M3904 – Lukas 18:8. Masih Adakah Iman?

IMAN DAN UANG.

Dalam dunia, uang adalah yang paling penting. Ingat cap Antikris adalah roh mammon, ini lebih jahat dari macam2 chip atau cara tehnologi lainnya).  Bia-sanya semua orang dunia berusaha mengejar uang, sebab dengan uang mereka bisa membeli atau menda-patkan segala keinginannya. Sebab itu cinta uang, mereka berebutan, kalau perlu saling bunuh sekalipun di antara sahabat dan keluarga untuk menda-patkan uang dan menghalalkan segala cara termasuk korupsi dan mengedar-kan racun narkotika sebab mendapat-kan banyak uang, dll. Baik pribadi, ke-lompok bahkan negara2 sangat memi-kirkan dan mengejar uang untuk bisa mengumpulkan se-banyak2nya.

Lawannya dari uang adalah iman, sebab dengan iman kita bisa menda-patkan segala janji Allah yang begitu banyak bahkan tidak terbatas. Sebalik-nya, orang Kristen malas mencari iman, sekalipun imannya habis, mereka te-nang2 saja sebab biasanya mereka memakai kekuatannya sendiri atau uang untuk mencapai segala perkara termasuk juga hal2 rohani, sama se-perti cara orang dunia. Kalau orang beriman mengerti, bahwa dalam hidup ibadah dan pelayanan, kita bisa men-dapatkan apa saja dengan iman Mat 8:13, maka seharusnya orang yang me-ngerti akan berusaha mati2an menari, mengejar dan mengumpulkan iman. Memang prinsip mengejar iman dan mengejar uang itu berbeda, baik cara2-nya, jumlahnya dll. Uang itu terbatas, terpaksa mereka be-rebut2an bahkan saling sikut. Tetapi iman itu tidak ada batasnya, bisa diambil berapapun, sebab itu dari Allah yang tidak terbatas.

Yang penting kita tinggal di dalam Kristus dan tahu semua jalur2 untuk mendapatkan iman serta memakai setiap kesempatan. Untuk ini Tuhan menyediakankesempatan dan cara2 yang limpah, bahkan dibantu Roh Ku-dus Penolong kita, sehingga sebetulnya setiap orang beriman bisa mempunyai iman yang limpah, sangat banyak dan bisa mendapatkan semua janji2 Allah dengan limpah. Justru Tuhan datang untuk hal ini Yoh 10:10. Karena ke-bodohan dan tertipu oleh semua yang fana (istimewa oleh iblis), maka keba-nyakan orang Kristen dalam hal iman, banyak yang melarat, jauh di bawah garis kemiskinan iman. Sungguh sa-ngat disayangkan, sebab miskin iman itu bukan rencana dan maksud Allah. Rata2 orang Kristen malas, apatis, tidak peduli dan tidak ada gairah untuk mengejar dan mengumpulkan iman, sekalipun “dompet imannya” kosong! Coba check, apakah kita termasuk orang miskin atau orang sedang atau kaya dengan iman? Dengan kata lain termasuk orang bodoh atau pintar, dan orang buta atau orang celik? Ingat, Tuhan menyediakan sangat limpah, luar biasa!

KAYA DAN MISKIN IMAN.

Pada hari kedatangan Tuhan ada ba-nyak orang2 beriman yang krisis iman Luk 18:8. Sebab orang2 terpedaya oleh yang tampak dan berusaha dengan segala kekuatan, alat2 dan cara2nya untuk bisa mendapatkan yang keli-hatan itu. Kalau perlu dengan perang pribadi atau perang negara dengan negara untuk merebut yang tampak. Sebab itu orang2 beriman yang terpe-ngaruh oleh yang tampak dan cara2 orang dunia, semua meninggalkan atau melupakan imannya dan berebutan semua yang tampak dengan ke-kuatannya sendiri.

III. JENIS IMAN, UMUM DAN KHUSUS.

Ada orang punya iman dalam hal uang, tetapi kurang iman untuk tabiat baru, misalnya membuang sombong dan tumbuh dalam kerendahan hati, sangat sedikit, sebab itu tidak ada kemajuan dalam tabiat baru istimewa dalam ke-rendahan hati. Begitu dalam segi2 hi-dup lainnya, misalnya tentang kesu-cian bujang nikah, tentang ber-kata2 dll.Iman dibina, baik iman umum dan iman untuk setiap segi hidup. Sebab itu kita juga harus mengenali jalur iman umum dan khusus yaitu dari Firman Tuhan saja, sebab benih2 iman untuk setiap segi ada dalam Firman Tuhan, sehingga untuk menjadi sempurna, perlu iman dalam semua segi dan itu berarti perlu benih2 iman dari Kejadian sampai Wahyu, sebab hanya disini ada sumber yg lengkap untuk semua be-nih2 iman. Pelajari & taati seluruh ke-benaran Allah dalam Alkitab Kis 20:20,27.

IMAN BISA NAIK TURUN.

Ukuran iman setiap orang tidak sama dan itu masih bisa berubah, naik atau turun, tergantung dari hidup rohani dan pemeliharaannya. Yonatan iman-nya turun, sebab kalau ada iman mus-tahil bisa kalah dan mati 1Sam 14:6, tetapi ternyata ia kalah dan mati. Salomo lebih terkenal dengan hikmat-nya, imannya kurang, istimewa untuk sejahtera, sukacita dan mematikan daging, sehingga sesudah membangun bait Allah,ia gugur. Elia, Musa, Henokh tumbuh terus imannya sampai menjadi sempurna Ibr 11:5. Di dunia ada ke-sempatan untuk menumbuhkan iman supaya rohani kita bisa tumbuh terus sampai puncak, tetapi kalau tidak dipelihara, bisa bocor sampai habis.

Hati2, semua hal rohani itu harus dipelihara baik2 supaya tumbuh, sebab hampir semuanya harus ditumbuhkan, baik iman, kasih, pengharapan, kesu-cian, juga yg lain seperti persatuan sua-mi-istri (1+1=1), juga persekutuan da-lam tubuh Kristus (1+1+1 +1+1+….=1), tabiat baru, kuasa, pengurapan dll, semua harus dipelihara baik2supaya tumbuh sampai menjadi sempurna seperti Kristus. Hidup ini suatu ke-sempatan emas untuk tumbuh makin seperti Kristus, begitu dengan iman harus ditumbuhkan sampai pada ukur-an iman yang sempurna!

Kita menerima dari segala janji2 Allah dengan iman kita Mat 8:13, sebab itu perlu punyaiman se-banyak2nya dalam setiap segi hidup kita.

UKURAN IMAN. Rom 12:3.

  1. Habis Luk 18:8 atau tidak punya iman 2Tes 3:2 (KJI). Orang yang iman-nya habis, akan mudah undur, sebab untuk bertekun dalam ibadah, kesucian dsb perlu iman. Jangan sampai iman-nya bocor sampai habis.
  2. Iman kecil (little) atau kurang (Mat 17:20) atau kadang2 disebut lemah (Rom 14:1). Ada banyak ayat dan na-sehat tentang iman yang kecil Mat 26:30; 8:26; 14:31; 16:8; Luk 12:28; 19:17. Ini juga disebutkan kecil seperti biji sesawi Mat 17:20, Luk 17:6. Tetapi meskipun imannya kecil, kalau ia mau bertindak, atau karena suatu kasus, sikon sehingga terdorong untuk ber-tindak, maka itupun masih bisa me-nolong, bahkan bisa melakukan per-kara2 besar! Jadi salah satu cara untuk menggerakkan atau menumbuhkan iman, kita diberi sikon yang terjepit, terpaksa untuk menggerakkan iman, ada tindakan atau perbuatan iman, maka tampak hasilnya dan iman kita tumbuh!
  3. Iman besar (great). Kadang2 juga di-sebut penuh Kis 6:5 KJI atau kuat Rom 4:20 (strong in faith). Iman besar ini ditulis dalam Mat 8:10; 15:28, Luk 7:9. Kalau imannya besar, ia mudah men-dapat janji2 Allah sesuai dengan iman-nya. Jangan lupa, semua kita bisa menumbuhkan iman sesuai dengan Firman Tuhan.
  4. Iman yang sempurna. Yak 2:22. De-ngan iman ini Henokh jadi sempurna Ibr 11:5. Allah tidak pakai iman sebab apa yang dikatakan itu jadi Luk 1:37, ini lebih dari iman yang sempurna. Ibr 11:3 KJI. Kalau dalam suatu janji Allah, kita punya iman, itu akan jadi, tidak ada yang mustahil dalam hal itu Mrk 9:23. Kalau imannya sudah menjadi sem-purna, ia tumbuh seperti Allah, maka semua kata2 imannya juga jadi, tidak ada yang mustahil (misalnya kata2 Musa, Elia, semua jadi, misalnya Elia berkata api akan turun pada panglima yang mau menangkapnya, itu jadi). Ini mendekati seperti Allah yang bagiNya tidak ada perkara yang mustahil Luk 1:37. Jadi iman yang sempurna itu adalah Tirai, lalu jadi seperti Allah (Tabut). Setiap kata2 Allah pasti jadi; begitu juga orang2 yang menjadi se-perti Allah dalam tingkat yang sem-purna, luar biasa. Setiap kata2nya adalah kata2 iman yang sempurna dan semua jadi. Sebab itu orang yang sempurna, mulutnya juga sempurna, tidak ada salah dalam mulutnya Wah 14:5, dan semua kata2nya jadi seperti Elia, Musa, Petrus dan akhirnya menjadi seperti Allah, luar biasa. Salah satu jalan untuk tumbuh dalam iman, jangan bicara sia2, tetapi bicara dengan betul, itu menumbuhkan iman. Misal-nya orang yg ber-kata2, aku mati, aku melarat, aku sakit dll ini menunjukkan orang yang tidak punya iman. Orang yang punya iman, kata2nya betul se-suai dengan Firman Tuhan dan itu akan jadi, apalagi kalau sudah sampai tingkat kata2 yang tidak ada salahnya, itulah iman yang sempurna bahkan seluruh hidupnya menjadi sempurna.

DEFINISI IMAN.

Dari sini kita melihat bahwa iman itu adalah kata2 yang jadi, kata2 Allah yaitu Firman Tuhan. Seluruh Firman Tu-han pasti jadi Luk 1:37. Jadi iman ada-lah menjadikan Firman Tuhan menjadi kenyataan, bukan pikiran atau ide atau sugesti kita. Jangan lupa iman dari Tuhan itulah Firman Tuhan yang jadi yang kita harapkan dan yakini sekalipun belum tampak ada. Sebab itu dalam Ibr 11:1 dikatakan bahwa iman itu adalah perwujudan dari Firman Tuhan yang kita harapkan jadi, dan keyakinan akan Firman Tuhan yang sekarang belum tampak jadi tampak. Inilah Firman Tuhan bukan sugesti, pikiran, ide, opti-misme pribadi atau kata2 kita sendiri tetapi kata2 Allah. (Kalau seorang sudah jadi sempurna, tidak perlu iman, sebab semua yang dikatakan Allah atau orang yang sempurna itu jadi. Orang yang belum sempurna harus meme-gang Firman Tuhan sampai jadi dan iman itu membuat Firman Tuhan (ten-tang kesembuhan, kesucian, uang, per-tolongan dll) itu menjadi kenyataan! (Tetapi ingat Allah itu Mahasuci, kalau sempurna itu berarti juga kesucianNya sempurna, bukan mata duitan, bukan ambisi, bukan pura2 dsb, tetapi suci seperti Allah). Itulah sebabnya Firman Tuhan berkata, kalau kita sudah sem-purna, maka yang belum sempurna akan ditiadakan 1Kor 13:10 dan ting-gallah kasih, sebab iman itu sudah ada dalam mulut Allah dan orang yang sem-purna dan kita percaya penuh dan mendapatkan semuanya. Juga harap sudah hilang sebab semua yang diha-rapkan sudah didapatkan dan yang terbesar dan terus berjalan adalah kasih. Karena itu kasih itu mutlak perlu dan harus selalu ada dalam hidup kita.

VII. CARA MENUMBUHKAN IMAN.

  1. Dari Firman Tuhan. Iman tumbuh dari Firman Tuhan Rom 10:17. Setiap ayat Firman Tuhan itu benih2 iman untuk segala segi hidup. Sebab itu perlu belajar seluruh Alkitab dan memperca-yaiNya. Memang belum semua Firman Tuhan bisa kita mengerti, tetapi kelak (tidak lama lagi, sekarang sudah banyak yang terbuka), seluruh Firman Tuhan akan terbuka Mat 10:26-27 maka ini menumbuhkan imanyang lengkap dan sempurna. Sebab itu kalau kita me-ngerti Firman Tuhan dengan betul (dari Tuhan Mat 13:11, Yoh 16:13, 1Kor 2:10) maka kita akan ber-buah2 30, 60, sampai 100 kali ganda (ini sempurna, kalau sudah mengerti semua) sehingga kita bisa tumbuh menjadi sempurna dalam hal Firman Tuhan yang sudah terbuka ini Mat 13:23. Kalau timbul iman yang sempurna, maka semua segi hidup tumbuh jadi sempurna, lalu lahirlah orang2 sempurna yaitu 144.000 orang sesuai dengan nubuatan dalam Wah 14:1-5. Sebab itu mengerti Firman Tuhan itu mutlak perlu untuk pertumbuhan sehingga bisa berbuah sampai 100 kali ganda yaitu penuh sampai sempurna. Sama seperti bayi mula2 dapat susu 1Pet 2:2, lalu kemu-dian makanan keras Ibr 5:12-14, maka dengan makan setiap hari (jasmani perlu 3 kali makan) bayi itu tumbuh sampai akhirnya menjadi orang dewasa penuh. Begitu juga sejak lahir baru kita harus terus tekun “makan” Firman Tu-han 1 gomer (jangan kurang, lebih2 pada hari ke-6, sampai 2 gomer) untuk terus tumbuh sampai kepada kesem-purnaan Allah. Jangan lupa “makan” setiap hari. (Kalau tidak makan, tidak tumbuh, justru sakit, lama2 mati. Begitu juga secara rohani, sehingga ada yang undur, sebab mati rohani).
  2. Bertekun berdoa dalam Roh dan ke-benaran. Pekerjaan Roh Kudus mutlak perlu untuk menimbulkan dan menum-buhkan iman sebab Roh Kudus men-celikkan mata kita sehingga bisa me-ngerti kebenaran Firman Tuhan 1Kor 2:10, Yoh 16:13 dan kemudian Firman Tuhan menjadi hidup dalam hati kita sehingga menimbulkan iman 2Kor 3:6. Huruf2 Firman Tuhan yang mati, yang tidak dimengerti oleh akal dan pikiran manusia, itu menjadi jelas, hidup dan bergerakdalam orang2 yang penuh dan dipimpin Roh dan menimbulkan dan menumbuhkan iman. Dengan demikian iman kita tumbuh. Sebab itu jangan hidup menurut daging, tetapi menurut Roh yaitu mentaati Firman Tuhan sehingga Firman menjadi iman dan waktu kita mentaatinya jadi daging Yoh 1:14, Wah 10:10 sehingga iman kita tumbuh, juga tingkat rohani kita tum-buh, makin seperti Kristus.
  3. Diolah/ dilatih dalam kasus2 yang diberi Tuhan, Ia memberi kasus yang tepat) sebab itu jangan heran, seka-lipun kita hidup benar, timbul kasus2 yang seringkali tidak enak seperti Daud, Yusuf, Abraham, Daniel dan semua orang beriman. Sebab justru dalam kasus2 itu kita harus bertindak dengan iman dalam pimpinan Roh Kudus sam-pai lulus, makan iman kita juga tum-buh. Semua pimpinan Roh hanya bisa dilaksanakan dengan iman. Sebab itu kita harus penuh dengan Roh Kudus dan Firman Tuhan, sebab kalau pim-pinan Roh Kudus tidak sesuai dengan Firman Tuhan (Misalnya bercampur dosa, dengan gairah daging dll) itu bu-kan pimpinan Roh, tetapi suara daging yang tidak boleh dituruti). Demikianlah kita diolah, dilatih Tuhan dalam ber-macam2 kasus dan kalau lulus, kita tumbuh. Kita bisa lulus kita harus berani bertindak yaitu dengan iman.
  4. Saling menguatkan iman Rom 1:12; 14:19; 15:2, 1Kor 14:12,26, Ef 4:29. Ja-ngan melemahkan iman, itu bodoh atau diperalat oleh iblis. Tetapi seha-rusnya kita saling menguatkan iman, sehingga seluruh sidang itu dikuatkan imannya.
  5. Dengan karunia2 Roh Kudus 1Kor 14:3. Karunia2 diberikan untuk me-nguatkan/ meneguhkan iman, bukan sebaliknya.
  6. Tetap tinggal dalam Kristus Yoh 15:5, maka pasti iman kita akan tum-buh. Ingat 7 KPR, membuat iman kita makin tumbuh.

VIII. PENGGUNAAN IMAN.

Kita hidup dan berjalan dengan iman Rom 1:17, 2Kor 5:7. Kalau tidak ada iman kita tidak bisa berbuat apa2 dan miskin rohani, tidak dapat perkara2 rohani dan janji Tuhan, jadi lemah dan jatuh dalam dosa dan undur. Semua hidup, tindakan2 rohani dilakukan dengan iman, misalnya:

  1. Hidup baru dalam kesucian, pikul salib, semua dengan iman. Jangan ditipu oleh pikiran dan kata2 dari iblis, sebab kita sanggup hidup suci sesuai dengan semua janji Firman Tuhan, misalnya Yoh 8:36, Gal 5:1, 1Pet 4:1, 2Pet 1:10 dsb percaya dan kita bisa hidup tanpa jatuh dan tumbuh dalam tabiat baru. Juga dalam ber-kata2, ber-pikir, berencana dll, sebab Tuhan me-nyediakan janji2 yang lengkap dalam segala segi dan semua itu bisa kita terima dengan iman.
  2. Segala kebutuhan kita, kalau kita mencari kerajaan Surga dahulu Mat 6:33. Terimalah dengan iman, bersyu-kur dan bersukacita sekalipun belum dapat. Tetapi jangan lupa, jangan de-ngan dosa misalnya tamak, iri dsb.
  3. Juga sembuh dari penyakit dan te-tap hidup sehat, sebab ada puluhan ayat2 kesembuhan dan kesehatan yang bisa kita terima semua dengan iman, misalnya 3Yoh 2, 1Pet 2:24 dsb.
  4. Dalam pelayanan, pengurapan, kua-sa, karunia2, jabatan, pimpinan Roh Kudus, sukacita, sejahtera, pengertian Firman Tuhan dsb, semua juga kita terima dengan iman.
  5. Hari2 yang akan datang, kita jadi berani sebab percaya akan nubuatan FirmanNya, yang menunjukkan rencana Allah yang luar biasa untuk umatNya, termasuk penggenapan rencana Allah dalam hidup kita.
  6. Dalam keluarga antara suami-istri, anak, saudara, menantu dll. Tidak ada yang sempurna dan cocok penuh (tumbu ketemu tutup), tetapi kalau kita berjalan dengan iman, akan terjadi penyesuaian yang manis dalam kasih Kristus, bahkan bisa tumbuh bersama dengan indah di dalam Roh Kudus.
  7. Berjalan dalam rencana Allah, itu ti-dak selalu enak dan sempurna, sering-kali banyak penderitaan seperti Yusuf, Daud, Abraham, Ayub dll. Tetapi de-ngan iman kita mau menjalaninya, bisa bersyukur dan bersukacita sekalipun menderita, sebab Roh Kudus yg pim-pin kita sampai akhirnya lulus & me-nang, terus tumbuh dalam rencana Allah.

KESIMPULAN.

Orang Kristen adalah orang beriman, tanpa iman tidak bisa jadi anak2 Allah, kembali jadi anak manusia biasa, bah-kan jatuh dalam dosa yang lebih parah Mat 12:45. Dalam mata dan pikiran manusia, kita adalah manusia sama seperti yang lain, tetapi dengan iman kita hidup sebagai anak2 Bapa Surgawi dalam pimpinan Roh Kudus, itu hidup yang luar biasa dan dengan Dia kita akan melakukan perkara2 yang besar Maz 60:12 yaitu tumbuh menjadi sem-purna seperti Dia dan memenangkan jiwa2 di sekitar kita. Ini tujuan utama hidup kita. Maju dan tumbuhlah dengan iman.

Nyanyian: Percaya saja 2x,

percaya yang bri kita menang.

Percaya saja, sesuai FirmanNya,

percaya dapat janji Allah.