M3898 – Kisah Para Rasul 3:1-10. Pekerjaan Roh Kudus Diantara Umatnya

Dalam 4 Injil, Putra manusia Yesus be-rada dimana saja, dalam hal apa saja, kapan saja, selalu terjadi dan timbul karya2 Roh Kudus yang heran dan ajaib sebab memang Putra manusia Yesus selalu penuh dan dipimpin Roh Mat 4:1, Luk 4:1.PENDAHULUAN.

Dalam Kisah Rasul, juga murid2 Tuhan Yesus selalu disertai dengan perbuatan2 kuasa ilahi yang ajaib dan heran seperti Putra manusia Yesus. Roh Kudus di dalam umatNya itu luar biasa, sehingga di mana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja, selalu terjadi ma-cam2 perbuatan ajaib ilahi. Begitu juga pada akhir zaman kalau ada orang2 beriman yang penuh Roh Kudus dan dengan tulus dipimipn Roh berhimpun, ada sesuatu yang ajaib, terjadi tanpa direncanakan.

Memang Roh Kudus itu luar biasa. Dari dalam pikiran dan kuasaNya selalu lahir banyak hal2 besar dan dahsyat Maz 60:14. Sebab itu kalau orang2 beriman yang penuh dan dipimpin Roh berkumpul ber-sama2, dan mau mela-kukan kehendakNya, akan selalu terjadi perkara2 besar. Kuasa Allah itu dinamis (Kis 1:8. Power = dunamis) seperti kumpulan dinamit akan menimbulkan ledakan hal2 besar. Seperti biji2 se-mangka yang dibuang di tanam dalam tanah, lewat beberapa hari bermun-culan kecambah2 begitu banyak  se-jumlah biji2 yang dibuang dalam tanah. Ada sesuatu yang terjadi kalau bebe-rapa orang yang penuh dan mau di-pimpin Roh berhimpun dan mau me-lakukan kehendak Allah. Ciri2 perkara2 besar itu adalah:

  1. Pekerjaan ilahi, bukan oleh manusia, tetapi oleh Roh Allah.
  2. Tidak direncanakan. Tidak ada latih-an, jadwal, rapat2,tahu2 terjadi sesuai dengan kehendak Roh seperti dalam riwayat Putra manusia Yesus dan mu-rid2 dalam Hujan Awal. Tanpa mem-buat rencana untuk perkara2 besar, tahu2 semua muncul dengan spontan. Semua ini adalahpekerjaan Roh Kudus di dalam orang2 yang mau taat melakukannya.
  3. Di mana saja asal ada orang2 yang penuh dengan kuasa Allah, bisa dan sering terjadi perkara2 besar.
  4. Dalam hal apa saja, mungkin waktu mereka ditangkap, waktu makan, wak-tu berhimpun di laut atau di darat dan di mana saja, tiba2 muncul hal2 besar dan ajaib dari Tuhan.
  5. Kapan saja, dalam keadaan bebas atau ditekan dll.
  6. Nama Tuhan dipermuliakan, jiwa2 dimenangkan, terjadi mujizat atau tan-da ajaib yang tidak diketahui sebe-lumnya, tahu2 muncul menurut pim-pinan Roh Kudus.

Ini juga akan terjadi dalam Hujan Akhir di akhir zaman. Dalam keadaan apa saja, dalam keadaan baik, atau waktu diancam, ditangkap, dalam ke-kurangan dalam tempat umum, dalam tempat2 sulit dll tiba2 timbul hal2 besar dari Tuhan.

Ini lain dengan rencana manusia membuat KKR, camp, jadwalnya diren-canakan, makanan disediakan, sambil memikirkan ber-macam2 acara suka-cita dengan macam2 rekreasi atau per-mainan. Biasanya tidak ada jiwa2 yang dimenangkan, hanya ada kesukaan rekreasi dan jalan2, pertunjukan2 yang menyenangkan hati manusia. Ada juga yang mengusahakan dan merindukan kegerakan Roh Kudus. Teruskan, tingkatkan sampai terjadi.

Seringkali dalam rencana manusia, juga terjadi iri, berkelahi, marah, debat, dan sakit hati seperti yang lazim dalam acara2 manusiawi biasa, sebab Roh Kudus tidak punya tempat untuk beker-ja dan kurang ada orang yang mau taat dipimpinNya. Ini harus dicegah!

Mengapa sekarang ini kurang atau tidak terjadi apa2 waktu umat Tuhan berhimpun, padahal juga banyak yang sudah penuh dengan Roh Kudus yang sama? Kita akan mempelajari dalam Kis 3 ini.

KIS 3:1. KE BAIT ALLAH.

Ini perkara biasa, mereka tidak merencanakan apa2 dan tidak ada apa2 yang khusus di sana. Semua rutin dan biasa, tidak ada kemungkinan untuk hal2 besar. Tetapi ada Roh Kudus di dalam mereka. Roh Kudus itu tahu apa yang paling baik yang bisa dibuat oleh orang2 yang mau dipimpin Roh. Ini semua diketahuidan dilakukan Roh Kudus lewat orang2 yang mau berjalan dalam Roh, yang mau dipimpin olehNya. Begitu dalam hidup orang2 beriman yang penuh Roh Kudus. Minta pimpinan Roh Kudus, maka Dia akan membuat perkara2 besar yang indah. Sebab itu selalu bersedia hidup benar dan dipimpin Roh. Dari keadaan atauhal2 yang rutin dan biasa Roh Kudus bisa memimpin kita melakukan perkara2 yang besar; bahkan juga dalam kesulitan dan jalan buntu. Sebab itu setiap hari sekalipun rutin di Gereja, di kelompok sel, di rumah dll, dan tidak ada apa2 yang terjadi, tetapi Roh Kudus bisa melakukan perkara2 yang besar. Waktu Daud hanya membawa makanan untuk kakak2nya dan sudah disuruh pulang kembali, di situ ia melakukan perkara yang sangat besar tanpa merencanakan. Bahkan waktu Saul mempersiapkannya untuk meng-hadapi Goliat, ia gagal, tidak bisa memakai perlengkapan perang Saul, tetapi dengan Tuhan ia melakukan perkara2 besar Maz 60:14. Seperti Nuh terus berjalan dengan Tuhan, timbul bahtera penyelamat yang besar dan luar biasa dan kelepasan yang ajaib. Begitu kita harus setiap hari berjalan dengan Tuhan Kej 6:9, maka Tuhan akan melakkan hal2 besar dalam hidup kita sesuai rencana Allah. Lebih2 di akhir zaman ini ada rencana Allah yang paling top, yaitu penamatan rencana Allah untuk Gereja dan seluruh dunia ini. Kalau kita berjalan dengan Tuhan, kita pasti akan diikutkan untuk melakukan sebagian rencana Allah yang jadi bagian kita sebagai anggota tubuh Kristus global. (Petrus dll diberi bagian dalam rencana Allah untuk memulai timbulnya Gereja).

Kita perlu mengerti apa kehendak dan rencana Allah dalam hidup dan Gereja (perhimpunan) orang2 beriman dan percaya, sehingga mengharapkan pekerjaan Roh Kudus yang nyata dan berani melakukannya supaya nama Tuhan dipermuliakan dan jiwa2 dija-mah kuasa Roh Kudus dengan kuat.

KIS 3:2. SEORANG LUMPUH DI PINTU GERBANG ELOK.

Ini hal biasa, ia mengemis untuk nafkahnya disini. Tetapi kalau ada Roh Kudus, maka hal yang biasa seperti ini bisa menjadi “bahan mentah” untuk membuat hal2 besar oleh Roh Kudus. Bukan menurut rencana dan angan2 kita tetapi menurut kehendak dan rencana Roh Kudus. Ajaib! Ada begitu banyak peristiwa2 yang terjadi di sekitar kita yang mana saja bisa jadi bahan mentah yang bisa dipakai Roh Kudus untuk melakukan hal2 besar dari Allah. Lebih2 di akhir zaman ini kita betul2 perlu belajar berjalan dengan Allah, dalam segala keadaan, apalagi kalau banyak pencobaan dan kesulitan.

Juga di kelompok2 kecil kita bisa ber-sama2 (apalagi yang penuh dan dipim-pin Roh) untuk siap dipimpin Roh menerima beban dan perintah untuk melakukan perkara2 yang besar dari Tuhan!

KIS 3:3-4. PERMULAAN PERKARA YANG BESAR.

Pada permulaannya Petrus dan Yoha-nes tidak bisa tahu2 apa dari apa yang akan terjadi, tetapi “bahan mentah” yang dihadapinya adalah pengemis yang minta sedekah. Ini orang kecil yang tidak berdaya dan tidak berharga dalam masyarakat. Tetapi Petrus dan Yohanes yang terus dipimpin Roh merasa pimpinan Roh dan memulai sesuatu yang tidak direncanakan dan tidak dimengerti tetapi mereka taat dipimpin Roh. Beginilah cara hidup kita pribadi dan ber-sama2 dalam Roh, sebab Allah memang mencari orang2 yang bisa diberi beban dan andil untuk menyelesaikan rencana Allah di akhir zaman ini. Jangan kita hanya terpan-cing pada hal2 jasmani yang fana sekalipun itu diperlukan, misalnya naf-kah, solusi untuk kesusahan, keamanan dll, sebab hari2 ini makin banyak kesukaran. Jangan kuatir atau takut Tuhan bisa memberi segala kebutuhan kita dengan limpah, kalau kita mencari kerajaan Surga lebih dahulu. Mat 6:33. Orang yang hanyamencari yang fana, tidak bisa mendengar suara Roh untuk ikut dalam rencana Allah yang besar, padahal kita sudah punya modal yang terbesar untuk itu yaitu penuh dengan Roh Kudus dan pengertian Firman Tuhan. Ini adalah Allah yang maha besar dan Ia sudah ada di dalam kita! Coba dengar suara Roh Kudus baik2 Mrk 4:23. Sebab itu bertekunlah setiap hari limpah dengan 7 KPR.

Kita harus memperhatikan bahwa permulaan hal2 besar itu bisa dimana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja, dan orang yang peka mendengar suara Roh bisa mendengar dan mengena-linya. Kalau kita mengerti dan mengha-rapkan, menunggu pekerjaan Roh Ku-dus yang heran itu, kita akan lebih mudah mengenali suara Roh dan me-ngenali kesempatan yang tersembunyi diantara begitu banyak peristiwa2 yang terjadi di sekitar kita.

KIS 3:5. KEBUTUHAN MANUSIA.

Biasanya semua orang butuh perkara2 jasmani untuk hidup dan keinginannya, misalnya uang, senang2, sembuh dll. Kadang2, seperti pada pengemis ini Tuhan memberi sesuatu yang lain, yang lebih besar, sebab Tuhan melihat ada iman dan kehausan akan Allah. Seperti dalam Kis 14:9 Paulus dengan ilham Roh melihat ada iman dalam hati orang lumpuh di dalamnya dan Paulus bisa melihat kesempatan ini lalu mendoa-kannya sehingga sembuh, maka terjadi kegerakan yang besar (waktu itu Paulus tidak mau disembah, lalu dengan hasutan orang Yahudi dari Antiokhia dan Ikonium, mereka merajam Paulus. Tetapi inipun menjadi pengalaman ajaib yang tidak direncanakan bagi Paulus dan Gereja Tuhan di Listera Kis 14:19-23).

Jadi, pintu masuk untuk perkara2 besar dari Roh Kudus itu bisa apa saja, tetapi bukan menurut rencana dan ke-hendak kita, tetapi menurut Roh Allah yang tahu lebih dahulu! Sebab itu perlu berjalan dalam Roh, supaya bisa men-dengar dan mengerti pimpinan Roh.

KIS 3:6. DENGAN KARUNIA ROH, TANPA EMAS DAN PERAK.

Kita berkorban emas dan perak untuk melayani Tuhan itu tidak salah, tetapi jangan bertengkar karena fasilitas dan alat2 yang mahal yang seharga emas dan perak. Sebab kalauRoh Kudus bekerja, itu tidak tergantung dari emas dan perak, tidak tergantung dari alat2 atau sikon yang mahal atau mewah2, Roh Kudus bisa memakai apa yang ada, tetapi yang penting ada orang2 yang mau terbeban dan bisa mendengar suara Roh dan taat seperti disini.

Ada KKR yang besar2an disediakan de-ngan peralatan dan fasilitas yang besar2 seperti untuk membuat konser, dengan latihan yang menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya, tetapi hasilnya, orang2 hanya puas hatinya seperti kepuasan dalam pertunjukan2 dunia, tetapi rohnya tidak tergerak, tidak dijamah Allah, tidak terjadi per-tobatan, pembaruan, kegerakan dari Roh Kudus. Kalau kita punya fasilitas boleh dipakai, tetapi yang paling pen-ting Roh Kudus harus bisa bekerja dengan bebas diantara kita sehingga ada Firman Tuhan yang terbuka, peng-urapan, kesukaan, nyanyian, mujizat, kesembuhan, tanda2 ajaib, perto-longan, jalan lepas dll yang dikerjakan langsung oleh Roh Kudus. Ini yang disediakan Tuhan dan yang kita ha-rapkan sesuai dengan kehendak Tuhan untukmenyelesaikan rencana Allah yang besar di akhir zaman ini!

Petrus mendapat karunia kesem-buhan lalu  mengatakan kata2 yang te-pat pada pengemis lumpuh ini, se-hingga dengan kuasa Allah orang lumpuh ini bangkit berdiri dan berjalan. Ada banyak yang dimulai dengan ke-sembuhan, sebab ini kebutuhan pokok manusia untuk hidup sebab tanpa kesembuhan, hidupnya jadi sia2. Kalau Roh Kudus menggerakkan kita, jangan ragu2, doakan dan dengan karunia kesembuhan (meskipun jabatannya bukan penyembuh) kita bisa menyem-buhkan orang dengan karunia Roh Ku-dus dan jadi perkara2 yang besar di hadapan manusia dan Allah. (Kalau orang lahir baru, kadang2 tidak ter-masuk perkara besar di hadapan ma-nusia, tetapi ini sangat besar di ha-dapan Allah dan Surga Luk 15:7,10. Ini sangat indah, tetapi juga perlu kesem-buhan ilahi). Tetapi dengan cara apa saja, kalau kita taat akan pimpinan Roh Kudus, baik untuk kesembuhan, perto-batan, kelepasan dll bisa terjadi kegerakan Roh Kudus. Kalau Roh Kudus sudah meyakinkan, kerjakan semua dengan iman Rom 1:17. Mujizat akan terjadi. Harapkan kesembuhan terjadi, sebab Allah tidak berubah Ibr 13:17. Meskipun kadang2 mujizat tidak ter-jadi, tetapi kalau yakin dari Tuhan, lakukan saja, dan akan terjadi sesuai dengan iman kita. Mat 8:13.

KIS 3:8-9. PERKARA2 BESAR TERJADI, LUAR BIASA.

Kita harus mengerti rencana Allah, se-bab puncaknya berada dalam 3,5 tahun terakhir sebelum pengangkatan; kuasa, mujizat dan segala perkara2 dari Atas itu ada di puncaknya, limpah seperti di Surga, masa keemasan Gereja. Jadi Gereja tidak merosot menjadi bangkrut tetapi meningkat sampai pengang-katan. Akan terjadi kegerakan Roh Ku-dus di seluruh dunia secara lokal se-perti gelembung2 air yang mendidih, mula2 sedikit, tetapi makin lama makin banyak di segala tempat; harapkan itu terjadi, tetapi jangan menurut kehen-dak kita sendiri, bisa kecewa! Menye-rah dan turuti pimpinan Roh Kudus. Seharusnya pekerjaan Roh Kudus ma-kin meningkat, apalagi di tengah2 orang2 yang penuh Roh Kudus, baik dalam pribadi, kelompok kecil, dalam Gereja lokal dan global! Teruslah berte-kun berdoa dalam Roh dan kebenaran, dalam Firman Tuhan dan 7 KPR.

Kalau tidak terjadi, jangan masa bodoh. Selidiki sebabnya. Mungkin tidak terjadi karena:

  1. Dosa, pekerjaan iblis. Ini harus di-pinggirkan. Jangan berdosa atau be-reaksi dosa. Ini membuat Roh Kudus tidak bisa bekerja dengan bebas.
  2. Karena bodoh, tidak mengerti Mrk 12:24. Yang mengerti akan mengharap-kannya dan bersedia.
  3. Karena tidak bersatu, tetapi sering-kali terpecah belah oleh pekerjaan iblis. Kita harus saling mengampuni dan bersekutu dalam Roh. Tumbuh dalam kasih dan tutuplah segala dosa dan kesalahan 1Pet 4:8.
  4. Kurang minyak Roh Kudus dan 7 KPR.
  5. Karena ikut arus yang meng-ha-lang2i atau memadamkan pekerjaan Roh 1Tes 5:19. Ini dipimpin roh setan/ iblis, jangan ikut. Ikut serta menyalakan api Roh Kudus dan terus hidup penuh dan taat dipimpin Roh (MAK). Jangan pe-dulikan harga diri, tetapi rendah hati, jangan menuntut ini dan itu tetapi korbankan dan ampuni, kasihi dan ikut serta me-nyala2. Orang2 yang rindu seperti ini akan ikut dan dipakai Allah yang maha besar dalam proyek penamatan Allah!

 

KIS 3:10. API KEGERAKAN MENYALA, GEREJA MULA2 MUNCUL.

Hujan akhir untuk penyempurnaan Ge-reja lebih heran, lebih besar dan akan digenapi (sudah dekat, harapkan dan ikutlah). Semua pengorbanan kita, ter-masuk mengampuni supaya bisa ber-satu dalam Roh (pengampunan  berarti korban, tanpa mau korban tidak bisa mengampuni tetapi membalas, pada-hal pembalasan adalah urusan Allah Mat 6:14, Rom 12:19) ini adalah salah satu andil kita selain kemauan, 7 KPR, penyerahan dan ketaatan.

Salah satu faktor kegerakan itu tergantung dari kita, kalau makin banyak yang mau menyerah dan taat dipakai Tuhan, kedatangan Tuhan akan dipercepat, jadi tergantung kita, mau atau tidak dipakai Tuhan. Kalau orang2 yang sudah dipenuhi Roh Kudus tidak mau, memang itu memperlambat, se-bab Tuhan harus mencari gantinya lagi Mat 21:43 dan mengolahnya dan ini butuh waktu (mengolah satu orang bu-tuh kurang lebih 30 tahun! Contoh  Putra manusia Yesus!) sehingga keda-tangan Tuhan terpaksa jadi lambat. Tetapi kalau ada yang mau, lebih2 yang sekarang sudah penuh Roh Kudus dan sudah diolah puluhan tahun dalam kesucian, maka hari kedatanganNya akan dipercepat 2Pet 3:12, Mat 24:22. Apa kita mau dipakai Tuhan, mengor-bankan hidup ini untuk mempercepat kedatangan Tuhan ?

KESIMPULAN.

Yang sudah penuh Roh Kudus dan diolah ada banyak orang. Tetapi yang mengerti dan mau menyerahkan seluruh hidupnya untuk mempercepat kedatangan Tuhan itu hanya sedikit, apalagi kalau dosa mulai bekerja, orang2 ini akan berakhir dalam daging dan terbuang Gal 3:3-4. Tetapi orang yang sadar dan mau, Tuhan akan pakai dengan luar biasa. Firman Tuhan dan Roh Kudus sudah cukup limpah, perlu kesungguhan dan penyerahan, maka kegerakan akan terjadi, bukan menurut rencana dan pikiran manusia, tetapi menurut pimpinan Roh Kudus. Bersedialah, ikutlah, taatlah, tidak akan menyesal.

 

Nyanyian: Berachah no. 861

BagiMu Tuhan seluruh hidupku,

Pakailah Tuhan bagi kemuliaanMu,

genapi seluruh rencanaMu,

mempercepat kedatanganMu Tuhan!