M3864 – 1Korintus 15:19-22. Orang Yang Paling Malang Dan Paling Beruntung.

1KOR 15:22. DI DALAM ADAM SEMUA MATI, DI DALAM KRISTUS SEMUA AKAN DIHIDUPKAN.

DEFINISI.

KEMATIAN DAN KEBANGKITAN SEMENTARA (bukan yang sesungguhnya).

Kematian sementara biasanya hanya beberapa menit sampai beberapa hari lalu bangkit kembali, kebangkitan sementara dalam tubuh dan keadaan seperti waktu mati. Misalnya Lazarus, anak Yairus, pemuda Nain dll. Dalam Wasiat Lama anak perempuan Sunami, orang mati yang kena mayat Elisa, anak janda Sarfat, dll. Murid2 juga disuruh Tuhan Mat 10:8, misalnya Petrus membangkitkan Dorkas, Paulus membangkitkan Eutikus dll.

Tetapi orang kaya yang minta pada Abraham untuk membangkitkan Lazarus dan Saul minta membangkitkan Samuel, Tuhan tidak mengizinkannya (“Samuel” yang bangkit adalah roh2 setan pembohong yang dipelihara oleh dukun Endor itu 1Taw 10:13 KJI. Tidak mungkin dukun Endor mengalahkan Tuhan 1Sam 28:6).

 

MATI, YANG BENAR, PERMANEN.

Ada dua macam kematian yaitu:

  1. Kematian (pertama).

Adalah kematian biasa, semua orang akan mengalami Ibr 9:27 hanya sedikit yang terkecuali, yaitu orang2 beriman yang menjadi sempurna dan yang ikut pengangkatan, mereka tidak mengalami kematian sama sekali, baik kematian I dan II.

  1. Kematian kedua. Wah 20:14. (Selalu gandeng kematian pertama).

Ialah semua orang berdosa atau orang beriman yang undur, yang sesudah mati, mengalami kebangkitan kedua lalu sesudah diadili dalam Tahta Putih Yang Besar lalu dicampakkan ke dalam laut Api, inilah kematian kedua. Orang2 yang selamat, akan mengalami pengangkatan tidak pernah mengalami kematian kedua,  mereka tidak pernah masuk laut Api, mereka masuk Surga dan Surga Bumi Baru untuk kekal. Juga yang mati dalam zaman Antikris.

Kematian pertama bisa ke Surga atau Neraka. Kematian kedua hanya ke Tasik api.

ADA DUA MACAM KEBANGKITAN.

C.1. Kebangkitan pertama, yaitu mereka yang sudahmati dalam Kristus, (kematian pertama, atau kematian biasa) akan bangkit kembali.Ini terjadi pada waktu pengangkatan.

C.2. Kebangkitan kedua, yaitu semua orang berdosa dan orang beriman yang undur, tidak ikut dalam kebangkitan pertama, tetapi mereka menunggu sampaisesudah kerajaan 1000 tahun, baru mereka ikut dalam kebangkitan kedua lalu masuk dalam pengadilanTahta Putih yang Besar dan sesudah itu dilemparkan dalam laut Api.

PERKECUALIAN.

D.1. Orang beriman yang menjadi sempurna seperti Henokh, Musa, Elia dan orang2 sempurna lainnya, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel, timbul 144.000 orang sempurna. Mereka tidak mati, langsung berubah dalam tubuh kemuliaan dan terangkat naik ke Surga ke dalam hadirat Tahta Allah.

 

D.2. Orang2 yang ikut pengangkatan.

Orang2 yang setia kepada Tuhan, yang tergolong dalam 5 gadis bijaksana dalam Minggu ke-70 Daniel, mereka ikut pengangkatan tidak mengalami kematian.

 

DI DALAM ADAM DAN DI DALAM KRISTUS.

E.1. Di dalam Adam.

Semua orang (di atas dunia ini) tanpa kecuali, lahir di dalam Adam menjadi manusia berdosa. Termasuk semua janin yang gugur (sejak zygote sampai berumur penuh), semua lahir dalam Adam dan sesudah mati (kematian pertama) rohnya menghadap Tuhan dan masuk Surga atau neraka tergantung masing2.

E.2. Di dalam Kristus.

Anak2 Adam yaitu semua yang hidup dalam dunia ini, yang percaya Tuhan Yesus, mereka pindah,masuk dalam Kristus dan mengalami perubahan menjadi orang baru.

Ada dua macam nasib dari orang baru di dalam Kristus, yaitu:

  1. Yang setia sampai ke akhir, mereka mengalami hanya kematian pertama, lalu rohnya masuk Surga. Pada hari pengangkatan, rohnya kembali masuk dalam sisa2 tubuh (tulang2nya), mereka mengalami kebangkitan pertama lalu ikut dalam pengangkatan.
  2. Orang2 beriman yang tidak setia, yang undur kembali sehingga mati dalam dosa, mereka mengalami kematian pertama yaitu mati dalam dosa lalu rohnya masuk Neraka. Sesudah menunggu sampai akhir kerajaan 1000 tahun, mereka mengalami kebangkitan kedua dan menghadap pengadilan Allah dalam Tahta Putih Yang Besar; lalu dilemparkan ke dalam laut Api dalam tubuh kebangkitan orang berdosa yaitu bangkai hidup yang kekal Yes 66:24, maka inilah kematian kedua.

Dengan singkat anak2 Adam sebagian masuk dalam kematian pertama (mati dalam Tuhan) dan tidak mengalami kematian kedua, tetapi sebagian mengalami kematian pertama dan kedua, mereka masuk dalam Neraka dan laut Api.

PASKAH.

Israel mempunyai 7 hari raya atau pesta (Im 23) dan semua itu dibagi dalam 3 golongan besar, yaitu:

  1. Paskah.
  2. Pentakosta.
  3. Pondok Daun.

Paskah diikuti pesta atau perayaan Roti Fatir (tanpa ragi) selama 7 hari.

Paskah = pass over, dilewati. Peristiwanya adalah sbb: Pada sore hari tanggal 14 bulan I Nisan mereka menyembelih domba Paskah dan  darahnya dilabur pada jenang dan ambang pintu rumah dan satu keluarga (isi rumah) makan bersama domba paskah yang sudah disembelih itu. Malam itu malaikat maut datang pada setiap rumah di Mesir, tetapi ia tidak masuk dalam rumah yang ada tanda darah, melainkan melewati rumah itu (pass over = lewat) dan tidak ada korban kematian dalam rumah itu, sebab kematian itu sudah ditanggung oleh domba yang disembelih dengan bukti darah di pintu. Kel 12. Inilah asal usul perayaan paskah dan ini digenapi oleh Tuhan Yesus sebagai domba Paskah.

Jadi Paskah bagi kita sekarang berarti kematian dan kebangkitan Putra manusia Yesus yang sudah mati di salib dan dikuburkan 3 hari 3 malam.

Kel 12:4. Domba Paskah yang dipanggang ini harus dimakan oleh seluruh keluarga sampai habis, ini cara yang betul. Kalau jumlah orang dalam rumah itu sedikit, merekabisa bersekutu dengan tetangga di dekatnya untuk makan bersama. Ini menceritakan tentang keutuhan keluarga (Kis 16:31) yang bisa makan ber-sama2. Keluarga jangan ter-pecah2, tidak bisa bersekutu, tidak bisa makan ber-sama2. Begitu juga untuk keutuhan keluarga (kadang2 harus diperjuangkan dengan banyak pergumulan berdoalah terus dalam Roh dan hidup benar 1Tes 5:17), kita harus ber-sama2 beribadah dalam satu Gereja untuk ber-sama2 makan dan memperingati paskah yaitu Perjamuan Suci. Perlu pengajaran danpengertian yang sama 1Kor 1:10, Mrk 3:25 dalam Gereja yang sama (meskipun inipun perlu penjelasan dan kadang2 pergumulan juga) supaya kita bisa bersekutu dan bersehati ber-sama2, tolong menolong untuk terus tumbuh bersama dalam perjalanan kita sampai ke Surga.

Telur Paskah tidak ada dalam Alkitab, tetapi banyak dipakai sebagai tanda dari Paskah. Telur dianggap gambaran tentang kematian dan kebangkitan; telur yang tampaknya mati itu “bangkit” yaitu menetas menjadi ayam atau burung.

Arti yang benar itu ada dalam baptisan air di mana orang yang dibaptiskan itu ikut dalam kematian dan kebangkitan Putra manusia Yesus Rom 6:4. Untuk merayakan Paskah yang paling penting, kita yang sudah percaya Tuhan Yesus, harus tetap dalam hidup baru, hasil dari penebusan Tuhan Yesus yang luar biasa (yaitu arti dari roti tanpa ragi yang dimakan sesudah Paskah selama 1 minggu, yang berarti hidup tanpa dosa, hidup suci oleh penebusanNya!).

Kesimpulan.

Jadi sesudah ditebus oleh Tuhan Yesus (sebagai korban Paskah), maka di dalam Kristus ada 3 macam orang yang di dunia ini, yaitu:

  1. Orang yang mengalami satu kali kematian yaitu hanya kematian pertama dan masuk dalam Surga kekal.
  2. Orang2 yang sama sekali tidak mengalami kematian, yaitu orang percaya yang menjadi sempurna dan orang2 percaya yang ikut dalam pengangkatan; orang2 ini semua sama sekali tidak ikut mengalami kematian atau kebangkitan, tetapi langsung diubahkan menjadi tubuh kemuliaan lalu ikut pengangkatan masuk ke Surga. Ini golongan orang istimewa, yang muncul pada saat2 puncak rencana Allah di mana Allah menamatkan rencanaNya yang besar dan mulia itu.
  3. Orang2 beriman yang tidak setia sampai akhir, yang undur, mereka mengalami dua kali kematian yaitu kematian pertama dan kematian kedua, sama seperti orang2 berdosa (yang ada di dalam Adam), yang tidak mau percaya dan akhirnya masuk dalam Tasik Api yang kekal.

1KOR 15:21. OLEH KARENA SATU ORANG.

Oleh karena dosa Adam, semua menjadi orang dosa dan condong kepada dosa Yoh 3:19. Tetapi masih bisa berubah kalau mau memilih untuk percaya kepada Tuhan Yesus dan bisa berubah total, menjadi orang baru, bahkan bisa tumbuh seperti Kristus. Selagi dalam dunia masih bisa berubah, juga bisa undur kembali, sebab itu jangan terpengaruh oleh orang lain atau oleh dorongan daging, tetap setia kepada Tuhan dan taat sampai ke akhir.Sebab itu tinggal tetap dalam Kristus, tetap selamat bahkan tumbuh. Yoh 15:1-8.

Orang yang tinggal dalam Kristus itu tanda2nya:

  1. Tinggal dalam kesucian dan ada sejahtera Allah (pasif) ini hidup yang berkenan pada Allah Kol 1:10.
  2. Mau taat dalam jalan sempit, pikul salib, taat dipimpin Roh Rom 8:14 (aktif) sehingga ada pertumbuhan, baik dalam sifat2 (karakter ilahi) ada kemajuan yang nyata, juga dalam kemampuan pelayanan, ada kemajuan sehingga ber-buah2 makin banyak, dan orang2 sekitarnya dan ia sendiri bisa merasakan! Kalau sungguh2 tinggal dalam Kristus (aktif dan pasif) pasti tampak pertumbuhan dan buah2 hidup dan pelayanannya. Juga maju dan bersukacita dalam 7 KPR, bisa bersekutu dalam tubuh Kristus, menikmati Firman Tuhan, doa, ibadah, pelayanan sehingga terus tumbuh dan ber-buah2 di dalam Tuhan dan dalam persekutuan tubuh Kristus.

1KOR 15:20, 12-18. KRISTUS ADALAH BUAH SULUNG KEBANGKITAN.

Bapa membangkitkan Putra manusia Yesus dari kematian ber-sama2 dengan Roh Kudus Rom 6:4; 8:11. Kalau Putra manusia tidak bangkit, semua akan sia2 dan kitapun tidak akan bangkit. 1Kor 15:12-18. Tuhan Yesus sudah menjadi buah sulung kebangkitan, maka kita juga akan bangkit yaitu pada hari kebangkitan pertama, yang menjadi panen kebangkitan pada hari pengangkatan yang akan datang 1Kor 15:23 termasuk kita semua yang setia sampai akhir, yang masih hidup juga akan ikut dalam pengangkatan.

Tebus tubuh dan tebus roh. Pada waktu percaya Tuhan Yesus kita langsung mengalami penebusan roh sehingga kita jadi orang baru dan duduk dengan Kristus di Surga. Ef 2:6. Tetapi tubuh belum ditebus, masih jadi tubuh daging dan tubuh dosa, tetapi sebab roh kita sudah ditebus, kita bisa memerintah dan menguasainya dengan kuasa Allah. Pada waktu kebangkitan orang mati atau pengangkatan kita mengalami tebus tubuh dan kita berubah menjadi tubuh kemuliaan seperti tubuh Tuhan Yesus sesudah bangkit. Pil 3:21. Tubuh yang lengkap ditebus, tinggal di Surga untuk kekal, tidak bisa keluar lagi, tidak ada kesakitan dan kematian, tetapi sukacita terus dan menikmati penyembahan pada Allah dan ber-sama2 melakukan proyek2 Allah yang makin indah untuk se-lama2nya.

1KOR 15:19. CARILAH YANG KEKAL, JANGAN JADI ORANG YANG PALING MALANG.

Dari semua penjelasan ini kita dapat menyimpulkan, bahwa orang yang mau percaya Tuhan Yesus itu untung besar. Dan kalau ia mau setia (dan tumbuh) selama hidup di dunia, ia akan mendapatkan warisan yang kekal dari Allah dalam Surga, luar biasa. Sebab itu setia dan taatlah dengan sungguh2 beribadah kepada Tuhan Rom 8:17-18. Jangan menjadi orang yang paling malang. Sudah percaya, sudah tahu caranya, sudah mendapat kesempatan selama hidup di dunia ini, kalau kesempatan itu tidak dipakai baik2, itu membuat kita menjadi orang yang paling malang!

Orang yang malang ialah orang percaya yang sudah mengerti tetapi terus mengejar danmengumpulkan hal2 yang fana. Begitu besar bedanya kalau dibandingkan dengan keuntungan mempunyai hal2 yang kekal di dalam Surga yang begitu besar dan begitu mulia, yang dengan pertolongan Allah, kita kumpulkan di dunia. Kalau kita tidak mau memakai umur kita untuk mengambil danmengumpulkannya, itu terlalu bodoh. Hidup kita terbatas, waktu, kesempatan, pikiran, keadaan kita terbatas.

Sebab itu kita harus bijaksana dengan mengutamakan untuk mencari lebih banyak yang kekal. Caranya dengan:

  1. Mengurangi yang fana sehingga secukupnya saja, jangan ber-lebih2, sebab itu semua akanditinggal, tidak dibawa Luk 12:20-21.
  2. Yang fana akan lenyap! Semua yang kita dapat di dunia ini, baik harta, gelar, kedudukan, keindahan, piala, kesukaan dll itu hanya sampai di kubur, lalu hilang, tidak mengikut kita terus dalam alam baka Misalnya orang kaya dan Lazarus, semua kelebihan dan kekayaan itu tidak ada lagi, bahkan ia tersiksa di Neraka kekal, ini orang malang. Luk 16:25.
  3. Menjadi dosa dan menjerat, mengikat. Bukan saja sia2, tetapi semua ini bisa menjadi dosa, misalnya cinta uang melahirkan banyak dosa, bahkan menyesatkan. Apalagi kalau tidak ada cukup waktu untuk belajar Firman Tuhan dan berdoa Mrk 12:24, hanya mengejar uang, sehingga tidak mengerti kebenaran dan mudah disesatkan. Akibatnya bukan saja semua habis waktu mati, tetapi dosa2 yang timbul bahkan mengikat,itu menarik dengan kuat ke Neraka Wah 21:27. Meskipun dosa itu tersembunyi, tetapi Tuhan tahu dan dosa2 itu mengikat dan memutuskan hubungan dengan Tuhan sehinggaditinggalkan Tuhan Mat 7:21. Sebab itu jangan kita salah jalan, mengejar yang fana dan gemerlapan tetapi meremehkan dan mengecilkan yang kekal, akhirnya binasa.

Jalan yang betul adalah:

  1. Hidup berkenan pada Tuhan terus menerus, dimana saja, kapan saja dan dalam hal apa saja sampai akhir hidup kita.
  2. Melakukan kehendakNya sebanyak mungkin yang bisa kita kerjakan dengan tekun. Terus penuh dan dipimpin Roh, limpah dengan 7 KPR supaya makin tumbuh dan makin limpah ber-buah2 dalam pelayanan, bersaksi, memenangkan jiwa, menjadi berkat. Semua ini tidak akan sia2 sekalipun tidak tampak Mat 6:1-2, tetapi akan tercatat (Mal 3:16) dan tersimpan bagi kita dan akan ikut kita se-lama2nya Wah 14:13. Sekalipun sudah lama dan dilupakan orang, bahkan kita sendiri lupa, itu tidak akan hilang dalam buku Hayat, bahkan perkara kecil seperti satu gelas airpun tidak akan dilupakan, ada pahalanya Mat 10:41. Sebab semua yang kita buat untuk Tuhan dengan tulus, karena Tuhan dalam kesucian, tidak akan sia2, tetapi menjadi pahala yang mengikut kita untuk kekal.
  3. Juga tingkat rohani kita yang kita perjuangkan di dunia (perlu pergumulan, mematikan daging, dengan banyak pengorbanan Rom 8:17-18) itu juga tidak akan hilang, tetapi menjadi kemuliaan kita untuk kekal se-lama2nya. Betapa indah, tidak sia2, tidak kosong, tidak dilupakan, asal kita melakukannya bukan mencari kepujian (Yes 42:8 sebab semua kita dapat dari Tuhan, oleh Tuhan dan untuk Tuhan Rom 11:36), tetapi karena Tuhan, untuk kemuliaan namaNya dalam kesucian, tanpa reaksi dosa tetapi sesuai dengan Firman Tuhan, pasti tidak sia2. Usahakanlah menambah se-banyak2nya perkara dari Atas ini kekal Kol 3:1-3.

Betapa indah, mulia dan tidak hilang untuk kekal. Bahkan semua yang kita perbuat juga bisa memberkati orang lain, dan itupun kembali jadi pahala bagi kita, sebab itu jangan takut salib dan sengsara daging, semua akan jadi kemuliaan yang kekal.

Waktu dan kesempatan kita terbatas, jangan dihabiskan untuk yang fana! Tebus waktu Ef 5:16. Jangan menambahi hal2 yang fana ber-lebih2, Tuhan bisa memberkati kita dengan limpah Mat 6:33, tetapi carilah yang kekal habis2an, tidak akan rugi tetapi untung dan mulia, sukacita dan kegirangan untuk se-lama2nya.

Jangan simpan dosa, itu juga tidak bisa hilang, tidak ada kadaluarsanya biarpun ribuan tahun, tetapi oleh darah Yesus saja, bisa lenyap sama sekali, juga dalam buku Hayat;kalau seorang bertobat dan mengakuinya, bahkan perlu saling menasehati supaya semua dosa bisa dibuang dan dilepaskan, sehingga hanya yang suci dan berkenan pada Tuhan yang tetap ada dalam catatan bagi kita dalam buku Hayat.

Nyanyian:

Cari apa di dalam dunia.