M3879 – Matius 16:2-3. Menghadapi Tanda-Tanda Zaman.

Dalam mempelajari ini, setiap kali perlu direvisi, supaya makin tepat sesuai dengan rahasia2 Firman Tuhan yang baru terbuka. Satu kali tanda2 ini terjadi, maka semua orang beriman akan ikutmenggenapinya, sebagian jatuh dalam dosa dan mati dalam hari2 yang dahsyat itu atau tertinggal (yang tidak mengerti, tidak bersedia dan tidak hidup dalam kesucian), dan sebagian lagi ikut dalam proyek Allah lalu terangkat (yang mengerti dan mau taat, ini yang bersedia). Yang tidak peduli akan jatuh, yang ingin ikut dalampengangkatan harus memperhatikan dan bersedia Mat 24:44.

TUJUAN HIDUP.

Supaya tetap selamat (beroleh hidup yang kekal Yoh 3:16) dan setinggi mungkin dalam kemuliaan ilahi yang kekal. Dunia ini bukan tujuan kita tetapi hidup di duniaini adalah suatu kesempatan untuk mendapat keselamatan dan pahala kekal. Orang yang sudah mendapatkannya akan puas dan senang sehingga hidup di dunia ini bahagia. Tetapi senang dan bahagia di dunia ini, bukan tujuan tetapi akibatnya, kalau kita punya tujuan yang betul dan sudah mendapatkannya. Sebab Tuhan yang memberi hidup kekal cuma2 juga menambahkan segala fasilitas yang kita butuhkan selagi hidup di dunia yang tampaknya penuh kesusahan, apalagi di akhir zaman 2Tim 3:1-5. Tetapi sebetulnya kesukaran2 ini Tuhan izinkan untuk menjadi pengolahan supaya kita bisa meningkat se-tinggi2nya dalam kemuliaan ilahi yang kekal, yang diberikan Allah dengan adil bagi setiap orang yang percaya sesuai dengan hasil yang dicapai di dunia ini. Jangan sampai:

  1. Tidak punya tujuan hidup yang betul dan kekal.
  2. Tidak dapat hidup kekal yang jadi tujuan hidup kita yang diberikan Tuhan dengan cuma2 bagi kita Yoh 3:16 jangan sampai luput.
  3. Usahakan untuk mendapat se-banyak2nya dan se-tinggi2nya pahala dan kemuliaan dalam hidup yang kekal. Semua yang fana akan masuk “bak sampah” kematian, sebab itu jangan barang2 yang fana itu menjadi tujuan, tetapi sebagai fasilitas untuk mendapat hidup yang kekal dan setinggi mungkin.

Jangan sampai luput dari hidup kekal.

AKHIR ZAMAN.

Dosa dan akibatnya sudah makin meningkat pada hari2 ini,

jangan sampai kita dibingungkan dan disesatkan oleh segala kesukaran dan kesulitan2 yang ber-tambah2 terus menerus. Ketidaktaatan dalam rumah, pikiran dan sikap yang liar dalam sekolah, kejahatan di mana2, ketidakadilan dan kesukaran2, juga tanda2 jalan lebar makin banyak muncul dalam Gereja2 dan ajaran2 yang menyesatkan, semua ini mengacaukan manusia Mat 24:12.

Jangan hanyut dalam kekacauan dunia yang makin meningkat sebab dosa makin ber-tambah2, tetapi justru Gereja jalan sempit akan makin meningkat dalam kesucian dan makin limpah dengan perkara2 dari Atas (Kol 3:1-3). Tingkatkan dan perbanyak yang kekal, jangan yang fana, itu hanya fasilitas untuk hidup sementara ini. Berapa orang yang belajar mati2an memakai semua waktunya untuk mengejargelar S1,2 lalu mati, tidak berbuat apa2 untuk mengejar perkara yang kekal. Juga yang mengejar kedudukan dan harta, seringkali menghalalkan segala perkara sehingga jatuh atau hidup dalam dosa. Ada yang dapat uang banyak, asuransinya sudah banyak, tahu2 harus lari tidak bisa membawa rumah, mobil dan pekerjaannya, tahu2 naik perahu dan tenggelam (migran ke Eropa, juga bisa terjadi di mana2). Belum lagi macam2 bencana, kejahatan, penyesatan dll.

 

III. ROHANI DAN JASMANI HARUS SEIMBANG.

Sebab itu carilah rohani dan jasmani dengan seimbang terus menerus, jangan hanya perkara2 jasmani saja sebab biasanya,

  1. Sesudah dapat jasmani, tidak lagi mau cari yang rohani Luk 5:39, rohaninya sudah dingin dan suam apalagi kalau sudah dapat banyak uang bisa senang2 dengan uangnya, lupa pikul salib.
  2. Tiba2 kesempatannya bisa habis atau terjepit.
  3. Terjadi polarisasi dan pemurnian Gereja, yang tidak bersedia, pasti hanyut dan terikat dalam dosa dan kedagingan; jangan merasa “lebih pintar dari Allah” dan FirmanNya, sehingga tidak mau bersedia sekarang! Mat 24:42. Jangan menghinakan kemurahan Allah dengan tidak mau bertobat/ hidup suci. Rom 2:4.

 

  1. TANDA2 DOSA YANG MEMUNCAK, Wah 22:11.

Ini mulai tampak makin jelas, misalnya:

  1. Puncak dosa zina adalah homo, LGBT yang mulai mendunia; kebanyakan kita tidak tergoda, tetapi ini tanda dosa mulai sampai di puncaknya.
  2. Bencana alam makin limpah sekalipun peralatan dan tehnology makin canggih.
  3. Kesukaran dan kejahatan ekonomi meningkat di seluruh dunia.
  4. Kejahatan tanpa perasaan, baik dalam perbuatan, dalam keuangan, politik, sehingga menjadi perkara yang halal bagi orang2 berdosa ini (mafia dll).
  5. Kebencian juga mewabah, sehingga terjadi genocide, dan pembunuhan macam2 golongan.
  6. Pembunuhan makin limpah, jangan heran kalau dalam Wah 6:8 1/4 bumi mati. Segala perkara dihalalkan untuk membunuh dengan sangat sadis dan keji.
  7. Tanda2 dalam Gereja. Gereja jalan sempit dan jalan lebar makin tampak bedanya.

Lebih2 dakam Minggu ke-70 Daniel akan muncul binatang2 Antikris yang paling top dalam sejarah manusia, begitu mengerikan. Dulu orang membuat film sadis itu sulit sekali sebab pura2, tetapi sekarang video aniaya sampai mati dengan sangat sadis dan keji itu betul2 terjadi, tidak perlu lagi di-buat2, dan makin banyak dan beredar di mana2 lewat gadget. Begitu banyak dosa dan kejahatan, tidak lagi ada etika, moral atau peri kemanusiaan, perasaan hatinya sudah mati.

 

BAGAIMANA KITA HARUS MENGHADAPINYA?

Prinsipnya:

  1. Sekarang kita harus menang dalam menghadapi segala perkara yang dahsyat ini dan terus meningkat dalam kesucian. Kalau sekarang kalah, besok makin parah, atau hancur bahkan bisa berbalik atau mati, jadi korban.
  2. Bersedia seperti ligabis yaitu selalu penuh dan dipimpin Roh itu yang paling untung sebab limpah dengan 7 KPR dan tetap sejahtera. Sebab bukan kita yang menghadapi segala perkara2 yang dahsyat ini tetapi Kristus yang ada dalam kita Gal 2:20. Dia sanggup menghadapi segala macam dosa dan kejahatan, sebab Roh Kudus maha kuasa, maha tahu dan mengasihi kita, membimbing orang beriman yang mau taat dipimpinNya.
  3. Dalam kesukaran nafkah, kita akan tetap terpelihara bahkan limpah. Percayalah, ini janji dan nubuatan Tuhan. Yes 61:6 seperti Israel waktu keluar dari Mesir, tetapi dengan cara yang halal Kel 12:36.
  4. Dalam banyak ajaran sesat, ligabis mengerti yang benar dan tidak sampai disesatkan.
  5. Dalam segala macam kejahatan, malapetaka, bala penyakit, bencana, perang, terorist dll,

Dosa dan kejahatan akhir zaman ini selain dengan tehnologi tinggi juga dengan kuasa gelap. Sebab kemampuan manusia yang tertinggi tetap terbatas dan mereka memakai kuasa gelap sehingga lebih kuat, lebih jahat, lebih keji dan lebih sukses. Sebagian besar orang dunia, apalagi dalam berbuat jahat, banyak memakai kuasa setan sehingga bisa menang dengan luar biasa. Dengan setan manusia bisa minta apa saja, tidak ada larangan, sebab makin jahat, makin limpah dengan dosa justru makinmemperkenankan iblis dan setan2; baik dalam uang, kuasa, sukses, kebencian, politik, dll. Lebih2 kalau Antikris mulai menguasai dunia dalam Minggu ke-70 Daniel, begitu banyak kejahatan terjadi di seluruh dunia. Kemanakah kita bisa lari? Dimana kita bisa berlindung? Hanya di dalam Kristus, dalam janji2Nya. Kita perlu kuasa perlengkapan Allah, yang akan diberikan dengan limpah pada akhir zaman ini.

Biasakan (latihlah) memakai perlengkapan ilahi dengan iman.

  1. Firman Tuhan itu Pelita dan terang bagi jalan kita Maz 119:105, lebih2 di akhir zaman, kita harus tahu peristiwa2 akhir zaman dari Firman Tuhan. Ini yang pasti akan terjadi dan semua rahasia Firman Tuhan akan terbuka semuanya. Kita akan tahu sehingga tidak takut Mat 10:26-27. Begitu banyak yang diceritakan Tuhan dalam FirmanNya dan janji2Nya untuk orang2 yang mau dipimpin RohNya (ligabis).

Juga anugerah Tuhan limpah atas kita sehingga kita jadi jauh lebih dari kita yang sesungguhnya 1Kor 15:10, 2Kor 4:7. Misalnya kita sendiri: 2, dengan anugerah Tuhan kita bisa jadi 4, apalagi di akhir zaman bisa jadi 8 dst. Luar biasa, tidak ada batas, sebab Kristus yang hidup, menguasai dan memimpin kita.

  1. Penuh dan dipimpin Roh, sehingga limpah dengan buah Roh (untuk menstater atau melatih orang yang mau taat) sampai tabiat Kristus nyata dalam kita, itu indah. Juga karunia2 Roh akan nyata melengkapi kita dalam menghadapi “perang” dengan segala kuasa iblis dalam Antikris. Latih terus untuk bisa menyalurkan karunia2 Roh dalam keadaan2 yang dahsyat menurut pimpinan Roh. Baik dengan karunia hikmat, marifat (perkataan pengetahuan) membedakan Roh, iman, mujizat, kesembuhan, nubuat, bahasa lidah dan menafsirkan.
  2. Rencana Allah yang heran jadi dalam hidup kita asal kita terus hidup dalam ril Allah, dalam kesucian dan terus melakukan kehendakNya, sehingga bisa mengalami janji2 Allah yang heran. Misalnya orang2 beriman dalam ancaman, bahaya dan tekanan yang dahsyat, akan tetap terlindungi dalam Minggu ke-70 Daniel, tidak akan mati bahkan menang besar 1Kor 15:51-52. Ini janji yang luar biasa!Tetapi janji khusus ini sudah berlaku mulai sekarang. Misalnya 10 tahun lagi baru mulai Minggu ke-70 Daniel, kalau kita sudah dimasukkan dalam golongan yang terangkat (apalagi yang sempurna) maka kita akan tetap lolos dari segala bahaya mulai sekarang sampai masuk dalam Minggu ke-70 Daniel dan kita juga akan mengalami zaman keemasan Gereja sampai ikut pengangkatan. Janji 1Kor 15:51 berlaku puluhan tahun sebelum pengangkatan, tidak akan mati yaitu bagi orang2 yang tergolong akan ikut pengangkatan (yang mati dalam Tuhan tetap aman dan akan ikut bangkit waktu pengangkatan). Bersedialah sebagai ligabis, penuh dan dipimpin Roh.

Juga janji Allah dalam Ef 1:9-10. Di tengah2 dosa dan kejahatan yang meningkat kita bisa tumbuh dengan cepat dalam kesucian dan Surga bumi disatukan dalam Kristus, dalam Gereja akhir zaman yang heran itu Wah 12:1. Ini keadaan yang sangat ajaib, Surga di bumi di tengah2 segala macam kejahatan, kekacauan dan celaka. Ini tidak masuk akal, tetapi akan terjadi di jalan sempit di dalam Kristus. Surga dan Neraka akan menyala ber-sama2 di bumi. Ini luar biasa, “Surga di bumi sebelum di Surga”! Juga dalam pemerintahan Antikris, Neraka hadir di dunia, keadaannya akanbegitu ngeri, sadis, keji sama seperti di Neraka dan akan diteruskan dalam neraka kekal.

Betapa untungnya orang yang hidup dalam Kristus seperti ligabis (lima gadis bijaksana).

Ligabis ini adalah orang2 yang punya persediaan minyak yaitu Roh Kudus yang limpah. Dalam Hujan Awal sesudah diperlengkapi dengan Pentakosta baru terjadi hal2 yang dahsyat dalam Kisah para Rasul tetapi dengan demikian Gereja lahir, tetap menang danbertumbuh. Pada akhir zaman ini begitu juga, sesudah Hujan Akhir dan orang2 limpah dengan pengurapan Roh Kudus, mahir dipimpin Roh (limpah 7 KPR) baru datang Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat dengan 4 binatang Antikris itu. Sebab itu sekarang ini kita harus selalu penuh dengan Roh Kudus dan makin mahir hidup dipimpin Roh, sehingga bisa menghadapi segala kesukaran dengan mudah dan tenang, sejahtera dan tidak mati ketakutan Luk 21:26, sebab yang menghadapi segala perkara yang dahsyat itu bukan kita lagi tetapi Kristus atau Roh Kudus yang ada di dalam kita. Gal 2:20. Dan Roh Kudus sanggup menghadapi semua sesuai dengan semua yang dijanjikan dalamFirman Tuhan, sebab Dia maha tahu dan maha kuasa. Dia sanggup mengatasinya dengan kemenangan.

Sesuai dengan Firman Tuhan berarti segala kesukaran itu menjadi pengolahan dan dalam pimpinan Roh, kita akanlulus sehingga naik lagi setingkat. Dan dalam banyak kesukaran yang kita hadapi, setiap kali lulus sehingga meningkat terus dengan cepat, tumbuh dengan cepat, sehingga jumlah orang2 yang menjadi sempurna genap, dan seluruh tubuh Kristus global akhir zaman akan menjadi ajaib dalam Kristus (Wah 12:1, Ef 1:9-10). Ini berjalan dengan sangat cepat, hanya dalam 3,5 tahun selesai dan Tuhan datang. Orang yang tidak hidup sebagai ligabis, tidak akan tahan dan jatuh dalam dosa, mati dalam tangan Antikris (sejak permulaan Minggu ke-70 Daniel sudah ada pekerjaan Antikris yang dahsyat) atau tertinggal dalam pengangkatan dan juga jatuh dalam tangan Antikris ke-4, Antikris yang sesungguhnya. Belum lagi ajaran2 sesat yang begitu limpah, orang yang hanya memakai akalnya akan hanyut, tetapi yang dipimpin Roh akan dapat membedakan dengan jelas sehingga terlepas daripadanya, juga melepaskan yang lain Jud 23.

 

HYPER GRACE.

Banyak orang rohani menyebut ini predestinasi Pentakosta. Ini berarti kemerosotan atau kejatuhan, sebab kembali pada ajaran sekali selamat tetap selamat (dalam buku: Hyper grace olehMichael L. Brown, cetakan I bahasa Indonesia hal 321).

Salah satu dasar dari hyper grace adalah bahwa Tuhan sudah mengampuni semua dosa kita, masa lalu, sekarang, dan yang akan datang. Anda tidak diampuni sebagian2, anda sudah diampuni total dan utuh secara penuh dari semua dosa anda (masa lalu, sekarang dan yang akan datang). Banyak orang Kristen mengalami kesulitan untuk semua dosa di masa depan. Mereka tidak memiliki pewahyuan akan pengampunan total.

Menurut Rian Rufus (hal 51, 52).

Joseph Prince: Pengampunan Tuhan tidak diberikan secara cicilan. Pada hari engkau menerima Kristus, engkau mengakui semua dosamu sekali dan untuk selamanya. Pengajaran ini jelas membawa kepada kebinasaan, sebab ini melawan kebenaran Firman Tuhan:

  1. Orang yang percaya dan mau pikul salib (1Pet 4:1) akan berhenti berbuat dosa 2Pet 1:10, mati lepas dari dosa Rom 6:1-2, merdeka Yoh 8:36 dan tidak lagi berbuat dosa Gal 5:1. Bukan berarti otomatis terus diampuni waktu berdosa lagi. Selama kita berjalan dalam Roh, kita tidak akan menuruti tabiat daging untuk berdosa lagi Gal 5:16-17. Jadi bukan berarti terus berdosa dan tanpa pemberesan, sudah langsung diampuni sejak kasus I minta ampun. Ini tidak benar.
  2. Orang yang belum sempurna, masih mungkin berbuat dosa karena lalai, bodoh, tertipu, lemah dll. Dan setiap kali berbuat dosa, harus bertobat sungguh2 dan dibereskan, kalau tidak, dosa akan bertumbuh terus dan mengikat bahkan akhirnya bisa kembali hidup dalam dosa sehingga binasa, sebab upah dosa itu maut Rom 6:23. Setiap ada dosa, harus dibereskan betul2 dan jangan kembali berdosa Yoh 8:11; 5:14, bisa lebih celaka lagi. Jadi kalau toh ada dosa, harus dibereskan, diakui dan bertobat sungguh2 1Yoh 1:9. Daud sudah percaya Tuhan tetapi waktu berdosa, iaharus mengakui dosa yang baru diperbuatnya 2Sam 12:13.
  3. Kalau kembali hidup dalam dosa, itu berarti celaka Gal 3:3-4 mulai dengan Roh berakhir dengan daging, seperti Saul dan binasa.

Dosa harus disalahkan Ef 5:11, ditolong untukdilepaskan Jud 20; Tetapi orangnya sendiri harus mengakui, menyesal dan bertobat lagi Kis 3:19, harus ada pemberesan Yak 5:19-20. Kalau ada sedikit dosa dalam perbuatan (itu seringkali berarti sudah ada banyak dosa dalampikiran Mat 5:28, Ams 6:27-28, Yak 1:14-15), kalau tidak bertobat akan binasa kekal.

 

Kita harus tumbuh dalam kesucian, mati lepas dari dosa, bukan boleh terus berdosa dan otomatis terus diampuni, ini tidak benar. Saul tidak mau bertobat, Tuhan marah, tidak mau bicara lagi dengan Saul 1Sam 28:6 dan iabinasa! Jangan ditipu oleh ajaran yang sangat berbahaya ini. Kita dipanggil untuk hidup dalam kesucian 1Pet 1:15-16, 1Tes 4:3,7.

Ajaran sesat laris manis, memang jalan lebar isinya lebih banyak tetapi binasa, kasihan. Miliki pengertian Firman Tuhan yang terus bertumbuh 2Pet 3:19, sehingga menjadi pondasi kebenaran ilahi yang kuat, dan terus penuh dan dipimpin Roh seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18 supaya tetap tumbuh dalam kesucian, jangan icip2 dan bercintakan dosa, 1Yoh 2:15-16 itu akan mengikat dan membinasakan!

KESIMPULAN.

Suara gemuruh akhir zaman makin jelas terdengar. Kalau sekarang tidak mau bersedia pasti jadi korban, kalah, hancur, binasa atau masuk dalam golongan iblis, hanyut dalam dosa dan kejahatannya.

Kita harus selalu penuh dan dipimpin Roh. Mulailah dalam segala sesuatu yang kita hadapi, terus penuh dan dipimpin Roh, jangan menurut daging, tetapi matikan daging, menyangkal diri dan taat dipimpin Roh. Sekarang kita akan menang, besok dalam perkara2 yang dahsyat, yang jauh lebih besar, kita akan tetap menang bahkan tumbuh sangat cepat dan mulia, sebab Roh Kudus yang di dalam kita, yang berhasil membimbing kita sekarang, akan juga berhasil membimbing kita dalam hari2 yang dahsyat yang akan datang sampai pengangkatan.

 

Nyanyian: Berachah no 563.

O Roh Kudus dari Surga.

Koor:

Roh Kudus pimpinlah, ku mau taat slalu.