M3907 – Mazmur 96:1. Menyanyi Dan Menyembah Tuhan Sampai Seluruh Bumi Menjadi Satu

MAZ 96:1a. NYANYIAN BARU.

O, nyanyilah bagi Tuhan suatu nyanyian baru.

Ini bukan nyanyian yang baru kita kenal, bisa juga nyanyian lama yang su-dah kita kenal tetapi dengan peng-alaman baru yang membuat kita ke-heran2an dan bersukacita memuji Tu-han! Pengalaman baru dengan Tuhan, karena kebaikanNya, keadilanNya, kesukaanNya, kuasaNya, pemelihara-anNya dst Maz 98:1. Ada 10 kali dikatakan tentang nyanyian baru. Taati Firman Tuhan dan jalan dalam pim-pinan Roh, maka kita akan menda-patkan kemenangan dan pertolongan dari Tuhan dalam semua pencobaan dan kesukaran sehingga kita bersyukur dan me-muji2 Tuhan dengan nyanyian baru, sebab Tuhan baik bagi kita dan FirmanNya digenapkan dalam hidup kita. Tuhan ingin kita mengalami kebenaran janji2 Tuhan, supaya selalu mempunyai nyanyian baru bagi Tuhan.

Nyanyilah bagi Tuhan dengan betul (bahkandalam Roh dan kebenaran), maka itu sedap dan indah dalam telinga Tuhan.

Bagi manusia hanya lagu yang indah itu sedap, tetapi Allah melihat lagu dari hati! Sebab itu semua yang bernafas nyanyilah sekalipun tidak bisa nyanyi dengan enak untuk telinga manusia Maz 150:6.

Nyanyilah bagi Tuhan dengan su-kacita. Memuji Tuhan itu bukan ton-tonan seperti dalam dunia, tetapi itu dari kita bagi Tuhan, sebagai ucapan syukur dan penyembahan kepada Dia yang patut dipuji. Nyanyilah, jangan menonton orang nyanyi, tetapi kita sendiri yang menyanyi bagi Tuhan.

MAZ 96:1b. NYANYILAH BAGI TUHAN SELURUH BUMI.

Ber-ulang2 dikatakan dalam Firman Tuhan, bahwa seluruh bumi akan memuji Tuhan Maz 98:4, Yes 42:10; 1Taw 16:23. Ini akan digenapi.

Di mana saja kita berada, kita bisa menyanyi bagi Tuhan, dalam segala sikon dan keadaan, kita bisa me-muji2 Tuhan dan biasanya selalu ada orang2 yang mengenal Tuhan sebagai hasil penginjilan, termasuk oleh kita juga yang pergi menginjil. Mat 24:14.

Sekarang orang2 beriman di seluruh bumi memuji Tuhan, tetapi seringkali dalam kelompoknya sendiri2, tidak dalam satu kesatuan. Tetapi rencana Tuhan adalah supaya semua orang beriman di seluruh bumi menjadi satu kesatuan dalam tubuh Kristus global, menjadi satu, menyembah dan memuji Tuhan serta bekerjasama sehingga rencana Allah tamat. Bagaimana kita semua, seluruh bumi bisa bersekutu ber-sama2? Ini akan terjadi. Semua umat Tuhan di seluruh bumi akan bersatu dalam persekutuan Allah. Ini terjadi pada waktu hujan Akhir turun dengan limpahnya.

Persekutuan dalam Roh ini luar biasa, bisa melibatkan seluruh dunia. Kita harus belajar selalu hidup penuh dan taat dipimpin Roh. Baik untuk segala segi hidup dan pelayanan, lebih2 dalam lingkungan akhir zaman yang banyak dosa, kejahatan dan bahaya yang akan memuncak pada hari2 yang terakhir ini. Kalau kita dipimpin Roh, kita akan terus terlepas, lolos dan dapat melakukan semua rencana dan kehendak Allah, tidak sampai mati 1Kor 15:51 dan masuk dalam rencana penamatan Allah yang heran, sehingga masuk dalam pengangkatan, bahkan beberapa bisa menjadi sempurna. Bersekutu dalam Roh antara beberapa orang. Kita mula2 belajar bersekutu dalam Roh di antara beberapa orang lebih dahulu. Kalau kita bisa bersekutu dalam Roh berdua atau antara beberapa orang, itu suatu persekutuan yang indah seperti Yonathan dan Daud, rohnya sama yaitu Roh Kudus di dalam mereka. Ef 4:3, 1Kor 12:13. Kita harus belajar bisa bersekutu seperti ini, maka ada persekutuan dankesukaan yang indah dan Roh Kudus bisa bebas bekerja di antara kita. Ini harus kita lakukan baik2, sebab kalau kita sudah bisa bersekutu dalam Roh diantara 2 atau 3 orang, maka jumlahnya bisa meningkat, bahkanmencapai seluruh bumi. Kalau Roh Kudus bisa memper-sekutukan kita dengan harmonis di-antara 2atau 3 orang (Mat 18:19-20), maka dengan cepat persekutuan ini bisa meluas sampai jumlah yang lebih besar, lebih luas sampai jutaan orang bahkan sampai di seluruh bumi, se-hingga tubuh Kristus global yang terdiri dari ber-juta2 orang bisa terbentuk. Semuabisa bersekutu dengan manis, harmonis, sehingga Gereja Tuhan menjadi ajaib Wah 12:1.

Kalau kita bersekutu dalam Roh, sama2 tunduk  pada pimpinan Roh Ku-dus (bisa mendengar dan taat akan pimpinan Roh) maka Roh Kudus bisa mengatur setiap kita dengan baik, cocok satu sama lain (sebab semua taat pada Roh Kudus, sesuai dengan Firman Tuhan) dan juga mengatur semua ber-sama2 dengan baik. Tidak ada yang iri, ingin puji, tamak, malas, benci dll, sebab semua sudah disucikan dan taat penuh pada Roh Kudus). Tidak ada yang protes, iri dll sebab semua mau taat dipimpin Roh. Sebab itu semua bisa diatur ber-sama2 oleh Roh Kudus. Misalnya dalam Kisah para Rasul; Roh Kudus bisa mempersatukan dan be-kerja ber-sama2 menjadi satu kesatuan yang harmonis seperti Trinitas Yoh 17:21-23. Saul yang sebelumnya ganas sekali, waktu ia bertobat dan taat akan Tuhan lalu Ananias di tempat lain, juga digarap oleh Roh Kudus.Masing2 mere-ka taat pada Roh Kudus dan semua diatur ber-sama2 oleh Roh Kudus menjadi satu kesatuan yang harmonis yang indah dengan hasil yang sem-purna. Begitu juga Petrus dan Kornelius yang belum pernah kenal bisa diper-satukan oleh pimpinan Roh Kudus dengan indah, melakukan ber-sama2, apa yang disuruh oleh Roh. Tidak ada perjanjian sebelumnya, tetapi Kornelius sudah mengumpulkan banyak orang dan waktu Petrus datang, kebaktian orang banyak bisa dimulai sebab semua dipimpin Roh, luar biasa Kis 10. Semua berjalan dengan baik dan harmonis. Kalau 2 orang yang sama2 taat dipimpin Roh, bisa bersekutu dan bekerjasama dengan indah begitu juga puluhan, ratusan bahkan jutaan orang di seluruh bumi bisa bekerjasama dalam pimpinan Roh Kudus. Roh Kudus sanggup memimpin jutaan orang, sebab Dia Allah yang maha besar (sama seperti triliunan sel dalam tubuh semua bekerjasama dengan serasi, cocok, tidak bertentangan satu sama lain sebab semua diatur oleh otak manusia; begitu Allah sanggup mengontrol dan mempersatukan dalam persekutuan dan pelayanan yang sempurna di seluruh bumi, semua orang yang penuh dan dipimpin Roh. Sebab itu kita harus belajar selalu penuh dan dipimpin Roh, sebab dengan demikian kita bisa ber-sekutu dengan betul, serasi tanpa perbedaan dan pertentangan, karena semua sama2 taat dipimpin Roh dan Roh Kudus sanggup memimpin seka-ligus be-ratus2 juta orang beriman untuk menyempurnakan rencana Allah sehingga Tuhan bisa segera datang. Inilah kunci atau cara hidup dari ligabis (lima gadis bijaksana), yang selalu penuh dan taat dipimpin Roh sehingga bisa menjadi satu dengan harmonis seperti Trinitas Kristus.

Kalau kita sudah bisa bersekutu seperti ini, seperti Trinitas, maka kita akan dapat tumbuh dengan cepat dan disempurnakan dalam satu perseku-tuan (seperti Trinitas) Yoh 17:23. Ini luar biasa. Sebab itu kita harus saling tolong menolong, saling mendidik (sharing kebenaran2 Firman Tuhan tentang hal ini dan yang lain). Semua persekutuan kita harus belajar sampai bisa bersekutu dalam Roh, dipimpin Roh. Meskipun mula2 sedikit (bahkan cukup 2 atau beberapa) dan dilatih terus sampai bisa mahir dipimpin Roh, maka sesudah semua bisa bersekutu dalam Roh, tubuh Kristus global akan terwujud dengan ajaib!

Yang menjadi penghalang adalah keinginan daging yang dituruti, sebab ini akan bertentangan dengan ke-inginan Roh Gal 5:17. Sebab itu ma-sing2 kita harus belajar selalu me-nyangkal diri, mematikan daging (Rom 6:6) dan selalupenuh dan taat dipimpin Roh sehingga bisa bersekutu dengan baik, lalu timbul persekutuan yang makin besar sampai akhirnya terbentuk tubuh Kristus global yang dengan cepat akan tumbuh menjadi sempurna.

Memang ukuran masing2 tidak sama, menurut tingkatan rohaninya masing2 yaitu menurut penyerahan dan ketaatan pada pimpinan Roh Kudus.  Contohnya adalah persekutuan Paulus dengan Barnabas, mula2 baik, tetapi kemudian mereka bertengkar dan karena mereka menuruti daging, maka persekutuannya pecah.  Barna-bas menuruti kesombongan, tidak mau merendahkan dirimenurut Paulus yang memang mula2 adalah anak bim-bingnya. Waktu ada perbedaan pen-dapat, Barnabas menurut daging yaitu hubungan keluarga dengan Markus sehingga menolak kehendak Paulus yang dari Roh Kis 15:36-40. Seharusnya orang yang dipimpin Roh tidak sampai berselisih tetapi sama2 taat akan pimpinan Roh, meskipun saran Roh Kudus itu dimulai dari orang yang lebih kecil. Akan timbul banyak orang kecil yang berubah menjadi besar seperti Paulus dan tidak ada kesukaran kalau tetap rendah hati dan taat pada suara Roh. Sayang Barnabas menuruti ke-sombongannya dan mendahulukan ikatan keluarga dengan Markus lebih daripada pimpinan Roh. Kita harus taat dipimpin Roh, termasuk mau menurut “orang yang lebih kecil dari kita, yang kita bimbing” tetapi pendapatnya betul,dipimpin Roh. Orang yang merasa senior atau besar, kalau tidak rendah hati bisa pecah seperti Barnabas dan rugi besar. Sebab itu perlu rendah hati dalam ketaatan dipimpin Roh Yak 3:33. Waktu Petrus bersalah, ditegur oleh Paulus, ia tidak melawan sehingga bisa diperbaiki dan kembali dipimpin Roh Gal 2:11. Kita harus belajar rendah hati sampai tingkat puncak, supaya tetap penuh dan dipimpin Roh.

Sesudah penuh Roh Kudus, tidak semua taat dipimpin Roh Kudus, ter-gantung masing2. Ada yang taat sedikit, ada yang penuh, ada ligabo dan ligabis. Ligabo akan terlempar dan tercerai dalam polarisasi Wah 22:11, tetapi ligabis akan terus tumbuh, sebab itu tidak heran kalau dari tubuh Kristus global akan lahir 144.000 orang sempurna (padahal dalam Wasiat Lama hanya 3 orang yang menjadi sem-purna). Ini hasil hujan Akhir dan orang2 yang mau  menyerah penuh dan taat dipimpin Roh terus sampai ikut menjadi sempurna.

Kalau kita sudah bisa penuh dan selalu taat dipimpin Roh, lalu bersekutu dalam Roh (ini nyata sesudah hujan Akhir yang besar dan pembukaan Firman Tuhan) maka kita bisa bersekutu dalam Roh dengan betul dan persekutuan tubuh Kristus global terbentuk dan Gereja Tuhan akan menjadi ajaib, disempurnakan dan Tuhan datang. Luar biasa.

Persekutuan dalam Roh itu bisa sangat heterogen (tidak tergantung umur, budaya, kaya miskin, lamanya kenal Tuhan, suku bangsa, tempat dll) sebab masing2 taat dipimpin Roh, tidak lagi menurut kehendak sendiri. Juga ekstrem dari masing2 golongan hilang, sebab semua dikuasai dan dipimpin Roh seperti Gal 2:20. Cara hidup masing2 yang dipimpin Roh adalah seperti Firman Tuhan, yaitu seperti Kristus.

Juga pengaturan tubuh Kristus global itu luar biasa, diatur langsung oleh Allah yang Mahabesar, tetapi setiap orang yang termasuk dalam tubuh Kristus gobal (yang tidak akan mati tetapi ikut pengangkatan atau menjadi sempurna 1Kor 15:51-52) adalah orang2 yang masing2 penuh dan dipimpin Roh dengan mahir, sehingga semua bisa diatur dengan tepat dalam segala hal oleh Allah. Juga tidak ada kegiatan administrasi, atau management global yang bisa diatur oleh manusia (terlalu ruwet, sulit dan sangat besar), semua diatur langsung oleh Roh Kudus yang memimpin setiap orang secara pribadi dan ber-sama2 secara ilahi (ingat Triliunan sel2 dalam tubuh diatur dengan tepat dan serasi oleh otak, juga cara kerja Putra ma-nusia Yesus di dunia dan Gereja mula2 dalam hujan Awal itu semua dipimpin Roh). Sekarang kita masih memakai cara2 Roh Kudus dan manusiawi, tetapi kita harus beralih makin banyak dipimpin Roh. Inilah persekutuan tubuh Kristus global di seluruh dunia.

KESIMPULAN.

Kita harus belajar untuk memuji Tuhan, menyembah Dia dalam Roh dan kebenaran dan makin mahir berjalan dalam Roh senantiasa supaya bisa mengatasi akhir zaman yang dahsyat ini dan masuk tubuh Kristus global. Termasuk dalam hidup se-hari2 kalau kita bisa hidup dipimpin roh, kita akan mengalami berkat dan pertolongan Tuhan yang limpah.

Nyanyian:

Hidupku bukannya aku lagi.