lahir sudah dijaga Tuhan yang mahatahu, yang tahu sebelumnya bahwa mereka akan ikut pengangkatan. Jadi kalau pada waktu pengangkatan ia berusia 90 tahun, maka sejak lahir, 90 tahun yang lalu ia sudah dijaga Tuhan dengan kuasaNya, tidak sampai mati dalam keadaan apapun (dalam keadaan biasa bisa Maz 92:7, Yes 43:2, apalagi ditambah janji khusus dalam 1Kor 15:51-52)..

Orang yang tidak memenuhi syarat minimum ini (dalam Minggu ke-70 Daniel) akan ikut jadi korban kematian yang tinggi waktu itu atau masih hidup tetapi tidak ikut pengangkatan dan masuk dalam zaman Antikris (binatang ke-4) yaitu 1260 hari di-injak2 oleh Antikris Wah 11:2. Suatu masa sengsara yang paling top sejak awal dunia dan tidak akan berulang lagi Mat 24:21. Sebab itu kita harus ber-jaga2 yaitu hidup berkenan pada Tuhan di atas syarat minimum itu.

III. UKURAN DALAM SKEMA KEMAH SUCI.

Dalam keadaan biasa, sebelum Minggu ke-70 Daniel, yang menjadi ukuran minimum adalah: asal selamat, masuk Surga, seperti penjahat besar yang di salib, tidak ada hal2 rohani sama sekali padanya, tetapi ia selamat sebab bertobat pada jam terakhir dari hidupnya. Luk 23:43.Syarat minimumnya adalah asal selamat, yaitu percaya pada Tuhan Yoh 3:16; 1:22. Orang kaya dan Lazarus, meskipun orang kaya itu sudah kenal Tuhan, dan ada padanya kitab Taurat (Luk 16:2-9), tetapi tidak selamat, mati langsung masuk Neraka. Orang kaya itu tidak memenuhi syarat minimum keselamatan. Tentu sesudah selamat, sesudah percaya pada Tuhan Yesus, harus ada perbuatan sebagai tanda percaya, kalau tidak itu berarti percayanya mati.

Yak 2;17

Demikian juga iman, jika tidak ada perbuatannya, matilah ia dengan sendirinya. (KJI)

Sebab itu kalau masih hidup harus tumbuh, harus dibaptis (Mrk 16:16); Kalau kembali hidup lama dalam dosa dan mati dalam dosa, keselamatannya hilang.

Dalam ukuran Kemah Suci syarat keselamatan ini adalah Pintu Gerbang, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, syaratminimum untuk ikut pengangkatan adalah Pintu Kemah.

Dalam Minggu ke-70 Daniel, dosa dan kesucian akan sangat meningkat.

Wah 22:11

Orang yang tidak benar, biarlah ia terus berbuat yang tidak benar; dan orang yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan orang yang benar, biarlah ia terus mengerjakan kebenaran; dan orang yang kudus, biarlah ia terus kudus.” (KJI)

Orang yang tidak penuh dan dipimpin Roh, tidak akan tahan untuk bisa melewati:

  1. Ujian dan pencobaan dalam sikon dunia yang penuh dengan dosa dan kejahatan yang meningkat sampai puncak2nya.
  2. Dalam Polarisasi dosa dan kesucian, orang yang tidak penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis akan hanyut dalam arus dosa yang makin lama makin meningkat dengan jahat sekali.

Hal2 yang berhubungan dengan syarat minimum untuk pengangkatan itu adalah sbb:

BAPTISAN API.

Luk 12:49

Adapun kedatangan-Ku ini hendak melemparkan api ke atas bumi; dan betapakah sukanya Aku, kalau-kalau api itu sudah menyala! (TL)

Baptisan api bagi Putra manusia Yesus adalah Golgota dan baptisan api bagi umat Tuhan pada akhir zaman ini juga ujian akhir yang dahsyat seperti Golgota. Ujian akhir ini tingkatannya tinggi. Bandingkan ujian akhir untuk SD dan S3 itu sangat berbeda, jumlahnya begitu banyak dan mutu atau tingkatan ujiannya sangat berat. Keadaan ujian akhir (baptisan api) itu lebih kurang sama seperti ujian Ayub dan Abraham, dahsyat sekali.

Pencobaan yang berat ini akan mencobai semua orang di dunia.

Wah 3:10

Sebab engkau sudah memelihara firman tentang kesabarand-Ku, Aku juga akan memelihara engkau dari masa pencobaan yang akan datang ke atas seluruh dunia, untuk mencobai mereka yang diam di bumi. (KJI)

Sebab itu tidak heran Tuhan menyuruh kita selalu bersedia untuk menghadapi 3,5 tahun sebelum kedatanganNya (yaitu setengah Minggu ke-70 Daniel yang pertama), supaya lulus, meskipun kita tidak tahu bila itu akan terjadi.

Mat 24:42

Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (KJI)

MASA HUKUMAN RUMAH ALLAH.

1Pet 4:17

Sebab pada waktu itu, hukuman akan di mulai dari rumah Allah, dan jika pertama-tama dimulai dari kita, apakah kesudahannya dengan mereka yang tidak taat kepada Injil Allah? (KJI)

Orang yang tidak hidup benar (lebih dari syarat minimum pada masa ini) akan kena hukuman. Orang2 seperti ini akan terseret polarisasi dosa dan kejahatan di sekitarnya dan kalau tetap ikut dalam dosa2 dunia waktu itu, mereka juga akan kena hukuman dalam Gereja yang menjadi sangat tertib padawaktu itu, dimana setiap kesalahan akan dihukum tegas seperti kesalahan Ananias dan Safira dalam Kis 5 yang relatif kecil tetapi kena hukuman yang keras.

2Kor 10:6

Dan bersiap sedia menghukumkan semua ketidaktaatan apabila ketaatanmu sudah sempurna. (KJI)

Ini juga sudah ditekankan dalam syarat2 makan Perjamuan Suci dalam

1Kor 11:31-32

31 Tetapi jika kita mau menghakimi diri kita sendiri, maka kita tidak akan dihukumkan.

32 Tetapi jikalau kita dihukumkan maka kita dihajar oleh Tuhan, supaya kita tidak dihukumkan bersama-sama dengan dunia. (KJI)

Bahkan di dalam nubuatan Wasiat Lama, hal ini sudah diterangkan dalam Yehezkiel. Orang yang tidak dimeteraikan di dahinya (ini lambang meterai baptisan Roh Kudus Ef 4:30) akan binasa di dalam kaabah, bukan di luarnya.

Yez 9:4,6-7

4 Lalu firman Tuhan kepadanya: Berjalanlah engkau di tengah-tengah negeri, yaitu di tengah-tengah Yeruzalem, dan bubuhlah suatu tanda pada dahi segala orang yang berkeluh kesah dari karena segala perkara keji yang dibuat di tengah-tengahnya itu.

6 Bunuhlah akan orang tua dan orang teruna dan anak dara dan anak-anak dan perempuan sampai binasa semuanya! tetapi janganlah kamu hampir kepada segala orang yang padanya adalah tanda itu, dan hendaklah kamu mulai dari pada tempat kesucian-Ku! Maka mulailah mereka itu dengan segala orang bangsawan yang di hadapan rumah itu.

7 Maka firman-Nya kepada mereka itu: Najiskanlah rumah itu dan penuhilah segala serambinya dengan orang yang mati dibunuh, lalu hendaklah kamu keluar. Hata, maka keluarlah mereka itu, lalu dibunuhnya akan orang yang di dalam negeri itu.

Sebab itu kita harus betul2 mengerti dan memegang nasehat Firman Tuhan ini (Mat 24:42) supaya kita selalu hidup di atas syarat minimum akhir zaman ini, supaya kalau masuk Minggu ke-70 Daniel kita tidak sampai jatuh, mati atau tertinggal dalam pengangkatan. Sebab itu kita harus selalu hidup penuh dan dipimpin roh. (Tidak cukup hanya penuh Roh tetapi hidup menurut daging seperti Simson, Saul dan sebagian orang Gal 3:3-4).

TUBUH KRISTUS GLOBAL YANG IKUT PENGANGKATAN.

Ini akan terbentuk dalam Minggu ke-70 Daniel, yaitu semua orang yang penuh dan dipimpin Roh yang bersekutu dalam Roh dan terus tumbuh dalam kesucian dan ketaatan melakukan kehendak Allah.

Gereja ini akan menjadi luar biasa, menjadi Gereja yang ajaib (Wah 12:1) sebab fasilitas yang Tuhan berikan kepadanya sangat limpah antara lain Hujan Akhir, tanda2 dan mujizat dari seluruh Alkitab muncul semua bahkan lebih, bahkan lebih daripada yang dibuat oleh Putra manusia Yesus Yoh 14:12, istimewa oleh orang2 yang akan tumbuh terus sampai sempurna. Juga pembukaan Firman Tuhan Mat 10:26-27, Perjamuan Suci setiap hari Kis 2:46, Luk 17:37, pelayanan jabatan yang lengkap Ef 4:11-12, pelayanan orang sempurna. Yoh 1:52, Wah 12:5, Yoel 2:1-11 dll. Keadaan tubuh Kristus global ini luar biasa, seperti Surga tetapi masih ada di bumi.

Wah 12:1

Dan terlihatlah suatu tanda ajaib yang besar di langit, yaitu seorang perempuan berpakaian matahari, dan bulan di bawah kakinya dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya. (KJI)

VII. CONTOH:

Lima gadis bodoh, sekalipun penuh Roh Kudus, ditolak Tuhan pada waktu itu, hanya lima gadis bijak yang boleh masuk Mat 25:1-13. Ini menceritakan syarat minimum yang tinggi untuk akhir zaman, yaitu semua harus menjadi seperti ligabis, sebab Roh Kudus sudah dicurahkan dengan limpah dan yang tingkatnya hanyaseperti ligabo atau Simson (yang penuh Roh Kudus tetapi bolak balik masih jalan dalam daging, atau campuran) akan ditolak Tuhan. (Simson pada akhirnya masih bertobat, tetapi Saul binasa). Ini orang2 yang mulai dalam Roh tetapi tetap jatuh bangun terus dalam dosa dan akhirnya hidup dalam daging.

Ligabo ini adalah orang2 yang sudah penuh Roh Kudus, sebentar dipimpin Roh, sebentar dipimpin daging seperti ligabo yang tidak punya minyak cadangan, yang meskipun tidak bersinar, tetap punya minyak, yaitu minyak cadangan. Minyak cadangan ini berarti selalu penuh Roh Kudus sekalipun tidak ada pelayanan atau problem, meskipun “tidak menyala”, tetap penuh dan dipimpin Roh, yaitu dengan berdoa terus sepanjang hari di dalam Roh 1Tes 5:17, Jd 20.

VIII. SEKARANG!

Tampaknya syarat minimum pengangkatan ini tinggi dibandingkan dengan syarat keselamatan sekarang. Jangan kita menunggu Minggu ke-70 Daniel baru mau sungguh2 ikut Tuhan, baru maumeningkat, tetapi sekarang masih di jalan lebar atau campuran.

Kalau sekarang belum mau sungguh2 hidup suci, itu berarti masih ada keinginan2 dosa atau daging yang dibiarkan menyala dalam hatinya, belum dimatikan sepenuhnya, belum dibuang semua. Ini orang yang keras hati, yang mempermainkan kemurahan Tuhan dengan tidak mau bertobat sungguh2.

Rom 2:4

Atau engkau hinakankah kelimpahan kemurahan-Nya, kesabaran, dan ketabahan-Nya untuk menderita? Tiadakah engkau mengetahui bahwa kemurahan Allah itu maksudnya menuntun engkau kepada pertobatan? (KJI)

Orang ini secara berkala atau kadang2 masih minum anggur lama, maka sedikit keinginan dosa yang disisakan itu akan mengikat dia makin kuat sehingga dengan tidak disadari lagi, ia tidak bisa lepas dan akhirnya tetap minum anggur lama, tidak lagi mau minum anggur baru lagi.

Luk 5:39

Tidak seorangpun yang minum anggur lama, dengan segeranya menginginkan yang baru, sebab ia berkata: “Yang lama lebih baik.” (KJI)

Orang ini sudah terikat dengan anggur lama,bahkan bisa mabuk dengan anggur lama ini yaitu racun ular biludak Ul 32:32-33.

Jadi orang yang sudah tahu, sudah mengerti, tetapi tetap menyiksakan keinginan2 dosa dalam hatinya itu sangat jahat di hadapan Tuhan; inilah orang yang keras hati, yaitu sudah tahu, tetapi tidak mau bebas sama sekali dari dosa2, apalagi yang sedang meriah dalam dunia di sekitarnya. Keras hati itu bisa diumpamakan seperti kanker yang akan tumbuh dengan cepat merajalela ke seluruh tubuh, lebih cepat daripada yang dikira atau diperkirakannya sendiri.

Ibr 3:15

Seperti yang telah dikatakan: “Pada hari ini jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah mengeraskan hatimu seperti dalam masa pemberontakana,” (KJI)

 

KESIMPULAN.

Sekalipun kita masih belum tahu kapan Minggu ke-70 Daniel akan mulai, tetapi jangan tunda untuk hidup sungguh2 di hadapan Tuhan, sungguh2 memperkenankan Tuhan. Jangan tertipu oleh iblis dan kemanisan dosa dalam dunia.

Orang seperti ini berarti masih mendua sekalipun hanya dalam hati, tetapi masih ada keinginan2 dosa yang se-waktu2 kalau ada kesempatan atau sembunyi2, akan menyala lagi dan membakarnya!

Kita harus hidup merdeka Yoh 8:36 dan bebas dari dosa Gal 5:1 dan tidak lagi diperhambakan oleh dosa, betul2 mati lepas dari dosa Rom 6:1. Orang yang mau hidup sungguh2 dalam kesucian itu bisa berjalan dengan Tuhan, hidup penuh dan dipimpin roh. Orang sepertiini dengan sendirinya hidupnya sudah di atas syarat minimum akhir zaman dan pasti tidak rugi. Orang yang hidup berkenan pada Tuhan, makin cepat makin baik dan pasti lebih menguntungkan, sebab lebih banyak dapat hal2 yang indah, mulia dan kekal dari Tuhan! Rencana Allah dalam hidupnya bisa berjalan dan ia bisa mencapai perkara2 yang besar dari Tuhan Maz 60:14.Sebab itu bersedialah mulai sekarang, meskipun kita belum tahu kapan Minggu ke-70 Daniel mulai. Lebih lama kita penuh dan dipimpin Roh, pasti lebih untung, tidak rugi. Orang yang menganggap rugi dan belum mau itu biasanya masih ada ikatan keinginan dosa yang kecil atau besar (dan dosa itu akan terus jadi besar) dan pasti celaka. Hari ini kalau kita sudah mengerti dan tahu bertobatlah, bersedialah!

Ref ayat:

1Kor 15:51; Wah 22:11, Mat 24:42, Wah 3:10, Luk 12:49, 2Kor 10:6, 1Kor 11:31,32, Ef 4:30, Yez 9:4,6,7, Gal 3:3-4, Yoh 14:12, Wah 12:1, Kis 2:46, Luk 17:37, Ef 4:11-12, Yoh 1:52, Mat 25:1-13, Luk 5:39, Ul 32:32-33, Ibr 3:15.