M3886 – Yesaya 55:8-9. Pikiran Dan Jalan-Jalan Tuhan Dan Manusia.

YES 55:8. TUHAN DAN MANUSIA BERBEDA JAUH.

8.a. Karena pikiranKu itu bukan pikiranmu.

Allah + Manusia.

Allah itu Sang Pencipta, manusia adalah ciptaanNya dan sudah jatuh dalam dosa, sebab itu perbedaan Allah dan manusia itu besar sekali, apalagi pikirannya.

Meskipun begitu dalam pandangan manusia sendiri, pikiran atau kepintaran manusia itu luar biasa, sebab memang manusia itu puncak ciptaan Allah bahkan satu2nya di bumi ini yang kekal, sebab berasal dari Roh Allah.

Memang Allah menciptakan manusia, istimewa pikirannya itu luar biasa hebatnya, lebih2 dalam bagian terakhir dari sejarah manusia yaitu hari2 ini, pikiran dan hasil pikiran manusia itu luar biasa, sampai manusia bisa naik ke bulan (tetapi belum ada yang berani memikirkan untuk naik ke matahari, komik fantasi pun belum ada).

Dalam umur hidup kita sekarang saja, kita bisa melihat perbedaan hasil pikiran manusia waktu kita kecil dan waktu kita tua, (misalnya dahulu tidak ada komputer, sekarang ada HP yang begitu canggih, hampir setiap orang punya, bahkan bisa lebih dari satu, dll), apalagi dalam hari2 yang akan datang. Sebab itu tidak heran manusia mengagung-agungkan kepintarannya, bahkan menjadi berhalanya.

Tetapi dibandingkan dengan pikiran Allah, pikiran manusia yang terbaikpun masih sangat bodoh dan hina di hadapan Allah! 1Kor 1:25.

Sebab itu orang yang mengerti hal ini, yang mata rohaninya celik, sama sekali tidak berani menyombongkan dirinya di hadapan Allah dan tidak mengagungkan pikiran dan kepintaran manusia.

Tetapi orang yang tidak kenal Tuhan, apalagi tidak dipimpin Roh,

mereka sangat meng-agung2kan dan memberhalakan pikiran dan kepintaran manusia.

Manusia selalu memegang data, fakta, bukti2 cara2 ilmiah, sedangkan pengertian ilahi dianggap fantasi, tidak masuk akal, tidak bisa dimengerti, tidak ada buktinya dan tidak bisa dipercaya. Ini pikiran manusia seperti Thomas, kalau tidak lihat bukti, tidak mau percaya, sebab itu tidak dapat apa2 dari Tuhan, tidak bahagia, ia tidak bisa mengerti pikiran Allah yang setinggi langit dari bumi. Yoh 20:25,29.

Orang seperti ini tidak bahagia dari Tuhan, hanya punya kebahagiaan manusiawi yang labil dan fana.

Bagaimana kita bisa mendapatkan pikiran Kristus dalam pikiran kita seperti Paulus? 1Kor 2:16, Pil 2:5.

  1. Dengan lahir baru, roh kita sudah ditebus, berubah jadi baru (tetapi orang luar belum ditebus, meskipun demikain tubuh lahiriah ini bisa dipengaruhi dan dikuasai roh yang sudah berubah), waktu kita jadi baru 2Kor 5:17 yang lama lenyap (bisa dibuang, termasuk pikiran daging).

Pikiran logika masih baik untuk dipakai dalam hal2 sekuler, juga untuk manusia luar. Dalam roh yang baru, kita sudah mendapatkan pikiran Kristus, sehingga kita bisa mulai percaya pada Tuhan Yesus dan FirmanNya. Kita sudah mempunyaipikiran Kristus sekalipun masih kecil berupa benih. Harus ditumbuhkan terus sehingga makin kuat dan kokoh.

  1. Penuh dan dipimpin Roh. Roh Kudus yang mencelikkan mata hati kita sehingga bisa mengerti rahasia2 Allah dan kebenaranNya yang luar biasa. 1Kor 2:10, Yoh 16:13.

Selalu penuh dan dipimpin Roh dalam kesucian dan dalam jalan Tuhan, ini caranya untuk mengerti rahasia Allah dan menumbuhkan pikiran Kristus di dalam kita, yaitu pikiran ilahi yang begitu mulia, maha besar dan tidak ada batasnya. Kalau kita mau dipimpin Roh dalam kesucian, dan hidup ini bisa lepas dari dosa dan bahagia di dalam Tuhan, dan

kita akan mempunyai pikiran Kristus dan mengerti perkara Allah yang dalam2. Ay 32:8, Mat 13:11.

  1. Dari Firman Tuhan. Ams 2:6.

(Hos 4:1, Maz 119:104).

Firman Tuhan itulah pikiran Kristus, tetapi kita harus bisa menangkap isinya sebab tidak semua yang membaca Firman Tuhan bisa mengerti. Mat 13:11.

Bagaimana kita bisa mendapat karunia dari Tuhan untuk bisa mengerti?

Kalau kita tinggal “di dalam”, yaitu dalam Ruangan Suci, bukan di luar di Halaman, yaitu tekun belajar Firman Tuhan dalam kesucian dan pengurapan Roh Kudus. Mrk 4:11.

Kita perlu seluruh 7 Kebutuhan Pokok Rohani, maka kita akan limpah dengan pengertian ilahi yang terus bertambah2, ini yang akan membentuk pikiran Kristus dalam kita dan terus bertambah2.

Belajar seluruh Firman Tuhan dari Kejadian sampai Wahyu, maka pikiran kita dalam segala segi akan diisi dan dipagari dengan kebenaran Firman Tuhan yang benar dan itu membentuk dan menumbuhkan pikiran Kristus dalam kita. Kita harus terus bertambah2 dalam pengertian Firman Tuhan. 2Pet 3:18.

Jadi penting sekali mengerti kebenaran Firman Tuhan secara rohani, yaitu sesuai dengan pikiran Kristus, kebenaran Allah yang sesungguhnya.

Beberapa orang belajar Firman Tuhan secara manusiawi, sebab itu mereka tidak menemukan Tuhan Yesus di dalamnya, tidak mendapatkan pikiran Kristus yang betul. Mengapa? Sebab mereka tidak mengerti dan tidak percaya akan Firman Tuhan, mereka merasa tidak cukup dengan Alkitab, sebab menilainya secara akal, Alkitab dianggap  sebagai buku kuno, dan mereka berusaha untuk menambahinya dengan pengetahuan manusia yang sia2 itu. Sebab itu mereka tidak menemukan Tuhan Yesus dalam Firman Tuhan tetapi sesuatu yang kusut. Itu hasilnya kalau membaca dan mempelajari Firman Tuhan dengan akal sehingga mereka mendapat kesan yang salah, se-olah2 Firman Tuhan itu bertentangan satu sama lain dan tidak masuk akal bahkan mulai menghinakannya lalu men-cari2 yang lain, dan makin memutar balikkan Firman Tuhan dan itu membinasakan rohaninya sendiri sehingga imannya rusak. 2Pet 3:16.Tetapi orang yang dicelikkan matanya oleh Roh Kudus dan menyelidikinya dalam pengurapan Roh Kudus akan kagum2 sebab begitu luar biasa rahasia2 yang ada di dalamnya, bahkan tidak habis2nya, bahkan selalu ada sisa yang belum bisa dimengerti waktu itu Ul 29:29. Dan Firman Tuhan yang sudah dimengertinya itu memerdekakannya  dari semua ikatan dosa sampai bersih Yoh 8:32.

Tetapi kita harus terus tekun belajar seluruh Firman Tuhan Kis 20:20,27.

Lalu bagaimana sikap kita?

  1. Miliki pikiran Kristus. (1Kor 2:16) dan terus bertumbuh dalam ketekunan belajar Firman Tuhan, hidup dipimpin Roh, memelihara persekutuan tubuh Kristus dan semua 7 KPR.
  2. Mengerti atau tidak mengerti tentang sikon, tentang keadaan zaman, tentang keadaan kita, problem kita, dll, tetaplah hidup dalam kesucian dipimpin Roh dan tetap taat dan bersyukur pada Tuhan. Sebab pikiran kita kadang2 belum bisa menangkap semua rencana dan kehendak Tuhan dalam hidup kita yang begitu tinggi untuk pikiran kita. Misalnya Yusuf tetap taat hidup benar dalam segala keadaannya, meskipun ia tidak mengerti, mengapa semua itu terjadi.
  3. Tetap percaya dan menunggu sampai Tuhan menyatakan kehendakNya Maz 25:3. Bukan kita yang mengatur Allah, tetapi Allah yang mengatur dan memerintah kita dan kita harus percaya akan kemampuan, kebaikan dan kasihNya dan menunggu Dia. Seperti Musa yang tetap menunggu Tuhan. Jangan ter-buru2, Tuhan punya cara dan saat yang tepat, Ia tidak pernah terlambat dan Musa sabar Kel 14:14 tetapi orang Israel tidak percaya dan tidak bisa menunggu, tidaksabar, ketakutan, panik dan marah. Untung ada Musa, kalau tidak mereka celaka dan binasa.
  4. Menyerah dan taat, apapun yang terjadi seperti Ayub, tetap taat dan yakin Tuhan itu baik, kasih dantidak berbuat salah Ay 1:21 sebab Dia maha kuasa, menguasai semuanya dan tidak mungkin berbuat salah Ay 34:12.

Orang yang punya pikiran Kristus itu untung, sebab ia bisa mengerti semua yang dikatakan Tuhan kepadanya. Tetapi orang yang tidak punya pikiran Kristus, tidak bisa mengerti keadaan sekitarnya, sikon dan banyak ancaman bahaya. Orang2 yang tidak mengerti bisa panik, ketakutan dan bisa rebah mati 2Raj 6:16-17, Luk 21:26.

Betapa indah kalau kita punya pikiran Kristus dan terus ber-tambah2, lebih2 dalam akhir zaman yang tidak menentu, tetapi rencana Allah itu sudah tertentu dan pasti jadi dengan tepat, sepenuhnya.Juga orang yang punya pikiran Kristus akan sejahtera dan berkemenangan seperti Elisa yang menghadapi tentara raja Syam. 2Raj 6:16.

8.b. dan juga jalanmu, bukan jalanKu, kata Tuhan.

Jalan Tuhan itu luar biasa, jauh di atas jalan kita.

Apakah yang dimaksud dengan jalan?

Jalan ini adalah kumpulan langkah2 kita dari sekarang sampai pada langkah terakhir yang diharapkan sampai pada tujuannya.

Jalan manusia.

Manusia mempunyai pikiran dan dengan itu ia merancangkan jalannya sendiri,dari sekarang sampai akhirnya ia mengharapkan bisa sampai di tujuan. Tentu kalau bisa, jalannya langsung sampai tujuan, itu terbaik.Tetapi seringkali ada gangguan, misalnya karena kurang uang, karena sakit, karena tertipu, karena kemampuan tidak cukup, karena keluarga,karena malapetaka dll dll, maka jalannya jadi ber-belok2 tidak sesuai rencana, bahkan akhirnya gagal, tidak sampai di tujuan.

Lalu manusia jadi kecewa, tetapi apa boleh buat. Inilah rencana manusia. Apalagi kalau mati, semua berhenti, gagal total.

Ada orang yang lihai, jalannya berputar2, tetapi akhirnya berhasil.

Kadang2 orang Politik seperti itu.

Ada yang berhasil, ada yang gagal, inilah jalan manusia.

Jalan Tuhan itu luar biasa.

Cirinya:

  1. Rencana Allah pasti berhasil, selalu sukses Luk 1:37.
  2. Waktunya tepat
  3. Orang2 yang dipakai bisa berubah2, sebab manusia itu mahluk bebas, tidak bisa dipaksa. Kalau yang satu tidak bisa dipakai, maka Tuhan bisa memakai orang lain, tetapi rencanaNya tetap sukses Mat 21:43.

Mengapa Tuhan bisa selalu sukses?

Sebab :

  1. Dia maha kuasa, Dia bisa memaksakan apa saja, tetapi sebab Dia adil, Dia tidak pernah menghalalkan segala cara. Tetapi Ia bisa memakai siapapun dengan adil.Orang jahatpun (atau orang undur) bisa dipakai untuk menyelesaikan rencanaNya. Misalnya Yudas dan iblis dipakai secara tidak langsung untuk menyelesaikan rencana penebusan manusia, dengan membiarkan mereka membunuh Putra manusia Yesus.

Elimelekh yang undur dan murtad dipakai secara tidak langsung untuk menyelamatkan Ruth dst.

  1. Dia maha tahu dan tahu sebelumnya. Dia tahu apa yang akan dibuat Firaun, tetapi tidak memaksanya seperti Mesin, melainkan sesuai hukum2 Allah yang benar. Yang salah dihukum, yang benar diberkati dsb. Misalnya Yusuf naik lewat jalur hukum Allah dengan hidup benar, Allah tidak pernah menghalalkan segala jalan! (Sebab itu Allah tidak bisa membuatkan rencana yang indah untuk orang yang tidak mau hidup benar. Kalau kita ingin rencana Allah yang baik bagi kita jadi, kita harus hidup benar dan mau taat menurut Firman dan pimpinan RohNya. Sebab Dia juga maha adil.
  2. Allah itu kasih. Semua dilakukan dengan kasih, dan orang yang mau menerima kasihnya, itu untung bertubi2. Tetapi yang percaya mulut iblis (seperti Hawa) itu celaka.

Jalan campuran.

Dalam sejarah orang beriman seringkali memakaijalan campuran (sebagian menurut jalan Allah, sebagian menurut jalannya sendiri) sebab seringkali ia mau mencampur jalan Tuhan dengan jalan dan kehendaknya sendiri.

Misalnya Yakub, Tuhan sudah bernubuat pada Ishak bahwa  anak yang bungsu akan menjadi yang sulung Mal 1:2 Kej 25:23. Sayang Ribkah tidak percaya akan nubuat Tuhan dan ia tidak percaya (tidak sabar) menunggu jalan Tuhan. Waktu ia melihat berkat Ishak mau diberikan kepada Esau, Ribkah menjadi kuatir dan takut kehilangan berkat itu, sebab Ribkah cinta Yakub Kej 25:28, Sebab itu iabersiasat mengkombinasi jalan Tuhan dengan kehendaknya sendiri (ingin jadi baik seperti nubuat Tuhan, tetapi mau segera jadi).  Sebab itu Yakub dipaksa untuk menipu bapaknya dan Yakub akhirnyajuga mau, padahal jalan Tuhan itu tanpa menghalalkan segala cara. Akibatnya pahit, Yakub dipisahkan dari Ribkah sampai mati dan jalan hidup Yakub berubah (degradasi, jadi kacau dan penuh kepahitan karena dosa2nya) ia harus melewati penuaian yang pahit. Kalau dahulu ia menipu bapanya, sekarang anak2nya menipu dia dengan menjual Jusuf. Sesudah masa penuaiannya selesai, sesudah lebih kurang 22 tahun, Yakub baru sampai pada penggenapan nubuatan Allah. Coba Yakub menolak untuk menipu bapaknya dan Ribkah percaya dan memakai jalan Tuhan, jalan mereka tidak berbelok2 sampai kusut dan pasti bahagia, sebab Tuhan sanggup membuat jalan2 yang ajaib dan indah.Jadi kalau kita mau percaya, menyerah dan taat dipimpin Roh, maka di dalam Kristus kitaakan mengalami jalan Tuhan yang ajaib itu dan mengalami pengolahan dan kemenangan Tuhan yang heran2.

Jalan Tuhan itu heran dan pasti berhasil, sekalipun tidak masuk akal, asal orangnya mau taat. Semua jalan Tuhan akhirnyajadi dengan sempurna sesuai dengan rencana Allah.

Lihatlah bagaimana Tuhan memimpin Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Musa, Daud, Daniel dst. Juga dalam Perjanjian Baru rasul2, Petrus, Paulus dll, ada yang jalannya campuran, ada yang murni, kita yang menentukan! Tuhan tidak memaksa.  E. Tuhan membuat jalan sendiri2 untuk masing2 kita, yang sesuai dengan sikon dan keadaan masing2 kita. Setiap orang mempunyai cap jempol sendiri2 dan tidak ada yang sama di seluruh dunia dan seluruh generasi.Ini ajaib. Begitu juga rencana hidup dari Tuhan untuk masing2 kita. Tetapi kita tidak bisa meniru tepat jalan hidup orang lain, sebab sikon kasus2 masing2 itu berbeda. Hukum Allah adil dan sama untuk semua orang, tergantung ketaatan masing2.Sebab itu jangan iri atau sombong terhadap orang lain, tetapi periksa diri dan cari kehendak Tuhan dan taat akan pimpinan Roh Kudus. Yang penting terus menerushidup benar dalam ril Tuhan sesuai dengan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus, terus jalan dalam pimpinan Tuhan; seringkali sesudah sekian lama baru kita mulai mengerti jalan Tuhan, bahkan biasanya kita mengerti itu tidak semuanya sekaligus. Seperti Yakob ke-heran2an akan jalan Tuhan Kej 45:37, juga semua orang beriman yang berjalan dengan Tuhan akan kagum dengan rencana Tuhan dalam dirinya, sebab jalanNya itu terlalu tinggi di atas pikiran kita.

  1. Rencana pribadi dan bersama, teranyam ber-sama2. Biasanya kita terikat dengan saudara2 kita (apalagi dengan istri dan keluarga). Rencana Tuhan bagi kita itu disulam menjadi satu, sehingga selalu ada peneguhan satu sama lain (misalnya suami istri masing2 harus mencari sendiri2 kehendak Allah, lalu di-cross check, hasilnya harus sama. Kalau tidak sama, tanya Tuhan lagi, kalau perlu puasa. Kis 13:2). Juga dengan saudara2 lain, bahkan dari kota lain seperti Paulus dengan Agabus Kis 21:11 ini sesuai dengan suara Roh pada Paulus sendiri Kis 20:23.

Unit2 persekutuan tubuh Kristus (Gereja2) akan makin meluas, bahkan sampai tubuh Kristus global dan dalam Minggu ke-70 Daniel, peneguhan itu bisa datang dari seluruh dunia, menjadi tubuh Kristus global.

Tuhan akan merajut rencanaNya dalam pribadi, Gereja lokal dan Gereja global, menjadi satu kesatuan yang indah dan harmonis.

 

Tuhan sanggup memimpin sampai orangnya yakin seperti Daud, Daniel dll, meskipunjalan Tuhan tidak masuk akal tetapi mereka bisayakin dan bisa taat, seperti Abraham yang mengorbankan anaknya.

Sebab itu jangan menuruti jalan sendiri, cari kehendak Allah Ef 5:17 sampai kita yakin itu jalan Allah, itu yang terbaik, dan taati!

 

YES 55:9. PERBEDAAN MANUSIA DAN ALLAH SEPERTI LANGIT DAN BUMI.

 

9.a. Karena seperti tingginya langit dari bumi.

Sampai hari ini langit masih merupakan rahasia yang belum bisa dimengerti manusia, apalagi jarak atau tingginya dari bumi, sama sekali belum terpikir untuk mengukurnya. Begitulah perbedaan pikiran dan jalan manusia dengan Allah, terlalu jauh, tidak terhingga, tidak bisa dibandingkan. Sebab itu kalau kita menurut pikiran dan jalan Allah, itu yang terbaik untuk kapan saja, sekarang sampai kekal.

 

9.b. Begitulah jalan2Ku lebih tinggi daripada jalan2mu.

Sebab itu percaya dan menyerahkan pada jalan dan pikiran Allah. Yang penting adalah:

  1. Hubungan kita dengan Tuhan harus baik supaya bisa mendapat pimpinan terus menerus sehingga bisa berjalan di jalan Tuhan yang betul.
  2. Kita mendapatkan pengertian yang betul tentang jalan Tuhan. Jangan ditipu oleh pikiran kita sendiri seperti Saul mencatut nama Tuhan untuk pikirannya sendiri di Kehila 1Sam 23:7. Kalau seorang memalsukan atau mencatut nama Allah, akhirnya ia sendiri akan celaka.Tetapi kalau kita sudah tahu dengan tepat dan taat dengan tepat, meskipun sulit dan tidak masuk akal, hasilnya luar biasa, rencana Allah akan sungguh2 jadi dengan ajaib dan indah sesuai dengan rencana Allah.
  3. Minta kekuatan Allah untuk bisa mentaati kehendak dan rencana Allah. Zak 4:6. Sebab itu berdoalah sungguh2 dalam Roh dan kebenaran serta mau mematikan daging, menyangkaldiri supaya bisa taat pada kehendak Allah. Kalau ini kita lakukan baik2 kita akan dapat melakukan kehendak Allah yang meskipun tidak masuk akal, bisa kita kerjakan dengan sempurna. Misalnya Gideon.

Tetapi sebaliknya jangan membuat jalan sendiri yang tidakmasuk akal sebab tamak, misalnya menuntut kaya ber-lebih2, atau menghalalkan segala cara dengan jalan yang aneh2 karena menuruti kedagingannya seperti Saul, Amnon, Yerobeam dll. Peneguhan dari tubuh Kristus banyak membantu orang yang dengan tulus mau taat akan Tuhan.

9.c. dan pikiranKu (lebih tinggi) dari pikiranmu.

Pikiran manusia bisa lebih tinggi dari orang lain; tetapi masih tidak terlalu jauh berbeda.

Pikiran seorang anak dan orangtuanya berbeda begitu banyak, begitu jauh, tetapi beberapa tahun lagi, waktu si  anak itu sudah dewasa ia bisa mempunyai pikiran yang sama dengan orangtuanya, kadang2 bisa lebih pintar.

Juga pikiran orang awam dan para ahli berbeda, sebab perbedaan pendidikan. Tetapi kalau kaum awam itu dididikbeberapa tahun, ia bisa menjadi ahli dan pikirannya bisa sama dengan guru2nya para ahli itu, bahkan bisa melebihi kalau sudah sama2 ahli.

Tetapi pikiran kita, sampai kapanpun pikiran kita tidak bisa sama dengan pikiran Tuhan, sebab sampai kapanpun kita tidak bisa menjadi sama seperti Dia. Tetapi Tuhan itu punya rencana yang sangat mengagumkan, yang indah untuk menumbuhkan kita menjadi sama seperti Kristus 1Kor 11:1 (meskipun tetap Kristus lebihbesar dari kita). Tanpa rencana yang ajaib ini, sampai kapanpun, sampai jutaan tahunpun, kita tidak mungkin bisa menjadi sama seperti Kristus. Ini bisa terjadi, gara2 Allah sendiri punya rencana yang luar biasa, dalam kasihNya, Ia mau membuat kita sama seperti Kristus, sebab itu kalau kita tumbuh terus di dalam Kristus (tumbuh dalam 7 KPR) maka kita akan terus bertumbuh menjadi makin sama dengan Dia.

Selain itu pikiran Allah bukan hanya lebih tinggi dari semua manusia, tetapi di dalamnya ada kuasa Allah sehingga kalau dilakukan, tidak ada orang atau mahluk yang bisa meng-halang2i atau membatalkannya, sebab dalam pikiran dan jalan Tuhan sudah ada lengkap segala fasilitas dankuasa Allah yang tidak dapat dikalahkan siapapun. Luar biasa.

Sebab itu dalam segala perkara carilah pikiran dan jalan Tuhan. Kita harus mengerti kehendak Allah ini Ef 5:17 dan dengan bersandar pada Tuhan, dipimpin Roh, kita taat di dalam jalanNya, maka di dalam melakukannya kita akan memperoleh kuasa dan hikmat samapi akhirnya semua jadi.Rencana Allah tidak ada yang mustahil Luk 1:37. Sebab itu sangat penting dalam segala hal mengerti pikiran Kristus dan mentaati jalan2Nya. Baik dalam rencana pribadi (misalnya jodoh, pekerjaan, pindah kota, pindah pekerjaan dll), juga dalam rencana keluarga atau kelompok dalam Gereja, lebih2 dalam pelayanan, cari pikiran dan jalan Tuhan lalu taati sungguh2, pasti hasilnya paling baik untuk rohani kita dan untuk selamanya. Mengapa? Tuhan tidak pernah hanya merencanakan untuk keuntungan jasmani sesaat, tetapi selalu ada hubungannya dengan kekekalan. Sebab kalaukeuntungan hanya untuk hal2 jasmani saja itu sia2 Mat 16:26.

Sebab itu kita harus selalu penuh dengan Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus dan setia melakukan kehendakNya, supaya kita bisa terus menerus mengenal pikiran dan jalan Tuhan.

Begitu untung orang yang punya pikiran Kristus dan mengerti serta menjalani jalan2 Tuhan, itu membuat hidup rohani kita bisa terus tumbuh sampai sempurna!