M3918 – Wahyu 3:9-10. What Next ?

PENDAHULUAN.

Salah satu Gereja akhir zaman, adalah Gereja Filadelfia dan kepadanya Tuhan berkata bahwa karena mereka memegang Firman Tuhan dengan tekun, maka Tuhan juga akan memeliharanya dari pencobaan global yang akan mengenai setiap orang di dunia, karena begitu banyak kejahatan dan dosa2 pada waktu itu, tidak ada orang yang terlepas daripada akibatnya. Tetapi Filadelfia menang atas semua ini karena pertolongan Tuhan, bahkan mereka juga mengalami rencana Allah yang indah untuk penyempurnaan dan penamatan rencana Allah, sehingga semua yang menangmenjadi tiang dalam Bait Allah di Surga.

HANYA ADA DUA GOLONGAN.

Ada macam2 golongan, aliran dll di dunia, tetapi sebetulnya hanya ada 2 golongan yaitu Allah dan iblis, gelap dan terang, dosa dan kesucian satanik dan ilahi. Sebetulnya yang menentukan semuanya adalah Allah, tetapi memang Allah mengizinkan iblis, gelap itu ada danmenjadi oposisi. Mengapa Tuhan mengizinkannya? Sebab Allah mempunyai maksud dan rencana di dalam manusia! Tetapi bagaimanapunjuga dalam dunia dan alam roh hanya ada 2 golongan, tidak lebih! Juga manusia hanya bisa masuk dalam salah satu dari 2 golongan ini.

Sementara ini tampaknya ada golongan ke-3, yaitu golongan netral, tetapi golongan yang plin-plan ini akhirnyamenjadi golongan iblis, gelap, sebab Tuhan menuntut manusia mengambil keputusan Luk 12:57; Yang plin plan, netral pada saat terakhir (waktu mau mati atau 7 tahun terakhir dari sejarah dunia ini) terpaksa harus memilih, yang tidak memilih berarti golongan suam, akan diludahkan keluar Wah 3:16. Selagi masih hidup di dunia, bisa pindah diantara 2 golongan ini. Tentu pindah saat terakhir resikonya besar seperti penjahat besar waktu di salib, ia berubah, pindah memilih percaya pada Tuhan Yesus, tetapi ia hanya mendapat sekedar selamat, 1Kor 3;15. Ia tidak mempunyaiwaktu untuk tumbuh lebih lanjut (meskipun begitu selamat itu sudah berarti untung luar biasa).

Biasanya yang mau undur, ada keinginan dosa,itu sudah dimulai lama sebelum kejatuhan dan pindah dan manusia memang diberi waktu lebih lama, tidak langsung dihukum Pkh 8:11, tidak seperti malaikat, langsung berdosa, langsung dihukum dan dibuang 2Pet 2:4, Yez 28:15, Yes 14:12-17. Tetapi sesudah mati, masing2 golongan akan dilanjutkan dalam kekekalan di Surga atau Neraka.

PERJALANAN DUA GOLONGAN INI.

Mula2 manusia masih bisa bolak balik,sehingga ada kalanya tertawa dan sejahtera dalam Tuhan atau menangis karena dosa dan pekerjaan setan, masih bisa pindah2 Pkh 3:4. Tetapi kalau ia tumbuh, ia akan lebih tetap dan lebih pasti dalam golongan terang atau gelap, Allah atau iblis. Biasanya kalau makin meningkat, akan makin stabil, tetapi masih mungkin berubah seperti Yudas, Gehazi, Saul dll Gal 3:3-4. Tentu ini sangat amat bodoh, biasanya karena tertipu oleh iblis. Nuh tidak berbalik tetapi merosot sebab mabuk anggur, sehingga sesudah air bah, 350 tahun kemudian tidak ada cerita pekerjaan Allah di dalamNuh, sayang; seharusnya ia bisa meningkat sampai sempurna, bahkan sebelum 350 tahun. Henokh berjalan dengan Tuhan selama 300 tahun dan jadi sempurna Kej 5:21-24.

Keadaan dunia akan makin jelek; nubuatan Wah 22:11 akan digenapkan, yang suci makin suci, yang najis makin najis jadi begitu jahat. Pada akhir zaman orang berdosa itu begitu keji, baik dalam kekejaman, dalam perzinaan, dalam kesombongan, penipuan dll bahkan jugakombinasi semua dosa dengan cara yang begitu keji, kejam dan jahat sehingga rasa2nya bukan seperti manusia tetapi seperti iblis, satanik. Orang seperti ini tidak lagi bisa tertawa dengan betul, dalam tertawapun hatinya sakit Ams 14:13-14, tidak ada sejahtera dalam hatinya Rom 3:17 sehingga hanya penuh dengan derita dan kegelisahan. Bahkan dosa2nya akan meningkat terus sampai puncak2nya sehingga hidupnya hanya untuk penderitaan, begitu dahsyat seperti sudah masuk Neraka meskipun masih di bumi, apalagi disiksa dan menjadi mangsa, bulan2an dari semua setan yang dilepaskan dari penjaranya dalam Sangkakala 5 dan 6. Setan2 inibegitu kejam dan jahat, mereka menekan dan menyiksa orang2 yang masih hidup di dunia, lebih2 orang beriman yang tertinggal!

Sebaliknya orang2 yang cinta Tuhan, hidup dalam kesucian akan makin meningkat begitu cepat dan menjadi begitu senang dan indah sehingga hidupnya itu sepertinya bukan lagi manusia tidak seperti Kristus, seperti di dalam Surga.  Bukannya dia lagi tetapi Kristus yang hidup dalam dirinya Gal 2:20. Ini yang kita lihat dalam Minggu ke-70 Daniel. Orang2 yang seperti iblis begitu jahat, tetapi juga orang2 yang begitu taat dan suci, se-olah2 seperti Kristus sendiri, dan memang Kristus hidup dalam dirinya. Luar biasa.

Memang ada 2 golongan yang terus ada dalam dunia ini sampai akhirnya.

Sebab itu dalam bagian terakhir dari:

  1. Hidup pribadi orang2 dan
  2. bagian terakhir dari sejarah manusia dalam dunia yaitu Minggu ke-70 Daniel, akan tampak banyak orang yang sampai ke puncak2 golongannya, baik yang jadi sempurna dalam dosa dan yang menjadi sempurna dalam kesucian dan dalam kemuliaan Tuhan begitu heran; seperti Kristus, dan yang jahat ituseperti iblis, itulah Antikris dan pengikutnya. Hidup mereka begitu menderita, tersiksa oleh dosa, dan oleh setan2 yang merasuk mereka (meterai atau cap Antikris itu adalah roh mammon (lihat buku Antikris, oleh Pdt. Jusuf BS). Mereka betul2 menderita seperti sudah di Neraka padahal masih hidup di dalam dunia. Mula2 yang disiksa adalah orang beriman yang tertinggal, tetapi kemudian sesudah dibunuh semua, menyusul para pengikut Antikris sendiri yang dianiaya oleh semua setan2 dan Antikris sendiri. Tetapi orang2 yang hidup dalam kesucian itu hidupnya begitu manis penuh sukacita seperti sudah di Surga padahal masih di dunia.

Inilah keadaan dalam Minggu ke-70 Daniel, sebagian merasa seperti Surga di dunia yaitu Gereja Tuhan dalam 3,5 tahun I, dari Minggu ke-70 Daniel.

Semuanya ini akan dilanjutkan dalam Surga dan Neraka yang sesungguhnya utuk kekal, yaitu dalam Surga Bumi Baru dan dalam Tasik api.

III. WAH 3:9-10. MENGHADAPI PENCOBAAN BESAR.

Di sini dikatakan pencobaan besar di seluruh dunia, yang kena pada semua orang yang hidup di dunia ini. Inilah pencobaan akhir zaman. Inilah ujian akhir global bagi seluruh dunia dan untuk semua orang, dahsyat. Sebab dosa memuncak di seluruh dunia (pada Minggu ke-70 Daniel), kejahatan meningkat dan orang2 jadi begitu jahat, dosanya meningkat sampai 100 kali ganda Pkh 8:12. Akibatnya semua orang kena pencobaan atau ujian akhir.

Ujian akhir adalah ujian untuk masuk dalam kesempurnaan dan sesudah itu tidak ada ujian lagi sebab sudah jadi sempurna. Ada dua macam ujian akhir yaitu:

  1. Ujian akhir pribadi (menjadi sempurna, lalu tidak lagi ada ujian, seperti yang dialami Abraham, Ayub, Musa, Henokh, Elia mungkin juga Yusuf dll.

Biasanya ujian akhir hanya untuk orang yang rohaninya sudah tinggi sampai lebih kurang diTirai; dan orang2 seperti ini diizinkan menempuh ujian akhir pribadi sebab Tuhan tidak mencobaikita lebih dari kekuatan kita 1Kor 10:13. Jadi ujian akhir (yang terberat) hanya untuk orang2 yang rohaninya sudah tinggi seperti Abraham, Ayub, Musa, Elia dll dan mereka lulus. Tetapi yang rohaninya rendah tidak akan dicobai lebih dari kekuatannya, sebab itu ujian akhir secara pribadi hanya dialami oleh beberapa orang,  dan sesudah lulus mereka jadi sempurna seperti Henokh, Elia dan Musa. Juga Abraham, Ayub, Yusuf dll, meskipun lulus, mereka mati, tetapi pada waktu Tuhan Yesus mati di salib, orang2 sempurna Wasiat Lama ini bangkit, dan mereka menjadi buah sulung kebangkitan ber-sama2 dengan Putra manusia Yesus.

 

  1. Ujian akhir global (untuk Gereja, kalau lulus Gereja menjadi sempurna (3 angka genap).

Ujian akhir global untuk Gereja akhir zaman yang berisi orang yang bersedia dan tidak. Yang tidak bersedia akan gugur dan yang bersedia akan lulus dan tumbuh terus, masuk dalam angka III (jadi sempurna) dan orang2 yang selamat di akhir zaman ini, masuk dalam Ruangan Suci dan ikut pengangkatan. (Orang yang selamat sebelumnya, itu mati dan bangkit waktu pengangkatan). Syarat bertekun tetap selamat dan tumbuh se-tinggi2nya adalah lewat Pintu Kemah, masuk dan tumbuh dalam Ruangan Suci.

Jadi dalam ujian akhir global, seluruh dunia, dan semua orang di dunia pada saat terakhir ini akan kena ujian akhir ini, meskipun rohaninya belum cukup. Sebab itu Tuhan menyuruh kita bersedia untuk akhir zaman ini Mat 24:42 seperti ligabis yang rohaninya cukup (limpah dengan minyak Mat 25:2-3). Dengan fasilitas akhir zaman, ligabis bisa naik terus, terpelihara sehingga bisa ikut pengangkatan bahkan ada yang menjadi sempurna. Wai bagi yang tidak bersedia, ia akan jatuh dalam dosa dan kejahatan yang memuncak ini, dan bisa binasa kalau tidak mau sungguh2 bertobat.

TIDAK HANYA AMAN TETAPI TUMBUH DALAM RENCANA ALLAH.

Ini rencana dan maksud Allah bagi kita umatNya. Kalau hanya aman dan selamat, mungkin lebih baik sesudah percaya lekas2 mati dan masuk Surga. Pasti di Surga 1 juta kali lebih enak dari di dunia. Tetapi Tuhan menghendaki supaya selagi di dunia kita tumbuh se-tinggi2nya, sebab dunia ini sekolah yang paling baik untuk menumbuhkan rohani kita, bukan Surga. Kalau sudah selesai diolah, baru pulang ke Surga. Sebab itu jangan hanya takut atau bingung, panik melihat dosa dan kejahatan yang meningkat sangat tinggi yang mengancam semua orang di dunia akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel. Banyak orang takut, panik dan berusaha untuk lepas dari celaka ini.

Kita harus mengerti dan melihat bahwa ada golongan Allah yaitu tempat pengolahan Allah untuk menumbuhkan kita secara ilahi yaitu dengan heran, ajaib, berkemenangan di akhir zaman ini. Jangan ketakutan, susah, panik, melihat kejahatan dan gerakan iblis yang melanda seluruh dunia. Memang orang yang tidak berada di dalam golongan Allah, juga orang beriman yang tidak bersedia, akan juga menjadi korban yang sangat dahsyat pada akhir zaman ini. Ini memang bukan kehendak dan rencana Allah. Tetapi kalau kita mau bersedia, penuh dan dipimpin Roh.Tuhan sendiri yang memimpin dan mengolah kita sesuai dengan rencanaNya, sebab itu pasti berhasil sebab Allah tidak pernah gagal; kalau kita terus taat, maka kita akan meningkat sampai seluruh rencananya genap dalam kita, ber-sama2 dengan seluruhumat Tuhan ditumbuhkan dan dipermuliakan sampai sempurna dalam rencana dan jalan Tuhan. Ini dinubuatkan dalam Wah 12:1 Gereja yang ajaib, penuh dengan karya dan kemuliaan Bapa, Putra dan Roh Kudus.

Rencana hujan Awal dan hujan Akhir.

Dalam hujan Awal, rencana yang biasa, umum adalah setia sampai mati, bahkan mati syahid. Dan ini menumbuhkan Gereja mula2 seperti kematian Kristus Yoh 12:24.

Dalam hujan Akhir rencana yang normal adalah setia sampai diangkat, sebab itu tidak ada yang mati 1Kor 15:51, bahkan ada yang menjadi sempurna. Jadi rencana Allah bukan hanya selamat, tidak mati, sebab akan ikut pengangkatan, tetapi juga tumbuh dengan ajaib dalam 3,5 tahun sampai Gereja menjadi sempurna. Gereja sempurna berarti 3 angka kedatangan Tuhan semua genap, ini berarti rencana Allah dalam Gerejagenap.

Jadi dua golongan ini sama2 tumbuh menjadi sempurna. Jangan hanya fokus atau memperhatikan golongan satanik, akibatnya akan takut, gemetar, bingung, gelisah atau panik melihat dunia dipenuhi perkara2 dosa dan kejahatan satanic (tingkat sempurna). Memang sangat mengertikan dan dahsyat, termasuk orang2 beriman yang tidak bersedia, yang tetap di Halaman akan jadi korban oleh tindakan golongan iblis dan Antikris ini.

Jangan fokus pada golongan ini, fokus dan ikut serta dalam golongan ilahi yang sangat ajaib dan tumbuh dengan sangat cepat sehingga Gereja menjadi ajaib seperti Surga, maka kita tidak terlalu sedih (sebab melihat saudara2 kita yang tidak mau bersedia jadi korban misalnya Yudas2, Saul2, Ananias Safira dll. Orang yang sungguh2 pasti juga akan menolong mereka, tetapi orang2 yang keras hati ini akhirnya tidak tertolong seperti Abraham gagal menolong Lot).

MARANATHA. 1Kor 16:22.

Mencintai Tuhan berarti cinta pada Firman Tuhan Yoh 14:21,23, menggembalakan jiwa2 Yoh 21:15-16, mencintai saudara2nya 1Yoh 4:20, Luk 10:27, mengampuni dan memberkati bukan benci dan bicara jahat Mat 5:45; 6:14-15 dll; 1Kor 13. Orang yang tidak mau cinta Tuhan, karena cinta dunia dan menuruti daging 1Yoh 2:15, sehingga banyak dosa tumbuh dan itu menarik kutuk Allah, lebih2 pada saat2 kedatangan Tuhan (Minggu ke-70 Daniel).

Maranatha = Datanglah ya Tuhan. Mana lebih baik Tuhan segera datang atau lebih lama? Kita tidak punya pilihan sebab:

  1. Tuhan menghendaki untuk lebih lekas datang Mat 24:22, Wah 22:20.

Ini kehendak Tuhan, sebab kalau lambat, maka orang2 yang sudah terpilih untuk selamat, batal, undur sebab pencobaan itu lebih dari kekuatannya (Tuhan tahu ukuran kekuatan umatNya), Tuhan tidak ingin orang pilihan tidak selamat, memang harus bersedia dan tumbuh, tetapi juga waktunya tidak bisa lebih lama. Sebab itu pasti Tuhan hendak mempercepat kedatanganNya.

  1. Kita juga disuruh ikut mempercepat kedatangan Tuhan. 2Pet 3:12. Sebab itu orang yang taat dipimpin Roh juga akan rindu, ingin dan mau disuruh mempercepat kedatangan Tuhan dengan menggenapkan 3 angka ini, termasuk saling menumbuhkan (angka 3) sehingga sebagian berhasil menjadi sempurna. Jangan suam, jangan malas, jangan bodoh, ini harus kita kerjakan, ini kehendak Allah. Ingat 3 angka ini. Angka I dan II adalah penginjilan sampai orang itu lahir baru. Ada beda antara penginjil dan orang beriman biasa. Penginjil biasanya begitu banyak berhasil memenangkan jiwa2 sehingga kalau penginjil menjadi pendeta, Gerejanya cepat besar (gembala menggembalakan, guru2 bisa banyak membukakan Firman Tuhan). Tetapi semua jabatan saling membutuhkan dan saling mengasihi untuk menyempurnakan tubuh Kristus global Ef 4:11-12. Tetapi anggota tubuh Kristus biasa, sekalipun bukan penginjil, semua harus cinta Tuhan, berarti cinta orang di sekitarnya, menjadi garam dan terang dunia. Ini berarti kita harus bersukacita untuk ikut serta menggenapkan 3 angka kedatangan Tuhan ini, sekalipun jumlah yang kita tolong tidak banyak, tetapi ini tugas kita, dan ber-sama2 jadi banyak (ingat deret ukur 1-2-4-8-16-32-64-128 dst) maka dengan “cara pelan” ini kedatangan Tuhan bisa dipercepat! Sebab itu kita harus ikut dengan kehendak Tuhan yaitu mempercepat kedatangan Tuhan. Sebab itu tugas kita adalah:
  2. Menjadi garam dan terang dunia.
  3. Bersedia untuk kedatangan Tuhan yangdipercepat artinya sekarang sudah harus bersedia.

Ingat bersedia berarti semuanya dobel dan siap untuk mengalami masa hukuman yang keras 2Kor 10:6. Harus betul2 bersih, tidak akan pernah jatuh lagi 2Pet 1:10 sehingga tidak gugur dalam Minggu ke-70 Daniel tetapi terus tumbuh dengan cepat dan ajaib.

Meskipun Ia belum datang, orang yang sungguh2 bersedia itu untung, sebab meningkat di dalam Tuhan itu berarti mulia untuk kekal dan banyak pahala dari jiwa2 yang dimenangkan.

  1. Mengutamakan kedatangan Tuhan tetapi tetap bekerja dan hidup se-hari2 seperti biasa, tetapi hidup sebagai ligabis bukan sebagai ligabo!
  2. Siap untuk ikut ujian akhir global Wah 3:10, sebab semua akan kena dan yang tidak bersedia akan gugur. Untuk tetap selamat (angka 2) dan ikut pengangkatan harus lulus dan tumbuh terus supaya tidak jatuh dan sebagian bisa masuk angka 3.

KESIMPULAN.

Ingat ada 2 golongan dalam dunia ini, jangan hanya melihat dan ribut dengan golongan satanik nanti jadi takut, gelisah, panik dan jatuh. Pakai iman untuk menghadapi musuh kita yaitu iblis Ef 6:12 dan fokus pada golongan ilahi dan naik terus dalam Ruangan Suci bahkan ke dalam Ruangan Maha Suci. Ada rencana yang heran dan ajaib untuk mempercepat kedatangan Tuhan, lebih2 kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel akan ada fasilitas khusus, ekstra sehingga dalam 3,5 tahun jumlah orang yang sempurna tercapai dan semua yang selamat. Ada kegerakan Roh Kudus yang sangat besar, mujizat dan tanda2 heran, Firman Tuhan terbuka semua, hukum yang keras dan keadaan Gereja betul2 suci, ada persekutuan tubuh Kristus global dalam Roh, jabatan, karunia, buah Roh, tabiat baru dan pelayanan orang sempurna, sehingga Gereja cepat tumbuh dalam 3,5 tahun jadi sempurna (3 angka genap). Sementara itu juga golongan satanik meningkat luar biasa dengan hal2 yang jahat, kejam, mengerikan, sadis dll. Terpaksa kita melihat saudara kita “Yudas, Saul” dll yang tidak mau bersedia sekarang jadi korban golongan satanik (di dalamnya ada 3 Antikris yang pertama Dan 7). Lebih2 sesudah pengangkatan, maka yang tertinggal dan bertobat jadi korban keganasan Antikris dkk. Sebab itu kita harus bersedia sekarang dan ikut mempercepat kedatangan Tuhan, hidup sebagai ligabis. Bersedia sungguh2 (dobel), lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel.

Nyanyian: Tabernakel Glory no 207

Hendaklah engkau jaga-jagalah.