M3925 – Wahyu 1:1-3. Apa Yang Akan Terjadi Dalam Waktu Dekat Ini?

Beberapa orang merasa lebih penting bagaimana kita bisa sukses, untung, aman, bahagia dalam tahun yang akan datang ini. Tetapi kalau kita tidak mengerti tentang hal2 yang akan datang, lebih2 tentang dosa dan kejahatan, bahaya dan celaka yang akan datang, maka sekalipun sukses, bisa habis dan berubah menjadi celaka besar seperti contoh2 yang sudah ada.

SUDAH DIJANJIKAN ALLAH.

Dalam Amos 3:7 Tuhan berjanji akan memberitahu lebih dahulu hal2 yang akan datang supaya umat Tuhan tidak bingung atau kacau, tetapi bisa ikut rencana Allah yang indah. Akhir zaman ini seperti zaman Nuh dan Lot Luk 17:26,30. Nuh diberitahu 120 tahun sebelumnya Kej 6:3 dan 7 hari sebelum Kej 7:4. Abraham diberitahu sebentar sebelum Sodom Gomora dibakar habis Kej 18:17.

Begitu juga sebagai anak2 terang, hari itu tidak akan gelap, kita akan tahu tanda2 zaman (Mat 16:3) dan waktunya yang tepat (sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel) 1Tes 5:4-7. Kedatangan Tuhan bagi anak2 terang, bukan seperti pencuri, kita akan tahu. Jangan kuatir.

Kita akan tahu dari Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus, bukan dari sumber2 lain sebab tidak ada orang atau mahluk yang tahu yang akan datang,  kalau tahu itu hanya kira2 sendiri dan bohong dan seringkali iblis ikut serta untuk keuntungannya, menipu dan menyesatkan.

Jangan mudah percaya tipu daya iblis dan kaki tangannya.

Nabi2 dan hamba2 Tuhan akan menyatakannya sesuai dengan Firman Tuhan dan orang yang dipimpin Roh akan dapat peneguhan dari Roh Kudus Rom 8:16; 9:1. Orang yang tidak dipimpin Roh mudah bingung atau tertipu bahkan tersesat oleh macam2 pengajaran, tafsiran dan berita2 Ef 4;14. Kita perlu tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dan penuh dan dipimpin Roh supaya bisa membedakan segala macam pendapat dan membaca sendiri dari Alkitab. Sebab itu mutlak perlu dapat berjalan dalam Roh seperti Putra manusia Yesus Mat 4:4, Maz 25:14, Mat 13:11. Allah  sanggup menyatakan rahasia kebenaran nubuatannya pada orang2 yang berkenan kepadaNya (Yoh 15:15  sahabat2Nya) tidak ada yang bisa meng-halang2i atau menipunya, selama tinggal dalam Kristus.

 

DARI FIRMAN TUHAN DAN ROH KUDUS Maz 43:3.

Firman Tuhan itu lengkap berisi rahasia dari permulaan sampai akhir rencana Allah, sampai masuk dalam Surga Bumi Baru. Ini buku ajaib untuk bayi rohani sampai orang sempurna dan lengkap, istimewa kitab Wahyu, itu khusus nubuatan akhir zaman. Tetapi ada bagian2 Firman Tuhan yang termeterai, tetapi pada waktunya yaitu sebelum terjadi, Tuhan akan membuka meterainya sehingga hamba2 Tuhan yang dipimpin Roh akan mengerti rahasia2 Firman Tuhan ini dan memberitakannya dari sotoh rumah (bukan untuk seisi rumah saja tetapi buat semua umat Tuhan atau saudara2 seiman yang lain) Mat 10:26-27. Orang2 yang hidupnya dipimpin Roh akan mendapat kesempatan mendengar dan mengerti berita2 ini dan diteguhkan dalam hatinya oleh Roh Kudus. Jadi sangat perlu hidup suci dipimpin Roh, tanpa itu akan kacau dan banyak penyesatan. Sebab itu pada akhir zaman akan ada hujan Akhir Ul 11:14 sebelum dan pada waktu2 itu, sebab ini perkara2 dari Allah yang tidak bisa dimengerti oleh akal tanpa pertolongan Roh Kudus 1Kor 2:10. Yang jadi sumber data dan patokan adalah Firman Tuhan. Semua harus cocok dengan Firman Tuhan, kalau bertentangan itu bukan dari Roh Kudus tetapi dari pikirannya sendiri atau roh2 setan (hanya ada dua macam roh). Masih ada orang Kristen yang menolak baptisan Roh Kudus, tetapi orang yang tulus, cinta Tuhan dan rendah hati pasti akan penuh pada saat2 ini. Tanpa pertolongan Roh Kudus tidak ada yang bisa tahan pada akhir zaman ini, dan tidak bisa mengerti kehendak dan rencana Allah, bahkan tidak cukup hanya penuh dan dipimpin Roh tetapi juga harus seperti ligabis (lima gadis bijaksana). Orang Kristen yang main2, biasanya ada di jalan lebar dan akan hanyut dalam tsunami dosa akhir zaman ini.

Juga ada nubuatan2, tetapi jangan semua diterima, harus ditimbang dahulu 1Kor 14:29-32. Misalnya Kis 13:2; 21:4,9,10-12. Semua nubuat harus ditimbang dalam Roh (orang yang menimbang harus penuh dan dipimpin Roh), sebab kalau itu dari Tuhan, itu diteguhkan Roh Kudus dalam hatinya, dan itu sesuai dengan Firman Tuhan, sebab Roh Kudus selalu membawa pada segala kebenaran yaitu Firman Tuhan Yoh 17:17; 16:14-15.

Kalau tidak ada peneguhan dari Firman Tuhan, jangan dipegang, dengar saja. Kalau melawan Firman Tuhan, itu nubuat palsu, buang saja.

Ada beberapa nubuatan yang betul dan jadi, ada yang tidak jadi, itu bukan dari Tuhan, tetapi dari orang itu sendiri atau dari iblis.

III. APA YANG SEGERA TERJADI.

WAH 22:11 DOSA DAN KESUCIAN MENINGKAT TERUS.

Ini masih berlangsung, hanya kecepatannya akan lebih cepat  dalam Minggu ke-70 Daniel semua dosa itu akan tumbuh sampai puncak2nya.

Misalnya zina, puncaknya: Homo, ini dosa Sodom sehingga Sodom dibakar. Uang; cinta uang menimbulkan segala dosa 1Tim 6:9-10 dan ini akan terus meningkat sampai puncaknya menjadi meterai Antikris, yaitu roh mammon yang masuk dalam orang2 berdosa (termasuk orang Kristen yang undur). Benci terus meningkat sampai membunuh, mutu dan jumlahnya terus meningkat sesuai dengan angka2 dalam Alkitab, orang tidak lagi punya peri kemanusiaan, perasaan hatinya jadi terbalik sehingga justru orang2 berdosa ini senang dan menikmati pembunuhan. Segala hal bisa menimbulkan kebencian dalam segala segi hidup.

Kesombongan, kejemawaan hidup juga meningkat seperti iblis bapaknya, sehingga sedikit tersinggung sudah berakibat fatal dan besar seperti Haman Est 3:5-6. Penipuan, occultisme dan segala macam dosa dan kejahatan manusia akan terus meningkat sampai tingkat 2 (dosa dalam roh setan) dan tingkat 3 yaitu dosa sempurna, tidak mau dan tidak bisa lagi bertobat.

Keadaan dosa + kejahatan ini begitu dahsyat, berbahaya dan mengerikan sehingga menimbulkan banyak ketakutan, korban dan hal2 baru yang sangat keji (kalau tumbuh, selalu timbul hal2 baru). Kalau seorang tidak penuh dan dipimpin Roh, tidak bisa mengalahkan dosa tingkat 2 (ada setannya). Sebab itu kita harus terus meningkat dalam kesucian tingkat 2 (penuh dan dipimpin Roh, terus menerus dalam kesucian) bahkan sampai tingkat 3 yaitu sempurna dalam kesucian, mutlak suci, tidak mungkin bisa berdosa lagi. Jadi keadaan rohani kita juga harus ditingkatkan sampai menjadi sempurna menurut ukuran Allah (Gereja sempurna, berarti 3 angka kedatangan Tuhan itu genap).

Kita bisa melihat pertumbuhan itu dalam pola dari Alkitab (ringkasan Ruangan Suci), yaitu 7 KPR yaitu S3 PDIF.

  1. Suci, bukan jatuh bangun dalam dosa, tetapi terus dalam kesucian bahkan meningkat sekalipun dalam pencobaan2 yang lebih berat. Ini perlu kuasa Roh Kudus dan pengurapan dobel. Sebaliknya orang2 dalam Gereja jalan lebar akanberani berdosa terang2an seperti homo, uang dll; Pada waktu Gereja dimurnikan dan semua hidup dalam kesucian, maka timbul perjamuan suci setiap hari dan mujizat akan limpah, sakit praktis tidak ada, seperti di Surga. Kesucian terus meningkat sampai tingkat 2 dan 3, timbul orang sempurna (ini tanda2 Minggu ke-70 Daniel).
  2. Salib, mahir pikul salib, daging mati, sehingga selalu penuh dan mahir dipimpin Roh limpah dengan buah dan karunia2 Roh. Kalau Gereja sudah mahir dipimpin Roh akan timbul tubuh Kristus global dan semua diatur rapi secara ilahi dan penuh kuasa oleh Roh Kudus.
  3. Sekutu, timbul tubuh Kristus yang betul (terdiri dari segala macam golongan tetapi bersatu karena Kristus dan dipimpin Roh, ada sukacita persekutuan yang sangat manis seperti Harun Maz 133:1-3 penuh dengan kasih dan kesucian dan dalam Minggu ke-70 Daniel, sebab bisa mematikan daging penuh, bisameninggalkan segala milik/ hartanya Luk 14:33 maka timbul hidup dengan milik bersama seperti dalam hujan Awal tetapi lebih sempurna Kis 2:44-45.

Dalam sikon cinta uang dan kejahatan yang limpah dalam Gereja jalan lebar dan dunia, nyata benar bedanya dengan Gereja jalan sempit.

  1. Pelayanan dalam kesucian, tulus sehingga timbul jabatan2 yang mutlak perlu untuk menyempurnakan Gereja Ef 4;11-13. Rasul dan Nabi dari Tuhan akan muncul, bukan yang diangkat dan ditentukan manusia. Juga timbul pelayanan orang sempurna yang justru lebih dari pelayanan Putra manusia Yesus Yoh 14:12.
  2. Doa dalam Roh dan hidup benar. Orang2 sudah mahir berdoa senantiasa dan juga puasa. Semua yang sungguh2 akan penuh Roh Kudus dan segala macam kuasa Allah nyata sehingga juga akan ada orang2 mati yang dibangkitkan dan semua mujizat dalam Alkitab akan ada, bahkan lebih lagi. Betul ancaman dari orang2 jahat (Antikris) sangat mengerikan tetapi kita menang dengan kuasa Allah, mulai sekarang!
  3. Ibadah sangat tertib 2Kor 10:6 sehingga orang beriman yang pura2 dan yang tinggal dalam dosa, mati seperti Ananias Safira.

Segala kuasa, mujizat tanda2 heran limpah sehingga keadaannya seperti Surga di bumi, indah, ajaib, luar biasa, di tengah2 dosa dan kejahatan yang seperti di Neraka. Suatu perbedaan yang dahsyat!

  1. Firman terbuka terus sampai lengkap. Mat 10:26-27.Orang yang cinta Firman Tuhan bersukacita sebab bisa mengerti lengkap 2Pet 3:9 dan bisa tumbuh sampai sempurna. Orang yang tidak cinta Firman Tuhan, akan mudah disesatkan oleh begitu banyak ajaran2 yang keliru dan sesat Ef 4:14.

Jadi baik dosa dan kejahatan, juga kesucian dan perkara2 dari Atas, semua menuju kepada kesempurnaan. Kita harus mengenali semuanya supaya tahu arah pertumbuhan yang benar dan tahu tanda2 waktu Mat 16:3 serta memilih dan ikut yang benar.

POLARISASI.

Akibat dari Wah 22:11. Sebetulnya ini terjadi di mana2 kalau kesucian dan dosa meningkat. Israel waktu keluar dari Mesir, yang jahat makin jahat sehingga terpisah dari yang tetap taat pada Tuhan. Juga Israel pecah jadi dua, sebab Israel yang menyembah berhala terpisah dari Yehuda, ini seperti Gereja jalan lebar dan sempit.

Kalau kita dengan tulus mau tumbuh dalam kesucian dalam pimpinan Roh Kudus, maka orang Halaman (yang pasti hanyut dalam arus dosa dan keduniawian), tidak akan tahan terus ber-sama2. Secara pribadi dan Gereja2 akan terpisah dalam Gereja jalan lebar dan sempit. Dengan bentrok atau dengan baik2 (seperti Abraham dan Lot) akan terjadi pemisahan, maka dua golongan ini akan makin tumbuh, sebab yang meng-halang2i sudah tidak ada. Lebih2 pada akhir zaman dimana dosa dan kesucian meningkat dengan cepat, maka terjadi polarisasi, lalu muncul semua peristiwa dalam Minggu ke-70 Daniel itu.

Ingat Antikris adalah orang Gereja, “Yudas”, undur, murtad, bisa tumbuh dalam dosa tingkat 3. 1Yoh 2:18. Kekejian yang mendatangkan kehancuran itu berdiri di tempat kudus (Gereja) itu berari sudah waktunya nubuatan Daniel berlaku Mat 24:15. Mengapa sampai terjadi Polarisasi ini dan justru jumlah yang lebih besar ada di jalan lebar? Mat 7:13-14.

  1. Orang2 tidak bisa memilih yang betul. Sebab:

1.1. Tidak punya pengertian Firman Tuhan yang cukup dan bertumbuh 2Pet 3:9 sebab tidak cinta Firman Tuhan, sebab itu tidak punya pendirian yang teguh Mat 7:24-28. Orang seperti ini sulit ambil keputusan, ragu2, mudah tertipu atau ikut2an Ef 4:14.

1.2. Tidak punya Roh Kudus yang meyakinkan dan meneguhkan (sebagai Guru Pribadi) 1Yoh 2:20,27. Orang yang penuh dan dipimpin Roh tahu dan yakin akan yang benar Yoh 16:13, dan bisa memegang yang benar baik2.

1.3. Tidak hidup dalam kesucian, tidak mau pikul salib dan 7 KPR lainnya sehingga tidak bisa memilih dengan betul. Ini semua karena tidak mau membuang dosa, keras hati, penuh dengan keinginan dosa, daging dan dunia sehingga seperti Lot, ia pilih Sodom dan meninggalkan Abraham, ia memilih yang salah.

1.4. Pergaulan yang jahat, dengar komentar dan hasutan yang jahat, dari iblis. Harus pilih dengan betul dan tegas Luk 12:57, Yus 24:15, tidak boleh plin-plan atau mendua Yak 4:8.

  1. Yang memilih yang salah, jumlahnya banyak. Sebab itu jangan tawar hati, jangan ikut arus, jangan ikut2an.

2.1. Jalan lebar lebih cocok untuk daging. Orang yang menurut daging, tidak cocok, tidak senang di Gereja jalan sempit, sebab sakit bagi daging, tidak sejahtera, lebih sejahtera di jalan lebar.

Banyak orang cari perkara2 duniawi, menu Mesir (sebab bosan manna saja Bil 11:4-6. Lebih2 sesudah hasutan 10 pengintai). Di Gereja jalan lebar banyak hal2 yang cocok dengan selera daging/ duniawi, juga promosinya seringkali kuat.

2.2. Jalan lebar lebih banyak orangnya Mat 7:13-14. Orang bodoh dan kanak2 mudah ikut orang banyak Kel 23:2.

2.3. Tidak bisa membedakan mana yang betul atau salah menurut Firman Tuhan. Mereka menimbang menurut akal atau kehendak daging Ef 4:14 sehingga mudah mendengarkan komentar orang banyak (juga dalam BB, WA dll) sebab tidak punya Firman Tuhan (ini karena bosan akan Firman Tuhan, tidak tekun, dan tidak punya suara Roh). Dengar Firman Tuhan dan Roh Kudus, sebab itu harus limpah 7 KPR dalam kesucian.

2.4. Hampir selalu jalan lebar lebih ramai dan “menang”.

  1. Waktu Israel di padang gurun yang bosan dan cari menu Mesir itu mayoritas.
  2. Banyak orang memilih Saul daripada Daud yang benar, hanya 600 orang sembarangan yang ikut, orang2 yang hebat2 ikut Saul, bisa sampai 600.000 (1000 kali lebih banyak). Jangan tertipu oleh jumlah banyak. Baru sesudah Saul mati, Daud menjadi raja.
  3. Yosafat orang rohani juga memilih bersekutu dengan Ahab (anak2nya mendukung sebab cocok, juga rakyatnya, mereka tergiur dengan hal2 jalan lebar yang dilarang oleh Yosafat yang mengajar Firman Tuhan dengan ketat) akhirnya Yosafat bersekutu dengan erat dan hampir mati karena bersekutu dengan Ahab. penilik (= pelihat) Yehu bin Hanani 2Taw 19:42 menegurnya sebab Tuhan murka besar. Tetapi anak2 dan rakyatnya sudah cocok dengan Israel dan Achab sehingga jugajadi sangat jahat dan rusak, akhirnya ikut binasa seperti Israel, meskipun masih ada yang bertahan.
  4. Jangan ikut pindah Gereja jalan lebar. Tetaplah setia di Gereja jalan sempit sekalipun tidak semeriah di Sodom. Kalau pindah Gereja jalan lebar, pemimpin2nya mungkin pintar berkhotbah, mengajar dan menarik, tetapi tidak melakukan apa yang diajarkan, itu melawan Firman Tuhan dan mereka adalah warga negara Neraka Mat 24:15,1-3. Orang yang pindah dan mau dididik oleh orang2 seperti ini, mereka akan jadi dua kali isi Neraka; lebih jelek dari pemimpin2 jalan lebar yang warga negara Neraka ini. Jangan jadi orang yang pindah Gereja, tetapi setia di Gereja yang betul, dalam senang atau susah, tetap taat dan setia,tunduk pada pemimpin2 Gereja jalan sempit dalam kesucian. Orang yang mendua (suka keliling Gereja) biasanya mulutnya jadi jahat sebab suka mem-banding2kan dan melawan Allah sebab melawan orang benar. Orang2 seperti ini perlu dikasihani dan diberi nasehat dan pengertian supaya jangan menjadi warga Neraka dobel di Gereja jalan lebar. Jangan dibenci, tetapi domba2 yang sesat ini harus dicari dan dibawa pulang supaya jangan binasa. Memang orang2 yang mendua tidak boleh pelayanan, sebab rohaninya sakit, seringkali banyak dosa dalam mulut dan dosa jalan lebar. Tetapi perlu direparasi sampai pulih dan kembali cinta Tuhan dan setia di Gereja jalan sempit.

* Dalam tahun2 yang akan datang, dosa dan kesucian akan terus meningkat sehingga terjadi Polarisasi dalam Gereja; jangan sampai goyah dan hanyut, tetapi lekat dengan Tuhan, cinta Firman Tuhan, penuh dan dipimpin Roh. Waktunya sudah dekat, kita akan mengalami kemuliaan dan kesukaan yang besar dalam Minggu ke-70 Daniel, waktu pengangkatan, Kursi Pengadilan Kristus; Pesta Pernikahan Anak Domba. Memerintah dalam kerajaan 1000 tahun lalu masuk Surga Bumi Baru. Kalau kita mengerti dan taat akan yang benar, dengan tulus, pasti Roh Kudus akan bisa menolong orang yang mau dipimpinNya.

KESIMPULAN.

Dosa dan kesucian meningkat, sehingga terjadi Polarisasi, dan ini masih sedang berlangsung. Jangan sampai hanyut dan binasa, bersedialah baik2 Mat 24:42 sebab tingkat rohani kita harus terus meningkat. Harus punya pendirian, jangan ikut yang salah, ber-sama2 bersekutudalam Gereja jalan sempit dan tumbuh di tengah2 dunia yang penuh dosa dan kejahatan yang  meningkat terus. Kita harus mempersiapkan diri kita ekstra, 2 gomer manna (supaya tidak tertipu dan tersesat Ef 4:15) dan penuh pengurapan dobel sebagai ligabis. Bersekutu seperti Harun Maz 133 dan jangan lengah, waktunya sudah dekat.

Nyanyian: Tabernakel Glory no 464

Sudahlah tentu, dunia pasti lalulah segra

Tempatnya dosa, tempatnya sumber kejahatan.

Hai anak Allah, tumbullah t’rus dalam Yesus,

masuk rencanaNya, ikut pengangkatan.