M3887 – Matius 9:9-13. Matius, Bukan Apa-Apa Tetapi Segala-Galanya.

(Nothing but everything. Mat 10:3, Mrk 2:13-17; 3:18, Luk 5:27-32; 6:15, Kis 1:13).

KELUARGA.

Matius atau Lewi (Mrk 2:14, Luk 5:27) anak Alfeus Mrk 2:14, tetapi ini lain dari Alfeus bapak Yakub. Mat 10:3, Mrk 3:18, Luk 6:15).

PANGGILANNYA. (Mat 9:9-13; Mrk 2:13-17, Luk 5:27-32).

Mat 9:9. Matius seorang pemungut cukai, yaitu seorang yang dibenci orang banyak, orang yang hina sebab suka memeras pajak ber-lebih2an sehingga menjadi kaya seperti Zakheus Luk 18:13, 19:1-10). Tuhan Yesus tidak mencari persembahan atau orang kaya, tetapi sebab semua orang perlu diselamatkan; sekalipun kaya kalau tanpa Kristus, masuk Neraka seperti Luk 16:25.

Mengapa Putra manusia Yesus memilih dan memanggil Matius, yang kemudian jadi rasul? Ada begitu banyak orang pemungut cukaidan orang kaya, mengapa Matius yang dipilih? Kalau Putra manusia memanggil orang lain belum tentu berhasil, kemungkinan kecil tetapi kalau dipimpin Roh, selalu berhasil. Sebab meskipun Ia hidup sebagai Putra manusia, tetapi Ia penuh dan dipimpin Roh Mat 4:1, Luk 4:1,18. Sebagai Putra manusia Ia tidak bisa melihat hati Matius yang pada waktu itu seperti biasanya berada di dalam kantor pajak.

Begitu juga kalau kita taat dipimpin Roh, maka kita juga bisa berhasil banyak, sebab bukan kita tetapi Kristus yang hidup di dalam kita Gal 2:20. Kita harus bisa membedakan suara Roh dan kalau yakin itu suara Roh, kita harus taat, baru jadi ajaib Maz 60:14. Ini bukan dengan kemampuan kita, tetapi dengan kuasa Roh Kudus Zak 4:6.

Belajar bisa terus hidup dipimpin Roh, itu hidup yang luar biasa.

Bagaimana reaksi Matius? Luk 5:28.  Langsung berdiri dan meninggalkan sumber penghasilan yang besar ini.Ini reaksi orang bodoh? Sebab pasti banyak orang ingin mendapatkan kedudukan ini.Orang yang dipanggil full time oleh Tuhan dan tidak sayang meninggalkan “yang terbaik” yang dimilikinya seperti John Sung, Paulus dll, ini suatu pengorbanan. Ini bukan ganti nafkah, tetapi pengorbanan untuk menyerahkan seluruh hidupnya bagi Tuhan seperti Elisa 1Raj 19:19-21. Orang yang sungguh2 dipanggil Tuhan, itu tidak menghitung pengorbanannya, maka Allah akan menyertai pelayanannya sepanjang umur hidupnya.

Mengapa Matius meninggalkan semuanya? Sebab ia mau. Tuhan tidak menanyakan apakah kita sanggup, tetapi apakah kita mau. Tuhan tidak bisa memberi kemauan, itu bagian manusia Luk 12:57. Tetapi orang yang sungguh2 mau, Tuhan bisa memberi kemampuan, keberanian, pengurapan dan banyak perkara2 besar jasmani dan rohani, itu bagian Tuhan! Tetapi keputusan dan kemauan yang tegas dan sungguh2, itu bagian kita.

Orang yang meninggalkan banyak seperti Matius ini betul2 harus punya keputusan dan kemauan yang besar dan tegas. Kalau rugi 100 ribu semua orang bisa, tetapi kalau rugi 100 milyard atau 1 Trilyun, tidak semua orang mau seperti Mat 19:22, tetapi Matius mau. Ini kelebihannya, yaitu ia sungguh2 mau. Dalam kasus Matius ia dihadapkan pada kerugian uang banyak dan ia mau. Ada orang untuk percaya ia harus rugi diusir dari rumahnya seperti Sadhu Sundarsing, tetapi ia mau. Orang2 dalam zaman rasul2 diancam dengan kematian dan mereka mau, dll, ini semua menunjukkan ada kemauan yang besar dan tegas! Ini yang dihargai Tuhan dan orang seperti ini pasti akan jadi indah di hadapan Tuhan.

Yang mau, pasti tidak bertepuk sebelah tangan! Pasti tidak kecewa, tetapi penuh syukur, puas, sukacita dan makin cinta Tuhan.

Baik fulltime atau part time, orang yang mau akan disertai dan dipakai Tuhan dengan heran, sesuai dengan penyerahan, ketaatan dan kesetiaannya.

Semua kita berasal dari orang berdosa, dengan sedikit atau banyak dosanya, sama2 tidak sadar, tidak terlalu banyak berbeda, baru sesudah lahir baru, semua menjadi orang baru Yak 3:3,5, yang lama lenyap dan yang baru terbit 2Kor 5:17. Sesudah selamat, pertumbuhan selanjutnya tergantung dari kemauan masing2.

Mat 9:10-11. Putra manusia menggarami orang2 berdosa.

Matius mengundang makan dan Tuhan Yesus datang. Pasti Ia memberi sedikit/ banyak Firman Tuhan seperti adatnya. Mrk 10:1. Kita harus punya pendirian untuk tetap dalam kesucian, supaya bisa menggarami “panci” kita, dimana saja untuk menyelamatkan jiwa2 Mat 9:13. Putra manusia Yesus tidak ikut dalam dosa orang2 yang cinta uang dan orang berdosa lainnya.

Minta pengurapan dan karunia Roh untuk memberitakan kabar baik, itu berkenan pada Tuhan. Mereka yang diam itu pelita yang padam, garam yang tidak asin yang akan dibuang Tuhan.

Beritakanlah kabar baik dari Tuhan Yesus, tetapi jangan bicara ngawur atau hanya nekad, tetapi dipimpin Roh dalam pengurapan yang limpah.

Orang2 Parisi dan ahli Taurat menegur murid2Nya, menganggap perbuatan Putra manusia Yesus itu dosa. Yang najis itu bukan makan bersama, tetapi bersekutu di dalam dosanya. Jangan ikut dosa2nya tetapi menyalahkannya Ef 5:11. Jangan mengagumi atau ingin mendapatkan apa2, jangan sampai ketularan dosa2nya atau ingin, tetapi tetap dipimpin Roh.

Prinsipnya kita harus menggarami dan menyala. Itu yang betul. Kita tidak bisa bersembunyi dalam goa, sebab seringkalikita menghadapi pergaulan yang jahat di rumah, di kantor, sekolah bahkan juga di Gereja ada orang2 campuran. Jangan ikut dalam rencana dosa2nya dan bersekutu dalam dosanya meskipun hanya dalam hati, tetap ada salib dan disucikan! Baik dalam dosa cinta uang, perzinaan, keduniawian, kebencian dll.

Sebab itu kita perlu punya pengertian dan pendirian yang kuat dalam Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus supaya tidak dipengaruhi atau ikut arus dosa yang makin lama makin kuat di sekitar kita, seperti tsunami! Jangan hanya membersihkan luarnya seperti orang Parisi tetapi sampai di dalamnya Mat 23:25-28. Kita tetap memegang prinsip menjauhkan diri dari yang jahat Ams 22:3, tetapi kita harus menggarami sekitar kita, menerangi; ada kalanya kita diutus di tengah2 orang dosa seperti azis Allah yang diutus pada Yerobeam; pada waktu ia mengerjakan tugasnya dengan tertib, tetapi kemewahan dan kemuliaan dunia menjamah hatinya dan ia makin ingin, maka  ia mulai kecewa dan menyesal sehingga duduk di bawah pohon jati. Tampaknya ia tidak tulus sudah lama, tidak betul2 mau menyerahkan hidupnya dan keinginan2 ini tinggal tetap dalam hatinya, sebab itu ia jatuh dan binasa 2Raj 13:1-32 (14).

Mat 9:12-13. Orang sakit perlu tabib. Sebagai tabib, kita salahkan dosanya, dan kalau ia mau, melepaskannya dari dosa2nya; jangan ingin atau ketularan tetapi kita merebut jiwanya Jd 23. Baik untuk menolong saudara2 seiman, maupun pada orang2 dosa, tetapi jangan ketularan dosa2nya. Putra manusia Yesus tidak mencari orang kaya untuk mendapat persembahannya, tetapi yang penting bagiNya, karena belas kasihan Ia hendak menyelamatkan semua orang berdosa di dekatNya, siapa saja, besar kecil dosanya asal percaya dan bertobat akan diselamatkan. Kita harus tulus dan jujur, jangan terpengaruh siapa orangnya dan kemungkinan bisa dapat apa2, sebab itu menjadi dosa, karena kita beroleh selamat dengan cuma2, berikan juga dengan cuma2 Mat 10:8. Yang penting Tuhan menghendaki kita punya belas kasihan dan menyelamatkan orang berdosa.

III. MATIUS BUKAN APA-APA.

Yang diketahui tentang Matius hanya ini2 saja, yaitu panggilannya dan ditetapkan sebagai murid. Tidak ada lagi yang lain yang disebut tentang Matius selain ayat2 di atas. Lain dengan Petrus, Andreas, Yohanes, Yakobus dll, ada banyak berita dan macam2 pelayanan yang dilaporkan tentang mereka. Matius ini sepertinya bukan apa2. Ada lagi beberapa murid2 lain yang punya gelar serupa yaitu B.A. (bukan apa2) bahkan banyak orang2 yang melayani Tuhan dengan NN (no name) tetapi mereka aktif melayani Tuhan, meskipun tidak dikenal.

Matius tidak terkenal dan tidak menonjol sekalipun ia orang yang berkedudukan dan kaya, mungkin termasuk salah satu orang besar diantara rasul2 dibandingkan dengan nelayan2 yang tidak berpendidikan dan orang biasa Kis 4:12. Orang yang bukan apa2, orang biasa, se-olah2 tidak masuk hitungan.

Apakah betul Matius orang yang bukan apa2 dan tidak berarti juga di hadapan Tuhan?

MATIUS BUKAN APA2, TETAPI IA MELAKUKAN SE-GALA2NYA.

Memang ia tidak terkenal dan bukan tokoh, bukan apa2, tetapi di dalam bekerja, di dalam tugas pelayanannya dan di hadapan Tuhan ia adalah se-gala2nya, ini terbukti dari:

  1. Ia selalu ada di mana2 dalam team rasul2 atau murid2 Tuhan, tidak pernah absen, sehingga memenuhi persyaratan yang dikatakan Petrus Kis 1:21-22.
  2. Diteguhkan sebagai murid2 yang dipilih Tuhan. Banyak murid2 dipilih satu per satu dalam ber-bagai2 peristiwa, misalnya Petrus dan Andreas di tepi laut Galilea, juga Yakubus dan Yohanes Mat 4:18-22. Matius di kantor pajak. Filipus membawa Natanael atau Bertolomeus kepada Tuhan Yoh 1:45-46 dll. (Sebagian tidak diceritakan). Tetapi kemudian sesudah berdoa semalam maka Ia menetapkan 12 orang menjadi murid2 yang disebut rasul Luk 6:12-16.
  3. Ikut diberi kuasa untuk menyembuhkan orang sakit, mengusir setan dll Mat 10:1; 11:1, Mrk 3:14.
  4. Waktu ber-cakap2 tentang perumpamaan, 12 murid ada ber-sama2 Mrk 4:10.
  5. Waktu Tuhan Yesus berkata bahwa mereka akan ikut memerintah dalam Surga Bumi Baru yang akan datang Mat 19:28 dan itu diteguhkan dalam nubuatan Yohanes dalam Wah 4:4,10; 21:14.
  6. Waktu naik ke Yerusalem, 12 murid dibawa semua, termasuk Matius, Mat 20:17.
  7. Waktu makan Perjamuan Suci, Matius juga ada di sana.
  8. Waktu di taman, murid2 juga besertaNya Mat 26:47.
  9. Waktu sama2 berdoa di kamar loteng Yerusalem dan penuh Roh Kudus Kis 1:13,15; 2:1,14, lalu Petrus berkhotbah yang pertama, Matius selalu ikut dan ada ber-sama2.
  10. Ber-puluh2 kali disebut dalam 4 Injil bahwa 12 rasul itu terus ber-sama2 Tuhan Yesus sampai Ia naik ke Surga Mat 28:16.

Jadi Matius sekalipun bukan apa2, tidak terkenal, tetapi sebetulnya ia dengan setia dan taat terus ikut dalam semua pelayanan Putra manusia Yesus ke manapun, bahkan sampai dalam Kisah Rasul2, dantetap setia sampai ke akhir, lebih2 waktu menulis Injil Matius, ia membutuhkan banyak waktu.

MATIUS MENGIKUTI SEMUA KEGIATAN PUTRA MANUSIA YESUS.

Sebab itu Matius bisa menulis dengan lengkap seluruh riwayat hidup Putra manusia Yesus dalam 28 pasal. Injil Matius yang ditulis oleh Matius adalah buku Pertama dari 4 Injil (banyak yang mengatakan memang ini buku pertama yang ditulis untuk umat Tuhan dalam Gereja mula2, yang belum mempunyai Firman yang tertulis seperti kita).

Banyak hal2 yang tidak ada Injil2 lain itu hanya ada di Matius seperti daftar silsilah dari Putra manusia Yesus lewat Maria, peristiwa orang Majus, daftar lengkap tentang 9 bahagia dan pengajaran dan perumpamaan2 dalam khotbah di bukit, Matius betul2 meng-ingat2 semua Firman Tuhan dengan sangat baik, sehingga ia bisa ingat dan Roh Kudus memimpinnya untuk menuliskannya. Ia paling banyak mengutib nubuat2 dalam Wasiat Lama (lebih kurang 40 kali, dan menjelaskan 10 kali sudah digenapkan) Ia juga menyatakan Putra manusia Yesus sebagai Raja dari kerajaan Surga (kata kerajaan disebut 50 kali, kerajaan Surga 30 kali, anak Daud 9 kali).

Luar biasa. Orang yang bukan apa2 tetapi ternyata Matius mencakup se-gala2nya meskipun bukan tokoh utama, tidak dikenal, tetapi bekerja keras dengan senyap dan dipakai Tuhan dengan ilham Roh (dipimpin Roh) 2Pet 1:20-21, 2Tim 3:16-17. Ini bukan hal yang kecil atau sepele, dipilih Tuhan untuk menulis hal2 yang mutlak penting untuk keselamatan manusia. Ini suatu perkara besar, sebab itu Matius bukan orang kecil tetapi orang besar di hadapan Tuhan, yang dipercayai dan diberi ilham untuk menulis hal2 yang luar biasa bagi keselamatan umat Tuhan.  Bagaimana seorang yang dahulunya cinta uang, hanya memikirkan uang dan mengeruk se-banyak2nya, bisa berubah, meninggalkan semua keuntungan2 jasmani dan menjadi orang yang cinta Firman Tuhan, yang mencatat semuanya, begitu banyak dipakai Tuhan untuk menulis yaitu Injil Matius yang luar biasa itu. Pilihan Putra manusia Yesus dalam pimpinan Roh itu begitu heran, sehingga pemungut cukai yang najis dan penuh dosa (dihinakan orang percaya dan ahli Taurat) bisa menjadi hamba Tuhan bahkan rasul yang begitu mulia!

Inilah orang yang berubah, karena sungguh2 mau bertobat dari hidup lama yang jahat dan meninggalkan semuanya (mau merugi) menjadi orang baru yang disucikan dan dipimpin Roh sehingga jadi begitu indah, tetapi tidak dikenal, orang yang bukan apa2 tetapi jadi se-gala2nya. Jangan merindukan kepujian dan penghormatan manusia, itu sia2 Rom 2:29 tetapi seperti Matius yang bekerja keras luar biasa dalam segala perkara sehingga ia ingat dan bisa menulis dalam pimpinan Roh Kudus semua yang sudah dilakukan Tuhan, luar biasa. Semua Firman Tuhan dan mujizat, perbuatan dan tindakan2Nya hidup dalam hati Matius.

KECIL DI DUNIA TETAPI BESAR DI SURGA.

Matius mengerti baik2 hal ini sehingga rahasia ini ditulis baik2 dalam Mat 11:11. Orang yang paling kecil di Surga itu lebih besar dari Yohanes, orang yang paling besar yang dilahirkan oleh perempuan. Tetapi orang yang kecil di dunia, tetapi berkenan pada Tuhan itu akan jadi besar di Surga! Rahasia rendah hati yang luar biasa. Jangan ingin jadi besar di hadapan manusia, itu sia2 Rom 2:29. (Kecuali terpaksa karena melakukan kehendak Allah dan dikenal seperti Putra manusia Yesus). Daging selalu ingin puji dan dihormati. Tetapi kalau daging dimatikan, kita mau jadi yang kecil karena Kristus, tetapi indah dan ber-buah2 di hadapan Tuhan, itu indah seperti Matius yang bukan apa2, tetapi menjadi se-gala2nya di hadapan Tuhan.Ia ternyata aktif, taat, ikut aktif melakukan semua tugas pelayanan murid2 Tuhan bersama Tuhan, bahkan menguasai semuanya, tahu dan taat, sehingga bisa menulis Injil Matius dengan teliti dan lengkap, dan menjadi mulia di hadapan Tuhan. (Juga dalam tulisannya sendiri, Injil Matius, keterangan tentang dirinya yang ditulis hanya yang disuruh dan diilhamkan Tuhan yaitu tentang panggilannya saja).

Matius itu seperti jantung atau hati ataualat dalam perut dan dada, yang tidak pernah dilihat siapapun, tetapi bekerja keras hampir2 tanpa berhenti. Jantung, paru2, ginjal, hati dll tidak pernah berhenti dan tidak pernah tampak.seperti otot, mata, telinga, gigi dll. Orang2 seperti ini indah dan dipakai Tuhan dengan heran. Kerja, melayani, berdoa, belajar Firman Tuhan, melakukan semua yang dikehendaki Tuhan dengan segenap hati habis2an, Tuhan tahu dan akan menambahinya Mat 13:12.

Begitu ada banyak anggota2 Gereja, anggota tubuh Kristus yang tidak terkenal (tetapi diantara kita, kita perlu saling mengenal), tetapi terus bergairah bekerja, melayani Tuhan sebagai saksi Kristus, sebagai penolong, sebagai penyelidik Firman Tuhan dan pendoa, sebagai pendukung semua pelayanan, terus memenangkan jiwa, terus ber-buah2, indah seperti Matius, bukan apa2 tetapi se-gala2nya.

Juga alat2 yang kecil seperti kuku, alis, kulit dll, semua diperlukan, biarpun pelayanannya kecil tidak ada satu yang sia2. Justru anggota yang lemah dipermuliakan 1Kor 12:22-25. Belajar melayani anggota2 yang kecil (bukan hanya yang dipakai Tuhan dengan heran), ini perlu kerendahan hati, mau menyangkal diri, tetapi justru dengan demikian kita mematikan daging yang ingin di-puji2 dan Tuhan yang mengangkat kita!Biar kita bekerjasama, saling menguatkan, menyucikan (dengan nasehat, doa, Firman, karunia2 Roh) sehingga semua bisa bekerjasama menjadi indah, ber-sama2 menggenapi rencana dan kehendak Tuhan.

KESIMPULAN.

Matius bukan apa2, tetapi ternyata ia melingkupi se-gala2nya dengan kerendahan hati dan anugerah Tuhan. Justru ia dipercayai dan dipakai Tuhan untuk menulis Injil pertama yaitu Matius sehingga Gereja Tuhan mula2 makin dikuatkan imannya, bahkan banyak hal2 indah dilakukan Matius dalam hidup dan pelayanannya yang tidak menonjol, yang hanya biasa2 saja. Semua anggota sidang Tuhan bisa bekerja dengan se-kuat2nya menguatkan saudara2nya dan memberitakan Injil, kalau mau. Miliki keputusan, pendirian dan kemauan yang kuat untuk memperkenankan Tuhan dalam hidup di dunia sekarang ini. Kalau kita bergairah kerja keras buat Tuhan dalam ketulusan dan sesuai Firman Tuhan seperti Matius, maka semua dicatat Tuhan dan tidak akan sia2 Mal 3:16, dan Tuhan akan mempercayai hal2 yang besar dan makin banyak jiwa2 yang bisa kita menangkan dan tumbuhkan, sekaligus kita juga tumbuh menjadi makin indah di hadapan Tuhan dalam rencanaNya, lebih2 di akhir zaman ini Wah 14:13. Melayani Tuhan itu sangat indah, tidak tergantung dari penilaian manusia, meskipun diam2, tidak terkenal, bukan apa2, tetapi Tuhan tahu dan menambahi sehingga bisa melakukan se-gala2nya di hadapan Tuhan yang maha tahu dan hasilnya mulia untuk abadi.

Nyanyian:

Ada banyak kerja buat Tuhan Yesus,

ada banyak kerja kalau mau.

bawa orang dosa pada Tuhan Yesus,

yang mati di salib buat kita.